patria wrote:konsumen di indonesia bisa di bilang aneh.
mobil dengan teknologi tinggi, fitur berlimpah malah kalah penjualan dengan mobil yang biasa aja (mahal lagi!) kalo saya mobil yang baik adalah mobil yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya, percuma fitur banyak tapi useless ato kadang merepotkan.
lihat produk produk lama, misalkan mazda dengan teknologi canggih malah penjualan ataupun resale valuenya jeblok, sekarang misalkan all new x-trail yang nota bene memiliki fitur banyak, harga lebih murah, apakah mampu menyaingi all new CRV yang harganya kemahalan, minim fitur??
IMO, ilustrasi gw respect ke engineering daripada fitur bagi gw melalui contoh di bawah (tanpa bermaksud offense ke merk tertentu), kira2 gini;
Mazda 323 XGS 1.5 elite saloon akhir 80an lalu vs corolla Twincam 1.6 vs grandcivic 1.5.
biarpun 323 itu paling komplit pada jamannya : spedometer digital, speedsensing-powersteering, driver seat height-adjuster, a/c ruang kaki belakang, sampe2 ada rear wiper + washer (bisa jadi satu2nya merk yg ada ini di saloonnya);
tetep aja most pilih twincam / grand civic yg jauh minim fitur, bahkan toyota waktu itu juga masih pakai dop s/d greatcorolla (bukan velg & ga ada yg komplain), lebih enak & unggul twincam/grandcivic drive-experience nya.
juga di model lebih besarnya : mazda capella 2.0 vs accord maestro 2.0 vs corona Twincam 2.0.
capella ada auto ratation blower a/c; dan pake electric adjustment damper, tetep belum tentu bisa beats handlingnya prestige or comfortnya corona. ini juga soal engineering.
lagi di starlet kotak XL(54ps) & SE(72ps) (yg minim banget fiturnya, jangankan consolebox, powerwindow, & velg, dop pun ga ada, & ga da yg komplain) vs suzuki forsa(55ps) & amenity(73ps) (yg komplit banget fiturnya, sampe tilt steering juga ada).
gw respect starlet, juga karena performa dan ride nya unggul di starlet, ini soal engineering.
Perbedaan2 karena engineering banyak kasat mata memang & bukan sejauh tampilan nya maupun yg tertulis brosur.
diluar itu, fitur yang masih gw anggap ada engineering nya, lebih ke arah teknologi yg didevelop khas, misal : ESP, sistem transmisi, euro/SULEV, passive crash control, sistem AWD/penggerak roda, efisiensi kabin.
sebagian fitur belakangan ini maybe bagi gw mirip accessories, misal foglamp, sensor parkir, HID, keyless.