Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4361
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?

Post by kunaskun »

ChZ wrote: Wed May 30, 2018 16:15 Jepang yg EPSnya enak sejauh pengalaman Honda turbo lineup (Civic & CR-V, dah tobat bikin EPS ampas mereka) dan Mazda ... meskipun to be fair di low speed EPSnya Honda entah kenapa masih lebih kerasa koneksinya ke jalan dibanding Mazda... medium speed baru enak. Mazda steering rationya mayan agresif kayak mobil sport. Honda lebih kalem.

EPS Honda jaman 2006 - 2011 kelas civic dan accord juga enak... kemarin bawa accord CP2 setirnya lebih berisi daripada camry XV40 yang hidrolik... feel nya EPS CP2 mirip sama civic FD2... berat dan padet berisi. jaman ini Suzuki macem SX4, Swift, Splash EPSnya asik juga.

Klo EPSnya Honda yang murah2 lupain aja lah. kelas brio bersaudara dan jazz hrv, EPSnya jaman civic FB dan Accord CR juga ampas. Suzuki sekarang juga EPSnya hambar ga seasik dulu. S-Cross lebih ga fun to drive dibanding SX4.

Toyota apa ya yang EPSnya enak... Mark X sih terakhir bawa... Nissan juaranya bikin EPS gak ada feelnya... livina sampe X-Trail EPSnya kayak muterin setir di game arcade... enteng banget, setirnya X-Trail sama Avanza dual VVT-i aja masih berasa lebih ada feedbacknya Avanza Dual VVT-i...
untuk perbaiki feel EPS yang emang makin lama makin kebangetan ga enaknya itu, bigger wider tyre (inch up if needed) and trade that damned so called eco tyre with at very least touring model tyre. dan setelah itu mampirlah ke bengkel spooring yang jago untuk minta caster dimajuin + kasih negative chamber sedikit. saya yakin setidaknya 30-50% lebih baik daripada aslinya, dan dapat bonus: lebih aman dan mantap di jalan.

sayangnya kedua hal ini ga akan dilakuin most people kecuali ya tentunya enthusiast.
thestoneroses
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 616
Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
Location: +62 / +65

Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?

Post by thestoneroses »

farizfsa wrote: Thu May 31, 2018 7:26
pernah nemu sih om yg matic, tp yg sv v6, langka beneran.

gatau deh bisa di pasangin matic atau ga, harusnya sih bisa macem pasangin matic ke tiger

igel lg agak turun trend nya sih.. kalo udh punya juga syg2 dipake keluar malah jd garage queen syg juga

kalo cuma 605 sih kayanya bini ga bakal teriak ya secara murah tp paling kenapa mbl jadul lg haha

itu AL4 dulu sih seloid matic nya kenapa gt, untung punya saya masih sehat sih, paling cape bersihin idle regulator aja sering di pug 406.

udah lama ga pake pug, terakhir ya pas pak edi otoklinik itu masih di pinggir tol. padahal sebelum icip mercy keluarga besar sih pake pug mulu dr 505gr, gti, 405 sri sti lemans, 306 n3 n5 terakhir 406.

sekarang sih pug yg masih ane demen cuma 508, tau deh rasanya enak apa generic
Berarti sama langkanya kayak 406 V6 yah, or 406 coupe. Seumur2 ketemu cuma di pfd doang dulu, peugeot fun drag race

Harusnya bisa, kan basicnya sama kayay 405 sri/sr, kalau soal teriak mah iya, kotak-kotak jadul lagi ha ha

AL4 kayaknya ngga di 206, 406 saya kena semua dulu, murah sih, cuma rese aja kalo udah kedip2. Kalo idle regulator 406 yg kumat rpm goyang2 pas macet yah? Damn those days, tapi seneng2 aja makenya ha ha

508 flat om, pernah nyoba kayak bawa seri 3 tp fwd

otklin sama otjay sebelahan dulu, terus suka penuh sama anak2 komunitas apa gitu saya lupa, saya sama kyk om bedanya ngga pegang n3/n5 sama sri. Langsung dari paus ke sti, terus lemans d8 sama d9 + 206 waktu lg hot hotnya ha ha

Beda sr sama sri apa yah om? karbunya ya?
Ron Asheton Forever
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3056
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?

Post by farizfsa »

thestoneroses wrote: Sun Jun 03, 2018 0:08
farizfsa wrote: Thu May 31, 2018 7:26
pernah nemu sih om yg matic, tp yg sv v6, langka beneran.

gatau deh bisa di pasangin matic atau ga, harusnya sih bisa macem pasangin matic ke tiger

igel lg agak turun trend nya sih.. kalo udh punya juga syg2 dipake keluar malah jd garage queen syg juga

kalo cuma 605 sih kayanya bini ga bakal teriak ya secara murah tp paling kenapa mbl jadul lg haha

itu AL4 dulu sih seloid matic nya kenapa gt, untung punya saya masih sehat sih, paling cape bersihin idle regulator aja sering di pug 406.

udah lama ga pake pug, terakhir ya pas pak edi otoklinik itu masih di pinggir tol. padahal sebelum icip mercy keluarga besar sih pake pug mulu dr 505gr, gti, 405 sri sti lemans, 306 n3 n5 terakhir 406.

sekarang sih pug yg masih ane demen cuma 508, tau deh rasanya enak apa generic
Berarti sama langkanya kayak 406 V6 yah, or 406 coupe. Seumur2 ketemu cuma di pfd doang dulu, peugeot fun drag race

Harusnya bisa, kan basicnya sama kayay 405 sri/sr, kalau soal teriak mah iya, kotak-kotak jadul lagi ha ha

AL4 kayaknya ngga di 206, 406 saya kena semua dulu, murah sih, cuma rese aja kalo udah kedip2. Kalo idle regulator 406 yg kumat rpm goyang2 pas macet yah? Damn those days, tapi seneng2 aja makenya ha ha

508 flat om, pernah nyoba kayak bawa seri 3 tp fwd

otklin sama otjay sebelahan dulu, terus suka penuh sama anak2 komunitas apa gitu saya lupa, saya sama kyk om bedanya ngga pegang n3/n5 sama sri. Langsung dari paus ke sti, terus lemans d8 sama d9 + 206 waktu lg hot hotnya ha ha

Beda sr sama sri apa yah om? karbunya ya?
Iya om sri udh injeksi sr masih karbu, sti lemans udh ngerasa keren bgt apa lg ada spoiler belakang

Idle regulator kalo kumat rpm naik turun bener om, kan ga enak kalo naik matic naik turun gt rpm, bisa bersihin sendiri sih tp posisi lepas ir nya agak sempit

Lebih cekatan matic al4 sih drpd matic mercy taun 90an cuma ya matic mercy robust dan low maintenance aja. Selama pake mercy jarang bgt kena problem matic apa hampir ga pernah ya

Iya dulu sebelahan dan rame, skrg otoklinik udh di belakang antam kl ga salah dan lebih besar

Kalo mesin sih sebenernya pug generasi x05 dan x06 sih lumayan kuat ya dulu pas msh muda sy sering bawa 180++ pernah kejaran sama eterna tp kalah wkwk, ga lama eterna nya keluar asep tp saya lanjut lg

Seneng2 aja sih sy dulu pake mbl ini, tdnya hampir ambil city z sy sebelum 406. Tp abis masuk 406 ya masuk city z gt deh, hard plastic dimana2 dibanding 406 softpad dimana2
thestoneroses
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 616
Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
Location: +62 / +65

Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?

Post by thestoneroses »

farizfsa wrote: Sun Jun 03, 2018 1:52
Iya om sri udh injeksi sr masih karbu, sti lemans udh ngerasa keren bgt apa lg ada spoiler belakang

Idle regulator kalo kumat rpm naik turun bener om, kan ga enak kalo naik matic naik turun gt rpm, bisa bersihin sendiri sih tp posisi lepas ir nya agak sempit

Lebih cekatan matic al4 sih drpd matic mercy taun 90an cuma ya matic mercy robust dan low maintenance aja. Selama pake mercy jarang bgt kena problem matic apa hampir ga pernah ya

Iya dulu sebelahan dan rame, skrg otoklinik udh di belakang antam kl ga salah dan lebih besar

Kalo mesin sih sebenernya pug generasi x05 dan x06 sih lumayan kuat ya dulu pas msh muda sy sering bawa 180++ pernah kejaran sama eterna tp kalah wkwk, ga lama eterna nya keluar asep tp saya lanjut lg

Seneng2 aja sih sy dulu pake mbl ini, tdnya hampir ambil city z sy sebelum 406. Tp abis masuk 406 ya masuk city z gt deh, hard plastic dimana2 dibanding 406 softpad dimana2
Sr itu penasaran saya, kata orang kan paling rewel tapi seninya di situ jangan2. kalo sti sama kayak bx nya citroen kan? suspensi bola? dulu sempet beberapa temen ngebangun, cuman sekarang pada keracunan bintang semua ha ha

oya mas, inget nga kalo nga salah d8 kan 96-99, d9 00-05, cuman yg tahun 00 itu spek d9nya beda sendiri kan ya? bukan model lemans kyk d8 or limited kyk d9, saya lupa apanya yang beda gitu. bener nga ya?

pug dari 604 enak mas, itu mobil saya belajar mobil dulu, gede banget enak megang mobil berikutnya jadi aman
walau agak kagok sih naik ke w140 dari s90, cuman yah begitulah, sensasi teknologi jadul kadang gimana gitu ya

itu si 604 sama 505 gampang banget ngepot kalo angkat kopling kecepetan dulu ha ha
Ron Asheton Forever
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3056
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?

Post by farizfsa »

thestoneroses wrote: Fri Jun 08, 2018 4:49
farizfsa wrote: Sun Jun 03, 2018 1:52
Iya om sri udh injeksi sr masih karbu, sti lemans udh ngerasa keren bgt apa lg ada spoiler belakang

Idle regulator kalo kumat rpm naik turun bener om, kan ga enak kalo naik matic naik turun gt rpm, bisa bersihin sendiri sih tp posisi lepas ir nya agak sempit

Lebih cekatan matic al4 sih drpd matic mercy taun 90an cuma ya matic mercy robust dan low maintenance aja. Selama pake mercy jarang bgt kena problem matic apa hampir ga pernah ya

Iya dulu sebelahan dan rame, skrg otoklinik udh di belakang antam kl ga salah dan lebih besar

Kalo mesin sih sebenernya pug generasi x05 dan x06 sih lumayan kuat ya dulu pas msh muda sy sering bawa 180++ pernah kejaran sama eterna tp kalah wkwk, ga lama eterna nya keluar asep tp saya lanjut lg

Seneng2 aja sih sy dulu pake mbl ini, tdnya hampir ambil city z sy sebelum 406. Tp abis masuk 406 ya masuk city z gt deh, hard plastic dimana2 dibanding 406 softpad dimana2
Sr itu penasaran saya, kata orang kan paling rewel tapi seninya di situ jangan2. kalo sti sama kayak bx nya citroen kan? suspensi bola? dulu sempet beberapa temen ngebangun, cuman sekarang pada keracunan bintang semua ha ha

oya mas, inget nga kalo nga salah d8 kan 96-99, d9 00-05, cuman yg tahun 00 itu spek d9nya beda sendiri kan ya? bukan model lemans kyk d8 or limited kyk d9, saya lupa apanya yang beda gitu. bener nga ya?

pug dari 604 enak mas, itu mobil saya belajar mobil dulu, gede banget enak megang mobil berikutnya jadi aman
walau agak kagok sih naik ke w140 dari s90, cuman yah begitulah, sensasi teknologi jadul kadang gimana gitu ya

itu si 604 sama 505 gampang banget ngepot kalo angkat kopling kecepetan dulu ha ha
Sti di indo ga pake bola om, suspensi biasa cmiiw yg pake itu yg mi16x4 kalo ga salah, tau deh ada disini atau ga. Yg enak sih sti lemans taun 94-96 ya kl ga salah. Cuma pug 405 ini kl mau diceperin tinggiin enak, suspensinya pake torsion bar

Kl ga salah denger gt yg 406 tahun 2000 tp apa nya sy sendiri lupa, apa d8 pake digital climate ya lupa. Dulu sy pegang d9 yg unit cbu, enak.

Wkwk kl org dr mbl lebih kecil dr w140 ya pasti kagok, namanya juga paus om, gede bgt

Sy malah skrg kagok bawa mbl kecil
Suvan
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Sun May 06, 2018 6:38
Location: Smg
Daily Vehicle: Er3

Re: Car's Technology...is it make better to drive than previous old car?

Post by Suvan »

Liat topik ini inget kejadian yg nubi alami waktu naik kucing 2001. Waktu ngebut di turunan tol gombel (semarang). Tiba2 truk di depan ambil jalur kanan buat menyalip.. Jalan abis..di depan 2 truk jalan pelan.. Panik, injek rem dalem.. Alhasil kucing tak terkendali dan jalan hanya 2 kaki. Alias 2 roda kanan terangkat. Untunglah reflek nubi masih bagus dan masih selamat. Kucing ga jadi terguling.. Skg kalo cari tunggangan wajib ada abs, vsc, tc, untuk kontrol mobil.. Plus lebih hati hati hehehe