Menyerap benturan artinya struktur baja baik di rangka maupun body, dirancang menyerap energy tabrakan saat terjadi benturan/kecelakaan, supaya penumpang di dalam mobil tidak dirambati energy gelombang kejut dari hasil tabrakan.4lICe wrote:Om VM maksut dirancang menyerap benturan dan pedestrian friendly apa yah?; apa menarik/nyedot benda sekitar biar terbentur gitu, Jadi LCGC dirancang buat dicelakain yah?? (ngumpet)
Hasilnya, body mudah untuk keriting, tapi dibantu chassisnya menahan benturan supaya kerusakan tidak sampai kabin.
Pedestrian friendly juga begitu. Body kendaraan tidak menyakiti pejalan kaki yang ngga sengaja kesenggol kendaraan dari sisi manapun.
Kasarnya, lebih baik mobil yang penyok daripada tulang yang penyok kan?
Jadi, mudah penyok bukan berarti krupuk, karena itu hanya "casing" mobil. Body hanya casing. Yang menahan benturan sambil pelan pelan meredam energy tumbukan adalah chassisnya.
Sudah bukan masanya lagi era mobil lemari besi bro, yang kalo diketok2 sepadat lemari besi, yang ngga akan penyok nabrak apapun, karena itu justru berdampak FATAL bagi penumpangnya, karena penumpang yang ada di dalam kendaraan, saat kendaraan berjalan juga menyimpan potensi kelembaman/energy gerak juga.
Saat terjadi tabrakan, kendaraan dirancang memiliki crumple zone supaya tidak berhenti seketika itu juga, tapi energy benturan diserap bertahap mulai dari bumper, body, chassis, dan harus berhenti sebelum sampai ke kabin.
