Syauqi wrote:fl4b1e wrote: Thu Jun 16, 2022 16:10
Nimbrung deh..
Kebetulan saya gonta-ganti moda transportasi. Cipedak-setiabudi sekitar 22km sekali jalan atau 44km pp. data pasca ppkm level 1
1, mobil BBM: 50ribu (pertabo 14,500x3.5 literan) + parkir 44 ribu.+ tol 15 ribu total 109 ribu.(pas genap bawa mobil saya krn nomor genap)
2. motor BBM 15ribu (1l liter lebih pertamax turbo) + parkir 24 ribu . total 39 ribu (ganjil bawa motor)
3 taksi idr 120 ribu sekali jalan + tol 15 ribu = 255 ribu pp, susahnya adalah suka ga dapet taksi atau gocar
4. mrt, PP 28 ribu + gojek 35 ribu dari Lebak bulus ke cipedak total 98 ribu.. parahnya banyak waktu ga dapet gojek pas pagi atau pas pulang. pernah nunggu 1 jam di stasiun ga dapet gojek pulang ke rumah..
5 kombinasi motor mrt: mrt 28 ribu + BBM 7500 (jarak pp rumah Lebak bulus sekitar 10 km, pertabo butuh setengah liter pp), parkir motor 20 ribu. Total 55 ribu..
Alhasil, pas genap jelas lebih murah naik mobil drpd naik taksi atau gocar. ps mau naik motor, mending dibawa ke kantor sekalian drpd naik mrt.
parkiran mrt kejemur tuh motor, parkir kantor teduh.. sayang cat..
Mau naik mrt dan gojek, selain selisihnya dikit sama bawa mobil, ya ga reliable pas naik gojek.. suka nunggu lama..
kadang ga selalu transportasi umum lebih murah,
Oh, knp ga naik trans Jakarta atau angkot, jawabnya karena saya masih sayang keluarga.. kalau naik angkot waktu tempuh jadi lebih melar lagi waktu tempuhnya

Makanya ga heran banyak yg naik kendaraan pribadi di jakarta..
Yang saya perhatikan juga begitu. Untuk transport sehari-hari ke tempat kerja, kalo kita cari kombinasi antara murah, nyaman & cepat terkadang angkutan kota bukan pilihan yang terbaik.
Apalagi buat yang harus oper moda transportasi (misal gojek - busway - mrt), itu biaya & waktunya lumayan juga lho..
Kalau di kantor ada fasilitas parkir gratis / tunjangan transport, kombinasi terbaik antara cepat-irit-nyaman menurut saya adalah naik kendaraan sendiri, terutama motor. Apalagi kalo beli motor seken yang masih seger, biaya (depresiasi + perawatan + bensin + pajak) selama setahun mungkin jatuhnya ga jauh beda kalo kita oper2an naik transportasi umum
IMHO kenapa di jakarta banyak yang naik kendaraan pribadi ya karena penduduknya aja udah berapa juta.. pengguna transportasi umum udah membeludak, itu busway & krl kalo rush hour orang didalem udah kaya sarden.. berdiri doang aja susah.. walaupun transportasi umum sudah sepenuh itu eh jalanan tetep aja macet.. ga heran jakarta bisa sepadat ini, orang mayoritas freshgrad kalo berkarir ya larinya ke jakarta.. termasuk saya

Yup bener Om. Setuju!
Ini aja sudah beeangkat jam 6 pulang smpai eumah jam 8 malaman..
Kadang harus bersyukur dunia pernah pandemi COVID. Membantu kewarasan pekerja di ibukota. apalagi kantor yang memberlakukan WFH. kayak saya sih 3 WFO, 2 WFH dalam seminggu sudah terbantu sekali.
Jadi kadang yg harus diperhatikan bukam cuma ongkos perjalanan, atau kenyamanan, tapi biaya termahal yg dibayar adalah waktu dalam perjalanan. Karena waktu perjalanan mengurangi waktu bersama keluarga.
Yup, MRT does help. tapi kalau geser ke moda lain itu belum tentu cepet. For instance: setiabudi- fatmawati memang 30 menit sampai. Tapi pas nyaei hojek, gocaar atau taksi, atau kendaraan umum, bisa jadi 1 jam travel and waiting time. Maka banyak colleague yg punya sopir atau pasangan yg menunggu di stasium mrt atay , tuk mengurangi waiting time perpindahan ke moda lain.
Alternatif Pemkot, sama kayak Malysia yg saya liat dah bener, disediakan fasilitas park and ride. Tapi kadang buat saya, kalau park and ridenya bermandi debu dan matahari, dengan total biaya yg relatif ga jauh biayanya sama bawa ke kantor yg parkirannya ketutup, dan selisih travel time yg ga beda jauh, jadinya mending bawa kanyor sekalian. Sayang cat euy...
Diluat itu, baru kepikiran ini setelah liat thread mobil listrik di thread sebelah, kalau beneran ada kendaraan listrik yg plat biru bebas ganjil genap nanti yg harganya bersaing dengan LMPV atau mudah2an LCGV, mungkin yg harus dipertimbangkan bukan cuma harga batere atau ongkos charge listrik.
Tapi juga penurunan opportunity cost dengan tidak harus punya 2 mobil ganjil genap, penurunan biaya pemeliharaan gak harus punya 2 mobil, misalkan dibanding niatan punya 2 mobil Internal Combustion Engine tuk ganjil dan genap yang bakal bisa jadi cukup 1 mobil listrik saja..
Namun, kalau liat ke perilaku mayoritas orang Indonesia khususnya di ibukota, perkotaan khususnya wqrga lekerja menengah, dalam 1 keluataga bakalan shift ke 1 LMPV/LSUV tuk mobil mudik atau jalan keluar kota sekalian tuk dibawa wira wiri antar anak sekolah (yg tadinya mobil hatchback, atau lcgc, atamobil kayak Raize, Rocky) dan 1 mobil listrik tuk commute sehari2 menerobos hanjil genap.. hahahaha... let see..
just my 2 cents.