
kayaknya babe gue belom tau berita ini, kalo tau...hihihi, pasti sebel juga tuh.
toh secara fisik sama aja kan?ngga ada emblem 2.5 dibelakang?
ahhh





Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
thomas256 wrote:
Saya tidak menyesal..,samasekali tidak kok![]()
Karena saya pakai mobil ini sudah nyaris 11 bulan...(tak terasa waktunya...hehehe)
Saya sudah uji coba 2.5 sehari sebelum launch kemarin, kebetulan saya punya nasib agak mirip ama mod Stig 2 hari yang lalu yaitu dibawain ke toko...cuman saya sepupu stig dr afrika...![]()
Setelah uji coba singkat, saya pikir "wahhh amazing.." tapi buat kebutuhan sehari2 untuk menukar 2.0 saya ke 2.5 dengan menambah kocek, saya merasa belum perlu...
Yang bikin sedih adalah ada beberapa fitur yang seharusnya ada di 2.0 misal autolock dan istop, LDWS semua di copot...,dan kami hanya berpikir dulunya mungkin amat mahal...tahu2 di 2.5 semua ada tanpa perbedaan jauh harganya
MMI harusnya berpikir pasti dengan kebijakan mereka seperti ini, akan membuat user awal (pilot project..) menjadi kecewa krn selama ini kami minta system autolock saja dibilang system ini tidak ada dari sana, kenyataan ada di 2.5
Jadi kekecewaan pembeli 2.0 relatif sekali, umumnya puas..,yang terk akhir beli 2.0 pun menikmati diskon lumayan
Somewhat true...bodapa wrote:Nubie juga mau sharing pendapat aja nih...tolong koreksi-nya jika salah.
Mazda itu semuanya CBU kan? Jadi sangat tergantung sekali sama exchange rate atau nilai tukar mata uang kan, apalagi yang asal mobilnya dari Jepang. Waktu CX-5 di-launch tahun lalu (2012), bukannya nilai tukar yen ke dollar atau rupiah itu tinggi yah, tembus di atas 100 rupiah / yen? Ditambah CBU Jepang yang tidak ada insentif pajak, jadilah barangnya relatif mahal waktu itu kalau dibandingkan dengan CKD seperti CRV / X-trail yang bermesin lebih besar.
Sekarang di 2013, nilai tukar mata uang mungkin lebih favourable buat MMI (sudah di bawah 100 rupiah / yen) sehingga harga transfer dari Mazda Jepang (pabrik) ke MMI bisa lebih murah, dan cost saving ini bisa diteruskan ke konsumen meskipun insentif pajak-nya tetap tidak ada. Mungkin ini alasannya kenapa harga CX-5 yang sekarang harganya seperti itu...
Ini hasil analisa simple nubie yang belum tentu benar lhoo...
DigitALL wrote:Ane copy paste dari detik mengenai CX5 2.5L
Mesin
Mesin Mazda CX-5 2.5 Liter ini mengusung teknologi Skyactiv-G 2.5 dimana tipe mesinnya in-line, 4 silinder DOHC, 16 valve, combustion chamber volume 2.488 cc, electronicall controlled direct injection.
Dengan mesin itu maksimal tenaganya 138 kW/187 PS pada 5.700 rpm dan torsi maksimal 250 Nm/ 25.5 kgm pada torsi 3.250 rpm.
Mesin Skyactiv-G 2.5 liter ini dikawinkan dengan teknologi Skyactiv-Drive dimana transmisi otomatis 6 percepatan terbaru, full range direct drive, low NHV (noise, vibration & harshness), penyelaan dan akselerasi yang halus dan pergantian gigi yang halus dan cepat seperti DCT (Dual Clutch Transmission).
Teknologi baru yang ada di CX-5 2.5 liter
Selain pengadopsian penuh dari Skyactiv Technology yang mencakup Skyactiv-G 2.5 L, Skyactiv-Drive, Skyactiv-Body dan Skyactiv-Chassis, CX-5 2.5 liter juga dilengkapi teknologi terdepan mazda, i-Stop (Idle-stop system). Teknologi ini dapat secara otomatis menyalakan dan mematikan mesin ketika kendaraan sedang tidak bergerak agar dapat memaksikalkan efisiensi bahan bakar.
Ada juga teknologi i-Activsense dimana teknologi keamanan ini tercanggih dari Mazda yang dikembangkan untuk membantu pengemudi mengidentifikasi bahaya dan menghindari tabrakan.
Teknologi ini terdiri dari High Beam Control System (HBC), Lane Departure Warning System (LDWS) dan Adaptive Front Light System (AFS).
Interior warna jok nya spt New Mazda6
Om RV,Resale Value wrote:Waduh, habis baca artikel ini, jelas beda fiturnya lumayan yah ?
Kalau gitu, saya himbau para pemilik CX-5 2.0, tukar tambah, upgrade aja ke yang 2.5. Pakai 5 tahun. On average jatuhnya uang nombok cuman sekitar 800,000an setahun ! Murah untuk bisa menikmati selain much more power, juga banyak fitur sangat bagus seperti LDWS, HBC, ADF, i-Stop, dll (gile crv, apalagi fortuner, jadi kesannya botak ngak ada apa apanya yah fiturnya ?)
Plus build quality CBU ya tau sendiri lebih OK banding CKD. Yet ni SUV CBU kok harganya dekat ama SUV CKD macam crv / fortuner ? Fair deal banget !
Saya prediksi penjualan CX-5 2.5 ini akan meledak, jauh lebih laku banding yang 2.0 nanti.
Jika pakai 7 tahun, uang nomboknya per bulan makin turun, jadi cuman +- 50 juta / 84 = 595,000 per bulan !
Buset, jaman sekarang sekali isi full tank pertamax aja udah hampir 500,000 kan ?
Go for it man ! the MAZDA CX-5 2.5. Mumpung resale value 2.0 masih sangat bagus !
Oke secara pemahaman saya saja yah...xtr40rd1n4rym4n wrote:thomas256 wrote:
Saya tidak menyesal..,samasekali tidak kok![]()
Karena saya pakai mobil ini sudah nyaris 11 bulan...(tak terasa waktunya...hehehe)
Saya sudah uji coba 2.5 sehari sebelum launch kemarin, kebetulan saya punya nasib agak mirip ama mod Stig 2 hari yang lalu yaitu dibawain ke toko...cuman saya sepupu stig dr afrika...![]()
Setelah uji coba singkat, saya pikir "wahhh amazing.." tapi buat kebutuhan sehari2 untuk menukar 2.0 saya ke 2.5 dengan menambah kocek, saya merasa belum perlu...
Yang bikin sedih adalah ada beberapa fitur yang seharusnya ada di 2.0 misal autolock dan istop, LDWS semua di copot...,dan kami hanya berpikir dulunya mungkin amat mahal...tahu2 di 2.5 semua ada tanpa perbedaan jauh harganya
MMI harusnya berpikir pasti dengan kebijakan mereka seperti ini, akan membuat user awal (pilot project..) menjadi kecewa krn selama ini kami minta system autolock saja dibilang system ini tidak ada dari sana, kenyataan ada di 2.5
Jadi kekecewaan pembeli 2.0 relatif sekali, umumnya puas..,yang terk akhir beli 2.0 pun menikmati diskon lumayan
Om Thomas,
kasi review detailnya donk 2.5L perbedaannya bagaimana?
terutama utk respons mesin dan konsumsinya bbm nya..
xtr40rd1n4rym4n wrote:Om RV,Resale Value wrote:Waduh, habis baca artikel ini, jelas beda fiturnya lumayan yah ?
Kalau gitu, saya himbau para pemilik CX-5 2.0, tukar tambah, upgrade aja ke yang 2.5. Pakai 5 tahun. On average jatuhnya uang nombok cuman sekitar 800,000an setahun ! Murah untuk bisa menikmati selain much more power, juga banyak fitur sangat bagus seperti LDWS, HBC, ADF, i-Stop, dll (gile crv, apalagi fortuner, jadi kesannya botak ngak ada apa apanya yah fiturnya ?)
Plus build quality CBU ya tau sendiri lebih OK banding CKD. Yet ni SUV CBU kok harganya dekat ama SUV CKD macam crv / fortuner ? Fair deal banget !
Saya prediksi penjualan CX-5 2.5 ini akan meledak, jauh lebih laku banding yang 2.0 nanti.
Jika pakai 7 tahun, uang nomboknya per bulan makin turun, jadi cuman +- 50 juta / 84 = 595,000 per bulan !
Buset, jaman sekarang sekali isi full tank pertamax aja udah hampir 500,000 kan ?
Go for it man ! the MAZDA CX-5 2.5. Mumpung resale value 2.0 masih sangat bagus !
bukan tidak setuju dengan perhitungan seperti itu,
tapi chance untuk ganti2 mobil secepat ini even mobil juga belum berulang tahun yg ke-1 agak kecil deh.
kecuali untuk om2 yg duit ga berseri mau ganti tinggal telp sales minta kirim unit yg 2.5 baru.
kalo gue sih perhitungannya berat om, gimana2 jual sekarang meskipun harga masih tetap tinggi, tetap aja kena depresiasi.
trus beli lagi yg 2.5L ntar kl mau dijual juga kena lagi depresiasi. jadinya malah kena 2x depresiasi donk om..
jadi kalo gue sih sepertinya akan tetap menikmati yg 2.0L aja deh..![]()
tolong benerin kalau asumsi gue salah ya om RV..
xtr40rd1n4rym4n wrote:@Om Thomas:
ya kalau begitu bersyukurlah kita yg punya interior all black dah..
jangan2 tahun depan dikeluarin interior all black buat 2.5 ama MMI![]()
ya kl untuk performance bisa dimaklumin deh secara 2.0 vs 2.5
anyway, thanks buat reviewnya om.
--
@om RV:
ya tapi ujung2nya total depresiasinya jadi lebih besar kalau ganti ke 2.5 kan om.![]()
harap dimaklumin om gue lagi cari alasan aja biar ga nambahin beban buat ganti ke 2.5,
secara masih terima payslip every month bukan yg ngecek saldo rekening koran setiap bulannya..
hehehehe...![]()
but thanks buat bantu kasi gambaran perhitungannya..
Resale Value wrote:I got your point, tapi CMIIR, kenanya cuman 1 X, NOT 2 kali. Why ? Gini deh supaya jelas, kita perhatiin dari segi CASH FLOW, ngak bakal salah deh :
Assumsi depresiasi mirip, karena toh harga pricelistnya mirip. Setuju ? Malah jika yang 2.5 lebih popular, bisa jadi depresiasi yang 2.5 bisa sedikit lebih baik iya banding yang 2.0 di masa depan. Right ?
So mari kita lihat 2 scenario, tukar tambah dari 2.0 ke 2.5 atau ngak. Yes or no.
1. YES. Jual 2.0, dapat duit +- 350 juta, beli 2.5 say 400 juta. So cash flow OUT 50 juta.
Resale Value wrote:Waduh, habis baca artikel ini, jelas beda fiturnya lumayan yah ?
Kalau gitu, saya himbau para pemilik CX-5 2.0, tukar tambah, upgrade aja ke yang 2.5. Pakai 5 tahun. On average jatuhnya uang nombok cuman sekitar 800,000an setahun ! Murah untuk bisa menikmati selain much more power, juga banyak fitur sangat bagus seperti LDWS, HBC, ADF, i-Stop, dll (gile crv, apalagi fortuner, jadi kesannya botak ngak ada apa apanya yah fiturnya ?)
Sama om, saya juga masih bingung beda touring dan grand touring. Sodara akhirnya saya suruh pending sampai brosur lengkap. Kalo beda 19 jt tapi beda sedikit, mending ambil touring,joehart wrote:penasaran juga dengan tipe touring dan grand touring kayak bro evolution, kalo liat price list surabaya gap'nya 19 jt, masak cuman beda velg 19", LDWS, ama HBC.
apa tipe touring dah termasuk leather seats, bose audio, dan sunroof? kalo iya mah, ambil touring yg pasti.
Velg + LDWS + HBC bro bedanya....kalau ga salah inget yah, yang lain samaevolution21 wrote:Perbedaan touring sama grand touring apa aja sih, di webnya kok ga ada ya..
@goodboy: kalo beda 3 items tersebut, ambil touring yg pasti. soalnya LDWS ama HBC ga kepake disini menurut saya.Good_boy86 wrote:Sama om, saya juga masih bingung beda touring dan grand touring. Sodara akhirnya saya suruh pending sampai brosur lengkap. Kalo beda 19 jt tapi beda sedikit, mending ambil touring,joehart wrote:penasaran juga dengan tipe touring dan grand touring kayak bro evolution, kalo liat price list surabaya gap'nya 19 jt, masak cuman beda velg 19", LDWS, ama HBC.
apa tipe touring dah termasuk leather seats, bose audio, dan sunroof? kalo iya mah, ambil touring yg pasti.
Sama2 lokasi surabaya om..
Itulah mazda... dan ini fenomena global, bukan cuma indonesia. Saya liat kejadian kek gini dah berkali2, dulu di aussie rx8 pernah turun pricelistnya, klo ga salah sekitar 5 rb aud lebih.thomas256 wrote:Finally keluar 2.5...dan kami pengguna cx5 2.0....menelan kekecewaan sangat besar krn disparitas harga yang sangat "kejam"....kalau menurut kami
Kami dari awal launch mencoba memiliki sikap atas apa arti berkendara buat kami, apa arti sebuah nilai filosofi mengendarai sebuah kendaraan yang menurut kami adalah tekhnologi dan terobosan tapi semua apa yang kami coba sikapi malah di hancurkan oleh MMI
Kami mencoba berpikir...kenapa dulu mereka jual harga sekian ? Dan bgm artinya sebuah kendaraan buat kami ? Dan apa yang harus kami pikir ke depan adalah faktor resiko untuk kami sendiri benernya
Fitur kami banyak yang dihilangkan...itu yang membuat kami sedih, dan kenyataan malah fitur2 tsb malah di berikan ke 2.5 dengan cc lebih besar dan fitur lebih banyak membuat kami "sedih sekali"
Yahhh...biar bgm pun CX5 adalah sebuah fenomena singkat buat kami user 2.0....
Kami yang memakai awal hanya bisa gigit jari di acara yang megah di Senayan dari pihak MMI....dan untuk kedepannya kami hanya berharap kejadian yang menimpa kami tidak terulang kepada insan2 otomotif Indonesia lainnya...