Asal dibawah 350 ya worth lah.
2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1432
- Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
- Daily Vehicle: K24 RM3
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Tue May 17, 2016 9:37
Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review
Sengaja cari thread ini lagi untuk baca lagi reviewnya buat kandidat mobil perang dalem kota. Second nya udah 300 kecil. Mustinya badak ya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4772
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review
Sebagai user CRV Turbo yg 1.5 CVT Prestigenya saya bantu jawab ya. Kalo om ngincernya yg 2.0 sih, mesinnya cukup badak ya, mengingat pake mesin yg sama dengan gen sblmnya, cuma ganti transmisinya aja dari 5 at jadi CVT. Kalo mau ngangkat CRV gen ini sih, yg perlu diperhatiin paling kaki2, rack steering, dan pastikan owner sebelumnya telaten dan rutin ganti oli CVTnya, dan penyakit crv gen ini sih, terutama yg batch awal ada di tuas transmisinya aja yg gampang copot.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 450
- Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41
Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review
Gan, mumpung sesama user HRV prestige jg, kalao boleh saya mau minta saran, kira2 worth it ga ya utk tuker tambah HRV prestige ke CRV RW 2.0 ini? Saya ad lihat ads yg mau lepas tahun 2019d harga 380. Mengingat KM masih baru dan masih garansi sampe 2022 d agak tertarik. Tapi yg bikin miris, fitur2 sepertinya downgrade dr hrv prestge saya. Tapi dari segi deiving impression, apakah sesignifikan it lebih enaknya? Thanks beforeChZ wrote: ↑Fri Feb 23, 2018 17:26 Oke... Berhubung ane sudah ditodong - todong sama banyak oknum untuk segera nge-review CR-V 2.0 CVT...
Gayung bersambut... akhirnya ada seorang member SM yang menawarkan CR-V nya untuk di review... Kebetulan ybs baru aja SPK CR-V 2.0 CVT buat bininya...
Kenapa nggak ambil CR-V Turbo ?
Simpel aja, ybs sangat mengutamakan yang praktis dan mudah dirawat, karena yang pake bini... (saat ybs beli blom rame kasusnya om 171DJI)...
So... apakah CR-V 2.0 CVT juga cukup baik bagi yang mengutamakan praktikalitas dan kemudahan perawatan ?
Styling
Ane gak akan berlama - lama dengan impresi luar-dalamnya karena nyaris mirip...
Yang jelas CR-V 2.0 CVT ini exteriornya 99% identik dengan CR-V 1.5 Turbo non-Prestige.
Adapun perbedaan di sisi luar yang terlihat adalah muffler yang cuma sebiji...
Interior
Sangat basic, bahkan untuk ukuran mobil 400 juta... Kalau ngerasa liat yang 1.5 Turbo Prestige dah miris hati, yang 2.0 CVT apalagi... Stir lebih polosan, Panel kayu diganti panel silver, head unit standar (seperti di Civic Turbo S saya), tombol AC manual, dan kursi masih fabric.
Oh ya, tipe paling basic ini formatnya tidak lagi 7-seater, tapi 5-seater.
Ya basic sih nggak apa tapi mbok jangan 400 juta juga harganya...
Driving
Baiklah, yang paling bikin penasaran adalah rasa berkendaranya. Mesin yang digunakan adalah 2.0 Liter R20Z1 SOHC i-VTEC bertenaga 155 PS sama seperti CR-V generasi-3 dan generasi-4.
Perbedaan hanya pada sektor transmisi yang sekarang menggunakan CVT, menggantikan good ol' 5-speed.
Karena ane sudah familier dengan CR-V generasi-5, maka gak perlu terlalu banyak penyesuaian. Sekali lagi, ane nggak terlalu banyak expect mobil ini untuk jadi kenceng atau gimana... karena CR-V 2.0 memang dari dulu terkenal lemot... Dengan transmisi CVT ane sangat berharap ya setidaknya a tad better daripada 5-speed nya. Karena kebetulan punya HR-V 1.8 dan Civic 1.8 dengan transmisi CVT dan 5-speed, CVT di HR-V jauh lebih baik dibanding 5-speed di Civic...
Dari karakter injakan gas, mobil ini seakan memang diciptakan untuk urban roads. Untuk kalangan berkaki sopan, nginjek gas gak pernah lebih dari 25%. Sangat mudah mengkail torsi bawah di mesin 2.0 Liter SOHC yang memang fokusnya ke economy ini.
Bagi yang nggak tau, sistem VTEC di R-series (R18 dan R20) ini berkebalikan dibanding VTEC di K maupun B series. VTEC nya berfokus pada economy, sehingga hanya ada eco-cam saja yang bekerja pada putaran rendah, justru VTEC dis-engage waktu putaran tinggi (pernah dibahas oom egibaio di review Civic FD1 nya).
Plus, extra displacement 500cc dari CR-V Turbo justru membuat tarikan bawah CR-V paling basic ini jadi menyenangkan, untuk perkotaan lebih linear tidak ada efek laggy seperti di varian Turbo.
Ya tentunya, figur angka - angka di brosur dan teknologi tetap berbicara.
Karakter asli dari CR-V 2.0 justru makin terekspos ketika mesin ini diperas sampai RPM di atas 2000. Di CR-V Turbo, lewat 2000 RPM ketika turbo spool up mobil sudah langsung melesat kencang, CR-V 2.0 harus berpuas diri dengan tenaganya yang pas-pasan. Sempat saya kickdown, CVT bisa slip-up sampai 5000 RPM dimana itu sudah langsung masuk range powerband, tapi ya tetep, larinya segitu-segitu aja. Beda 35 hp dibanding versi Turbo memang nggak bohong.
Sehingga jadi agak males untuk mbejek...
Baik handling, steering, dan kenyamanan, nyaris tidak ada yang berubah dari CR-V 2.0. Tetep terasa lembut tapi tidak menyebabkan bodyroll berlebih, steering akurat walaupun agak sedikit hambar. Sehingga tidak terlalu banyak yang perlu dikomentari soal ini.
Intinya, ya memang kayak beli CR-V tapi tanpa beli mesin Turbo nya...
Conclusion
Nah jujur, nulis conclusionnya agak repot...
IMHO, beli CR-V generasi 5 tanpa beli mesin Turbo nya sebenernya agak mubazir, karena kayak cuma dapet casing CR-V tanpa dapet segala kelebihan utama dari platform baru Honda... Which is salah satunya adalah mesin Turbo seperti di Civic dan New Accord. Let aside problem di beberapa unit ya... Setidaknya, kalo gak dapet fitur banyak tapi masih dapet mesin baru gitu loh...
Untuk alasan praktikalitas dan kemudahan... Ya reasonable sih, tapi kembali lagi, dengan harga setara CR-V 2.0 Liter itu bisa dapet Nissan X-Trail 2.5 T32 brand new masih kembalian. Secara mesin lebih besar, kelengkapan juga lebih topcer.
So... ane harus berpikir keras apakah CR-V versi paling basic ini layak dibilang worth it...
OK, ya mungkin pembeli CR-V 2.0 adalah orang-orang yang memang pengen dapet CR-V tanpa harus berurusan dengan perawatan mesin Turbo dan merasa modelnya X-Trail udah kurang "fresh", atau yang alergi dengan merek batu makam, atau bos besar perusahaan yang mau ngebeliin manager - manager nya mobil dinas, dan punya relasi baik dengan petinggi dealer H ...
Atau ya sama seperti alasan si member SM ini beli ... karena ngebeliin bini ... bisa ngomel para bini disuruh ngisi pertamax turbo tiap kali pake...
Saya pribadi?
Tetap lebih milih X-Trail 2.5 ... I have personal preference with bigger engines... Klo CR-V antara buy turbo or buy others... Krn IMHO klo orang yang paham mobil untuk pake sendiri (bukan pake bini) akan sayang beli CR-V yang tipe paling basic tanpa mesin turbo nya...
My big thanks to Mr. H for lending us...
[youtube]cR5blkR8uNU[/youtube]
-
- SM Specialist
- Posts: 16307
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review
380 bisa dapet 1.5 Turbo selisih 1-2 tahun rasanya dengan kondisi yang tidak terlalu beda signifikan.Jenson wrote: ↑Sun Nov 15, 2020 18:54
Gan, mumpung sesama user HRV prestige jg, kalao boleh saya mau minta saran, kira2 worth it ga ya utk tuker tambah HRV prestige ke CRV RW 2.0 ini? Saya ad lihat ads yg mau lepas tahun 2019d harga 380. Mengingat KM masih baru dan masih garansi sampe 2022 d agak tertarik. Tapi yg bikin miris, fitur2 sepertinya downgrade dr hrv prestge saya. Tapi dari segi deiving impression, apakah sesignifikan it lebih enaknya? Thanks before
380 masih kemahalan sih, kalo 300 kecil atau kepala 2 baru worth it.
2.0 cocok buat mobil operasional kantoran atau mobil supir yang tidak terlalu butuh maintenance dan isi bbm jelek.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 450
- Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41
Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review
Thanks gan sarannya. Saya habis googling2 malah nemu CRV Turbo udh ada yg buka harga 330 selisih 2 taunan dari yg 2.0. Kalau ga banyak PR, menariik juga kayanya tuker guling dr HRV Prestige ke CRV TurboChZ wrote: ↑Mon Nov 16, 2020 2:11380 bisa dapet 1.5 Turbo selisih 1-2 tahun rasanya dengan kondisi yang tidak terlalu beda signifikan.Jenson wrote: ↑Sun Nov 15, 2020 18:54
Gan, mumpung sesama user HRV prestige jg, kalao boleh saya mau minta saran, kira2 worth it ga ya utk tuker tambah HRV prestige ke CRV RW 2.0 ini? Saya ad lihat ads yg mau lepas tahun 2019d harga 380. Mengingat KM masih baru dan masih garansi sampe 2022 d agak tertarik. Tapi yg bikin miris, fitur2 sepertinya downgrade dr hrv prestge saya. Tapi dari segi deiving impression, apakah sesignifikan it lebih enaknya? Thanks before
380 masih kemahalan sih, kalo 300 kecil atau kepala 2 baru worth it.
2.0 cocok buat mobil operasional kantoran atau mobil supir yang tidak terlalu butuh maintenance dan isi bbm jelek.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 587
- Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00
Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review
Jadi tuker kah om? Impresinya gimana apakah selemot itu kalo dibanding hrv 1.8? Kebetulan ada rencana juga mau tuker hrv 1.8 ke crv 2.0 tapi takut keberatan bodiJenson wrote: ↑Tue Nov 17, 2020 18:05Thanks gan sarannya. Saya habis googling2 malah nemu CRV Turbo udh ada yg buka harga 330 selisih 2 taunan dari yg 2.0. Kalau ga banyak PR, menariik juga kayanya tuker guling dr HRV Prestige ke CRV TurboChZ wrote: ↑Mon Nov 16, 2020 2:11380 bisa dapet 1.5 Turbo selisih 1-2 tahun rasanya dengan kondisi yang tidak terlalu beda signifikan.Jenson wrote: ↑Sun Nov 15, 2020 18:54
Gan, mumpung sesama user HRV prestige jg, kalao boleh saya mau minta saran, kira2 worth it ga ya utk tuker tambah HRV prestige ke CRV RW 2.0 ini? Saya ad lihat ads yg mau lepas tahun 2019d harga 380. Mengingat KM masih baru dan masih garansi sampe 2022 d agak tertarik. Tapi yg bikin miris, fitur2 sepertinya downgrade dr hrv prestge saya. Tapi dari segi deiving impression, apakah sesignifikan it lebih enaknya? Thanks before
380 masih kemahalan sih, kalo 300 kecil atau kepala 2 baru worth it.
2.0 cocok buat mobil operasional kantoran atau mobil supir yang tidak terlalu butuh maintenance dan isi bbm jelek.
‘14 PY-VPS
‘01 B20B
‘01 B20B
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4772
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review
kebetulan saya user HRV 1.5 dan CRV 1.5 turbo pres, serta udh pernah nyobain HRV 1.8 punya saudara saya juga. kalo mau tuker ke CRV 2.0 menurut saya gak worth, tarikannya agak lemot dibanding yg 1.5 turbo, kebetulan saya udh pernah test drive juga yg 2.0. selain itu fiturnya juga rada kopong. kalo mau upgrade, lebih mending ke 1.5 turbo non pres sekalian kalo emg blm butuh2 amat panoramic sunroofnya, tapi kalo saya pribadi, lebih baik upgrade ke yg 1.5 turbo pres sekalian , 380 kayanya dapet yg 2017, atau kalo mau yg 1.5 turbo biasa dapet yg tahun 2018 budget segitu hehehewhitehorse4 wrote: ↑Sat Mar 05, 2022 4:54Jadi tuker kah om? Impresinya gimana apakah selemot itu kalo dibanding hrv 1.8? Kebetulan ada rencana juga mau tuker hrv 1.8 ke crv 2.0 tapi takut keberatan bodiJenson wrote: ↑Tue Nov 17, 2020 18:05Thanks gan sarannya. Saya habis googling2 malah nemu CRV Turbo udh ada yg buka harga 330 selisih 2 taunan dari yg 2.0. Kalau ga banyak PR, menariik juga kayanya tuker guling dr HRV Prestige ke CRV TurboChZ wrote: ↑Mon Nov 16, 2020 2:11
380 bisa dapet 1.5 Turbo selisih 1-2 tahun rasanya dengan kondisi yang tidak terlalu beda signifikan.
380 masih kemahalan sih, kalo 300 kecil atau kepala 2 baru worth it.
2.0 cocok buat mobil operasional kantoran atau mobil supir yang tidak terlalu butuh maintenance dan isi bbm jelek.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2212
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review
Dari segi model sih iya om, tapi kalo soal powertrain kalo biasa nyetir xtrail 2.5 , crv non turbo jadi kurang nendang.eka00 wrote: ↑Sat Feb 24, 2018 1:31 Saya kok melihatnya ini cukup value for money ya, harganya bisa dibawah 400 setelah diskon dan beda 80jtan dgn prestige, jika gak butuh baris ketiga dan dibawa dalam kota mungkin lebih asyik dibanding xtrail yg kelihatan udah jadul, beli baru tapi serasa mobil lama.
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- SM Specialist
- Posts: 16307
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2018 Honda CR-V 2.0 CVT (RW3) Review
kalau harga bekasnya bisa ditekan di bawah 280 juta, saya rasa worth it aja beli yang 2.0. nambah ngga banyak dari HRV 1.8 tapi bisa dapet mobil yang ride nya lebih refined. lemotnya sih yaa asal pake cuma di kota kota yang 2.0 CVT lebih baik daripada yang 2.0 5AT duluwhitehorse4 wrote: ↑Sat Mar 05, 2022 4:54 Jadi tuker kah om? Impresinya gimana apakah selemot itu kalo dibanding hrv 1.8? Kebetulan ada rencana juga mau tuker hrv 1.8 ke crv 2.0 tapi takut keberatan bodi
tapi balik lg kalo cuma selisih 50 juta sama CRV 1.5 non prestige, ya enakan beli CRV 1.5 sekalian.
toh kalau soal reliability issue CRV 1.5 engine nya terbukti ngga banyak problem in the long run...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7