bunuh diri ala Mesin Diesel

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 907
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by tesna »

dari teori tsb di link TS sih memang mungkin terjadi.. kalau mesinnya kurang terawat/maintenance kurang baik dan sudah sangat berumur ya kemungkinannya makin besar. Intinya ya kalau asep udah ngebul putih ya lebih cepat di overhaul (kan klo ngebul tanda2 oli udah masuk ruang bakar)

di mesin diesel jaman sekarang udah ada butterfly valve di throttle bodynya.. kegunaan utamanya adalah mengatur supply EGR ke mesin, dan kegunaan tambahannya mungkin juga buat emergency shutoff klo terjadi engine runoff.

Di mobil gue udah ada butterfly valve di throttle body (innova d4d).. tp berhubung EGR nya di blok yaaa sekalian aja lah dibuka juga butterfly valve nya biar aliran udaranya lebih lancar :D

Btw kalau mobil nya manual dan terjadi engine runoff ya bisa berenti dan masuk di gigi 5, injek rem sekuat2nya dan lepas koplingnya biar engine nya stall.. tp ya kalau koplingnya jg aus ya udah deh ga bisa dimatiin kecuali intake udaranya disiram CO2 ato dicekek...
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by billyd1773dz »

saya pernah ngalamin hal seperti ini.....

waktu itu jaman SMA, daihatsu rugger saya tiba-tiba gas pol........ rev sejadi jadinya sampai mentok tacho meter.. untung bgtu ngerasa g bener reflek dan neken clutch netralkan kemudian minggir......

mesin masih teriak, kunci mesin di cabut....... dan mesin kaga mati.. gw panik haha :D akhir masukin gigi 5 hajar langsung clutch sambil rem pol.. dan mesin mati.

bgtu tenang. baru ngeh saat kunci di cabut.. turbo timer berjalan hahaha :D pantesan ga mati mesinya. ntah klw memang bisa seperti yg suhu atas bilang, mesin tetep nyala sekalipun fuel uda di cut.


saat di nyalakan lagi, muncul suara bletak2 tanda metal mesin kena karna over rev..... di periksa diagfragma injectornya robek, jadi mesin gaspol terus.

untung mblnya bukan AT dan reflek langsung pindah ke netral wkwk :D

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by POS VETT »

marmut wrote:angkat lagi trit lawas.
udah ada yang ngalamin langsung kaya gini?
setau saya di governor ada tuas buat emergency engine cut off, dipakai bilamana kunci kontak sudah dilepas tapi mesin tetap nyala.
CMIIW.
Tidak efektif kalau ada kebocoran oli di turbocharger cold side.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by imsus2c »

marmut wrote:angkat lagi trit lawas.
udah ada yang ngalamin langsung kaya gini?
setau saya di governor ada tuas buat emergency engine cut off, dipakai bilamana kunci kontak sudah dilepas tapi mesin tetap nyala.
CMIIW.
Waduh trid lawas...

Lupa kalau pernah posting disini juga

Meneer Jalu sekarang dimana nih :mky_01:

Jaman segitu masih tukar-menukar YM :big_comfort:

Hari gini sih sudah jamannya BBM/WA :big_biglaugh:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by htannis »

habis semalem nyobain inova 500hp mesin 1kd boost 49psi gardan dah di LAS, itu baru namanya bunuh diri bawa mobil diesel :ngacir: :ngacir: :ngacir:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by Cloud »

billyd1773dz wrote:saya pernah ngalamin hal seperti ini.....

waktu itu jaman SMA, daihatsu rugger saya tiba-tiba gas pol........ rev sejadi jadinya sampai mentok tacho meter.. untung bgtu ngerasa g bener reflek dan neken clutch netralkan kemudian minggir......

mesin masih teriak, kunci mesin di cabut....... dan mesin kaga mati.. gw panik haha :D akhir masukin gigi 5 hajar langsung clutch sambil rem pol.. dan mesin mati.

bgtu tenang. baru ngeh saat kunci di cabut.. turbo timer berjalan hahaha :D pantesan ga mati mesinya. ntah klw memang bisa seperti yg suhu atas bilang, mesin tetep nyala sekalipun fuel uda di cut.


saat di nyalakan lagi, muncul suara bletak2 tanda metal mesin kena karna over rev..... di periksa diagfragma injectornya robek, jadi mesin gaspol terus.

untung mblnya bukan AT dan reflek langsung pindah ke netral wkwk :D
Nice info, jadi dalam kondisi darurat, bisa pake cara ini Y?
ngomong-ngomong, kondisi kopling n transmisinya gmn?
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by billyd1773dz »

Cloud wrote:
billyd1773dz wrote:saya pernah ngalamin hal seperti ini.....

waktu itu jaman SMA, daihatsu rugger saya tiba-tiba gas pol........ rev sejadi jadinya sampai mentok tacho meter.. untung bgtu ngerasa g bener reflek dan neken clutch netralkan kemudian minggir......

mesin masih teriak, kunci mesin di cabut....... dan mesin kaga mati.. gw panik haha :D akhir masukin gigi 5 hajar langsung clutch sambil rem pol.. dan mesin mati.

bgtu tenang. baru ngeh saat kunci di cabut.. turbo timer berjalan hahaha :D pantesan ga mati mesinya. ntah klw memang bisa seperti yg suhu atas bilang, mesin tetep nyala sekalipun fuel uda di cut.


saat di nyalakan lagi, muncul suara bletak2 tanda metal mesin kena karna over rev..... di periksa diagfragma injectornya robek, jadi mesin gaspol terus.

untung mblnya bukan AT dan reflek langsung pindah ke netral wkwk :D
Nice info, jadi dalam kondisi darurat, bisa pake cara ini Y?
ngomong-ngomong, kondisi kopling n transmisinya gmn?
gpp om... asal clutch masih bagus enjin langsung mati, klw clutch uda g bener mesin g akan mati malah selip g karuan.

cara lain matiinnya terutama kalau AT, sumpal intake dengan bahan padat yang ga akan kesedot mesin

some vids




masalahnya klw intakenya tersembunyi............

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz