[Review]Ford RANGER 3Ltr AT & Everest MT 4x4 BORNEO EDITION
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: [Review]Ford RANGER 3Ltr AT & Everest MT 4x4 BORNEO EDIT
sori sori. kurang lengkap nulisnya. maksudnya colt diesel. jadi lintasannya rada dalam.
kalo dulu, illegal logging blom 'beken', malah lintasan (di daerah lain) lebih sangar soalnya sering dilewatin mobil tronton roda 18 (atau berkisar segitu) bermuatan penuh. sering juga ngeliat itu tronton terperosok. sekarang udah ga ada lagi, pabrik pengolayan kayunya dah tutup.
kalo dulu, illegal logging blom 'beken', malah lintasan (di daerah lain) lebih sangar soalnya sering dilewatin mobil tronton roda 18 (atau berkisar segitu) bermuatan penuh. sering juga ngeliat itu tronton terperosok. sekarang udah ga ada lagi, pabrik pengolayan kayunya dah tutup.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: [Review]Ford RANGER 3Ltr AT & Everest MT 4x4 BORNEO EDIT
hho, kirain om zwei ngomongin colt L300..
tapi bisa ya truck-truck begitu lewat sana?
tapi bisa ya truck-truck begitu lewat sana?
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: [Review]Ford RANGER 3Ltr AT & Everest MT 4x4 BORNEO EDIT
klw saat turun d open dif nanti perlakuannya kurang lebih akan sama dgn differential saat maju... jadi dia hanya mengalirkan tenaga ke bagian yg terringan saja.zweifellos wrote: maksudnya mutar sebaliknya itu gimana om? berlawanan arah dari jalannya mobil?
trus, buat turunan curam, licin baiknya pake 4L (yg berarti difflock nya ngunci) atau 4H biasa (ga lock)?
yang saya bayangkan, dengan 4L maka engine brake lebih baik (dari 2WD atau 4H). cuman mikir lagi, apakah turunan seperti itu bukannya malah membebani locker (buat menyamakan putaran roda depan dan belakang), yang ujung2nya bisa bikin locker cepat rusak? jadi dalam bayangan saya, ada 2 hal yang bertentangan kalo make 4L: engine brake bagus (gear ratio rendah) dan locker dipaksa menahan beban (buat bikin putaran roda depan dan sama) ketika melaju di turunan curam, licin .
mohon penjelasannya om dan tolong dikoreksi mana yang salah dengan yang saya bayangkan. thanks bgt sebelumnya.
klw d gigi di 1 4L, maka diff akan berputar sangat lambat dan di tahan mesin/enginebrake, open diff akan efektif mendorong atw menahan mobil bila beban di kedua roda sama. klw beban atw traksi di kedua roda beda, maka akan buyar sinergi diff tadi untuk menyalurkan energi. skrng klw axle open diff di dongkrak axlenya sampai ke2 roda ngelayang, gearbox di masukin roda di putar sebelah maka roda sebelah lg akan muter sebaliknya kan? sama halnya saat down hill d kondisi sangat licin, dmn pke gigi yg terlow dan berputar lambat, sementara roda secara otomatis di putar karena turun, di saat terjadi perbedaan traksi antar kedua roda, roda itu bisa hanya menahan sebelah d tempat dgn traksi terbaik sebelah lgi loss atw lebih buruk lgi klw sebelahnya bisa jd muter berlawanan, seperti di puterin sebelah bannya klw putarannya lebih cepet dri putaran mesin yg engine brake walau g pengaruh karena memang g dpt traksi.
klw di mobil umum sih 4H bearti center diffnya ngunci alias "Partime" di pajero/PS dan forti atw beberapa mobil lain aja istilahnya jadi untuk "Fulltime" jd sebaiknya biar g rancu kita pke istilah "Partime atw "Fulltime" aja kli yah?trus difflok di sini maksudnya d transfercase yah.. ga ada urusan dgn di gardan.... hehe : D

btul bngt om klw turun gtu ya makin smooth2 dan baik klw pke ratio paling low, yg bisa di dpt di low gear. tentu biar bisa turun dgn "anteng" gtu... cuma klw di axlenya masih open, harus siap2 mainin rem, karena ada kemungkinan traksi untuk engine brake loss. lalu kalau ada difflok di gardan, sebaiknya di aktifin karena bisa menekan traksion loss tadi, walau tidak menjamin 100%... dan tetep aja mesti selau siap brake n control.
klw mengenai beban yg ngerusak atw tidak sih........ di pke ngebut di aspal jg ngebanin differential lebih parah malah hehe karena yg ngehajar seluruh power mesin.. klw down hill yg ngedorong hanya daya gravitasi aja wkekekke...
klw punya difflok di gardan, sebaiknya klw blm apal, jgn sembarangan di pakai terutama front axle difflock, klw belok jgn di pakai aja. ... karena sangat jahat ke as roda, dan komponen kaki2 lain, selain itu handling mobil pun akan berubah banget...
cmiiw yah
thx

