billyd1773dz wrote:zweifellos wrote:jadi LSD di semuanya HANYA untuk ngebatasi? bukan misalnya dari ketiganya ada yang pake MURNI mengambil torsi dari roda yang ga ada traksi (terpatar) buat dipindahkan ke yang ada traksi? saya benar2 masih bingung dengan LSD yang dipakai ketiganya.
semuanya ngebatasin om biar tdk 100% torsi dialihkan ke yg hilang traksi. tapi di batasi MAKSIMAL 60% ke yg hilang traksi 40% ke yg dapat traksi.
Om billy bilang semuanya ada LSD dan centerdifflok. dan TIDAK ada DIfflok d gardan, apakah artinya semuanya bisa 50:50 antara depan dan belakang TAPI tidak bisa 50:50 buat kiri dan kanan?
btul om.. saat centraldifflok aktif namanya d mode PARTIME.
kalau ngunci 50:50 kanan kiri harus ada difflok di gardanya.
oh iya mengenai jumlah dan lokasi buat ketiganya? apakah sama juga, cuman punya satu LSD semuanya dan berada di posisi gardan belakang aja?
btul om LSDnya di axle blkng saja.
iya om billy, saya tengok banyak juga yang pake everest di medan. tadi barusan beli bukaan, ngeliat everest parkir. panjang euy (ntah keliatannya aja, ntah emang panjang gitu). mengenai mesinnya emang gimana sih om? kok kayanya sangar bgt (dibanding fortie dan PS)? apa punya everest punya power dan torsi sesangar nissan navara?
teknologi commonrail 2.5 ltr nya setaraf 4D56T yg bandel tpi sudah pke turbo VGT, sehingga powernya lebih gede dari PS,ford powernya 143ps & 330Nm yg 3ltr 158ps dan 380Nm mesin dgn basis yg sama dpakai oleh landrover defender. tulisan d webnya sih accept high sulphur diesel oil around the world.
klw ford pke solar biasa sudah bisa dapat peak power, klw navara mungkin harus pke solar "mewah" agar bisa dapat peak power 174ps 400nm nya.
hehehe emang panjang tu mobil....
oh iya, kemaren baca situs g-klasse, disebutkan g-klasse satu2nya di dunia yang punya/bisa 50:50 disemua posisi (tengah, depan dan belakang atau punya 3 fully differential lock) serta traction system. trus dibilang juga jika satu roda terpatar, akan dialihkan powernya ke yang punya traksi. jadi saya nangkepnya, jika roda salah satu roda terpatar, torsi yang sebenarnya buat roda terpatar ini akan dialihkan ke yang tidak terpatar. nah apakah hal ini (power bisa dialihkan) karena adanya peran traction system atau memang ada differential lock yang bisa bekerja seperti itu?
satu2 nya di dunia sih TIDAK om...
bnyk kok yg dari pabriknya sudah ada 3 difflok seperti ini... seperti sejak tahun 80an LC60,rangerover,nissan patrol pajero gen4, disco3, wrangler JK rubicon, dll... buanyakk... biasanya jd opsi dri pabriknya.
yang aftermarket dari yg selectable merk ARB airlocker atw Auburn Ected yg LSD + Locker juga ada om.. tinggal pasang aja.. biasanya tersedia bwat jimny,landcruiser,cherokee,pajero dll....
ada juga yg automatic locker kya detroit locker terus ada lgi yg permanen.. banyak deh yg aftermarket gini sih..
kalau pke kata "dialihkan" bearti yg kerja traction control. klw LSD dan locker kerjanya "membagi"
saya sih lebih suka kata "membagi" hehe
tapi lebih suka lgi kata "traksi" maksudnya percuma pke full difflok sampai 3 biji atau peralatan 4x4 secanggih apapun klw ban yg diapakai dan travel suspensi tdk mendukung karena tidak bakal dapat traksi. dan percuma pke 3difflok klw jarang di pakai beraksi hehehe.....
oyah, ada kecendrungan mobil2 yg pke 3difflok asrodanya lebih mudah patah klw ga hati2 ngegasnya. jd bnyk yg lebih memilih membiarkan diffaxlenya tetap OPEN(terutama axle dpan) agar ngegasnya bisa "puas".
mohon dikoreksi: yang saya ngerti, differential lock itu buat MENGUNCI. jadi power ga dialihkan, cuman DITAHAN biar power ga diambil roda yang slip. sedang pengertian LSD yang saya tangkep adalah sebuah differential yang fungsinya MEMBATASI power yang "diambil" oleh roda yang slip dari roda yang punya traksi. benarkah yang saya mengerti selama ini?
simpelnya gini om.. klw difflok pasti ngunci 50:50.
klw LSD tujuannya sih biar ngunci agar pembagian daya bisa seimbang kya difflok, tapi tidak bisa sampai 50:50,pembagian LSD selalu bervariasi tergantung beban.
sori ya kalo balik lagi ke differential dan LSD soalnya masih ada keraguan.
akhir kata, thanks bgt buat jawabannya.
hehehe nyantai aja om..
happy to share
