
Cuma pengen ngangetin otak sebelum pulang naik busway ke rumah...

Happy weekend, prends...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Agree Bro...alvika99 wrote:surya wrote:Lho.. yang ogut katakan adalah, pembeli DIPAKSA untuk membeli produk yang berada dalam rentang daya belinya... ogut gak sebut spesifik merk atau model tertentu loh.. jangan salah Om.. saya tidak anti Toyota kok..FortunerMan wrote:170 juta bisa beli Livina....lebih bagus kan? siapa yg maksa beli Avanza? Ada Exora. Coba jelaskan - dimana letak dipaksanyaMau Livina, tetap aja spec nya tdk sesuai harga
kalo soal dipaksa untuk membeli dalam rentang daya belinya sepertinya hal ini berlaku untuk semua barang di dunia ini yah.... that's life man...
Sampe berapa halaman nih kaga ngerti2 juga...doq wrote:setuju soal ini...........FortunerMan wrote:Pajak Indonesia dan Amerika lain - Indonesia jauh lebih tinggi. Susah banget ngertinya yanasywa azalia wrote:ya punya duit enaknya.... tp begini kita ilustrasikan, saya ambil contoh.. misalnya kita beli toyota si Amerika dengan uang 20rb dolar maka saya yakin kita bisa mendapat mobil lebih dari sekelas inovva dangan fitur yg jauh lebih lengkap, bandingkan dengan uang yg sama ketika kita membeli mobil toyota di indonesia dapat mobil apa kita ? kalo bicara jaringan servis dan lain lain saya yakin toyota di sana tidak kalah jauh dengan jaringan toyota di indonesia, bahkan mungkin pelayanannya jg bisa lebih baik dibanding toyota yg di pegang astra disini, itu yg saya maksud.. buka thread ini menyrang 1 merek, tp kita berharap bisa membelanjakan uang dan mendapatkan mobil yg tidak begitu jauh perbedaannya
klo perbandingan nya hanya antara harga jual di US vs INA, maka penjelasan nya sesederhana; komponen pajak yg berbeda jauh, lebih tinggi di kita.
tidak signifikan? masa seh.....?nasywa azalia wrote:Om komponen pajak memang mempengaruhi tapi, tidak begitu signifikan, karena sifatnya pajak berdasarkan harga jual, kalo harga jual sudah di tinggikan, maka pajakpun ikut tinggiFortunerMan wrote:Pajak Indonesia dan Amerika lain - Indonesia jauh lebih tinggi. Susah banget ngertinya yanasywa azalia wrote:ya punya duit enaknya.... tp begini kita ilustrasikan, saya ambil contoh.. misalnya kita beli toyota si Amerika dengan uang 20rb dolar maka saya yakin kita bisa mendapat mobil lebih dari sekelas inovva dangan fitur yg jauh lebih lengkap, bandingkan dengan uang yg sama ketika kita membeli mobil toyota di indonesia dapat mobil apa kita ? kalo bicara jaringan servis dan lain lain saya yakin toyota di sana tidak kalah jauh dengan jaringan toyota di indonesia, bahkan mungkin pelayanannya jg bisa lebih baik dibanding toyota yg di pegang astra disini, itu yg saya maksud.. buka thread ini menyrang 1 merek, tp kita berharap bisa membelanjakan uang dan mendapatkan mobil yg tidak begitu jauh perbedaannya
yah kok kabur...saya baru mau bahas argumen anda - org yg beli Livina dan Avanza = geblek/DIPAKSAFortunerMan wrote:ha ha ha...yg sesuai harganya cuman kendaraan yg anda senangi saja - selera dan kebutuhan orang lain anda anggap geblek, dipaksa. Bener2 lucusurya wrote:Lho.. yang ogut katakan adalah, pembeli DIPAKSA untuk membeli produk yang berada dalam rentang daya belinya... ogut gak sebut spesifik merk atau model tertentu loh.. jangan salah Om.. saya tidak anti Toyota kok..FortunerMan wrote:170 juta bisa beli Livina....lebih bagus kan? siapa yg maksa beli Avanza? Ada Exora. Coba jelaskan - dimana letak dipaksanyaMau Livina, tetap aja spec nya tdk sesuai harga
![]()
Jadi beli Avanza = geblek
beli Livina = geblek
beli Exora = geblek
Maaf, ogut kagak ngarti relevansinya Om.....VanzMatic wrote:Hahahaa, ngebandingin satu merk yang masih ijo, baru mendarat, bahkan baru sembuh dari anfaal di Amerika!
Fine!
Saya tipikal pembeli yang UMUM di INDONESIA. Remember ya! Jangan generalisir penduduk di Indonesia standarnya dengan standar bikinan Anda sendiri. Karena saya REALISTIS, dan hidup di dunia NYATA, bukan di dunia awang2 yang canggih nan mantap, nan reliable, berteknologi masa depan!
Anda beli saja itu GM. Duit Anda sendiri tokh?
Pakai saja.
Kalau ada apa-apa di luar kota? Gimana mau nemuin bengkelnya?
Gimana mau beli spare partnya?
Misalnya pas Anda sedang berada di Purwodadi, mobil canggih nan reliable Anda kena trobel, mau cari bengkel dan spare parts dimana?? Nunggu dari semarang?
Semarang juga nunggu dari Jakarta...![]()
![]()
Menang gaya canggih dan reliable doank, tapi terdampar di kota kecil dalam perjalanan ke luar kota, akhirnya pulang pakai kereta atau plane dari Semarang ke Jakarta lagi, mobil terdampar di kota kecil karena ngga ada dealernya dan sparepartnya???
Kalau saya mah ogah!![]()
Itu ibarat pepatah: Tikus mati di lumbung padi.
Bangun yaa..!
Indonesia BUKAN HANYA JAKARTA!
Takut ketinggal bus Om... maklum masih harus ngejar-ngejar bus nih..FortunerMan wrote:yah kok kabur...saya baru mau bahas argumen anda - org yg beli Livina dan Avanza = geblek/DIPAKSAFortunerMan wrote:ha ha ha...yg sesuai harganya cuman kendaraan yg anda senangi saja - selera dan kebutuhan orang lain anda anggap geblek, dipaksa. Bener2 lucu![]()
Jadi beli Avanza = geblek
beli Livina = geblek
beli Exora = geblek
hehehesurya wrote:Udahan dulu ya.. mohon maaf ikutan urun rembuk kasih pendapat.. semoga senior-senior SM seperti Om Fortuner gak tersinggung.. maklum pendapat pemula
Cuma pengen ngangetin otak sebelum pulang naik busway ke rumah...
Happy weekend, prends...
Relevansinya kebutuhan dan selera orang berbeda2, sehingga pilihan mobil pun berbeda. Yg berpikiran sempit/amatiran memang suka begitu - pilihan saya terbaik, pilihan org lain geblek/terpaksasurya wrote:Maaf, ogut kagak ngarti relevansinya Om.....VanzMatic wrote:Hahahaa, ngebandingin satu merk yang masih ijo, baru mendarat, bahkan baru sembuh dari anfaal di Amerika!
Fine!
Saya tipikal pembeli yang UMUM di INDONESIA. Remember ya! Jangan generalisir penduduk di Indonesia standarnya dengan standar bikinan Anda sendiri. Karena saya REALISTIS, dan hidup di dunia NYATA, bukan di dunia awang2 yang canggih nan mantap, nan reliable, berteknologi masa depan!
Anda beli saja itu GM. Duit Anda sendiri tokh?
Pakai saja.
Kalau ada apa-apa di luar kota? Gimana mau nemuin bengkelnya?
Gimana mau beli spare partnya?
Misalnya pas Anda sedang berada di Purwodadi, mobil canggih nan reliable Anda kena trobel, mau cari bengkel dan spare parts dimana?? Nunggu dari semarang?
Semarang juga nunggu dari Jakarta...![]()
![]()
Menang gaya canggih dan reliable doank, tapi terdampar di kota kecil dalam perjalanan ke luar kota, akhirnya pulang pakai kereta atau plane dari Semarang ke Jakarta lagi, mobil terdampar di kota kecil karena ngga ada dealernya dan sparepartnya???
Kalau saya mah ogah!![]()
Itu ibarat pepatah: Tikus mati di lumbung padi.
Bangun yaa..!
Indonesia BUKAN HANYA JAKARTA!![]()
*nyolot_mode is ON*
Ogut juga ngga ngerti, merk yang katanya reliable, canggih, tapi hanya bisa dipake di JAKARTA?surya wrote:Maaf, ogut kagak ngarti relevansinya Om.....![]()
*nyolot_mode is ON*
Siaaapp Ndan!!FortunerMan wrote:Relevansinya kebutuhan dan selera orang berbeda2, sehingga pilihan mobil pun berbeda. Yg berpikiran sempit/amatiran memang suka begitu - pilihan saya terbaik, pilihan org lain geblek/terpaksasurya wrote:Maaf, ogut kagak ngarti relevansinya Om.....VanzMatic wrote:Hahahaa, ngebandingin satu merk yang masih ijo, baru mendarat, bahkan baru sembuh dari anfaal di Amerika!
Fine!
Saya tipikal pembeli yang UMUM di INDONESIA. Remember ya! Jangan generalisir penduduk di Indonesia standarnya dengan standar bikinan Anda sendiri. Karena saya REALISTIS, dan hidup di dunia NYATA, bukan di dunia awang2 yang canggih nan mantap, nan reliable, berteknologi masa depan!
Anda beli saja itu GM. Duit Anda sendiri tokh?
Pakai saja.
Kalau ada apa-apa di luar kota? Gimana mau nemuin bengkelnya?
Gimana mau beli spare partnya?
Misalnya pas Anda sedang berada di Purwodadi, mobil canggih nan reliable Anda kena trobel, mau cari bengkel dan spare parts dimana?? Nunggu dari semarang?
Semarang juga nunggu dari Jakarta...![]()
![]()
Menang gaya canggih dan reliable doank, tapi terdampar di kota kecil dalam perjalanan ke luar kota, akhirnya pulang pakai kereta atau plane dari Semarang ke Jakarta lagi, mobil terdampar di kota kecil karena ngga ada dealernya dan sparepartnya???
Kalau saya mah ogah!![]()
Itu ibarat pepatah: Tikus mati di lumbung padi.
Bangun yaa..!
Indonesia BUKAN HANYA JAKARTA!![]()
*nyolot_mode is ON*
nasywa azalia wrote:Om komponen pajak memang mempengaruhi tapi, tidak begitu signifikan, karena sifatnya pajak berdasarkan harga jual, kalo harga jual sudah di tinggikan, maka pajakpun ikut tinggi
Ampe 10 halaman bisa ngerti gak ya?doq wrote:tidak signifikan? masa seh.....?
walaupun perhitungan pajak s/d 75% ?
mungkin ada SMer yg tau perhitungan pajak sebuah kendaraan di US? biar bisa jd perbandingan dg perhitungan pajak disininasywa azalia wrote:siapa yg pernah hitung pajak tolong dibantu saya, saya ini oon banget kata om Fortuner
biar saya di bilang ga salah lagi
Mari kita lihat mobil yg juga Made in Japan, di impor ke Indonesia vs AmerikaMenurut Sudi, harga mobil baru itu tidak sampai Rp 1 miliar. Jika tanpa memperhitungkan pajak, harga mobil berkapasitas mesin 3.000 cc tersebut memang "hanya" Rp 600 juta. Namun jika dengan pajak, harganya mencapai Rp 1,2-1,3 miliar
Sesuai ketentuan, pemerintah pusat tetap menanggung pajak atas mobil dinas. Untuk pajak barang mewah, akan menjadi penerimaan negara dan kembali lagi ke pemerintah pusat. Sedangkan bea balik nama, akan dipungut oleh Pemda.
Sebagai gambaran, pada November lalu, pemerintah mengajukan tambahan pos anggaran untuk Kebutuhan Mendesak APBN-P 2009. Salah satu itemnya adalah keperluan Pembayaran Pajak Pengadaan Kendaraan Dinas untuk Menteri/Pejabat Setingkat Menteri dan Ketua/Wakil Ketua Lembaga Tinggi Negara Kabinet periode 2009-2014. "Nilainya Rp 62,8 miliar," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati ketika itu.
Sri Mulyani menyebut anggaran senilai Rp 62,8 miliar tersebut digunakan untuk membayar pajak 80 unit mobil, sehingga nilai pajak yang harus dibayar per 1 mobil sekitar Rp 785 juta. Pajak tersebut termasuk pajak penjualan barang mewah (PPnBM), serta pajak kendaraan bermotor dan berbagai biaya administrasi lainnya. Dengan pajak mobil yang Rp 62,8 miliar, jumlah anggaran pengadaan diperkirakan tidak jauh beda dengan anggaran pajak mobil.
di saudi lbih murah lagi lho.....FortunerMan wrote:Dari ribut2 soal mobil Toyota Crown menteri http://www.jambi-independent.co.id/jio/ ... &Itemid=29 kita bisa lihat bahwa pajaknya sekitar 100%.Mari kita lihat mobil yg juga Made in Japan, di impor ke Indonesia vs AmerikaMenurut Sudi, harga mobil baru itu tidak sampai Rp 1 miliar. Jika tanpa memperhitungkan pajak, harga mobil berkapasitas mesin 3.000 cc tersebut memang "hanya" Rp 600 juta. Namun jika dengan pajak, harganya mencapai Rp 1,2-1,3 miliar
Sesuai ketentuan, pemerintah pusat tetap menanggung pajak atas mobil dinas. Untuk pajak barang mewah, akan menjadi penerimaan negara dan kembali lagi ke pemerintah pusat. Sedangkan bea balik nama, akan dipungut oleh Pemda.
Sebagai gambaran, pada November lalu, pemerintah mengajukan tambahan pos anggaran untuk Kebutuhan Mendesak APBN-P 2009. Salah satu itemnya adalah keperluan Pembayaran Pajak Pengadaan Kendaraan Dinas untuk Menteri/Pejabat Setingkat Menteri dan Ketua/Wakil Ketua Lembaga Tinggi Negara Kabinet periode 2009-2014. "Nilainya Rp 62,8 miliar," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati ketika itu.
Sri Mulyani menyebut anggaran senilai Rp 62,8 miliar tersebut digunakan untuk membayar pajak 80 unit mobil, sehingga nilai pajak yang harus dibayar per 1 mobil sekitar Rp 785 juta. Pajak tersebut termasuk pajak penjualan barang mewah (PPnBM), serta pajak kendaraan bermotor dan berbagai biaya administrasi lainnya. Dengan pajak mobil yang Rp 62,8 miliar, jumlah anggaran pengadaan diperkirakan tidak jauh beda dengan anggaran pajak mobil.
INDONESIA
http://www.lexus.co.id/new/pricing.html
LS600H ==> Rp. 2,7 milyar
AMERIKA
http://www.lexus.com/models/LSh/features/pricing.html
LS600H ==> $113,000 (Rp. 960 juta)
Harga Amerika itu base price, gak tau deh option2 yg ada di LS600h Indonesia - tapi yg jelas harganya jauh uh uh bgt. Masih juga bilang beda pajaknya tidak signifikan?
Tapi begitu ane diskusiin dari sisi dealernya, malah alasan salah point diskusi,... Lhah? Om FM juga udah beri explicite point juga:nasywa azalia wrote: 1. Apakah ATPM di indonesia mengambil margin begitu besar atau buat keuntungan delaer yg begitu besar contoh. ( berdasarkan info org dalam ada salah satu merek Jepung inisial N..untuk kendaraaan yg mereka jula GL dari harga pengambilan dari pihak atmp di bawah 100jt, dijual mendekati 180jt,jika di potong pajak bbn dll maka modalnya sekitar 120jtan range antara harga jual dan modal cukup jauh)
2. apakah karena sistem perpajakan di indonesia yg menyebabkan harga mobil disini begitu tinggi ?
3. apakah karena ada kesepakatan antara para atpm Indonesiauntuk tidak menjual mobil dengan harga murah, padahal di negara lain atpm,berlomba2 membuat mobil murah dengan kualitas baik dengan fitur keselamatan yg tinggi
4 dari ke 3 pertanyaan di atas apakah kita sebagai user di indonesia sudah sepantas menerima harga yg di tetapkan oleh para atpm di negeri ini ? padahal pendapatan perkapita negeri ini masih sangat kecil, apalagi jika di bandingkan di eropa dan amerika. tetapi kita membeli mobil dengan harga yang sama tinggi di eropa atau di amerika.
Nah bagaimana menurut para senior dan junior SMer di forum ini ... silakan memberi pendapatnya supaya wawasan kita bertambah luas, terimakasih
Batasan harga itu ya diberikan untuk menjamin :1. Kelangsungan hidup dealer dari margin laba, dan 2. harga di msyrkt ngga lebih tinggi dari harga patokan ATPMsurya wrote:Point diskusinya bukan soal dealer, Om.. tapi proses dan biaya produksi untuk suatu produk.VanzMatic wrote:Tipikal pengamat ekonomi di TV TV.... Analisa canggih-canggih ampe engga kepikir, tapi engga bisa menyentuh kondisi realnya, bgm cara agar produk laku, tapi dealer tetep bisa hidup dan menghidupi karyawannya, DAN bagaimana dari margin laba tsb bisa memberi jaminan keamanan dan kenyamanan menggunakan brand mobil itu bila ada gangguan dalam perjalanan, baik dari sisi jasa tenaga, sampai spareparts.FortunerMan wrote:Kalo harga premium dr 2000 perak ke 4500 itu inflasi bukan? Berarti kalo saya beli 1 liter bensin thn 2004 saya jual eceran 2500 untung besar. Kalo thn 2011 saya jual bensin 2500 wah baik hati sekali sayabaik hati sampe bangkrut. Per capita naik...gaji orang naik gak ya? Itu cost bukan? listrik?
Once again...
Belum pernah hidup di dealer sih..
Dealer itu kan penjual end product... mereka sudah diberikan batasan maksimum dan minimum harga dalam menjual suatu product dari produsen...
I think you miss the discussion point here
Makanya saya bilang:nasywa azalia wrote: 1. Apakah ATPM di indonesia mengambil margin begitu besar atau buat keuntungan delaer yg begitu besar contoh. ( berdasarkan info org dalam ada salah satu merek Jepung inisial N..untuk kendaraaan yg mereka jula GL dari harga pengambilan dari pihak atmp di bawah 100jt, dijual mendekati 180jt,jika di potong pajak bbn dll maka modalnya sekitar 120jtan range antara harga jual dan modal cukup jauh)
Musti diingetkan lagi, tadi poin AWAL dia membuka diskusi itu tentang apa saja..?VanzMatic wrote:Tipikal pengamat ekonomi di TV TV....
Noted, sist..nasywa azalia wrote:- CUT -
contoh. ( berdasarkan info org dalam ada salah satu merek Jepung inisial N..untuk kendaraaan yg mereka jula GL dari harga pengambilan dari pihak atmp di bawah 100jt, dijual mendekati 180jt,jika di potong pajak bbn dll maka modalnya sekitar 120jtan range antara harga jual dan modal cukup jauh). dari sini bisa kita uraikan bahwa harga jual di setir atpm buka delaer, dengan harga jual ke delaer di bwh 100 jt saja untuk sebuah GL atpm sudah bisa untung, dan menutupi semua biaya yg di keluar kan temasuk pajak masuk,barang mewah, dan biaya2 promosi, biaya2 lainnya.( sedangkan pajak kendaraan ditanggung langsung oleh user, seperti biaya bbn, bpkb, stnk, dll (bisa di tanyakan ke samsat besaran pajakanya)) kalo profit yg besar buat dealer untuk menjaga kelangsungan hidup dealer tidak lah 100% benar atau salah, karena sumber kelangsungan delaler untuk hidup sebenarnya sudah lebih dari cukup dari penghasilan bengkel /biaya service dan penjualan sparepart kendaraan. penghasilan dari services kendaraan sudah bisa buat operaisonal showroom,