Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
ybyb wrote:kebijakan utk memasukkan modal dulu supaya perusahaan tdk perlu modal awal, bisa di tabung di bank dan ada bunga yg lumayun...
nanti jg akan ada kebijakan menggunakan system jarak jauh dgn speed mobil rendah tagihan masuk rekening...
itulah trik utk cari uang cash dr rakyat...
Beda yah ama sensor anti maling di gate toko2
orang yg bawa tag barang sambil lari aja dia bisa detek
vipere wrote: ↑Fri Nov 17, 2017 3:51
Kenapa ya jasa marga bukannya bikin kebijakan yg bisa tambah lancar. malah bikin kebijakan yang bikin tambah macet.
Jangan bilang ini masih masa adaptasi, Udah 1 bulan penerapan etoll card, macet masih bertambah 2 x lipat.
sebagai contoh Pintu masuk tol kemayoran sekarang macetnya mulai dari belokan ke prj. Dulunya paling sekitar apt bandar kemayoran.
Tol bandara jam pulang kerja, sering banget macetnya dari km 22, mau hari apa aja. Dulu kalo hari rabu-jumat paling macetnay mulai dari km 27, senin selasa malahan lancar banget sampe gerbang tol, skr mau senin kek tetep aja macetnya bisa dari km 22.
Begitu juga pagi hari arah ke tol bandara , ane dari arah kebalikannya lihat arah tol bandara jam 6-an pagi aja macetnya udah panjang banget.
Jadi kesimpulannya etoll gak bikin lebih cepat dari tunai,walaupun uang tunai ada kembalian ,kayaknya lebih cepet uang tunai deh. kalo mau non tunai ya jangan pake sistem etoll lah.
Beberapa pengamatan :
1. Banyak driver yang suka nungguin struk keluar, Kalau tunai struk udah siap begitu mau bayar, langsung bayar lansung kasih struk.
2. Banyak juga driver yang nempelin kartunya gak terlalu kena, akibatnay jadi diangkat tempel lagi angkat tempel lagi. padahal mah tempel aja agak kena dikit, dan jangan diangkat2..ntar juga kebaca.
3. Driver yang gak bawa etoll card, ini mungkin mashi bisa terjadi di minggu2 pertama kebijakan etoll. tapi ini udah 1 bulan gak mungkin dong masih ada yg gak bawa etoll card, tapi macetnya tetep jalan terus.
masih butuh waktu dalam adaptasi skala masal begini...
kudunya juga masi diaktifkan jualan kartu etoll di tiap pintu biar ga nyusahin orang minjem2 etoll dibelakangnya pas lupa/lupa isi wkwk
Sayangnya budaya cashless baru diterapkan pada jalan tol dan CL aja. Seharusnya pemkot atau pemkab 'memaksa' cashless pada mall, pusat pelayanan publik dan perbankan, dll. Setidaknya untuk parkirnya (misalnya pake vendor parkir seperti s*cure p*rking) pake cashless untuk parkir mobil dan motor. Sehingga sudah terbiasa bertaransaksi seperti itu. Tapi kendala pada mall, bisa menurunkan tingkat kunjungan karena membuat calon pengunjung berpikir dua kali.
g4ndalf wrote: ↑Mon Nov 20, 2017 2:53
Luar biasa... lemah teles Gusti Allah sing mbales
Emg sih typical driver2 yg 'udik' sering spt itu. Saat saya kasih jalan biasanya driver2 yg ngerti lambaikan tangan tanda terima kasih. Tapi banyak juga yg cuek bebek seolah gada apa2. Doing good may not get you a simple thank you, but do good anyway.
Di perempatan macet saya selalu kasih space buat kendaraan dari samping karena toh kalau saya nekad masuk juga sama2 gak bisa jalan. Di bunderan juga sama.. kasih jalan kendaraan dari kanan (yg sudah di dlm bunderan) kalau inj ada aturannya. Hal2 simpel spt ini bisa mengurangi kemacetan. Sayangnya blm ada edukasi utk hal2 semacam ini. Kebanyakan driver2 terutama (maaf) yg pendidikan rendah main selonong aja pokoknya dia sampe duluan gak mikir kalau nutup jalan orang sebetulnya bikin macet.
