Or4cle wrote: ↑Tue Nov 22, 2022 3:44
Suryaputra wrote: ↑Tue Nov 22, 2022 2:25
AbdulHakim wrote: ↑Tue Nov 22, 2022 1:55
Kalo masih garansi ganti oli di Beres, agak sungkan masuk ke area service, kalo gak dipanggil sama mekanik/SA, cuma melongok aja dari jendela kaca.
Kalo udah lewat garansi, mending di S&D, bengkel spesialis dan sejenisnya, mobil depan mata kita langsung dikerjain, malah bisa sambil diskusi sama mekaniknya, mana biaya jasanya murah lagi cuma 50rb, tangan bersih, lantai garasi/carport bersih, oli bekasnya udah ga perlu pusing mau ditampung/dibuang kemana, wadah penampungan oli bekas tadi mau dicuci pake apa ga ambil pusing.
klo saya bodo amat mbah, mau di bengkel resmi / umum,
sy bilang sm SA dan teknisi, klo
sy suka liat mobil diservis. titik
jd dr awal sampai selesai, sy pastiin itu parts diganti sesuai SOP
kecuali klo someday mampir ke garasi 58, nah itu lain cerita.... sy prefer layanan plus plus nya yg (konon) spesial
SOP BeRes bikin sungkan, tapi sebagai pemilik mobil kita harus punya SOP juga
Semenjak colokan lighter ane hilang saat servis di BeRes, hilang sdh trust ane sama BeRes ditambah lihat dgn mata sendiri "transaksi gelap" oknum montir di sana.
Untuk bengkel mobil AC juga hati-hati ...
Ane punya pengalaman dgn bengkel AC di Sunter. Kompresor AC divonis sudah lemah, ditawarin alternatif ganti baru atau copotan (lebih murah)
Bayangin kalau service AC ditinggal, kalau ada oknum bengkel nakal, kompresor, magnet clutch, etc bisa ditukar. Kalau yg awam mana bisa deteksi saat mobilnya "dikerjain". Gak heran kalau dulu ada member SMers curhat curhat, Mazda CX5 kompresor jebol hanya dalam 2 tahun
Maaf, gak semua bengkel begitu, itu hanya oknum2 di bengkel.
Masih banyak bengkel yg berintegritas, profesional, tanggung-jawab & jaga nama baik bengkelnya.
yah setuju mbah.. intinya FRAUD terjadi karena ADA KESEMPATAN
saya pernah mbah, wkt itu servis 40k KM di be-res
Honda Autobest.. paketnya:
- ganti CVTF,
- ganti oli,
- cek kaki suspensi dsb,
- rotasi ban,
- Cek dan Setel klep
- TB dsb lahh
- dan sambil meeting online dong
jadi tim meeting ngedenger suara impact-wrench bodo amat, say sorry aja
itu lamaaa bangett, setel klep, nunggu mesin dingin, baru dicek dan setel celah klep nya.
bener" tak tongkrongin dpn kap mobil.
sampai brp kali itu mobil turun naik di lifter, krn harus mau ngikutin SOP ganti oli dan cvtf yg saya dapat dr SM ini.
dan mereka ngikutin
saya sampai tau bbrp merk tools yg dipakai apa sy perhatiin jg.
yah itu lah salah satu be-res honda yg Ok, di bandung, dan teknisinya baek" ngikutin BM nya sayah
tapi dgn catatan, tetap dipantau, namanya oknum, gak kenal kan