nah itu dia om.... sekali lagi real VTEC belom pernah ada yg bener-bener mendarat di indonesiabillyd1773dz wrote:
vtec is kickin yoo.............![]()
tagline vtec bseries
![]()
d yutub banyak tuh komplisasi rev n sound bseries... wkwkwk
imho apa yg hilang karna uda ga di pakai lagi vtec cam-changing 2stage kaya d bseries............ di cam-changing ini suaranya khas bngt waktu camnya geserdari halus tiba2 jadi monster.. wkwkw
jelas... karna kurang efisien.... untuk pindah cams harus rev d atas 5800rpm... dan peak baru d 8200.... kondisi standar yah. benefit ke efisiensi ampir g ada. selain karna pke std cam d low-mid revnya,dpkenya enak d highway aja yg bisa highreving
trus ada 3stage camchanging engine note geser dari 2500rpm kemudian d 5800 makin halus... g sebrutal yg pertama
skrng uda g camchangin..... tp variable camphasing kaya vvti biasa di tambah valvelift kaya valvematicnya toyota... d Lseries ada valvelift juga.i-vtec l15 hanya di intake.
di sini engine note khasnya uda ilang.... jd mirip vvt biasa. valve lift juga efektifnya d rpm atas klw g salah d atas 5000an sedangkan redline d 6500... jadi powerbandnya pendek. skrng pke unichip d unlock sampai 7800 lebih dan bisa ngail 162hp@7200 dri 1.5ltr mestinya notbad sih... regular bseries firstgen vtec juga sekitar 160hpan.
nah skrng honda Dseries di indo g pernah masuk yang vtec beneran "real 2stage cam-changing vtec".......................................
dseriesnya regular aja, yg g dibuat berperforma dasyat kecuali di modifikasi....
errr jadi g jauh beda dgn Lseries... Lseries malah i-vtec ada valvelift juga d atas kertas should be better...
sekali lg ane cuma nonton di samping blom pernah punya honda.......... wkwkwkw

tapi dengan teknologi sesederhana itu aja nineties honda segitu fun nya


soal enjin kita ga bs ngomong sih om.... skrg tuntutannya hrs lulus emisi.... yea ini mungkin sangat berat bagi kami para honda boys yang sangat mencintai VTEC... termasuk BMW juga harus nyerah dengan "idealisme N/A" nya.... yg akhirnya melanggar idealismenya, malah pake twin power turbo
sebenernya yang jadi kekecewaan para honda boys ga cuma enjin.... tapi perkembangannya hando terlalu mikirin apa yg jadi permintaan market, jadi market oriented, bukan pabrikan yang spartan memegang teguh prinsipnya....
market minta nya mobil yang nyaman, irit, dan tahan banting.... jadilah hando yang skrg.... nyaman, irit, tahan banting, tapi nightmare buat para kaum radikalis agama vtec-isme....

karena spt kita tau, mobil makin nyaman, the less fun it had to be.... udah hukum paten dan ga bisa diubah-ubah
