setuju om.. cuma masalahnya d SM postnya g bisa di edit uy klw uda lama..... mungkin harus mod yg membantu nih...
atw bikin aja blog d luar yg khusus mengenai ini?

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
hmmmmm.....maskopat wrote:berarti ada locker di transfer case yang menahan pergerakan axle depan dan belakang ketika belok ya?
iya ngiler euy....... brp inci yah 20"? 22"?Abu2 wrote:WJ di pic terakhir mantep tuh....
ban m/t nya terkesan seperti profil tipis
oke oke... paham nih... berarti di transfer case 4WD atau 4x4 SUV lama (dan harusnya di SUV baru), selalu membagi sama antara gardan depan dan belakang. kecuali 4H di PS atau fortuner kali ya. karena dia ada 4HLc untuk nge-lock transfer case.billyd1773dz wrote:hmmmmm.....maskopat wrote:berarti ada locker di transfer case yang menahan pergerakan axle depan dan belakang ketika belok ya?
takutnya jadi rancu nih,
jadi gini... jaman dulu(dan jaman srkng klw di indonesia sih karna SUV yg d pke main kebanyakan model gini) saat sistem 4x4 masih partime saja. ga ada istilah differential tengah..apalgi locker di central diff... hehe yang ada di transfercase hanya 4x2 dan 4x4 yg ngebagi daya 50:50 dpn/blkng aja atw partime... memang mirip cara kerja locker tp g disebut locker karna ga ada versi yang "non locker" kecuali 4x2...
nah jaman skrng semenjak ada fulltime 4x4, dimana transfercasenya dalam mode 4x4 tp jadi bisa unlock alias open untuk kepentingan di jalan raya... nah mulai tu istilah center diff dipakai... dan jd ada pabrik mobil dan media yg ngerpromosiin keberadaan/fitur center difflock.... maksudnya sih dia bisa jadi 4x4partime gtu aja... tapi malah bikin rancu...
ada lg yg center diffnya aktif macam AWD.... yg mindahinnya serba otomatis dan seperlunya... ini uda beda lagi cara kerja, bukan sekerdar lock n unlock....
semoga cukup jelas hehe
thx
Om semua,maskopat wrote:oke oke... paham nih... berarti di transfer case 4WD atau 4x4 SUV lama (dan harusnya di SUV baru), selalu membagi sama antara gardan depan dan belakang. kecuali 4H di PS atau fortuner kali ya. karena dia ada 4HLc untuk nge-lock transfer case.billyd1773dz wrote:hmmmmm.....maskopat wrote:berarti ada locker di transfer case yang menahan pergerakan axle depan dan belakang ketika belok ya?
takutnya jadi rancu nih,
jadi gini... jaman dulu(dan jaman srkng klw di indonesia sih karna SUV yg d pke main kebanyakan model gini) saat sistem 4x4 masih partime saja. ga ada istilah differential tengah..apalgi locker di central diff... hehe yang ada di transfercase hanya 4x2 dan 4x4 yg ngebagi daya 50:50 dpn/blkng aja atw partime... memang mirip cara kerja locker tp g disebut locker karna ga ada versi yang "non locker" kecuali 4x2...
nah jaman skrng semenjak ada fulltime 4x4, dimana transfercasenya dalam mode 4x4 tp jadi bisa unlock alias open untuk kepentingan di jalan raya... nah mulai tu istilah center diff dipakai... dan jd ada pabrik mobil dan media yg ngerpromosiin keberadaan/fitur center difflock.... maksudnya sih dia bisa jadi 4x4partime gtu aja... tapi malah bikin rancu...
ada lg yg center diffnya aktif macam AWD.... yg mindahinnya serba otomatis dan seperlunya... ini uda beda lagi cara kerja, bukan sekerdar lock n unlock....
semoga cukup jelas hehe
thx
thanks ya om Bill....
keypointnya dri karakternya om yang selalu ngebagi 50:50 kapan pun dan bagaimanapun...firawan6275 wrote: Om semua,
pernah donlot video penggunaan 4x4 part time di website 4xForum kebetulan contohnya Nissan Frontier, dia bilang saat hujan di jalan licin atau gravel 4x4 part time akan lebih mantap traksinya dibanding 4x4 fulltime atau malah AWD. Ada juga contohnya pake mitsu pajero kayak punya Om gmx, masalahnya 4x4 part time akan memperpendek umur transfer case dibanding 4x4 full time atau AWD. Ada beberapa mobil dlm manualnya mensyaratkan agar tidak melebihi kecepatan 80 kmh saat 4x4 part time aktif di jalan aspal. Nah, ini jadi perdebatan antara saya dan temen2 di kantor. Klo prinsip saya jika memang di aspal licin masih mungkin pake pakai 2H dgn mengontrol kecepatan sesuai kemampuan mengemudi sy nggak akan pake 4H part time kecuali jika memang terjadi gejala selip pake 2H. Klo off the road sih langsung pake 4H part time, biasanya di tambang regulasi safetynya mensyaratkan 4H part time selalu aktif.
Tolong sharingnya dong, thanks.
2H tu 4x2 normal omak4ng wrote:bedanya 4L, 2H, 4H?
ane ga ngerti mohon bantuannya ya
![]()
1. klw yg lg kita bicarain sih d transfercase... hehe maksudna teh masuk ke parttime gtu... g perlu di pusingin hehe.... klw mekanismenya, klw biasanya 2-2nya jg ada om ada mekanik pke tuas seperti suv kebanyakan, dan ada yg vakum pke tombol di kabin umumnya SUV jdm atw import pke ini kya daihatsu rugger... ada jg yg elektronis ya di suv2 baru... bnyk macem2nya tp di transfercasenya tetep mekanis lagi..egon wrote:mw tanya ni om
1.yg dmaksud dgn ngelock tuh gmana ya?yg dikunci tuh gardan ato girboks?trus mekanisme lock teh gmana?pake mekanis kah ato pk pneumatik?
2.pnh liat d youtube ada lubang kecil pada girboks landy yg kudu dtutup kalo mw berkubang,apa smua mubil oprot ky gt?
3.dl pnh iseng coba2 4wd yg 4L d rocky tp pas dpindahin bunyi kroook..itu knp ya?
maaf y om pertanyaanya bnyk maklum newbie abis
yup betul lobang breather, pernah di bahas di milis landy_series, tapi gw lupa bahasannya gimanabillyd1773dz wrote:2. wah lubang apa yah? kyanya sih breather udara yah kurang apal nih klw landy hehe klw di mobil lain sih biasanya lubang breathernya uda di sambung selang ke atas ada yg ke ruang mesin ada yg kabin ada yg sasis. makin tinggi makin baik. semua mobil wajib di perhatiin saluran breathernya. selain di gb d gardan juga ada dan harus d perhatiin bwat yg demen nyelem heheegon wrote: 2.pnh liat d youtube ada lubang kecil pada girboks landy yg kudu dtutup kalo mw berkubang,apa smua mubil oprot ky gt?
ya tau lah om..ak4ng wrote:ada yg tau ga daihatsu kebo? itu mobil 4x4 jga bentuknya mirip2 tyt hardtop cuma aga kecil, wipernya dari atas, mesinnya diesel?
ada yg pernah punya atw nyoba? share y!?gmx wrote:ya tau lah om..ak4ng wrote:ada yg tau ga daihatsu kebo? itu mobil 4x4 jga bentuknya mirip2 tyt hardtop cuma aga kecil, wipernya dari atas, mesinnya diesel?
mobil yang bener2 kebo, bandel.. ukuran ngga terlalu besar, ngga terlalu kecil juga, mesin diesel belum direct injection 2500cc tenaga gede, rigid axle depan belakang, aslinya belum ada power steering, power window, central lock, ac, bener2 mobil offroad.. spare part lumayan banyak, perawatan gampang.. beberapa tahun lalu harganya murah 7jt bisa dapet, sekarang bahan aja udah 20jtan, yang udah direstorasi diatas 30, bahkan ada yang sampe 50jt, udah bisa termasuk collector item..IMHO recomended buat pemula offroad tapi jangan harap ini mobil yang nyaman.. ya namanya offroad jangan harap nyaman..ak4ng wrote:ada yg tau ga daihatsu kebo? itu mobil 4x4 jga bentuknya mirip2 tyt hardtop cuma aga kecil, wipernya dari atas, mesinnya diesel?
mbl bokap gw dari sma sampai gw sd hehehe.......a very nostalgic car...ak4ng wrote: ada yg pernah punya atw nyoba? share y!?![]()
share lebih detil dong Bill..billyd1773dz wrote:mbl bokap gw dari sma sampai gw sd hehehe.......a very nostalgic car...ak4ng wrote: ada yg pernah punya atw nyoba? share y!?![]()