Anda pake bbm subsidi ato tidak?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Wed Oct 23, 2013 6:54
Re: Anda pake bbm subsidi ato tidak?
pake bbm subsidi + racun
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Anda pake bbm subsidi ato tidak?
Indonesia itu terdiri dari pulau-pulau. BBM harus diusahakan bisa mencapai ujung indonesia dan harganya sama atau nggak boleh beda jauh, sama-sama 6500. Kalau yang deket kilang balongan dapet pertamax lebih murah, ya nggak adil dong. Sedangkan Amerika itu cuma terdiri dari satu benua. Silakan ANDA PIKIR.
Penduduk dan jumlah kendaraan di indonesia jauh lebih banyak dari malaysia. Kelihatan beban subsidi indonesia jauh lebih besar. Jumlah penduduk Indonesia hampir 10x lipat malaysia, dengan produksi minyak yang sama, wajar saja indonesia gak bisa jual bbm subsidi lebih murah.
Kondisi jalan di indonesia kebanyakan rusak, karena pemerintah cuma bisa memperbaiki sedikit jalan,sementara laju kerusakan jauh lebih tinggi dari kemampuan pemerintah. Anda yang punya usaha, kerja di perusahaan, pasti bergantung dengan angkutan barang yang selama ini dianggap banyak merusak barang.Tapi cuma bisa protes jalan rusak, tapi ngabisin bbm murah dengan menuh-menuhin jalan bikin macet yang seharusnya bbm itu dihemat.
Kalau anda mau PKB murah, silakan pakai LCGC, itu dapat insentif pajak sehingga BBN dan harga murah. Sekarang anda pakai mobil 1300-1500 cc, pajak murah, dan pakai bbm murah. Silakan pikir. bagaimana anda berkontribusi membangun negara.
kebanyakan mobil pribadi kapasitas 7 orang, diisi cuma 1 orang. Sedangkan Gerbong kereta tempat duduk 30 diisi 200 orang. Busway isi 30 tempat duduk diisi 100 orang. Kendaraan pribadi menyumbang polusi terbesar dan INEFISIENSI terbesar.
Penduduk dan jumlah kendaraan di indonesia jauh lebih banyak dari malaysia. Kelihatan beban subsidi indonesia jauh lebih besar. Jumlah penduduk Indonesia hampir 10x lipat malaysia, dengan produksi minyak yang sama, wajar saja indonesia gak bisa jual bbm subsidi lebih murah.
Kondisi jalan di indonesia kebanyakan rusak, karena pemerintah cuma bisa memperbaiki sedikit jalan,sementara laju kerusakan jauh lebih tinggi dari kemampuan pemerintah. Anda yang punya usaha, kerja di perusahaan, pasti bergantung dengan angkutan barang yang selama ini dianggap banyak merusak barang.Tapi cuma bisa protes jalan rusak, tapi ngabisin bbm murah dengan menuh-menuhin jalan bikin macet yang seharusnya bbm itu dihemat.
Kalau anda mau PKB murah, silakan pakai LCGC, itu dapat insentif pajak sehingga BBN dan harga murah. Sekarang anda pakai mobil 1300-1500 cc, pajak murah, dan pakai bbm murah. Silakan pikir. bagaimana anda berkontribusi membangun negara.
kebanyakan mobil pribadi kapasitas 7 orang, diisi cuma 1 orang. Sedangkan Gerbong kereta tempat duduk 30 diisi 200 orang. Busway isi 30 tempat duduk diisi 100 orang. Kendaraan pribadi menyumbang polusi terbesar dan INEFISIENSI terbesar.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Anda pake bbm subsidi ato tidak?
Per Liner
Ini kembali lagi kepada keseriusan Pemerintah dalam membangun infrastruktur transportasi. Tentu anda tahu khan brp banyak jalan Tol / rel kereta yang dibangun RI dalam setahun jika dibandingkan dengan Malaysia aja dah misalnya, kalau China udah ga bisa dibandingkan.
Transportasi Laut ? Kita bisa lihat bagaimana distribusi BBM industri oleh swasta, spt AKR aja misalnya, mereka bisa kirim ke Kalimantan / pulau2 lain begitu mudahnya, bahkan sampai ke Papua....Karena kenapa ? karena mereka serius dalam bisnis pengadaan dan distribusi, menekankan efisiensi dan efektivitas.
Negara kontinent spt Amerika pun jika infrastruktur transportasinya tidak dibangun emangnye itu Bensin bisa jalan sendiri kali yee ke berbagai pelosok.....ha ha ha
Dianggarkan berapa turunnya berapa ? Budget harusnya berapa bengkak jadi berapa ?
Anda lupa bagaimana marahnya A Hok thd jajaran PU di Jkt ? itu baru salah satu contoh saja......
Harus digalakkan transportasi massal, MRT / antar kota dengan kereta, transportasi barang dengan kereta
pembangunan rel2 kereta di pulau2 besar
ilhami wrote:Indonesia itu terdiri dari pulau-pulau. BBM harus diusahakan bisa mencapai ujung indonesia dan harganya sama atau nggak boleh beda jauh, sama-sama 6500. Kalau yang deket kilang balongan dapet pertamax lebih murah, ya nggak adil dong. Sedangkan Amerika itu cuma terdiri dari satu benua. Silakan ANDA PIKIR.
Ini kembali lagi kepada keseriusan Pemerintah dalam membangun infrastruktur transportasi. Tentu anda tahu khan brp banyak jalan Tol / rel kereta yang dibangun RI dalam setahun jika dibandingkan dengan Malaysia aja dah misalnya, kalau China udah ga bisa dibandingkan.
Transportasi Laut ? Kita bisa lihat bagaimana distribusi BBM industri oleh swasta, spt AKR aja misalnya, mereka bisa kirim ke Kalimantan / pulau2 lain begitu mudahnya, bahkan sampai ke Papua....Karena kenapa ? karena mereka serius dalam bisnis pengadaan dan distribusi, menekankan efisiensi dan efektivitas.
Negara kontinent spt Amerika pun jika infrastruktur transportasinya tidak dibangun emangnye itu Bensin bisa jalan sendiri kali yee ke berbagai pelosok.....ha ha ha
Setujuilhami wrote: Penduduk dan jumlah kendaraan di indonesia jauh lebih banyak dari malaysia. Kelihatan beban subsidi indonesia jauh lebih besar. Jumlah penduduk Indonesia hampir 10x lipat malaysia, dengan produksi minyak yang sama, wajar saja indonesia gak bisa jual bbm subsidi lebih murah.
jalanan rusak, pengguna yg overloading truk memang berperan besar dalam kerusakan jalan.......Tapi Boss, anda lupa menyebutkan bagaimana manajemen anggaran perbaikan / perawatan jalan oleh Pemerintahilhami wrote: Kondisi jalan di indonesia kebanyakan rusak, karena pemerintah cuma bisa memperbaiki sedikit jalan,sementara laju kerusakan jauh lebih tinggi dari kemampuan pemerintah. Anda yang punya usaha, kerja di perusahaan, pasti bergantung dengan angkutan barang yang selama ini dianggap banyak merusak barang.Tapi cuma bisa protes jalan rusak, tapi ngabisin bbm murah dengan menuh-menuhin jalan bikin macet yang seharusnya bbm itu dihemat.
Dianggarkan berapa turunnya berapa ? Budget harusnya berapa bengkak jadi berapa ?
Anda lupa bagaimana marahnya A Hok thd jajaran PU di Jkt ? itu baru salah satu contoh saja......
ya bagaimana membebaskan negara ini dari korupsi dulu kali ya....ehhehehee....ilhami wrote: Kalau anda mau PKB murah, silakan pakai LCGC, itu dapat insentif pajak sehingga BBN dan harga murah. Sekarang anda pakai mobil 1300-1500 cc, pajak murah, dan pakai bbm murah. Silakan pikir. bagaimana anda berkontribusi membangun negara.
Ya ini setuju sekaliilhami wrote: kebanyakan mobil pribadi kapasitas 7 orang, diisi cuma 1 orang. Sedangkan Gerbong kereta tempat duduk 30 diisi 200 orang. Busway isi 30 tempat duduk diisi 100 orang. Kendaraan pribadi menyumbang polusi terbesar dan INEFISIENSI terbesar.
Harus digalakkan transportasi massal, MRT / antar kota dengan kereta, transportasi barang dengan kereta
pembangunan rel2 kereta di pulau2 besar
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Anda pake bbm subsidi ato tidak?
China bisa membangun jalan tol dan kereta api ribuan kilometer setahun. Sekarang saja Beijing sudah pusing dengan macet dan polusi disana, bahkan pelat kendaraan itu sampai diundi, tidak semua orang bisa beli mobil walaupun mampu. Coba gimana kalau China mensubsidi BBM semua kendaraan disana. Mau dapat duit darimana dia ? Rakyat dan kendaraan milyaran mau dimurahin BBM nya.
Sekarang mari berpikir logis. Kalau cuma jargon brainwash, hak rakyat, halal-haram, Maaf itu hanya cocok kalau jadi provokator dalam demo di Bundaran HI. Jika ingin SM jadi forum berkualitas, silakan sajikan fakta logis.
Sekarang mari berpikir logis. Kalau cuma jargon brainwash, hak rakyat, halal-haram, Maaf itu hanya cocok kalau jadi provokator dalam demo di Bundaran HI. Jika ingin SM jadi forum berkualitas, silakan sajikan fakta logis.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 960
- Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07
Re: Anda pake bbm subsidi ato tidak?
Om, bukannya gak setuju nih.ilhami wrote:Indonesia itu terdiri dari pulau-pulau. BBM harus diusahakan bisa mencapai ujung indonesia dan harganya sama atau nggak boleh beda jauh, sama-sama 6500. Kalau yang deket kilang balongan dapet pertamax lebih murah, ya nggak adil dong. Sedangkan Amerika itu cuma terdiri dari satu benua. Silakan ANDA PIKIR.
Penduduk dan jumlah kendaraan di indonesia jauh lebih banyak dari malaysia. Kelihatan beban subsidi indonesia jauh lebih besar. Jumlah penduduk Indonesia hampir 10x lipat malaysia, dengan produksi minyak yang sama, wajar saja indonesia gak bisa jual bbm subsidi lebih murah.
Kondisi jalan di indonesia kebanyakan rusak, karena pemerintah cuma bisa memperbaiki sedikit jalan,sementara laju kerusakan jauh lebih tinggi dari kemampuan pemerintah. Anda yang punya usaha, kerja di perusahaan, pasti bergantung dengan angkutan barang yang selama ini dianggap banyak merusak barang.Tapi cuma bisa protes jalan rusak, tapi ngabisin bbm murah dengan menuh-menuhin jalan bikin macet yang seharusnya bbm itu dihemat.
Kalau anda mau PKB murah, silakan pakai LCGC, itu dapat insentif pajak sehingga BBN dan harga murah. Sekarang anda pakai mobil 1300-1500 cc, pajak murah, dan pakai bbm murah. Silakan pikir. bagaimana anda berkontribusi membangun negara.
kebanyakan mobil pribadi kapasitas 7 orang, diisi cuma 1 orang. Sedangkan Gerbong kereta tempat duduk 30 diisi 200 orang. Busway isi 30 tempat duduk diisi 100 orang. Kendaraan pribadi menyumbang polusi terbesar dan INEFISIENSI terbesar.
Saya setuju dengan bagian yang terakhir, tidak efisien - mobil segede gaban isi 1 orang, jelas pemborosan tempat, Pertanyaan sekarang adalah kenapa kebanyakan orang suka naik kendaraan pribadi (kalau mampu) termasuk saya? Kalau saya pribadi pilihannya antara macet dalam angkutan umum, berdiri desak2an sampe teler atau macet dalam mobil pribadi sambil denger musik walaupun kaki pegel. Saya termasuk yang pilih mobil pribadi walaupun waktu tempuh nyaris sama.
Tidak keberatan pindah ke angkutan umum kalau memang transportasi sudah enak, nggak usah kayak negara maju dah, tapi paling nggak lebih tepat waktu aja.
Kalau ngomong kontribusi membangun negara, saya pikir tiap orang punya cara masing2, membayar pajak adalah salah satunya. Dan bagi yang karyawan, ini bukan sesuatu yang bisa dihindari karena sebelon masuk kantong kita udah dipotong...tinggal laporan nanti tiap taon.
Poin lain di atas:
jalan rusak -> pajak kita dikemanain? kalo bangun jalan atau betulin jalannya serius mah gak bakalan cepat rusak. Kalo tender kontraktor cuman tender2an yah begini, proyek abadi. Jalan sengaja dibuat gak awet biar ada proyek terus...liat tuh Pantura dan byk tempat lain. Bukannya mau menyalahkan pemerintah, tapi pemerintahnya udah kerja yang bener belon? kalo belon yah kerja aja yang bener dulu, kalo udah kerja bener trus rakyatnya masih ngeyel...nah hukum dah tuh.
Banyak dari kita itu bermacet ria bukan pilihan, tapi keterpaksaan karena kondisi yang ada yah memang gini. Bukan dengan sengaja membuang bbm percuma. Boleh percaya boleh tidak, liat noh abg2 gak jelas yang tanpa sim jrang jreng pakai motor cicilan blom lunas, balap liar tiap akhir pekan, itu namanya buang bbm walaupun gak ada macet.
Selalu ada 2 sisi Om, tergantung kita mau liat dari sisi yang mana.

Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Anda pake bbm subsidi ato tidak?
YES di China BBM gak disusidi, tapi lihat dong yg lain2 spt Pendidikan, kesehatan, rusun utk rakyat kecil bagaimana......dan yg paling penting = Pemerintahnya punya itikad kuat dlm memberantas Korupsiilhami wrote:China bisa membangun jalan tol dan kereta api ribuan kilometer setahun. Sekarang saja Beijing sudah pusing dengan macet dan polusi disana, bahkan pelat kendaraan itu sampai diundi, tidak semua orang bisa beli mobil walaupun mampu. Coba gimana kalau China mensubsidi BBM semua kendaraan disana. Mau dapat duit darimana dia ? Rakyat dan kendaraan milyaran mau dimurahin BBM nya.
Sekarang mari berpikir logis. Kalau cuma jargon brainwash, hak rakyat, halal-haram, Maaf itu hanya cocok kalau jadi provokator dalam demo di Bundaran HI. Jika ingin SM jadi forum berkualitas, silakan sajikan fakta logis.
