Pilih mana, ENGINEERING/TECHNOLOGY atau FITUR??

Segala jenis Hatchback dan tipe - tipe mobil lainnya.
(Jazz, Yaris, Swift, xover dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

FortunerMan

Re: Pilih mana, ENGINEERING/TECHNOLOGY atau FITUR??

Post by FortunerMan »

Gila 2006 udah 100,000 km? hebat :P

Gak ada yg salah sih CR-V ataupun X-Trail, dua2nya bagus2 aja. Namanya juga uang pak, harus selalu dihitung dan di balance dgn keinginan kita...plus digebuk sama keinginan istri haha...
Gak ada salahnya toh pak dapet mobil yg balance...bagus juga, resale value bagus juga - kita bisa menikmati, ntar dah mau ganti gak terlalu rugi2 amat.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pilih mana, ENGINEERING/TECHNOLOGY atau FITUR??

Post by maskopat »

DOHC wrote:bro maskopat, ente coba aja datengin tuh dealer satu2, minta brosur2 nya lalu ente bandingin sendiri, nanti kliatan de siapa yg harga2 nya paling mahal
yah bro.. brosur sekarang mah gak lengkap :ungg:

kalo bandingin livina vs jazz vs sx4 vs yaris, dari sisi feature dan harga, kayaknya imbang deh.
avanza vs luxio vs apv hm.. yang ini imbang feature dan harga.
kalo city vs vios, kayaknya city kemahalan.
civic vs corolla vs lancer, kayaknya yang paling worthed adalah lancer
accord vs camry, hm... kayaknya imbang deh
xtrail vs crv vs fortuner vs everest vs captiva.. kayaknya mending everest or captiva
sori, kalo yang ini mungkin gak sebanding, tapi saya kategorikan suv di harga yang sama

triton vs hilux vs navara vs dmax.. kurang tahu deh mending yang mana. kalo saya sih milih triton.. soalnya mitsu lovers :big_peace:
pajero vs lc vs disco3 vs rr.. hm... ini sih mending pajero. lebih murah dengan feature lengkap.. mungkin juga karena saya mitsu lover juga :big_weee:

untuk sedan/mpv eropa gak dimasukin karena harganya lebih overpriced :big_peace:

ada yang mau nambahin, opini pribadi welcome
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Pilih mana, ENGINEERING/TECHNOLOGY atau FITUR??

Post by GTR »

patria wrote:konsumen di indonesia bisa di bilang aneh.
mobil dengan teknologi tinggi, fitur berlimpah malah kalah penjualan dengan mobil yang biasa aja (mahal lagi!) kalo saya mobil yang baik adalah mobil yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya, percuma fitur banyak tapi useless ato kadang merepotkan.
lihat produk produk lama, misalkan mazda dengan teknologi canggih malah penjualan ataupun resale valuenya jeblok, sekarang misalkan all new x-trail yang nota bene memiliki fitur banyak, harga lebih murah, apakah mampu menyaingi all new CRV yang harganya kemahalan, minim fitur??
IMO, ilustrasi gw respect ke engineering daripada fitur bagi gw melalui contoh di bawah (tanpa bermaksud offense ke merk tertentu), kira2 gini;
Mazda 323 XGS 1.5 elite saloon akhir 80an lalu vs corolla Twincam 1.6 vs grandcivic 1.5.
biarpun 323 itu paling komplit pada jamannya : spedometer digital, speedsensing-powersteering, driver seat height-adjuster, a/c ruang kaki belakang, sampe2 ada rear wiper + washer (bisa jadi satu2nya merk yg ada ini di saloonnya);
tetep aja most pilih twincam / grand civic yg jauh minim fitur, bahkan toyota waktu itu juga masih pakai dop s/d greatcorolla (bukan velg & ga ada yg komplain), lebih enak & unggul twincam/grandcivic drive-experience nya.

juga di model lebih besarnya : mazda capella 2.0 vs accord maestro 2.0 vs corona Twincam 2.0.
capella ada auto ratation blower a/c; dan pake electric adjustment damper, tetep belum tentu bisa beats handlingnya prestige or comfortnya corona. ini juga soal engineering.

lagi di starlet kotak XL(54ps) & SE(72ps) (yg minim banget fiturnya, jangankan consolebox, powerwindow, & velg, dop pun ga ada, & ga da yg komplain) vs suzuki forsa(55ps) & amenity(73ps) (yg komplit banget fiturnya, sampe tilt steering juga ada).
gw respect starlet, juga karena performa dan ride nya unggul di starlet, ini soal engineering.
Perbedaan2 karena engineering banyak kasat mata memang & bukan sejauh tampilan nya maupun yg tertulis brosur.

diluar itu, fitur yang masih gw anggap ada engineering nya, lebih ke arah teknologi yg didevelop khas, misal : ESP, sistem transmisi, euro/SULEV, passive crash control, sistem AWD/penggerak roda, efisiensi kabin.
sebagian fitur belakangan ini maybe bagi gw mirip accessories, misal foglamp, sensor parkir, HID, keyless.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pilih mana, ENGINEERING/TECHNOLOGY atau FITUR??

Post by maskopat »

GTR wrote:IMO, ilustrasi gw respect ke engineering daripada fitur bagi gw melalui contoh di bawah (tanpa bermaksud offense ke merk tertentu), kira2 gini;
Mazda 323 XGS 1.5 elite saloon akhir 80an lalu vs corolla Twincam 1.6 vs grandcivic 1.5.
biarpun 323 itu paling komplit pada jamannya : spedometer digital, speedsensing-powersteering, driver seat height-adjuster, a/c ruang kaki belakang, sampe2 ada rear wiper + washer (bisa jadi satu2nya merk yg ada ini di saloonnya);
tetep aja most pilih twincam / grand civic yg jauh minim fitur, bahkan toyota waktu itu juga masih pakai dop s/d greatcorolla (bukan velg & ga ada yg komplain), lebih enak & unggul twincam/grandcivic drive-experience nya.

juga di model lebih besarnya : mazda capella 2.0 vs accord maestro 2.0 vs corona Twincam 2.0.
capella ada auto ratation blower a/c; dan pake electric adjustment damper, tetep belum tentu bisa beats handlingnya prestige or comfortnya corona. ini juga soal engineering.

lagi di starlet kotak XL(54ps) & SE(72ps) (yg minim banget fiturnya, jangankan consolebox, powerwindow, & velg, dop pun ga ada, & ga da yg komplain) vs suzuki forsa(55ps) & amenity(73ps) (yg komplit banget fiturnya, sampe tilt steering juga ada).
gw respect starlet, juga karena performa dan ride nya unggul di starlet, ini soal engineering.
Perbedaan2 karena engineering banyak kasat mata memang & bukan sejauh tampilan nya maupun yg tertulis brosur.

diluar itu, fitur yang masih gw anggap ada engineering nya, lebih ke arah teknologi yg didevelop khas, misal : ESP, sistem transmisi, euro/SULEV, passive crash control, sistem AWD/penggerak roda, efisiensi kabin.
sebagian fitur belakangan ini maybe bagi gw mirip accessories, misal foglamp, sensor parkir, HID, keyless.
hm.. kalo most yang milih, emang gitu sih.
tapi yang menarik setelah 20thn kemudian adalah, jarang banget lihat mazda 323 di jalanan. kalo boleh lancer dan gan dimasukin di era ini (walau lebih muda 2-3 thn) masih banyakan dan gan dibanding mazda 323 atau corolla twincam. lebih banyak imho grand civic kalo di jakarta saat ini.
kalo kelas di atasnya, sepertinya saat ini sama banyak honda accord prestige daripada mazda capella atau toyota corona. atau mungkin saya kurang ngeh aja.. eterna kapal kelaut aja deh. boleh dibilang jarang kelihatan.

mungkin orang takut beli mazda saat itu karena high tech. di benak mereka (mungkin termasuk saya) high tech akan repot di perawatan dan ketersediaan suku cadang.
seperti nissan cefiro, mobil yang boleh dibilang bagus banget dengan sensor suspensi. tapi sayang, sensor ini cepet rusak dan mahal harganya. akhirnya fitur ini tidak terpakai. :e-naughty:

kalo untuk tahun 94-98, sepertinya saat ini lebih banyak lancer model evo III atau eterna daripada pesaingnya yang wara wiri di ibukota ini.

untuk mobil yang sezaman dengan lancer SL saya, lebih banyak lihat Lancer SL daripada civic, mazda.. bahkan DX juga lebih jarang terlihat. :frm_tumbright: :frm_tumbleft:

kurang tahu, apakah ini berhubungan dengan durability mobil tersebut, atau ketersediaan spare-part di pasaran. :big_peace:

just my 1 cent
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Pilih mana, ENGINEERING/TECHNOLOGY atau FITUR??

Post by GTR »

hmm "high-tech", kalo mazda 323 dibanding corolla TC dan grandcivic sih lebih hi-tech (engineering nya lebih tinggi) di twincam dan grand kemana2.
kalo fitur, iya mazda lebih tinggi seperti posting gw ttg fitur mazda sebelumnya..

mazda 323 waktu itu masih 8valve, menang di fitur super lengkap.
Twincam = 16 valve,DOHC, sama2 karbu, tapi minim fitur, bahkan pakai dop, tapi driveability enak karena clucth-bite nya cepet nyamber torsi bawah nya khas toyota.
Grand civic = 16 valve, 4wheel double-wishbone, tapi fitur? biasa banget, bemper pun ga dicat... tapi yg gw rasakan, langsung berasa mantap & gesit seperti nyetir go-kart kalo pindah dari mazda /suzuki esteem, klo menurut gw hal2 ini ada karena dari engineering.

sama juga di kelas diatasnya;
mazda capella waktu itu juga cuma mesin 12 valve (walaupun ada trim sports nya : MX6 coupe), fitur? komplit.
Maestro = 16 valve, karbu (walaupun ada yg PGM-FI & 4WS => yg ini ga laku, buru2 direvisi, PGM-FI saja tanpa 4WS di facelift nya)
Corona = 16valve, DOHC, EFI, memang ada fitur yg mayan meyolok jaman itu seperti capella juga yaitu digital speedometer.

IMHO, engineering yg diboyong itu resiko nya lebih tinggi daripada accessories(=fitur), terutama terkait ke reliability. kalo ujung2nya jadi ga sesuai kebanyakan orang, malah jadi bumerang seperti contoh sensor suspensi aktif di capella or cefiro tadi.
Termasuk dulu paling keliatan di malang melintang tembusnya engineering FWD & matic di indo, juga cvt kayanya.

makanya sebagai main-stream di masing2 kelas, toyota dan honda keliatan sangat teliti dan hati, misalnya jadikan (tetep ada) varian Twincam GTi (DOHC wide angle & EFI) mendampingi karbu & DOHC narrow angle yg lebih simple pd "regular Twincam"nya.
Honda kayanya enggan (bukan ga bisa) keluarkan yg setara lancer DanGan dgn Nouva DOHC nya (EF9 yg pake B16).

nissan pun sempat keluarkan "hi-tech" engineering di Sentra coupe DOHC EFI mendampingi Sentra saloon karbu, tapi lagi2 belum diterima market mirip mazda capella-MX6 tadi.
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Pilih mana, ENGINEERING/TECHNOLOGY atau FITUR??

Post by poeticmind »

maskopat wrote: .....
kurang tahu, apakah ini berhubungan dengan durability mobil tersebut, atau ketersediaan spare-part di pasaran. :big_peace:

just my 1 cent
mungkin... tapi saya lebih setuju ke perawatan. semua mobil ada masa pakainya... termasuk features. contoh knop auto stater pada mobil2 dulu yg featurenya berlimpah jarang yg berfungsi dengan baik saat ini, malah tidak ambil pusing dihilangkan... dst.

spare parts mobil pun ada keterbasan stock karena tidak mungkin lagi secara terus menerus dibuat. cost dan efesiensi kerja. that's why pabrikan lokal yg mengambil alih... not perfectly the same, but closed lah dari hasil cetakan.

hehe, saya rasa mobil bro maskopat sangat baik kondisinya, ya? :)
Image
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pilih mana, ENGINEERING/TECHNOLOGY atau FITUR??

Post by maskopat »

poeticmind wrote:mungkin... tapi saya lebih setuju ke perawatan. semua mobil ada masa pakainya... termasuk features. contoh knop auto stater pada mobil2 dulu yg featurenya berlimpah jarang yg berfungsi dengan baik saat ini, malah tidak ambil pusing dihilangkan... dst.

spare parts mobil pun ada keterbasan stock karena tidak mungkin lagi secara terus menerus dibuat. cost dan efesiensi kerja. that's why pabrikan lokal yg mengambil alih... not perfectly the same, but closed lah dari hasil cetakan.

