2016 Toyota Sienta - Pesaing Freed?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: 2016 Toyota Sienta - Pesaing Freed?
sienta kalau main di harga segitu si bakalan jadi raja baru, setidaknya buat sementara karena kan baru, nah ujiannya nanti setelah 2-3 tahun, kaya etios atau nav1... mati segen hidup pun enggan... apalagi kalau minim fitur. harga 300 kurleb kan isinya crossover atau rush sodara tirinya, siapa yang mau mobil Mini MPV kaya gitu selain konsumen perkotaan.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Mon Jan 25, 2016 9:03
Re: 2016 Toyota Sienta - Pesaing Freed?
Pertanyaan terbesarnya om, apa tam betah main di segmen kecil walaupun pemain tunggal? Kalo sy liat tam (mungkin dna toyota juga) selalu mau volume maker model bukan yg niche market, karena emang dna nya toyota jepang yg main di mass product terus. Beda sm honda yg emang dna nya mau main di market yg sedikit diatas jepang lain, walaupun saat ini hpm udah keluar dari dna itu IMO. Saat ini yg masih jepang yg masih pede main di segment niche ya subie, mazda.dimassn25 wrote:Yup TAM kayaknya ngebaca kondisi kayak gini dan langsung pengen jadi pemain tunggal.jabbathehut wrote:Baru spk mobilio e cvt fl dan banyak ngobrol sama SA Honda. Tahun ini akan jadi tahun terakhir freed katanya.
Facelift dan upgrade teknologi freed dinilai sudah mentok. Jika memaksakan upgrade lagi,harga produksinya tidak akan menghasilkan margin penjualan yg ideal.
Market freed sendiri juga makin tipis tergerus sodara2 mudanya.
Sienta mungkin juga masuk karena membaca hal itu. Jadi nantinya dia bisa jadi single player di segmen ini.
Sent from my R831 using Tapatalk
Jadi inget jargon "gapapa kemakan saudara sendiri daripada lebih laku di merk lain", beberapa smers ada yang bilang begitu.
Selanjutnya apa? Honda City kah? Mulai kegerus HRV nih.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Mon Jan 25, 2016 9:03
Re: 2016 Toyota Sienta - Pesaing Freed?
Setuju bgt om, naga2nya kalo sienta jdi masuk ke segment antara innova dan veloz y purely karena saat ini gak ada product lain toyota yg cukup layak masuk sana (red jdi market leader di kelas nya pasti). Rush udah out dated bgt, tp bbrp tahun kedepan mungkin akan jdi waktu buat rnd nya toyota buat ngembangin all new rush dengan mesin baru sienta ini. Nanti saat all new rush siap toyota perlahan akan lepasin sienta juga. Tp itu analisis ngaco sy aja sih. Alesannya krn yg tren nya naik suv bukan mpv, nah ini kenapa toyota yg sk volume maker jdi ngelawan tren?kunaskun wrote:sienta kalau main di harga segitu si bakalan jadi raja baru, setidaknya buat sementara karena kan baru, nah ujiannya nanti setelah 2-3 tahun, kaya etios atau nav1... mati segen hidup pun enggan... apalagi kalau minim fitur. harga 300 kurleb kan isinya crossover atau rush sodara tirinya, siapa yang mau mobil Mini MPV kaya gitu selain konsumen perkotaan.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: 2016 Toyota Sienta - Pesaing Freed?
yep buat ane si rada aneh emang MPV pengisi celah avanza dan innova malah non ladder frame, uda gitu FWD dengan sliding door pula, entahlah mungkin toyota mau coba gambling lagi setelah gagal dengan nav1 dan etios? volume ga gede gpp yg penting market leader, kalau perlu market leader di kelas sendiri yg bikinan sendiri biar jadi car of the yearSarangzilboy wrote:Setuju bgt om, naga2nya kalo sienta jdi masuk ke segment antara innova dan veloz y purely karena saat ini gak ada product lain toyota yg cukup layak masuk sana (red jdi market leader di kelas nya pasti). Rush udah out dated bgt, tp bbrp tahun kedepan mungkin akan jdi waktu buat rnd nya toyota buat ngembangin all new rush dengan mesin baru sienta ini. Nanti saat all new rush siap toyota perlahan akan lepasin sienta juga. Tp itu analisis ngaco sy aja sih. Alesannya krn yg tren nya naik suv bukan mpv, nah ini kenapa toyota yg sk volume maker jdi ngelawan tren?kunaskun wrote:sienta kalau main di harga segitu si bakalan jadi raja baru, setidaknya buat sementara karena kan baru, nah ujiannya nanti setelah 2-3 tahun, kaya etios atau nav1... mati segen hidup pun enggan... apalagi kalau minim fitur. harga 300 kurleb kan isinya crossover atau rush sodara tirinya, siapa yang mau mobil Mini MPV kaya gitu selain konsumen perkotaan.

-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Sat Mar 26, 2016 14:36
Re: 2016 Toyota Sienta - Pesaing Freed?
saya lebih prefer toyota sienta daripada avanza !
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 358
- Joined: Mon Oct 08, 2012 6:46
Re: 2016 Toyota Sienta - Pesaing Freed?
Sebenarnya saya lebih senang Sienta daripada Freed. Karakter mobil seperti ini pas untuk istri saya dan saya lebih merasa aman karena bukan tipe untuk ngebut. Sekarang tinggal tunggu harga resminya saja untuk menentukan pilihan apakah ambil Sienta atau tidak. Jika spek tertinggi masih dibawah 300 Juta sih boleh lah.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1083
- Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51
Re: 2016 Toyota Sienta - Pesaing Freed?
Ada bocoran spek nya (credit utk autonetmagz
)
Kayaknya tipe V paling worth ya


Kayaknya tipe V paling worth ya

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 333
- Joined: Thu Feb 19, 2015 9:36
Re: 2016 Toyota Sienta - Pesaing Freed?
andai G uda dobel blower om, sy pribadi bilang G paling worth it..Mamang555 wrote:Ada bocoran spek nya (credit utk autonetmagz)
Kayaknya tipe V paling worth ya
we need double blower..
we dont need keyless.. digital ac.. electric sliding dua duanya (cukup 1 aja)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1083
- Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51
Re: 2016 Toyota Sienta - Pesaing Freed?
^ iya makanya saya bilang yang paling worth tipe V..
Nanti nya paling tipe G dapet di versi FL...
Nanti nya paling tipe G dapet di versi FL...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: 2016 Toyota Sienta - Pesaing Freed?
Belum ada yang bikin gambar mobil hasil spyshot dibuang kamuflasenya ya. Kaya apa kira kira hasilnya.
Sent from my 2014817 using Tapatalk
Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 432
- Joined: Tue Aug 10, 2010 0:41
Re: RE: Re: 2016 Toyota Sienta - Pesaing Freed?
octafiantos wrote:Belum ada yang bikin gambar mobil hasil spyshot dibuang kamuflasenya ya. Kaya apa kira kira hasilnya.
Sent from my 2014817 using Tapatalk

Sent from my ASUS_T00F using Tapatalk
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: RE: Re: 2016 Toyota Sienta - Pesaing Freed?
Dobel
10
10
Last edited by octafiantos on Mon Mar 28, 2016 3:12, edited 1 time in total.
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: RE: Re: 2016 Toyota Sienta - Pesaing Freed?
Thx Om.daeng_if wrote:
Sent from my ASUS_T00F using Tapatalk
Biasa aja kelihatannya. Bagusan gambar Sienta baru. Jadi mejeng di IIMS bulan depan kan ya?

Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 916
- Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16
Re: 2016 Toyota Sienta - Pesaing Freed?
Liat di youtube, versi JDM kombinasi ultraseatnya lebih banyak Sienta dibanding Freed..
Btw memang Freed/Sienta menang di kepraktisannya sih..
Saya juga rencana mau jual Rush & Aerio saya yang udah tua, mau ganti Sienta..
Tapi nunggu momen batch awal lewat dulu deh.. ga mau jadi kelinci toyota

Btw memang Freed/Sienta menang di kepraktisannya sih..
Saya juga rencana mau jual Rush & Aerio saya yang udah tua, mau ganti Sienta..
Tapi nunggu momen batch awal lewat dulu deh.. ga mau jadi kelinci toyota

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 916
- Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16
Re: 2016 Toyota Sienta - Pesaing Freed?
Semua tipe kayanya lebih worthed dibanding freed.Mamang555 wrote:Ada bocoran spek nya (credit utk autonetmagz)
Kayaknya tipe V paling worth ya
Freed PSD aja lampunya masih bohlam, halogen pula

Apalagi Freed alpha, super kopong

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 916
- Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16
Re: 2016 Toyota Sienta - Pesaing Freed?
Btw ini MPV monokok-FWD pertama toyota di Indonesia ya?kunaskun wrote:yep buat ane si rada aneh emang MPV pengisi celah avanza dan innova malah non ladder frame, uda gitu FWD dengan sliding door pula, entahlah mungkin toyota mau coba gambling lagi setelah gagal dengan nav1 dan etios? volume ga gede gpp yg penting market leader, kalau perlu market leader di kelas sendiri yg bikinan sendiri biar jadi car of the yearSarangzilboy wrote:Setuju bgt om, naga2nya kalo sienta jdi masuk ke segment antara innova dan veloz y purely karena saat ini gak ada product lain toyota yg cukup layak masuk sana (red jdi market leader di kelas nya pasti). Rush udah out dated bgt, tp bbrp tahun kedepan mungkin akan jdi waktu buat rnd nya toyota buat ngembangin all new rush dengan mesin baru sienta ini. Nanti saat all new rush siap toyota perlahan akan lepasin sienta juga. Tp itu analisis ngaco sy aja sih. Alesannya krn yg tren nya naik suv bukan mpv, nah ini kenapa toyota yg sk volume maker jdi ngelawan tren?kunaskun wrote:sienta kalau main di harga segitu si bakalan jadi raja baru, setidaknya buat sementara karena kan baru, nah ujiannya nanti setelah 2-3 tahun, kaya etios atau nav1... mati segen hidup pun enggan... apalagi kalau minim fitur. harga 300 kurleb kan isinya crossover atau rush sodara tirinya, siapa yang mau mobil Mini MPV kaya gitu selain konsumen perkotaan.

Pernah ada ga sih sejarah MPV toyota monokok-FWD di Indonesia?

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 656
- Joined: Wed May 06, 2015 6:32
Re: RE: Re: 2016 Toyota Sienta - Pesaing Freed?
Monokok fwd? Alphard dan Nav1 omBulgogi wrote:Btw ini MPV monokok-FWD pertama toyota di Indonesia ya?kunaskun wrote:yep buat ane si rada aneh emang MPV pengisi celah avanza dan innova malah non ladder frame, uda gitu FWD dengan sliding door pula, entahlah mungkin toyota mau coba gambling lagi setelah gagal dengan nav1 dan etios? volume ga gede gpp yg penting market leader, kalau perlu market leader di kelas sendiri yg bikinan sendiri biar jadi car of the yearSarangzilboy wrote:
Setuju bgt om, naga2nya kalo sienta jdi masuk ke segment antara innova dan veloz y purely karena saat ini gak ada product lain toyota yg cukup layak masuk sana (red jdi market leader di kelas nya pasti). Rush udah out dated bgt, tp bbrp tahun kedepan mungkin akan jdi waktu buat rnd nya toyota buat ngembangin all new rush dengan mesin baru sienta ini. Nanti saat all new rush siap toyota perlahan akan lepasin sienta juga. Tp itu analisis ngaco sy aja sih. Alesannya krn yg tren nya naik suv bukan mpv, nah ini kenapa toyota yg sk volume maker jdi ngelawan tren?![]()
Pernah ada ga sih sejarah MPV toyota monokok-FWD di Indonesia?
Sent from my ASUS_Z00AD using Tapatalk
daily user of a japanese..
nikmatilah selagi masih bisa dinikmati
nikmatilah selagi masih bisa dinikmati
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1083
- Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51
Re: 2016 Toyota Sienta - Pesaing Freed?
^ Maksudnya mpv monokok fwd produksi TAM
Selama ini kan bikinnya Xenia/Avanza - Inova
Baru kali ini bikin konfigurasi mpv monokok fwd... cvt pulak
Selama ini kan bikinnya Xenia/Avanza - Inova
Baru kali ini bikin konfigurasi mpv monokok fwd... cvt pulak
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1624
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: 2016 Toyota Sienta - Pesaing Freed?
Sebenarnya kuarang setuju sih kalau bikin prediksi sienta bakal gagal spt etios / nav1
Etios gagal karena gak ada matic model juga agak uzur ( di boly sana udah dari 2010an )
NAV 1 parah banget model noah dari zaman jebot 2007 , bentuk gak keliatan mahal lagi belum kompetitornya punya karakter kuat ( biante yg sporty & serena yg elegan dan terkesan elit )
Freed kurang sukses karena nggak ada manual ... Padahal ini mobil masih masuk menengah sedikit mengarah ke bawah lihat aja segmen 200-250 di beberapa type pemilihan MT bahkan mungkin lebih dari 50% suka manual seperti di terirush/jazz/yaris , termasuk saya yg krg minat freed krn gak ada manual
Etios gagal karena gak ada matic model juga agak uzur ( di boly sana udah dari 2010an )
NAV 1 parah banget model noah dari zaman jebot 2007 , bentuk gak keliatan mahal lagi belum kompetitornya punya karakter kuat ( biante yg sporty & serena yg elegan dan terkesan elit )
Freed kurang sukses karena nggak ada manual ... Padahal ini mobil masih masuk menengah sedikit mengarah ke bawah lihat aja segmen 200-250 di beberapa type pemilihan MT bahkan mungkin lebih dari 50% suka manual seperti di terirush/jazz/yaris , termasuk saya yg krg minat freed krn gak ada manual
Last edited by dsign1990 on Mon Mar 28, 2016 4:57, edited 1 time in total.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1624
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: 2016 Toyota Sienta - Pesaing Freed?
Sebenarnya kuarang setuju sih kalau bikin prediksi sienta bakal gagal spt etios / nav1
Etios gagal karena gak ada matic model juga agak uzur ( di boly sana udah dari 2010an )
NAV 1 parah banget model noah dari zaman jebot 2007 , bentuk gak keliatan mahal lagi belum kompetitornya punya karakter kuat ( biante yg sporty & serena yg elegan dan terkesan elit )
Freed kurang sukses karena nggak ada manual... Padahal ini mobil masih masuk menengah sedikit mengarah ke bawah lihat aja segmen 200-250 di beberapa type pemilihan MT bahkan mungkin lebih dari 50% suka manual seperti di terirush/jazz/yaris , termasuk saya yg krg minat freed krn gak ada manual
Etios gagal karena gak ada matic model juga agak uzur ( di boly sana udah dari 2010an )
NAV 1 parah banget model noah dari zaman jebot 2007 , bentuk gak keliatan mahal lagi belum kompetitornya punya karakter kuat ( biante yg sporty & serena yg elegan dan terkesan elit )
Freed kurang sukses karena nggak ada manual... Padahal ini mobil masih masuk menengah sedikit mengarah ke bawah lihat aja segmen 200-250 di beberapa type pemilihan MT bahkan mungkin lebih dari 50% suka manual seperti di terirush/jazz/yaris , termasuk saya yg krg minat freed krn gak ada manual
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: 2016 Toyota Sienta - Pesaing Freed?
kayanya ga ada ya?Bulgogi wrote: Btw ini MPV monokok-FWD pertama toyota di Indonesia ya?![]()
Pernah ada ga sih sejarah MPV toyota monokok-FWD di Indonesia?
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
dari bocoran fitur si tebakan ane starting di 270 sampe 350 juta atau bahkan 370 untuk varian trd ultimo maximo sportivu vrz edition? karena lebih banyak fiturnya daripada ANKI G

ya karena toyota indo kan always play safe. masuk market itu either bikin market sendiri biar jadi market leader atau kalau udah existing ya baru mau masuk dengan amunisi merek toyota dengan fitur2 yang toyota banget.dsign1990 wrote:Sebenarnya kuarang setuju sih kalau bikin prediksi sienta bakal gagal spt etios / nav1
Etios gagal karena gak ada matic model juga agak uzur ( di boly sana udah dari 2010an )
NAV 1 parah banget model noah dari zaman jebot 2007 , bentuk gak keliatan mahal lagi belum kompetitornya punya karakter kuat ( biante yg sporty & serena yg elegan dan terkesan elit )
Freed kurang sukses karena nggak ada manual... Padahal ini mobil masih masuk menengah sedikit mengarah ke bawah lihat aja segmen 200-250 di beberapa type pemilihan MT bahkan mungkin lebih dari 50% suka manual seperti di terirush/jazz/yaris , termasuk saya yg krg minat freed krn gak ada manual
soal MT justru menurut saya wajar, medium MPV boxy itu hanya diminati user kota besar, di daerah ya mikir2 karena FWD, monokok takut gesrot takut ga bisa nanjak, modelnya kotak kaya pickup, sedangkan pabrik kan ga cuma jualan di kota besar terutama untuk ukuran toyota indo. honda dengan freed menurut saya sukses, tapi itu dulu pas pertama launching sampe 3-4 tahun kemudian masih laku bahkan penjualannya kan bisa dibilang 30-40% dari innova per bulan alias relatif laku, tapi karena belakangan dilibas sama sodara sendiri ya ga jalan, udah gitu emang honda emang sudah ga niat jualan itu freed, jadi dibiarin aja biar mati pelan2. bahkan minor facelift aja cuma press release ga ada launching dll.
etios gagal ya karena emang proyek setengah niat toyota juga, jaga2 andaikata waktu itu proyek LCGC gagal, makanya setting dengan fitur paling minim hanya ada MT tapi tetep jualan merek toyota jadi harga ga murah. makanya sekarang didiemin aja, ga jalan. padahal kalau dikasih fitur agak komplit sedikit, ga trondol2 amat dan ada AT saya rasa masih bisa laku karena pake merek toyota. jadi ga jalan karena faktor toyota sendiri.
nah Nav1 si emang proyek gagal total, proyek jatah sugity

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 656
- Joined: Wed May 06, 2015 6:32
Re: 2016 Toyota Sienta - Pesaing Freed?
Dari sms yang beredar sih, 1.5Q CVT (top end) itu 290 jutaan, sedikit lebih mahal dari anki 2.0G MT. 1.5E MT start dari 230 jutakunaskun wrote: kayanya ga ada ya? :big_smile:
dari bocoran fitur si tebakan ane starting di 270 sampe 350 juta atau bahkan 370 untuk varian trd ultimo maximo sportivu vrz edition? karena lebih banyak fiturnya daripada ANKI G![]()
Kalo saya liat dari videonya motomobi, itu pelipatan jok baris 3 praktis sekali, bisa dilipat rata lantai, poin yang tidak dimiliki freed, dan torsi mesinnya sedikit lebih gede dari freed
daily user of a japanese..
nikmatilah selagi masih bisa dinikmati
nikmatilah selagi masih bisa dinikmati
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: 2016 Toyota Sienta - Pesaing Freed?
siapa bilang freed kagak suksess jualan org setaon bisa jualan 19rb unit dulu cuma honda salah forecast aja jadinya unit betebaran dimana2x demand sama supply kebanyakan supply hasilnya diskonnya gila2xan buat buang barangdsign1990 wrote:Sebenarnya kuarang setuju sih kalau bikin prediksi sienta bakal gagal spt etios / nav1
Etios gagal karena gak ada matic model juga agak uzur ( di boly sana udah dari 2010an )
NAV 1 parah banget model noah dari zaman jebot 2007 , bentuk gak keliatan mahal lagi belum kompetitornya punya karakter kuat ( biante yg sporty & serena yg elegan dan terkesan elit )
Freed kurang sukses karena nggak ada manual... Padahal ini mobil masih masuk menengah sedikit mengarah ke bawah lihat aja segmen 200-250 di beberapa type pemilihan MT bahkan mungkin lebih dari 50% suka manual seperti di terirush/jazz/yaris , termasuk saya yg krg minat freed krn gak ada manual
kenapa bisa suksess??? karena dulu gak ada MPV 7 seater honda jd konsumen fanatik honda yg mau 7 seater ngambil freed, tapi tetep aja freed itu dari dulu dari segi marketing value unitnya sebenernya kurang menjual kelemahan paling fatal ada di keungulannya pintu sliding freed itu bikin mobil jadi berat dan sempit konstruksinya, dan jg bikin mobil keliat overpriced harganya kebukti dari kalahnya penjualan freed dari sodaranya yg cuma 5 seater alias jazz dan dibantai lagi sama sodaranya yg 5 seater jg yg harganya ud masuk 300jtan alias CRV
karena marketing value yg kurang menjual begitu honda keluarin mobilio konsumen pada lari semua ke mobilio legroom lebih lega + harga murah ditambah lagi teknologi baru bikin freed jadi babak belur, tambah lagi keluar HRV sama BRV.......

compare sama kondisi sekarang buat si sienta loe liat aja deeeh gw cuma prediksi aja bakalan babak belur.....

jaman gw beli freed aja kalo ada mobilio mungkin gw ambil mobilio kali

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 656
- Joined: Wed May 06, 2015 6:32
Re: 2016 Toyota Sienta - Pesaing Freed?
Ini masih kemungkinan ya. Karena rilisnya minggu depan di IIMS.b0ku wrote:siapa bilang freed kagak suksess jualan org setaon bisa jualan 19rb unit dulu cuma honda salah forecast aja jadinya unit betebaran dimana2x demand sama supply kebanyakan supply hasilnya diskonnya gila2xan buat buang barangdsign1990 wrote:Sebenarnya kuarang setuju sih kalau bikin prediksi sienta bakal gagal spt etios / nav1
Etios gagal karena gak ada matic model juga agak uzur ( di boly sana udah dari 2010an )
NAV 1 parah banget model noah dari zaman jebot 2007 , bentuk gak keliatan mahal lagi belum kompetitornya punya karakter kuat ( biante yg sporty & serena yg elegan dan terkesan elit )
Freed kurang sukses karena nggak ada manual... Padahal ini mobil masih masuk menengah sedikit mengarah ke bawah lihat aja segmen 200-250 di beberapa type pemilihan MT bahkan mungkin lebih dari 50% suka manual seperti di terirush/jazz/yaris , termasuk saya yg krg minat freed krn gak ada manual
kenapa bisa suksess??? karena dulu gak ada MPV 7 seater honda jd konsumen fanatik honda yg mau 7 seater ngambil freed, tapi tetep aja freed itu dari dulu dari segi marketing value unitnya sebenernya kurang menjual kelemahan paling fatal ada di keungulannya pintu sliding freed itu bikin mobil jadi berat dan sempit konstruksinya, dan jg bikin mobil keliat overpriced harganya kebukti dari kalahnya penjualan freed dari sodaranya yg cuma 5 seater alias jazz dan dibantai lagi sama sodaranya yg 5 seater jg yg harganya ud masuk 300jtan alias CRV
karena marketing value yg kurang menjual begitu honda keluarin mobilio konsumen pada lari semua ke mobilio legroom lebih lega + harga murah ditambah lagi teknologi baru bikin freed jadi babak belur, tambah lagi keluar HRV sama BRV.......![]()
compare sama kondisi sekarang buat si sienta loe liat aja deeeh gw cuma prediksi aja bakalan babak belur.....
jaman gw beli freed aja kalo ada mobilio mungkin gw ambil mobilio kali
IMHO, sienta ada kemungkinan bisa laku krn ada faktor penentu sbb :
1. Transmisi manual 6 speed
2. Kepraktisan (jok row 3 bisa lipat rata lantai)
3. Akomodasi (lebih lega dari freed)
4. Fitur lumayan lengkap
5. Harga cukup kompetitif
Di jepang sendiri sienta lebih laku dari freed.
daily user of a japanese..
nikmatilah selagi masih bisa dinikmati
nikmatilah selagi masih bisa dinikmati
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: 2016 Toyota Sienta - Pesaing Freed?
wow murah nih, akhirnya ada mobil yang "bener" juga dari toyotanflfrs705 wrote:Dari sms yang beredar sih, 1.5Q CVT (top end) itu 290 jutaan, sedikit lebih mahal dari anki 2.0G MT. 1.5E MT start dari 230 jutakunaskun wrote: kayanya ga ada ya? :big_smile:
dari bocoran fitur si tebakan ane starting di 270 sampe 350 juta atau bahkan 370 untuk varian trd ultimo maximo sportivu vrz edition? karena lebih banyak fiturnya daripada ANKI G![]()
Kalo saya liat dari videonya motomobi, itu pelipatan jok baris 3 praktis sekali, bisa dilipat rata lantai, poin yang tidak dimiliki freed, dan torsi mesinnya sedikit lebih gede dari freed

