Ahhh... memang urusan beginian yang bikin eneg...beta adrener wrote:dapet ilmu lagi dari om rubble![]()
saya juga pernah berurusan berkali2 dengan atpm dari sales ( yang akhirnya dipecat gara2 gw), kepala bengkel diganti, bikin 1 dealer gempar
![]()
masalahnya di indo sendiri dari kualitas mekanik, kejujuran sales yg minim aka ngumbar janji busukyg ngbuat masalah buat diri mereka sendiri klo kerjanya bener kita juga males berurusan ama mereka
untungnya ane blom sampai ngajuin ke pengadilan jangan sampai juga
Sales ngawur, kualitas kerja bengkel kurang baik, diler yang kurang memperhatikan pelanggan. Uda jamak di dunia otomotif. Untungnya ane belum pernah mengalami hal2 demikian...
Kalo dicuekin sales, sering, biasa nya sales BatuMakam...

BTT...
Nah, secara umum, terkadang kita juga harus memikirkan dari sisi harga mobil itu sendiri. Apalagi kalau ATPM baru bikin pabrik atau nambah diler... Investasi tersebut tentu masuk ke dalam HPP mobil produksi mereka, mw ga mw demikian. Ditambah dengan iklim bisnis Indonesia yang high-but-unnecessary cost... seperti pungli, pajak agresif, aparat brengsek, ongkos transportasi mencekik, infrastruktur menyedihkan, dan buruh yang minta UMR naik mulu *no offense intended, tapi itu kenyataan, produktivitas buruh di Indonesia: rendah tapi bayaran cukup tinggi*
Secara langsung, hal ini menyebabkan mobil rakitan Indonesia tergolong cukup tinggi harganya.
Solusi? Beli CBU aja. Asal kuat dengan maintenance, CBU jadi pilihan yang lebih... errr... not overprice.