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: [Review]Ford RANGER 3Ltr AT & Everest MT 4x4 BORNEO EDIT
wakakak.... tiap hari bisa gath dengan sesama...gmx wrote:om kopat, daripada nyari trooper atau taft, mending kita cari L300 trus bikin klub yuk, kan belum ada klub L300.. nanti gathering di pasar induk, pasti banyak yang ngumpulmaskopat wrote:
biasa dilewati Colt L300 yah? emang gak ada matinye nih mobil... lumpur, batu, pake L300 aja dah...

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: [Review]Ford RANGER 3Ltr AT & Everest MT 4x4 BORNEO EDIT
hehe btul om.....zweifellos wrote:sempat nyoba PS di lumpur ringan (lumpurnya campur batu, setengah keras alias ga full basah), PS masih bisa ke kiri dan ke kanan (memotong lintasan yang terbentuk dari mobil2 sebelumnya). memotong lintasan semacam itu termasuk tidak disarankan kalo mobil cuman 4x2 dan/atau bannya bukan ban cangkul. nah pas jalan ke kiri-kanan (motong lintasan bentukan mobil2 sebelumnya), kerasa itu LSD 'maen' (berfungsi). kerasanya, roda belakang rada gempar gempor dikit, mirip kalo lagi posisi 4WD dan lagi berusaha keluar lumpur, biasanya antara roda depan dan belakang kerasa gempar gempor (arah bodi depan dan belakang tidak senada/searah).NYoman wrote:^
oh thank's om, tambah pengetahuan lagi tentang diffrential..
pantas saja waktu saya pasang LSD, si mekanik bilang settingan LSD dibuat 60:40 berbeda rupanya dengan difflock..berarti Difflock tadi benar-benar 100% mengunci satu gardan tersebut ya?karena pembagian nya sama alias 50:50..
seperti itu?klo cuma 4x2 + LSD bisa ga ya maen offroad yang 'agak ganas"?
jadi KAYANYA buat offroad ringan (ringan disini bukan standard offroader tapi standar awam) 4x2 dengan LSD masih bisa.
sebenernya asal masih datar travel axle bkng masih bisa menempel di tanah, ngelumpur jg asal ga ada batuatw apa yg ganjel dan jgn dikasih nanjak licin aja.... 4x2 jg masih bisa di pakai hehehe.....
malah seru-seruan pke 4x2 tu.. 4x4 jd terasa terlalu mudah g seruu.. wkekkeke
klw LSDnya sendiri pasti ada andil ngebantu dri pada terlalu polos open diff sih... hehe
thx

