Karimun baru?

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Bayu
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Sep 12, 2005 7:14

Post by Bayu »

ifmarch wrote:Sorry OOT juga, itu dia Suzuki bikin bingung pembeli dengan banyaknya line up yang dibuat namanya gak turun temurun.

Mungkin dari sekarang Suzuki mesti konsisten sedikit untuk brand image ini.

City Car : line up pakai aja tetap Karimun. Karimun -> New Karimun Estilo -> All New Karimun apa deh.....

Back to karimun, gw pernah baca bahwa salah satu jurus marketing untuk suatu produk agar bisa sukses adalah dengan cara involve or share experience everyone in our product. Jurus karimun sakti juga dimana banyak sudah melibatkan para karimun mania dengan klub karimunnya. Ini tanda-tanda Karimun estilo bakal sukses juga ya ....
Dari tabloid OTOMOTIF
Image
naldo

Post by naldo »

Ya... Karimun sudah mau keluar deket2 ini...
Ada yang jual turbonya buat dongkrak tenaga?? 1100CC injection mesinnya
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

naldo wrote:Untuk mas Mike ni...
SX 4 memang perpaduan antara MPV dengan SUV. Kenapa?? Dengan mobil yang kompak n termasuk lega, tetapi mempunyai ketinggian ground clearence yang mendekati SUV (17.5cm).
Ya rasanya aerio n baleno digantikan SX4 dan SX4-sedan...
SX4 sedan akan masuk akhir tahun/awal bulan tahun depan...
Ic...Seep deh....
Bro naldo bisa bantu kasih diskon kalo (misalnya) kita2 mau ambil SX-4? :lol:
Image
naldo

Post by naldo »

Waduh... Bung Mike... Saya bukan dealer mobil masalahnya... Mungkin dateng aja ke dealer2 suzuki... Mungkin Suzuki Pulogadung bisa kasi lagi tapi gak tau lagi...
naldo

Post by naldo »

Wah Mas Mike... Saya rasa semua dealer tidak akan memberikan diskon khusus nih mas... Barusan baca majalah, setiap bulan SX4 hanya dijatah untuk indonesia hanya 300unit... Ini bisa jadi pada memburu mobil ini ni... Satu tahun ini indo katanya dijatah 2500unit... Tidak lebih...
Siapa cepat, dia yang dapat... Hehehe
mazonka
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: Sat Apr 29, 2006 18:32

Post by mazonka »

wah kalo gt caranya bisa banyak upping price dong
Std abis

bantu sodara jual tanah, ayo dicek ayo dicek
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=4572
naldo

Post by naldo »

Saya rasa si gak di upping price... Unless kalau bukan Dealer resmi suzuki tetapi kaya orang jual di Pasar mobil kemayoran, nah itu bisa upping price...
Harga si tetep sama... Jadi cepet2 inden... hehehe
ifmarch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 312
Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55

Post by ifmarch »

naldo wrote:Saya rasa si gak di upping price... Unless kalau bukan Dealer resmi suzuki tetapi kaya orang jual di Pasar mobil kemayoran, nah itu bisa upping price...
Harga si tetep sama... Jadi cepet2 inden... hehehe
NGAPAIN HARUS UPPING PRICE?, ini membuat pasar otomotif Indo menjadi gak sehat. ATPM seharusnya memberikan excellent marketing & excellent service.

Kalau ada ATMP yang hanya maunya untung doang, dengan memberikan janji-janji muluk ke konsumen dan delivery mobilnya kepada konsumen lambat, ya MOBILNYA JANGAN DIBELI.

ATPM jangan mau enaknya aja, salah satu contoh yang NGAK SEHAT adalah sistem INDEN, kalau konsumen sudah inden dan mobilnya dateng 1-3 minggu itu masih wajar (mungkin berhubungan dengan sistem logistik dan distribusinya yang butuh waktu).

Tapi kalau KONSUMEN sudah inden dan harus tunggu 3-6 BULAN, ini ATPM sudah SAKIT. Berarti ada masalah dengan dengan sistem produksi mereka, mereka tidak serius mem-forecast jumlah produksi, apalagi semua pabrikan sekarang sudah menganut sistem JIT (Just In Time) produksi, seharusnya ini tidak terjadi.

Bisa jadi jumlah waiting list inden, dijadikan list untuk memproduksi mobil, itukan mau enaknya ATPM aja, buat mobil kalau ada order. Kalau tidak ada order mobil gak di produksi. KOnsumen yang dirugikan, karena waktu delivery jadi molor.

Dan ingat bagi seluruh KONSUMEN MOBIL INDO, sekarang slogan KONSUMEN adalah RAJA sudah basi dan tidak tepat lagi, yang lebih tepat adalah KONSUMEN adalah DIKTATOR. Apa dan kapan DIKTATOR butuh harus dipenuhi SEGERA.

