Profith83 wrote:Mau report perbandingan Grand Livina XV manual 2012 dengan Mobilio type RS matic 2015
Seharusnya masih sesuai judul nya yah ... 7 seater untuk keluarga.
Saya report apa yang saya rasakan saja selain exterior yah ...
Dari sisi kenyamanan berkendara cukup terasa beda dalam hal peredaman suspensi lebih enak Grand Livina.
Jok/busa mobil lebih tebal sehingga merasa lebih ada bantalannya.
Mobilio lebih unggul dari sisi driving experience, benar yang bilang diatas saya, mobilnya lebih nurut, kita jadi lebih yakin dalam hal mengendarai mobil. Tarikan mobil tidak bisa dibandingkan karena Mobilio type matic sedangkan Livina type manual, apalagi mesin Livina High rev nya bisa dibilang mantap untuk mesin 1.5 nya dengan harga 200 jt ... impressive.
Selama ini sempat bawa di kecepatan 80 KM per jam untuk Mobilio dan 120 KM/jam untuk Grand Livina.
Sepertinya Grand Livina mempunyai body monochoque lebih rigid sehingga mobil lebih tenang layakmya mobil sedan seharga 250 jt an.
Shock braker Grandd Livina lebih forgiving untuk lobang daripada Mobilio.
Nissan cuman satu kekurangannya:
Sayang Grand Livina pembuatan partnya tidak seawet Toyota atau semurah Suzuki, kalau itu terjadi ... dijamin mobil 200 jt yg lain lewat dah
Buat mobil murah 200 jt kebawah harusnya dipikirkan durability, karena customer di range harga ini cukup sensitive apabila mobilnya sering rusak.
Kecuali memang diperuntukan mobil murah dan enak, tetapi siap budget untuk maintenance lebih dari mobil 200 jt an yang lain.
saya jg user GL om, udh ganti GL 2x jg sama kaya si oom
pas mau beli ANGL baru ini, sempet TD mobilio saya.. begitu buka terus nutup pintu, udh lgsg ilfeel saya.. ini datsun go apa mobilio sih? kok pintunya ditutup ngaleng amat..
begitu liat interior... jeng jeng... untuk ga lgsg katarak mata saya.. hancur sehancur hancurnya kalo boleh saya bilang oom.. sory aja, mbl 200 jutaan interior sama kaya LCGC sih keterlaluan menurut saya
pas nyetir, posisi mengemudi ya saya bilang 11-12 lah sama GL, mau seenak apa sih nyetir mbl kelas begini.. malah enakan GL saya bilang, karena dashboard mobilio terlalu pangjang menurut saya..
untuk tarikan, saya tes yg CVT, yaa... begitulah.. namanya CVT, mau gimana lagi? cm suara mesinnya saat high rev kok rada beda ya sama freed? enakan freed suaranya, pdhl setau saya sama mesinnya..
untuk handling, nah.. baru saya akui lumayan.. meskipun sebenernya kalo dipikir2 rada ngeri jg mengingat ini mbl terlalu enteng, buntutnya rada ngebuang begitu saya tancap di bundaran.. saya masih lebih suka handlingnya spin drpd lio, berasa lebih mantap aja.. kalo GL ya peruntukannya emg utk kenyamanan, handling ga bisa berharap banyak.. meskipun ya sejujurnya MPV kelas begini ya 11-12 jg handlingnya kalo saya bilang
untuk kenyamanan, mobilio mending pulang aja kalo diadu sama GL.. ini yg saya gasuka dari lio, telalu ngorbanin kenyamanan demi handling, pdhl kodratnya MPV itu kan utk ngangkut org, bukan slalom? kekedapan kabin? minta ampun parahnya.. prnh naik limo? ya kurleb 11-12 peredamannya sama mobilio.. saya ngelaksonin org sampe bingung, yg diklaksonin itu saya apa org lain? kok suaranya sama kerasnya baik di dalam ataupun diluar?
utk durabillity, belum bisa dibandingkan karena mobilio tertua paling umurnya 1 thn 9 bulan.. sementara GL tertua umurnya udh ada yg 8 thn lebih.. harus tunggu minimal sampe garansinya abis baru bisa ngomongin mslh durabillity.. tapi sih denger2 baru setahun udh bnyk rattle sana sini interiornya?
ya, itu sih kesimpulan pribadi saya aja ttg mobilio.. begitu habis TD lio, lgsg saya kontak sales saya ketemuan SPK ANGL.. mgkn terkesan berlebihan, tapi ya memang spt itu yg saya rasakan dari mobil ini.. no offense utk pengguna mobilio