dock, bedanya gap pada busi, dan timing pengapian apa? apakah saling berhubungan?paddock wrote:Sebenarnya busi tidak mengakibatkan pemborosan bbm.Klo dianggap tenaga lemah bisa jadi kerenggangan busi tidak di stel sesuai anjuran.lets wrote:numpang tanya nih , mobil x trail gw kemaren ganti busi iridium NGK IX tapi rasanya ngak ada beda dengan standard , kayaknya bbm jg borosan
apa ada yg ngalamin? padahal spek sudah sama dengan standard thanks
Busi NGK klo ga salah kerengangannya klo ga 0.8 apa 1.1 mm gtu
Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
Permisii
............................. 


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
AFAIK, gap busi tidak dianjurkan utk dirubah utk yg NGK iridium / platinum.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
paddock bukan fanatik toyota kok, mobilnya aja blazer..mpvlover wrote:Lanjut bahas tanpa si paddock, masa kita harus berhenti belajar cuman gara gara ada yg fanatik Toyota
sudahlah, mari kita lanjutkan diskusi mengenai mesin bensin dengan hati tenang dan pikiran jernih untuk membantu newbie kayak gw ini mengenali dan merawat mobilnya.. ok..paddock wrote:Apa tidak cukup saya minta maaf? Maunya apa sih?
Apa gue harus bikin pengumuman di koran kompas?
Klo dikatakan fanatik,jujur saya akui gue suka ma toyota.And gue bakal remind tiap orang yang pendapatnya salah meski bukan toyota apalagi toyota.
And hak saya untuk menyukai suatu merk,tanpa dipermasalahkan.
Toh saya tidak pernah ngejek ato menjatohkan merk laen or fitnah merk laen
Saya bersahabat baik dengan teman2 dn user laen yang pake merk laen.as long dia ga mengeluarkan komen yang merugikan or salah gue juga ga protes.
Beda pendapat biasa lah,namanya diskusi

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
iya-iya......beda pendapat itu wajar kok, debat kusir jg gpp.......asal jangan saling menjatuhkan karakter otre!!
klo ada yg sekiranya salah mengucapkan sesuatu, mari kita koreksi dg hati yg dingin.......biar adem....brrrrrrrr!!!! hehehehehehehehehe
lanjuuut!


klo ada yg sekiranya salah mengucapkan sesuatu, mari kita koreksi dg hati yg dingin.......biar adem....brrrrrrrr!!!! hehehehehehehehehe


lanjuuut!


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 694
- Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
Enggak sihnescafe wrote:dock, bedanya gap pada busi, dan timing pengapian apa? apakah saling berhubungan?paddock wrote:Sebenarnya busi tidak mengakibatkan pemborosan bbm.Klo dianggap tenaga lemah bisa jadi kerenggangan busi tidak di stel sesuai anjuran.lets wrote:numpang tanya nih , mobil x trail gw kemaren ganti busi iridium NGK IX tapi rasanya ngak ada beda dengan standard , kayaknya bbm jg borosan
apa ada yg ngalamin? padahal spek sudah sama dengan standard thanks
Busi NGK klo ga salah kerengangannya klo ga 0.8 apa 1.1 mm gtu
Gap busi itu jarak antara itu loh apa namanya kan busi kayak ada topinya itu dan pusat busi
Jarak pusat busi dan topinya harus distel setiap beberapa saat agar percikan busi optimal dan tepat sasaran
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 694
- Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
Benar bila koil kabel busi dan komponen pengapian laen dalam kondisi standart maka disarankan gap busi sesuai standart pabrikan busiGTR wrote:AFAIK, gap busi tidak dianjurkan utk dirubah utk yg NGK iridium / platinum.
Namun bila koil telah diganti dengan yang high voltage dan kabel busi hambatan rendah maka penyetelan gap busi ke ukuran lebih renggang sangat disarankan untuk memaksimalkan pembakaran.
Dalam dunia balap modern teori bahwa percikan bunga api besar=tenaga besar sudah tidak jaman lagi.
Yang benar adalah percikan busi harus tepat sasaran dan jangkauannya lebih jauh agar pembakarannya merata serta tenaga percikan/besar percikan cukup.
Oleh karena itulah di dunia balap modern dimana komponen pengapian telah ditingkatkan,rata2 gap busi dipasang di 1.1 mm.
Klo pengapian standart di gap 1.1 mm businya,ditakutkan bunga api yang dihasilkan koil standart terlalu lemah so malah pembakaran gagal.
Untuk mobil distributorless bisa dicoba stelan gap busi 1.1 mm.Rasakan bedanya hehe.
Oya busi2 recommended
NGK Iriway dan iridium,Volker Iridium 6ZX-11EX, (mahal nih)
Agak tengah2 Denso IK 20,NGK BKR 6EX
Yang agak murah NGK Platinum,Autolite XP 3910
ada lagi busi macam TRD,HKS,Spoon dll namun saya tidak sarankan karena terlalu mahal dan ga jauh beda hasilnya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 694
- Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
Blazer mobil bokap hehe,.Saya toyota user sih.gmx wrote:paddock bukan fanatik toyota kok, mobilnya aja blazer..mpvlover wrote:Lanjut bahas tanpa si paddock, masa kita harus berhenti belajar cuman gara gara ada yg fanatik Toyota
sudahlah, mari kita lanjutkan diskusi mengenai mesin bensin dengan hati tenang dan pikiran jernih untuk membantu newbie kayak gw ini mengenali dan merawat mobilnya.. ok..paddock wrote:Apa tidak cukup saya minta maaf? Maunya apa sih?
Apa gue harus bikin pengumuman di koran kompas?
Klo dikatakan fanatik,jujur saya akui gue suka ma toyota.And gue bakal remind tiap orang yang pendapatnya salah meski bukan toyota apalagi toyota.
And hak saya untuk menyukai suatu merk,tanpa dipermasalahkan.
Toh saya tidak pernah ngejek ato menjatohkan merk laen or fitnah merk laen
Saya bersahabat baik dengan teman2 dn user laen yang pake merk laen.as long dia ga mengeluarkan komen yang merugikan or salah gue juga ga protes.
Beda pendapat biasa lah,namanya diskusi
Tapi sama2 enak cuman blazer rewel,soluna naikannya kurang nyaman
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
rewel kenapa blazernya, blazer adik gw aman2 aja, selama ngikutin aturan para dukun kebo di SMpaddock wrote: Blazer mobil bokap hehe,.Saya toyota user sih.
Tapi sama2 enak cuman blazer rewel,soluna naikannya kurang nyaman
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 694
- Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
Aduh klo di list banyak sih omgmx wrote:rewel kenapa blazernya, blazer adik gw aman2 aja, selama ngikutin aturan para dukun kebo di SMpaddock wrote: Blazer mobil bokap hehe,.Saya toyota user sih.
Tapi sama2 enak cuman blazer rewel,soluna naikannya kurang nyaman
Yang dah pernah diganti sejak 2004 akhir
Fuel pump
Oil pump
water pump
satu set piston oversize 0.5
Dekrup
Kampas kopling
shock depan
Rumah setir
Paking2
Metal jalan
Metal Duduk
Karet2
Ball joint
Ring seher 1 set
Turun mesin di kilometer 100.605
Karet Boot kanan kiri
Komponen2 AC
dll
apa aja ya banyak deh
so total pemeliharan menhabiskan 20-30 juta dalam 4 tahun (2004-2008)
Hiks3x,.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
sekarang udah enak? makin rewel makin menantang buat nyehatin, toh banyak blazer yg sehat, harusnya blazer bokap sampeyan juga juga bisa sehat.. dan blazer emang mobil nyaman, sayang kalo ngga bisa dinikmati
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 781
- Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
Paddock :
Tapi anda kan tidak bisa membuktikan kebenaran pernyataan anda tentang klaim bahwa VVTi tidak membuka disaat klep belum sepenuhnya menutup kan?
Di Link video yang gue kasih ternyata sebaliknya.Jadi jelas komen ente salah.
Masalah kinerja VVTi yang bro kasih diatas sama sekali ga prove pernyataan pertama anda yang salah.
Buat yang laen maaf,bukan maksud saya ego atau gimana tapi klo ada yang pernyataan suatu hal yang salah tapi ga ada buktinya apalagi berat sebelah (dimana dalam ini VVTi kinerjanya dijelek2kan) maka klo gue tau gue judge.Dan sorry aja klo terlalu keras.[/quote]
Mozawa:
Gue tidak pernah mengatakan bahwa VVTi tidak membuka disaat klep belum sepenuhnya menutup .
Sampai saat inipun gue belum mengerti dengan maksud anda VVTi tidak membuka disaat klep belum sepenuhnya menutup .
Mohon Bung Paddock memikirkan lebih lanjut, maksud dari perkataan tadi.
VVTI itu hanya mekanisme yang bisa mempercepat atau memperlambat katup membuka atau menutup. Bisa diaplikasikan di katup masuk ataupun katup buang.
MOHON ditunjukkan juga mana perkataan saya yang tidak sesuai bagi bung paddock, khususnya mengenai vvti tidak membuka disaat klep belum sepenuhnya menutup.
UNTUK KEDUA KALINYA GUE MENGATAKAN : BAHWA GRAFIK SUDAH MEMBUKTIKAN SEMUANYA.
MIVEC MEMILIKI KEMAMPUAN : 1: TIMING KATUP 2.LIFT KATUP.
VVTI MEMILIKI KEMAMPUAN : 1: HANYA TIMING KATUP.
Jadi mivec/i-vtec/vvtl-i merupakan penyempurnaan dari VVTI ditambah kemampuan menambah ketinggian katup. Lift Valve adalah penyempurnaan yang sangat komplek.
Lalu apalagi yang bung Paddock sangkal.
Kalo dilihat di grafik : vvti hanya menggeser grafik parabola(inlet) ke kanan ke kiri.
Luasan grafiknyapun sama, tidak berubah.
Sementara Mivec/i-vtec/valvetronic : selain menggesser grafik parabola ke kanan ke kiri , juga menambah ketinggian / titik puncak parabola. Luasan grafiknyapun juga lebih besar.
Tingkatan optimasi mesin menurut gue sebagai berikut:(diurut dr yang paling advanced):
1. Valvetronic , A-vtec, Valvematic
2. Mivec,i-vtec
3. VVTI , Vanos , VVT , DVVT
Kalo ada tambahan yang lain , bisa dishare....
Tapi anda kan tidak bisa membuktikan kebenaran pernyataan anda tentang klaim bahwa VVTi tidak membuka disaat klep belum sepenuhnya menutup kan?
Di Link video yang gue kasih ternyata sebaliknya.Jadi jelas komen ente salah.
Masalah kinerja VVTi yang bro kasih diatas sama sekali ga prove pernyataan pertama anda yang salah.
Buat yang laen maaf,bukan maksud saya ego atau gimana tapi klo ada yang pernyataan suatu hal yang salah tapi ga ada buktinya apalagi berat sebelah (dimana dalam ini VVTi kinerjanya dijelek2kan) maka klo gue tau gue judge.Dan sorry aja klo terlalu keras.[/quote]
Mozawa:
Gue tidak pernah mengatakan bahwa VVTi tidak membuka disaat klep belum sepenuhnya menutup .
Sampai saat inipun gue belum mengerti dengan maksud anda VVTi tidak membuka disaat klep belum sepenuhnya menutup .
Mohon Bung Paddock memikirkan lebih lanjut, maksud dari perkataan tadi.
VVTI itu hanya mekanisme yang bisa mempercepat atau memperlambat katup membuka atau menutup. Bisa diaplikasikan di katup masuk ataupun katup buang.
MOHON ditunjukkan juga mana perkataan saya yang tidak sesuai bagi bung paddock, khususnya mengenai vvti tidak membuka disaat klep belum sepenuhnya menutup.
UNTUK KEDUA KALINYA GUE MENGATAKAN : BAHWA GRAFIK SUDAH MEMBUKTIKAN SEMUANYA.
MIVEC MEMILIKI KEMAMPUAN : 1: TIMING KATUP 2.LIFT KATUP.
VVTI MEMILIKI KEMAMPUAN : 1: HANYA TIMING KATUP.
Jadi mivec/i-vtec/vvtl-i merupakan penyempurnaan dari VVTI ditambah kemampuan menambah ketinggian katup. Lift Valve adalah penyempurnaan yang sangat komplek.
Lalu apalagi yang bung Paddock sangkal.
Kalo dilihat di grafik : vvti hanya menggeser grafik parabola(inlet) ke kanan ke kiri.
Luasan grafiknyapun sama, tidak berubah.
Sementara Mivec/i-vtec/valvetronic : selain menggesser grafik parabola ke kanan ke kiri , juga menambah ketinggian / titik puncak parabola. Luasan grafiknyapun juga lebih besar.
Tingkatan optimasi mesin menurut gue sebagai berikut:(diurut dr yang paling advanced):
1. Valvetronic , A-vtec, Valvematic
2. Mivec,i-vtec
3. VVTI , Vanos , VVT , DVVT
Kalo ada tambahan yang lain , bisa dishare....
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
waduh, lanjut..
kita review lagi ya
please.. calm down..
btw, Valvetronic dan Valvematic itu teknologinya siapa bro?
kita review lagi ya
Mozawa wrote: KATUP MASUK MEMPERCEPAT MEMBUKA , DISAAT KATUP BUANG MASIH BELUM MENUTUP.
menurut gw, tulisan mozawa dan paddock adalah sama yaitu katup membuka sebelum katup menutup.. kalo tulisannya sama, apa yg perlu dikoreksi?paddock wrote: Ini contohnya.Klep intake pada VVTi single bukan dual juga terbuka saat katup ex belum menutup
please.. calm down..
btw, Valvetronic dan Valvematic itu teknologinya siapa bro?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
valvetronic = bmw, ini udah ada sejak seri3 gen akhir ini deh
valvematic = toyota.
memang, continuously variable lift & timing = valvetronic, a-vtec (cancelled on nsx gen-2), valvematic (seri FAE toyota).
Mivec dan i-vtec (=vtec/"Valve-Lift" + vvt-i/"Variable Timing Control") : lift-adjust (perubahan tinggi) + timing-adjust (perubahan waktu).
komponen inti vvti di sektor2 sproket; komponen inti "lift-adjust" di RockerArm2 pada masing2 valve yg rumit dan cam-lobes banyak, juga ada rocker-arm yg bisa coupled untuk sistem "valve-paused".
valvematic = toyota.
memang, continuously variable lift & timing = valvetronic, a-vtec (cancelled on nsx gen-2), valvematic (seri FAE toyota).
Mivec dan i-vtec (=vtec/"Valve-Lift" + vvt-i/"Variable Timing Control") : lift-adjust (perubahan tinggi) + timing-adjust (perubahan waktu).
komponen inti vvti di sektor2 sproket; komponen inti "lift-adjust" di RockerArm2 pada masing2 valve yg rumit dan cam-lobes banyak, juga ada rocker-arm yg bisa coupled untuk sistem "valve-paused".
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
Bro GTR perasaan ente pernah mengulas mesin SOHC tapi lupa di mana,bisa di jelasin lagi di sini Bro.?

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
yg mana ya, lupa.
Variable Timing (menggeser kurva) = ini common dijumpai pada mobil2 2000cc ke atas di most produsen2 belakangan ini.
Variable Lift (merubah luas kurva) = ini lebih jarang dijumpai.
yg jelas, kalo mau performa maksimal, tuntutan oli utk mesin "variable Lift" bisa jadi relatif lebih ketat daripada "variable timing",
secara aliran pelumas/oli yg saat on-demand harus seragam @ real-time masuk ke lubang2/celah seluruh "synchronizing-pin" pada rocker-arm nya.
Variable Timing (menggeser kurva) = ini common dijumpai pada mobil2 2000cc ke atas di most produsen2 belakangan ini.
Variable Lift (merubah luas kurva) = ini lebih jarang dijumpai.
yg jelas, kalo mau performa maksimal, tuntutan oli utk mesin "variable Lift" bisa jadi relatif lebih ketat daripada "variable timing",
secara aliran pelumas/oli yg saat on-demand harus seragam @ real-time masuk ke lubang2/celah seluruh "synchronizing-pin" pada rocker-arm nya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 781
- Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
PADDOCK:
Intinya dia menarik kesimpulan bahwa VVT-i tidak punya kemampuan dimana "katup masuk mempercepat membuka dsaat katup buang masih menutup"
Padahal kenyataannya
Ini contohnya.Klep intake pada VVTi single bukan dual juga terbuka saat katup ex belum menutup
http://www.youtube.com/watch?v=UGCBc1WM ... 1&index=14
Udah ah capek bahas ini terus lagian gue dah say sorry deh tadi ngomel2,klo di forum sebelah si ini masih itungan wajar lah.Diskusi otomotif tidak selamanya harus diem2an or hanya diam ketika yang laen salah hehe[/quote]
MOSSAWA:
MAKSUD DARI :KATUP MASUK MEMPERCEPAT MEMBUKA , DISAAT KATUP BUANG MASIH BELUM MENUTUP adalah overlapping katupnya besar.
Kalau KATUP MASUK MEMBUKA PERSIS SAAT KATUP BUANG MENUTUP , BERARTI OVERLAPPING KATUP = 0(nol).
MENGAPA HAL YG PRINSIP SEPERTI INI HARUS DIPERTANYAKAN LAGI?
Gue nggak usah melihat video YOUTUBE tentang VVTI pun udah bisa membayangkan.
Intinya hanya menggeser grafik parabola inlet valve di sebelah kanan ke sebelah kiri sehingga ada irisan antara kedua parabola.(untuk singgle vvti.)
Artinya adalah :
OVERLAPPING valvenya besar. Semakin besar irisannya , semakin besar juga Overlappingnya.
Atau juga bisa diartikan INTERVAL WAKTU SAAT KEDUA VALVE MEMBUKA BERSAMA LEBIH PANJANG.
Sedangkan utk Double vvti kedua grafik sama2 bisa bergerak ke kanan dan kiri(timing adjustment KEDUA KATUP).
Ini gue jelasin maksudnya:
Grafik parabola kiri adalah grafik exhaust valve. Sebelah kanan inlet valve.
Khusus untuk mesin tanpa rocker arm/mekanisme lain dimana camshaft langsung menonjok valve seperti halnya mesin toyota:
Jarak titik teratas grafik dari sumbu x adalah = tinggi katup membuka=jarak puncak camshaft dengan sumbu tengah horisontal, .(Misal dalam mm).
Untuk mesin dgn rocker arm atau mekanisme lain, tinggi camshaft tidak sama dengan tinggi katup membuka
Jarak antara kedua titik potong grafik dgn sb X adalah interval waktu katup membuka dan menutup.
(misal dalam msecond, tergantung pada RPM).
PENJELASAN TITIK POTONG GRAFIK DGN SUMBU X DARI KIRI KE KANAN:
UTK KATUP BUANG:
Titik 1 adalah titik disaat katup buang membuka. Titik 2 saat katup buang menutup.
UNTUK KATUP MASUK:
titik 3 adalah titik di saat katup masuk membuka. Titik 4 saat katup masuk menutup.
Saat rpm tinggii. Grafik parabola bergerak kekiri sampai maksimal 60 derajat(dilihat dari selisih derajat camshaft saat vvti aktif maksimal dan minimal).
Titik perpotongan parabola1 DAN PARABOLA 2 adalah titik saat kedua katup membuka sejajar/sama tinggi.
Semakin kekiri parabola2 bergerak, semakin tinggi pula titik potong parabola 1 vs parabola 2.Artinya semakin tinggi katup masuk dan buang membuka sejajar.
Sehingga semakin lama kedua katup itu membuka bersama atau simplenya semakin panjang overlapping katupnya.
PERBEDAAN MENDASAR I-VTEC VS VVTI: apabila dibandingkan dengan normal.
Apabila grafik itu digesar ke arah kiri.
VVTI:
Semakin bergeser ke kiri grafik berarti pula : katup masuk lebih cepat membuka dan lebih cepat menutup. Atau dikatakan Timing maju.
I-VTEC/MIVEC/VALVETRONIC:
Semakin bergeser ke kiri grafik , berarti katup masuk lebih cepat membuka dan menutup lebih lama atau sama daripada normalnya.
Jadi kesimpulannya untuk mesin mivec/i-vtec :
interval waktu saat katup inlet membuka dan menutup/LIFT VALVE DURATION lebih lama daripada normal.
Sedangkan
VVTI :LIFT VALVE DURATIONNYA FIX/SAMA DGN NORMAL.
Semakin tinggi lift dan semakin lama LIFT VALVE DURATION(UTK MIVEC DAN I_VTEC), membuat AIR INTAKE EFFICIENCYNYA LEBIH TINGGI.
SEMAKIN BESAR OVERLAPPING , MEMPERKECIL PUMPING LOSS.
JADI KESIMPULANNYA kelebihan :
MIVEC/I_VTEC: 1. EFISIENSI AIR INTAKENYA LEBIH BESAR
2. MEMPERKECIL PUMPING LOSS
VVTI . ONLY 1.MEMPERKECIL PUMPING LOSS.
Sory kalau penjelasannya sulit dimengerti,....
Gue sadar tambah njelimet, karena mengakomodasi pertanyaan paddock
Sorry
Intinya dia menarik kesimpulan bahwa VVT-i tidak punya kemampuan dimana "katup masuk mempercepat membuka dsaat katup buang masih menutup"
Padahal kenyataannya
Ini contohnya.Klep intake pada VVTi single bukan dual juga terbuka saat katup ex belum menutup
http://www.youtube.com/watch?v=UGCBc1WM ... 1&index=14
Udah ah capek bahas ini terus lagian gue dah say sorry deh tadi ngomel2,klo di forum sebelah si ini masih itungan wajar lah.Diskusi otomotif tidak selamanya harus diem2an or hanya diam ketika yang laen salah hehe[/quote]
MOSSAWA:
MAKSUD DARI :KATUP MASUK MEMPERCEPAT MEMBUKA , DISAAT KATUP BUANG MASIH BELUM MENUTUP adalah overlapping katupnya besar.
Kalau KATUP MASUK MEMBUKA PERSIS SAAT KATUP BUANG MENUTUP , BERARTI OVERLAPPING KATUP = 0(nol).
MENGAPA HAL YG PRINSIP SEPERTI INI HARUS DIPERTANYAKAN LAGI?
Gue nggak usah melihat video YOUTUBE tentang VVTI pun udah bisa membayangkan.
Intinya hanya menggeser grafik parabola inlet valve di sebelah kanan ke sebelah kiri sehingga ada irisan antara kedua parabola.(untuk singgle vvti.)
Artinya adalah :
OVERLAPPING valvenya besar. Semakin besar irisannya , semakin besar juga Overlappingnya.
Atau juga bisa diartikan INTERVAL WAKTU SAAT KEDUA VALVE MEMBUKA BERSAMA LEBIH PANJANG.
Sedangkan utk Double vvti kedua grafik sama2 bisa bergerak ke kanan dan kiri(timing adjustment KEDUA KATUP).
Ini gue jelasin maksudnya:
Grafik parabola kiri adalah grafik exhaust valve. Sebelah kanan inlet valve.
Khusus untuk mesin tanpa rocker arm/mekanisme lain dimana camshaft langsung menonjok valve seperti halnya mesin toyota:
Jarak titik teratas grafik dari sumbu x adalah = tinggi katup membuka=jarak puncak camshaft dengan sumbu tengah horisontal, .(Misal dalam mm).
Untuk mesin dgn rocker arm atau mekanisme lain, tinggi camshaft tidak sama dengan tinggi katup membuka
Jarak antara kedua titik potong grafik dgn sb X adalah interval waktu katup membuka dan menutup.
(misal dalam msecond, tergantung pada RPM).
PENJELASAN TITIK POTONG GRAFIK DGN SUMBU X DARI KIRI KE KANAN:
UTK KATUP BUANG:
Titik 1 adalah titik disaat katup buang membuka. Titik 2 saat katup buang menutup.
UNTUK KATUP MASUK:
titik 3 adalah titik di saat katup masuk membuka. Titik 4 saat katup masuk menutup.
Saat rpm tinggii. Grafik parabola bergerak kekiri sampai maksimal 60 derajat(dilihat dari selisih derajat camshaft saat vvti aktif maksimal dan minimal).
Titik perpotongan parabola1 DAN PARABOLA 2 adalah titik saat kedua katup membuka sejajar/sama tinggi.
Semakin kekiri parabola2 bergerak, semakin tinggi pula titik potong parabola 1 vs parabola 2.Artinya semakin tinggi katup masuk dan buang membuka sejajar.
Sehingga semakin lama kedua katup itu membuka bersama atau simplenya semakin panjang overlapping katupnya.
PERBEDAAN MENDASAR I-VTEC VS VVTI: apabila dibandingkan dengan normal.
Apabila grafik itu digesar ke arah kiri.
VVTI:
Semakin bergeser ke kiri grafik berarti pula : katup masuk lebih cepat membuka dan lebih cepat menutup. Atau dikatakan Timing maju.
I-VTEC/MIVEC/VALVETRONIC:
Semakin bergeser ke kiri grafik , berarti katup masuk lebih cepat membuka dan menutup lebih lama atau sama daripada normalnya.
Jadi kesimpulannya untuk mesin mivec/i-vtec :
interval waktu saat katup inlet membuka dan menutup/LIFT VALVE DURATION lebih lama daripada normal.
Sedangkan
VVTI :LIFT VALVE DURATIONNYA FIX/SAMA DGN NORMAL.
Semakin tinggi lift dan semakin lama LIFT VALVE DURATION(UTK MIVEC DAN I_VTEC), membuat AIR INTAKE EFFICIENCYNYA LEBIH TINGGI.
SEMAKIN BESAR OVERLAPPING , MEMPERKECIL PUMPING LOSS.
JADI KESIMPULANNYA kelebihan :
MIVEC/I_VTEC: 1. EFISIENSI AIR INTAKENYA LEBIH BESAR
2. MEMPERKECIL PUMPING LOSS
VVTI . ONLY 1.MEMPERKECIL PUMPING LOSS.
Sory kalau penjelasannya sulit dimengerti,....
Gue sadar tambah njelimet, karena mengakomodasi pertanyaan paddock
Sorry

Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
valvetronic udah diaplikasi di seri 3 E46 mulai thn 2002 (yg facelift) di seri 318i nya CMIIWGTR wrote:valvetronic = bmw, ini udah ada sejak seri3 gen akhir ini deh
valvematic = toyota.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
hmm,, i see, lengkap nih penjelasannya,,paddock wrote:Benar bila koil kabel busi dan komponen pengapian laen dalam kondisi standart maka disarankan gap busi sesuai standart pabrikan busiGTR wrote:AFAIK, gap busi tidak dianjurkan utk dirubah utk yg NGK iridium / platinum.
Namun bila koil telah diganti dengan yang high voltage dan kabel busi hambatan rendah maka penyetelan gap busi ke ukuran lebih renggang sangat disarankan untuk memaksimalkan pembakaran.
Dalam dunia balap modern teori bahwa percikan bunga api besar=tenaga besar sudah tidak jaman lagi.
Yang benar adalah percikan busi harus tepat sasaran dan jangkauannya lebih jauh agar pembakarannya merata serta tenaga percikan/besar percikan cukup.
Oleh karena itulah di dunia balap modern dimana komponen pengapian telah ditingkatkan,rata2 gap busi dipasang di 1.1 mm.
Klo pengapian standart di gap 1.1 mm businya,ditakutkan bunga api yang dihasilkan koil standart terlalu lemah so malah pembakaran gagal.
Untuk mobil distributorless bisa dicoba stelan gap busi 1.1 mm.Rasakan bedanya hehe.
Oya busi2 recommended
NGK Iriway dan iridium,Volker Iridium 6ZX-11EX, (mahal nih)
Agak tengah2 Denso IK 20,NGK BKR 6EX
Yang agak murah NGK Platinum,Autolite XP 3910
ada lagi busi macam TRD,HKS,Spoon dll namun saya tidak sarankan karena terlalu mahal dan ga jauh beda hasilnya


thx yah


Permisii
............................. 


-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Tue Aug 05, 2008 23:47
- Location: Jakarta
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
bro untuk no. 2. bersihin fuel filter,
3. stel busi
4. stel klep
5. stel timing
sebaiknya dilakukan berapa bulan/km?? saya pake swift '07.. Tx
3. stel busi
4. stel klep
5. stel timing
sebaiknya dilakukan berapa bulan/km?? saya pake swift '07.. Tx
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Mon Jun 16, 2008 10:37
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
Bro, ane masih nubie neh, nanya dong.
Mobil ane mitsu dan gan kalo utk tanjakan terjal kayaknya kurang kuat, harus ancang2. apa flywheelnya yg kena? DC nya kira2 berapa? terus kopling koq gak mantep ya waktu lepas kopling. padahal udah ganti semua mataharinya, plat kopling sampe klahernya, skir klep, ganti klep, dll.
mohon jawabnya jangan pake bahasa planet ya, ane gak ngerti. maklum nubie...
Sebelum dan sesudahnya Terima kasih.
Mobil ane mitsu dan gan kalo utk tanjakan terjal kayaknya kurang kuat, harus ancang2. apa flywheelnya yg kena? DC nya kira2 berapa? terus kopling koq gak mantep ya waktu lepas kopling. padahal udah ganti semua mataharinya, plat kopling sampe klahernya, skir klep, ganti klep, dll.
mohon jawabnya jangan pake bahasa planet ya, ane gak ngerti. maklum nubie...
Sebelum dan sesudahnya Terima kasih.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 741
- Joined: Wed Jun 25, 2008 16:17
- Location: Jakarta Barat
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
numpang tanya juga bro's.. sederhana aja seh, kalo ngisi oli mesin (rata2 4 literan itu) kelebihan di atas max level akibatnya apa aja ya? soalnya kalo pas ganti oli kan suka langsung currrr aja semuanya ga pake disisain di botol olinya, padahal kan pas oli di-tap masih ada sisa2 yg ga keluar semua geto.. 

-------#BIC-701#--------
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
Binunn mau tanya apa...
Mmm... bisa maen ke rumah n cek mobil ane gakk?

Mmm... bisa maen ke rumah n cek mobil ane gakk?

Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
Mobil ente Kenapa Bro...Jauh jauh dari Surabaya berat di ongkos...udah ceritain aja masalah mobilnya,bakalan siap diberi pencerahan sama Profesor Padock ama Prof Mozawa.
Ane seh cuman ikut nguping...siapa tahu ada uang denger.
Ane seh cuman ikut nguping...siapa tahu ada uang denger.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
tenggelem nih trit..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
frandika wrote:numpang tanya juga bro's.. sederhana aja seh, kalo ngisi oli mesin (rata2 4 literan itu) kelebihan di atas max level akibatnya apa aja ya? soalnya kalo pas ganti oli kan suka langsung currrr aja semuanya ga pake disisain di botol olinya, padahal kan pas oli di-tap masih ada sisa2 yg ga keluar semua geto..
bisa bikin mesin boyo, dan ngebul asap...-cmiiw
aku biasanya kalo ganti oli, bilangin ama mekanin, agar isi di bawah ambang batas maksimal, trus setibanya di rumah, pas mesin dingn, ukur lagi, kalo kurang, ya tambah sendiri...