Mengapa Harga Mobil di Indonesia Begitu tinggi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

surya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 238
Joined: Sat Apr 14, 2007 4:44

Re: Mengapa Harga Mobil di Indonesia Begitu tinggi

Post by surya »

Udahan dulu ya.. mohon maaf ikutan urun rembuk kasih pendapat.. semoga senior-senior SM seperti Om Fortuner gak tersinggung.. maklum pendapat pemula :D
Cuma pengen ngangetin otak sebelum pulang naik busway ke rumah... :D
Happy weekend, prends... :big_peace:
surya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 238
Joined: Sat Apr 14, 2007 4:44

Re: Mengapa Harga Mobil di Indonesia Begitu tinggi

Post by surya »

alvika99 wrote:
surya wrote:
FortunerMan wrote:170 juta bisa beli Livina....lebih bagus kan? siapa yg maksa beli Avanza? Ada Exora. Coba jelaskan - dimana letak dipaksanya :mrgreen:
Lho.. yang ogut katakan adalah, pembeli DIPAKSA untuk membeli produk yang berada dalam rentang daya belinya... ogut gak sebut spesifik merk atau model tertentu loh.. jangan salah Om.. saya tidak anti Toyota kok.. :D Mau Livina, tetap aja spec nya tdk sesuai harga :D

kalo soal dipaksa untuk membeli dalam rentang daya belinya sepertinya hal ini berlaku untuk semua barang di dunia ini yah.... that's life man... :big_peace:
Agree Bro... :big_peace:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Mengapa Harga Mobil di Indonesia Begitu tinggi

Post by VanzMatic »

Hahahaa, ngebandingin satu merk yang masih ijo, baru mendarat, bahkan baru sembuh dari anfaal di Amerika!

Fine!
Saya tipikal pembeli yang UMUM di INDONESIA. Remember ya! Jangan generalisir penduduk di Indonesia standarnya dengan standar bikinan Anda sendiri. Karena saya REALISTIS, dan hidup di dunia NYATA, bukan di dunia awang2 yang canggih nan mantap, nan reliable, berteknologi masa depan!

Anda beli saja itu GM. Duit Anda sendiri tokh?

Pakai saja.

Kalau ada apa-apa di luar kota? Gimana mau nemuin bengkelnya?
Gimana mau beli spare partnya?

Misalnya pas Anda sedang berada di Purwodadi, mobil canggih nan reliable Anda kena trobel, mau cari bengkel dan spare parts dimana?? Nunggu dari semarang?

Semarang juga nunggu dari Jakarta... :upss: :upss:

Menang gaya canggih dan reliable doank, tapi terdampar di kota kecil dalam perjalanan ke luar kota, akhirnya pulang pakai kereta atau plane dari Semarang ke Jakarta lagi, mobil terdampar di kota kecil karena ngga ada dealernya dan sparepartnya???

Kalau saya mah ogah! :big_smoking:

Itu ibarat pepatah: Tikus mati di lumbung padi.

Bangun yaa..!
Indonesia BUKAN HANYA JAKARTA!
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
FortunerMan

Re: Mengapa Harga Mobil di Indonesia Begitu tinggi

Post by FortunerMan »

doq wrote:
FortunerMan wrote:
nasywa azalia wrote:ya punya duit enaknya.... tp begini kita ilustrasikan, saya ambil contoh.. misalnya kita beli toyota si Amerika dengan uang 20rb dolar maka saya yakin kita bisa mendapat mobil lebih dari sekelas inovva dangan fitur yg jauh lebih lengkap, bandingkan dengan uang yg sama ketika kita membeli mobil toyota di indonesia dapat mobil apa kita ? kalo bicara jaringan servis dan lain lain saya yakin toyota di sana tidak kalah jauh dengan jaringan toyota di indonesia, bahkan mungkin pelayanannya jg bisa lebih baik dibanding toyota yg di pegang astra disini, itu yg saya maksud.. buka thread ini menyrang 1 merek, tp kita berharap bisa membelanjakan uang dan mendapatkan mobil yg tidak begitu jauh perbedaannya
Pajak Indonesia dan Amerika lain - Indonesia jauh lebih tinggi. Susah banget ngertinya ya :mrgreen:
setuju soal ini...........
klo perbandingan nya hanya antara harga jual di US vs INA, maka penjelasan nya sesederhana; komponen pajak yg berbeda jauh, lebih tinggi di kita.
Sampe berapa halaman nih kaga ngerti2 juga...
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Mengapa Harga Mobil di Indonesia Begitu tinggi

Post by doq »

nasywa azalia wrote:
FortunerMan wrote:
nasywa azalia wrote:ya punya duit enaknya.... tp begini kita ilustrasikan, saya ambil contoh.. misalnya kita beli toyota si Amerika dengan uang 20rb dolar maka saya yakin kita bisa mendapat mobil lebih dari sekelas inovva dangan fitur yg jauh lebih lengkap, bandingkan dengan uang yg sama ketika kita membeli mobil toyota di indonesia dapat mobil apa kita ? kalo bicara jaringan servis dan lain lain saya yakin toyota di sana tidak kalah jauh dengan jaringan toyota di indonesia, bahkan mungkin pelayanannya jg bisa lebih baik dibanding toyota yg di pegang astra disini, itu yg saya maksud.. buka thread ini menyrang 1 merek, tp kita berharap bisa membelanjakan uang dan mendapatkan mobil yg tidak begitu jauh perbedaannya
Pajak Indonesia dan Amerika lain - Indonesia jauh lebih tinggi. Susah banget ngertinya ya :mrgreen:
Om komponen pajak memang mempengaruhi tapi, tidak begitu signifikan, karena sifatnya pajak berdasarkan harga jual, kalo harga jual sudah di tinggikan, maka pajakpun ikut tinggi
tidak signifikan? masa seh.....? :e-think:
walaupun perhitungan pajak s/d 75% ?
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
FortunerMan

Re: Mengapa Harga Mobil di Indonesia Begitu tinggi

Post by FortunerMan »

FortunerMan wrote:
surya wrote:
FortunerMan wrote:170 juta bisa beli Livina....lebih bagus kan? siapa yg maksa beli Avanza? Ada Exora. Coba jelaskan - dimana letak dipaksanya :mrgreen:
Lho.. yang ogut katakan adalah, pembeli DIPAKSA untuk membeli produk yang berada dalam rentang daya belinya... ogut gak sebut spesifik merk atau model tertentu loh.. jangan salah Om.. saya tidak anti Toyota kok.. :D Mau Livina, tetap aja spec nya tdk sesuai harga :D
ha ha ha...yg sesuai harganya cuman kendaraan yg anda senangi saja - selera dan kebutuhan orang lain anda anggap geblek, dipaksa. Bener2 lucu :mrgreen:

Jadi beli Avanza = geblek
beli Livina = geblek
beli Exora = geblek

:mrgreen:
yah kok kabur...saya baru mau bahas argumen anda - org yg beli Livina dan Avanza = geblek/DIPAKSA :mrgreen:
surya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 238
Joined: Sat Apr 14, 2007 4:44

Re: Mengapa Harga Mobil di Indonesia Begitu tinggi

Post by surya »

VanzMatic wrote:Hahahaa, ngebandingin satu merk yang masih ijo, baru mendarat, bahkan baru sembuh dari anfaal di Amerika!

Fine!
Saya tipikal pembeli yang UMUM di INDONESIA. Remember ya! Jangan generalisir penduduk di Indonesia standarnya dengan standar bikinan Anda sendiri. Karena saya REALISTIS, dan hidup di dunia NYATA, bukan di dunia awang2 yang canggih nan mantap, nan reliable, berteknologi masa depan!

Anda beli saja itu GM. Duit Anda sendiri tokh?

Pakai saja.

Kalau ada apa-apa di luar kota? Gimana mau nemuin bengkelnya?
Gimana mau beli spare partnya?

Misalnya pas Anda sedang berada di Purwodadi, mobil canggih nan reliable Anda kena trobel, mau cari bengkel dan spare parts dimana?? Nunggu dari semarang?

Semarang juga nunggu dari Jakarta... :upss: :upss:

Menang gaya canggih dan reliable doank, tapi terdampar di kota kecil dalam perjalanan ke luar kota, akhirnya pulang pakai kereta atau plane dari Semarang ke Jakarta lagi, mobil terdampar di kota kecil karena ngga ada dealernya dan sparepartnya???

Kalau saya mah ogah! :big_smoking:

Itu ibarat pepatah: Tikus mati di lumbung padi.

Bangun yaa..!
Indonesia BUKAN HANYA JAKARTA!
Maaf, ogut kagak ngarti relevansinya Om..... :big_peace:
*nyolot_mode is ON* :D
surya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 238
Joined: Sat Apr 14, 2007 4:44

Re: Mengapa Harga Mobil di Indonesia Begitu tinggi

Post by surya »

FortunerMan wrote:
FortunerMan wrote:ha ha ha...yg sesuai harganya cuman kendaraan yg anda senangi saja - selera dan kebutuhan orang lain anda anggap geblek, dipaksa. Bener2 lucu :mrgreen:

Jadi beli Avanza = geblek
beli Livina = geblek
beli Exora = geblek

:mrgreen:
yah kok kabur...saya baru mau bahas argumen anda - org yg beli Livina dan Avanza = geblek/DIPAKSA :mrgreen:
Takut ketinggal bus Om... maklum masih harus ngejar-ngejar bus nih.. :)
Happy weekend Om.. peace... :big_peace:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Mengapa Harga Mobil di Indonesia Begitu tinggi

Post by doq »

surya wrote:Udahan dulu ya.. mohon maaf ikutan urun rembuk kasih pendapat.. semoga senior-senior SM seperti Om Fortuner gak tersinggung.. maklum pendapat pemula :D
Cuma pengen ngangetin otak sebelum pulang naik busway ke rumah... :D
Happy weekend, prends... :big_peace:
hehehe
bagus kok oom berdebat sehat seperti ini, kita saling mengeluarkan pendapat dan opini masing2...........tentu saja akan ada pro dan kontra karena mungkin pemikiran2 seseorang ada yg kurang pas dengan lawan debat. :mrgreen:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
FortunerMan

Re: Mengapa Harga Mobil di Indonesia Begitu tinggi

Post by FortunerMan »

surya wrote:
VanzMatic wrote:Hahahaa, ngebandingin satu merk yang masih ijo, baru mendarat, bahkan baru sembuh dari anfaal di Amerika!

Fine!
Saya tipikal pembeli yang UMUM di INDONESIA. Remember ya! Jangan generalisir penduduk di Indonesia standarnya dengan standar bikinan Anda sendiri. Karena saya REALISTIS, dan hidup di dunia NYATA, bukan di dunia awang2 yang canggih nan mantap, nan reliable, berteknologi masa depan!

Anda beli saja itu GM. Duit Anda sendiri tokh?

Pakai saja.

Kalau ada apa-apa di luar kota? Gimana mau nemuin bengkelnya?
Gimana mau beli spare partnya?

Misalnya pas Anda sedang berada di Purwodadi, mobil canggih nan reliable Anda kena trobel, mau cari bengkel dan spare parts dimana?? Nunggu dari semarang?

Semarang juga nunggu dari Jakarta... :upss: :upss:

Menang gaya canggih dan reliable doank, tapi terdampar di kota kecil dalam perjalanan ke luar kota, akhirnya pulang pakai kereta atau plane dari Semarang ke Jakarta lagi, mobil terdampar di kota kecil karena ngga ada dealernya dan sparepartnya???

Kalau saya mah ogah! :big_smoking:

Itu ibarat pepatah: Tikus mati di lumbung padi.

Bangun yaa..!
Indonesia BUKAN HANYA JAKARTA!
Maaf, ogut kagak ngarti relevansinya Om..... :big_peace:
*nyolot_mode is ON* :D
Relevansinya kebutuhan dan selera orang berbeda2, sehingga pilihan mobil pun berbeda. Yg berpikiran sempit/amatiran memang suka begitu - pilihan saya terbaik, pilihan org lain geblek/terpaksa :mrgreen:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Mengapa Harga Mobil di Indonesia Begitu tinggi

Post by VanzMatic »

surya wrote:Maaf, ogut kagak ngarti relevansinya Om..... :big_peace:
*nyolot_mode is ON* :D
Ogut juga ngga ngerti, merk yang katanya reliable, canggih, tapi hanya bisa dipake di JAKARTA?

Ngapain?
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
surya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 238
Joined: Sat Apr 14, 2007 4:44

Re: Mengapa Harga Mobil di Indonesia Begitu tinggi

Post by surya »

FortunerMan wrote:
surya wrote:
VanzMatic wrote:Hahahaa, ngebandingin satu merk yang masih ijo, baru mendarat, bahkan baru sembuh dari anfaal di Amerika!

Fine!
Saya tipikal pembeli yang UMUM di INDONESIA. Remember ya! Jangan generalisir penduduk di Indonesia standarnya dengan standar bikinan Anda sendiri. Karena saya REALISTIS, dan hidup di dunia NYATA, bukan di dunia awang2 yang canggih nan mantap, nan reliable, berteknologi masa depan!

Anda beli saja itu GM. Duit Anda sendiri tokh?

Pakai saja.

Kalau ada apa-apa di luar kota? Gimana mau nemuin bengkelnya?
Gimana mau beli spare partnya?

Misalnya pas Anda sedang berada di Purwodadi, mobil canggih nan reliable Anda kena trobel, mau cari bengkel dan spare parts dimana?? Nunggu dari semarang?

Semarang juga nunggu dari Jakarta... :upss: :upss:

Menang gaya canggih dan reliable doank, tapi terdampar di kota kecil dalam perjalanan ke luar kota, akhirnya pulang pakai kereta atau plane dari Semarang ke Jakarta lagi, mobil terdampar di kota kecil karena ngga ada dealernya dan sparepartnya???

Kalau saya mah ogah! :big_smoking:

Itu ibarat pepatah: Tikus mati di lumbung padi.

Bangun yaa..!
Indonesia BUKAN HANYA JAKARTA!
Maaf, ogut kagak ngarti relevansinya Om..... :big_peace:
*nyolot_mode is ON* :D
Relevansinya kebutuhan dan selera orang berbeda2, sehingga pilihan mobil pun berbeda. Yg berpikiran sempit/amatiran memang suka begitu - pilihan saya terbaik, pilihan org lain geblek/terpaksa :mrgreen:
Siaaapp Ndan!! :off_good:
FortunerMan

Re: Mengapa Harga Mobil di Indonesia Begitu tinggi

Post by FortunerMan »

nasywa azalia wrote:Om komponen pajak memang mempengaruhi tapi, tidak begitu signifikan, karena sifatnya pajak berdasarkan harga jual, kalo harga jual sudah di tinggikan, maka pajakpun ikut tinggi
doq wrote:tidak signifikan? masa seh.....? :e-think:
walaupun perhitungan pajak s/d 75% ?
Ampe 10 halaman bisa ngerti gak ya? :mrgreen:
User avatar
nasywa azalia
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 244
Joined: Fri Feb 19, 2010 8:58

Re: Mengapa Harga Mobil di Indonesia Begitu tinggi

Post by nasywa azalia »

setuju soal ini...........
klo perbandingan nya hanya antara harga jual di US vs INA, maka penjelasan nya sesederhana; komponen pajak yg berbeda jauh, lebih tinggi di kita.[/quote] Sampe berapa halaman nih kaga ngerti2 juga...[/quote]

siapa yg pernah hitung pajak tolong dibantu saya, saya ini oon banget kata om Fortuner :D

biar saya di bilang ga salah lagi
buka mata buka hati buka telinga..
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Mengapa Harga Mobil di Indonesia Begitu tinggi

Post by ak4ng »

menyimak dl aj de... bahasannya berat....
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Mengapa Harga Mobil di Indonesia Begitu tinggi

Post by ilhami »

Seharusnya pajak itu direvisi biar harganya murah. Apa sih ruginya kalau pajak diturunkan?
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Mengapa Harga Mobil di Indonesia Begitu tinggi

Post by doq »

nasywa azalia wrote:siapa yg pernah hitung pajak tolong dibantu saya, saya ini oon banget kata om Fortuner :D

biar saya di bilang ga salah lagi
mungkin ada SMer yg tau perhitungan pajak sebuah kendaraan di US? biar bisa jd perbandingan dg perhitungan pajak disini :e-think:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
FortunerMan

Re: Mengapa Harga Mobil di Indonesia Begitu tinggi

Post by FortunerMan »

Dari ribut2 soal mobil Toyota Crown menteri http://www.jambi-independent.co.id/jio/ ... &Itemid=29 kita bisa lihat bahwa pajaknya sekitar 100%.
Menurut Sudi, harga mobil baru itu tidak sampai Rp 1 miliar. Jika tanpa memperhitungkan pajak, harga mobil berkapasitas mesin 3.000 cc tersebut memang "hanya" Rp 600 juta. Namun jika dengan pajak, harganya mencapai Rp 1,2-1,3 miliar

Sesuai ketentuan, pemerintah pusat tetap menanggung pajak atas mobil dinas. Untuk pajak barang mewah, akan menjadi penerimaan negara dan kembali lagi ke pemerintah pusat. Sedangkan bea balik nama, akan dipungut oleh Pemda.

Sebagai gambaran, pada November lalu, pemerintah mengajukan tambahan pos anggaran untuk Kebutuhan Mendesak APBN-P 2009. Salah satu itemnya adalah keperluan Pembayaran Pajak Pengadaan Kendaraan Dinas untuk Menteri/Pejabat Setingkat Menteri dan Ketua/Wakil Ketua Lembaga Tinggi Negara Kabinet periode 2009-2014. "Nilainya Rp 62,8 miliar," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati ketika itu.

Sri Mulyani menyebut anggaran senilai Rp 62,8 miliar tersebut digunakan untuk membayar pajak 80 unit mobil, sehingga nilai pajak yang harus dibayar per 1 mobil sekitar Rp 785 juta. Pajak tersebut termasuk pajak penjualan barang mewah (PPnBM), serta pajak kendaraan bermotor dan berbagai biaya administrasi lainnya. Dengan pajak mobil yang Rp 62,8 miliar, jumlah anggaran pengadaan diperkirakan tidak jauh beda dengan anggaran pajak mobil.
Mari kita lihat mobil yg juga Made in Japan, di impor ke Indonesia vs Amerika

Image

INDONESIA
http://www.lexus.co.id/new/pricing.html
LS600H ==> Rp. 2,7 milyar

AMERIKA
http://www.lexus.com/models/LSh/features/pricing.html
LS600H ==> $113,000 (Rp. 960 juta)

Harga Amerika itu base price, gak tau deh option2 yg ada di LS600h Indonesia - tapi yg jelas harganya jauh uh uh bgt. Masih juga bilang beda pajaknya tidak signifikan? :mrgreen:
Last edited by FortunerMan on Fri Jul 22, 2011 14:39, edited 1 time in total.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mengapa Harga Mobil di Indonesia Begitu tinggi

Post by DOHC »

keep the heat low guys....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Mengapa Harga Mobil di Indonesia Begitu tinggi

Post by ak4ng »

FortunerMan wrote:Dari ribut2 soal mobil Toyota Crown menteri http://www.jambi-independent.co.id/jio/ ... &Itemid=29 kita bisa lihat bahwa pajaknya sekitar 100%.
Menurut Sudi, harga mobil baru itu tidak sampai Rp 1 miliar. Jika tanpa memperhitungkan pajak, harga mobil berkapasitas mesin 3.000 cc tersebut memang "hanya" Rp 600 juta. Namun jika dengan pajak, harganya mencapai Rp 1,2-1,3 miliar

Sesuai ketentuan, pemerintah pusat tetap menanggung pajak atas mobil dinas. Untuk pajak barang mewah, akan menjadi penerimaan negara dan kembali lagi ke pemerintah pusat. Sedangkan bea balik nama, akan dipungut oleh Pemda.

Sebagai gambaran, pada November lalu, pemerintah mengajukan tambahan pos anggaran untuk Kebutuhan Mendesak APBN-P 2009. Salah satu itemnya adalah keperluan Pembayaran Pajak Pengadaan Kendaraan Dinas untuk Menteri/Pejabat Setingkat Menteri dan Ketua/Wakil Ketua Lembaga Tinggi Negara Kabinet periode 2009-2014. "Nilainya Rp 62,8 miliar," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati ketika itu.

Sri Mulyani menyebut anggaran senilai Rp 62,8 miliar tersebut digunakan untuk membayar pajak 80 unit mobil, sehingga nilai pajak yang harus dibayar per 1 mobil sekitar Rp 785 juta. Pajak tersebut termasuk pajak penjualan barang mewah (PPnBM), serta pajak kendaraan bermotor dan berbagai biaya administrasi lainnya. Dengan pajak mobil yang Rp 62,8 miliar, jumlah anggaran pengadaan diperkirakan tidak jauh beda dengan anggaran pajak mobil.
Mari kita lihat mobil yg juga Made in Japan, di impor ke Indonesia vs Amerika

Image

INDONESIA
http://www.lexus.co.id/new/pricing.html
LS600H ==> Rp. 2,7 milyar

AMERIKA
http://www.lexus.com/models/LSh/features/pricing.html
LS600H ==> $113,000 (Rp. 960 juta)

Harga Amerika itu base price, gak tau deh option2 yg ada di LS600h Indonesia - tapi yg jelas harganya jauh uh uh bgt. Masih juga bilang beda pajaknya tidak signifikan? :mrgreen:
di saudi lbih murah lagi lho.....
ane copas ni LS saudi.....
Base Invoice Price: $59,746 - $65,931 *
Base List Price: $67,130 - $74,080 *
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Mengapa Harga Mobil di Indonesia Begitu tinggi

Post by VanzMatic »

Orangnya engga konsisten. Saya pengin mendiskusikan salah satu point dia:
nasywa azalia wrote: 1. Apakah ATPM di indonesia mengambil margin begitu besar atau buat keuntungan delaer yg begitu besar contoh. ( berdasarkan info org dalam ada salah satu merek Jepung inisial N..untuk kendaraaan yg mereka jula GL dari harga pengambilan dari pihak atmp di bawah 100jt, dijual mendekati 180jt,jika di potong pajak bbn dll maka modalnya sekitar 120jtan range antara harga jual dan modal cukup jauh)
2. apakah karena sistem perpajakan di indonesia yg menyebabkan harga mobil disini begitu tinggi ?
3. apakah karena ada kesepakatan antara para atpm Indonesiauntuk tidak menjual mobil dengan harga murah, padahal di negara lain atpm,berlomba2 membuat mobil murah dengan kualitas baik dengan fitur keselamatan yg tinggi
4 dari ke 3 pertanyaan di atas apakah kita sebagai user di indonesia sudah sepantas menerima harga yg di tetapkan oleh para atpm di negeri ini ? padahal pendapatan perkapita negeri ini masih sangat kecil, apalagi jika di bandingkan di eropa dan amerika. tetapi kita membeli mobil dengan harga yang sama tinggi di eropa atau di amerika.

Nah bagaimana menurut para senior dan junior SMer di forum ini ... silakan memberi pendapatnya supaya wawasan kita bertambah luas, terimakasih
Tapi begitu ane diskusiin dari sisi dealernya, malah alasan salah point diskusi,... Lhah? Om FM juga udah beri explicite point juga:
surya wrote:
VanzMatic wrote:
FortunerMan wrote:Kalo harga premium dr 2000 perak ke 4500 itu inflasi bukan? Berarti kalo saya beli 1 liter bensin thn 2004 saya jual eceran 2500 untung besar. Kalo thn 2011 saya jual bensin 2500 wah baik hati sekali saya :mrgreen: baik hati sampe bangkrut. Per capita naik...gaji orang naik gak ya? Itu cost bukan? listrik?
Tipikal pengamat ekonomi di TV TV.... Analisa canggih-canggih ampe engga kepikir, tapi engga bisa menyentuh kondisi realnya, bgm cara agar produk laku, tapi dealer tetep bisa hidup dan menghidupi karyawannya, DAN bagaimana dari margin laba tsb bisa memberi jaminan keamanan dan kenyamanan menggunakan brand mobil itu bila ada gangguan dalam perjalanan, baik dari sisi jasa tenaga, sampai spareparts.

Once again...
Belum pernah hidup di dealer sih..
:mrgreen:
Point diskusinya bukan soal dealer, Om.. tapi proses dan biaya produksi untuk suatu produk.
Dealer itu kan penjual end product... mereka sudah diberikan batasan maksimum dan minimum harga dalam menjual suatu product dari produsen...
I think you miss the discussion point here :)
Batasan harga itu ya diberikan untuk menjamin :1. Kelangsungan hidup dealer dari margin laba, dan 2. harga di msyrkt ngga lebih tinggi dari harga patokan ATPM

Salah satu poin yang dia minta diskusikan itu kan salah satunya ini:
nasywa azalia wrote: 1. Apakah ATPM di indonesia mengambil margin begitu besar atau buat keuntungan delaer yg begitu besar contoh. ( berdasarkan info org dalam ada salah satu merek Jepung inisial N..untuk kendaraaan yg mereka jula GL dari harga pengambilan dari pihak atmp di bawah 100jt, dijual mendekati 180jt,jika di potong pajak bbn dll maka modalnya sekitar 120jtan range antara harga jual dan modal cukup jauh)
Makanya saya bilang:
VanzMatic wrote:Tipikal pengamat ekonomi di TV TV....
Musti diingetkan lagi, tadi poin AWAL dia membuka diskusi itu tentang apa saja..?

Penyakit LUPA...Lupa lupa lupa, lupa lagi syairnya!

Isuk dhele, sore tempe..!!!!
Pagi-pagi ngomong kedele, sore ngomong tempe!!

:mrgreen:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Mengapa Harga Mobil di Indonesia Begitu tinggi

Post by Nightster Guy »

Hadeh, om VM..

Sabtu pagi2 gini kok saya disuguhin yang politik otomotif gini tho broooooooooo....
Di kerjaan uda pusing, liat tipi (Indo) pusing liat si Udin ma si Nanas sok bersih itu plus si Beye sok wibawa itu.

Lhah, curcol.. :big_weee:

Wes, kalo ke Surabaya om VM, tak traktir kopi luwak di cafe Rollas yoooooo.. Tapi luwak beneran, bukan luwak m*ho ala ak4ng..

Wes, bingung awakku, mahal apa gak suatu tipe mobil ini patokan'e opo tho le? Income per kapita? Parameternya mungkin harga mobil tipe sama di Amrik versus Indo, diversuskan lagi ma income per kapita sana ma sini, gitu y?

Yang saya (orang kolot bin bolot ini) gak ngerti, kok ada statement bahwa orang yang beli mobil di Indo ini geblek, kok mau2nya beli mobil 'berfitur pas2an berbanderol overprice', nah!

:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: Ngerusuh di trid berkualitas dengan komenku yang gak berkualitas..
Das Beste oder nichts.
User avatar
dieselkiki
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42

Re: Mengapa Harga Mobil di Indonesia Begitu tinggi

Post by dieselkiki »

kok ane masih tetep mikir memang gak ada niat baik dari ATPM (gak nembak salah satu tapi rata-rata) buat ngasih harga yang masuk akal sesuai dengan yang didapat konsumen (terlepas dari semua peraturan yang ada di sini).
- faith humanity freedom -
User avatar
nasywa azalia
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 244
Joined: Fri Feb 19, 2010 8:58

Re: Mengapa Harga Mobil di Indonesia Begitu tinggi

Post by nasywa azalia »

Tinggi nya pajak itu di hitung tidak saja dari besaran persentase pajak, tp dari nilai sebuah barang tersebut sebelum kena pajak, jika sebuah mobil sebelum kena pajak harganya sendiri sudah di buat begitu tinggi dan ketika di kenain pajak yg tinggi maka yg terjadi over price, padahal tidak semua mobil di datang kan secara utuh, lebih byk mobil yg di datang kan secara terurai, dan tidak sedikit mobil yg di rancang, di produksi, dan memiliki komponen lokal 50% lebih tp harga tetap saja tinggi, padahal perhitungan pajak sudah lebih rendah ketimbang mobil mewah/ cbu, saya .

contoh. ( berdasarkan info org dalam ada salah satu merek Jepung inisial N..untuk kendaraaan yg mereka jula GL dari harga pengambilan dari pihak atmp di bawah 100jt, dijual mendekati 180jt,jika di potong pajak bbn dll maka modalnya sekitar 120jtan range antara harga jual dan modal cukup jauh). dari sini bisa kita uraikan bahwa harga jual di setir atpm buka delaer, dengan harga jual ke delaer di bwh 100 jt saja untuk sebuah GL atpm sudah bisa untung, dan menutupi semua biaya yg di keluar kan temasuk pajak masuk,barang mewah, dan biaya2 promosi, biaya2 lainnya.( sedangkan pajak kendaraan ditanggung langsung oleh user, seperti biaya bbn, bpkb, stnk, dll (bisa di tanyakan ke samsat besaran pajakanya)) kalo profit yg besar buat dealer untuk menjaga kelangsungan hidup dealer tidak lah 100% benar atau salah, karena sumber kelangsungan delaler untuk hidup sebenarnya sudah lebih dari cukup dari penghasilan bengkel /biaya service dan penjualan sparepart kendaraan. penghasilan dari services kendaraan sudah bisa buat operaisonal showroom,
buka mata buka hati buka telinga..
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Mengapa Harga Mobil di Indonesia Begitu tinggi

Post by Nightster Guy »

nasywa azalia wrote:- CUT -

contoh. ( berdasarkan info org dalam ada salah satu merek Jepung inisial N..untuk kendaraaan yg mereka jula GL dari harga pengambilan dari pihak atmp di bawah 100jt, dijual mendekati 180jt,jika di potong pajak bbn dll maka modalnya sekitar 120jtan range antara harga jual dan modal cukup jauh). dari sini bisa kita uraikan bahwa harga jual di setir atpm buka delaer, dengan harga jual ke delaer di bwh 100 jt saja untuk sebuah GL atpm sudah bisa untung, dan menutupi semua biaya yg di keluar kan temasuk pajak masuk,barang mewah, dan biaya2 promosi, biaya2 lainnya.( sedangkan pajak kendaraan ditanggung langsung oleh user, seperti biaya bbn, bpkb, stnk, dll (bisa di tanyakan ke samsat besaran pajakanya)) kalo profit yg besar buat dealer untuk menjaga kelangsungan hidup dealer tidak lah 100% benar atau salah, karena sumber kelangsungan delaler untuk hidup sebenarnya sudah lebih dari cukup dari penghasilan bengkel /biaya service dan penjualan sparepart kendaraan. penghasilan dari services kendaraan sudah bisa buat operaisonal showroom,
Noted, sist..

Gini deh, saya gak ikut2an curcol 'coz memang soal ginian bukan otoritas saya.
Saya jadinya pnasaran, dari kmaren dibahas soal overpriced dll.

Barusan saya cek by phone, MSRP AvS tipe G manual di angka 161.400.000, AUTO2000 Kertajaya Surabaya. menurut salesnya, inilah tipe Vanza paling laku di pasaran, hingga asumsi saya Vanza tipe inilah mobil terlaku di Indo saat ini.

Pertanyaan simpel aja, kalo menurut anda, 'pantesnya' mobil sejuta umat kita di atas dibanderol brapa? 'Pantes' ini terminologi ambigu, terserah anda deh nafsirinnya. Pantes buat konsumen, ATPM, dealer, pemerintah, dll dsb saya kurang ngert.. :)
Das Beste oder nichts.