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: [Review]Ford RANGER 3Ltr AT & Everest MT 4x4 BORNEO EDIT
klo ngelock diff depan saya pernah coba (sedan) rasa-rasanya handling mobil berubah 180 degree..setir jadi berat saat belok, mau meliuk-liuk di jalan juga susah alias setirnya jadi ngelawan gitu..bahaya juga ya difflock depan..teman saya sampe kopel depannya rusak..wew..klw punya difflok di gardan, sebaiknya klw blm apal, jgn sembarangan di pakai terutama front axle difflock, klw belok jgn di pakai aja. ... karena sangat jahat ke as roda, dan komponen kaki2 lain, selain itu handling mobil pun akan berubah banget...
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: [Review]Ford RANGER 3Ltr AT & Everest MT 4x4 BORNEO EDIT
thanks bgt om atas jawabannya.billyd1773dz wrote:klw saat turun d open dif nanti perlakuannya kurang lebih akan sama dgn differential saat maju... jadi dia hanya mengalirkan tenaga ke bagian yg terringan saja.zweifellos wrote: maksudnya mutar sebaliknya itu gimana om? berlawanan arah dari jalannya mobil?
trus, buat turunan curam, licin baiknya pake 4L (yg berarti difflock nya ngunci) atau 4H biasa (ga lock)?
yang saya bayangkan, dengan 4L maka engine brake lebih baik (dari 2WD atau 4H). cuman mikir lagi, apakah turunan seperti itu bukannya malah membebani locker (buat menyamakan putaran roda depan dan belakang), yang ujung2nya bisa bikin locker cepat rusak? jadi dalam bayangan saya, ada 2 hal yang bertentangan kalo make 4L: engine brake bagus (gear ratio rendah) dan locker dipaksa menahan beban (buat bikin putaran roda depan dan sama) ketika melaju di turunan curam, licin .
mohon penjelasannya om dan tolong dikoreksi mana yang salah dengan yang saya bayangkan. thanks bgt sebelumnya.
klw d gigi di 1 4L, maka diff akan berputar sangat lambat dan di tahan mesin/enginebrake, open diff akan efektif mendorong atw menahan mobil bila beban di kedua roda sama. klw beban atw traksi di kedua roda beda, maka akan buyar sinergi diff tadi untuk menyalurkan energi. skrng klw axle open diff di dongkrak axlenya sampai ke2 roda ngelayang, gearbox di masukin roda di putar sebelah maka roda sebelah lg akan muter sebaliknya kan? sama halnya saat down hill d kondisi sangat licin, dmn pke gigi yg terlow dan berputar lambat, sementara roda secara otomatis di putar karena turun, di saat terjadi perbedaan traksi antar kedua roda, roda itu bisa hanya menahan sebelah d tempat dgn traksi terbaik sebelah lgi loss atw lebih buruk lgi klw sebelahnya bisa jd muter berlawanan, seperti di puterin sebelah bannya klw putarannya lebih cepet dri putaran mesin yg engine brake walau g pengaruh karena memang g dpt traksi.
klw di mobil umum sih 4H bearti center diffnya ngunci alias "Partime" di pajero/PS dan forti atw beberapa mobil lain aja istilahnya jadi untuk "Fulltime" jd sebaiknya biar g rancu kita pke istilah "Partime atw "Fulltime" aja kli yah?trus difflok di sini maksudnya d transfercase yah.. ga ada urusan dgn di gardan.... hehe : D
btul bngt om klw turun gtu ya makin smooth2 dan baik klw pke ratio paling low, yg bisa di dpt di low gear. tentu biar bisa turun dgn "anteng" gtu... cuma klw di axlenya masih open, harus siap2 mainin rem, karena ada kemungkinan traksi untuk engine brake loss. lalu kalau ada difflok di gardan, sebaiknya di aktifin karena bisa menekan traksion loss tadi, walau tidak menjamin 100%... dan tetep aja mesti selau siap brake n control.
klw mengenai beban yg ngerusak atw tidak sih........ di pke ngebut di aspal jg ngebanin differential lebih parah malah hehe karena yg ngehajar seluruh power mesin.. klw down hill yg ngedorong hanya daya gravitasi aja wkekekke...
klw punya difflok di gardan, sebaiknya klw blm apal, jgn sembarangan di pakai terutama front axle difflock, klw belok jgn di pakai aja. ... karena sangat jahat ke as roda, dan komponen kaki2 lain, selain itu handling mobil pun akan berubah banget...
cmiiw yah
thx
o iya, yang saya bahas tulis di postingan sebelumnya bukan difflock di gardan tapi di transfercase, makanya saya nulis 'antara roda depan dan belakang'. saya nanya gitu karena sempat baca artikel tentang akibat penggunaan difflock yang tidak pada tempatnya.