Jargon provokator siapa yah.......siapa yg dimaksud ? Hehe
Ane mah cuman rakyat kecil yg punya banyak pertanyaan dlm hati saja dan byk yg gak terjawab
Skg sy tanya om deh, siapa tahu um bisa ceritakan :
- Mengapa pembangunan kilang minyak (downstream) di Indonesia sangat lambat sekali, ada apa ya
- Peran serta Petral dlm pengadaan BBM di Indonesia, dulu Dahlan Iskan mau bongkar Petral tapi mental
- mana yg lebih besar antara subsidi BBM VS subsidi / tunjangan kehidupan seluruh pejabat di Indonesia, termasuk kunker2 / study banding ke LN dll
Mohon pencerahan yaa
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 960
- Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07
Re: Anda pake bbm subsidi ato tidak?
Kalau mau disamain dengan negri orang, pemerintah harus tegas. Inget nggak dulu BBM subsidi udah sampe 6000 perak, eh diturunin ke 4500. Nggak tau itu alasannya apa, karena kelebihan duit atau sekedar kebijakan populis. Sekarang pemerintah berani gak hapuskan subsidi bbm? yang tereak2 demo di jalan itu banyak yang bayaran. Banyak dari kita yang tau alasan bisnis dibelakang subsidi itu, gak usah dibahas dah.ilhami wrote:China bisa membangun jalan tol dan kereta api ribuan kilometer setahun. Sekarang saja Beijing sudah pusing dengan macet dan polusi disana, bahkan pelat kendaraan itu sampai diundi, tidak semua orang bisa beli mobil walaupun mampu. Coba gimana kalau China mensubsidi BBM semua kendaraan disana. Mau dapat duit darimana dia ? Rakyat dan kendaraan milyaran mau dimurahin BBM nya.
Sekarang mari berpikir logis. Kalau cuma jargon brainwash, hak rakyat, halal-haram, Maaf itu hanya cocok kalau jadi provokator dalam demo di Bundaran HI. Jika ingin SM jadi forum berkualitas, silakan sajikan fakta logis.
Kalau mau fakta, liat dulu korupsi di negri ini kayak apa? duit hasil korup itu buat subsidi bbm aja saya sangat yakin masih berlebih Om.
Sekarang kalo Om tidak pro pada subsidi, monggo silakan pakai yang nggak subsidi. Sampai hari ini pakai bbm subsidi itu blom ada hukumnya, cuman sebatas himbauan sifatnya. Saya 3 taon lebih pakai non subsidi, sampai akhirnya memutuskan untuk mengambil kembali sedikit dari pajak yang saya bayarkan tiap bulan. Ini keputusan pribadi, tidak untuk memperngaruhi orang untuk pakai bbm subsidi.
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Anda pake bbm subsidi ato tidak?
Angkutan umum itu masalah keberpihakan dan keadilan Om. Pengguna angkutan umum itu cuma 12,9 persen. Itu artinya kalau nunggu angkot atau bus, kira2 9 kendaraan pribadi, barulah 1 angkot atau bus lewat. Ah tapi rasanya salah. Kalau jarak antar busway 10 menit, rasanya bisa puluhan motor dan mobil pribadi yang lewat deh. Dan yang pribadi itu menghalangi alias bikin macet jalur angkutan umum juga. Makanya supaya adil, kita ambil subsidi bbm dari pengguna pribadi, kita gunakan untuk bikin monorel, kereta, dan perbaikan bus umum.
Pemerintah itu tidak punya dana segar untuk bangun jalur Monorel, MRT, kereta baru. Kita lihat sendiri kan, MRT itu didanai PINJAMAN Jepang. Monorel itu investor (yang NGUTANGIN) nya nggak ada, karena investasi besar, tapi return nya kecil. Kalau return gede, berarti tarif naik mencapai 20 ribu rupiah, dan pemerintah juga ga mau mengeluarkan uang untuk subsidi tiket Monorel, karena ya ga ada duit nya. Potensi dana dari BBM itu besar sekali 300 T setahun. Seandainya Penumpang MRT dan Monorel itu membiayai sendiri investasi nya dengan tiket 20 rb rupiah, harus nya subsidi BBM itu juga dihilangkan, karena kalau sekali jalan ke kantor butuh 3 liter, berarti bisa lebih 12 ribu rupiah nilai subsidi nya. jika Nilai itu dialihkan untuk subsidi tiket berarti cuma 8 ribu rupiah = seharga tiket APTB dari bekasi/tangerang sudah sampai sudirman-thamrin yang sangat-sangat terjangkau. Nilai efisiensi luar biasa besar dan termasuk dan polusi yang hilang juga sangat besar.
Pemerintah itu tidak punya dana segar untuk bangun jalur Monorel, MRT, kereta baru. Kita lihat sendiri kan, MRT itu didanai PINJAMAN Jepang. Monorel itu investor (yang NGUTANGIN) nya nggak ada, karena investasi besar, tapi return nya kecil. Kalau return gede, berarti tarif naik mencapai 20 ribu rupiah, dan pemerintah juga ga mau mengeluarkan uang untuk subsidi tiket Monorel, karena ya ga ada duit nya. Potensi dana dari BBM itu besar sekali 300 T setahun. Seandainya Penumpang MRT dan Monorel itu membiayai sendiri investasi nya dengan tiket 20 rb rupiah, harus nya subsidi BBM itu juga dihilangkan, karena kalau sekali jalan ke kantor butuh 3 liter, berarti bisa lebih 12 ribu rupiah nilai subsidi nya. jika Nilai itu dialihkan untuk subsidi tiket berarti cuma 8 ribu rupiah = seharga tiket APTB dari bekasi/tangerang sudah sampai sudirman-thamrin yang sangat-sangat terjangkau. Nilai efisiensi luar biasa besar dan termasuk dan polusi yang hilang juga sangat besar.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Anda pake bbm subsidi ato tidak?
kilang minyak, infrastruktur, analoginya gini Bro:
Ada warung makanan, nasi dan sejenisnya. Modal nya berapa sih ? nasi sayur lauk pauk sepiring dan sewa lokasi paling modalnya cuma Rp10.000, dia jual 20.000. Kenapa dia nggak jual aja 11 ribu misalnya kan udah cukup buat dia makan sehari-hari plus gaji karyawan. Kenapa dia jual 20.000 misalnya karena dia tau suatu saat pancinya rusak butuh ganti, dan upgrade misalnya jgn pakai kukusan lagi, tapi steamer listrik yg efisien. Warungnya juga perlu dirawat supaya keliatan wah dan rapi.
Dalam perusahaan itu ada capex nya bro. Artinya dia suatu saat harus invest alat dan mesin baru. Kalau dia jual nya harga rendah, ya dia gak berkembang. Kalau capex nya hutang semua ya dia pasti berat di cicilan. Negara juga sama bro.
Masalah transportasi publik, infrastruktur, pembangunan yang belum terbangun bro itu butuh proses. Kalau Sangkuriang benar-benar ada, Pasti presiden sudah tunjuk dia single kontraktor untuk proyek berikut ini:
- MRT dan Monorel Jakarta
- Jalan Tol dan kereta api trans jawa, trans sumatera, trans kalimantan, trans sulawesi dan trans papua.
- kesehatan pendidikan murah dengan fasilitas canggih.
Dan semua itu terjadi dalam semalam, esoknya subsidi BBM langsung dihapus. Sayang nya Sangkuriang tidak pernah ada, dan kalau pun ada, dia pasti dicurangi oleh cewek idamannya dari K-Pop hasil oplas
Makanya secara bertahap subsidi bbm dihapus, dan proyek pembangunan dijalankan. Lah kalau sekarang kan pada mandek. Pencanangan sekaligus Penutupan Proyek
.
Ada warung makanan, nasi dan sejenisnya. Modal nya berapa sih ? nasi sayur lauk pauk sepiring dan sewa lokasi paling modalnya cuma Rp10.000, dia jual 20.000. Kenapa dia nggak jual aja 11 ribu misalnya kan udah cukup buat dia makan sehari-hari plus gaji karyawan. Kenapa dia jual 20.000 misalnya karena dia tau suatu saat pancinya rusak butuh ganti, dan upgrade misalnya jgn pakai kukusan lagi, tapi steamer listrik yg efisien. Warungnya juga perlu dirawat supaya keliatan wah dan rapi.
Dalam perusahaan itu ada capex nya bro. Artinya dia suatu saat harus invest alat dan mesin baru. Kalau dia jual nya harga rendah, ya dia gak berkembang. Kalau capex nya hutang semua ya dia pasti berat di cicilan. Negara juga sama bro.
Masalah transportasi publik, infrastruktur, pembangunan yang belum terbangun bro itu butuh proses. Kalau Sangkuriang benar-benar ada, Pasti presiden sudah tunjuk dia single kontraktor untuk proyek berikut ini:
- MRT dan Monorel Jakarta
- Jalan Tol dan kereta api trans jawa, trans sumatera, trans kalimantan, trans sulawesi dan trans papua.
- kesehatan pendidikan murah dengan fasilitas canggih.
Dan semua itu terjadi dalam semalam, esoknya subsidi BBM langsung dihapus. Sayang nya Sangkuriang tidak pernah ada, dan kalau pun ada, dia pasti dicurangi oleh cewek idamannya dari K-Pop hasil oplas

Makanya secara bertahap subsidi bbm dihapus, dan proyek pembangunan dijalankan. Lah kalau sekarang kan pada mandek. Pencanangan sekaligus Penutupan Proyek

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2269
- Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
- Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT
Re: Anda pake bbm subsidi ato tidak?
paragraf ke2 ambigu dg yg pertama dan ke3. yg saya tebalkan itu, apakah tidak bertentangan dg pragraf ke 3 yg om tulis sendiri?ilhami wrote: Kondisi jalan di indonesia kebanyakan rusak, karena pemerintah cuma bisa memperbaiki sedikit jalan,sementara laju kerusakan jauh lebih tinggi dari kemampuan pemerintah. Anda yang punya usaha, kerja di perusahaan, pasti bergantung dengan angkutan barang yang selama ini dianggap banyak merusak barang.Tapi cuma bisa protes jalan rusak, tapi ngabisin bbm murah dengan menuh-menuhin jalan bikin macet yang seharusnya bbm itu dihemat.
Kalau anda mau PKB murah, silakan pakai LCGC, itu dapat insentif pajak sehingga BBN dan harga murah. Sekarang anda pakai mobil 1300-1500 cc, pajak murah, dan pakai bbm murah. Silakan pikir. bagaimana anda berkontribusi membangun negara.
kebanyakan mobil pribadi kapasitas 7 orang, diisi cuma 1 orang. Sedangkan Gerbong kereta tempat duduk 30 diisi 200 orang. Busway isi 30 tempat duduk diisi 100 orang. Kendaraan pribadi menyumbang polusi terbesar dan INEFISIENSI terbesar.
untuk paragraf pertama, saya sebagai pengusaha jelas tidak bisa menerima, lha kalo kami pengusaha ga dikasih subsidi BBM, dituduh menuh2in jalan, dan jalan rusak, trus ga akan ada truk2 besar mengangkut sembako, bahan bangunan, barang2 elektronik ke rumah om dg murah+cepat...mau yg seperti itu? udah lah, saya sebisa mungkin pake BBM subsidi. anda ikut menikmati ya monggo, enggak ya terserah..lagian saya tau brapa duit buat perbaikan jalan yg ditilep oknum pemerintah, sekitar 20% dari total anggaran proyek. eh malah yg disalahkan pihak CV nya terus..karena jalannya ga awet. gimana CV nya ga keder, kalo ga setoran ke oknum penguasa di pemerintahan, itu oknum ga mau tandatangan proyek. apalagi perbaikan jalan, proyek lahan basah, om.....kaya ga tau aja.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Anda pake bbm subsidi ato tidak?
@om Hariy
paragraf pertama maksudnya: Angkutan barang terhalang oleh kendaraan pribadi, karena jumlah kendaraan yang sangat banyak. Seharusnya jalan itu diprioritaskan untuk kendaraan niaga.
paragraf kedua maksudnya: seharusnya kendaraan pribadi pakai bbm non subsidi, dan pajaknya terserah mau mahal atau murah. Tapi meniru model LCGC lebih tepat, karena orang boleh beli mobil, tetapi pemakaian lebih bijak dan seperlunya.
paragraf ketiga: supaya adil subsidi bbm dialihkan untuk pembangunan Transportasi Umum karena INEFISENSI tadi.
kesimpulan lain: pengusaha angkutan barang dapat insentif di jalan, tapi mobil pribadi yang dia punya harusnya pakai non subsidi. Pemilik mobil pribadi yang 2000cc an ane rasa banyak tuh yang pengusaha juga.
paragraf pertama maksudnya: Angkutan barang terhalang oleh kendaraan pribadi, karena jumlah kendaraan yang sangat banyak. Seharusnya jalan itu diprioritaskan untuk kendaraan niaga.
paragraf kedua maksudnya: seharusnya kendaraan pribadi pakai bbm non subsidi, dan pajaknya terserah mau mahal atau murah. Tapi meniru model LCGC lebih tepat, karena orang boleh beli mobil, tetapi pemakaian lebih bijak dan seperlunya.
paragraf ketiga: supaya adil subsidi bbm dialihkan untuk pembangunan Transportasi Umum karena INEFISENSI tadi.
kesimpulan lain: pengusaha angkutan barang dapat insentif di jalan, tapi mobil pribadi yang dia punya harusnya pakai non subsidi. Pemilik mobil pribadi yang 2000cc an ane rasa banyak tuh yang pengusaha juga.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 960
- Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07
Re: Anda pake bbm subsidi ato tidak?
Om ilhami, saya rasa nggak usah lah ngeguruin orang masalah capex segala, dari SD kita udah diajarin soal untung rugi kok.
Komentar anda dari awal juga banyak kontradiksi, kalau anda tau bahwa semua tidak bisa terjadi dalam semalam, maka komentar anda di awal yang memicu saya jadi giat ngetik ini mungkin terlalu cepat 5-10 tahun.
Dan kata siapa hapus subsidi bbm musti tunggu semua terjadi dulu...cabut subsidi bbm bisa langsung kok, berani nggak? itu aja.
Anda bilang "Angkutan umum itu masalah keberpihakan dan keadilan Om", sekarang dari kacamata siapa? Jadi salah orang yang bawa mobil pribadi sehingga pengguna angkutan umum cuman 12.9%? atau salah yang seharusnya mengadakan angkutan umum tersebut?
Kalau maunya pengguna angkutan umum itu banyak atau menjadi mayoritas, maka adakan dulu. Jangan suruh orang makan nasi kalau nasinya gak cukup buat dimakan Om. Bijimane ini Om???
Anda juga bilang yang pribadi menghalangi jalur hingga macet, gimana kalau dibalik -> anggkutan umum yang kelakuan kayak preman membuat macet di mana2...mau bukti? silakan liat di banyak perempatan dan lampu merah. Kalau angkutan umum untuk jalur ramai itu diperbanyak sampai akhirnya banyak angkutan umum yang tidak dapat penumpang, nah...boleh dah anda koar2.
Logika aja Om, sekarang kalau disuruh pilih keluarkan biaya 40rb perak sehari buat transportasi umum atau 80rb buat mobil pribadi saya pribadi pilih yang 40rb dengan catatan yang 40rb ini tidak membuat kualitas hidup saya turun, nggak dipecat karena telat miting sama klien karena angkutan gak tepat waktu dan dihindari klien karena badan keburu bau desek2an di angkot. Karena saya udah coba beberapa bulan dan hasilnya nggak bagus, dengan SANGAT TERPAKSA, bawa mobil tiap hari sekarang walaupun kaki kadang pegel banget. Saya sangat yakin banyak orang yang mau naik angkutan umum, asal layak.
Tapi kalau balik ke masalah bbm subsidi, cabut aja. Gak ada bbm subsidi maka tidak akan ada yang beli bbm subsidi, beres kan? siapa yang bilang cabut subsudi bbm harus bertahap, mau berapa tahap? 10 itu artinya ada 10x demo. Kalo langsung cabut, 1x demo...beres.
Sekarang Om ilhami beraktivitas dengan apa? kalau boleh tau
Komentar anda dari awal juga banyak kontradiksi, kalau anda tau bahwa semua tidak bisa terjadi dalam semalam, maka komentar anda di awal yang memicu saya jadi giat ngetik ini mungkin terlalu cepat 5-10 tahun.
Dan kata siapa hapus subsidi bbm musti tunggu semua terjadi dulu...cabut subsidi bbm bisa langsung kok, berani nggak? itu aja.
Anda bilang "Angkutan umum itu masalah keberpihakan dan keadilan Om", sekarang dari kacamata siapa? Jadi salah orang yang bawa mobil pribadi sehingga pengguna angkutan umum cuman 12.9%? atau salah yang seharusnya mengadakan angkutan umum tersebut?
Kalau maunya pengguna angkutan umum itu banyak atau menjadi mayoritas, maka adakan dulu. Jangan suruh orang makan nasi kalau nasinya gak cukup buat dimakan Om. Bijimane ini Om???
Anda juga bilang yang pribadi menghalangi jalur hingga macet, gimana kalau dibalik -> anggkutan umum yang kelakuan kayak preman membuat macet di mana2...mau bukti? silakan liat di banyak perempatan dan lampu merah. Kalau angkutan umum untuk jalur ramai itu diperbanyak sampai akhirnya banyak angkutan umum yang tidak dapat penumpang, nah...boleh dah anda koar2.
Logika aja Om, sekarang kalau disuruh pilih keluarkan biaya 40rb perak sehari buat transportasi umum atau 80rb buat mobil pribadi saya pribadi pilih yang 40rb dengan catatan yang 40rb ini tidak membuat kualitas hidup saya turun, nggak dipecat karena telat miting sama klien karena angkutan gak tepat waktu dan dihindari klien karena badan keburu bau desek2an di angkot. Karena saya udah coba beberapa bulan dan hasilnya nggak bagus, dengan SANGAT TERPAKSA, bawa mobil tiap hari sekarang walaupun kaki kadang pegel banget. Saya sangat yakin banyak orang yang mau naik angkutan umum, asal layak.
Tapi kalau balik ke masalah bbm subsidi, cabut aja. Gak ada bbm subsidi maka tidak akan ada yang beli bbm subsidi, beres kan? siapa yang bilang cabut subsudi bbm harus bertahap, mau berapa tahap? 10 itu artinya ada 10x demo. Kalo langsung cabut, 1x demo...beres.
Sekarang Om ilhami beraktivitas dengan apa? kalau boleh tau
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Anda pake bbm subsidi ato tidak?
Sebagai kucing yang sering nyetir sendirian pakai kapal induk gambot, ane merasa... ungg... ga enak.
Jalan kecil di depan perumahan ane jarang dilewati angkot. Resiko punya rumah di bagian dalam cluster...
Jadi mobil is a must... meski ane sering kelayapan naik spd motor....
Meme ane juga ogah naik angkot, serem baca dan dengar kasus kriminalitas di angkot. Kalau di Balikpapan sih, meme2 ane malah naik angkot mulu. Aman soalnya...

Jalan kecil di depan perumahan ane jarang dilewati angkot. Resiko punya rumah di bagian dalam cluster...



Jadi mobil is a must... meski ane sering kelayapan naik spd motor....

Meme ane juga ogah naik angkot, serem baca dan dengar kasus kriminalitas di angkot. Kalau di Balikpapan sih, meme2 ane malah naik angkot mulu. Aman soalnya...

Obey the mahakitteh. 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Anda pake bbm subsidi ato tidak?
Yang pernah saya baca beberapa waktu lalu, subsidi bbm itu, awalnya dari Tritura. Tri Tuntutan Rakjat. Keadaan negara Indonesia saat itu sudah sangat parah, baik dari segi ekonomi maupun politik. Harga barang naik sangat tinggi terutama Bahan bakar minyak (BBM). Oleh karenanya, pada tanggal 12 Januari 1966, KAMI dan KAPPI memelopori kesatuan aksi yang tergabung dalam Front Pancasila mendatangi DPR-GR menuntut Tritura. Isi Tritura adalah:
Pembubaran PKI beserta ormas-ormasnya
Perombakan kabinet Dwikora
Turunkan harga sandang-pangan
Tuntutan pertama dan kedua sebelumnya sudah pernah diserukan oleh KAP-Gestapu (Kesatuan Aksi Pengganyangan Gerakan 30 September). Sedangkan tuntutan ketiga baru diserukan saat itu. Tuntutan ketiga sangat menyentuh kepentingan orang banyak. (courtesy of Wikipedia) http://id.wikipedia.org/wiki/Tri_Tuntutan_Rakyat
Sehingga, saat itu subsidi bbm diberlakukan, demi untuk menekan biaya di level rakyat, supaya harga barang tidak melambung, yang mengakibatkan hiperinflasi.
Maaf, saya lupa nomor keputusannya, mungkin ada rekan dan member, atau mungkin om NR yang berkenan koreksi atau menambahkan posting saya ini.
Pembubaran PKI beserta ormas-ormasnya
Perombakan kabinet Dwikora
Turunkan harga sandang-pangan
Tuntutan pertama dan kedua sebelumnya sudah pernah diserukan oleh KAP-Gestapu (Kesatuan Aksi Pengganyangan Gerakan 30 September). Sedangkan tuntutan ketiga baru diserukan saat itu. Tuntutan ketiga sangat menyentuh kepentingan orang banyak. (courtesy of Wikipedia) http://id.wikipedia.org/wiki/Tri_Tuntutan_Rakyat
Sehingga, saat itu subsidi bbm diberlakukan, demi untuk menekan biaya di level rakyat, supaya harga barang tidak melambung, yang mengakibatkan hiperinflasi.
Maaf, saya lupa nomor keputusannya, mungkin ada rekan dan member, atau mungkin om NR yang berkenan koreksi atau menambahkan posting saya ini.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 397
- Joined: Sun Sep 23, 2012 11:48
Re: Anda pake bbm subsidi ato tidak?
Ane sih mau2 aja naik angkot... Asal aman.
Ane kerja bawa laptop dan gadget.... Kalo naik angkot ane takut... Hahaha
Mending naik motor. Walaupun ada resiko di jalan, ane merasa lebih aman drpd naik angkot
Itulah, naik kendaraan pribadi jauh lebih baik drpd angkot.
Itu masalahnya. Naik angkot itu TIDAK AMAN.
Kalo mau rakyat naik angkot, yah dibikin aman dan nyaman dulu dong.
Masa kalah ama negri Jiran? Ane swaktu disana naik angkot amat sangat nyaman...
Ane kerja bawa laptop dan gadget.... Kalo naik angkot ane takut... Hahaha
Mending naik motor. Walaupun ada resiko di jalan, ane merasa lebih aman drpd naik angkot
Itulah, naik kendaraan pribadi jauh lebih baik drpd angkot.
Itu masalahnya. Naik angkot itu TIDAK AMAN.
Kalo mau rakyat naik angkot, yah dibikin aman dan nyaman dulu dong.
Masa kalah ama negri Jiran? Ane swaktu disana naik angkot amat sangat nyaman...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Anda pake bbm subsidi ato tidak?
@Om Ecco,
Saya nggak menggurui orang soal capex, tapi ada orang yang merasa bikin kilang itu gampang dan murah.
Tahukah anda, KRL di jepang sangat bisa diandalkan. Dan jaringan kereta di Eropa juga sangat baik..Saya baru tau dari acara top gear yang merupakan acara pecinta otomotif. Jadi Transportasi umum yang baik itu bisa dibuat dan harus dibangun dari sekarang.
Pembangunan transportasi umum itu butuh dana besar dan anggaran potensi paling besar adalah dengan anggaran dari subsidi BBM yang nilainya 300T setahun. Angkutan sekarang ngetem itu karena mereka tidak mencontoh sistem busway, dan pemerintah tidak memberikan tempat yang layak untuk berhenti. Misal di tanah abang itu nggak ada Terminal sebenarnya akhirnya ya memakan badan jalan.
Kenapa subsidi bbm harus dihapus, karena orang lihat dari sisi tarif dan waktu tempuh. Angkutan umum harus dibangun jalur sendiri dan bebas hambatan, dan biaya pembangunan nya tidak murah. Kita beri insentif yang besar ke angkutan umum, dan kita berikan disinsentif ke mobil pribadi dengan mencabut subsidi. Misalkan biaya Rp 80 ribu anda akan naik menjadi 160 rb besok dengan kenaikan BBM, dan biaya 40 rb anda tetap dengan angkutan umum dengan progress tiap bulan bus / keretanya ditambah. Pasti anda akan pindah ke angkutan umum.
Saya pengguna KRL dan kopaja yang masih geram dengan kelakuan sopir nya. Kalau anda bergabung, Kita bikin petisi agar kopaja itu diganti sistemnya dengan sistem busway yaitu ada headway 3 menit sekali di jam sibuk.
KRL itu akan dibuat headway nya 3 menit sekali, tapi terhambat karena ada banyak perlintasan sebidang. Disini muncul konflik antara pribadi dan umum. Kalau jalur kereta dibuat melayang, butuh biaya besar. Tapi ada jalur layang, pribadi juga lebih lancar jalannya, selisih harga bbm akan terbayar dengan waktu tempuh dan efisiensi BBM yang besar. Dan subsidi nya dialihkan ke subsidi transportasi umum supaya semua orang bisa menikmati subsidi sesungguhnya.
Saya nggak menggurui orang soal capex, tapi ada orang yang merasa bikin kilang itu gampang dan murah.
Tahukah anda, KRL di jepang sangat bisa diandalkan. Dan jaringan kereta di Eropa juga sangat baik..Saya baru tau dari acara top gear yang merupakan acara pecinta otomotif. Jadi Transportasi umum yang baik itu bisa dibuat dan harus dibangun dari sekarang.
Pembangunan transportasi umum itu butuh dana besar dan anggaran potensi paling besar adalah dengan anggaran dari subsidi BBM yang nilainya 300T setahun. Angkutan sekarang ngetem itu karena mereka tidak mencontoh sistem busway, dan pemerintah tidak memberikan tempat yang layak untuk berhenti. Misal di tanah abang itu nggak ada Terminal sebenarnya akhirnya ya memakan badan jalan.
Kenapa subsidi bbm harus dihapus, karena orang lihat dari sisi tarif dan waktu tempuh. Angkutan umum harus dibangun jalur sendiri dan bebas hambatan, dan biaya pembangunan nya tidak murah. Kita beri insentif yang besar ke angkutan umum, dan kita berikan disinsentif ke mobil pribadi dengan mencabut subsidi. Misalkan biaya Rp 80 ribu anda akan naik menjadi 160 rb besok dengan kenaikan BBM, dan biaya 40 rb anda tetap dengan angkutan umum dengan progress tiap bulan bus / keretanya ditambah. Pasti anda akan pindah ke angkutan umum.
Saya pengguna KRL dan kopaja yang masih geram dengan kelakuan sopir nya. Kalau anda bergabung, Kita bikin petisi agar kopaja itu diganti sistemnya dengan sistem busway yaitu ada headway 3 menit sekali di jam sibuk.
KRL itu akan dibuat headway nya 3 menit sekali, tapi terhambat karena ada banyak perlintasan sebidang. Disini muncul konflik antara pribadi dan umum. Kalau jalur kereta dibuat melayang, butuh biaya besar. Tapi ada jalur layang, pribadi juga lebih lancar jalannya, selisih harga bbm akan terbayar dengan waktu tempuh dan efisiensi BBM yang besar. Dan subsidi nya dialihkan ke subsidi transportasi umum supaya semua orang bisa menikmati subsidi sesungguhnya.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Anda pake bbm subsidi ato tidak?
Mudah2 an program tranportasi massal JokoHok benar2 bisa terlaksana dgn komprehensif dah
Kalo di negara lain naek MRT rasanya sediihhhhh........knp di Jkt gak ada MRT
Sy termasuk org yg bersedia bayar tiket MRT agak tinggi asal MRT bisa spt Singapore
Utk pengamanan asal ada niat dr manjemen sih bisa, hire aja pensiunan Paspampres / org ex angkatan utk training / koordinasi sistem kemanan penumpang
Udah itu persh pengelola MRT bisa IPO / nerbitin obligasi, utk pendanaan expansi
Space di stasiun dapat income dr papan iklan / sewa food stall / minimarket
Kalo di negara lain naek MRT rasanya sediihhhhh........knp di Jkt gak ada MRT
Sy termasuk org yg bersedia bayar tiket MRT agak tinggi asal MRT bisa spt Singapore
Utk pengamanan asal ada niat dr manjemen sih bisa, hire aja pensiunan Paspampres / org ex angkatan utk training / koordinasi sistem kemanan penumpang
Udah itu persh pengelola MRT bisa IPO / nerbitin obligasi, utk pendanaan expansi
Space di stasiun dapat income dr papan iklan / sewa food stall / minimarket
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2269
- Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
- Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT
Re: Anda pake bbm subsidi ato tidak?
om, kalo MRT jadi terlaksana, kira2 penumpang disubsidi ngga ya? (murah meriah maksudnya). maklum, pikiran saya subsidiiiiiii terus. hehehe. kan nyerempet judul trit ini. 

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Anda pake bbm subsidi ato tidak?
Soal pembangunan kilang..........itu menyangkut soal ketahanan Energy / cadangan strategis BBM.suatu negara
Baru aja seminggu yg lalu di koran dibahas bahwa cadangan BBM Indonesia cuman berapa minggu ?
Sementara negara2 yg Good Governance punya cadangan BBM sampe 3 bulan or lebih
Negara besar dgn penduduk banyak spt kita, self sufficient dlm pengadaan BBM adalah sgt penting dan bermakna strategis
Jadi........maaf.......saya rasa sangatlah dangkal jika kita melihat pembangunan kilang itu semata dr soal untung rugi dlm trading aja, walau tentunya memang dlm operasi rutin si kilang harus bisa mencetak profit
hehehehe

Baru aja seminggu yg lalu di koran dibahas bahwa cadangan BBM Indonesia cuman berapa minggu ?
Sementara negara2 yg Good Governance punya cadangan BBM sampe 3 bulan or lebih
Negara besar dgn penduduk banyak spt kita, self sufficient dlm pengadaan BBM adalah sgt penting dan bermakna strategis
Jadi........maaf.......saya rasa sangatlah dangkal jika kita melihat pembangunan kilang itu semata dr soal untung rugi dlm trading aja, walau tentunya memang dlm operasi rutin si kilang harus bisa mencetak profit
hehehehe

* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Anda pake bbm subsidi ato tidak?
Ya kalau butuh bangun kilang cuma mengandalkan pajak, bisa repot nanti pajak bumi dan bangunan kita mau jadi berapa? Kalau berhutang trus mau cicil bunga berapa puluh tahun lagi? Padahal potensi dana besar itu dari subsidi BBM. Makanya keuntungan pemerintah jual BBM bisa dipakai untuk membangun kilang.
Trus saya merasa aneh ya.
Kita transportasi umum baik, tapi itu kan butuh proses ya. dari tender sampai Pengadaan bus saja bisa setahun.
Trus kenapa ada yang usul langsung cabut subsidi 100 persen?
Tapi ada juga yang tidak mau subsidi dicabut. Kalau gitu bagaimana kita bisa bangun transportasi umum dan infrastruktur nya. Jadi kita tahu solusinya, tapi nggak mau melaksanakannya.
Trus saya merasa aneh ya.
Kita transportasi umum baik, tapi itu kan butuh proses ya. dari tender sampai Pengadaan bus saja bisa setahun.
Trus kenapa ada yang usul langsung cabut subsidi 100 persen?
Tapi ada juga yang tidak mau subsidi dicabut. Kalau gitu bagaimana kita bisa bangun transportasi umum dan infrastruktur nya. Jadi kita tahu solusinya, tapi nggak mau melaksanakannya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Anda pake bbm subsidi ato tidak?
kenyataannya, saat ini transportasi massal yg nyaman blom tersedia, dan sementara ini beli bbm subsidi bukan tindakan kriminal..
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Anda pake bbm subsidi ato tidak?
Pendanaan utk pengembangan MRT bisa lewat pasar modal
Namun memang benar harga BBM sedikit byk akan berdampak kpd animo thd MRT
Tapi kalo utk kasus Jkt ini, MRT tepat waktu udah jadi kebutuhan, di samping faktor kenyamanan bagi yg gak punya supir
Kalo sy sih seneng naik kereta krn bisa santai sambil baca2 berita / message, kalo nyetir kan ga mungkin, macet2 an bikin cape dan bete
Kalo dah ada MRT yg bagus, sy sih setuju aja dgn penerapan ERP pd jam2 sibuk di jalan2 tertentu
Namun memang benar harga BBM sedikit byk akan berdampak kpd animo thd MRT
Tapi kalo utk kasus Jkt ini, MRT tepat waktu udah jadi kebutuhan, di samping faktor kenyamanan bagi yg gak punya supir
Kalo sy sih seneng naik kereta krn bisa santai sambil baca2 berita / message, kalo nyetir kan ga mungkin, macet2 an bikin cape dan bete
Kalo dah ada MRT yg bagus, sy sih setuju aja dgn penerapan ERP pd jam2 sibuk di jalan2 tertentu
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Anda pake bbm subsidi ato tidak?
Sy cuma mau komentar dikit sj ...krn ahli nya sdh byk ...sisakan sedikit baris u kalimat sy ...smg masih muat
Cina (skrg sy lbh suka sebut zhonghua) sekapitalistik apapun ...tetap sj dia adalah negara komunis ...ada price control u hal tertentu (ipar sy sejak belasan thn lalu sdh tdk lg warga new caledonia ...dia jadi warga zhonghua n tinggal beijing sbg real estate broker) n sy sering bicara bicara dia ttg property pricing ..
Apa yg bikin zhonghua sukses dlm membangun public infrastructure ...transport dlm hal ini adalah
Sifat komunalistik komunis yg dimana mana utamakan kaum pekerja (buruh), tani ...bahkan north korea juga bagus mass transportation nya
Kaum utama tersebut hrs dimudahkan pergi n pulang rumah n tempat kerja .
Kaun utama tersebut hrs nudah baca tulis spy bisa ngerti pesan pesan propaganda resmi
Semua tanah adalah milik negara n rakyat hanya bole punya tempat tinggal diatas milik negara tsb sehingga tempat tinggal kedua ketiga dst ...bole di jual beli
Sehingga harga tanah ditentukan sendiri govt.dan sewaktu waktu tanah bisa diminta negara u hal apapun ...mrk yg tergusur tdk dpt kompensasi uang tapi diwujudkan dlm bentuk ...rumah tinggal. govt zhonghua tdk bgt pusing dgn property price bubble krn land sales price nya fix (siapa berani sewakan empty land will be liable for serious criminal prosecution). Hanya negara yg be sewaksn empty land ...komunis lain juga bgt trmsk vietnam n cuba
Nah skrg ttg aturan tritura itu hanya berupa aturan eksekutorial nya seperti bubarkan pki itu tgl 12 march 66 dan utk subsidi bbm pertama x di umumkan tgl satu april 1969 bersamaan dgn mulainya five year dev plan stage-1 oleh state interior minister brig gen basuki rahnat ...sesaat sblm dia mati gagal jantung ...dan subdidi itu gunakan 20% state revenue
Cina (skrg sy lbh suka sebut zhonghua) sekapitalistik apapun ...tetap sj dia adalah negara komunis ...ada price control u hal tertentu (ipar sy sejak belasan thn lalu sdh tdk lg warga new caledonia ...dia jadi warga zhonghua n tinggal beijing sbg real estate broker) n sy sering bicara bicara dia ttg property pricing ..
Apa yg bikin zhonghua sukses dlm membangun public infrastructure ...transport dlm hal ini adalah
Sifat komunalistik komunis yg dimana mana utamakan kaum pekerja (buruh), tani ...bahkan north korea juga bagus mass transportation nya
Kaum utama tersebut hrs dimudahkan pergi n pulang rumah n tempat kerja .
Kaun utama tersebut hrs nudah baca tulis spy bisa ngerti pesan pesan propaganda resmi
Semua tanah adalah milik negara n rakyat hanya bole punya tempat tinggal diatas milik negara tsb sehingga tempat tinggal kedua ketiga dst ...bole di jual beli
Sehingga harga tanah ditentukan sendiri govt.dan sewaktu waktu tanah bisa diminta negara u hal apapun ...mrk yg tergusur tdk dpt kompensasi uang tapi diwujudkan dlm bentuk ...rumah tinggal. govt zhonghua tdk bgt pusing dgn property price bubble krn land sales price nya fix (siapa berani sewakan empty land will be liable for serious criminal prosecution). Hanya negara yg be sewaksn empty land ...komunis lain juga bgt trmsk vietnam n cuba
Nah skrg ttg aturan tritura itu hanya berupa aturan eksekutorial nya seperti bubarkan pki itu tgl 12 march 66 dan utk subsidi bbm pertama x di umumkan tgl satu april 1969 bersamaan dgn mulainya five year dev plan stage-1 oleh state interior minister brig gen basuki rahnat ...sesaat sblm dia mati gagal jantung ...dan subdidi itu gunakan 20% state revenue
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Anda pake bbm subsidi ato tidak?
Tarif MRT tanpa subsidi itu mencapai Rp 38.000. Pemerintah mau mensubsidi tapi masih di level 18 ribu. Inginnya sampai di level RP 8500. Tapi sayang nya anggaran nya sudah habis. Makanya disitu perlu pengalihan subsidi BBM ke subsidi MRT.
Sebagai perbandingan Subsidi PSO kereta api 2014 hanya sekitar 1,224 triliun rupiah. Sebenarnya hanya uang receh dibanding subsidi BBM 300T. Walaupun MRT dan monorel itu swasta, tapi pemerintah harus menjamin swasta balik modal.
Untuk jaman tritura, subsidi itu nilainya kecil, karena jumlah mobil juga sedikit. Dan itu diperlukan supaya orang bisa memulai usaha lagi. Nah sekarang terbukti subsidi BBM terbuang percuma hanya untuk kemacetan di jakarta, pantura, dan jalan rusak TRans sumatera yang rusak butuh perbaikan. Karena itu subsidi BBM untuk pribadi sudah saat nya dialihkan. Subsidi bukan haram, tapi subsidi adalah power untuk mengatur pembangunan infrastruktur.
Dalam hal china, pemerintah bisa mengutamakan pembangunan perumahan, transportasi, dari dana subsidi BBM. Tanpa subsidi BBM di china saja mobil makin banyak, apalagi kalau masih disubsidi.
"Pencairan FLPP sampai akhir 2013 mencapai 81,70% dari Rp 7,34 triliun total dana yang ditargetkan selama 2013 dan sisa dana yang belum terserap pada 2012."
7 Triliun dibanding 300T itu sangat kecil. Jadi manfaat nya jauh lebih besar daripada habis jadi panas, macet dan asap CO CO2 SO2 dan unburned hydrocarbon di jalan.
Sebagai perbandingan Subsidi PSO kereta api 2014 hanya sekitar 1,224 triliun rupiah. Sebenarnya hanya uang receh dibanding subsidi BBM 300T. Walaupun MRT dan monorel itu swasta, tapi pemerintah harus menjamin swasta balik modal.
Untuk jaman tritura, subsidi itu nilainya kecil, karena jumlah mobil juga sedikit. Dan itu diperlukan supaya orang bisa memulai usaha lagi. Nah sekarang terbukti subsidi BBM terbuang percuma hanya untuk kemacetan di jakarta, pantura, dan jalan rusak TRans sumatera yang rusak butuh perbaikan. Karena itu subsidi BBM untuk pribadi sudah saat nya dialihkan. Subsidi bukan haram, tapi subsidi adalah power untuk mengatur pembangunan infrastruktur.
Dalam hal china, pemerintah bisa mengutamakan pembangunan perumahan, transportasi, dari dana subsidi BBM. Tanpa subsidi BBM di china saja mobil makin banyak, apalagi kalau masih disubsidi.
"Pencairan FLPP sampai akhir 2013 mencapai 81,70% dari Rp 7,34 triliun total dana yang ditargetkan selama 2013 dan sisa dana yang belum terserap pada 2012."
7 Triliun dibanding 300T itu sangat kecil. Jadi manfaat nya jauh lebih besar daripada habis jadi panas, macet dan asap CO CO2 SO2 dan unburned hydrocarbon di jalan.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Anda pake bbm subsidi ato tidak?
Faboulous..!newrubble wrote:Sy cuma mau komentar dikit sj ...krn ahli nya sdh byk ...sisakan sedikit baris u kalimat sy ...smg masih muat
Cina (skrg sy lbh suka sebut zhonghua) sekapitalistik apapun ...tetap sj dia adalah negara komunis ...ada price control u hal tertentu (ipar sy sejak belasan thn lalu sdh tdk lg warga new caledonia ...dia jadi warga zhonghua n tinggal beijing sbg real estate broker) n sy sering bicara bicara dia ttg property pricing ..
Apa yg bikin zhonghua sukses dlm membangun public infrastructure ...transport dlm hal ini adalah
Sifat komunalistik komunis yg dimana mana utamakan kaum pekerja (buruh), tani ...bahkan north korea juga bagus mass transportation nya
Kaum utama tersebut hrs dimudahkan pergi n pulang rumah n tempat kerja .
Kaun utama tersebut hrs nudah baca tulis spy bisa ngerti pesan pesan propaganda resmi
Semua tanah adalah milik negara n rakyat hanya bole punya tempat tinggal diatas milik negara tsb sehingga tempat tinggal kedua ketiga dst ...bole di jual beli
Sehingga harga tanah ditentukan sendiri govt.dan sewaktu waktu tanah bisa diminta negara u hal apapun ...mrk yg tergusur tdk dpt kompensasi uang tapi diwujudkan dlm bentuk ...rumah tinggal. govt zhonghua tdk bgt pusing dgn property price bubble krn land sales price nya fix (siapa berani sewakan empty land will be liable for serious criminal prosecution). Hanya negara yg be sewaksn empty land ...komunis lain juga bgt trmsk vietnam n cuba
Nah skrg ttg aturan tritura itu hanya berupa aturan eksekutorial nya seperti bubarkan pki itu tgl 12 march 66 dan utk subsidi bbm pertama x di umumkan tgl satu april 1969 bersamaan dgn mulainya five year dev plan stage-1 oleh state interior minister brig gen basuki rahnat ...sesaat sblm dia mati gagal jantung ...dan subdidi itu gunakan 20% state revenue

Yap, transportasi massal di Pyongyang atau kota di Korea Utara yang masih komunis kolot terisolir pun, masih mengakomodasi mobilitas pekerja dan warga dengan baiknya.
Itu negara yang sangat tertutup.
Jadi, sebenarnya hanya butuh keseriusan pemerintah saja untuk menghapus beban bbm melalui investasi jangka panjang pro rakyat yang dalam bentuk: Mass rapid transportation.
Trima kasih om NR, sudah berkenan memberi pencerahan..!

Dan, untuk yang memang ngga setuju subsidi bbm, monggo.. Seharusnya kemarin mencalonkan diri maju sebagai anggota legislasi agar bisa mencabut ketetapan subsidi sejak jaman 1969 tersebut. Karena memang produk hukum itulah yang harus dicabut terlebih dahulu, untuk bisa menyelamatkan anggaran dan mengalihkannya pada mass rapid transport.
IMHO, kalau mempunyai wawasan luas seperti itu oom, tapi engga diwujudkan melalui jalur hukum yang tepat sesuai kaidah demokrasi, yaaa....bagaimana mau diwujudkan? Negara ini butuh pemikir pemikir cerdas yang aplikatif, lho om...

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "