Lagi! BMW E30 TERBAKAR!
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
IMHO (OOT) :
Kayaknya kalao di jaman skg kita masih menganalogikan mobil Eropa dgn merek2 asal Eropa apa masih valid yaa ?
Bukankah Honda juga punya pabrik di Swindon UK ? Toyota punya pabrik di Inggris, Perancis, bahkan pabrik mesin di Polandia & design centre di Perancis ?
Adakah Toyota Avensis / Avensis Verso itu CBU dr Japan ?
Adakah mesin Honda i-CTDi itu buatan Jepang ?
Adakah mesin Toyota D4 D 2200 cc berkode 2AD-FHV itu buatan Jepang ?
Kalau mobil2 merek Jepang buatan Eropa dibongkar juga komponen2 nya banyak yg dibuat supplier Eropa macam Valeo, ZF, Johnson Control, Lucas, BOSCH, etc.
Yg jelas bahwa memang faktor kompetisi membuat para pemain (pabrikan) berusaha membuat produk2 nya menjadi lebih baik / bernilai lebih di mata konsumen, produsen2 yg dulu produk2 nya dianggap memiliki safety rendah semakin memperbaiki tingkat safety, produsen2 yg dulu produk2 nya dianggap kurang reliable semakin memperbaiki reliability product2 nya (not to mention any brand from any region).
Hanya perusahaan2 dgn manajemen yg Profesional, ber Visi jauh ke depan, tanggap thd dinamika pasar-lah yg akan terus bertahan di tengah iklim persaingan yg makin sengit.
Sorry kalau OOT, koreksi kalau salah & maap jika ada yg kurang berkenan.
Kayaknya kalao di jaman skg kita masih menganalogikan mobil Eropa dgn merek2 asal Eropa apa masih valid yaa ?
Bukankah Honda juga punya pabrik di Swindon UK ? Toyota punya pabrik di Inggris, Perancis, bahkan pabrik mesin di Polandia & design centre di Perancis ?
Adakah Toyota Avensis / Avensis Verso itu CBU dr Japan ?
Adakah mesin Honda i-CTDi itu buatan Jepang ?
Adakah mesin Toyota D4 D 2200 cc berkode 2AD-FHV itu buatan Jepang ?
Kalau mobil2 merek Jepang buatan Eropa dibongkar juga komponen2 nya banyak yg dibuat supplier Eropa macam Valeo, ZF, Johnson Control, Lucas, BOSCH, etc.
Yg jelas bahwa memang faktor kompetisi membuat para pemain (pabrikan) berusaha membuat produk2 nya menjadi lebih baik / bernilai lebih di mata konsumen, produsen2 yg dulu produk2 nya dianggap memiliki safety rendah semakin memperbaiki tingkat safety, produsen2 yg dulu produk2 nya dianggap kurang reliable semakin memperbaiki reliability product2 nya (not to mention any brand from any region).
Hanya perusahaan2 dgn manajemen yg Profesional, ber Visi jauh ke depan, tanggap thd dinamika pasar-lah yg akan terus bertahan di tengah iklim persaingan yg makin sengit.
Sorry kalau OOT, koreksi kalau salah & maap jika ada yg kurang berkenan.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
"menyeimbangkan" maksudnya: kalo melihat tulisan anda kan keliatan sekali kalo anda pemuja mobil eropa/amerika (atau anti mobil jepang) tanpa mao menerima pendapat bahwa setiap merek mobil pasti ada kelemahan/kelebihan. Nah, pada saat seseorang mengingatkan bahwa mobil eropa/amerika itu engga selalu superior (dalam segala hal) thd mobil jepang, anda kurang bisa menerima. itu saja.miemie88 wrote:menyeimbangkan gimana? menyeimbangkan agar ke arah RELIABLE?
Contoh: di thread "honda civic bekas tabrakan tapi dijual lagi sbg mobil baru di dealer Honda serpong", anda langsung menuduh bahwa honda dan mobil jepang itu mobil yg gak reliable.........sebenernya kalo ditilik dari masalahnya kan bukan salah "honda civic"nya, melainkan salah dealer yang menjual.
tapi di thread "khusus top speeed", baru2 ini ada yang membahas bahwa BMW E90 yg baru dibelinya 6 bulan yang lalu tiba2 mesinnya terbakar di tol.....anda tidak berkomentar sama sekali.......terlihat bukan anda berat sebelah........nah itulah yang saya mao "seimbang"kan.
miemie88 wrote: pake mubil eropa merk apa om? Honda, toyota?
hehehe....engga usah sinis lah ....jadi seakan2 anda "menyerang" individual yang tidak sependapat dengan anda......"serang" aja tulisannya tapi jangan pribadinya.

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Memang idealnya kalau kita jadi konsumen ngga perlu fanatik dgn produk2 dr merek tertentu.Risol1 wrote:"menyeimbangkan" maksudnya: kalo melihat tulisan anda kan keliatan sekali kalo anda pemuja mobil eropa/amerika (atau anti mobil jepang) tanpa mao menerima pendapat bahwa setiap merek mobil pasti ada kelemahan/kelebihan. Nah, pada saat seseorang mengingatkan bahwa mobil eropa/amerika itu engga selalu superior (dalam segala hal) thd mobil jepang, anda kurang bisa menerima. itu saja.miemie88 wrote:menyeimbangkan gimana? menyeimbangkan agar ke arah RELIABLE?miemie88 wrote:
Kalau dari sisi penjual / produsen sih memang paling enak kalau bisa punya customer yg fanatik dgn produk2 yg kita jual, mau kita jual di harga berapapun pasti "ditelan" oleh si customer.....duh senangnyaa........

-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Thu Dec 27, 2007 2:21
- Location: bandung
Re:
DigitALL wrote:Ya emang sih masing2 brand punya kelemahan, tapi kalo BMW terbakar / meledak itu tergolong sering ... Payah bener nih.ya bisa jadi memang kelemahan masing2 mobil yg bisa timbul karena perbedaan cuaca negara, kesalahan pembuatan sampai penggunaan material yg kurang bagus.
duh... jangan gitu donk... gw jg pke E34 nih, klo gw bilang sih gmn ngerawatnya aja kali yah... klo orgnya tralu cuek asal pke ama mentingin tampilan doank, segala kemungkinan bisa terjadi...
namanya jg mobil manja, butuh perhatian extra...
hehe...
it's not a car, it's BMW...
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Thu Dec 27, 2007 2:21
- Location: bandung
Re:
klo dibilang ga reliable sih gw ga setuju yah, gw pke mobil eropa.kerasa sih mahal dalam pergantian spare parts, tapi inget lho itu bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama...bushkntl wrote:buat yg suka komplain mengenai reliability mobil eropa apa sih dasarnya? apa anda pemakai sendiri? apa cuma dengar dari temennya temen dll? kalo memang mobil udah tua dan maintenancenya nggak bener ya jelas aja nggak reliable. Mungkin dulu waktu tahun 80an mobil jepang qualitynya lebih baik dari mobil eropa tapi tidak dengan produk mobil eropa selama dekade terakhir.
Logikanya begini aja deh mobil mobil eropa yg saya beli datang dengan warranty dan maintenance free(wearable parts seperti clucth, brake and etc included) selama 3 tahun/36.000miles utk audi TT th 00 dan 5 tahun/60.000miles untuk e46 m3 th 04 kalau memang mobil eropa bermasalah ngapain audi/bmw/merc/porchse berani kasih warranty selama itu? rugilah mereka buat gantiin parts dan labor kalau memang mobil mobil mereka tidak reliable. Dan juga harus di ingat biasanya orang membeli mobil eropa untuk perfomance jadi most of the time mesin(temasuk ECU dan komponen electric lainnya) dan parts lain terutama transmission bekerja keras dan kalau memang tidak reliable pasti sering rusak karena dipakai to the limit.
Yg saya lihat di indonesia banyak mobil eropa tua yg tidak di maintain secara baik karena ownernya tidak mau keluar uang untuk memakai genuine parts dan kalo sampai terbakar atau ada masalah lain itu bukan kesalahan manufakturnya tapi sebagai owner yg pelit dan mencari masalah sendiri.
FYI: BMW e30 termasuk salah satu bmw yg baik dan banyak di cari oleh pemula pemula yg suka track days karena menguntungkan dari segi price/power/maintenance.
klo mobil jepang, iya murah.tp butuh pergantian berkala yang lumayan cepet (pengalaman gw yah)...
sekarang balik lg ke pengguna masing2 yah (eropa atau jepang), itu smua gmn individu masing2 deh, ga usah menjatuhkan masing2 pihak... semua orang jg ga ada yang sempurna,yang sempurna cm tuhan... ya ngga?
it's not a car, it's BMW...
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Thu Dec 27, 2007 2:21
- Location: bandung
Re:
klo lampu rem mati sebelah sih semua mobil jg bisa ngalamin yah, ngga cm BMW...earthling wrote:Yang sering saya perhatikan, banyak BMW seri 3 & seri 5, taun 1990 an - 2000 an yang lampu remnya mati sebelah. Sering juga liat BMW lagi mogok di pinggir jalan tol. Gak ngerti deh kenapa hehehe.

it's not a car, it's BMW...
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Thu Dec 27, 2007 2:21
- Location: bandung
Re:
bro mie kyanya tralu pke emosi yah...miemie88 wrote:menyeimbangkan gimana? menyeimbangkan agar ke arah RELIABLE?
pake mubil eropa merk apa om? Honda, toyota?
sabar aja bro.. ini cm diskusi aja kok...

it's not a car, it's BMW...
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Sat Nov 14, 2009 5:17
Re: Lagi! BMW E30 TERBAKAR!
mobil eropa harus diakui kalah telak ama mobil jepang dari berbagai segi kecuali kenyamanan doank,lagian mobil eropa udah kalah gengsi ama mobil jepang dari pendapat masyarakat kita yg mengidentikan pemilik mbl eropa lawas ama org pelit tapi pengen gaya ,waduh sedih banget bro
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Sat Nov 14, 2009 5:17
Re: Lagi! BMW E30 TERBAKAR!
SEBETULNYA PRODUSEN MOBIL EROPA MEMBUAT MOBILNYA UNTUK ORG2 KAYA TOK MAKANYA KURANG CARE AMA ORANG / NEGARA2 MISKIN NILAI EURONYA AJA TINGGI BANGET BRO,LAGIAN ORG KAYA DIKITA PINTER2 MBL EROPA UDAH 4-5 THN LANGSUNG JUAL DARIPADA KANTONGNYA JEBOL GA KERUAN ,KITA HARUS PINTER JUGA BRO PILIH MOBIL JEPUN
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Lagi! BMW E30 TERBAKAR!
ada pertanyaan nih dr nubie...sebenernya mobil eropa disini dicap rewel apakah karena memang bener2 rewel atau karena biaya maintenance/part yang mahal (terkoreksi nilai tukar euro) sehingga user2nya merasa kewalahan untuk merawatnya akhirnya ujung2nya jadi merongrong ?
Lalu jika nilai tukar euro lebih rendah dr sekarang sehingga harga mbl dan part eropa bs lebih terjangkau apakah tetap mbl eropa kurang diminati atau sebaliknya...?? IMO di zaman orde baru (saat nilai tukar masih rendah) populasi mbl eropa disini masih cukup banyak.
ini OOT....untuk kendaraan penumpang disini mbl eropa memang makin pudar pamornya....tapi untuk bus/truk saya lihat kok merek2 eropa disini masih cukup eksis seperti mercedes, volvo, scania
nah gmn nih opini teman2..nubie butuh pencerahan ?
Lalu jika nilai tukar euro lebih rendah dr sekarang sehingga harga mbl dan part eropa bs lebih terjangkau apakah tetap mbl eropa kurang diminati atau sebaliknya...?? IMO di zaman orde baru (saat nilai tukar masih rendah) populasi mbl eropa disini masih cukup banyak.
ini OOT....untuk kendaraan penumpang disini mbl eropa memang makin pudar pamornya....tapi untuk bus/truk saya lihat kok merek2 eropa disini masih cukup eksis seperti mercedes, volvo, scania
nah gmn nih opini teman2..nubie butuh pencerahan ?

"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: Lagi! BMW E30 TERBAKAR!
kalo menurut saya, faktor kualitas dari mobil ataupun bagian2 mobil tersebut yang berasal dari eropa (tentu eropa yang memang terkenal merk2 mobilnya, soalnya eropa luasjalu wrote:ada pertanyaan nih dr nubie...sebenernya mobil eropa disini dicap rewel apakah karena memang bener2 rewel atau karena biaya maintenance/part yang mahal (terkoreksi nilai tukar euro) sehingga user2nya merasa kewalahan untuk merawatnya akhirnya ujung2nya jadi merongrong ?
Lalu jika nilai tukar euro lebih rendah dr sekarang sehingga harga mbl dan part eropa bs lebih terjangkau apakah tetap mbl eropa kurang diminati atau sebaliknya...?? IMO di zaman orde baru (saat nilai tukar masih rendah) populasi mbl eropa disini masih cukup banyak.
ini OOT....untuk kendaraan penumpang disini mbl eropa memang makin pudar pamornya....tapi untuk bus/truk saya lihat kok merek2 eropa disini masih cukup eksis seperti mercedes, volvo, scania
nah gmn nih opini teman2..nubie butuh pencerahan ?

memang susah sekali membandingkan merk eropa dengan merk jepang yang sudah lama beredar di indonesia. sepertinya (CMIIW) ada keuntungan2 buat produk jepang di indonesia dibanding produk eropa. kalo memang mau adil, nanti kita liat pertarungannya antara merk jepang vs eropa yang diwakili jerman dengan VW nya ketika mobil rakyat ini bikin pabrik di Indonesia beberapa tahun mendatang.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: Lagi! BMW E30 TERBAKAR!
kalah telak dari berbagai segi dan cuman menang kenyamanan? saya rasa pernyataan ini salah (kecuali masalah kenyamanannya). merk2 seperti audi, bmw, mercedez tidak kalah telak dengan merk jepang, malah sebaliknya.hydropowerbdg wrote:mobil eropa harus diakui kalah telak ama mobil jepang dari berbagai segi kecuali kenyamanan doank,lagian mobil eropa udah kalah gengsi ama mobil jepang dari pendapat masyarakat kita yg mengidentikan pemilik mbl eropa lawas ama org pelit tapi pengen gaya ,waduh sedih banget bro
kalah gengsi menurut saya keliru. saya yakin, orang masih lebih melirik mercedez dibanding merk jepang. masalah gengsi merk eropa blom terkalahkan dari merk jepang.

No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: Lagi! BMW E30 TERBAKAR!
Kalo lexus LX470 gimana bro dibanding mercedes ML-class..Kalo opini ane untuk kelas itu ane megang lexus dah..
Karismatik bgt tuh mobil n dream car buat ane..xixixixi

Oiya biar ga kebawa mimpi ada bocoran dikit kenapa ane ngefans bgt ama mobil itu salah duanya adalah : 1. Tuh mobil kalo mesin dimatikan setir bisa naik ke atas secara otomatis memudahkan driver turun dari mobil 2. Waktu mesin mati suspensi turun ke level paling rendah biar penumpang gampang turunnya..busyeet dah keren amat ya ini mobil ga semua mobil europe punya fitur ini (ndeso mode :ON)




Oiya biar ga kebawa mimpi ada bocoran dikit kenapa ane ngefans bgt ama mobil itu salah duanya adalah : 1. Tuh mobil kalo mesin dimatikan setir bisa naik ke atas secara otomatis memudahkan driver turun dari mobil 2. Waktu mesin mati suspensi turun ke level paling rendah biar penumpang gampang turunnya..busyeet dah keren amat ya ini mobil ga semua mobil europe punya fitur ini (ndeso mode :ON)

RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Lagi! BMW E30 TERBAKAR!
Sebenernya kalau dilihat permasalahannya karena terlalu meremehkan TEKNOLOGI ,
Jujur banyak para pemakai BMW lama meremehkan kualitas spare part seperti slang bensin,filter bensin ,kampas rem dan shock absorber
setahu gue kalau punya BMW emang bener bener mahal harganya dibanding yg imitasi tapi dari segi kualitas dan juga safety tentu lebih baik dari yg palsu. tentang banyak terbakarnya BMW menurut gue sih gara gara selang udah getas,pake filter bensin KW atau radiator jarang dicuci padahal kita tahu indonesia banyak DEBUNYA jadi harusnya sih tiap 6 bulan kisi2 radiator dibongkar dan disemprot biar bersih
Jujur banyak para pemakai BMW lama meremehkan kualitas spare part seperti slang bensin,filter bensin ,kampas rem dan shock absorber
setahu gue kalau punya BMW emang bener bener mahal harganya dibanding yg imitasi tapi dari segi kualitas dan juga safety tentu lebih baik dari yg palsu. tentang banyak terbakarnya BMW menurut gue sih gara gara selang udah getas,pake filter bensin KW atau radiator jarang dicuci padahal kita tahu indonesia banyak DEBUNYA jadi harusnya sih tiap 6 bulan kisi2 radiator dibongkar dan disemprot biar bersih
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Lagi! BMW E30 TERBAKAR!
kalo soal BMW terbakar mahh ane uda sering denger gara2 selang bensin yg uda getas, jadi uap atau kalo parah nya ada rembesan bensin yg terkena panas mesin atau kena ke alternator... nahh kalo soal realibilitas, kita jg jgn lupa, kondisi traffic dan iklim indo apalagi jakarta berbeda banget ama eropa sana.... di sini kan dominan dgn macet atau cuaca yg panas.... otomatis ntuh karet2 dan kerja mesin lebi berat ketimbang eropa sana yg lebi dingin cuacanya...
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Lagi! BMW E30 TERBAKAR!
IMHO dikotomi Jepang vs Eropa udah kurang bergema saat ini.
Sekarang udah banyak perusahaan gabungan seperti Nissan Renault, Ford Mazda, GM grup (termasuk SAAB, Opel, Daewoo, Holden). Proton udah akuisisi Lotus dll.
Lagian sekarang banyak kok mobil Jepang yang bisa "main di salju". Aneh ya, padahal di Jepang juga nggak kalau dingin dari di Eropa, tapi kena udara minus dikit udah susah hidup.
Sekarang udah banyak perusahaan gabungan seperti Nissan Renault, Ford Mazda, GM grup (termasuk SAAB, Opel, Daewoo, Holden). Proton udah akuisisi Lotus dll.
Lagian sekarang banyak kok mobil Jepang yang bisa "main di salju". Aneh ya, padahal di Jepang juga nggak kalau dingin dari di Eropa, tapi kena udara minus dikit udah susah hidup.
Ready to Race
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 190
- Joined: Fri Aug 29, 2008 4:51
Re: Lagi! BMW E30 TERBAKAR!
Dear bro SMers, jadi gatel jua nih penegen nimbrung.
Ini pendapat gw pribadi lho, sebenernya boil eropa terkesan rewel krn ada perbedaan iklim dg kita, tapi gak semua merklho, MB menurut gw paling reliable among european cars krn MB punya market yg cukup signifikan secara value di Indo maka ada beberapa hal yg sudah diadaptasikan dg iklim indo, contoh pemilihan bahan dashboard dan tombol2nya yg tahan panas.
