Gpp pak, lewat forum saja...saya bukan promosi kok, pakai oli ini kan sekedar sharing-cobalimsandy wrote:Bro, boleh tau ngak oli ini beli di mana dan harga nya brp? Lewat PM juga boleh kok.imsus2c wrote:
Akhirnya jadi coba si Opaljet 24s
Sebelumnya pakai Fastron Gold 5w-30
Sebelum ganti, habis buang Fastron Gold, isi dulu sama SHX7-Diesel, jalan +/- 1000an km buat mild flush
Posisi odo setelah ganti oli, baru 300km, jadi belum bisa cerita banyak.
Cuma, secara butt-o-meter, tarikannya sedikiiiiit lebih berat, mungkin karena beda buntut, dari w-30 ke w-40

Posisi Surabaya kan?
Belinya di sentra onderdil Kedung doro
Di toko spare parts spesialis mobil Perancis (Peugeot/Citroen/Renault)
Tokonya Buana Motor
Setau saya, di kedung doro, hanya ada 2 toko spesialis mobil Perancis, Buana Motor dan France Motor, jadi kalau tanya2, mestinya gampang.
Lokasi-nya diujung, sdh dekat perempatan kedung sari, hampir didepannya toko bangunan mitra 10
Buana Motor ini, selain jual spare parts, dia juga jualan Oli khusus Unil Opal dan ada juga Valeo
Yg unil-opal, lumyan banyak jenisnya, mulai dari yg mineral, semi-synth (Opaljet 16s, GI IV, intercooler 400) dan full-synth (Opaljet 24s)
Selain oli mesin, ada juga gear oil, radiator coolant (gel) dan ATF, semuanya Unil-Opal juga, cuma yg ATF sering kosong
Oli Unil-Opal dari situ, saya coba 2 jenis, buat bensin opaljet 24s dan buat diesel, intercooler 400.
Harga Opaljet 24s, seperti yg sudah saya post-kan sebelumnya, Rp.110k/L, 2 bulan sebelumnya malah Rp.100k/L
Kalau yg Intercooler 400, rada2 lupa, sekitar Rp.70-80K/L
Kalau lihat spek-nya, intercooler 400 ini termasuk jenis dino oil alias oli mineral dengan spek lama/kuno (API CF4/SJ, MB228.1)
Dan sayangnya, adanya hanya kemasan curah/drum, jadi kalau mau beli Literan, mesti bawa jeriken sendiri

Saat coba di 806, mesin lebih halus dan tarikan lebih ringan (dibanding Meditran SC/SX), tapi...kayaknya lebih cepet nguap/berkurang.
Entah apa karena karakter oli-nya atau memang mesin 806 sudah ngga rapet
