campoeran wrote:iprit ini benernya dah komplit kok cuman kekurangannya menurutku cuman satu aja
ada kompor gas di dalamnya

pdhal yg di jepun ndak gitu
emang HPM nyunatnya agak keterlaluan .
haha. Emang lucu yah dashnya, betul, jadi ingat tombol rinnai di rumah.
tapi ngomong lagi, saya tanya sendiri di antara semua line-up honda saat ini di indonesia mana yang saya rasa paling praktis dan saya akan pilih jika di suruh pilih salah satu, setelah saya analisa sendiri, jawaban saya juga ternyata freed. kenapa ?
line-up honda sebenernya ngak bilang panjang, accord, freed, civic, city, cr-v, jazz dan odyssey. nah, saya dari dulu ngak hobby sedan, sebab ngak cuman spacenya kecil banding harganya yang tinggi (pajak sedan di indo kan tinggi banget), juga saya perhatikan semua sedan termasuk merek jepang lebih jatuh banding mpv, suv dan hatchback. dan selisihnya kadang cukup spektakular.
jadi accord, civic, city udah ngak akan saya pilih. nah, crv saya juga rasa bangkunya keras dan nilai jual kembalinya saya yakin kalah ama freed (dari segi persentasi). di kompas udah banyak yang iklan. yang 2.4 tahun 08 valuenya udah ketahuan, sekitar 320-325 jt. jadi umur 1 tahun nilainya 322/379 X 100 = 84.9% dari harga baru. malah x-trail 2.5 xt lebih kuat, sekitar 312/339 X 100 = 92%. semua data dari kompas dan ngak cuman 1 iklan, udah lumayan banyak, jadi nilai pasarnya cukup akurat. tapi kalau pakainya lama ya memang beda 7% tahun pertama itu juga ngak besar kok. paling penting suka yang mana ?
tinggal jazz dan odyssey. kalau odyssey, sebagai mpv cbu, satu mahal, dua juga resale valuenya juga agak jatuh (mayoritas mobil cbu terutama tahun masih muda lebih jatuh banding mobil ckd). juga baris 3 mirip grand livina. jadi menurut saya terlalu mahal.
jazz sebagai hatchback ckd paling popular saat ini saya yakin nilai jual kembalinya paling bagus antara semua line-up hpm saat ini. cuman dengan selisih harga ama freed yang ngak beda jauh, tentu saya pasti ambil freed.
dan lihat prestasi freed dan keunggulan 3 baris, saya juga yakin nanti freed akan jadi tulang punggung honda gantikan jazz nanti, dan nilai jual kembali freed akan jadi best di antara semua model honda indonesia.
jika saya jadi nmi, udah saatnya mempercepat kehadiran nv200, sebab meskipun freed ada berapa kelemahan (sekali lagi semua mobil ada kelemahan), tapi saya setuju kali ini glivina dan innova dapat rival yang cukup kuat.
freed saya cuman ngak suka belakangnya, tapi serena saya juga belakangnya ngak bilang cakep banget, jadi saya setuju, asal mobilnya cocok, praktis, ya jangan terlalu fanatik ama exterior deh. toh kita di dalam mobil ini.
jadi freed adalah pilihan paling rational antara semua honda di sini saat ini dari segi praktis dan value. murah sih ngak, tapi banding honda yang lain, freed masih mending.