hehe, saya rasa mobil bro maskopat sangat baik kondisinya, ya? :)
hmmm... tapi kalo saya alami sih, untuk urusan kaki2, seperti kijang super lebih ringkih daripada lancer SL.
mungkin juga karena kijang lebih sering dibawa offroad, tapi overall, rutenya sama dan umur kaki2 lancer SL saya lebih dari 5-6 tahun awetnya.
kalo blok mesin, sami mawon lah. kijang super malah lebih tahan. baru overhaul setelah 200rb km lebih. sementara lancer SL hampir 150rb km. tapi bedanya, lancer setelah lebih dari 20 thn.. :big_peace:

AC, sama awet. dibanding starlet kotak. ampun deh, tiap 3-4 bulan gak dingin.. ganti kompresor, cuman tahan 6 bulan, lebih dari itu nyauna lagi. gak tahu apa masalah.

mobil saya, alhamduliLah lumayan OK. kecuali bodi udah full karat, dari pilar A sampe C, pintu, dek bawah, bagasi, bonet, etc... :big_peace:
belum ada dana untuk naruh di bengkel body repair. lumayan banyak juga abisnya kalo udah full karat :big_slap:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Pilih mana, ENGINEERING/TECHNOLOGY atau FITUR??

Post by evolution21 »

dulu saya pernah punya mitsubishi 2 kali
sering kena problem air accu habis, bro mengalami itu juga?
dipake sekitar 5 tahunan, ga pernah ada masalah berarti.
shock, fitur, perlengkapan lain sama skali ga ada masalah.

mobilnya mitsubishi kuda diesel
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Pilih mana, ENGINEERING/TECHNOLOGY atau FITUR??

Post by mandala1 »

Well...sebagai 'mantan' mitsu lover jadi sy mau ikutan sharing juga, masalah di air aki cepat habis emang pernah sy alami di mobil eterna'92 dohc dah sampe bosen gonta ganti aki tapi kasus-nya selalu berulang dulu sy masih belom gitu ngerti cara mengatasi penyebabnya jadi caranya ya cuma dgn ganti baru saja beres! He..he.. Berikutnya di galant V6 hiu juga begitu tapi sy robah aki-nya dgn tipe din kalo ga salah tipe 555-30 dan akhirnya masalah aki terselesaikan di galant hiu.
Mitsu penah ngalamin punya eterna gti, galant V6 pertama, V6 hiu, ck4/lancer se-i'98, sama kuda grandia 2000cc, hampir semua bisa dibilang tidak pernah ada masalah serius, kecuali kuda yg pernah rusak ecu-nya.
Semenjak kekosongan produk mitsu yg baru maka pelan2 cinta saya pudar dan mulai mencoba2 merk lain, meskipun sy enjoy aja dgn brand lainnya tapi kenangan saat2 muda dulu bersama mitsu ga bakal terlupa deh, benar2 bisa menyalurkan hasrat muda di jalanan, he...he...
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Pilih mana, ENGINEERING/TECHNOLOGY atau FITUR??

Post by evolution21 »

iya saya juga puas sekali dengan mitsu saya, cuman karena model dah uzur aja jadi saya jual
tapi asiknya mengendarai mitsu sulit dilupakan :)
pernah coba juga, eterna, lancer
enak semua bawaannya
tapi favorit saya eterna & kuda diesel
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Pilih mana, ENGINEERING/TECHNOLOGY atau FITUR??

Post by mandala1 »

^^ Setuju! bro evo...
He..he... Emang sayang yah rentang waktu mitsu sejak tahun 97 lama bgt keluar model baru-nya malah sampe sekarang galant aja ga ada yg baru.
Model2 skr sih sy suka sepeti Lancer EX sama Strada Triton cuma sayang sekarang saya-nya yg udah keburu tua buat mobil2 tsb. Ha...ha...ha....
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Pilih mana, ENGINEERING/TECHNOLOGY atau FITUR??

Post by evolution21 »

saya masih benar2 memendam keinginan memiliki mitsu lagi loh
tapi berhubung umur juga, seperti bro mandala :)
maka yang diincar adalah pajero sport (dah pernah dengar kan dengungnya akan masuk ke sini?)
2 - 3 tahun lagi lah, jual xtrailnya buat beli itu hehehe.

angan2 nya gitu deh
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Pilih mana, ENGINEERING/TECHNOLOGY atau FITUR??

Post by mandala1 »

evolution21 wrote:saya masih benar2 memendam keinginan memiliki mitsu lagi loh
tapi berhubung umur juga, seperti bro mandala :)
maka yang diincar adalah pajero sport (dah pernah dengar kan dengungnya akan masuk ke sini?)
2 - 3 tahun lagi lah, jual xtrailnya buat beli itu hehehe.

angan2 nya gitu deh
Amin deh bro... Semoga kesampean.... Biar bisa ber-nostalgila masa lalu, he...he...
FortunerMan

Re: Pilih mana, ENGINEERING/TECHNOLOGY atau FITUR??

Post by FortunerMan »

Betul...Pajero Sport sebentar lagi masuk - bertarung di segmen traditional truck-based SUV (Fortuner & Everest). Basisnya badak punya juga, Strada Triton, so pastinya badak juga.

Lain lah bro rasanya sama X-Trail, itu kan crossover SUV.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pilih mana, ENGINEERING/TECHNOLOGY atau FITUR??

Post by maskopat »

evolution21 wrote:dulu saya pernah punya mitsubishi 2 kali
sering kena problem air accu habis, bro mengalami itu juga?
dipake sekitar 5 tahunan, ga pernah ada masalah berarti.
shock, fitur, perlengkapan lain sama skali ga ada masalah.

mobilnya mitsubishi kuda diesel
alhamdulillah gak masalah di aki.. malah lancer SL saya sekarang, akinya udah hampir 5 tahun.. :big_peace:

sempet masalah, ternyata kepala akinya kotor. maklum jarang diperhatiin sih.. :big_slap:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pilih mana, ENGINEERING/TECHNOLOGY atau FITUR??

Post by maskopat »

mandala1 wrote:
evolution21 wrote:saya masih benar2 memendam keinginan memiliki mitsu lagi loh
tapi berhubung umur juga, seperti bro mandala :)
maka yang diincar adalah pajero sport (dah pernah dengar kan dengungnya akan masuk ke sini?)
2 - 3 tahun lagi lah, jual xtrailnya buat beli itu hehehe.

angan2 nya gitu deh
Amin deh bro... Semoga kesampean.... Biar bisa ber-nostalgila masa lalu, he...he...
amiin.. kalo favorit saya, Colt 5 pintu dan pajero sport. tapi kalo iMIEV keluar, pengen juga tuh.. :big_peace:

btw, kalo dari teknologi, lebih advance iMIEV atau hibrid ya? ada masukan dari para Om2 dan Tante2?
kalo jadi masuk, worthed gak sih nih mobil?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pilih mana, ENGINEERING/TECHNOLOGY atau FITUR??

Post by maskopat »

evolution21 wrote:saya masih benar2 memendam keinginan memiliki mitsu lagi loh
tapi berhubung umur juga, seperti bro mandala :)
maka yang diincar adalah pajero sport (dah pernah dengar kan dengungnya akan masuk ke sini?)
2 - 3 tahun lagi lah, jual xtrailnya buat beli itu hehehe.

angan2 nya gitu deh
Om Evo, kalo nissan indonesia jual pathfinder, mau nukernya XTrail dengan Pajero Sport atau Pathfinder? :big_peace:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pilih mana, ENGINEERING/TECHNOLOGY atau FITUR??

Post by maskopat »

FortunerMan wrote:Betul...Pajero Sport sebentar lagi masuk - bertarung di segmen traditional truck-based SUV (Fortuner & Everest). Basisnya badak punya juga, Strada Triton, so pastinya badak juga.

Lain lah bro rasanya sama X-Trail, itu kan crossover SUV.
Om FotunerMan, kalo dari sisi "kebadakan"-nya, badakan Pajero Sport atau Fortuner ya? kan sama2 basisnya dari truck based, ladder frame?

kalo di mesin dieselnya, sepertinya kalo fortuner masih pake D4D 2.5, kayaknya masih unggul pajero sport kali ya? tapi kalo yang 3000cc, nah ini mungkin kebalikan ceritanya.

tapi saya kurang suka dengan bagian samping belakang fotuner.. kurang sreg aja sih..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Pilih mana, ENGINEERING/TECHNOLOGY atau FITUR??

Post by evolution21 »

antara pathfinder dan pajero sport
saya lebih milih pajero sport, terutama karena melihat spek strada triton yg katanya bisa dibikin untuk minum solar lokal
sedangkan melihat mobil2 nissan yang berkeliaran saat ini, kebanyakan kondisinya tidak disesuaikan
contoh frontier navara, sering denger isu cuman bisa minum petradex
isu lagi ttg xtrail, dengernya mudah ngelitik kalo keseringan diminumin premium (punya saya ga pernah kasi minum premium)

apalagi dulu saya pernah ngerasain dieselnya mitsubishi
kuda diesel ama kendaraan niaga macam colt diesel
dulu itu tenaganya lebih badak dibandingkan pesaingnya

tapi udah lama ni ga nyobain diesel,
kalo liat speknya aja mobil jaman sekarang justru toyota hilux baru ini yang paling galak mesinnya ya?
katanya dibanding hilux lama ada perubahan, yg bikin HP & torsinya melonjak
mungkin mesin ini yg bakal jadi the next fortuner diesel
kalo udah ada yg coba hilux baru, ditunggu reviewnya yah :)
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pilih mana, ENGINEERING/TECHNOLOGY atau FITUR??

Post by maskopat »

di malay pajero sport akan launching bulan may nanti.. dan harganya hampir 2x Triton... TIIIIDDAAAAAKKKKK!!!!! :off_no: :off_no:
muahal banget sih... :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head:

upps.. tapi lebih mahal dikit daripada grandis... :ungg: :ungg:
koq bisa ya??
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Pilih mana, ENGINEERING/TECHNOLOGY atau FITUR??

Post by evolution21 »

mungkin karena disana punya kebijakan pajak yg berbeda?
FortunerMan

Re: Pilih mana, ENGINEERING/TECHNOLOGY atau FITUR??

Post by FortunerMan »

maskopat wrote:
FortunerMan wrote:Betul...Pajero Sport sebentar lagi masuk - bertarung di segmen traditional truck-based SUV (Fortuner & Everest). Basisnya badak punya juga, Strada Triton, so pastinya badak juga.

Lain lah bro rasanya sama X-Trail, itu kan crossover SUV.
Om FotunerMan, kalo dari sisi "kebadakan"-nya, badakan Pajero Sport atau Fortuner ya? kan sama2 basisnya dari truck based, ladder frame?

kalo di mesin dieselnya, sepertinya kalo fortuner masih pake D4D 2.5, kayaknya masih unggul pajero sport kali ya? tapi kalo yang 3000cc, nah ini mungkin kebalikan ceritanya.

tapi saya kurang suka dengan bagian samping belakang fotuner.. kurang sreg aja sih..
Kalo kebadakan sih 11-12 lah. Basis Hilux vs Triton...

Mesin diesel 2.5 Fortuner Indonesia dipangkas intercoolernya...jadi biasanya pada pasang intercooler + dastek sendiri, bisa jadi 150an hp. Kalo yg 3000cc itu standar aja dah manteb...kalo mau tes yg 3.0, coba aja tes drive di Hilux D-Cab...tp itu barang inden jd mungkin susah minta test drive.

Tunggu aja lah pak kalo pengen Mitsubishi...mayan jadi rame lagi ladder-frame boys (Everest....Fortuner...Pajero Sport...mantaps)
FortunerMan

Re: Pilih mana, ENGINEERING/TECHNOLOGY atau FITUR??

Post by FortunerMan »

evolution21 wrote:kalo liat speknya aja mobil jaman sekarang justru toyota hilux baru ini yang paling galak mesinnya ya?
katanya dibanding hilux lama ada perubahan, yg bikin HP & torsinya melonjak
mungkin mesin ini yg bakal jadi the next fortuner diesel
Emang udah dr dulu bro Fortuner pake mesin itu...cuman belon/tidak masuk resmi Indonesia lewat atpm aja. Fortuner ada 4 versi:
1. Fortuner 2.5 D4D
2. Fortuner 2.7 VVTi
3. Fortuner 3.0 D4D
4. Fortuner 4.0 V6 VVTi

Saya sih pengennya yg 4.0...tp tunggu di mimpi aja dulu hehehe...kalo di mimpi mudah2an gak perlu bayar bensinnya :P
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Pilih mana, ENGINEERING/TECHNOLOGY atau FITUR??

Post by poeticmind »

FortunerMan wrote:
Saya sih pengennya yg 4.0...tp tunggu di mimpi aja dulu hehehe...kalo di mimpi mudah2an gak perlu bayar bensinnya :P
wakakakaka ga papa... ambil aja bro, toh masih lebih irit dibanding cherokee 4.0 saya! :big_peace:
Image
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Pilih mana, ENGINEERING/TECHNOLOGY atau FITUR??

Post by ZombiEE »

jadi kesimpulannya rekan2 pada milih teknologi fitur atawa engineering?:)