Honda HR-V, setelah 5 tahun...
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 367
- Joined: Thu Apr 11, 2019 10:26
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota
Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...
Suara dari kaliper rem kayaknya, kurang greese
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Tue Dec 01, 2020 3:34
- Location: Bogor
- Daily Vehicle: Honda HRV
Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...
nah ada analisa yang berbeda lagi nih.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 364
- Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36
Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...
Jujur aja sih om sy baru pertama kali denger mobil lewat jalan kasar bunyi gluduk2 yang divonis gearbox hahahahaemhade wrote: Tue Dec 01, 2020 6:41 2nd opinion dari beres honda, sama recommnya. bilangnya rack steer dan harus ganti girbox.
krn saya awam ttg per-mobilan jadi saya cuma bilang mikir2 dulu.
apakah memang begitu ya, kalau girbox itu tidak bisa diperbaiki atau ganti part sebagian (yg bermasalahnya saja) ?
kalau ada recomm bengkel independen wil jabotabek yg bisa dipercaya utk solusi girbox tsb mohon share infonya.
terima kasih atas saran dan bantuanya.
Mungkin ada gejala yg lebih spesifik om?
Misal asal bunyinya dari bagian kaki2 apa bagian konsol tengah?
Pengalaman sy serusak2nya gearbox cvt biasanya gejalanya terasa slip kopling jd terasa power lost atau perpindahan p-r-n-d jedag jedug
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...
bushing lower arm bunyinya "klatak klatak" kalo di jalan jelek oom dan rasanya tiap lewat poldur gampang bgt mentok stopper kaya gak ada yang ngeredam.FR6 wrote: Tue Nov 24, 2020 1:32 Om maap mau nanya, berhubung sesama pemakai Honda nih..
Saya ada City GM6 punya ayah, terakhir service di beres, katanya shock lemah (emang sering bunyi nyaring kalo kena lubang). alhasil, saya ganti sendiri pake merk Monroe. ilang deh tuh bunyi2 nyaring. tapi masih sering bunyi "srok srok" kalo ngayun di poldur.
apa itu bushing lower arm ya? dulu HRV Om ChZ waktu bushing lower arm nya bermasalah, kaya gmn itu bunyi/gejala nya?
makasih Om sebelumnya![]()
kalau bunyinya spt itu saya kurang paham juga. kaki kaki agak kompleks kalo nggak dengerin dan lihat sendiri

mungkin yang dimaksud bengkelnya girboks (power steering). 15juta girbok CVT baru sih murah banget.MSU wrote: Tue Dec 01, 2020 6:15saran terbaik saya cuma cari 2nd opinion...emhade wrote: Tue Dec 01, 2020 4:14 Agan-2 mau minta saran dong sebagai pengguna HRV :
- HRV 1.8 RS CVT / 2016
- Service rutin beres , KM 60rb-an, pemakaian standar dalkot (bgr-jkt)
Keluhan suara gladak gluduk saat dijalan kasar, setelah dicek di beres honda disuruh ganti set gearbox yang total biayanya hampir 15jt ( mules dah)
Mohon saran apakah ada alternatif lain selain mengikuti solusi dari beres honda ?
mungkin beres lain atau bengkel independen terpercaya
kl shifting ga ada masalah...masak mesti perlu ganti girbox

ya kalau garansi sih gapapa ganti satu unit girboks ps, tp kalau duit sendiri mahh bongkar di luaran aja... itu paling sama kayak saya masalahnya seputaran rubber bushingnya aja di lower arm / bushing rack steer... komponen sepele gak mahal tp di HRV umurnya pendek sekali.
kalau dibarengi dengan gejala :
setir rasanya loose banget = bushing rack steer.
ayunan mobil berlebihan sampe mentok stopper di poldur = bushing lower arm.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Tue Dec 01, 2020 3:34
- Location: Bogor
- Daily Vehicle: Honda HRV
Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...
gejalanya yang dirasakan :
1. ketika melewati jalan agak rusak atau kasar (misal paving blok) ada bunyi gladak gluduk.
2. ketika steer dibelokan ke salah satu sisi agak bunyi krek krek.
slip kopling - power lost (tdk dirasakan), perpindahan p-r-n-d jedag-jedug (tdk ada).
1. ketika melewati jalan agak rusak atau kasar (misal paving blok) ada bunyi gladak gluduk.
2. ketika steer dibelokan ke salah satu sisi agak bunyi krek krek.
slip kopling - power lost (tdk dirasakan), perpindahan p-r-n-d jedag-jedug (tdk ada).
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Wed May 23, 2012 16:18
Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...
Om tanya dong bengkel kaki2 di semarang yg bagus dmn? Kebetulan ortu di smg dan jazz nya mulai bunyi2 an kaki2 penumppang depan.ChZ wrote: Tue Dec 01, 2020 7:51bushing lower arm bunyinya "klatak klatak" kalo di jalan jelek oom dan rasanya tiap lewat poldur gampang bgt mentok stopper kaya gak ada yang ngeredam.FR6 wrote: Tue Nov 24, 2020 1:32 Om maap mau nanya, berhubung sesama pemakai Honda nih..
Saya ada City GM6 punya ayah, terakhir service di beres, katanya shock lemah (emang sering bunyi nyaring kalo kena lubang). alhasil, saya ganti sendiri pake merk Monroe. ilang deh tuh bunyi2 nyaring. tapi masih sering bunyi "srok srok" kalo ngayun di poldur.
apa itu bushing lower arm ya? dulu HRV Om ChZ waktu bushing lower arm nya bermasalah, kaya gmn itu bunyi/gejala nya?
makasih Om sebelumnya![]()
kalau bunyinya spt itu saya kurang paham juga. kaki kaki agak kompleks kalo nggak dengerin dan lihat sendiri![]()
mungkin yang dimaksud bengkelnya girboks (power steering). 15juta girbok CVT baru sih murah banget.MSU wrote: Tue Dec 01, 2020 6:15saran terbaik saya cuma cari 2nd opinion...emhade wrote: Tue Dec 01, 2020 4:14 Agan-2 mau minta saran dong sebagai pengguna HRV :
- HRV 1.8 RS CVT / 2016
- Service rutin beres , KM 60rb-an, pemakaian standar dalkot (bgr-jkt)
Keluhan suara gladak gluduk saat dijalan kasar, setelah dicek di beres honda disuruh ganti set gearbox yang total biayanya hampir 15jt ( mules dah)
Mohon saran apakah ada alternatif lain selain mengikuti solusi dari beres honda ?
mungkin beres lain atau bengkel independen terpercaya
kl shifting ga ada masalah...masak mesti perlu ganti girbox![]()
ya kalau garansi sih gapapa ganti satu unit girboks ps, tp kalau duit sendiri mahh bongkar di luaran aja... itu paling sama kayak saya masalahnya seputaran rubber bushingnya aja di lower arm / bushing rack steer... komponen sepele gak mahal tp di HRV umurnya pendek sekali.
kalau dibarengi dengan gejala :
setir rasanya loose banget = bushing rack steer.
ayunan mobil berlebihan sampe mentok stopper di poldur = bushing lower arm.
Thanks om
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...
Bantu jawab om, ke hartono onderstel di kenconowungu belakang giant karangayu. Saya langganan kesana jg, ketemu sama mas tandy yg handleyaseinotulip wrote: Sun Jan 17, 2021 2:53Om tanya dong bengkel kaki2 di semarang yg bagus dmn? Kebetulan ortu di smg dan jazz nya mulai bunyi2 an kaki2 penumppang depan.ChZ wrote: Tue Dec 01, 2020 7:51bushing lower arm bunyinya "klatak klatak" kalo di jalan jelek oom dan rasanya tiap lewat poldur gampang bgt mentok stopper kaya gak ada yang ngeredam.FR6 wrote: Tue Nov 24, 2020 1:32 Om maap mau nanya, berhubung sesama pemakai Honda nih..
Saya ada City GM6 punya ayah, terakhir service di beres, katanya shock lemah (emang sering bunyi nyaring kalo kena lubang). alhasil, saya ganti sendiri pake merk Monroe. ilang deh tuh bunyi2 nyaring. tapi masih sering bunyi "srok srok" kalo ngayun di poldur.
apa itu bushing lower arm ya? dulu HRV Om ChZ waktu bushing lower arm nya bermasalah, kaya gmn itu bunyi/gejala nya?
makasih Om sebelumnya![]()
kalau bunyinya spt itu saya kurang paham juga. kaki kaki agak kompleks kalo nggak dengerin dan lihat sendiri![]()
mungkin yang dimaksud bengkelnya girboks (power steering). 15juta girbok CVT baru sih murah banget.MSU wrote: Tue Dec 01, 2020 6:15
saran terbaik saya cuma cari 2nd opinion...
mungkin beres lain atau bengkel independen terpercaya
kl shifting ga ada masalah...masak mesti perlu ganti girbox![]()
ya kalau garansi sih gapapa ganti satu unit girboks ps, tp kalau duit sendiri mahh bongkar di luaran aja... itu paling sama kayak saya masalahnya seputaran rubber bushingnya aja di lower arm / bushing rack steer... komponen sepele gak mahal tp di HRV umurnya pendek sekali.
kalau dibarengi dengan gejala :
setir rasanya loose banget = bushing rack steer.
ayunan mobil berlebihan sampe mentok stopper di poldur = bushing lower arm.
Thanks om
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Thu Apr 07, 2011 2:53
Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...
pengalaman mobil kebanyakan nongkrong di garasi emang bs ngerusak karet-karet kaki yg tertekan lansung ..ban aja bisa tiba tiba bisulan kl kelamaan digarasi.. sebaiknya sesekali ajak keliling komplek buat nyegerin kakinya..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 190
- Joined: Fri Dec 10, 2010 16:43
Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...
Kalo record service tertib n lengkap di beres,coba minta gudwil aja om ke beres...KM masih kecil juga...pengalaman dulu lio saya ganti cvt di KM 140rbuan free kog..cuma lama aja prosesnyaemhade wrote:Agan-2 mau minta saran dong sebagai pengguna HRV :
- HRV 1.8 RS CVT / 2016
- Service rutin beres , KM 60rb-an, pemakaian standar dalkot (bgr-jkt)
Keluhan suara gladak gluduk saat dijalan kasar, setelah dicek di beres honda disuruh ganti set gearbox yang total biayanya hampir 15jt ( mules dah)
Mohon saran apakah ada alternatif lain selain mengikuti solusi dari beres honda ?
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...
nahh ini udah paling benererwinign wrote: Sun Jan 17, 2021 2:55Bantu jawab om, ke hartono onderstel di kenconowungu belakang giant karangayu. Saya langganan kesana jg, ketemu sama mas tandy yg handleyaseinotulip wrote: Sun Jan 17, 2021 2:53 Om tanya dong bengkel kaki2 di semarang yg bagus dmn? Kebetulan ortu di smg dan jazz nya mulai bunyi2 an kaki2 penumppang depan.
Thanks om

cm bengkelnya rame jadi mesti janjian dl kalo mau masukin...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 724
- Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31
Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...
Civic saya mengalami gejala yang sama persis dengan nomor 1 dan 2. Sudah ganti tie rod, long tie rod, ball joint, link stabilizer, karet support shock, karet bushing sway bar depan, grease bearing support shock, done by mbah @marmut. Bunyi-bunyi lain hilang dan mobil kembali senyap, tapi 2 point itu tidak hilang. Ternyata 2 point tersebut baru hilang setelah servis racksteer.emhade wrote: Tue Dec 01, 2020 8:15 gejalanya yang dirasakan :
1. ketika melewati jalan agak rusak atau kasar (misal paving blok) ada bunyi gladak gluduk.
2. ketika steer dibelokan ke salah satu sisi agak bunyi krek krek.
slip kopling - power lost (tdk dirasakan), perpindahan p-r-n-d jedag-jedug (tdk ada).
Minusnya setelah servis racksteer adalah setir terasa sedikit lebih berat dan ada getaran saat dibelokkan dalam kecepatan rendah/diam. Tapi bunyi-bunyian gluduk-gluduk saat lewat paving block dan krek krek saat belok hilang.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 54
- Joined: Fri Nov 21, 2014 2:35
Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...
reviewnya mantap om, justru penasaran sama hrv manual, 6 speed harusnya close ratio mengingat bobot body yang tidak ringan untuk ukuran LSUV, sebetulnya ada keinginan meminang yang manual, tapi.....hehehe, suka males klo udah ngebayangin rasio power dengan berat mobil yang hampir sama dengan civic fd sekitar 1,2 ton, sementara fd 1800 cc, jelas lebih mantul kemana-mana. Tapi jangan salah, ditol pernah ketemu HRV agresif, dan dibeberapa kesempatan malah dia lebih mudah overtake, jd CVT honda memang bagus, cuma rasanya cc kecil matic, agak kurang gmana gt, kecuali kalau mesinnya dengan induksi paksa, macam civic turbo.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 569
- Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41
Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...
Kalo dr pegalaman amatir saya bawa HRV 1.5 dan HRV 1.8, yang 1.5 terasa lebih sigap di dalam kota. Sementara yang 1.8 terasa lebih joss buat luar kota. Yang 1.8 saya pernh coba di Cipali 170 masi ngisi terus, cmn ud mulai serem ngeri nemu jalan bolong dan aspal sudah sangat bumpy di kecepatan segitudonoseraya wrote: Sat Mar 13, 2021 14:37 reviewnya mantap om, justru penasaran sama hrv manual, 6 speed harusnya close ratio mengingat bobot body yang tidak ringan untuk ukuran LSUV, sebetulnya ada keinginan meminang yang manual, tapi.....hehehe, suka males klo udah ngebayangin rasio power dengan berat mobil yang hampir sama dengan civic fd sekitar 1,2 ton, sementara fd 1800 cc, jelas lebih mantul kemana-mana. Tapi jangan salah, ditol pernah ketemu HRV agresif, dan dibeberapa kesempatan malah dia lebih mudah overtake, jd CVT honda memang bagus, cuma rasanya cc kecil matic, agak kurang gmana gt, kecuali kalau mesinnya dengan induksi paksa, macam civic turbo.
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Wed Jul 11, 2007 5:42
Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...
Mau tanya, Saya baru ambil HRV 1.8 2019,kok kalau electric parking brake nya di On atau Off , dari belakang keluar bunyi "ngikk" lumayan kenceng, Saya udah coba ke dua BERES, kata Mereka sih normal, cuma di bersihin Rem belakangnya , tapi bunyi "ngikk" kenceng tetep keluar kalau pas On /Off electric parking brake nya, apakah ada yg punya problem gini? dan ada masukan solusi nya? txs
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 89
- Joined: Mon Feb 26, 2018 22:50
- Daily Vehicle: RU1
Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...
numpang nanya om, ngiiik ini gimana maksudnya ya? krn di saya juga saben tarik tombol handbrake juga ada suara motor yg kalo didengerin suaranya ngiiikeaglesky wrote: Sun Mar 14, 2021 1:26 Mau tanya, Saya baru ambil HRV 1.8 2019,kok kalau electric parking brake nya di On atau Off , dari belakang keluar bunyi "ngikk" lumayan kenceng, Saya udah coba ke dua BERES, kata Mereka sih normal, cuma di bersihin Rem belakangnya , tapi bunyi "ngikk" kenceng tetep keluar kalau pas On /Off electric parking brake nya, apakah ada yg punya problem gini? dan ada masukan solusi nya? txs
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...
Suara ngiiikk kenceng itu d smua hrv koq
Hrv saya sedari 2015 bulan 3 ampe skrg jg bgt
Hrv saya sedari 2015 bulan 3 ampe skrg jg bgt
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 450
- Joined: Tue Jan 09, 2018 1:09
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: ex user EV yg balik ke ICE
Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...
hampir 2 bulan ini di kampung halaman gonta gantian pakai OS PX 2013 / HRV 1.8 2017, Wagon R AGS nganggur dulu sementara di garasi
jujur lebih suka pakai OS PX, tapi kalau keluar sama anak anak jelas mereka suka HRV karena panoramic nya bisa dibuka.
yg saya heran, suatu ketika, saya muter2 kota Madiun yg kecil ini dengan santai, dapat AVG 12,7... lalu habis isi pertalite 150rb, dibawa naik ke Tawangmangu, sampai banyak ketemu pelat H, dan balik lagi ke Madiun... itu AVG kok sama sekali gak berubah masih bercokol di 12,7 km/L
Beda banget sama OS PX yang AVG nya terasa sadis kalau dibawa nanjak ke sarangan paling dapetnya 100/14L (1:7?), cuma turunnya aja yg irit, dari Sarangan sampai Madiun (depan markas TNI AU) bisa 100/4L (1:25?)
Tapi emang driving style juga beda sih, bawa OS PX bawaan pengen bejek aja, bawa HRV pengennya santai...
jujur lebih suka pakai OS PX, tapi kalau keluar sama anak anak jelas mereka suka HRV karena panoramic nya bisa dibuka.
yg saya heran, suatu ketika, saya muter2 kota Madiun yg kecil ini dengan santai, dapat AVG 12,7... lalu habis isi pertalite 150rb, dibawa naik ke Tawangmangu, sampai banyak ketemu pelat H, dan balik lagi ke Madiun... itu AVG kok sama sekali gak berubah masih bercokol di 12,7 km/L
Beda banget sama OS PX yang AVG nya terasa sadis kalau dibawa nanjak ke sarangan paling dapetnya 100/14L (1:7?), cuma turunnya aja yg irit, dari Sarangan sampai Madiun (depan markas TNI AU) bisa 100/4L (1:25?)
Tapi emang driving style juga beda sih, bawa OS PX bawaan pengen bejek aja, bawa HRV pengennya santai...
Past :
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
Now :
2AZ-FE 2011
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
Now :
2AZ-FE 2011
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 176
- Joined: Sun Apr 11, 2021 0:47
- Location: Srengseng
- Daily Vehicle: Honda CRV Turbo + Honda HRV
Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...
Nice Review Om. Sebagai pemakai HVR E 2017 (waktu itu budget kantor blm cukup untuk ambil yg 1.
overall ane cukup puas sih.. Emang gak neko2, ekspektasi jg gak tinggi kaya mobil HRV tapi rasanya harus kaya Mercy.
Dengan sedikit modifikasi yg tepat, kenyamanan uda dapet buat ane. Pasang peredam full + ganti ban comfort juga udah berkurang jauh suara dan goncangan yg keras. Sama tambah Audio atau ganti HU yg lumayan decent aja suaranya jg udah mantep buat daily.
Buat om2 yg nyari HRV, ini kendaraan lumayan enak buat dipake daily di dalam kota, naik turun di Lembang dan Puncak jg gak ada masalah padahal diisi ber5 + barang full. Cuma kalo boleh saran, kalo ada budget lebih mending ambil yg 1.8 nya aja, selain ada Sunroof, mesin2nya jg lebih mantep dari yg 1.5.

Dengan sedikit modifikasi yg tepat, kenyamanan uda dapet buat ane. Pasang peredam full + ganti ban comfort juga udah berkurang jauh suara dan goncangan yg keras. Sama tambah Audio atau ganti HU yg lumayan decent aja suaranya jg udah mantep buat daily.
Buat om2 yg nyari HRV, ini kendaraan lumayan enak buat dipake daily di dalam kota, naik turun di Lembang dan Puncak jg gak ada masalah padahal diisi ber5 + barang full. Cuma kalo boleh saran, kalo ada budget lebih mending ambil yg 1.8 nya aja, selain ada Sunroof, mesin2nya jg lebih mantep dari yg 1.5.
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...
nahh dl pernah jg punya keduanya bersamaan...impactful wrote: Sun Mar 14, 2021 12:18 hampir 2 bulan ini di kampung halaman gonta gantian pakai OS PX 2013 / HRV 1.8 2017, Wagon R AGS nganggur dulu sementara di garasi
jujur lebih suka pakai OS PX, tapi kalau keluar sama anak anak jelas mereka suka HRV karena panoramic nya bisa dibuka.
yg saya heran, suatu ketika, saya muter2 kota Madiun yg kecil ini dengan santai, dapat AVG 12,7... lalu habis isi pertalite 150rb, dibawa naik ke Tawangmangu, sampai banyak ketemu pelat H, dan balik lagi ke Madiun... itu AVG kok sama sekali gak berubah masih bercokol di 12,7 km/L
Beda banget sama OS PX yang AVG nya terasa sadis kalau dibawa nanjak ke sarangan paling dapetnya 100/14L (1:7?), cuma turunnya aja yg irit, dari Sarangan sampai Madiun (depan markas TNI AU) bisa 100/4L (1:25?)
Tapi emang driving style juga beda sih, bawa OS PX bawaan pengen bejek aja, bawa HRV pengennya santai...
HRV 1.8 lebih cocok buat pengemudi kalem yang injekan gasnya paling dalem 1/2 gas RPM gak lebih dari 4k dan main di speed menengah sekitar 80 - 120... CVTnya lebih cepet lock di rentang RPM 2000 - 4000 an. cm buat high speed yah... di atas 5k bahkan saya udah remap pun ttp kurang nonjok.
kalo OSPX CVTnya buat low speed kurang enak... setnya lebih buat kecepatan tinggi. yah overall mobilnya emang lebih enak buat high speed suspensi multilink satu-satunya di harga sgitu udah canggih dan stabil bgt. cm yah itu jadinya lumayan boros.
hampir gak berasa jg nih mobil genep 6 taun di bulan 5 nanti... betul stelah kemaren ganti oli CVT dan bongkar kaki kaki semua dah kya mobil baru... enaknya gak kalah ama yang lebih muda.nicholasmun wrote: Tue Apr 13, 2021 4:41 Nice Review Om. Sebagai pemakai HVR E 2017 (waktu itu budget kantor blm cukup untuk ambil yg 1.overall ane cukup puas sih.. Emang gak neko2, ekspektasi jg gak tinggi kaya mobil HRV tapi rasanya harus kaya Mercy.
Dengan sedikit modifikasi yg tepat, kenyamanan uda dapet buat ane. Pasang peredam full + ganti ban comfort juga udah berkurang jauh suara dan goncangan yg keras. Sama tambah Audio atau ganti HU yg lumayan decent aja suaranya jg udah mantep buat daily.
Buat om2 yg nyari HRV, ini kendaraan lumayan enak buat dipake daily di dalam kota, naik turun di Lembang dan Puncak jg gak ada masalah padahal diisi ber5 + barang full. Cuma kalo boleh saran, kalo ada budget lebih mending ambil yg 1.8 nya aja, selain ada Sunroof, mesin2nya jg lebih mantep dari yg 1.5.
kl suka diemin mobil mesin stock emang enak ambil 1.8 nya... cm beda lg kalo suka oprek, yang 1.5 lebih banyak part oprekan dan lebih gampang naik powernya

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Thu Jul 28, 2016 5:43
Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...
Akhirnya sesudah memilihara HRV E cvt selama 6 tahun 2 bulan, dijual juga hari ini. Sebetulnya tidak ada keluhan berarti untuk mobil ini asal bisa cuek dengan bunyi dashboard yang kadang muncul kadang hilang.
Lewat jalanan jelek/keriting, kudu hati-hati, pelan-pelan kayak priyayi. Apalagi ada jeglongan atau polisi tidur, meringis deh kalo gak pelan-pelan.
Dipakai jalan keluar kota, dengan suami dan 2 anak2, no problem. Muat banyak dan cukup lega. Dengan konsumsi bensin yang cukup irit, kombinasi dapet 13 km/liter, isi selalu Pertalite atau Pertamax.
Kebetulan ada satu innopah juga di rumah, jadi kalau jalan2 yang lebih jauh dengan jalanan yang gak mulus, dan pengen muat orang dan barang lebih banyak, ya innopah yang maju.
Saya sendiri sebetulnya lebih suka bawa innopah walau segede bahtera nabi Nuh, soalnya kalau di sini lebih dihormati sama motor2, gak maen selip2, senggol2 dan mepet2. Kalau bawa hrv, entah kenapa, para motor itu semen bener deket2, senggol2, jadi beberapa kali baret.....
.
Oh iya, di kantoe saya aja, ada 5 ekor HRV, kalao parkir kadang bederet berjejer, padahal parkirannya kecil, paling cuma ada 60an mobil. Dan dua adik juga beli hrv gara2 kepincut sama hrv saya, alhasil, ketemu adek kakak, bawanya hrv semua bertiga.....wkwkwkwk.
Lewat jalanan jelek/keriting, kudu hati-hati, pelan-pelan kayak priyayi. Apalagi ada jeglongan atau polisi tidur, meringis deh kalo gak pelan-pelan.
Dipakai jalan keluar kota, dengan suami dan 2 anak2, no problem. Muat banyak dan cukup lega. Dengan konsumsi bensin yang cukup irit, kombinasi dapet 13 km/liter, isi selalu Pertalite atau Pertamax.
Kebetulan ada satu innopah juga di rumah, jadi kalau jalan2 yang lebih jauh dengan jalanan yang gak mulus, dan pengen muat orang dan barang lebih banyak, ya innopah yang maju.
Saya sendiri sebetulnya lebih suka bawa innopah walau segede bahtera nabi Nuh, soalnya kalau di sini lebih dihormati sama motor2, gak maen selip2, senggol2 dan mepet2. Kalau bawa hrv, entah kenapa, para motor itu semen bener deket2, senggol2, jadi beberapa kali baret.....

Oh iya, di kantoe saya aja, ada 5 ekor HRV, kalao parkir kadang bederet berjejer, padahal parkirannya kecil, paling cuma ada 60an mobil. Dan dua adik juga beli hrv gara2 kepincut sama hrv saya, alhasil, ketemu adek kakak, bawanya hrv semua bertiga.....wkwkwkwk.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 611
- Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36
Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...
Sepakat... ini jadi salah satu pertimbangan saya untuk pilih OS PX dibanding HRV Prestige untuk seekor crossover buat Nyonya...ChZ wrote: Tue Apr 13, 2021 7:40 -edited
nahh dl pernah jg punya keduanya bersamaan...
HRV 1.8 lebih cocok buat pengemudi kalem yang injekan gasnya paling dalem 1/2 gas RPM gak lebih dari 4k dan main di speed menengah sekitar 80 - 120... CVTnya lebih cepet lock di rentang RPM 2000 - 4000 an. cm buat high speed yah... di atas 5k bahkan saya udah remap pun ttp kurang nonjok.
kalo OSPX CVTnya buat low speed kurang enak... setnya lebih buat kecepatan tinggi. yah overall mobilnya emang lebih enak buat high speed suspensi multilink satu-satunya di harga sgitu udah canggih dan stabil bgt. cm yah itu jadinya lumayan boros.
-edited
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...
HRV adik gua ya ampun... selain masalah bunyi ini itu
Kaca kiri kanan kalau udah berembun gara2 AC susah buat dihilangin, naik turunin kaca ga bisa bantu hilangin harus dilap manual
Steering rack rusak tapi ga dibenerin *jedotin jidat ke dinding*
Udah kaya bemper depan kaya habis ditabrak dan mau rusak ada suara gesrok parah banget pas lewat jalanan rusak
Kaca kanan naik turunnya bunyinya kencang banget pas mentok turun dan naik
Kaca kiri kanan kalau udah berembun gara2 AC susah buat dihilangin, naik turunin kaca ga bisa bantu hilangin harus dilap manual
Steering rack rusak tapi ga dibenerin *jedotin jidat ke dinding*
Udah kaya bemper depan kaya habis ditabrak dan mau rusak ada suara gesrok parah banget pas lewat jalanan rusak
Kaca kanan naik turunnya bunyinya kencang banget pas mentok turun dan naik
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...
Soal kaca, sama ama hrv sayaSalvanost wrote: Thu Apr 15, 2021 2:16 HRV adik gua ya ampun... selain masalah bunyi ini itu
Kaca kiri kanan kalau udah berembun gara2 AC susah buat dihilangin, naik turunin kaca ga bisa bantu hilangin harus dilap manual
Steering rack rusak tapi ga dibenerin *jedotin jidat ke dinding*
Udah kaya bemper depan kaya habis ditabrak dan mau rusak ada suara gesrok parah banget pas lewat jalanan rusak
Kaca kanan naik turunnya bunyinya kencang banget pas mentok turun dan naik
Cuman yg kanan lebi parah, kayanya pelipit nya ga bener2 nempel ke kaca.. tp no big deal seh buat saya
Steering rack complain aj.. dl saya punya bunyi klutuk2, dikira dr terot, suru beres cek dan claim, ehh ga tau nya yg rusak steering rack, bushing plastik nya ud oblak sikit yg sebelah, ga pake lama, 2 jem nunggu lgs dganti baru satu set berikut terot baru
Takut kl mreka ama saya, suka gebrak meja

numpang lewat aja....


-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Sun Apr 18, 2021 0:25
- Daily Vehicle: Toyota Mark X 250G
Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...
Saya sendiri juga pengguna HRV batch awal NIK 2015 dan masih dipakai harian sampai sekarang (Tipe e cvt). Well, karena kebanyakan ini mobil sering dipakai istri dan rute hanya dalkot (sesekali luar kota 3 bulan sekali), odo sekarang masih di kisaran 48rb km.
Sampai sekarang juga bakal bingung, kalaupun ini mobil dijual, dengan rentang harga yang sama sangat sulit menemukan kompetitor yang sebanding. alhasil, selama 5 tahun coba padu padan modifikasi se proper mungkin untuk meningkatkan kenikmatan mengendarai ini mobil.
ganti velg aftermarket original dengan spesifikasi diameter yang sama dengan OEM (R17/8/35) dibalut ban RE003 225/55, coilover te*nfle*z, strut bar, rear sway bar, hmmm peningkatan kualitas berkendara nya berasa sekali, handling naik jauh, plus lite performance part such as filter udar k&*, TC, dan remap.
So far kerusakan yang terjadi ada di racksteer, master rem (recall program), dinamo starter. Selebihnya ini mobil just running well, ga ada komplen. kata kuncinya ada di practicality.
Sampai sekarang juga bakal bingung, kalaupun ini mobil dijual, dengan rentang harga yang sama sangat sulit menemukan kompetitor yang sebanding. alhasil, selama 5 tahun coba padu padan modifikasi se proper mungkin untuk meningkatkan kenikmatan mengendarai ini mobil.
ganti velg aftermarket original dengan spesifikasi diameter yang sama dengan OEM (R17/8/35) dibalut ban RE003 225/55, coilover te*nfle*z, strut bar, rear sway bar, hmmm peningkatan kualitas berkendara nya berasa sekali, handling naik jauh, plus lite performance part such as filter udar k&*, TC, dan remap.
So far kerusakan yang terjadi ada di racksteer, master rem (recall program), dinamo starter. Selebihnya ini mobil just running well, ga ada komplen. kata kuncinya ada di practicality.
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Thu May 13, 2021 2:58
- Location: BSD
- Daily Vehicle: HR-V
Re: Honda HR-V, setelah 5 tahun...
Cara claim ke beresnya gimana om? Dan beres daerah mana yah?DOHC wrote: Thu Apr 15, 2021 2:20Soal kaca, sama ama hrv sayaSalvanost wrote: Thu Apr 15, 2021 2:16 HRV adik gua ya ampun... selain masalah bunyi ini itu
Kaca kiri kanan kalau udah berembun gara2 AC susah buat dihilangin, naik turunin kaca ga bisa bantu hilangin harus dilap manual
Steering rack rusak tapi ga dibenerin *jedotin jidat ke dinding*
Udah kaya bemper depan kaya habis ditabrak dan mau rusak ada suara gesrok parah banget pas lewat jalanan rusak
Kaca kanan naik turunnya bunyinya kencang banget pas mentok turun dan naik
Cuman yg kanan lebi parah, kayanya pelipit nya ga bener2 nempel ke kaca.. tp no big deal seh buat saya
Steering rack complain aj.. dl saya punya bunyi klutuk2, dikira dr terot, suru beres cek dan claim, ehh ga tau nya yg rusak steering rack, bushing plastik nya ud oblak sikit yg sebelah, ga pake lama, 2 jem nunggu lgs dganti baru satu set berikut terot baru
Takut kl mreka ama saya, suka gebrak meja![]()