Indonesia dan Malaysia mau bekerja sama membuat mobil?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Indonesia dan Malaysia mau bekerja sama membuat mobil?
Kerjasama dengan Malaysia bikin mobil???
DAGELAN !!
DAGELAN !!
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Indonesia dan Malaysia mau bekerja sama membuat mobil?
Nangis deh bagian penjualan fleet nya astra toyota kalo semua mobil instansi2 wajib diganti ama protong ini... 

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 176
- Joined: Tue Aug 28, 2012 12:21
Re: Indonesia dan Malaysia mau bekerja sama membuat mobil?
Saya setuju dengan Dahlan Iskan, masa depan mobil itu ya mobil listrik. Tesla udah membuktikan (walau oleh pemilik masih diposisikan sbg second car). Chevy Bolt menyusul dengan harga lebih terjangkau. DI telah melahirkan beberapa prototipe mobil listrik. Ini tinggal direfine dan dikembangkan (terkait kemungkinan menabrak paten, baterai yg lebih efisien, dll). Eh... malah ke Malesiot....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
- Daily Vehicle: laptop_dan_hape
Re: Indonesia dan Malaysia mau bekerja sama membuat mobil?
kerjasama sama malesyo
brand below mediocre
tetep gasoline
udah ga nganggep project2 perintis kyk punyanya ITS sama om Ricky Elson
bahkan udah lupa sama project rakitan siswa2 SMK 'esemka' yg dulu dibikin iconic n heboh
person in charge mantan bos intel. apa hubungan dan bekgron dia coba sama dunaye otomotif dan otomodus?
negara bancakan ..
brand below mediocre
tetep gasoline
udah ga nganggep project2 perintis kyk punyanya ITS sama om Ricky Elson
bahkan udah lupa sama project rakitan siswa2 SMK 'esemka' yg dulu dibikin iconic n heboh
person in charge mantan bos intel. apa hubungan dan bekgron dia coba sama dunaye otomotif dan otomodus?
negara bancakan ..

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3281
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Indonesia dan Malaysia mau bekerja sama membuat mobil?
Setuju dengan oom djia. Mobil listrik kalau fokus dikembangkan sebenernya potensial sekali untuk dijual di Indonesia dan dunia.djia wrote:kerjasama sama malesyo
brand below mediocre
tetep gasoline
udah ga nganggep project2 perintis kyk punyanya ITS sama om Ricky Elson
bahkan udah lupa sama project rakitan siswa2 SMK 'esemka' yg dulu dibikin iconic n heboh
person in charge mantan bos intel. apa hubungan dan bekgron dia coba sama dunaye otomotif dan otomodus?
negara bancakan ..
Indonesia enggak krisis ilmuwan. Banyak orang jenius asalnya dari Indonesia, ya karena mereka enggak diakuin kejeniusannya ya diambil ama negara tetangga donk.
Kalo udah, pemerintah sendiri mencak-mencak bilang negara kita belom siap ini itu bla-bla-bla.... Lhah, SDM ada tapi enggak diakuin.
Irony. Nggak heran banyak orang bilang "kalo mau jadi ilmuwan mending ente ke luar aja, di Indonesia ngapain jadi ilmuwan, kagak diakuin".
Nggak heran negara kagak maju-maju, untuk hal sesimpel ini aja didomplengi kepentingan golongan dan partai.... Pada haus kekuasaan, mementingkan diri sendiri.... Politicians are always politicians, full of bulls**t. Benar kata bapak J.E Sahetapy : "Politicians are just like gangsters."
Hrr... kenapa nggak Hyundai/KIA aja sih? Walaupun ane masih belom percaya 2 merek ini setidaknya perkembangan mereka cukup bagus belakangan ini... Lah Proton aja masih ndompleng nama besar Lotus buat ngiklan. Ndompleng kok ama pabrikan yang juga ndompleng.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3281
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Indonesia dan Malaysia mau bekerja sama membuat mobil?
mobil listrik masih jauhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh
1. harga mobil listrik mahal (30000 dolar rumor tentang chevrolet bolt)
2. harga baterai juga mahal (mobil listrik DI pakai baterai seharga 300juta rupiah)
3. charge baterai 10-54jam untuk isi baterai ke full lagi
4. kualitas listrik disini masih sangat jelek, voltase turun = waktu charge juga semakin lama
5. jarak tempuh masih terbatas (pengecualian buat tesla)
6. charging mobil butuh watt sangat gede chargernya ratingnya 20-70 ampere
7. polusi dari pembangkit tenaga listrik batubara lebih parah dibanding polusi dari mobil bensin
bagusnya cuma di biaya listriknya
1kwh = 3-7km
1. harga mobil listrik mahal (30000 dolar rumor tentang chevrolet bolt)
2. harga baterai juga mahal (mobil listrik DI pakai baterai seharga 300juta rupiah)
3. charge baterai 10-54jam untuk isi baterai ke full lagi
4. kualitas listrik disini masih sangat jelek, voltase turun = waktu charge juga semakin lama
5. jarak tempuh masih terbatas (pengecualian buat tesla)
6. charging mobil butuh watt sangat gede chargernya ratingnya 20-70 ampere
7. polusi dari pembangkit tenaga listrik batubara lebih parah dibanding polusi dari mobil bensin
bagusnya cuma di biaya listriknya
1kwh = 3-7km
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 763
- Joined: Sun Apr 26, 2009 16:30
Re: Indonesia dan Malaysia mau bekerja sama membuat mobil?
Ane masih gak ngerti, mau bikin mobnas kerjasama 2 negara, disetujui presiden, tapi kok pakenya PT ya? Kementerian perindustrian kemana?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Indonesia dan Malaysia mau bekerja sama membuat mobil?
Sh*t happens for a reason haaahahaha.. ntar kl di pasar indo uda agak laku ini proton hasil kerjasama indo-maling, pas si maling berulah lagi (nyolongin pulau atau mengklaim budaya kita) tinggal bilang aja ke si maling:
'eh tong, balikin gak pulau gw, atau gw setop nih beli mobil elu, jual sono di karibia.. '

'eh tong, balikin gak pulau gw, atau gw setop nih beli mobil elu, jual sono di karibia.. '

Das Beste oder nichts.
-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Indonesia dan Malaysia mau bekerja sama membuat mobil?
Yang ane permasalahkan bukan mobil listriknya, oom. Tapi nasib orang-orang jenius di negara kita yang seakan idenya enggak digagas. Yang namanya kepentingan golongan selalu nomer satu, ya kapan negara kita majunya.Salvanost wrote:mobil listrik masih jauhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh
1. harga mobil listrik mahal (30000 dolar rumor tentang chevrolet bolt)
2. harga baterai juga mahal (mobil listrik DI pakai baterai seharga 300juta rupiah)
3. charge baterai 10-54jam untuk isi baterai ke full lagi
4. kualitas listrik disini masih sangat jelek, voltase turun = waktu charge juga semakin lama
5. jarak tempuh masih terbatas (pengecualian buat tesla)
6. charging mobil butuh watt sangat gede chargernya ratingnya 20-70 ampere
7. polusi dari pembangkit tenaga listrik batubara lebih parah dibanding polusi dari mobil bensin
bagusnya cuma di biaya listriknya
1kwh = 3-7km

Masalah infrastructure juga gitu (mostly yang oom sebutkan masalah infrastructure kan?), bisa koq infrastructure dibikin yang bagus sebenernya.
Itu penduduk malon di sana udah ketawain kita kali yah.... Rakyat kita doyan jelek-jelekin Malon, tapi malah ngajak kerjasama Mobnas Malon....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Indonesia dan Malaysia mau bekerja sama membuat mobil?
Biasalaaaaaa masjoko.. injih ibuuuuu.. salim sek *sambil sujud nungging dpan emak megatron
Presiden lemahhhhhhhh !!!!
Presiden lemahhhhhhhh !!!!
Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Indonesia dan Malaysia mau bekerja sama membuat mobil?
Nightster Guy wrote:Biasalaaaaaa masjoko.. injih ibuuuuu.. salim sek *sambil sujud nungging dpan emak megatron
Presiden lemahhhhhhhh !!!!

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 300
- Joined: Tue May 03, 2011 3:14
Re: Indonesia dan Malaysia mau bekerja sama membuat mobil?
http://oto.detik.com/otofokus/read/2015 ... 204topnews
Apa Iya milih May karena Japs pelit teknologi??
Jakarta - PT Adiperkasa Cipta Lestari menggandeng Proton dalam rencananya membuat mobil nasional di Indonesia. Padahal di Indonesia, banyak pabrikan otomotif asal Jepang yang memiliki teknologi lebih bagus.
Banyak spekulasi yang menyebutkan, pabrikan otomotif asal Jepang itu pelit alih teknologi sehingga PT Adiperkasa Cipta Lestari lebih memilih pabrikan mobil asal Malaysia ketimbang Jepang.
Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Sudirman Maman Rusdi membantahnya. Menurutnya, anggota Gaikindo yang berasal dari Jepang sudah memiliki pusat riset dan pengembangan sendiri.
"Tidak seperti itu, karena anggota Gaikindo saat ini sudah mengembangkan R&D, sebetulnya dengan R&D itu salah satu contoh kemudian lahir LCGC untuk menekankan transfer teknologi," kata Sudirman.
Terlebih lagi adanya program Low Cost and Green Car (LCGC) yang dibuat oleh pemerintah, karena dalam program tersebut mengharuskan mobil memiliki kandungan lokal yang tinggi dan produsennya memiliki pabrik di Indonesia.
"Pemerintah menargetkan tahun pertama harus seperti apa, tahun kedua seperti apa, tahun ketiga seperti apa, terus seperti itu, dan itu merupakan bagian dari transfer teknologi," katanya lagi.
Apa Iya milih May karena Japs pelit teknologi??

Jakarta - PT Adiperkasa Cipta Lestari menggandeng Proton dalam rencananya membuat mobil nasional di Indonesia. Padahal di Indonesia, banyak pabrikan otomotif asal Jepang yang memiliki teknologi lebih bagus.
Banyak spekulasi yang menyebutkan, pabrikan otomotif asal Jepang itu pelit alih teknologi sehingga PT Adiperkasa Cipta Lestari lebih memilih pabrikan mobil asal Malaysia ketimbang Jepang.
Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Sudirman Maman Rusdi membantahnya. Menurutnya, anggota Gaikindo yang berasal dari Jepang sudah memiliki pusat riset dan pengembangan sendiri.
"Tidak seperti itu, karena anggota Gaikindo saat ini sudah mengembangkan R&D, sebetulnya dengan R&D itu salah satu contoh kemudian lahir LCGC untuk menekankan transfer teknologi," kata Sudirman.
Terlebih lagi adanya program Low Cost and Green Car (LCGC) yang dibuat oleh pemerintah, karena dalam program tersebut mengharuskan mobil memiliki kandungan lokal yang tinggi dan produsennya memiliki pabrik di Indonesia.
"Pemerintah menargetkan tahun pertama harus seperti apa, tahun kedua seperti apa, tahun ketiga seperti apa, terus seperti itu, dan itu merupakan bagian dari transfer teknologi," katanya lagi.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Fri Jun 24, 2011 15:20
Re: Indonesia dan Malaysia mau bekerja sama membuat mobil?
kalo sempet liat di paultan.org komennya, wong malay hepi apalagi kalo proton ampe pindah ke indo, karena malay skrg disandera proton, gov nya sering dimintain duit buat R&D yg hasilnya itu2 doank n kayanya govnya sering tutupin kerugian proton. waktu sebelum proton muncul kata mrk mob2 jepun disana murmer tapi karena deal proton ama govnya semua mob jepun dinaikin harganya berkali2 lipat jadi mrk hanya bisa beli proton/ dipaksa beli proton.
malahan mrk iri dengan kijeng ipah kita, nah lo
jadi kalo proton di indo bersama ACL dgn backup partai penguasa + pres, akankah mrk greedy dgn new rule menaikkan hg kijeng ke 500 jtan biar semua pada beli proton exora aja
malahan mrk iri dengan kijeng ipah kita, nah lo

jadi kalo proton di indo bersama ACL dgn backup partai penguasa + pres, akankah mrk greedy dgn new rule menaikkan hg kijeng ke 500 jtan biar semua pada beli proton exora aja

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Indonesia dan Malaysia mau bekerja sama membuat mobil?
Di paultan proton jd bahan bully an hahaha...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Sat Jul 19, 2014 13:08
Re: Indonesia dan Malaysia mau bekerja sama membuat mobil?
Kalau masalah mahal, sebenarnya cuma "economic of scale", makin banyak yang beli, makin murah.Salvanost wrote:mobil listrik masih jauhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh
1. harga mobil listrik mahal (30000 dolar rumor tentang chevrolet bolt)
2. harga baterai juga mahal (mobil listrik DI pakai baterai seharga 300juta rupiah)
3. charge baterai 10-54jam untuk isi baterai ke full lagi
4. kualitas listrik disini masih sangat jelek, voltase turun = waktu charge juga semakin lama
5. jarak tempuh masih terbatas (pengecualian buat tesla)
6. charging mobil butuh watt sangat gede chargernya ratingnya 20-70 ampere
7. polusi dari pembangkit tenaga listrik batubara lebih parah dibanding polusi dari mobil bensin
bagusnya cuma di biaya listriknya
1kwh = 3-7km
Soal teknis macam charge lama, jarak tempuh pendek, ya ilmuwan kita seiring waktu pasti bisa bikin
solusinya.
Saya malah mimpi Indonesia punya mobil listrik yang tenaganya dari generator macam punya
si Iron Man, kalau udah low-batt, tinggal datang ke SPBU, diganti baru (macam tuker tabung elpiji),
lalu jalan lagi

Pemilik mobil senang, pertamina juga senang masih punya bisnis buat menghidupi karyawannya.
Oya, soal polusi. Mau mobil petrol/diesel atau listrik polusi memang sama, tapi, dengan mobil listrik
polusi cuma ada di pembangkit, bukan di depan hidung kita dan tiap hari kita hirup.
Tinggal cari solusi gimana membereskan polusi yang sekarang "terlokalisir" di pembangkit,
diendapkan kah, pasang particle converter ubah polusi jadi barang berguna, atau ganti pembangkit
ramah lingkungan,dll
eh maaf agak oot, maklum engineer

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Indonesia dan Malaysia mau bekerja sama membuat mobil?
Manteb om idenyaKrucilatoz wrote:Kalau masalah mahal, sebenarnya cuma "economic of scale", makin banyak yang beli, makin murah.Salvanost wrote:mobil listrik masih jauhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh
1. harga mobil listrik mahal (30000 dolar rumor tentang chevrolet bolt)
2. harga baterai juga mahal (mobil listrik DI pakai baterai seharga 300juta rupiah)
3. charge baterai 10-54jam untuk isi baterai ke full lagi
4. kualitas listrik disini masih sangat jelek, voltase turun = waktu charge juga semakin lama
5. jarak tempuh masih terbatas (pengecualian buat tesla)
6. charging mobil butuh watt sangat gede chargernya ratingnya 20-70 ampere
7. polusi dari pembangkit tenaga listrik batubara lebih parah dibanding polusi dari mobil bensin
bagusnya cuma di biaya listriknya
1kwh = 3-7km
Soal teknis macam charge lama, jarak tempuh pendek, ya ilmuwan kita seiring waktu pasti bisa bikin
solusinya.
Saya malah mimpi Indonesia punya mobil listrik yang tenaganya dari generator macam punya
si Iron Man, kalau udah low-batt, tinggal datang ke SPBU, diganti baru (macam tuker tabung elpiji),
lalu jalan lagi![]()
Pemilik mobil senang, pertamina juga senang masih punya bisnis buat menghidupi karyawannya.
Oya, soal polusi. Mau mobil petrol/diesel atau listrik polusi memang sama, tapi, dengan mobil listrik
polusi cuma ada di pembangkit, bukan di depan hidung kita dan tiap hari kita hirup.
Tinggal cari solusi gimana membereskan polusi yang sekarang "terlokalisir" di pembangkit,
diendapkan kah, pasang particle converter ubah polusi jadi barang berguna, atau ganti pembangkit
ramah lingkungan,dll
eh maaf agak oot, maklum engineer

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 562
- Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42
Re: Indonesia dan Malaysia mau bekerja sama membuat mobil?
huahahaha
EMAK MEGATRON
Apakah ini sama waktu BtoB Boeing dan Lion dibantu fasilitasi oleh Obama ? CMIIW
buat mobil listrik, siapa yang membunuh mobil listrik ? Tapi saya tetap setuju. Untuk mobil konvensional Indonesia jadi penjahit saja seperti thailand, gak ada jeleknya. Yang nantinya berkembang (walaupun lama) adalah mobil listrik. Di sini peluang kita (sebenarnya) sama dengan negara-negara maju asalakan pemerintah mendukung (dengan proteksi dan modal). Menurut saya yang dilakukan DI tepat,(katanya) gak pakai uang pemerintah atau BUMN,timing showoff nya tepat pas di Bali itu, SDM mampu, Nippres sudah mampu membuat batterynya. Tinggal pemerintah mau tidak meneruskan apa tidak walaupun penghalangnya banyak dan dari mana saja, tapi ke depannya memang ini.



EMAK MEGATRON
Apakah ini sama waktu BtoB Boeing dan Lion dibantu fasilitasi oleh Obama ? CMIIW
buat mobil listrik, siapa yang membunuh mobil listrik ? Tapi saya tetap setuju. Untuk mobil konvensional Indonesia jadi penjahit saja seperti thailand, gak ada jeleknya. Yang nantinya berkembang (walaupun lama) adalah mobil listrik. Di sini peluang kita (sebenarnya) sama dengan negara-negara maju asalakan pemerintah mendukung (dengan proteksi dan modal). Menurut saya yang dilakukan DI tepat,(katanya) gak pakai uang pemerintah atau BUMN,timing showoff nya tepat pas di Bali itu, SDM mampu, Nippres sudah mampu membuat batterynya. Tinggal pemerintah mau tidak meneruskan apa tidak walaupun penghalangnya banyak dan dari mana saja, tapi ke depannya memang ini.
- faith humanity freedom -
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: Indonesia dan Malaysia mau bekerja sama membuat mobil?
Setuju mobil listrik. mungkin awalnya buat jarak pendek, tapi suatu waktu nanti saya juga bermimpi ada semacam generator yang bisa ditukar pake, masuk spbu tinggal replace, keluar jalan lagi. tapi electric car buat saat ini memang masih mahal, prototype quick charge yang diharapkan belum terealisasi,
seandainya mobil tucuxi DI itu pake regenerative braking, kegagalan sistem pengereman mungkin bisa dicegah, malah jadi keuntungan, turunan panjang n curam, baterai jadi terisi,
btw smk?
well, mesin sisa timor jadul yang head covernya dicetak sendiri pake logo smk.
heran, tadinya dikira serius mau bikin smk, ternyata serius iklan diri nyalon doank,
seandainya mobil tucuxi DI itu pake regenerative braking, kegagalan sistem pengereman mungkin bisa dicegah, malah jadi keuntungan, turunan panjang n curam, baterai jadi terisi,
btw smk?
well, mesin sisa timor jadul yang head covernya dicetak sendiri pake logo smk.
heran, tadinya dikira serius mau bikin smk, ternyata serius iklan diri nyalon doank,

-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Thu Jan 29, 2015 4:14
Re: Indonesia dan Malaysia mau bekerja sama membuat mobil?
Kala utk mobil listrik,
Sudah ada tuh yg produksi merek ELVI di Surabaya.
Daya listriknya sekali isi penuh setara 100 km rancangannya.. Atau 2-3 hari..
Ada yg modelnya mirip tp lbh kecil dari Sirion, lebih besar sedikit dr Smart, dgn kualitas finishing interior dan exteriornya masih pas2an, dihargai kira2 170 juta, tahun lalu tuh.
Yg pasti kalau liat perbandingan konsumsi energinya dengan mesin bbm, jauh bgt iritnya.. Sedih di kualitas finishing aja nih..
Sudah ada tuh yg produksi merek ELVI di Surabaya.
Daya listriknya sekali isi penuh setara 100 km rancangannya.. Atau 2-3 hari..
Ada yg modelnya mirip tp lbh kecil dari Sirion, lebih besar sedikit dr Smart, dgn kualitas finishing interior dan exteriornya masih pas2an, dihargai kira2 170 juta, tahun lalu tuh.
Yg pasti kalau liat perbandingan konsumsi energinya dengan mesin bbm, jauh bgt iritnya.. Sedih di kualitas finishing aja nih..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
- Daily Vehicle: laptop_dan_hape
Re: Indonesia dan Malaysia mau bekerja sama membuat mobil?
jadi kyk beli akua galon ya? kasi galon kosong, bawa galon berisiCloud wrote:Setuju mobil listrik. mungkin awalnya buat jarak pendek, tapi suatu waktu nanti saya juga bermimpi ada semacam generator yang bisa ditukar pake, masuk spbu tinggal replace, keluar jalan lagi. tapi electric car buat saat ini memang masih mahal, prototype quick charge yang diharapkan belum terealisasi,

saya lebih sepakat project mobnas itu bikin mobil kecil cc kecil murah model pickup. anggep aja sepeda motor Viar tapi bagian depan dibikin kabin biar pengendara terlindungi. range harga jual otr 20-an juta kalo bisa (harga motor viar box paling mahal 25jt).
tujuannya utk angkut hasil tani / kebun / sayur / dagangan, supaya orang ga pake keranjang samping di sepeda motor roda duanya, karena pemakaian keranjang samping membahayakan pengendara & kendaraan lain di sekitarnya (saya sering was-was kalo mau nyalip sepeda motor berkeranjang samping).