Coba bandingkan dg BMW, Volvo ato VW dan Audi, coba deh lihat sekennya 2-3 th, rata2 sdh pada terkelupas tombol2nya, apalagi Volvo tombol2nya panya benyek kayak plastik meleleh. Tapi problem ini gak ditemukan pd pemakaian di eropa krn cuaca nya lebih bersahabat dg mobil2 tsb.
Sedangkan pabrikan Jepun rata2 teknologinya ketinggalan 1 generasi krn mobil jepun hanya mau pake teknologi yg sudah matang dlm arti semua kekurangan sdh di improve, makanya mobil jepun lebih reliable dan resikonya secara teknologi ketinggalan rata2 1 generasi ( kecuali mungkin untuk merk premiumnya spt Lexus dan Infinity )
Tapi yg gw salut sama boil eropa, mereka gak mau spek down keterlaluan masalah safety hanya krn kejar harga murah, lain sama mobil jepun, mereka lihat dimana jualan boilnya, makanya ada perbedaan mutu antara boil jepun di Indo dan yg dijual di domestik market , USA dan eropa.
Do you agree???
Ini pendapat gw pribadi lho, sebenernya boil eropa terkesan rewel krn ada perbedaan iklim dg kita, tapi gak semua merklho, MB menurut gw paling reliable among european cars krn MB punya market yg cukup signifikan secara value di Indo maka ada beberapa hal yg sudah diadaptasikan dg iklim indo, contoh pemilihan bahan dashboard dan tombol2nya yg tahan panas.
Coba bandingkan dg BMW, Volvo ato VW dan Audi, coba deh lihat sekennya 2-3 th, rata2 sdh pada terkelupas tombol2nya, apalagi Volvo tombol2nya panya benyek kayak plastik meleleh. Tapi problem ini gak ditemukan pd pemakaian di eropa krn cuaca nya lebih bersahabat dg mobil2 tsb.
Sedangkan pabrikan Jepun rata2 teknologinya ketinggalan 1 generasi krn mobil jepun hanya mau pake teknologi yg sudah matang dlm arti semua kekurangan sdh di improve, makanya mobil jepun lebih reliable dan resikonya secara teknologi ketinggalan rata2 1 generasi ( kecuali mungkin untuk merk premiumnya spt Lexus dan Infinity )
Tapi yg gw salut sama boil eropa, mereka gak mau spek down keterlaluan masalah safety hanya krn kejar harga murah, lain sama mobil jepun, mereka lihat dimana jualan boilnya, makanya ada perbedaan mutu antara boil jepun di Indo dan yg dijual di domestik market , USA dan eropa.
Do you agree???
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Lagi! BMW E30 TERBAKAR!
Yah jelas saja beda tapi gak masalah bro , HARGA juga murah di indonesia coba bayangkan kalau sedan mapun MPV pake spek eropa barat apa gak NAJONG harganya . 

Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Mon May 03, 2010 16:16
Re: Lagi! BMW E30 TERBAKAR!
sudahlah..mobil eropa nyaman, mahal, dan "relatif", sekali lagi "relatif", lebih rewel, jika yang dimaksud dengan kata "rewel" adalah memerlukan perawatan yang lebih dari mobil Jepang dalam hal biaya dan genuine parts, yes itu benar. Dan nature-nya sudah seperti itu. Mobil eropa nggak bisa "diakal-akalin". Sekali ganti spare part, harus ganti, atau mobil akan rusak, performance menurun jauh.
Pengalaman saya pakai BMW 318i E46, sungguh luar biasa performance, kehandalan, kestabilan. Soal perawatan memang mahal. Contoh saya pernah harus ganti sensor crankshaft, karena sensor ini yang mengatur informasi mesin ke on board computer, lalu computer akan mengatur aliran pompa bensin berdasarkan informasi dari sensor crankshaft. Kejadiannya waktu itu si BMW ini mati mendadak dan ga bisa di-starter lagi, ternyata setelah di-scan, sensor crankshaft dan sensor camshaft harus ganti, dan pakai original parts BMW. Biaya total parts dan pemasangan 2.5 juta. Tapi masalah langsung hilang, dan BMW saya langsung ngebut lagi dan mencapai 190 km/jam pun ga masalah, enteng lagi larinya.
Sebaliknya, pengalaman bokap saya pakai BMW 318i E30, dia ga bisa merawat, kaki-kaki bunyi dibiarin saja, sampai suatu ketika patah deh tuh tie rod. parah kan? lalu dia komplain dan ngomel BMW susah dirawat. Saya ketawa aja. Trus suatu pagi susah di-starter, divonis harus ganti fuel pump. Dia ga mau ganti yg original, mahal katanya, lalu cari yang bekas-bekas limbah, habis itu dijual trauma katanya. Hmm ini orang ga cinta, padahal dia suka banget ma stabilitasnya katanya. Jadi...mau mobil enak, tapi ga mau berkorban lebih? Biasanya di dunia ini, apapun, tidak hanya mobil, kita tidak bisa seperti itu...
Kadang orang kita kalau membanding-bandingkan mobil dan perawatannya suka ekstrim.... bukannya dilihat value-nya, tapi hanya dilihat rupiahnya tok saja.
Di sisi lain, mobil Jepang memang menyasar pasar yang lebih massal, terbukti dengan mobil seperti Avanza, APV, Grandmax, Kijang kapsul, Innova juga, namun, jangan lupa, varian premiumnya sudah lama menjejali pasar Indonesia juga. Lihat aja Camry dan Accord yang sejarahnya panjang, Nissan Teana, Alphard, Nissan Elgrand, semua mobil mobil premium yang saat ini telah sarat dengan fitur-fitur elektronik, laku-laku aja, handal-handal aja, jika dirawat dengan benar.
Ingatlah, kunci mobil itu perawatan. Mau mobil Eropa, Jepang, Korea, selama dirawat dengan benar, ya akan handal, ya jalan dan nyaman

Pengalaman saya pakai BMW 318i E46, sungguh luar biasa performance, kehandalan, kestabilan. Soal perawatan memang mahal. Contoh saya pernah harus ganti sensor crankshaft, karena sensor ini yang mengatur informasi mesin ke on board computer, lalu computer akan mengatur aliran pompa bensin berdasarkan informasi dari sensor crankshaft. Kejadiannya waktu itu si BMW ini mati mendadak dan ga bisa di-starter lagi, ternyata setelah di-scan, sensor crankshaft dan sensor camshaft harus ganti, dan pakai original parts BMW. Biaya total parts dan pemasangan 2.5 juta. Tapi masalah langsung hilang, dan BMW saya langsung ngebut lagi dan mencapai 190 km/jam pun ga masalah, enteng lagi larinya.
Sebaliknya, pengalaman bokap saya pakai BMW 318i E30, dia ga bisa merawat, kaki-kaki bunyi dibiarin saja, sampai suatu ketika patah deh tuh tie rod. parah kan? lalu dia komplain dan ngomel BMW susah dirawat. Saya ketawa aja. Trus suatu pagi susah di-starter, divonis harus ganti fuel pump. Dia ga mau ganti yg original, mahal katanya, lalu cari yang bekas-bekas limbah, habis itu dijual trauma katanya. Hmm ini orang ga cinta, padahal dia suka banget ma stabilitasnya katanya. Jadi...mau mobil enak, tapi ga mau berkorban lebih? Biasanya di dunia ini, apapun, tidak hanya mobil, kita tidak bisa seperti itu...
Kadang orang kita kalau membanding-bandingkan mobil dan perawatannya suka ekstrim.... bukannya dilihat value-nya, tapi hanya dilihat rupiahnya tok saja.
Di sisi lain, mobil Jepang memang menyasar pasar yang lebih massal, terbukti dengan mobil seperti Avanza, APV, Grandmax, Kijang kapsul, Innova juga, namun, jangan lupa, varian premiumnya sudah lama menjejali pasar Indonesia juga. Lihat aja Camry dan Accord yang sejarahnya panjang, Nissan Teana, Alphard, Nissan Elgrand, semua mobil mobil premium yang saat ini telah sarat dengan fitur-fitur elektronik, laku-laku aja, handal-handal aja, jika dirawat dengan benar.
Ingatlah, kunci mobil itu perawatan. Mau mobil Eropa, Jepang, Korea, selama dirawat dengan benar, ya akan handal, ya jalan dan nyaman



-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Lagi! BMW E30 TERBAKAR!
ismawan wrote:sudahlah..mobil eropa nyaman, mahal, dan "relatif", sekali lagi "relatif", lebih rewel, jika yang dimaksud dengan kata "rewel" adalah memerlukan perawatan yang lebih dari mobil Jepang dalam hal biaya dan genuine parts, yes itu benar. Dan nature-nya sudah seperti itu. Mobil eropa nggak bisa "diakal-akalin". Sekali ganti spare part, harus ganti, atau mobil akan rusak, performance menurun jauh.
Pengalaman saya pakai BMW 318i E46, sungguh luar biasa performance, kehandalan, kestabilan. Soal perawatan memang mahal. Contoh saya pernah harus ganti sensor crankshaft, karena sensor ini yang mengatur informasi mesin ke on board computer, lalu computer akan mengatur aliran pompa bensin berdasarkan informasi dari sensor crankshaft. Kejadiannya waktu itu si BMW ini mati mendadak dan ga bisa di-starter lagi, ternyata setelah di-scan, sensor crankshaft dan sensor camshaft harus ganti, dan pakai original parts BMW. Biaya total parts dan pemasangan 2.5 juta. Tapi masalah langsung hilang, dan BMW saya langsung ngebut lagi dan mencapai 190 km/jam pun ga masalah, enteng lagi larinya.
Sebaliknya, pengalaman bokap saya pakai BMW 318i E30, dia ga bisa merawat, kaki-kaki bunyi dibiarin saja, sampai suatu ketika patah deh tuh tie rod. parah kan? lalu dia komplain dan ngomel BMW susah dirawat. Saya ketawa aja. Trus suatu pagi susah di-starter, divonis harus ganti fuel pump. Dia ga mau ganti yg original, mahal katanya, lalu cari yang bekas-bekas limbah, habis itu dijual trauma katanya. Hmm ini orang ga cinta, padahal dia suka banget ma stabilitasnya katanya. Jadi...mau mobil enak, tapi ga mau berkorban lebih? Biasanya di dunia ini, apapun, tidak hanya mobil, kita tidak bisa seperti itu...
Kadang orang kita kalau membanding-bandingkan mobil dan perawatannya suka ekstrim.... bukannya dilihat value-nya, tapi hanya dilihat rupiahnya tok saja.
Di sisi lain, mobil Jepang memang menyasar pasar yang lebih massal, terbukti dengan mobil seperti Avanza, APV, Grandmax, Kijang kapsul, Innova juga, namun, jangan lupa, varian premiumnya sudah lama menjejali pasar Indonesia juga. Lihat aja Camry dan Accord yang sejarahnya panjang, Nissan Teana, Alphard, Nissan Elgrand, semua mobil mobil premium yang saat ini telah sarat dengan fitur-fitur elektronik, laku-laku aja, handal-handal aja, jika dirawat dengan benar.
Ingatlah, kunci mobil itu perawatan. Mau mobil Eropa, Jepang, Korea, selama dirawat dengan benar, ya akan handal, ya jalan dan nyaman![]()
![]()
ini orang mau jelasin apa ceramah sih kaya dosen aja


Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun