wah mohon maaf, ane gak bermaksud personal attack sama sekali lho... justru enak diskusi sama om helm kok...
nampaknya ada beda persepsi 'seru' antara om helm dan ane, bagi ane 'seru' itu kalo bertarung di kelas yg mirip, cc yg mirip, dimensi interior dan eksterior yg mirip. kalau market share dan spare part hanyalah akibat saja, jadi gak ada korelasi langsung. Nampaknya disini yg bikin om helm bingung yah? sama om, saya juga bingung nge-jelasinnya... hehehe....
Seru versi saya:
CRV 2.0 vs CX-5 2.0, jelas seru, tapi kalo CRV 2.4 vs CX-5 2.0, ya kurang serulah. Data yg om kutip dari edmunds.com itu hanyalah data uji yg sangat spesifik kondisinya, yaitu jalan lurus, gas pol, sopir doang. Tapi kalo misalnya muatan diisi penuh, jalan nanjak, kec.tinggi, maka mesin 2000cc pasti lebih ngos-ngosan (rpm lebih tinggi) daripada mesin CRV 2.4.
Contoh: Camry 2.4 vs Accord 2.4 vs Teana 2.5 vs Mazda6 2.5 , jelas seru banget ini... tapi kalo misalnya di-compare sama Ford Focus 2.0, ya agak kurang serulah, secara kelasnya beda gitu loch, ada yg cari lega, ada yg cari performa, mungkin saja akselerasi Focus 2.0 lebih kencang daripada Camry, cuma yg beli Camry nyari kelegaan kan ok juga, gak seru man....
Contoh lain: Fortuner 2.5 Diesel vs CRV 2.4, ini gak bakalan seru banget, yg seneng solar ya pilih Fortie, yg seneng bensin ya pilih CRV, gak seru kan? keputusan langsung kilat.
Yang seru itu kalo kita masih bingung2 milih mana dan beda2 tipis... misal X-Trail 2.5 vs CRV 2.4, 170ps vs 190 ps, 5-seater, jadi musti bener2 check second opinion, third opinion, fourth opinion... itu namanya SERU!
So, seandainya CX-5 2.5 bakal masuk... nah inilah lawan sejati CRV 2.4. bisa saja penjualan CX-5 2.5 booming mengalahkan CRV 2.4. Seru!
Contoh yang gak seru lainnya: Suzuki GV 2.4 vs CRV 2.4, kurang serulah, harganya juga beda jauh. Kasus yg sama CX-5 2.0 vs Mitsu OS 2.0, kurang greget gitu deh, selisih harga hampir 100jt. Gak usah di-compare performance, ini sih urusan kantong masing-masing, kalo ada budget pasti bakal ambil CX-5, tapi kalo dibatasi budget maka tutup mata sama CX-5, cari lawan lain yg lebih seru misalnya Subaru XV 2.0 yg notabene beda harganya tidak sejauh CX-5.
Soal sparepart Honda yg ternyata musti nunggu 2 bln, ya begitulah, kita sbg konsumen selalu ada di pihak yg lemah. Kejadian kayak gitu bisa terjadi di merk apapun, tetapi peluang terjadi di model yg 'pasaran' tentunya lebih kecil.
Demikian semoga lebih clear.... no personal offense ya...
AD74YA wrote:
Jangan menjurus ke personal attack ah... Saya beneran penasaran soalnya... Kita kan sama-sama belajar disini.. Dan saya dapat hal yang cukup menarik...
Saya mencoba menarik Korelasi antara
Nah...... Pertanyaan saya... Yang bikin saya nggak nangkap adalah... Korelasi antara "Seru" dengan "Market Share, dan Sparepart".....
Definisi seru itu apa? Itu pertanyaan pertama saya.. Mungkin jawabannya akan memperjelas... Saya sih berharap oom menjawabnya tidak dengan subjektifitas, karena argumennya jadi invalid untuk didiskusikan.
Kalau alibinya size yang berbeda maka gak seru, coba kita lihat komparasi CRV dengan CX5 saja jangan dengan OS dan Fortuner.. Jelas2 mereka berdua berada di 1 kelas CUV bersama Escape dan Xtrail.
Kalau menurut saya yang seru itu ya... Contohnya ya..:
Waktu 0-60 : (source : Edmunds.com)
CRV 2.4 gen 4 = 9,4 detik
CX-5 2.0 = 9,7 detik
Kok bisa? Padahal CX-5 lebih berat 100 kg dan cc nya kalah 400..
Atau CRV 2400cc kok bisa irit banget, mungkin malah bisa nyamain iritnya CX5, padahal lebih besar 400cc..
Nah itu menurut saya definisi "wajar dan seru".. Masuk akal kan?...
Nah... Sekarang saya pengen tau korelasi antara market share dengan seru itu sebenernya gimana sih? Apakah ketersediaan parts slow moving saja kah? Kalau ketersediaan parts saya bisa argumen karena di CRV gen 3 saya dulu nunggu pilar A mobil sampai 2 bulan akhirnya pesen sama poeticmind..
Maaf nubie banyak bertanya...
Disaat ga jauh dari mau tuker, saya baru saja mengalami selip di CRV gen 3 karena VSA nya salah baca sehingga roda ngelock (pernah saya share disini).. Accord VTI-L yang saya coba memberikan sensasi yang persis sama ketika nyetir CRV jadi masih trauma.. Dan Safety features nya rendah banget.. jadi ga jadi beli... Camry tentunya juga sama. Nah Teana cukup menggoda, tapi selain safety nya kalah jauh dengan Mazda6, Teana pakai CVT (bukan selera)... Jadinya ya Mazda lagi... Padahal pilihan logisnya Accord pada saat itu..
Seru kan?
=== 2ZR-FXE, L15Z1, K24Z9, MZR L 2.0, L15A7, 3.6L V6, 2.5 LCV, 2.4L G4KC, 2.0 TDI, K3-VE, 1.8 Nu MPi, 1.4L, 2TR-FE, QR25DE, SR20DE, 2.6 V6, W124 M103, 1.8 7K, 1.3 2E