Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
setelah toyota dan daihatsu berkolaborasi, kayaknya ada sinyal akan ada kolaborasi antara toyota dan suzuki. nissan seperti nya akan tertolong karena ada renault, datsun dan mitsubishi. honda aja nih yang kayaknya masih sendirian
-
- SM Specialist
- Posts: 4780
- Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
- Location: Kota Bogor
- Daily Vehicle: ANF 2019
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
Terimakasih om NR atas pencerahannya...newrubble wrote:suzie skrg (bkn dulu) gagal krn dua perkara
1).
ditinggal mas bronto (jpn keilangan mata n telinga u tau locals* mau nya apa) *govt n public appetite
jpn had very high xpectation saat investment scheme 49% (foreign) vs 51% (local) di buang oleh govt indo (1999)
mrk saat itu sgt berharap akan ada second stage sehingga apv kluar ssdh karimun mk.1 n mrk berdua gunakan modular production tools yg bisa di pakai sampai 20 thn kedepan (2020)
2nd stage mrk berfikir indo apus predatory multitaxation
2)
n saat mrk kecewa (lobby mas bronto gagal n dia stepped down dari chairmanship n skrg ada di commissioner board) mrk pindahkan smua yg ada ke india
crita suzie itu bukan crita mass psychology marketing failure tapi investor's over expectation (change of direct investment focus .... indo to india)
pdhl production tools yg (tadinya) ada di indo sanggup bikin 10 - 15 lineups / major changes ...... dulu sy di kasihtau knapa apv cuma semi bonnet bukan full
itu krn mrk(suzie) tdk mau tinggalkan cab-over lovers sementara yg suka full bonnet mau mrk absorb jadi apv users
apv diesel .... apv full bonnet ..... grand apv ..... (*** sesuai dgn apa yg sy baca, temporary namings) smua mrk bawa pergi
now they are in love with india ..... aturan jauh lbh jelas n terbaca u 20 - 30 thn kedepan ...... bukan aturan grabak grubuk spt org dpt undian / kena musibah
Kebetulan saya masih simpan 2 Suzuki..
APV Arena 2008 type GL + Ertiga 2012 juga type GL
Beberapa kali APV mau saya remajakan dengan GNKI atau ANKI tapi saya merasa mobil ini masih Ok dipake dan ga ada alasan untuk ganti dg mobil lain..daya jelajah jg cukup tinggi..semua mesin standar kecuali kaki2 pernah saya pasang velg Vellfire 18", dan sekarang pake Velg Outlander sport 17"..cukup pas keren lah.. masih suka dipake keliling2 Bogor sambil ajari si cibul bawa mobil manual..
Kalo Ertiga saya kasih pinjam ke seorang manager di kantor saya untuk dia pakai sehari2 keperluan kantor atau keluarga..saya ga terlalu hafal gimana kondisinya..tapi beberapa kali jalan bareng ke Palembang spt Lebaran kemaren, ok lah..lari nya masih ngacir kuenceng banget..saya pake VRZ lari 140kpj di Lintas Timur Sumatera dia masih bisa nempel ketat di belakang...

Last edited by F272 on Thu Oct 20, 2016 15:20, edited 1 time in total.
-
- SM Specialist
- Posts: 4780
- Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
- Location: Kota Bogor
- Daily Vehicle: ANF 2019
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
Honda ga sendirian...kan ada om Luginar...iwing wrote:setelah toyota dan daihatsu berkolaborasi, kayaknya ada sinyal akan ada kolaborasi antara toyota dan suzuki. nissan seperti nya akan tertolong karena ada renault, datsun dan mitsubishi. honda aja nih yang kayaknya masih sendirian

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
mungkin dia vendor sticker 'ok' yg nempel kecil di kaca depan
-
- SM Specialist
- Posts: 16675
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
Ini bener banget sih... lebih dark ages kalo merek-merek yang stengah hati jualan itu malah berkuasa di Indon wkwkwk...santos168 wrote:Rasanya terlalu berlebihan juga kalo dibilang masuk jaman kegelapan kalo tinggal T dan H yg mendominasi pasar. Coba bayangin sebaliknya, T dan H gak ada, yg tinggal adalah brand-brand mobil yg level komitmennya rendah. Jual mobil mau, tapi sediain bengkel sedikit, sparepart kadang ready kadang nggak. Itu baru dark age.
Positifnya mobil nya jadi gak banyak di jalan... gak macet... kan pada mangkrak di bengkel semua nunggu sperpat...
Istilahnya baru anak kemaren sore sok sok ngimpi ketinggian wkwkwkw... Kek anak muda jaman sekarang... mimpinya tinggi... disuruh realisasi melempem...kunaskun wrote:
yep, soal spare part bukan kebiasaan org indo ke beres terutama di daerah, maunya ke toko terdekat, giliran ngaco baru heboh dibilang brand ini jelek. nah brand lain ga ada yang mikirnya sejauh ini, belum apa2 udah mikir ROI sekian2... 5 tahun ga balik cabut d, itu si mendingan tu duit buat disumbangin ke org susah![]()
indomobil mah udah kebaca lah, anak emasnya sendiri aja ga pernah beres, gimana mau urusin brand lain, dari seinget ane jaman audi vw sampe sekarang nissan udah jadi korban semua. mentang2 jaringan jualan carry gede aja bikin merek lain ngiler numpang jalur si indomobil.
Suzuki nyari kawe satunya aja susah... Orisinil di BeRes udah mahal kena PPn....

Coba apansa... beh dari orisinil sampe KW yang hari ini dipake besok rusak aja ada...

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 207
- Joined: Mon Aug 08, 2016 16:32
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
Saya rasa baru sampai tahap sales sticker 'ok'. Stiker wasiat, bisa meningkatkan skor GNCAP hingga 2 bintangnewrubble wrote:mungkin dia vendor sticker 'ok' yg nempel kecil di kaca depan

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 812
- Joined: Fri Jan 15, 2016 15:00
- Location: Bandar Lampung, Lampung
- Daily Vehicle: Innova
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
Mungkin jg brand yg stengah hati itu kalo jadi market leader puluhan tahun akan berperilaku yg sama seperti atoyot dan handosantos168 wrote:Rasanya terlalu berlebihan juga kalo dibilang masuk jaman kegelapan kalo tinggal T dan H yg mendominasi pasar. Coba bayangin sebaliknya, T dan H gak ada, yg tinggal adalah brand-brand mobil yg level komitmennya rendah. Jual mobil mau, tapi sediain bengkel sedikit, sparepart kadang ready kadang nggak. Itu baru dark age.

Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
Termasuk ane koq, gan....geofreyap wrote:Gimana ya...
Brand image memang faktor terbesar sih..
Yg kedua reputasi...
Yg ketiga karena pola pikir..
Butuh effort lebih buat brand2 minoritas supaya bisa menarik hati calon konsumen..
Mulai dari contoh paling simple..
Saat oe pameran di mall bersama brand2 lain, brand yg oe handle selalu paling sepi peminat.
Trus customer selalu pertanyaannya soal diskon..
Padahal brand oe jualnya kualitas, bukan jual diskon..
Jarang ada customer yg nanya fitur & teknologinya saat pertama datangi mobil kami..
Disitu kelihatan bahwa mayoritas customer masih sekedar memakai mobil saja, tidak menikmatinya..
Jadi ya bgitulah..
Bingung juga jelasinnya.. Hehehe...
Ane kalo lg cari mbl ke dealer/pameran selalu lsg tanya n nego disc...
Krn spek udah kumpulin semua dr internet.....males nanya2 spek & fitur ke sales2 yg kbanyakan jg pada gak tau detail barang dagangannya....
Salahkah kalo ane nyari best price???
Sblm akhirnya ambil miras, ane sempet hunting mazda 2 koq.....tapi budget hanya cukup untuk tipe V.....masalahnya semua dealer yg ane samperin gak ada yg ready tipe V....di suruh inden sampe batas wkt yg gak diketahui......
Trus ane d paksa2 untuk ambil tipe R walaupun ane ud berkali2 bilang klo budgetnya gak cukup....
Ya udah, akhirnya ane beralih ke mitsu....
Semoga share ane ini bs jd bahan koreksi agan, dealer agan & atpmnya....
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Sun Dec 21, 2014 6:27
Re: RE: Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
hino sini dipegang indomobil ommedkintos wrote:Hino = toyota group om hahahaak4ng wrote:Dominasi pikap sepenglihatan ane: granmax dan t120
Dominasi pikap medium: L300
Dominasi chasis travel: elf 2.8
Dominasi engkel : canter
Dominasi truk 8ton : canter
Dominasi truk >8ton: hino jumbo ranger
Mana toyota dan honda nyaaa.......![]()
![]()
![]()
Buat bis majority yang akap paling hino sama merc ya...
Sent from my MI 5 using Tapatalk
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1612
- Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
Salahkah kalo customer cari best price?ween wrote:Termasuk ane koq, gan....geofreyap wrote:Gimana ya...
Brand image memang faktor terbesar sih..
Yg kedua reputasi...
Yg ketiga karena pola pikir..
Butuh effort lebih buat brand2 minoritas supaya bisa menarik hati calon konsumen..
Mulai dari contoh paling simple..
Saat oe pameran di mall bersama brand2 lain, brand yg oe handle selalu paling sepi peminat.
Trus customer selalu pertanyaannya soal diskon..
Padahal brand oe jualnya kualitas, bukan jual diskon..
Jarang ada customer yg nanya fitur & teknologinya saat pertama datangi mobil kami..
Disitu kelihatan bahwa mayoritas customer masih sekedar memakai mobil saja, tidak menikmatinya..
Jadi ya bgitulah..
Bingung juga jelasinnya.. Hehehe...
Ane kalo lg cari mbl ke dealer/pameran selalu lsg tanya n nego disc...
Krn spek udah kumpulin semua dr internet.....males nanya2 spek & fitur ke sales2 yg kbanyakan jg pada gak tau detail barang dagangannya....
Salahkah kalo ane nyari best price???
Sblm akhirnya ambil miras, ane sempet hunting mazda 2 koq.....tapi budget hanya cukup untuk tipe V.....masalahnya semua dealer yg ane samperin gak ada yg ready tipe V....di suruh inden sampe batas wkt yg gak diketahui......
Trus ane d paksa2 untuk ambil tipe R walaupun ane ud berkali2 bilang klo budgetnya gak cukup....
Ya udah, akhirnya ane beralih ke mitsu....
Semoga share ane ini bs jd bahan koreksi agan, dealer agan & atpmnya....
TIDAK !
Kan oe tulis jarang.. Bukan tidak ada.. Hehehehe.

Ada beberapa cust dari SM yg sudah oe handle.
Kalau dari SM trus langsung nanya diskon, oe malah senang.. Karena oe yakin member SM well-educated soal mobil..
*thx utk member SM yg sudah percaya dengan oe..
Tapi kalau di pameran, masih banyak yg kurang paham mengenai feature & tech yg kita punya..
Saat liat pricelist, "wah lebih mahal ya di banding sebelah".
Saat dengar diskon, "lho kok cuma segitu ?"
Saat oe terangin feature & tech apa yg kita punya, "ooo pantes ya harganya lebih mahal.."
Tapi ada juga yg udah ngerti soal mobil yg kita punya. Oe tdk akan ngomong apa2 kalau ketemu cust begini..
Oe hanya jawab & response dia punya pertanyaan & pernyataan..
Mudah2an tulisan oe bisa di capture dengan baik ya..
Soal mazda2 V, memang ga ada barang.. Hehehe..
Soal paksa-memaksa, oe tidak bisa komen apa2.
Beda kepala, beda karakter, beda attitude, beda juga cara handle customer..

Regards,
Geofrey Adrian
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
Instagram : subaru.sales.id
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 286
- Joined: Sat May 10, 2014 13:56
- Location: Surabaya
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
Setau saya pemegang di indo adalah hmi (hino motor indonesia). Krn saya tau ada dealer di luar indomobil. Tak tahu apakah indomobil itu cuma dealer atau pemilik hmi juga.fasc wrote: hino sini dipegang indomobil om
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 617
- Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
HMI, tepatnya HMSI itu termasuk indomobil Om, pabrik Hino di BIC purwakarta (HMMI)sprint07 wrote:Setau saya pemegang di indo adalah hmi (hino motor indonesia). Krn saya tau ada dealer di luar indomobil. Tak tahu apakah indomobil itu cuma dealer atau pemilik hmi juga.fasc wrote: hino sini dipegang indomobil om
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 615
- Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
- Daily Vehicle: 205系電車
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
...ehemmm... pelek velfie-nya masih ada OmF 272 wrote: --CUT--
Beberapa kali APV mau saya remajakan dengan GNKI atau ANKI tapi saya merasa mobil ini masih Ok dipake dan ga ada alasan untuk ganti dg mobil lain..daya jelajah jg cukup tinggi..semua mesin standar kecuali kaki2 pernah saya pasang velg Vellfire 18"
--CUT--

-
- SM Specialist
- Posts: 4780
- Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
- Location: Kota Bogor
- Daily Vehicle: ANF 2019
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
Ada om... saya Repaint ke warna gelap..Gun Metal... trus dipake lg oleh si APV..3mul wrote:...ehemmm... pelek velfie-nya masih ada OmF 272 wrote: --CUT--
Beberapa kali APV mau saya remajakan dengan GNKI atau ANKI tapi saya merasa mobil ini masih Ok dipake dan ga ada alasan untuk ganti dg mobil lain..daya jelajah jg cukup tinggi..semua mesin standar kecuali kaki2 pernah saya pasang velg Vellfire 18"
--CUT--
eh tau2 anak2 kantor bawa nya jorok.. lecet2.. dah.. payah..

Lalu saya perbaiki, dan skarang saya gantung aja 1 set dekat koleksi velg lain .. :
Leading Edge 20" 3D Chrome yg udah saya repaint juga ke warna gelap..
2 velg ini bisa masuk di mobil2 Jepun.. bagus nya di MPV atau sedan.. entah saya mau pasang di mobil apa..blom tau..



Sekarang si APV saya pakein Velg oem nya OS 17" lumayan lebih aman...

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 615
- Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
- Daily Vehicle: 205系電車
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
ampun Om, ini mah keren bangetF 272 wrote:![]()

-
- SM Specialist
- Posts: 4780
- Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
- Location: Kota Bogor
- Daily Vehicle: ANF 2019
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
Wkwkwkwk...3mul wrote:ampun Om, ini mah keren bangetF 272 wrote:![]()

pernah saya aplikasi ke CRV 2.4L & innova 2.0L


Maap OOT...

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 96
- Joined: Wed Mar 02, 2016 7:22
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
F 272 wrote:Wkwkwkwk...3mul wrote:ampun Om, ini mah keren bangetF 272 wrote:![]()
Made in Jepun Om.. lebar Belang..
pernah saya aplikasi ke CRV 2.4L & innova 2.0L
Maap OOT...
Nambahin oot om, kayanya bodikit ipahnya bikinan william w7. Heheh
-
- SM Specialist
- Posts: 4780
- Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
- Location: Kota Bogor
- Daily Vehicle: ANF 2019
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?



Siapa yg butuh kontak ane aja.. masih ada tuh di gudang..

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 96
- Joined: Wed Mar 02, 2016 7:22
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
hahaha dulu sempet ngehits banget bodykit model ini pas ybs punya ipah warna kuningF 272 wrote:![]()
![]()
Bener om.. bikinan om William
Siapa yg butuh kontak ane aja.. masih ada tuh di gudang..
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 654
- Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
Yup memang benar penguasaan Suzuki di India besar sekali. Mereka yang berani investasi pertama kali dengan mendirikan Maruti sejak 1985 saat semua brand lainnya masih memandang sebelah mata negara India. Volume sales Suzuki selalu diatas 1,3 juta per tahun. Ini sudah melebihi total penjualan mobil seluruh brand di Indonesia yang baru diatas 1 juta unit sejak 2013. Tidak heran VW pengen beraliansi dengan Suzuki dan berakhir bubar karena dianggap hanya ingin memanfaatkan pasar Suzuki di India. Sekarang Akio Toyoda ngiler melihat itu dan sekarang mengajak Osamu Suzuki berkolaborasi setelah membeli saham Daihatsu Motors 100%. Karena gempurannya lewat Daihatsu selalu melempem tidak pernah berhasil...hahaha. Yang menggiurkan lagi pertumbuhan ekonomi India sekarang tertinggi dunia dan tidak terpengaruh pelemahan harga raw material seperti Cina, Oz dan Indonesia sekarang ini. Ditambah optimisme (baca:konsumtif) konsumen India adalah yang tertinggi dunia. Bahkan sudah melebihi konsumen US.dnehemia wrote:fasc wrote:
it's true
sepeninggal pak bronto, sijuki indomobil jadi gak jelas.
swift keok, vitara pembuka pasar medium suv tinggal nama
ertiga pertama dijual 2012 minim varian, gakda double blower, gakda metic, bandingkan sama apansah, inopah sekali kluar bisa sampe 11varian
giliran facelift ABS malah diilangin
APM paling aneh..
btw, ada yang bisa bandingin market sini sama di indihe sono, maruti sijuki juaranya. toyota kagak kedengaran suaranya
ini om ane baru searching sumur web zeenews india.
Here is the list of India's top 10 selling passenger cars in September 2016
Maruti Suzuki Alto: 27,750 units
Maruti Suzuki Swift DZire: 18,961 units
Maruti Suzuki Swift: 16,746 units
Maruti Suzuki WagnoR: 16,645 units
Hyundai Grand i10: 12,212 units
Maruti Suzuki Baleno: 10,623 units
Renault Kwid: 10,558 units
Hyundai Elite i20: 10,254 units
Maruti Suzuki Vitara Brezza: 9,375 units
Hyundai Creta: 8,835 units
Dibandingkan Indonesia di India juaranya suzuki sama Hyundai. malah Toyodai dan hondo nasibnya nya ngak jelas penjualannya...![]()
wah jualan mobil memang ngak bisa di sapu rata utk satu jenis bisa laris dibanyak region. kecuali memang lux brand...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 95
- Joined: Wed Oct 19, 2016 9:09
Re: RE: Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
Wow great Indians.. Baru tahu kalo dari segi konsumtif orang kita kalah sama India.. Kalo sejarah otimotif di India memang sudah lama dirintis maruti berarti mirip dgn di Indonesia yg udh lama dirintis juga sama astra dgn toyota nya...Michaelktp wrote:Yup memang benar penguasaan Suzuki di India besar sekali. Mereka yang berani investasi pertama kali dengan mendirikan Maruti sejak 1985 saat semua brand masih memandang sebelah mata negara India. Volume sales Suzuki selalu diatas 1,3 juta per tahun. Ini sudah melebihi total penjualan mobil seluruh brand di Indonesia yang baru diatas 1 juta unit sejak 2013. Tidak heran VW pengen beraliansi dengan Suzuki dan sejak lama Akio Toyoda ngiler melihat itu dan sekarang mengajak Osamu Suzuki berkolaborasi setelah membeli saham Daihatsu Motors 100%. Karena gempurannya lewat Daihatsu selalu melempem tidak pernah berhasil...hahaha. Yang menggiurkan lagi pertumbuhan ekonomi India sekarang tertinggi dunia dan tidak terpengaruh pelemahan harga raw material seperti Cina, Oz dan Indonesia sekarang ini. Ditambah optimisme (baca:konsumtif) konsumen India adalah yang tertinggi dunia. Bahkan sudah melebihi konsumen US.dnehemia wrote:fasc wrote:
it's true
sepeninggal pak bronto, sijuki indomobil jadi gak jelas.
swift keok, vitara pembuka pasar medium suv tinggal nama
ertiga pertama dijual 2012 minim varian, gakda double blower, gakda metic, bandingkan sama apansah, inopah sekali kluar bisa sampe 11varian
giliran facelift ABS malah diilangin
APM paling aneh..
btw, ada yang bisa bandingin market sini sama di indihe sono, maruti sijuki juaranya. toyota kagak kedengaran suaranya
ini om ane baru searching sumur web zeenews india.
Here is the list of India's top 10 selling passenger cars in September 2016
Maruti Suzuki Alto: 27,750 units
Maruti Suzuki Swift DZire: 18,961 units
Maruti Suzuki Swift: 16,746 units
Maruti Suzuki WagnoR: 16,645 units
Hyundai Grand i10: 12,212 units
Maruti Suzuki Baleno: 10,623 units
Renault Kwid: 10,558 units
Hyundai Elite i20: 10,254 units
Maruti Suzuki Vitara Brezza: 9,375 units
Hyundai Creta: 8,835 units
Dibandingkan Indonesia di India juaranya suzuki sama Hyundai. malah Toyodai dan hondo nasibnya nya ngak jelas penjualannya...![]()
wah jualan mobil memang ngak bisa di sapu rata utk satu jenis bisa laris dibanyak region. kecuali memang lux brand...
Berarti siapa yg lebih lama invest di suatu negara dia pasti bisa menyerap demand dari negara tersebut.
Tapi yg aneh memang di Indonesia harga mobil tiap tahun naik nya gila2an bisa krn inflasi atau mungin emang pajaknya yg predatory (ngutip istilah om NR).
Padahal harga mobil di India ngak parah2 amat naiknya. Makanya di Indonesia renault kwid berani ngeluarin seharga lcgc padahal barangnya cbu dan berarti mereka ngak dpt insentif pajak dr govt kita. Kebayangkan di India sana harga mobil semurah apa...

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 62
- Joined: Sat Dec 07, 2013 0:03
Re: RE: Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
dnehemia wrote:Wow great Indians.. Baru tahu kalo dari segi konsumtif orang kita kalah sama India.. Kalo sejarah otimotif di India memang sudah lama dirintis maruti berarti mirip dgn di Indonesia yg udh lama dirintis juga sama astra dgn toyota nya...Michaelktp wrote:Yup memang benar penguasaan Suzuki di India besar sekali. Mereka yang berani investasi pertama kali dengan mendirikan Maruti sejak 1985 saat semua brand masih memandang sebelah mata negara India. Volume sales Suzuki selalu diatas 1,3 juta per tahun. Ini sudah melebihi total penjualan mobil seluruh brand di Indonesia yang baru diatas 1 juta unit sejak 2013. Tidak heran VW pengen beraliansi dengan Suzuki dan sejak lama Akio Toyoda ngiler melihat itu dan sekarang mengajak Osamu Suzuki berkolaborasi setelah membeli saham Daihatsu Motors 100%. Karena gempurannya lewat Daihatsu selalu melempem tidak pernah berhasil...hahaha. Yang menggiurkan lagi pertumbuhan ekonomi India sekarang tertinggi dunia dan tidak terpengaruh pelemahan harga raw material seperti Cina, Oz dan Indonesia sekarang ini. Ditambah optimisme (baca:konsumtif) konsumen India adalah yang tertinggi dunia. Bahkan sudah melebihi konsumen US.dnehemia wrote:
ini om ane baru searching sumur web zeenews india.
Here is the list of India's top 10 selling passenger cars in September 2016
Maruti Suzuki Alto: 27,750 units
Maruti Suzuki Swift DZire: 18,961 units
Maruti Suzuki Swift: 16,746 units
Maruti Suzuki WagnoR: 16,645 units
Hyundai Grand i10: 12,212 units
Maruti Suzuki Baleno: 10,623 units
Renault Kwid: 10,558 units
Hyundai Elite i20: 10,254 units
Maruti Suzuki Vitara Brezza: 9,375 units
Hyundai Creta: 8,835 units
Dibandingkan Indonesia di India juaranya suzuki sama Hyundai. malah Toyodai dan hondo nasibnya nya ngak jelas penjualannya...![]()
wah jualan mobil memang ngak bisa di sapu rata utk satu jenis bisa laris dibanyak region. kecuali memang lux brand...
Berarti siapa yg lebih lama invest di suatu negara dia pasti bisa menyerap demand dari negara tersebut.
Tapi yg aneh memang di Indonesia harga mobil tiap tahun naik nya gila2an bisa krn inflasi atau mungin emang pajaknya yg predatory (ngutip istilah om NR).
Padahal harga mobil di India ngak parah2 amat naiknya. Makanya di Indonesia renault kwid berani ngeluarin seharga lcgc padahal barangnya cbu dan berarti mereka ngak dpt insentif pajak dr govt kita. Kebayangkan di India sana harga mobil semurah apa...
Di India harga kwid cuma 63juta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 615
- Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
- Daily Vehicle: 205系電車
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
Bulan kemarin (Okt '16), hanya ada 3 merk yg penjualannya masuk ke 15 besar.
Coba tebak merk apa aja
1. Toyota Calya 9.286 unit
2. Toyota Avanza 9.206 Unit
3. Daihatsu Sigra 6.309 unit
4. Honda Brio Satya 4.603 unit
5. Toyota Kijang Innova 4.364 unit
6. Daihatsu Xenia 4.242 unit
7. Daihatsu Gran Max Pikap 3.478 unit
8. Honda Mobilio 3.223 unit
9. Toyota Agya 2.904 unit
10. Honda HRV 1.5 2.746 unit
11. Daihatsu Ayla 2.407 unit
12. Toyota Fortuner 2.220 unit
13. Honda BR-V 2.145 unit
14. Toyota Rush 2.006 unit
15. Honda Jazz 1.667 unit
Coba tebak merk apa aja


1. Toyota Calya 9.286 unit
2. Toyota Avanza 9.206 Unit
3. Daihatsu Sigra 6.309 unit
4. Honda Brio Satya 4.603 unit
5. Toyota Kijang Innova 4.364 unit
6. Daihatsu Xenia 4.242 unit
7. Daihatsu Gran Max Pikap 3.478 unit
8. Honda Mobilio 3.223 unit
9. Toyota Agya 2.904 unit
10. Honda HRV 1.5 2.746 unit
11. Daihatsu Ayla 2.407 unit
12. Toyota Fortuner 2.220 unit
13. Honda BR-V 2.145 unit
14. Toyota Rush 2.006 unit
15. Honda Jazz 1.667 unit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 194
- Joined: Fri Jul 15, 2016 8:05
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
Nyimak
Sent from my iPhone using Tapatalk Pro
Sent from my iPhone using Tapatalk Pro
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 599
- Joined: Thu Sep 25, 2008 1:20
Re: Mengapa Dominasi ToyoDai & Honda semakin kuat ?
Masyarakat indo lebih teredukasi dalam berpolitik daripada memilih sebuah mobil....warbyasah