Kemacetan di indonesia seringkali karena hal2 sepele semacam ini. Di jalan sempit banyak resto ada tukang parkir, mobil2 yg jemput tamu brenti di tengah jalan tunggu penumpang dibiarin aja sama tk parkirnya - pdhl penumpang sehat - hanya demi ngirit jalan 10m aja sampe brenti 2-3 menit bikin semua kendaraan di belakang brenti. Oh well... masih ada konsep bahwa jalan milik bersama artinya bisa suka2 brenti di mana aja.
Semoga ke depan tambah baik (pilihan alternatifnya ya macet total)
sama kaya saya, tapi kadang ya itu, udah lah biar berbuat baik biar ga macet eh malah dipotong terus, terus saya teringant: orang indo itu ga ngerti antre dan ga mau ngerti namanya antre. kalau org ga ada duit dikit dibilang saya susah, jadi situ mesti ngalah, kalau ada duit atau baru jadi pejabat: saya ini org penting, situ minggir dong. alhasil di jalanan jadi begitu. dan saya setuju: selama jalanan indo ga kaya luar negeri namanya indo ga akan maju macem negara lain yg lalinya bagus. dan buat saya: berbuat baik mendingan hal lain d daripada ke org indo yang di jalanan. bahkan saya ke luar negeri pun ga mau ngaku (sebisanya) kalo Indo dan ga mau bantu org Indo, masa bodo
NYoman wrote: ↑Sat Nov 18, 2017 10:22
Orang disini kan maunya sesuatu yang baru dibuat dari nol.. Mau niru sistem orang tengsin~
EMoney ini seingat saya sudah ada sejak saya SMA 2008 silam atau sebelum itu malah.. Kenapa tidak ada perubahan berartii di sistemnya, katanya harus ngejar teknologi, ini sistem dari sebelum 2010 artinya diatas 7th tidak ada perubahan berarti..
bukan om. ini namanya cerdas, biar jadi bancakan baru. macem apbd jkt 2018 yg lagi rame di twitter, bayar konsultan aja sekian M setahun
biar jadi bancakan proyek baru. mulai dari studi jalan2 ke luar negeri, rapat hasil studi, rapat teknis, tender, eh ketangkep kpk, mulai lagi dari awal
lmaleke wrote: ↑Sat Nov 18, 2017 11:28
Saya ada interesting personal experience to share case etoll sekitar pertengahan 2017, lha saya curiga kenapa mobil depan saya (kijang lgx Plat A) driver nya tap kartu ga bisa bisa di gerbang tol Tomang Saturday Morning agak siang sekitar jam 9am/jam 10am, setelah saya focus ke card nya tau nya warna biru muda alis ektp!
Oalaaahhh, mbaksus anak2 bilang yowis dibantu aja pak nantian dapet rejeki balik. She had a good point dan saya happily complied. Saya turun and saya baik baik bilang ke bapak driver kijang lgx (sekitar late 60s perkiraan saya) kalau itu ektp bukan etoll dan etoll itu seperti ini (saya kasih lihat etoll saya), bapak driver kijang lgx kasih tatapan kosong alias blank stares ke saya dan mata kelip kelip like this:
Saya tap etoll saya untuk dia, gate opened, langsung tancep gas itu bapak driver kijang lgx, no thank you, no matur nuwun, nothing, tapi gapapa, senang bisa membantu
Sorry kalo ceritanya ngelantur tapi; Point nya? I know ini anomaly dan jarang kejadian tapi dengan tingkat stress dijalan, belum lagi salip salip ga sabar ngantri di tol gates, nambah unneeded stress
Saya jg pernah kejadian kyk si om
Waktu tahun 2011 jaman2 GTO masih baru
Ada avanza lama bgt ga bisa bisa tap kartu. Ternyata kartu ATM yg ditap sama dia
Berhubung saya buru2 mau ke kampus ya udah saya inisiatif bantu dia. Dia malah ngomong "ini kok ga bisa" ya jelas ga bisa org yg ditap kartu ATM
Setelah dibantu tap pake kartu saya, si supirnya langsung tancap gas tanpa bilang terima kasih hahahaha...
Tapi itu wajar kejadian 6 tahun yg lalu belum ada sosialisasi GTO. Kalo sekarang masih ada org kyk gitu sih kebangetan
adhika wrote:Sayangnya budaya cashless baru diterapkan pada jalan tol dan CL aja. Seharusnya pemkot atau pemkab 'memaksa' cashless pada mall, pusat pelayanan publik dan perbankan, dll. Setidaknya untuk parkirnya (misalnya pake vendor parkir seperti s*cure p*rking) pake cashless untuk parkir mobil dan motor. Sehingga sudah terbiasa bertaransaksi seperti itu. Tapi kendala pada mall, bisa menurunkan tingkat kunjungan karena membuat calon pengunjung berpikir dua kali.
Sudah ada cashless di parkiran mall, yaitu di PvJ Bandung.
Pake Cashless di Indo udh dr kapan taon yak semenjak ada promo flazz bca Rp.1 for some activity . pengalaman di tempat rantau sih pake cashless selain karena system emg karena banyak promo nya ( jatohnya malah pengen tap ini tap itu .. Lol )
di indo itu kebanyakan provider kartu cashless (flazz, emoney, brizz, bni, dll), ribet, kalo mo isi gak kena charge biaya admin, mesti pake atm bank yg bersangkutan, mungkin gara2 banyak provider sistem nya baca nya agak bolot bin ajaib..
beda sama negara tetangga kayak malaysia (touch n go) dan singapura (ez link) yang provider nya cuman 1 ajah, gak ada nama aneh2.. touch nya juga lebih cepet mikir nya gak bolot, bayar atau top up nya juga mudah...
Rakean wrote: ↑Tue Nov 21, 2017 7:53
di indo itu kebanyakan provider kartu cashless (flazz, emoney, brizz, bni, dll), ribet, kalo mo isi gak kena charge biaya admin, mesti pake atm bank yg bersangkutan, mungkin gara2 banyak provider sistem nya baca nya agak bolot bin ajaib..
beda sama negara tetangga kayak malaysia (touch n go) dan singapura (ez link) yang provider nya cuman 1 ajah, gak ada nama aneh2.. touch nya juga lebih cepet mikir nya gak bolot, bayar atau top up nya juga mudah...
Ya karena disana dari awal sudah didesign penggunaan sistem pembayaran tol dari satu institusi yang ditunjuk, sedangkan di Indonesia kan tidak, perkembangan awal sistem pembayaran tol cashless di Indonesia juga dimulai oleh B2B (Jasa Marga - Mandiri), baru kemudian BCA pengen masuk dan seterusnya.
Kedepannya kemungkinan single operator untuk cashless akan terwujud karena pemerintah akan membentuk Konsorsium Electronic Toll Collection (ETC) dan penerapan MLFF di seluruh gerbang tol (Jasa marga sekarang sedang uji coba sistem tersebut)
Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, ada empat tahap dalam sistem pembayaran tol secara elektronik. Tahap pertama adalah menjadikan pembayaran tol berbasis elektronik, dan masyarakat akan diberi kemudahan.
“Penting untuk mengawal transisi nontunai maksimal Oktober,” ujar Agus usai penandatanganan kerja sama BI dengan Kementerian PUPR mengenai sosialisasi pembayaran jalan tol nontunai di Gedung BI, Jakarta, Rabu (31/5).
Namun, akan ada masa transisi sebelum semua ruas tol menerapkan pembayaran nontunai. Ruas tol Jabodetabek rencananya menerapkan sistem pembayaran nontunai mulai Oktober mendatang. --- deleted ---
Tahap kedua yaitu integrasi sistem ruas jalan tol. Agus menjelaskan, pemerintah bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) segera menghilangkan gerbang tol antaroperator. Selanjutnya pada tahap ketiga, pembentukan konsorsium Electronic Toll Collection (ETC).
--- deleted ---
Keempat, Kementerian PUPR dan BI menerapkan mekanisme Multi Lane Free Flow (MLFF) pada 2018. MLFF merupakan sistem yang memungkinkan pengemudi melakukan transaksi pembayaran tanpa harus menghentikan kendaraan di gerbang tol.
intinya sih kita sudah ada roadmap (sudah 2 tahap selesai) untuk pembayaran tol cashless seperti di luar negeri, mudah-mudahan saja target 2018 tercapai
motormatic wrote: ↑Tue Nov 21, 2017 9:56
Ya karena disana dari awal sudah didesign penggunaan sistem pembayaran tol dari satu institusi yang ditunjuk, sedangkan di Indonesia kan tidak, perkembangan awal sistem pembayaran tol cashless di Indonesia juga dimulai oleh B2B (Jasa Marga - Mandiri), baru kemudian BCA pengen masuk dan seterusnya.
Kedepannya kemungkinan single operator untuk cashless akan terwujud karena pemerintah akan membentuk Konsorsium Electronic Toll Collection (ETC) dan penerapan MLFF di seluruh gerbang tol (Jasa marga sekarang sedang uji coba sistem tersebut)
intinya sih kita sudah ada roadmap (sudah 2 tahap selesai) untuk pembayaran tol cashless seperti di luar negeri, mudah-mudahan saja target 2018 tercapai
Yang udah invest di infrastruktur sekarang gimana nasibnya? Termasuk user yang udah beli kartu dari 4 bank, beli OBU, dll.
motormatic wrote: ↑Tue Nov 21, 2017 9:56
Ya karena disana dari awal sudah didesign penggunaan sistem pembayaran tol dari satu institusi yang ditunjuk, sedangkan di Indonesia kan tidak, perkembangan awal sistem pembayaran tol cashless di Indonesia juga dimulai oleh B2B (Jasa Marga - Mandiri), baru kemudian BCA pengen masuk dan seterusnya.
Kedepannya kemungkinan single operator untuk cashless akan terwujud karena pemerintah akan membentuk Konsorsium Electronic Toll Collection (ETC) dan penerapan MLFF di seluruh gerbang tol (Jasa marga sekarang sedang uji coba sistem tersebut)
intinya sih kita sudah ada roadmap (sudah 2 tahap selesai) untuk pembayaran tol cashless seperti di luar negeri, mudah-mudahan saja target 2018 tercapai
Yang udah invest di infrastruktur sekarang gimana nasibnya? Termasuk user yang udah beli kartu dari 4 bank, beli OBU, dll.
Entahlah, mungkin investasi Mandiri di GTO Jasa Marga akan dikonversi dengan sesuatu yang lain mungkin.
Kalo kartu prepaidnya kan ga cuma hanya bisa dipakai di tol saja, masih bisa digunakan untuk transaksi di tempat lain, ga rugi-rugi amat.
Sedangkan kalo OBU lama mungkin bisa ditukar-tambah dengan OBU baru. cmiiw
adiputra4 wrote: ↑Fri Nov 17, 2017 4:26
Menurut gue lebih baik kaya dulu aja sih, tunai ada, E-Toll juga ada. Dulu kan sblm ada kebijakan ini E-Toll masih sepi tuh, jadi buat yg mau cepet ya silahkan melalui gardu yg ada GTO nya, kalo yg mau tunai ya tunai.
Gue lebih seneng tunai soalnya ga perlu2 isi saldo dulu, kadang kartu nya terselip di dlm mobil, trs ribet ngepas2innya ke mesin scan takut mentok kena bumper / velg secara gw bawa sedan, kalo kejauhan jd ribet juga nempelinnya. Lebih enak tunai kalo buat gw tinggal ngeluarin duit aja dan bablas.
Lebih enak dulu sih, tunai ada, E-Toll juga ada
Setuju banget!
Tol arah bandara Soetta sekarang sering bnget macetnya sejak e-toll, diperparah lagi dengan proyek pelebaran jalannya. Dulu enak pas ada tunai + e-toll, kalau macet saya tinggal pilih jalur yang e-toll aja, pasti lebih lancar. Lah sekarang, semua jalur macetttt
Sebenarnya tuh pelebaran jalan gak ganggu sama sekali. Masih tetap 3 jalur bisa dilewatin. Etollnya ini aja yg kebangetan.
Kalao emang jasa marga ada sistem yg lebih bagus di 2018. Ngapain sih maksa nerapin sistem etoll yg gatot gini.
Mustinya tetep aja ada tunai dan non tunai. Dan langsung beralih ke sistem yg lebih bagus begitu ready.
Ribetnya kalau udah mau abis, mesti mampir dulu dan ini selalu pas lgi buru" (mungkin salah sy sendiri sih) cuma maksudnya kedepan mungkin bisa isi sendiri pake internet banking..
Lalu kalau macet ini sih biasa karena ada yg etollnya ga cukup, udah tau ga cukup lama banget, kurang inisiatif minta tolong mobil belakangnya utk ngetap.
Saya sendiri menghindari biar tau di etoll sy masih cukup, biasa pmakaian tol terakhir, struknya saya ambil buat mantau supaya besoknya inget begitu masuk tol, saldo masih ada atau tidak dan juga suka nyatet di notes 1x sehari sj
dieselman228 wrote:Penggunaan etoll ini saya sendiri masih ribet.
Ribetnya kalau udah mau abis, mesti mampir dulu dan ini selalu pas lgi buru" (mungkin salah sy sendiri sih) cuma maksudnya kedepan mungkin bisa isi sendiri pake internet banking..
Lalu kalau macet ini sih biasa karena ada yg etollnya ga cukup, udah tau ga cukup lama banget, kurang inisiatif minta tolong mobil belakangnya utk ngetap.
Saya sendiri menghindari biar tau di etoll sy masih cukup, biasa pmakaian tol terakhir, struknya saya ambil buat mantau supaya besoknya inget begitu masuk tol, saldo masih ada atau tidak dan juga suka nyatet di notes 1x sehari sj
Saya sudah pakai e toll dari awal diberlakukan nya. Selama ini sih, karena di Surabaya tol nya hanya seputar 3500-15000, jadi saya batasi sendiri. Begitu saldo menyentuh angka 50 rb, langsung saya isi 200 rb.
Jadi sebenarnya ini hanya masalah kebiasaan aja sih. Sama dengan listrik pra bayar, pake e toll juga tidak terlalu rumit. Misal kita sebulan pemakaian 500 rb, ya di awal bulan, langsung saja isi e toll nya 500 rb. Nanti awal bulan depan baru isi lagi, dst. Intinya kembali ke disiplin kita pribadi sih.
Satu2 nya masalah yang saya alami dengan penggunaan e toll selama bertahun2 adalah kalo orang di depan mulai mundur untuk pindah jalur, dan auto lamp X-trail yang selalu menyala kalo masuk ke loket toll. Ha2...
Makanya saya juga pernah bilang, gka guna kartu banyak2.. dan lagi jangan perbankan yang dikasih tanggung jawab untuk begini.. Justru mereka yang untung karena perputaran uang mereka jadi lebih besar karena tanpa nasabah ada pemasukan dari e-money..
berkaca dari TMoney milik Korea Selatan, saya rasa kita udah ketinggalan sekali.. proses seperti ini harusnya sudah berjalan 7 tahun yang lalu, ya 7 tahun yang lalu di Indonesia dan tanpa adanya upgrade berarti di sistemnya kita sudah terlalu ketinggalan untuk mengejar.. mereka bukan dipegang oleh perbankan tetapi oleh swasta yang mengajak perbankan untuk kerjasama bahkan beberapa kartu kredit juga sudah dilengkapi chip rfid T-money jadi tanpa perlu isi2 ulang lagi. kartu yang kita punya kualitasnya buruk sekali untuk harga 25rb, saya beli kartu T-money itu juga 2500won kurs tahun lalu sekitar 11rp artinya gak beda jauh dengan kualitasa kartu yang lebih baik serta chip yang sangat sensitif..
Kalau di ingat2 masalah cashless ini saya jadi ingat tahun 2013 lalu, naik busway waktu jakarta marathon dilihatin orang2 yang ngantri untuk beli tiket saya ngelengos aja masuk ke gate dan nempel dompet waktu itu sudah berlaku sistem cashless di busway cuma banyak yang gak tau bahkan si penjaga pintunya juga kaget saya masuk cuma nempel dompet apalagi antrian saat itu sangat padat di halte monas saat malam hari.. artinya sistem ini sudah ada sejak lama dan cuma dijalankan setengah2, begitu dihajar dengan peraturan baru langsung gelagapan padahal sistem ini sudah dimiliki sejak lama~
Kita yang salah atau bank yang salah, entah.. Sama2 salah sebetulnya~
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
Pengamatan pribadi penyebab gardu tol jadi macet pasca penerapan e toll adalah :
1. Mesin lawas yang lola (loading lambat). Udah di tap berkali2 sampe keringet dingin ga bisa2.. percobaan ke 15 baru bisa (pengalaman pribadi minggu lalu)
2. Orang yang ga persiapan. Nyampe gerbang tol ehh malah baru nyari2..
3. Orang yang baru belajaran naek mobil.. antara tangan dan mesin jauh.. hahaha
Saya sebenernya paling males nyimpen saldo banyak2 di etoll. Karena jarang2 ngetol jg. Berasa eman2 duite. hehehe
Mamang555 wrote: ↑Wed Nov 22, 2017 4:22
Pengamatan pribadi penyebab gardu tol jadi macet pasca penerapan e toll adalah :
1. Mesin lawas yang lola (loading lambat). Udah di tap berkali2 sampe keringet dingin ga bisa2.. percobaan ke 15 baru bisa (pengalaman pribadi minggu lalu)
2. Orang yang ga persiapan. Nyampe gerbang tol ehh malah baru nyari2..
3. Orang yang baru belajaran naek mobil.. antara tangan dan mesin jauh.. hahaha
Saya sebenernya paling males nyimpen saldo banyak2 di etoll. Karena jarang2 ngetol jg. Berasa eman2 duite. hehehe
yg no.1 itu bener2 paling kampret.. kesan nya saldo kita yg ngga cukup, blm lama ini kejadian sm saya.. sampe blakang uda berisik
lah gmana coba uda ditempel 5 detik lebih ngga mau baca, ganti kartu, kirain kartu saya error, kartu mandiri ke mandiri juga, ehh ga bs juga, ganti pake flazz masih ga bs juga.. trakir balik kartu pertama baru bs baca
dieselman228 wrote: ↑Wed Nov 22, 2017 2:07
Penggunaan etoll ini saya sendiri masih ribet.
Ribetnya kalau udah mau abis, mesti mampir dulu dan ini selalu pas lgi buru" (mungkin salah sy sendiri sih) cuma maksudnya kedepan mungkin bisa isi sendiri pake internet banking..
Lalu kalau macet ini sih biasa karena ada yg etollnya ga cukup, udah tau ga cukup lama banget, kurang inisiatif minta tolong mobil belakangnya utk ngetap.
Saya sendiri menghindari biar tau di etoll sy masih cukup, biasa pmakaian tol terakhir, struknya saya ambil buat mantau supaya besoknya inget begitu masuk tol, saldo masih ada atau tidak dan juga suka nyatet di notes 1x sehari sj
Buat mandiri emoney bisa om isi ulang dari mandiri online. Free admin kalo isi lewat mandiri online. Kalo gapunya rekening mandiri bisa juga pake app emoney isi ulang bayar pake debit/cc tp kalo pake app ini ada biaya adminnya 2 ribu. Kebetulan saya pernah ketolong banget pake app ini waktu lupa isi ulang saldo e money
2015 CTHD - Total Ineo MC3 5w30
2023 1KR VET - Amsoil Signature Series 0w20
dieselman228 wrote: ↑Wed Nov 22, 2017 2:07
Penggunaan etoll ini saya sendiri masih ribet.
Ribetnya kalau udah mau abis, mesti mampir dulu dan ini selalu pas lgi buru" (mungkin salah sy sendiri sih) cuma maksudnya kedepan mungkin bisa isi sendiri pake internet banking..
Lalu kalau macet ini sih biasa karena ada yg etollnya ga cukup, udah tau ga cukup lama banget, kurang inisiatif minta tolong mobil belakangnya utk ngetap.
Saya sendiri menghindari biar tau di etoll sy masih cukup, biasa pmakaian tol terakhir, struknya saya ambil buat mantau supaya besoknya inget begitu masuk tol, saldo masih ada atau tidak dan juga suka nyatet di notes 1x sehari sj
Buat mandiri emoney bisa om isi ulang dari mandiri online. Free admin kalo isi lewat mandiri online. Kalo gapunya rekening mandiri bisa juga pake app emoney isi ulang bayar pake debit/cc tp kalo pake app ini ada biaya adminnya 2 ribu. Kebetulan saya pernah ketolong banget pake app ini waktu lupa isi ulang saldo e money
Pengalaman saya, ngetap gagal/lama baru ngebuka, itu klo kartunya ditempel full di lokasi tempat nempelin kartu. Sepertinya tidak boleh ditempel seluruh kartunya, malah harus ditahan jari, seolah2 kaya mau kasih kartu kredit ke waiter, nah sodorin deket area tapnya, goyang2 dikit, biasa lbh cepet membukanya. Saya baru sadari ktika menggunakan tongkat etoll wktu pakai mobil istri, krn bentuk tongkatny spt raket otomatis sy tap nempel full seluruh kartu k area tap, malah ga mau ngebuka2, dimundurin dikit (kasih dikit antara kartu dan area tap) malah lgs kebuka. Mungkin yg lain ada yg mengalami hal yg sama jg
gate sentul barat (lingkar bogor), mesin ketiga dari kiri, kalau tap harus agak ke atas, udah apal...
sehari bisa 4x liwat situ soalnya... hehehe
soal tol bandara, sering banget liat banyak yg kehabisan saldo, jadilah antrian panjang, kemarin malah emak emak minjem kartu ke belakangnya pas emak emak juga, jadinya malah rumpi rumpian dulu... 28 menit hanya untuk antrian sampai ke gerbang soedyatmo, parah...
wkwkkwk iya juga sih, yang gerbang biasa dialihkan jadi gto itu mesinnya nyusahin, agak jauh, beda sama yang dari awal udah disiapin untuk gto, pernah ane pakai tongtol punya teman, itu sampai patah gara2 ribet keluar masukinnya, alhasil sekarang cuma mau digerbang yang dari awal peruntukannya gto bukan peralihan
dieselman228 wrote: ↑Wed Nov 22, 2017 2:07
Penggunaan etoll ini saya sendiri masih ribet.
Ribetnya kalau udah mau abis, mesti mampir dulu dan ini selalu pas lgi buru" (mungkin salah sy sendiri sih) cuma maksudnya kedepan mungkin bisa isi sendiri pake internet banking..
Lalu kalau macet ini sih biasa karena ada yg etollnya ga cukup, udah tau ga cukup lama banget, kurang inisiatif minta tolong mobil belakangnya utk ngetap.
Saya sendiri menghindari biar tau di etoll sy masih cukup, biasa pmakaian tol terakhir, struknya saya ambil buat mantau supaya besoknya inget begitu masuk tol, saldo masih ada atau tidak dan juga suka nyatet di notes 1x sehari sj
Buat mandiri emoney bisa om isi ulang dari mandiri online. Free admin kalo isi lewat mandiri online. Kalo gapunya rekening mandiri bisa juga pake app emoney isi ulang bayar pake debit/cc tp kalo pake app ini ada biaya adminnya 2 ribu. Kebetulan saya pernah ketolong banget pake app ini waktu lupa isi ulang saldo e money
Wah emoney mandiri ya?
Utk app emoneynya ada diplaystore gitu om?
Kaya gini om appnya. Tp sekarang saya si uda pake mandiri online aja soalnya bebas admin heheheh. Oiya itu banyak yg review saldo ga keisi tp rekening ke debit, saya juga pernah ngalamin sekali. Itu saya salah waktu abis masukin otp saya tahan terus e moneynya di belakang hp. Padahal yang bener angkat dulu e moneynya baru tap lg ke belakang hp. Untungnya waktu itu beberapa hari kemudian dana uda balik lg ke rekening
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
2015 CTHD - Total Ineo MC3 5w30
2023 1KR VET - Amsoil Signature Series 0w20
Ariazaki wrote:
Buat mandiri emoney bisa om isi ulang dari mandiri online. Free admin kalo isi lewat mandiri online. Kalo gapunya rekening mandiri bisa juga pake app emoney isi ulang bayar pake debit/cc tp kalo pake app ini ada biaya adminnya 2 ribu. Kebetulan saya pernah ketolong banget pake app ini waktu lupa isi ulang saldo e money
Wah emoney mandiri ya?
Utk app emoneynya ada diplaystore gitu om?
Kaya gini om appnya. Tp sekarang saya si uda pake mandiri online aja soalnya bebas admin heheheh. Oiya itu banyak yg review saldo ga keisi tp rekening ke debit, saya juga pernah ngalamin sekali. Itu saya salah waktu abis masukin otp saya tahan terus e moneynya di belakang hp. Padahal yang bener angkat dulu e moneynya baru tap lg ke belakang hp. Untungnya waktu itu beberapa hari kemudian dana uda balik lg ke rekening