share captiva - PART 05

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sting
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Sun May 03, 2009 7:09
Location: MINE IS TWO !

Re: share captiva - PART 05

Post by sting »

Om Cheetose, ikutin saran bro B purging + bersihin injector tp tidak optimal atau pakai terus siap2 mati total tp di ganti injector baru, tenaga jadi kencang, gratis pula .....
User avatar
hwizzy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Sat Mar 20, 2010 9:45
Location: balikpapan

Re: share captiva - PART 05

Post by hwizzy »

wllaw2 wrote:Kalau performa dan kenyamanan sih memang mantab, tp kalau ngomongin service beres nya? ya gitu tuh.. :mky_04:

Kalau boleh tahu letak dan posisi Feeder Hose nya itu di dekat mana ya? Jadi penasaran.[/quote]

Feeder hose ini terdiri dari 2 rangkaian Om. Yang satu posisi agak nempel di firewall dekat dibawah panggangan sate dan sambungannya berupa rubber hose yang posisinya sembunyi di bawah engine cover. Lebih gampangnya, di runut aja dari fuel filter yang berada di sisi kiri agak di sudut bawah dan mepet ke firewall. Enakan liat langsung :mky_01:

Beberapa waktu yang lalu dapat jawaban dari CAC GM, mereka bilang karena masalah kualitas BBM dan penggunaan aditif. Tapi kalau memang itu masalahnya, kenapa GM AW nggak punya sistem semacam preventive maintenance atau apalah, sehingga kejadian pecah selang tidak perlu terjadi :frm_bang_head:
User avatar
WK1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Sun Sep 23, 2012 11:48

Re: share captiva - PART 05

Post by WK1 »

Hmmm injector mampet total, walaupun sudah pake redline dan crc....

Kesimpulannya, ga bisa deh pake biosolar. Mesti solar Shell or pertadex, walau rajin purging, hasil tetep ga maksimal...
Salesnya mesti dibilangin tuh, waktu jual jgn bilang bisa pake bio....

KM ane sih baru 11 rb, mayoritas pertadex, kadang shell kalo Dex nya ga ketemu. Sampe sekarang aman2 aja, gak ada penurunan performa...

Moga2 ane ga ngalamin hal yg sama.... :e-pray:
User avatar
hwizzy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Sat Mar 20, 2010 9:45
Location: balikpapan

Re: share captiva - PART 05

Post by hwizzy »

Bener Om WK1,

Setelah mengkonsumsi solar biasa plus additif, selama 3thn dan mileage 25rb berasa banget penurunan powernya. Setelah di purging juga ga begitu berasa bedanya.

Kemarin sempat isi full tank dengan pertadex dan asap fogging saat stationer lama langsung berkurang drastis. Kalaupun ada cuma tipis aja. Saya ada rencana buat clean up injector. Tapi ya itu, beres di Balikpapan punya alat tapi belum siap :frm_bang_head:
jco
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 192
Joined: Tue Sep 25, 2012 6:26

Re: share captiva - PART 05

Post by jco »

numpang sharing juga yah.

saya pakai yg FL dari baru isi nya bio + adiitif, ga ada masalah apa2 sih mnrt saya om. memang KM nya baru mau 15rb.

kl non FL awal pakai shell selama 1 bulanan trus beralih ke bio + adiitif, uda nyaris 3 tahun ga ada mslh di injector nya.

saya rasa badak bisa pakai bio kok om. + additif juga ga masalah.

cmiiw
User avatar
cheetose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 239
Joined: Mon Mar 19, 2012 2:19

Re: share captiva - PART 05

Post by cheetose »

jco wrote:numpang sharing juga yah.

saya pakai yg FL dari baru isi nya bio + adiitif, ga ada masalah apa2 sih mnrt saya om. memang KM nya baru mau 15rb.

kl non FL awal pakai shell selama 1 bulanan trus beralih ke bio + adiitif, uda nyaris 3 tahun ga ada mslh di injector nya.

saya rasa badak bisa pakai bio kok om. + additif juga ga masalah.

cmiiw
om jco, pengertian ga ada masalah menurut om jco sampai dimana dulu nih?, ga nunggu sampe mampet baru dibilang masalah kan?

soalnya saya ngerasa banget penurunan performa baik dari tenaga dan suara dan getarannya, makin kesini makin ga enak tarikan nya dan suara makin kasar, getaran juga makin kenceng.

segini aja saya selalu pakai setengah2 bio + dex/sheel dan ditambah CRC dari om jco, mungkin kl full bio lebih parah lg

jadi tunggu aja sampe mampet nih ya guys? ga perlu purging2 an?
User avatar
sting
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Sun May 03, 2009 7:09
Location: MINE IS TWO !

Re: share captiva - PART 05

Post by sting »

cheetose wrote:
jco wrote:numpang sharing juga yah.

saya pakai yg FL dari baru isi nya bio + adiitif, ga ada masalah apa2 sih mnrt saya om. memang KM nya baru mau 15rb.

kl non FL awal pakai shell selama 1 bulanan trus beralih ke bio + adiitif, uda nyaris 3 tahun ga ada mslh di injector nya.

saya rasa badak bisa pakai bio kok om. + additif juga ga masalah.

cmiiw
om jco, pengertian ga ada masalah menurut om jco sampai dimana dulu nih?, ga nunggu sampe mampet baru dibilang masalah kan?

soalnya saya ngerasa banget penurunan performa baik dari tenaga dan suara dan getarannya, makin kesini makin ga enak tarikan nya dan suara makin kasar, getaran juga makin kenceng.

segini aja saya selalu pakai setengah2 bio + dex/sheel dan ditambah CRC dari om jco, mungkin kl full bio lebih parah lg

jadi tunggu aja sampe mampet nih ya guys? ga perlu purging2 an?
Om Cheetose dan ug lain,
Gejala yg terjadi di CTV ANE
- suara kasar tp tdk significant
- sesekali pincang rpm
- sesekali kosong / power drop saat di gas baik jalan pelan / pelan
- saat check ke beres di check sana sini pakai scanner everything is ok
Setelah mogok dan ditarik ke beres baru ketahuan injextor masalah dan mesin nyala pakai injector ctv lain

Masalah besar adalah injector kosong,6 minggu + komplain baru di ganti, itupun kanibal ctv.
lain

Om Chetose, yg ane lakukan selanjutnya adalah jual ctv sialan itu. Case closed.
User avatar
hwizzy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Sat Mar 20, 2010 9:45
Location: balikpapan

Re: share captiva - PART 05

Post by hwizzy »

sting wrote: Om Cheetose dan ug lain,
Gejala yg terjadi di CTV ANE
- suara kasar tp tdk significant
- sesekali pincang rpm
- sesekali kosong / power drop saat di gas baik jalan pelan / pelan
- saat check ke beres di check sana sini pakai scanner everything is ok
Setelah mogok dan ditarik ke beres baru ketahuan injextor masalah dan mesin nyala pakai injector ctv lain

Masalah besar adalah injector kosong,6 minggu + komplain baru di ganti, itupun kanibal ctv.
lain

Om Chetose, yg ane lakukan selanjutnya adalah jual ctv sialan itu. Case closed.
Nah ini gejalanya sama dengan di alami captiva saya Om
- Suara kasar
- Sesekali rpm pincang
- Power berasa drop
- Berasap mirip fogging nyamuk kalau stationer agak lamaan

Saya mau coba injector cleaner dulu, sapa tau bisa pulih :e-pray:
maswewe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Tue Aug 28, 2012 12:21

Re: share captiva - PART 05

Post by maswewe »

FYI, nubi dapet info yg relatif meyakinkan: banyak CTV FL bergelimpangan karena injektornya tewas, cos badannya dikasi minum biosolar. FL sangat rentan biosolar; non FL jauh lebih bandel. Bukan sekedar tampang, secara konstruksi mesin dua badak itu beda. Gitu infonya.
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: share captiva - PART 05

Post by evolution21 »

akhirnya mulai banyak ya yg injectornya tewas
bisa di baca yg kisah ane dulu waktu kena, sapa tau bisa membantu

hari ini abis liat pameran ctv, iseng tes tanya ke sales, ctv bisa minum bio ga, dijawab BISA! (gundulmu) :frm_snipper:

kalo spin diesel gimana ya... senasib jg ga tuh
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: share captiva - PART 05

Post by DOHC »

FRP nya badak FL kann jauh lebi tinggi dari yg non FL kan yahh... power nya aja beda gt...


pantesan di web KTB aja dakar ditulis low pressure... :e-think: :e-think: :e-think:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
hwizzy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Sat Mar 20, 2010 9:45
Location: balikpapan

Re: share captiva - PART 05

Post by hwizzy »

evolution21 wrote:akhirnya mulai banyak ya yg injectornya tewas
bisa di baca yg kisah ane dulu waktu kena, sapa tau bisa membantu

hari ini abis liat pameran ctv, iseng tes tanya ke sales, ctv bisa minum bio ga, dijawab BISA! (gundulmu) :frm_snipper:

kalo spin diesel gimana ya... senasib jg ga tuh
GM kayaknya ngejar penjualan aja nih.. Mangkanya semua salesnya bilang bisa konsumsi solar biasa. Begitu kena masalah injectornya, enteng aja mereka jawab karena pemakaian solar biasa. :mky_04:
Saya juga penasaran dengan nasib si sipin, apalagi untuk beres di daerah belum semuanya punya alat injector cleaner :e-think:
User avatar
sting
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Sun May 03, 2009 7:09
Location: MINE IS TWO !

Re: share captiva - PART 05

Post by sting »

hwizzy wrote:
sting wrote: Om Cheetose dan ug lain,
Gejala yg terjadi di CTV ANE
- suara kasar tp tdk significant
- sesekali pincang rpm
- sesekali kosong / power drop saat di gas baik jalan pelan / pelan
- saat check ke beres di check sana sini pakai scanner everything is ok
Setelah mogok dan ditarik ke beres baru ketahuan injextor masalah dan mesin nyala pakai injector ctv lain

Masalah besar adalah injector kosong,6 minggu + komplain baru di ganti, itupun kanibal ctv.
lain

Om Chetose, yg ane lakukan selanjutnya adalah jual ctv sialan itu. Case closed.
Nah ini gejalanya sama dengan di alami captiva saya Om
- Suara kasar
- Sesekali rpm pincang
- Power berasa drop
- Berasap mirip fogging nyamuk kalau stationer agak lamaan

Saya mau coba injector cleaner dulu, sapa tau bisa pulih :e-pray:
Om Ctv masih garansi kan? Kalau masih garansi jgn keluar duit buat hasil tdk maksimal kayak purging dan injector cleaner, saran ane pakai terus sampai mogok dan klaim ke beres biar injector,fuelpump dan fuel filter sekalian diganti baru. Tenaganya beda banyak kayak tulisan om Evolution, setelah itu baru pakai solar lux atau di jual
User avatar
sting
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Sun May 03, 2009 7:09
Location: MINE IS TWO !

Re: share captiva - PART 05

Post by sting »

hwizzy wrote:
sting wrote: Om Cheetose dan ug lain,
Gejala yg terjadi di CTV ANE
- suara kasar tp tdk significant
- sesekali pincang rpm
- sesekali kosong / power drop saat di gas baik jalan pelan / pelan
- saat check ke beres di check sana sini pakai scanner everything is ok
Setelah mogok dan ditarik ke beres baru ketahuan injextor masalah dan mesin nyala pakai injector ctv lain

Masalah besar adalah injector kosong,6 minggu + komplain baru di ganti, itupun kanibal ctv.
lain

Om Chetose, yg ane lakukan selanjutnya adalah jual ctv sialan itu. Case closed.
Nah ini gejalanya sama dengan di alami captiva saya Om
- Suara kasar
- Sesekali rpm pincang
- Power berasa drop
- Berasap mirip fogging nyamuk kalau stationer agak lamaan

Saya mau coba injector cleaner dulu, sapa tau bisa pulih :e-pray:
Om Ctv masih garansi kan? Kalau masih garansi jgn keluar duit buat hasil tdk maksimal kayak purging dan injector cleaner, saran ane pakai terus sampai mogok dan klaim ke beres biar injector,fuelpump dan fuel filter sekalian diganti baru. Tenaganya beda banyak kayak tulisan om Evolution, setelah itu baru pakai solar lux atau di jual
User avatar
WK1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Sun Sep 23, 2012 11:48

Re: share captiva - PART 05

Post by WK1 »

Kalo Spin ane rasa bisa pake bio, krn tekanan injectornya jauh lebih kecil, jadi pengabutan solar lebih kasar, dimana biosolar bisa dgn mudah lewat...tp kalo CTV ga ada ampun deh..mesti pake Solar LUX. Mo kata bio dipakein minyak urut kek, mo dipakein redline / crc sebotol kek, ga bakal ngaruh....

Kalo udah mesti bongkar2 injector spt om Evo alamin, buang waktu, tenaga dan keyakinan kita ( kalo tuh mobil bakal sip spt baru lagi...), mending Solar LUX deh dr awal....

Ini pendapat ane ya...
User avatar
hwizzy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Sat Mar 20, 2010 9:45
Location: balikpapan

Re: share captiva - PART 05

Post by hwizzy »

Om Sting,
Garansi sudah abis.. udah lewat 3 tahun :e-doh:
Waktu ganti oli kemarin sekalian kuras fuel tank, ganti fuel filter & oli, sekalian purging pakai L**i M**y. Trus isi full tank pertadex. ga banyak perubahannya. Mesin tetap pincang waktu stationer.

Technical Advisornya sih advise buat di bersihin dulu injectornya.

Om WK1, maunya juga gitu
Tapi pan di daerah saya waktu entu belum ada dispenser pertadex.
User avatar
bali_juventino
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 442
Joined: Wed Aug 01, 2012 6:33

Re: share captiva - PART 05

Post by bali_juventino »

sting wrote:
hwizzy wrote:
sting wrote: Om Cheetose dan ug lain,
Gejala yg terjadi di CTV ANE
- suara kasar tp tdk significant
- sesekali pincang rpm
- sesekali kosong / power drop saat di gas baik jalan pelan / pelan
- saat check ke beres di check sana sini pakai scanner everything is ok
Setelah mogok dan ditarik ke beres baru ketahuan injextor masalah dan mesin nyala pakai injector ctv lain

Masalah besar adalah injector kosong,6 minggu + komplain baru di ganti, itupun kanibal ctv.
lain

Om Chetose, yg ane lakukan selanjutnya adalah jual ctv sialan itu. Case closed.
Nah ini gejalanya sama dengan di alami captiva saya Om
- Suara kasar
- Sesekali rpm pincang
- Power berasa drop
- Berasap mirip fogging nyamuk kalau stationer agak lamaan

Saya mau coba injector cleaner dulu, sapa tau bisa pulih :e-pray:
Om Ctv masih garansi kan? Kalau masih garansi jgn keluar duit buat hasil tdk maksimal kayak purging dan injector cleaner, saran ane pakai terus sampai mogok dan klaim ke beres biar injector,fuelpump dan fuel filter sekalian diganti baru. Tenaganya beda banyak kayak tulisan om Evolution, setelah itu baru pakai solar lux atau di jual
om, hrg fuel injektor, fuelpump, fuel filter brp'an yah?
trus di km brp koit tuh?
thx.
User avatar
sting
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Sun May 03, 2009 7:09
Location: MINE IS TWO !

Re: share captiva - PART 05

Post by sting »

hwizzy wrote:Om Sting,
Garansi sudah abis.. udah lewat 3 tahun :e-doh:
Waktu ganti oli kemarin sekalian kuras fuel tank, ganti fuel filter & oli, sekalian purging pakai L**i M**y. Trus isi full tank pertadex. ga banyak perubahannya. Mesin tetap pincang waktu stationer.

Technical Advisornya sih advise buat di bersihin dulu injectornya.

Om WK1, maunya juga gitu
Tapi pan di daerah saya waktu entu belum ada dispenser pertadex.
Om Hwizzy,
saat si beres Ctv ane pinjam inector ctv laen dan dibandingkan dgn injector baru tenaga beda jauh banget. Saran ane kalo masih mau pakai lama m3nding ganti injector baru. Info beresjarga injector@ 3jt persisnua check ke om JCO
User avatar
sting
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Sun May 03, 2009 7:09
Location: MINE IS TWO !

Re: share captiva - PART 05

Post by sting »

bali_juventino wrote:
om,hrg fuel injektor, fuelpump, fuel filter brp'an yah?
trus di km brp koit tuh?
thx.[/quote]
Om Bali, ctv ane koit di km 23ribu, 1.5 taon, masih garansi jadi free kecuali fuel filter sepasang 800 ribu dan kuras tangki 200 ribuan . Yang aneh tangki bersih ngak ada lumpur dan kotoran.
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 05

Post by wllaw2 »

jco wrote: coba deh di cek selenoid starter / dinamo nya om.
dulu saya juga begitu, selenoid nya rusak jadi makan aki.
thx
Thanks om, atas sarannya. Akan dicek lagi nanti pas ada ke beres. :mrgreen:
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 05

Post by wllaw2 »

cheetose wrote:Hallo guys, long time no see

Badakku sekarang udah jalan 15 rb km an, so far sih ngga ada masalah apa apa kecuali bunyi2 an yg semakin merdu saja hehehe

belakangan mulai ngerasain kok mesin jadi berat ya seperti tertahan, suara lebih kasar dari biasanya, getaran lebih kencang, kadang2 ada suara ngelitik kalo pas di tanjakkan agak di bejek gas nya, ada yg pernah ngalamin sebelumnya? harus diapain ya?
Sama gan, udah 17 ribuan km. Suara lebih kasar, sama getaran lebih bergetar. Nampak jelas ketika dibuka kap mesinnya. Seingat saya pas awal2, hampir gak nampak getaran dari mesinnya ketika kap mesinnya kita buka. Kalau ngelitik sih belum pernah sih.
Rencananya sih saya mau purging juga, cuma gak tahu apakah purging itu juga membersihkan nozzle dari injectornya.
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 05

Post by wllaw2 »

monstar wrote:
Buset om, pertadex mahal amat. Ane pake shell 10400/liter (sekarang 10600 sih). Dibanding pertadex tarikan pake shell jauh lebih lancar, tapi tiap servis disaranin bersihin fuel injector soalnya shell kadar sulfurnya rada tinggi.
Iya gan, di sini udah mahal :e-wall: . Gak ada shell pula. Mengenai kadar sulfur, masih ada beberapa artikel yang menyatakan bahwa kalau kadar sulfur yang rendah malah membuat injector jadi rusak karena kurangnya pelumasan. Sulfur berfungsi untuk melumasi injectornya.
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 05

Post by wllaw2 »

ricz wrote: Gak smua Chevy kek gitu sptnya, diangkut ke trailer...

Gw liat Spark, Yaris, Ipah, Fortie, M2 dikebut aja dari Belawan - Medan...

Tp itu udh agak lama seh, ntahlah kalo skrg...

Betul gan, yang Toyota punya dikebut kayak lagi lomba gitu. Begitu bayar tol, langsung digas lagi dan kemudian di rem dengan kuat lagi sebelum belok ke kiri ke arah showroom Toyota yang di Amplas. Belum lagi speakernya dibuka keras2 sampai bisa kedengaran. Kayak angkot gitu. :e-doh:
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 05

Post by wllaw2 »

sting wrote: Om ane ngalami sama, KM 20 ribu, dan terakhir mati total di tol .
Setelah di cek di beres injector m3 unit mampet total .
Ane selama ini lebih banyak pakai bio solar dan selalu tambah racun redline atau CRC.
Bisa jadi karena faktor Biosolar yang terkontaminasi dengan kotoran kayak lumpur gitu. Dulu di kijang kapsul juga pernah kejadian. Solarnya hitam kayak lumpur :frm_bang_head:
Beberapa bulan lalu saya pernah coba beli biosolar taruh di jerigen terus dibiarkan sampai seminggu lebih. Di dasar dari jerigennya nampak partikel2 halus berwarna hitam. Ini masih mendingan, ada yang didiamin, langsung nampak perbedaan dari cairan biosolarnya. Bagian bawah semua berlumpur.
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 05

Post by wllaw2 »

hwizzy wrote:
Feeder hose ini terdiri dari 2 rangkaian Om. Yang satu posisi agak nempel di firewall dekat dibawah panggangan sate dan sambungannya berupa rubber hose yang posisinya sembunyi di bawah engine cover. Lebih gampangnya, di runut aja dari fuel filter yang berada di sisi kiri agak di sudut bawah dan mepet ke firewall. Enakan liat langsung :mky_01:

Beberapa waktu yang lalu dapat jawaban dari CAC GM, mereka bilang karena masalah kualitas BBM dan penggunaan aditif. Tapi kalau memang itu masalahnya, kenapa GM AW nggak punya sistem semacam preventive maintenance atau apalah, sehingga kejadian pecah selang tidak perlu terjadi :frm_bang_head:

Thanks gan. :frm_tumbleft: Nanti akan saya coba lihat2 dan cari apa ketemu atau gak :mrgreen:
Kadang jawaban dari CAC nya memang ngawur. Tahun lalu pas mau ganti fuel pump, saya coba telpon aja ke CAC tanya, kok bisa baru pakai berapa bulan udah rusak fuel pumpnya. Terus dijawab saya gak boleh pakai Biosolar. Jadi saya jawab balik aja, pas dijual kok dibilang boleh pakai biosolar dan lagian Pertadex gak dijual di sini. Jadi kalau gak pakai Biosolar mau isi pakai apa. Baru CAC nya bilang akan segera diusahakan fuel pumpnya untuk secepatnya dikirim.