Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by imsus2c »

limsandy wrote:
imsus2c wrote: Image

Akhirnya jadi coba si Opaljet 24s

Sebelumnya pakai Fastron Gold 5w-30

Sebelum ganti, habis buang Fastron Gold, isi dulu sama SHX7-Diesel, jalan +/- 1000an km buat mild flush

Posisi odo setelah ganti oli, baru 300km, jadi belum bisa cerita banyak.

Cuma, secara butt-o-meter, tarikannya sedikiiiiit lebih berat, mungkin karena beda buntut, dari w-30 ke w-40
Bro, boleh tau ngak oli ini beli di mana dan harga nya brp? Lewat PM juga boleh kok. :D
Gpp pak, lewat forum saja...saya bukan promosi kok, pakai oli ini kan sekedar sharing-coba :D

Posisi Surabaya kan?
Belinya di sentra onderdil Kedung doro
Di toko spare parts spesialis mobil Perancis (Peugeot/Citroen/Renault)
Tokonya Buana Motor
Setau saya, di kedung doro, hanya ada 2 toko spesialis mobil Perancis, Buana Motor dan France Motor, jadi kalau tanya2, mestinya gampang.
Lokasi-nya diujung, sdh dekat perempatan kedung sari, hampir didepannya toko bangunan mitra 10

Buana Motor ini, selain jual spare parts, dia juga jualan Oli khusus Unil Opal dan ada juga Valeo
Yg unil-opal, lumyan banyak jenisnya, mulai dari yg mineral, semi-synth (Opaljet 16s, GI IV, intercooler 400) dan full-synth (Opaljet 24s)
Selain oli mesin, ada juga gear oil, radiator coolant (gel) dan ATF, semuanya Unil-Opal juga, cuma yg ATF sering kosong

Oli Unil-Opal dari situ, saya coba 2 jenis, buat bensin opaljet 24s dan buat diesel, intercooler 400.

Harga Opaljet 24s, seperti yg sudah saya post-kan sebelumnya, Rp.110k/L, 2 bulan sebelumnya malah Rp.100k/L
Kalau yg Intercooler 400, rada2 lupa, sekitar Rp.70-80K/L

Kalau lihat spek-nya, intercooler 400 ini termasuk jenis dino oil alias oli mineral dengan spek lama/kuno (API CF4/SJ, MB228.1)
Dan sayangnya, adanya hanya kemasan curah/drum, jadi kalau mau beli Literan, mesti bawa jeriken sendiri :e-think:
Saat coba di 806, mesin lebih halus dan tarikan lebih ringan (dibanding Meditran SC/SX), tapi...kayaknya lebih cepet nguap/berkurang.
Entah apa karena karakter oli-nya atau memang mesin 806 sudah ngga rapet :D
Image
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

@imsus

Mustinya si 806HDi yg dikasih Opaljet 5W40

Sementara Santi kalo dah cocok pake buntut 30 ya jgn dikasih buntut 40

Btw oli 15W40 mineral kalo dijual 70-80 K / L sih benar2 gak worthed, kemahalan banget
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by imsus2c »

Turboman wrote:@imsus

Mustinya si 806HDi yg dikasih Opaljet 5W40

Sementara Santi kalo dah cocok pake buntut 30 ya jgn dikasih buntut 40

Btw oli 15W40 mineral kalo dijual 70-80 K / L sih benar2 gak worthed, kemahalan banget
Siap pak Turbo :frm_salut:

Memang buat si santi..., memang baru sekedar coba pak.
Habis ini mau balik kucing ke w-30
Kira2, oli buntut 30 yang "kental" apa ya pak? Budget sekitar 125-150k/L

Untuk intercooler 15w-40, betul pak...harga segitu kemahalan, makanya cuma pakai sekali, sekedar test.
Apalagi penguapannya kenceng, sekarang balik ke yg ekonomis dulu, meditran sx, tinggal ambil gudang kantor, gratis :mrgreen:

Kondisi mesin 806 sekarang ini mesti dicek dulu, secara gejala pengurangan oli lumayan kenceng dan di valve cover mulai kelihatan lelehan oli.
Tempohari tune up, kelihatan banyak akumulasi oli di jalur turbo dan di dalam intercooler :e-think:

Sudah booking bengkel teman/langganan, minggu depan mau cek atau mungkin malah top overhaul sekalian.

Sebenarnya buat 806, sudah penasaran mau coba oli yg encer dan bergizi, sayang kondisi mesin belum memungkinkan
Jadi habis ini nanti kalau sudah normal, mau coba opaljet 24s atau motul specifi crdi atau mobil delvac1 sekalian, kebetulan semuanya 5w-40
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

@imsus

Si 806 HDi olinya banyak keluar dr breather nya kah ?

Atau ada dugaan rembes dr seal.compressor Turbo ?
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by imsus2c »

Turboman wrote:@imsus

Si 806 HDi olinya banyak keluar dr breather nya kah ?

Atau ada dugaan rembes dr seal.compressor Turbo ?
Dari cek visual sekilas, sepertinya keduanya pak...

Minggu ini dijadwalkan cek total menyeluruh, sekalian servis penyegaran biar fit lagi :D
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
fastering
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Thu Sep 05, 2013 19:05

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by fastering »

om turbo, oli 5w-40 yang tepat untuk ge8 merek apa aja ya om??
Krn belakangan mobil saya sering bawa full penumpang. Pakai 5w-30 dgn kondisi full penumpang, mesinnya spt kehilangan tenaga.
Baiknya saya gunakan 10w-40 atau 5w-40 om?
terima kasih om turbo
Riton
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sun Dec 23, 2012 11:31

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Riton »

kalo shell helix ultra 5w-30 dibandingin sama total quartz 9000 future SN 5w-30 jg enakan mana ya ? buat daily use aja stop and go dalam kota, luar kota jarang sekali" kalo libur aja.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

fastering wrote:om turbo, oli 5w-40 yang tepat untuk ge8 merek apa aja ya om??
Krn belakangan mobil saya sering bawa full penumpang. Pakai 5w-30 dgn kondisi full penumpang, mesinnya spt kehilangan tenaga.
Baiknya saya gunakan 10w-40 atau 5w-40 om?
terima kasih om turbo
Mesin loss power ?

Bensin pakai apa ?

5W30 nya pakai apa en udah jalan brp Km / brp bulan ?

Sebab sy di CR-V 2.0 - 07 pakai berbagai oli 5W30 ga pernah ngalamin hal spt itu
* Bukan ajakan Beli *
fastering
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Thu Sep 05, 2013 19:05

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by fastering »

Turboman wrote:
fastering wrote:om turbo, oli 5w-40 yang tepat untuk ge8 merek apa aja ya om??
Krn belakangan mobil saya sering bawa full penumpang. Pakai 5w-30 dgn kondisi full penumpang, mesinnya spt kehilangan tenaga.
Baiknya saya gunakan 10w-40 atau 5w-40 om?
terima kasih om turbo
Mesin loss power ?

Bensin pakai apa ?

5W30 nya pakai apa en udah jalan brp Km / brp bulan ?

Sebab sy di CR-V 2.0 - 07 pakai berbagai oli 5W30 ga pernah ngalamin hal spt itu
Iya om, bensin pakai shell 92, oli shell hx8 udah jalan 7000 km om dan baru 3bulan om turbo.
Tarikannya jadi kyk gak ada om. Dulu pakai hx7 di ge8 malah gak pernah ngalamin kayakgini.
Kira2 knp ya om? Dulu saat km masih 4000an cuma bawa penumpang 2 orang juga kejadian spt ini om turbo. Ntah kelewat enteng ntah kehilangan tenaga saya juga bingung, tapi intinya mau lari lewat 100km/h malah susah banget om.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

fastering wrote: Iya om, bensin pakai shell 92, oli shell hx8 udah jalan 7000 km om dan baru 3bulan om turbo.
Tarikannya jadi kyk gak ada om. Dulu pakai hx7 di ge8 malah gak pernah ngalamin kayakgini.
Kira2 knp ya om? Dulu saat km masih 4000an cuma bawa penumpang 2 orang juga kejadian spt ini om turbo. Ntah kelewat enteng ntah kehilangan tenaga saya juga bingung, tapi intinya mau lari lewat 100km/h malah susah banget om.
Coba ganti SPBU / ganti bensinnya pakai merek lain

Kondisi filter bensin bagus semua ?

setelan rem tangan gak kelewat rapat ?

Kalo semua oke en setelah ganti bensin tetep masih ga enak coba aja ganti olinya dgn 5W30 merek lain.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by imingwahyudi »

Om Keong maaf nanya lagi hehehe...ada rekomendasi buntut 30 dengan harga acceptable tapi kualitas diatas Motul htech? Mentok di 150/l. Fastron Gold denger denger oke juga, is it correct? Mobil apanjah vvti

Gracias :mky_02:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

imingwahyudi wrote:Om Keong maaf nanya lagi hehehe...ada rekomendasi buntut 30 dengan harga acceptable tapi kualitas diatas Motul htech? Mentok di 150/l. Fastron Gold denger denger oke juga, is it correct? Mobil apanjah vvti

Gracias :mky_02:
Kendall GT1 - 5W30 API SN semi synth

Terakhir beli di Sanjaya Knalpot hrg 85.000 / L

Botol2 dikeluarin dari dus Kendall yg masih segel
* Bukan ajakan Beli *
fastering
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Thu Sep 05, 2013 19:05

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by fastering »

Turboman wrote:
fastering wrote: Iya om, bensin pakai shell 92, oli shell hx8 udah jalan 7000 km om dan baru 3bulan om turbo.
Tarikannya jadi kyk gak ada om. Dulu pakai hx7 di ge8 malah gak pernah ngalamin kayakgini.
Kira2 knp ya om? Dulu saat km masih 4000an cuma bawa penumpang 2 orang juga kejadian spt ini om turbo. Ntah kelewat enteng ntah <a class="ktg6us78hf8vdu7" href="javascript:void(0)">kehilangan</a> tenaga saya juga bingung, tapi intinya mau lari lewat 100km/h malah susah banget om.
Coba ganti SPBU / ganti bensinnya pakai merek lain

Kondisi filter bensin bagus semua ?

setelan rem tangan gak kelewat rapat ?

Kalo semua oke en setelah ganti bensin tetep masih ga enak coba aja ganti olinya dgn 5W30 merek lain.
filter bensin baru ganti setelah 3 hari ganti oli om.
Setelan rem tangan std om turbo.
Kalo di ganti 5w-40 terlalu berat ya om?
Saya bingung om, kalo tetap pakai 5w-30, ganti kendall atau sainz
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by imingwahyudi »

Turboman wrote:
imingwahyudi wrote:Om Keong maaf nanya lagi hehehe...ada rekomendasi buntut 30 dengan harga acceptable tapi kualitas diatas Motul htech? Mentok di 150/l. Fastron Gold denger denger oke juga, is it correct? Mobil apanjah vvti

Gracias :mky_02:
Kendall GT1 - 5W30 API SN semi synth

Terakhir beli di Sanjaya Knalpot hrg 85.000 / L

Botol2 dikeluarin dari dus Kendall yg masih segel
Siapp om Keong... Report menyusul begitu servis :big_smoking:
kalvin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Wed Apr 17, 2013 15:50

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by kalvin »

misi om dan suhu2 ane mau konsultasi lg, setelah baca2 thread ini dan posting bbrapa kali di thread ini, juga konsultasi ama om turboman dan suhu lainnya ane pilih oli hx7 10w-40, yg jadi pertimbangan lumayan bagus dan cocok di kantong. penggantian oli terakhir tgl 25 nov jadi tgl 25 januari ini mobil udah jalan 3 bulan semenjak penggantian terakhir. km yg berjalan sekitar 6500km, dan ini kali pertama ane belon ganti oli selepas 5000km.ane kemaren cek dipstik, warna oli kecoklatan kayanya normal pemakain, dan posisi antara min dan max pas tengah2, ane tambah dikit jadi posisi 1/4 di bawah max.

pertanyaan ane dengan pemakain 3bulan 6500km kira2 kapan atau di km brp ane harus ganti oli yach? mobil ane crv gen2 2.4L, ane berencana pake ni boil aga lamaan, maklum mau ganti dana masih bln cukup haha. o ya ane kelupaan udah 12rb km bln ganti filter, apakah harus segera ganti, atau berbarengan ganti oli.

nuhun pencerahannya para suhu,khususnya bro turboman :big_smile]
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

kalvin wrote:misi om dan suhu2 ane mau konsultasi lg, setelah baca2 thread ini dan posting bbrapa kali di thread ini, juga konsultasi ama om turboman dan suhu lainnya ane pilih oli hx7 10w-40, yg jadi pertimbangan lumayan bagus dan cocok di kantong. penggantian oli terakhir tgl 25 nov jadi tgl 25 januari ini mobil udah jalan 3 bulan semenjak penggantian terakhir. km yg berjalan sekitar 6500km, dan ini kali pertama ane belon ganti oli selepas 5000km.ane kemaren cek dipstik, warna oli kecoklatan kayanya normal pemakain, dan posisi antara min dan max pas tengah2, ane tambah dikit jadi posisi 1/4 di bawah max.

pertanyaan ane dengan pemakain 3bulan 6500km kira2 kapan atau di km brp ane harus ganti oli yach? mobil ane crv gen2 2.4L, ane berencana pake ni boil aga lamaan, maklum mau ganti dana masih bln cukup haha. o ya ane kelupaan udah 12rb km bln ganti filter, apakah harus segera ganti, atau berbarengan ganti oli.

nuhun pencerahannya para suhu,khususnya bro turboman :big_smile]
3 bulan jalan 6500 Km sebetulnya bisa terus sampe 10.000 Km ASAL filter oli nya juga baru saat ganti oli terakhir

Filter oli idealnya ganti setiap ganti oli krn di atas 6000 Km kinerja filter oli sudah menurun

Kalo budget mepet bisa pake filter oli Sakura dan ganti tiap ganti oli drpd pake genuine tapi sampe 2X ganti oli
* Bukan ajakan Beli *
kalvin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Wed Apr 17, 2013 15:50

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by kalvin »

wiih makasih om turboman pencerahannya, kalau begitu ane bakal sering2 ganti filter oli hehe, ane biasa tiap 10rb km atau 2x ganti oli baru ganti filter. ini karena dipanjangin ganti olinya jadi 12rb km an bln ganti filter. ane bakal coba jalan terus om, sekalian cari filter oli hehe. o ya om kalau ganti filter biasa harus ditambah brp L olinya? thx
User avatar
vvti16valve
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 93
Joined: Tue Jan 28, 2014 5:59

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by vvti16valve »

mantap nih...
numpang membaca ilmu disini ya..

:big_exellent:
:big_think:
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2198
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by c_adhi_k »

om turbo mau tanya
kalau shell ax 7 untuk motor kira2 bisa dipakai berapa kilometer ya? dan berapa bulan harus sudah ganti?
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

c_adhi_k wrote:om turbo mau tanya
kalau shell ax 7 untuk motor kira2 bisa dipakai berapa kilometer ya? dan berapa bulan harus sudah ganti?
Kopling basah (JASO MA required)
Oli mesin mobil dipakai di motor sifatnya hanya sementara

Non kopling basah (JASO MB required) :
Oli mesin mobil bisa dipake di motor non kopling basah asalkan memiliki kadar antiwear yg tinggi yaitu 1200 - 1300 ppm. Jadi idealnya harus pakai oli API SJ - SG yg kadar ZDDP nya masih tinggi atau oli2 high spec yg kadar antiwear tinggi spt oli keluaran Amsoil (Signature series) / Royal Purple XPR misalnya.

Baik motor kopling basah maupun kopling kering membutuhkan kadar antiwear tinggi karena :
- Mesin motor is aircooled
- RPM tinggi, pegas katup lebih keras, gesekkan di valve train lebih tinggi

Khusus kopling basah harus ada zat friction modifier spy kopling nggak selip.

Walaupun memang ada pengguna2 motor yg hobby pakai PCMO / HDEO (di kaskus ada tritnya), mungkin bisa ditanyakan ke para member di sana.

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2198
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by c_adhi_k »

Turboman wrote:
c_adhi_k wrote:om turbo mau tanya
kalau shell ax 7 untuk motor kira2 bisa dipakai berapa kilometer ya? dan berapa bulan harus sudah ganti?
Kopling basah (JASO MA required)
Oli mesin mobil dipakai di motor sifatnya hanya sementara

Non kopling basah (JASO MB required) :
Oli mesin mobil bisa dipake di motor non kopling basah asalkan memiliki kadar antiwear yg tinggi yaitu 1200 - 1300 ppm. Jadi idealnya harus pakai oli API SJ - SG yg kadar ZDDP nya masih tinggi atau oli2 high spec yg kadar antiwear tinggi spt oli keluaran Amsoil (Signature series) / Royal Purple XPR misalnya.

Baik motor kopling basah maupun kopling kering membutuhkan kadar antiwear tinggi karena :
- Mesin motor is aircooled
- RPM tinggi, pegas katup lebih keras, gesekkan di valve train lebih tinggi

Khusus kopling basah harus ada zat friction modifier spy kopling nggak selip.

Walaupun memang ada pengguna2 motor yg hobby pakai PCMO / HDEO (di kaskus ada tritnya), mungkin bisa ditanyakan ke para member di sana.

CMIIW
woke thanks om turbo
meluncur ke trit :ngacir:
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
bundaberg
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Tue Mar 26, 2013 7:06
Location: Jakarta Barat

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by bundaberg »

Om turbo mau tanya,
Sebentar lg ipah ane 2.0 uda jadwalnya utk service 10k.. Rencana mau sekalian ganti oli mesin jg..
Kmrn sempet kepikiran untuk ganti pake hx8,mnrt om turbo gmn?

Oiya,sekalian mau report.. Kemarin sabtu abis ganti oli buat new avanza saya.. Sebelumnya pake sainz 5w-30, kmrn ganti jd pake kendall 5w-30 synthetic blend..overall, saya ngerasain kualitasnya lebih bagus..tarikan dan suara mesin lbh halus..dr TODA blg ini oli tahan sampai 5k km,bisa dipake sampe lbh ga om? Kmrn mutusin buat ganti oli krn oli sainz itu uda kelamaan di mobil ane,uda 8 bln br jalan 6k km..kedepannya si pgn ganti oli tiap 6bln sekali spy ga kelamaan n kualitas oli msh terjaga..
Now
All New Ertiga 1.5 Sport AT 19
All New Fortuner 2.4 VRZ TRD AT 21
Mazda CX3 1.5 Sport AT 24

Ex
APV 1.5 GX MT 05
GNKI 2.0 G AT 12
New Avanza 1.3 E AT 13
ANKI 2.4 G AT 18
All New Sirion 1.3 AT 21
eleanor
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Thu Jan 23, 2014 14:11

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by eleanor »

Halo semuanya..salam kenal buat semuanya..

numpang mampir ya

gw mau sharing pemakaian oli sekalian mau tanya-tanya juga, hee *boleh ya

Ane pake GL 1.8 HWS 2011. Menurut dari panduan dari beres ganti oli dilakukan saat service rutin kelipatan 10rb. Berhubung pake mobil ini harian, iklim tropis, dan stop n go, gw berinisiatif ganti oli tiap 5rb + ganti filter oli.

Oli yang biasa gw pake dari nissan yang 10W30 *sesuai rekomendasi pabrikan. Nah pas di km 65 rb kemaren, gw coba ganti ke mobil super 10w40.
Dengan analisa:
- nilai viskositasnya masih dalam kisaran yang sama
- ruang dalam mesin semakin lebar so penguapannya lebih cepat
- karakter mesin gl lumayan panas saat pemakaian >30menit

setelah jalan 3rb km, efeknya mesin lebih halus, awal-awal tarikan agak berat tapi kesananya makin ringan & kenceng, entah sugesti ato apa gw ngerasa tenaga juga lebih nendang.

nah yang mau gw tanya nih om turbo dan suhu-suhu lainnya
1. pergantian 10w40 ini ada efek sampingkah untuk jangka pendek ato jangka panjangnya? *rencananya ane mau pake mobil ini buat jangka panjang, hee
2. list oli yang oke di bawah 100rb/lt
3. perlukah percampuran aditif, semacam lupromox ke dalam oli mesin untuk meningkakan kinerja mesin?
4. saat pergantian oli yang berbeda merk dan berbeda viskositasnya apakah perlu engine flush?
5. kalau perlu, rekomendasi engine flushnya merk apa ya?

maaf ya kalau kepanjangan :big_smile]
arry_b
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: Thu Nov 15, 2007 0:50

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by arry_b »

Om Turbo mohon pencerahannya ya. Saya ada Mercedes G300 th 95 a/t. selama ini pakai mb oil 5-30w, kemudian saya ganti menjadi mobil super2000 10-40w, mengingat sy pikir ini mobil tua & mesin lama. Tapi setelah diganti mobil super bila cold start mesin suaranya kasar beberapa waktu...too..tok..tok..begitu. Sy mohon sarannya apa oli yang tepat & tdk merusak mesin, apakah musti full synt spt mb oil atau lainnya? mengingat mobil ini cukup berumur. Trims sebelumnya
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

arry_b wrote:Om Turbo mohon pencerahannya ya. Saya ada Mercedes G300 th 95 a/t. selama ini pakai mb oil 5-30w, kemudian saya ganti menjadi mobil super2000 10-40w, mengingat sy pikir ini mobil tua & mesin lama. Tapi setelah diganti mobil super bila cold start mesin suaranya kasar beberapa waktu...too..tok..tok..begitu. Sy mohon sarannya apa oli yang tepat & tdk merusak mesin, apakah musti full synt spt mb oil atau lainnya? mengingat mobil ini cukup berumur. Trims sebelumnya
Ada kemungkinan oil channel di HLA udah kotor / banyak endapan

Bisa coba :
Sekitar 500 Km menjelang ganti oli, tuang Marvel mistery oil ke oli mesin, dia soft flush
* Bukan ajakan Beli *