No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: [Review]Ford RANGER 3Ltr AT & Everest MT 4x4 BORNEO EDIT
hehe iya om, kalo serunya tentu mana yang lebih susah 'menaklukkannya'.billyd1773dz wrote:hehe btul om.....zweifellos wrote:sempat nyoba PS di lumpur ringan (lumpurnya campur batu, setengah keras alias ga full basah), PS masih bisa ke kiri dan ke kanan (memotong lintasan yang terbentuk dari mobil2 sebelumnya). memotong lintasan semacam itu termasuk tidak disarankan kalo mobil cuman 4x2 dan/atau bannya bukan ban cangkul. nah pas jalan ke kiri-kanan (motong lintasan bentukan mobil2 sebelumnya), kerasa itu LSD 'maen' (berfungsi). kerasanya, roda belakang rada gempar gempor dikit, mirip kalo lagi posisi 4WD dan lagi berusaha keluar lumpur, biasanya antara roda depan dan belakang kerasa gempar gempor (arah bodi depan dan belakang tidak senada/searah).NYoman wrote:^
oh thank's om, tambah pengetahuan lagi tentang diffrential..
pantas saja waktu saya pasang LSD, si mekanik bilang settingan LSD dibuat 60:40 berbeda rupanya dengan difflock..berarti Difflock tadi benar-benar 100% mengunci satu gardan tersebut ya?karena pembagian nya sama alias 50:50..
seperti itu?klo cuma 4x2 + LSD bisa ga ya maen offroad yang 'agak ganas"?
jadi KAYANYA buat offroad ringan (ringan disini bukan standard offroader tapi standar awam) 4x2 dengan LSD masih bisa.
sebenernya asal masih datar travel axle bkng masih bisa menempel di tanah, ngelumpur jg asal ga ada batuatw apa yg ganjel dan jgn dikasih nanjak licin aja.... 4x2 jg masih bisa di pakai hehehe.....
malah seru-seruan pke 4x2 tu.. 4x4 jd terasa terlalu mudah g seruu.. wkekkeke
klw LSDnya sendiri pasti ada andil ngebantu dri pada terlalu polos open diff sih... hehe
thx
cuman memang cukup beda signifikan 'prinsip', haluan atau apalah namanya antara orang di pulau jawa (yang umumnya jalannya mulus, bagus aka ga perlu 4x4) dengan orang di pulau sumatra khususnya di daerah (di tempat yang asal ada jalan udah syukur, jalannya hancur apa ga urusan belakang). bedanya, yang satu 'nyari-nyari' (jalan makin hancur makin senang) jalan offroad sedang yang satu lagi menghindari (jalan makin bagus, makin senang). jadilah orang di jakarta sampe rela ngebayar buat nyoba mobilnya di lumpur, padahal di banyak daerah pulau sumatera jalan lumpur dihindari.

intinya, yang satu mengarah ke hobby sedang yang satu memang kebutuhan.

No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: [Review]Ford RANGER 3Ltr AT & Everest MT 4x4 BORNEO EDIT
hehe kalo supir2 di daerah hutan alias yang jalannya emang hancur emang paten-paten kalo orang medan bilangnya aka mantap. mobil 1 gardan bisa ngelewati jalan yang sebenarnya butuh 4WD. sering itu ngeliat bis-bis sedang, kenenkya sampe gerakin badannya naik turun dengan kaki tetap nempel di lantai mobil buat ngasih 'tarikan' ke mobil alias biar lebih bagus traksi bannya. jadi skill disini lebih berperan daripada fitur-fitur di mobil. skill2 macam itu yang pengen bgt saya pelajari.NYoman wrote:hho, kirain om zwei ngomongin colt L300..
tapi bisa ya truck-truck begitu lewat sana?

kalo colt diesel malah jadi mobil yang paling banyak berkeliaran di jalan2 lumpur di daerah yang saya bahas. masalah mereka biasanya bukan terpatar alias slip tapi terjerumus (terjerembab, bannya terbenam dalam dilumpur) karena bebannya terlalu berat alias jalannya ga kuat nahan beban mobil. colt dieselnya biasanya muatan standard sekitar 5 ton (blom berat mobil).
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: [Review]Ford RANGER 3Ltr AT & Everest MT 4x4 BORNEO EDIT
^
iya nih om zwei...
saya malah bilang (bukan ngeledk ya) orang di daerah itu klo bawa mobil jago* banget..mungkin karena udah tiap hari kali ya mereka main begituan..kita mungkin cuma sekali-sekali..skill nya keren abis..coba mereka dikasih mobil 4x4 kayaknya ga masalah..
iya nih om zwei...
saya malah bilang (bukan ngeledk ya) orang di daerah itu klo bawa mobil jago* banget..mungkin karena udah tiap hari kali ya mereka main begituan..kita mungkin cuma sekali-sekali..skill nya keren abis..coba mereka dikasih mobil 4x4 kayaknya ga masalah..

All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: [Review]Ford RANGER 3Ltr AT & Everest MT 4x4 BORNEO EDIT
setuju pisan gan....
klw gtu cari kursus aja yuk magan jd angkutan di pedalaman?? hehehe
yg lucu tu pernah nontom camel trophy sulawesi tahun <1990 an gtu yah... critanya d pedalaman lumpur2nya tebel2..... landynya lagi tarik2an... eh di sebelahnya lagi minggir ngasih jalan L300 dan elf2 gtu.... bearti sehari2nya L300 dkk memang lewat situ hehehe.....
btw kadang2 klw orang uda biasa oprut dgn mobil canggih ban gede nan kasar difflok dpn blkng... coba dikasih yg open diff aja... pasti pedenya ilang.. hehehe... pengalaman pribadi sih.. (jd malu nih) waktu bru pke arb locker, ada genangan dikit aja di nyalain.... locker gnyala tu g pede perasaan ada yg salah gtu... padahal orng lain jg open diff semua dan sama2 nyampe performanya g beda jauh... jd aja cepet rontok difflocknya hehehe.. akhirnya skrng d cabut aja deh.. ga baik bwat kesehatan wkekeke
thx

klw gtu cari kursus aja yuk magan jd angkutan di pedalaman?? hehehe
yg lucu tu pernah nontom camel trophy sulawesi tahun <1990 an gtu yah... critanya d pedalaman lumpur2nya tebel2..... landynya lagi tarik2an... eh di sebelahnya lagi minggir ngasih jalan L300 dan elf2 gtu.... bearti sehari2nya L300 dkk memang lewat situ hehehe.....
btw kadang2 klw orang uda biasa oprut dgn mobil canggih ban gede nan kasar difflok dpn blkng... coba dikasih yg open diff aja... pasti pedenya ilang.. hehehe... pengalaman pribadi sih.. (jd malu nih) waktu bru pke arb locker, ada genangan dikit aja di nyalain.... locker gnyala tu g pede perasaan ada yg salah gtu... padahal orng lain jg open diff semua dan sama2 nyampe performanya g beda jauh... jd aja cepet rontok difflocknya hehehe.. akhirnya skrng d cabut aja deh.. ga baik bwat kesehatan wkekeke
thx

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: [Review]Ford RANGER 3Ltr AT & Everest MT 4x4 BORNEO EDIT
hha, oke kita kursus di daerah pedalaman sulawesi pake colt..
kayaknya menantang tuh..
kayaknya tuh peserta mukanya "suek" gara gara ngeliat colt diese mantap melaju dengan tenang tanpa winch..
kayaknya menantang tuh..

kayaknya tuh peserta mukanya "suek" gara gara ngeliat colt diese mantap melaju dengan tenang tanpa winch..

All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: [Review]Ford RANGER 3Ltr AT & Everest MT 4x4 BORNEO EDIT
hehe pesertanya bule semua tu.... malu2in indo bngt.. jln antar kotanya ancur... wkekekeNYoman wrote:hha, oke kita kursus di daerah pedalaman sulawesi pake colt..
kayaknya menantang tuh..
kayaknya tuh peserta mukanya "suek" gara gara ngeliat colt diese mantap melaju dengan tenang tanpa winch..
btw gmn pun juga colt diesel 4x2 sama landy 4x4 pasti effortnya lebih ringan yg 4x4 dunk... mw sejago apapun drivernya juga hehe...
yg 4x2 pasti bawanya jadi main hantem gabisa smooth... klw kepater siap2 ngeluarin ribuan jurus dan akal dri mesti di goyang2 sengaja bawa karung batu atw sekam bwat nimbun sampe yg ga kepikiran oleh biasa hehe... uda gtu cara terakhir di tarik rame2 sama kenek dan penumpangnya hehehe.... g ada winch, siapin tambang taliin ke roda wkekek... dijamin lebih repott.. ga mungkin "mantap melaju dengan tenang" hehe yang jago tentu mental dan fisik driver n d ganknya




mereka kya gtu tentu karna terpaksa... kendaraan komersial yg murah klw g bekas ya 4x2... sayangnya kendaraan 4x4 malah di katagorikan kendaraan mewah yg pasti melambungkan harganya... nah jd salah siapa nih? uda jln g dibetulin.. mobil 4x4nya jg di mahalin ckckck..... g ada yg demo d DPR sih... hehehe
thx

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: [Review]Ford RANGER 3Ltr AT & Everest MT 4x4 BORNEO EDIT
hhe, setidaknya setelah kursus disana dapat pengalaman dan mental baja ngelewatin berbagai macam medan..
setuju, kenapa mobil 4x4 dianggap mobil mewah?mungkin karena teringat dulu mobil jeep itu kental dengan 4x4 dan harga mobil jeep itu selangit..makanya sampai sekarang jadimahal bgt pajaknya..perlu di demo..

setuju, kenapa mobil 4x4 dianggap mobil mewah?mungkin karena teringat dulu mobil jeep itu kental dengan 4x4 dan harga mobil jeep itu selangit..makanya sampai sekarang jadimahal bgt pajaknya..perlu di demo..

All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)