:e-naughty:
naldo

Post by naldo »

Ya mungkin saja Mas ifmarch bilang ini ATPM tidak sehat... Tapi mau bagaimana lagi mas?? Dari jepang SX4 ini hanya dijatah untuk indo sampe akhit tahun hanya 2500unit. Kalau permintaan lebih besar dari barang yang masuk, bearti harus mau gak mau inden donk??
Di jepang kapasitas produksinya SX4 sudah besar banget. Di eropa permintaannya sudah 40000unit satu tahun ini, Pabrik hungaria(belgia) sudah tidak bikin SX4 tetapi bikin sodaranya SX4 yaitu fiat sedici. Jadi mau tidak mau harus ada jatahnya dari Jepang.
Midi_Amp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 668
Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
Location: Jakarta

Post by Midi_Amp »

ifmarch wrote: Tapi kalau KONSUMEN sudah inden dan harus tunggu 3-6 BULAN, ini ATPM sudah SAKIT.
Waduh bos, gak fair lah kalau begitu. Namanya juga kalau kita dagang juga ada estimasi penjualan dong. Kalau terlalu pede produk laku ternyata gak kan bisa merugikan. Ini yang namanya persaingan ada untuk kesenangan konsumen... Tapi jangan persaingan kayak Daihatsu Terios dan Toyota Rush... Wong satu perusahaan dan gak ada produk lain di kelasnya (monopoli ya ini?). Kalau memang SX4 gak bisa diperoleh dengan mudah, yah ada Vios baru.

Kalau inden tanda ATPM sakit, masak Toyota sakit sih? Semua produk mereka pasti inden waktu di awal penjualan. Rush udah indent ampe 3 bulan kedepan, Vios baru juga udah dibuka inden, dan pasti mereka gak bisa penuhin permintaan di awal penjualan. Jangan dibahas dulu Innova waktu pertama keluar... Hiy... Syerem indennya.
ifmarch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 312
Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55

Post by ifmarch »

Midi_Amp wrote:
Kalau inden tanda ATPM sakit, masak Toyota sakit sih? Semua produk mereka pasti inden waktu di awal penjualan. Rush udah indent ampe 3 bulan kedepan, Vios baru juga udah dibuka inden, dan pasti mereka gak bisa penuhin permintaan di awal penjualan. Jangan dibahas dulu Innova waktu pertama keluar... Hiy... Syerem indennya.

Kalau permintaan di awal launching/penjualan yg tinggi, it's OK lah. Tapi apa yang dapat konsumen lihat udah launching 3 tahun pun inden-nya tetap aja menumpuk (kasus AVANZA), apa gak diantisipasi dari awal. Ya, jika bulan 1st - 6th saat awal launching, let's say permintaan pasar 3000/bulan seharusnya diantisipasi dong untuk permintaan di bulan berikutnya, bila perlu jika kapasitas produksi gak cukup lakukan reallocating plant.

"SAKIT" dalam hal ini saya maksud bukan TOYOTA sakit ... NO ..NO, that's no my point. Tapi 'sakit' dalam tanda kutip, yaitu ketidak-siapan ATPM/pabrikan untuk mengantisipasi permintaan pasar. Yang dirugikan guess who? KONSUMEN.

Memang tidak ada ada satu pun metode forecast demand pasar yang perfect/tepat, tetapi yang ada adalah forecast yang relatif mendekati terhadap demand yang ada. Masak udah 3 tahun launching & udah facelift lagi tapi tetap aja KONSUMEN yang dibuat terlalu lama menunggu.

Just My Honest Opinion.
naldo

Post by naldo »

Waduh... Pada gak seneng kalau inden y?? Ini si bukan ketidaksiapan ATPM melainkan Permintaan yang membooming... SX4 ini untuk indonesia hanya dikasi jatah 300unit perbulan. Kenapa?? Karena dari kantor pusat jepang, kapasitas produksinya sudah mencapai limit karena SX4 di eropa permintaan nya 40000ribu unit sampai dengan bulan ini dan pabrik yang di eropa dibuat untuk bikin saudara kembarnya SX4 yaitu fiat. Jadi, ini bukan kesalahan/ketidakpastian ATPM donk?? Lagian mobil ini juga CBU kan?? Bukan CKD indonesia??
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

kalo dr sisi konsumen sih, gua ga suka inden sampe berbulan2, yg bener aja. tapi gua liat di indonesia emang gitu semua. tanya kenapa....

bukan cuman mobil, rumah aja, udah pada beli n bayar, baru mulai dibangun itu rumah2. nurut gua sih aneh. seolah2 mereka ga ada modal, tunggu duit konsumen baru bangun.

ya, semua alasan emang logis, tapi sbg konsumen, ga enak aja..... :)
naldo

Post by naldo »

Memang si kalau dari sisi konsumen ya merasa dirugikan, tetapi dari sisi penjualan mobil sampai inden bearti menguntungkan perusahaan... Jadi ada 2 sisi yang saling bertolak belakang
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Post by ween »

memang....gue juga sebel banget sama yang namanya indent........kalau memang pabrikan tidak sanggup mendatangkan unitnya segera, sebaiknya TIDAK USAH buka indent.........khan lucu sekali......kalau sudah tau pasar akan meminta banyak, kenapa tidak ada strategi persiapan?????????misalnya kasus avanza waktu baru launch.......kalau tau permintaan akan banyak di awal2 peluncuran, produksilah dahulu banyak2 sebelum launching........untuk mengantisipasi banjirnya indent di awal2 launching.....

kalau memang dijatahin cuma sedikit dari jepang, maka jual sesuai jatahnya aja!!!!! misal, sebulan cuma di jatah 3000 unit, jual & bukalah dagangan 3000 unit.......sisanya tutup indent......kalau mau indent lagi, silahkan next month...........jangan semua indentnya mau di ambil......MARUK sekali namanya.......

harusnya ATPM lakukanlah sesuatu......seperti bikin ckd atau impor dari negara lain.......contohnya ingat kasus jazz? waktu itu laku keras sehingga kapasitas produksi tidak sanggup memenuhi permintaan........maka imora motor import jazz juga dari thai.......jujur, gue salut sama tindakan atpm honda ini.........
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Post by ween »

naldo wrote:Saya rasa si gak di upping price... Unless kalau bukan Dealer resmi suzuki tetapi kaya orang jual di Pasar mobil kemayoran, nah itu bisa upping price...
Harga si tetep sama... Jadi cepet2 inden... hehehe
masalah orang2 yang spekulasi, buru2 indent sebanyak2nya sebelum launch, trus jual lagi dgn upping price 10jutaan, merupakan akibat dari hukum ekonomi.....dimana permintaan tidak seimbang dengan penawaran.........mereka nggak bisa disalahkan........itu hukum alam.......

memang yang rugi konsumen........karena konsumen kita masih mau diperas,diinjak2 dan nggak berani protes.........apalagi dalam hal ini YLKI TIDAK BERFUNGSI.........
ifmarch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 312
Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55

Post by ifmarch »

Coba cek kasus inden di Indo yg lebih sampai over limit 3 bulanan lebih. Case Avanza, Innova, Rush & Terios yang inden nya sangat besar, 3 of them is T****A, harusnya pabrikan siap dulu deh baru launching produk. Kalau belum siap jangan launching dululah, tumpuk dulu stock baru launching.

Jangan kebalik, launching dulu, produk-nya entar-entar aja deh, kan 'KONSUMEN PASTI MAU TUNGGU' kok. Kalau kita jadi konsumen jangan mau digitu-in. Ingat rule pertama : KONSUMEN adalah DIKTATOR.

Mudah-mudahan, launching dan pemenuhan demand pembeli new Karimun dapat dimanage dengan baik.

I hope so.
naldo

Post by naldo »

Tenang pak... New karimun dateng dari india perbulannya 1000unit, mungkin lebih...
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

ifmarch wrote:Coba cek kasus inden di Indo yg lebih sampai over limit 3 bulanan lebih. Case Avanza, Innova, Rush & Terios yang inden nya sangat besar, 3 of them is T****A, harusnya pabrikan siap dulu deh baru launching produk. Kalau belum siap jangan launching dululah, tumpuk dulu stock baru launching.
Udah nama mobilnya disebut, kok mereknya disensor? hahaha.... :lol:
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

CBU dari India??
wow, bea masuk bisa diatas 40% (non Asean)
(kalo Jazz dari Thai kan cuman 5%)
Image
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Makanya kalo CBU dari India pasti mahal.... kenapa ga dirakit di sini sekalian buat ekspor ke ASEAN?
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
Bayu
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Sep 12, 2005 7:14

Post by Bayu »

WP wrote:Makanya kalo CBU dari India pasti mahal.... kenapa ga dirakit di sini sekalian buat ekspor ke ASEAN?
Mungkin test pasar dulu, baru nanti CKD di sini.
Di kawasan ASEAN pabrik mobil Suzuki yang paling canggih ada di Indonesia.

Kalau pabrik Honda & Toyota selain di Indonesia khan ada di Thailand.
naldo

Post by naldo »

Saya rasa, Jazz dibuat di Kerawang d... Wong dah 100.000unit buat di jakarta Jazz... Bukan Thailand...
Karimun dari India harganya akan tetap terjangkau, yang pasti dibawah 100juta
ifmarch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 312
Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55

Post by ifmarch »

WP wrote:
ifmarch wrote:Coba cek kasus inden di Indo yg lebih sampai over limit 3 bulanan lebih. Case Avanza, Innova, Rush & Terios yang inden nya sangat besar, 3 of them is T****A, harusnya pabrikan siap dulu deh baru launching produk. Kalau belum siap jangan launching dululah, tumpuk dulu stock baru launching.
Udah nama mobilnya disebut, kok mereknya disensor? hahaha.... :lol:
Emang gak ada ya merk mobil INNOVA, AVANZA & RUSH dari pabrikan RENAULT or CHEVY or PROTON ??? Iya nih lupa disensor merk-nya juga ...he....he....
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

naldo wrote:Saya rasa, Jazz dibuat di Kerawang d... Wong dah 100.000unit buat di jakarta Jazz... Bukan Thailand...
Karimun dari India harganya akan tetap terjangkau, yang pasti dibawah 100juta
Under Rp 100juta bisa aja kaya harga perkenalan Avanza G dulu... Rp 99,5juta
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear