Break in kan gak boleh Top Speed ya omTurboman wrote:Break in period pasti ada utk mobil2 / mesin2 mass production
kemaren update ama Hopeng yg punya VNT, odo dia udah 2900 Km dan suara tektektek udah gak terdengar lagi, tapi solar campur CRC 1Tank P renew dan oli mesin pakai Mobil Delvac1 sii
Fortuner VNT manual - mohon pencerahan
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
-
nugroho bagor
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 5508
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D Matic
Re: Fortuner VNT manual - mohon pencerahan
-
Penikmat_Kopi
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1372
- Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39
Re: Fortuner VNT manual - mohon pencerahan
Terima kasih infonya Pak TurbomanTurboman wrote:Break in period pasti ada utk mobil2 / mesin2 mass production
kemaren update ama Hopeng yg punya VNT, odo dia udah 2900 Km dan suara tektektek udah gak terdengar lagi, tapi solar campur CRC 1Tank P renew dan oli mesin pakai Mobil Delvac1 sii
-
htannis
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Fortuner VNT manual - mohon pencerahan
Iya gak boleh, tapi kl 10 kmh sebelum topspeed boleh lahnugroho bagor wrote:Break in kan gak boleh Top Speed ya om
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
jco
- Member of Senior Mechanic

- Posts: 192
- Joined: Tue Sep 25, 2012 6:26
Re: Fortuner VNT manual - mohon pencerahan
htannis wrote:Iya gak boleh, tapi kl 10 kmh sebelum topspeed boleh lahnugroho bagor wrote:Break in kan gak boleh Top Speed ya om
-
Deasegara
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: Fortuner VNT manual - mohon pencerahan
Kalo yg diluar Jakarta macam di Surabaya, Malang, Padang dll dari pelabuhan dah digeber abiz di tol ma drivernya, katanya sih biar terekam oleh ECU, pas nyampe ke customer waktu dibejek ECUnya langsung tanggap gak bego-bego lagi he...he...Apalagi yg di Padang pengiriman lewat darat Palembang-Jambi-Padang suka dipake ngompreng ma drivernya. Mangkalnya di restoran di Jambi, suka cari penumpang tuh disana he...he....Jadi sudah di break in duluan ma si sopir.....nugroho bagor wrote:Break in kan gak boleh Top Speed ya omTurboman wrote:Break in period pasti ada utk mobil2 / mesin2 mass production
kemaren update ama Hopeng yg punya VNT, odo dia udah 2900 Km dan suara tektektek udah gak terdengar lagi, tapi solar campur CRC 1Tank P renew dan oli mesin pakai Mobil Delvac1 sii
-
Penikmat_Kopi
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1372
- Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39
Re: Fortuner VNT manual - mohon pencerahan
Iya, kata teman saya juga gitu Om, biar terekam ECU. Kebetulan dia tinggal di bandung, dibawa tuh mobil bandung - jakarta (dan dipake muter tol dalam kota sampai airport), langsung pp, sekitar 450 km - 500 km pp, bejek-bejekan di tol katanya. Cuma masalahnya, kalau rpm ketinggian di tol mobilnya kekencengan juga jalannya, lah tol-nya nggak selalu lengang hahaha. Tapi emang mobil dia abis itu nggak ada nglitik-nglitiknya. Emang bener gitu ya seharusnya?Deasegara wrote:Kalo yg diluar Jakarta macam di Surabaya, Malang, Padang dll dari pelabuhan dah digeber abiz di tol ma drivernya, katanya sih biar terekam oleh ECU, pas nyampe ke customer waktu dibejek ECUnya langsung tanggap gak bego-bego lagi he...he...Apalagi yg di Padang pengiriman lewat darat Palembang-Jambi-Padang suka dipake ngompreng ma drivernya. Mangkalnya di restoran di Jambi, suka cari penumpang tuh disana he...he....Jadi sudah di break in duluan ma si sopir.....nugroho bagor wrote:Break in kan gak boleh Top Speed ya omTurboman wrote:Break in period pasti ada utk mobil2 / mesin2 mass production
kemaren update ama Hopeng yg punya VNT, odo dia udah 2900 Km dan suara tektektek udah gak terdengar lagi, tapi solar campur CRC 1Tank P renew dan oli mesin pakai Mobil Delvac1 sii
-
Deasegara
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: Fortuner VNT manual - mohon pencerahan
kemaren update ama Hopeng yg punya VNT, odo dia udah 2900 Km dan suara tektektek udah gak terdengar lagi, tapi solar campur CRC 1Tank P renew dan oli mesin pakai Mobil Delvac1 sii[/quote]
Break in kan gak boleh Top Speed ya om
[/quote]
Kalo yg diluar Jakarta macam di Surabaya, Malang, Padang dll dari pelabuhan dah digeber abiz di tol ma drivernya, katanya sih biar terekam oleh ECU, pas nyampe ke customer waktu dibejek ECUnya langsung tanggap gak bego-bego lagi he...he...Apalagi yg di Padang pengiriman lewat darat Palembang-Jambi-Padang suka dipake ngompreng ma drivernya. Mangkalnya di restoran di Jambi, suka cari penumpang tuh disana he...he....Jadi sudah di break in duluan ma si sopir.....
[/quote]
Iya, kata teman saya juga gitu Om, biar terekam ECU. Kebetulan dia tinggal di bandung, dibawa tuh mobil bandung - jakarta (dan dipake muter tol dalam kota sampai airport), langsung pp, sekitar 450 km - 500 km pp, bejek-bejekan di tol katanya. Cuma masalahnya, kalau rpm ketinggian di tol mobilnya kekencengan juga jalannya, lah tol-nya nggak selalu lengang hahaha. Tapi emang mobil dia abis itu nggak ada nglitik-nglitiknya. Emang bener gitu ya seharusnya?[/quote]
Seharusnya yg bener ikuti buku panduan dari pabrik, ECU diajari pelan-pelan sampai waktunya nanti (km tertentu) dia juga akan pintar sendiri. Kalo mobil masih baru kan clearance antara rotor dan stator, piston dan cylinder atau bagian yg sifatnya reciprocating/gerak bolak balik kan masih rapat sekali, jadi perlu perlakuan yg smooth, naik speednya gradually. Saya rasa hasilnya akan lebih baik. Pada kondisi begini thermal growth/thermal expansion dari metal akan sangat cepat sehingga friction metal to metal juga akan semakin besar, jadi selow-selow aja dulu bawanya he...he...he...
Break in kan gak boleh Top Speed ya om
Kalo yg diluar Jakarta macam di Surabaya, Malang, Padang dll dari pelabuhan dah digeber abiz di tol ma drivernya, katanya sih biar terekam oleh ECU, pas nyampe ke customer waktu dibejek ECUnya langsung tanggap gak bego-bego lagi he...he...Apalagi yg di Padang pengiriman lewat darat Palembang-Jambi-Padang suka dipake ngompreng ma drivernya. Mangkalnya di restoran di Jambi, suka cari penumpang tuh disana he...he....Jadi sudah di break in duluan ma si sopir.....
Iya, kata teman saya juga gitu Om, biar terekam ECU. Kebetulan dia tinggal di bandung, dibawa tuh mobil bandung - jakarta (dan dipake muter tol dalam kota sampai airport), langsung pp, sekitar 450 km - 500 km pp, bejek-bejekan di tol katanya. Cuma masalahnya, kalau rpm ketinggian di tol mobilnya kekencengan juga jalannya, lah tol-nya nggak selalu lengang hahaha. Tapi emang mobil dia abis itu nggak ada nglitik-nglitiknya. Emang bener gitu ya seharusnya?[/quote]
Seharusnya yg bener ikuti buku panduan dari pabrik, ECU diajari pelan-pelan sampai waktunya nanti (km tertentu) dia juga akan pintar sendiri. Kalo mobil masih baru kan clearance antara rotor dan stator, piston dan cylinder atau bagian yg sifatnya reciprocating/gerak bolak balik kan masih rapat sekali, jadi perlu perlakuan yg smooth, naik speednya gradually. Saya rasa hasilnya akan lebih baik. Pada kondisi begini thermal growth/thermal expansion dari metal akan sangat cepat sehingga friction metal to metal juga akan semakin besar, jadi selow-selow aja dulu bawanya he...he...he...
-
Penikmat_Kopi
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1372
- Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39
Re: Fortuner VNT manual - mohon pencerahan
Hehehe kayaknya sih bener yg bawa pelan-pelan dulu ya. Kalau saya karena di jakarta jadi ya bermacet-macet, emang harus slow-slow bawanya, maju dikit... brenti...maju dikit... brenti lagi...... pake pegel pulak, maklumlah transmisi manual hehehehehe.
Baru bisa agak kenceng dikit kalau udah lewat yg macet-macet dan dicoba buat nyalip-nyalip ternyata OK .....wuuuttttt wuuuuttttttt wuuuuutttttt... akslerasinya mantep nih.
Baru bisa agak kenceng dikit kalau udah lewat yg macet-macet dan dicoba buat nyalip-nyalip ternyata OK .....wuuuttttt wuuuuttttttt wuuuuutttttt... akslerasinya mantep nih.

