kemaren update ama Hopeng yg punya VNT, odo dia udah 2900 Km dan suara tektektek udah gak terdengar lagi, tapi solar campur CRC 1Tank P renew dan oli mesin pakai Mobil Delvac1 sii[/quote]
Break in kan gak boleh Top Speed ya om

[/quote]
Kalo yg diluar Jakarta macam di Surabaya, Malang, Padang dll dari pelabuhan dah digeber abiz di tol ma drivernya, katanya sih biar terekam oleh ECU, pas nyampe ke customer waktu dibejek ECUnya langsung tanggap gak bego-bego lagi he...he...Apalagi yg di Padang pengiriman lewat darat Palembang-Jambi-Padang suka dipake ngompreng ma drivernya. Mangkalnya di restoran di Jambi, suka cari penumpang tuh disana he...he....Jadi sudah di break in duluan ma si sopir.....

[/quote]
Iya, kata teman saya juga gitu Om, biar terekam ECU. Kebetulan dia tinggal di bandung, dibawa tuh mobil bandung - jakarta (dan dipake muter tol dalam kota sampai airport), langsung pp, sekitar 450 km - 500 km pp, bejek-bejekan di tol katanya. Cuma masalahnya, kalau rpm ketinggian di tol mobilnya kekencengan juga jalannya, lah tol-nya nggak selalu lengang hahaha. Tapi emang mobil dia abis itu nggak ada nglitik-nglitiknya. Emang bener gitu ya seharusnya?[/quote]
Seharusnya yg bener ikuti buku panduan dari pabrik, ECU diajari pelan-pelan sampai waktunya nanti (km tertentu) dia juga akan pintar sendiri. Kalo mobil masih baru kan clearance antara rotor dan stator, piston dan cylinder atau bagian yg sifatnya reciprocating/gerak bolak balik kan masih rapat sekali, jadi perlu perlakuan yg smooth, naik speednya gradually. Saya rasa hasilnya akan lebih baik. Pada kondisi begini thermal growth/thermal expansion dari metal akan sangat cepat sehingga friction metal to metal juga akan semakin besar, jadi selow-selow aja dulu bawanya he...he...he...
