Akhir2 ini ane betul2 merhatikan kasus ANKI/ANF ini, karena sebetulnya sudah yakin mau ganti innova diesel lawas ane ke ANKI diesel A/T.
Tp setelah baca2 di SM n FB grup, ane putuskan untuk ttp pelihara innova lawas tsb sampe kasus2 ANKI/ANF betul2 clear...ane kagak sanggup keluar uang ratusan juta dan selalu kepikiran potential problem yang bisa terjadi.
Menurut ane, urutan problem (mulai dari yang paling gawat) ANKI/ANF adalah sbb :
1. Sudden acceleration >> ini yang akhirnya membuat ane yakin cancel dulu sementara ANKI diesel A/Tnya. Ane bbrp kali ngalamin gas nyangkut di motor bebek tua ane. Dan biasanya kejadian cuman 1 detik, jadi gampang ngehandlenya. Ane gak bisa bayangin kalo bawa mobil segede ANKI, di jalan kecil dan ternyata terjadi sudden acceleration.
Yg lebih serem lagi adalah apabila hal ini terjadi di garasi/car port rumah, dan mungkin di depan/belakang mobil saat kejadian ada anggota rumah kita yg lg bukain pintu.......... BIGGGGGGGG NOOOOOOO!!
Secinta2nya ane sama torsi mesin diesel, ane lebih cinta nyawa ane dan orang2 sekitar.
2. Transmisi >> entah jedug saat jalan, galau, downshift ekstrem, dll.
Jedug saat jalan seperti yang dijelaskan om Kobochan, selama ane bawa mobil matic (genio, livina, innova lawas, avanza), kagak pernah sekalipun terasa jedug saat jalan. Jedug saat parkir, ya, beberapa kali apabila berhenti di miringan yg cukup ekstrem.
Downshift ekstrem, ini serem juga. Spt link dari om Turbo, user OZ mengeluhkan apabila ini terjadi di jalanan turunan curam, jalan licin.....bahaya bangetttt. Belum lagi efek engine brake yang berlebihan bisa bikin kita ditabrak dari belakang. BIG NOOO lagi
3. Turbo putu >> ini menurut ane masih sebatas isi kantong dibandingkan dengan urusan nyawa 2 point di atas.
Meskipun begitu, apes banget kalo putunya keluar saat garansi mobil abis. 30 juta melayang sia2. BIG NO lagi
Susahnya jadi konsumen di indo, sdh keluar uang ratusan juta, masih juga dipaksa mempertaruhkan nyawanya
Emang di sini, brand mengalahkan segala2nya
