yah ampun om.. terlalu luas bahasnya.. dari aplikasi mobile online doang sampe bawa2 fordg4ndalf wrote: Lautan luas ikannya banyak memang betul, saya setuju sama analoginya. Tapi, ikannya kecil2 - alias daya beli konsumen indo relatif lemah dibandingkan negara2 lain (per kapita). Dan ini cenderung menurun, bisa dilihat dari penjualan mobil, motor dan property yg menurun. Kalau penjualan makanan / barang2 konsumsi tdk bisa dijadikan patokan, karena kalau ndak makan ya mati.
Mungkin salah satu alasan taxi online uber, dll, sangat populer karena tarifnya murah. Balik lagi ke alasan daya beli. Nah, di sini negara kalau melarang sama aja menyengsarakan konsumen uber (yg saya bayangkan jumlahnya tdk sedikit).
Kalau dibilang pasar indo sangat menarik ya betul2 salah. Kalau memang begitu bagus tentunya pabrikan sekelas Ford nggak cabut donk? Trus kenapa juga FDI (investasi asing langsung, spt buka pabrik, buka lapak, etc) nggak terlalu bagus? Di sinilah problemnya, misal pemerintah terlalu saklek sama uber, buat mereka masih timbang2 apakah worth 'fighting' di Indonesia. Lain halnya klo itu eropa, atau amrik, mereka fight beneran karena kue di sana lebih gede.
Populasi indonesia emang gede, tapi gak semuanya berduit. Jadi kalo ekonomi model baru macem layanan berbasis aplikasi gini dilarang, yg menderita juga rakyat / konsumen. Harusnya bisa bayar murah... jadi mahal (klo dah gini apa bukan kartel?)
Waktu persh2 indukan ayam rame2 musnahkan parents stock, KPPU bergerak langsung nuduh kartel. Nah ini persh2 taksi (supirnya) demo - nuntut supaya layanan lain yg lebih murah diblokir, ini jelas kan mau bikin kartel, tapi KPPU diem aja?? Apa di negara ini semua yg demo2 harus diturutin kalo iya, bakal chaos nanti semuanya demo.... A***is bisa ditutup karena didemo ibu2 rumah tangga... wkwkwkwk

tu om tau sendiri daya beli kecil.. aplikasi online cuma modal apa sih? smartphone kan? mayoritas masy indo punya smartphone, checked.
mayoritas punya akses internet, checked.
udah cuma sampe situ aja, smartphone+internet = aplikasi berbasis online bisa digunakan.
toh sy nyontohinnya fb dan netflix, trus skarang kasusnya uber dan grab, dan tu om juga tau klo uber dan grab bisa laku karna murah..
ngapain bawa2 ford yg notabene buat konsumen berduit.. dan udah tau sendiri regulasi pemerintah kita tentang pajak otomotif ribet dan memberatkan produsen dan konsumen..
udah sampe situ doang om, toh saya cuma meng-counter tulisan om yang "gmn klo wa fb dll nge ban indo blablabla, bisa apa kita blablabla"