Tentang mobil listrik (EV cars)

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

KielConstantine
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3027
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Tentang mobil listrik (EV cars)

Post by KielConstantine »

b0ku wrote: Sat Dec 28, 2024 0:30 batre kemry aja dari 40jt jadi 60jt ini juga cocotnya sama bakalan makin murah bla bla bla bla 10thn kemudian :glodak:

jgn sampe saya keluarin list sakti jualan camry hybrid saya aja karena tiap jual sellernya selalu bacot ganti batre abis berapa duit jd keliatan tuh naek harganya terakhirnya si ud di 60jtan sama ongkos 70jt :wkkk:
Yoehh ….

Kata gw mah batre kaga bakal turun harga. Apalagi kalo jualan barang kelas authorized workshorp. Pasti segituan aja bahkan cendrung naek, dicombo lemahnya mata uang rupiah kita.

As per hari ini harga batre zenix hybrid IDR 51jt (dealer resmi) wkwk

Batre murah? Bisa aja tapi kelas third party. Alias kw kw -an .
Kek sperpart mobil eropa di specialized workshop.

—————
Ramalan gw:

Nahhh skenario serunya at not so distant future nanti bakal kek gitu. Banyak user (warranty batre ud expired tentunya) yg ganti di third party workshop biar ngejer harga murah. Tapi quality & reliability di pertanyakan

Muncul deh berita lokal kembang api taon baru meledak dimana-mana, khas berita yg ente suka share di thread sebelah :big_biglaugh:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Tentang mobil listrik (EV cars)

Post by b0ku »

Bibieight wrote: Sat Dec 28, 2024 1:53 Yg saya kuatir bukan batere ama casing-nya oom, yg. kuatir itu arsitektur BMS-nya. Contoh : Ioniq 5, pake arsitektur daisy chain. Tiap2 modul ada sensor volt ama amper yg baca masing2 cell (6S2P), jd. modul kirim bacaan 6 cell. Data dikirim ke cell monitoring unit (salah satu kerjaan jd. kontroller cutoff-nya), kirim lagi ke BMS (ini otaknya, semua algoritma kumpul disini). Terus selain data batere, ada sensor termistor kirim suhu langsung ke BMS.
Naah, kalo sensor di modul las mati di modul, kayaknya bisa bikin ndiri, wong tugasnya cuma baca volt ama amper masih bisa, ndak ada koding standar. Yg runyam itu yg CMU ama BMS, codingan diflash kesini.
Kira2 ada gak sih yg bisa donlot koding di chip flash terus upload ke tempat lain ?, kalo bisa si bisa reverse engineer, wong tukang custom PCB aja ada : https://www.pcbway.com/project/sponsor/?country=91

Kalo cungkuo-an (kecuali AirEV) kayaknya sentral batere langsung ke BMS, mangkanya arsitekturnya rata2 1P, jalur kabel ama sensor jadi satu sepanjang battery pack.
waduh makin rumyam donk om slow moving gede dan complicated gitu mau tahan berapa tahun pabrikan bikinnya :big_biglaugh:

makannya saya bilang harusnya sih di bikin universal aja semua jd bisa swap sana sini cuma ya balik lagi semua pada tusuk2xan akhirnya modiar sendiri juga :glodak:

contoh misalnya OM bibie ioniqnya ud 20thn tapi masih di pake bisa upgrade ke batre yang lebih baru karena slot dudukannya sama terus gitu pula sama motor listriknya ditambah softwarenya kalo ud basi ganti komputer semua jd sisa chasis aja jd mau tampang kuno evnya tetep jalan karena partsnya universal semua kemaren beli hyundai besok pake motor listrik byd, batre pake tesla punya, komputer ambil punya honda :mky_03:

padahal EV paling gampang di implementasikan model gini cuma ya maunya cari untung masing2x :big_dunno:

kalo ICE itu swap engine complicated itu aja banyak yang bisa, gimana cuma EV yang butuhin cuma batre yang betuknya universal kayak AKI mobil :mky_03:
Bibieight
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Tentang mobil listrik (EV cars)

Post by Bibieight »

b0ku wrote: Sat Dec 28, 2024 2:38
waduh makin rumyam donk om slow moving gede dan complicated gitu mau tahan berapa tahun pabrikan bikinnya :big_biglaugh:

makannya saya bilang harusnya sih di bikin universal aja semua jd bisa swap sana sini cuma ya balik lagi semua pada tusuk2xan akhirnya modiar sendiri juga :glodak:

contoh misalnya OM bibie ioniqnya ud 20thn tapi masih di pake bisa upgrade ke batre yang lebih baru karena slot dudukannya sama terus gitu pula sama motor listriknya ditambah softwarenya kalo ud basi ganti komputer semua jd sisa chasis aja jd mau tampang kuno evnya tetep jalan karena partsnya universal semua kemaren beli hyundai besok pake motor listrik byd, batre pake tesla punya, komputer ambil punya honda :mky_03:

padahal EV paling gampang di implementasikan model gini cuma ya maunya cari untung masing2x :big_dunno:

kalo ICE itu swap engine complicated itu aja banyak yang bisa, gimana cuma EV yang butuhin cuma batre yang betuknya universal kayak AKI mobil :mky_03:
Nah itu oom, cita2 bikin kayak gini buat aftetmarket EV : https://evsenhanced.com/aftermarket-battery/
Terus jangan mau jual putus, tapi jual kridit atau sewa, bagi hasil ama leasing-nya :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: Kalo barang elektronik gini malah enak, bikin model isi token update via blutut, kalo ndak diupdate dikasih 1 kW.... :big_peace: :big_peace: :big_peace:

Kayaknya bikin di Cungkuo pasti ada yg. bisa ya ?, disana kan bisa bikin apa saja.... :big_think: :big_think: :big_think:
mahesoo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 134
Joined: Mon Sep 01, 2014 22:29

Re: Tentang mobil listrik (EV cars)

Post by mahesoo »

Sempat skeptis sama EV, mangkannya lebih pilih hybrid
Pengalaman melihara Camry Hybrid 2012 sama CorCross 2023 sih aman2 aja, tapi pas coba Ioniq 5 punya temen jujur saya nagih si, saya suka banget sama bantingannya pas dan walaupun fiturnya gak sebanyak mobcin tapi pas aja gitu berfungsi semua, ADASnya juga oke banget berfungsi dengan baik jadi gak bikin cape pas di tol. Plus bahan bakarnya lebih murah dan mungkin lebih maintenance free dan pajaknya yang murah.

Bener bener sempat kepikiran apa tuker guling aja mobil hybrid jadi ev ya ? Tapi apa betul in the long run bakal lebih murah ? dan apakah baterainya tetap ada yg jual walaupun udah 10-20 tahun ?, masalah baterai mahal okelah itu masalah tapi kalau baterai gak diproduksi lagi berarti udah harga mati bakal jadi rongsok kan 🥹, kan lucu kalau body suspensi masih layak jalan tapi gak bisa dipakai sama sekali karena gak ada yang jual baterainya.

Kalau hybrid kan pait2nya batere rusak mobil masih bisa jalan paking efisiensinya aja berkurang, banyak prius2 tua di us masih jalan2 aja walaupun batere rusak

Mohon insightnya dari om om disini terlebih lagi yang udah memutuskan beli EV.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Tentang mobil listrik (EV cars)

Post by b0ku »

Bibieight wrote: Sat Dec 28, 2024 3:24
Nah itu oom, cita2 bikin kayak gini buat aftetmarket EV : https://evsenhanced.com/aftermarket-battery/
Terus jangan mau jual putus, tapi jual kridit atau sewa, bagi hasil ama leasing-nya :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: Kalo barang elektronik gini malah enak, bikin model isi token update via blutut, kalo ndak diupdate dikasih 1 kW.... :big_peace: :big_peace: :big_peace:

Kayaknya bikin di Cungkuo pasti ada yg. bisa ya ?, disana kan bisa bikin apa saja.... :big_think: :big_think: :big_think:
tergantung market si om masalahnya kalo pada milihin ngescrap di banding benerin lama2x juga pada begah bikin partsnya akhirnya di stop juga :mky_03:

mana complicated lagi kalo cuma nyari shape masih bisa di copy sama 3d printing kalo ud maen komponen elektronik kecil2x lama2x ya gak ada yang mau jiplak atau bikin KWnya masalahnya cost produksi partsnya gak murah juga :big_bored:

kayak 86 aja malah sebody2xnya di bikin sama cungkwo :mky_07:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3906
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Tentang mobil listrik (EV cars)

Post by kendibocor »



Baru ntn setengah. Ekspansi mobcin cungkuo emang ngeri ya,
Kasi gaji buruh 2x lipat pabrikan mopang
Vice president toyoti thai pindah GWM
Dealer BYD nyaplok dealer mopang
Karyawan, staff mopang turun semua kecuali toyoti
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tentang mobil listrik (EV cars)

Post by Suryaputra »

kendibocor wrote: Tue Dec 31, 2024 11:37

Baru ntn setengah. Ekspansi mobcin cungkuo emang ngeri ya,
Kasi gaji buruh 2x lipat pabrikan mopang
Vice president toyoti thai pindah GWM
Dealer BYD nyaplok dealer mopang
Karyawan, staff mopang turun semua kecuali toyoti
Di negaranya aja, mereka udh seadvance itu

Skillset teknis nya udh advance

Diakuin sm tim cook, apalgi tim cook kan org operasional banget background nya

Makanya knp iphone made in china, bukan karena labor cost rendah.. :big_grin:

Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri