Avanza Xenia major change

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

strada
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Mon Apr 13, 2015 1:23

Re: Avanza Xenia major change

Post by strada »

Kayaknya TAM emang mau bikin mengabadikan model innova facelift yg sekarang ini, secara sebentar lagi akan ada innova baru.
dari depan sih berhasil jadi kayak "mini innova". not bad lah. tapi kalo liat belakangnya, gagal total. ancur banget kayak asal-asalan tinggal panjangin lampu doang+tambahin chrome ditengah-tengah. mendingan yang lama dah...
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Avanza Xenia major change

Post by kunaskun »

ada immobilizer justru akan upgrade skill maling, artinya immobilizer bukan safe haven lagi di indo, karena otomatis maling upgrade skill buat jebol immobilizer :big_bored: artinya tinggal asuransi dan doa kenceng yang bisa nolong :mky_01:

soal ABS, rem depan aja solid rotor gitu, kalah sama wagon R, percuma dikasih ABS juga :mky_01:
gilaasepeda
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Wed Aug 13, 2014 16:18

Re: Avanza Xenia major change

Post by gilaasepeda »

btw katanya bakal pake DUAL VVT AIII yg baru? nanya2 mr googlis koq nda nemu, ada yg tau kode mesin baru nya? :mky_04:
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 707
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Re: Avanza Xenia major change

Post by ZEXELGRIFONE »

Itu dual VVTi di mesin yg mana ya? 1.3 atau 1.5?

Kalo mesin Avanza 1.5 pake dual VVTi, kasihan juga yg baru beli terios/rush baru..
Oia, yaris dan vios baru juga sama juga kan mesinnya kayak terios?
Kena juga mereka.. :D
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Avanza Xenia major change

Post by amfibi »

ZEXELGRIFONE wrote:Itu dual VVTi di mesin yg mana ya? 1.3 atau 1.5?

Kalo mesin Avanza 1.5 pake dual VVTi, kasihan juga yg baru beli terios/rush baru..
Oia, yaris dan vios baru juga sama juga kan mesinnya kayak terios?
Kena juga mereka.. :D
beza om, kalo yaris vios pake 1nz buatan toyota, rush terios pake 3sz buatan daihatsu... :mky_01:
gilaasepeda
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Wed Aug 13, 2014 16:18

Re: Avanza Xenia major change

Post by gilaasepeda »

ZEXELGRIFONE wrote:Itu dual VVTi di mesin yg mana ya? 1.3 atau 1.5?

Kalo mesin Avanza 1.5 pake dual VVTi, kasihan juga yg baru beli terios/rush baru..
Oia, yaris dan vios baru juga sama juga kan mesinnya kayak terios?
Kena juga mereka.. :D
http://otomotif.kompas.com/read/2015/06 ... n.Daihatsu

kata om kompas begitu ..... binun jg makanya sedangkan rusuh and teri jg blm ......
User avatar
andryans
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Sun Jul 24, 2005 13:24
Location: Jakarta

Re: Avanza Xenia major change

Post by andryans »

ZEXELGRIFONE wrote:Itu dual VVTi di mesin yg mana ya? 1.3 atau 1.5?

Kalo mesin Avanza 1.5 pake dual VVTi, kasihan juga yg baru beli terios/rush baru..
Oia, yaris dan vios baru juga sama juga kan mesinnya kayak terios?
Kena juga mereka.. :D
Bener juga nih bro....
Kaya nya ga mungkin ya pake dual vvti kaya altis keatas... Secara kasta rush/terios di atas apanjah/senia.
Setahu gw terios sama rush meainnya kaya veloz/apanja s, soalnya masih ada kabel gas bukan sensor... Cmiiw

Gw termasuk salah satu penggemar apanjah/senia udah 2x keturunan pakai... Cm misal ganti mobil condong ke merek sebelah krn mesinnya ga inopatip... Maticnya blom cvt rada kasar perpindahan gigi awal kudu maen alus biar smooth
A/T vehicle.....
gilaasepeda
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Wed Aug 13, 2014 16:18

Re: Avanza Xenia major change

Post by gilaasepeda »

super kijang sport jg belum dual vvt ai jg sich .........
nflfrs705
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Wed May 06, 2015 6:32

Re: Avanza Xenia major change

Post by nflfrs705 »

lemonadelovers wrote:ini faceliftnya ngikutin model innova ya, ganti lampu depan belakang, grill, kap mesin, body fender depan dan pintu bagasi.. jd bsa upgrade bodypart

ya syukur deh ada immobilizer.. jd maling2 makin susah curi mobil
Immobilizer masih kurang sih menurut sy, tp kalo avanza, syukur deh :mrgreen:
Jaman sekarang maling mobil udah pada pinter om, liat aja kemarin2 di TV ada berita spesialis maling mobil mewah yg dibekuk polisi, barang sitaan berupa Audi A4, BMW X-series, Toyota Prius, Mercy E-Class bahkan RR Evoque. Tandanya itu immobilizer saja tidak cukup. Di malaysia dan UK, maling mobil bisa mematikan sistem immobilizer dan keyless entry lewat remote control hanya dalam waktu kurang dari 10 menit.
Jadi waspada bagi para pemilik mobil terutama avanza, selalu kunci ganda saat parkir :frm_tumbleft:
daily user of a japanese..
nikmatilah selagi masih bisa dinikmati
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 707
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Re: Avanza Xenia major change

Post by ZEXELGRIFONE »

amfibi wrote: beza om, kalo yaris vios pake 1nz buatan toyota, rush terios pake 3sz buatan daihatsu... :mky_01:
Hehehe.. makasih koreksinya om..
ternyata beda ya..

Tapi, klo memang avanza-xenia jadi pake dual vvti dengan kapasitas mesin yg sama (1.3 dan 1.5) tetep kena juga vios/yaris/rush/terios jadi kurang... gimana gituu.. :big_think:
gilaasepeda wrote: http://otomotif.kompas.com/read/2015/06 ... n.Daihatsu

kata om kompas begitu ..... binun jg makanya sedangkan rusuh and teri jg blm ......
Dan rush/terios baru facelift kemaren..
andryans wrote: Bener juga nih bro....
Kaya nya ga mungkin ya pake dual vvti kaya altis keatas... Secara kasta rush/terios di atas apanjah/senia.
Setahu gw terios sama rush meainnya kaya veloz/apanja s, soalnya masih ada kabel gas bukan sensor... Cmiiw

Gw termasuk salah satu penggemar apanjah/senia udah 2x keturunan pakai... Cm misal ganti mobil condong ke merek sebelah krn mesinnya ga inopatip... Maticnya blom cvt rada kasar perpindahan gigi awal kudu maen alus biar smooth
Nah itu dia maksud saya.. :D
Kecuali klo rush/terios dikasi update mesin yg pake dual vvti juga.. Dan rasanya kecil peluangnya, mengingat mereka facelift belum lama..

Jadi menurut saya, avanza-xenia pake mesin dual vvti? kecil kemungkinannya untuk skrg, tapi bisa saja terjadi. :D
Afdolnya sih tunggu saja besok pas keluar, lihat apa yg terjadi.. :big_peace:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Avanza Xenia major change

Post by kunaskun »

bused dual vvti.. keselek ga tuh dikasi oli mesran 20w50 :mky_02:

kasihan juga yaris cs kalau dikasih dual vvti.. kalah canggih semua :mky_07:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Avanza Xenia major change

Post by amfibi »

Kalo ga salah baca, pernah kapan hari liat kalo dual vvti tuh sebenernya sama kyk i-vtec aja systemnya... bener ga sih ? :ungg:
gilaasepeda
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Wed Aug 13, 2014 16:18

Re: Avanza Xenia major change

Post by gilaasepeda »

amfibi wrote:Kalo ga salah baca, pernah kapan hari liat kalo dual vvti tuh sebenernya sama kyk i-vtec aja systemnya... bener ga sih ? :ungg:
ia sama jg pernah baca katanya mesin nda perlu di rubah cmn head selinder nya or something bag pengapian yg di rubah jd nda perlu design mesin baru gitu ...... tapi kayanya papanza penjualan udh no 1 dari jaman jebot 2004, nanti di upgrade cuan nya makin tipis lagi kan repot .................
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 707
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Re: Avanza Xenia major change

Post by ZEXELGRIFONE »

Liat disini:

http://www.autobild.co.id/read/2015/06/ ... uki-Ertiga
Perkiraan Auto Bild, Toyota Avanza 2015 facelift terbaru akan ‘meminjam’ mesin milik Toyota Vios khusus pasar domestik Cina. Seperti diketahui, selama ini Toyota Avanza memiliki 2 pilihan mesin, yakni 1.300 cc dan 1.500 cc. Nah, Toyota Avanza terbaru akan memakai mesin berkode 4NR-FE dan 5NR-FE.

Memang, basisnya gerak roda depan. Namun kalau kita lihat bahwa Daihatsu Xenia gerak roda belakang dan Daihatsu Sirion gerak roda depan bisa menggunakan mesin sama, mestinya Toyota Avanza tidak akan kesulitan.

Unit 4NR-FE memiliki volume 1.329 cc 4 silinder Dual VVT-i bertenaga 99 dk dan torsi 123 Nm. Sedangkan unit 5NR-FE berkapasitas 1.496 cc 4 silinder Dual VVT-i bertenaga 107 dk dan torsi 140 Nm.
Beneran ga tuh?
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Avanza Xenia major change

Post by kunaskun »

amfibi wrote:Kalo ga salah baca, pernah kapan hari liat kalo dual vvti tuh sebenernya sama kyk i-vtec aja systemnya... bener ga sih ? :ungg:
ga tau d sama apa ngga maklum bukan ahond lover, tapi intinya dual vvti itu cuma extra satu mekanisme buat ubah timing valve di intake aja. ngubahnya si gampang, tinggal ganti blok atas doang nambahin komponen yang sama dengan vvti biasa.
nflfrs705
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Wed May 06, 2015 6:32

Re: Avanza Xenia major change

Post by nflfrs705 »

ZEXELGRIFONE wrote:Liat disini:

http://www.autobild.co.id/read/2015/06/ ... uki-Ertiga
Perkiraan Auto Bild, Toyota Avanza 2015 facelift terbaru akan ‘meminjam’ mesin milik Toyota Vios khusus pasar domestik Cina. Seperti diketahui, selama ini Toyota Avanza memiliki 2 pilihan mesin, yakni 1.300 cc dan 1.500 cc. Nah, Toyota Avanza terbaru akan memakai mesin berkode 4NR-FE dan 5NR-FE.

Memang, basisnya gerak roda depan. Namun kalau kita lihat bahwa Daihatsu Xenia gerak roda belakang dan Daihatsu Sirion gerak roda depan bisa menggunakan mesin sama, mestinya Toyota Avanza tidak akan kesulitan.

Unit 4NR-FE memiliki volume 1.329 cc 4 silinder Dual VVT-i bertenaga 99 dk dan torsi 123 Nm. Sedangkan unit 5NR-FE berkapasitas 1.496 cc 4 silinder Dual VVT-i bertenaga 107 dk dan torsi 140 Nm.
Beneran ga tuh?
Mungkin aja bisa, krn kebanyakan mesin toyota itu penempatannya lumayan fleksibel. Ambil contoh 8AR-FTS 2.0L turbo, di Lexus NX200t konfigurasinya bisa FWD, sedangkan di Lexus IS200t yg pake mesin tsb, konfigurasinya RWD.
daily user of a japanese..
nikmatilah selagi masih bisa dinikmati
rojop
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Sat Nov 10, 2007 14:22

Re: Avanza Xenia major change

Post by rojop »

kmaren abis dr auto 2000 servis mobil.. SA bilang new avanza bakal segera muncul, berturut2 di tahun ini, avanza innova n fortuner, semua all new..saya tanya mesinnya ganti ga mas?, SA jawab sambil ketawa : kapan sih mesin toyota pernah ganti mas :big_weee:

trus dia bilang di 2016 bakal meluncur produk baru, posisi di antara avanza dan innova..diluncurkan krna innova makin ga kjangkau n avanza udah mulai ga laku, karna trend yg berubah..dlu orang mikirnya aftersales katanya, skrang orang bodo amat, yang penting model keren n baru, klo rusak ya jual n ganti lagi,, :big_deal:
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Avanza Xenia major change

Post by walid_007 »

imo

sebenernya kerangka dan konsep design depan nya sudah termasuk baik, mungkin bagasa baru nya "kekinian"

perhatikan aja mobil2 baru jepangan sekarang kan grill dan lampu heAd lamp menyatu dan memberikan aksen chrome yg juga menembus lampu

kedua, bemper yang memberikan sudut tajam, ini juga sudah benar menurut bahasa design toyota terbaru yaitu keen look

wajah mobil ngak dibikin seperti orang idiot yang tersenyum ( medio 2005 an ) namun seperti orang yg memiliki tatapan tajam dan berkarakter.

sayang point yang cukup suram malah di headlamp nya. yang ahirnya kelihatan terlalu sipit dan kayak orang mengantuk krn ekspresi dari head lamp nya datar, cobak dibikin lebih tajam di bagian luar nya mungkin lebih oke

terahir adalah proporsional nya, jika semua ukuran bisa seirama, dan pas / enak dipandang nya, mau senyeleneh apapun konsep nya masih tetep enak dipandang

sedangkan mau sebagus apapun konsep nya tapi gak proporsional ya jadinya jelek..
proporsional juga harus memperhatikan dimensi mobil, apalagi mobil yang kecil begini yang bikin designer ga isa leluasa , krn banyak pantangan yg ahirnya bikin mobil kelihatan cungkring/ cebol
engine roaring!
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Avanza Xenia major change

Post by walid_007 »

dan 1 lagi sebener nya

saya lebih suka bawa innova V taun jebot , daripada innova G terbaru 2014

krn interior nya lebih nyaman, ada panel kayu nya, ac digital nya, speedo optitron nya

itulah yg sebenernya saya harapkan dari konsep pembeli mobil, jgn suka dengan exterior yg keren lah, tampang fresh, terbaru, kekinian...tp cobak lah cari/ suka i mobil yg interior nya baik

krn kita habiskan waktu di interior bukan melotot in garasi.. wkwkwk
engine roaring!
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16668
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Avanza Xenia major change

Post by ChZ »

kunaskun wrote:
amfibi wrote:Kalo ga salah baca, pernah kapan hari liat kalo dual vvti tuh sebenernya sama kyk i-vtec aja systemnya... bener ga sih ? :ungg:
ga tau d sama apa ngga maklum bukan ahond lover, tapi intinya dual vvti itu cuma extra satu mekanisme buat ubah timing valve di intake aja. ngubahnya si gampang, tinggal ganti blok atas doang nambahin komponen yang sama dengan vvti biasa.
Basically dual VVT-i, kenapa namanya dual? Karena VTC Actuator / VVT-i controllernya ada dua biji.

Kalo single VVT-i di intake saja, dual VVT-i ngontrol di intake dan exhaust. Jadi dikasih mekanisme valve timing controller di exhaust juga. Biar lebih gampang pakai gambar...

Image
Single VVT-i


Dual VVT-i (gak nemuu gambarnya, jadi pakai video aja... biar lebih gampang dipahami)

Kalo diperhatikan di videonya, di awal-awal diliatin itu ada dua VVT-i controller kan?

Yang terbaru itu Dual VVT-i dan Valvematic kayak di RAV4 terbaru dan NAV-1, selain ngatur durasi katup juga ngatur seberapa besar itu katup mau dibuka dengan sebuah valve lift mechanism. Mirip VTEC prinsipnya, beda sistem kerja.

Image

i-VTEC sendiri adalah VTEC + VTC (VVT-i). Kalau di SOHC i-VTEC seperti Jazz, Brio, Mobilnyongnyong, Haerpi, dan Sipik 1.8, CR-V 2.0 ya cuma pakai satu controller saja wong camshaft nya cuma satu.

Kalau DOHC i-VTEC pakai di intake saja buat miserable mortals seperti CR-V 2.4, Accord 2.4, Odyssey... Di Civic Type-R K20A pakai dua di intake dan exhaust.

Image

Image

Lebih advance yang mana? Since DOHC i-VTEC versi "rakyat" cuma di intake saja, Dual VVT-i bisa dibilang lebih advance. Tapi harus diingat meskipun bisa ngatur in dan ex, Dual VVT-i nggak punya low profile dan high profile cam seperti VTEC. Mungkin soal karakter powerband Dual VVT-i akan lebih merata (which is good for city usage and better mileage), tapi secara performance mungkin i-VTEC DOHC masih lebih baik.

Cuma untuk i-VTEC EarthDreams ntah apanya yang diubah, powerbandnya lebih merata dibanding K24 i-VTEC sebelumnya yang selalu cenderung peaky.

Semoga ilmu cetek saya membantu...

CMIIW.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Avanza Xenia major change

Post by kunaskun »

^^^
pointnya jadi fungsi mirip tapi beda penerapan ya :D

kalau balik ke topik 99% ane yakin ga mungkin ganti mesin, malah daripada ganti mesin ane prefer perbaiki tuh geometri suspensi dan chassis reinforced :mky_01:
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Avanza Xenia major change

Post by nugroho bagor »

kunaskun wrote:^^^
pointnya jadi fungsi mirip tapi beda penerapan ya :D

kalau balik ke topik 99% ane yakin ga mungkin ganti mesin, malah daripada ganti mesin ane prefer perbaiki tuh geometri suspensi dan chassis reinforced :mky_01:
:ungg: gitu ya pak,OK nanti kita perbaiki :big_weee: .................. :ngacir:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Avanza Xenia major change

Post by amfibi »

nugroho bagor wrote:
kunaskun wrote:^^^
pointnya jadi fungsi mirip tapi beda penerapan ya :D

kalau balik ke topik 99% ane yakin ga mungkin ganti mesin, malah daripada ganti mesin ane prefer perbaiki tuh geometri suspensi dan chassis reinforced :mky_01:
:ungg: gitu ya pak,OK nanti kita perbaiki :big_weee: .................. :ngacir:
Halah... :ngacir:
jwid
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Fri Apr 03, 2015 3:56

Re: Avanza Xenia major change

Post by jwid »

rojop wrote:kmaren abis dr auto 2000 servis mobil.. SA bilang new avanza bakal segera muncul, berturut2 di tahun ini, avanza innova n fortuner, semua all new..saya tanya mesinnya ganti ga mas?, SA jawab sambil ketawa : kapan sih mesin toyota pernah ganti mas :big_weee:

trus dia bilang di 2016 bakal meluncur produk baru, posisi di antara avanza dan innova..diluncurkan krna innova makin ga kjangkau n avanza udah mulai ga laku, karna trend yg berubah..dlu orang mikirnya aftersales katanya, skrang orang bodo amat, yang penting model keren n baru, klo rusak ya jual n ganti lagi,, :big_deal:
Kalo benar seperti sa itu bilang ada produk ditengah2 avanza dan inova berarti benar adanya bahwa mobil kijang jaman dulu adalah mobil rakyat dan mobil kijang jaman sekarang adalah mobil yang diidamkan rakyat ( mau memiliki ga kejangkau lagi).

Ootnya, ini negara sangat sering menyombongkan diri bahwa sangat berdaulat dan dipandang hebat oleh bangsa lain. Rakyatnya tiap hari ditiupin isu patriotik langsung beringas. Sementara rupiahnya makin .... Ckckck kijang aja ga kejangkau hehehe
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Avanza Xenia major change

Post by amfibi »

jwid wrote:
rojop wrote:kmaren abis dr auto 2000 servis mobil.. SA bilang new avanza bakal segera muncul, berturut2 di tahun ini, avanza innova n fortuner, semua all new..saya tanya mesinnya ganti ga mas?, SA jawab sambil ketawa : kapan sih mesin toyota pernah ganti mas :big_weee:

trus dia bilang di 2016 bakal meluncur produk baru, posisi di antara avanza dan innova..diluncurkan krna innova makin ga kjangkau n avanza udah mulai ga laku, karna trend yg berubah..dlu orang mikirnya aftersales katanya, skrang orang bodo amat, yang penting model keren n baru, klo rusak ya jual n ganti lagi,, :big_deal:
Kalo benar seperti sa itu bilang ada produk ditengah2 avanza dan inova berarti benar adanya bahwa mobil kijang jaman dulu adalah mobil rakyat dan mobil kijang jaman sekarang adalah mobil yang diidamkan rakyat ( mau memiliki ga kejangkau lagi).

Ootnya, ini negara sangat sering menyombongkan diri bahwa sangat berdaulat dan dipandang hebat oleh bangsa lain. Rakyatnya tiap hari ditiupin isu patriotik langsung beringas. Sementara rupiahnya makin .... Ckckck kijang aja ga kejangkau hehehe
Hahaha jleb banget yg dibold om... :big_biglaugh: