Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2198
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by c_adhi_k »

JayuZmaN wrote:terima kasih jawabannya bro turboman...

saya mau tanya lagi untuk pemilihan oli...
jadi setelah baca2 diskusi tentang oli, dan setelah ngecek ketersediaan barang yang ada...

saya memutuskan untuk memilih satu dari dua oli ini :
- total quartz 9000 5w-40 SM
- mobil1 5w-50 (kata penjualnya udah API SN)

cuma saya mau tanya dari segi kepantasan aja...
banyak yang bilang tentunya pilih mobil1 soalnya udah SN, tapi 5w-50 itu apakah masih tepat sasaran untuk mobil yaris 2011 ?

terima kasih untuk jawabannya... :mky_01:
5w-50 ? Rentangnya jauh juga ya
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Jambangan »

JayuZmaN wrote:terima kasih jawabannya bro turboman...

saya mau tanya lagi untuk pemilihan oli...
jadi setelah baca2 diskusi tentang oli, dan setelah ngecek ketersediaan barang yang ada...

saya memutuskan untuk memilih satu dari dua oli ini :
- total quartz 9000 5w-40 SM
- mobil1 5w-50 (kata penjualnya udah API SN)

cuma saya mau tanya dari segi kepantasan aja...
banyak yang bilang tentunya pilih mobil1 soalnya udah SN, tapi 5w-50 itu apakah masih tepat sasaran untuk mobil yaris 2011 ?

terima kasih untuk jawabannya... :mky_01:
buntut 50 ga kekentalan ya buat mesin mobil2 baru??
sepertinya lebih cocok untuk daerah gurun gitu deh CMIIW
nunggu jawaban dari om turbo aja deh :ungg:
User avatar
kklover
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Sat Dec 15, 2012 11:06

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by kklover »

kalo oli buat honda brio cocoknya apa yah brooos? di dealer ditawarin honda, castrol, sama mobil1, tapi yg mobil1 bikin ngeri harganya, seliter katanya nopekcheng alias 200 rebuuu :big_slap:
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by nugroho bagor »

kklover wrote:kalo oli buat honda brio cocoknya apa yah brooos? di dealer ditawarin honda, castrol, sama mobil1, tapi yg mobil1 bikin ngeri harganya, seliter katanya nopekcheng alias 200 rebuuu :big_slap:
Pake honda aja om,sdh 5w30 lumayan kok,saya pake di jazz
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27641
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by DOHC »

beli oli di beres mahh harganya terlalu...

mending beli di luaran...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
richard t
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 291
Joined: Mon Nov 19, 2012 6:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by richard t »

Turboman wrote:
Masnyabun wrote:siipp saya udah buka web redline om,mantabb. perlu flushing dulu apa langsung tab oli aja ya 3liter klo mau pake D4 ATF ? sebelumnya isi pabrikan Z-1.

om turbo menyebutkan akan memilih oli yang VI / TBN / kandungan Antiwear agent-nya paling TOP hasilnya. nah dari list bawah ini :

* Mobil 1 extended performance 5w30 SN - ilsac GF 5
* Total quartz 9000 future 5w30 SN
* Motul h-tech 100 plus 5w30 SN - ilsac GF 5
* Fastron gold 5w30 SN
mana spek VI / TBN / kandungan Antiwear agent-nya paling TOP om turboman ?

Atau ada merk rekomendasi 5w30 yg lbh ajib lagi buat anj rs AT. mobil daily use, harga no problemo :mky_01:
matur nuwun sebelumnya ya om turbo.
Clue utk cari :
Google : ketik type olinya spasi Spec
Atau kalau gak ketemu pancing pakai tambahan kata TBN atau VI

Kalau Mobil1 di website nya ada

Rekomendasi 5W30 yg lain :
- Redline 5W30
- Agip Sint Evolution 0W30 (ini bisa dipake di mesin2 Honda)

Utk ATF : kalao ganti merek ya flushing total

Salam kenal, saya niubie. Mau tanya Om Turboman :
1. dengar punya baca ada olie dgn POA , juga POE, kira2 perbedaannya dimana ya & kegunaannya ya Om.
2. Baca2 dibelakang dari kemasan motul h-tec buatan asia tenggara, kalau motul 6100 masih asli nya, menurut baik nya yg mana Om ?
Terima kasih.
tian79
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Tue Jan 10, 2012 6:31

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by tian79 »

oom sekalian, mau tanya sedikit soal oli ATF

kalo untuk kuras matic, bisakah pakai oli selain ketentuan.

kebetulan saya pakai dexron iii, rencana mau kuras tapi biaya minim.

bisa nda pakai oli lain yang harganya murah meriah ??
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

tian79 wrote:oom sekalian, mau tanya sedikit soal oli ATF

kalo untuk kuras matic, bisakah pakai oli selain ketentuan.

kebetulan saya pakai dexron iii, rencana mau kuras tapi biaya minim.

bisa nda pakai oli lain yang harganya murah meriah ??
Dexron III itu udah murah om, pakai Pertamina punya aja

ganti ATF yg efisien adalah sistem manual Flush ala Gerlong, Ipah D4 D Matic aja cuman butuh 5,5 L & keluarnya udah bersihhh

Kalau mau masukkin oli abal2 ke Matic unit = pikirkanlah jika Body Valve jebol / Torque Converter jebol / kopling matic abis itu biayanya sebanding nggak ? :mrgreen:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

richard t wrote:
Salam kenal, saya niubie. Mau tanya Om Turboman :
1. dengar punya baca ada olie dgn POA , juga POE, kira2 perbedaannya dimana ya & kegunaannya ya Om.
2. Baca2 dibelakang dari kemasan motul h-tec buatan asia tenggara, kalau motul 6100 masih asli nya, menurut baik nya yg mana Om ?
Terima kasih.
1. PAO itu Poly Alfa Olefin aka feedstock Group IV, kalo oli Full Synthetic yg benar2 bagus itu kandungan PAO nya besar or bahkan 100%. Banyak oli Full Synth biasanya isinya mix antara PAO + Hydrocracked group III

POE itu bukannya oli buat kompressor AC / kulkas ya ?
http://en.wikipedia.org/wiki/Polyolester

2. Motul H-Tec 5W30 yg buatan Vietnam oke kok, tekma CRDi 5W40 juga udah buatan VT.
* Bukan ajakan Beli *
richard t
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 291
Joined: Mon Nov 19, 2012 6:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by richard t »

Turboman wrote:
richard t wrote:
Salam kenal, saya niubie. Mau tanya Om Turboman :
1. dengar punya baca ada olie dgn POA , juga POE, kira2 perbedaannya dimana ya & kegunaannya ya Om.
2. Baca2 dibelakang dari kemasan motul h-tec buatan asia tenggara, kalau motul 6100 masih asli nya, menurut baik nya yg mana Om ?
Terima kasih.
1. PAO itu Poly Alfa Olefin aka feedstock Group IV, kalo oli Full Synthetic yg benar2 bagus itu kandungan PAO nya besar or bahkan 100%. Banyak oli Full Synth biasanya isinya mix antara PAO + Hydrocracked group III

POE itu bukannya oli buat kompressor AC / kulkas ya ?
http://en.wikipedia.org/wiki/Polyolester

2. Motul H-Tec 5W30 yg buatan Vietnam oke kok, tekma CRDi 5W40 juga udah buatan VT.

Kalau tidak salah ya Om, POE itu ada di olie yg ester juga double ester. Saya dapat masukan juga baca di olie motul salah satu yg pakai jenis ini, tp saya ga jelas fungsinya
tian79
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Tue Jan 10, 2012 6:31

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by tian79 »

Turboman wrote:
tian79 wrote:oom sekalian, mau tanya sedikit soal oli ATF

kalo untuk kuras matic, bisakah pakai oli selain ketentuan.

kebetulan saya pakai dexron iii, rencana mau kuras tapi biaya minim.

bisa nda pakai oli lain yang harganya murah meriah ??
Dexron III itu udah murah om, pakai Pertamina punya aja

ganti ATF yg efisien adalah sistem manual Flush ala Gerlong, Ipah D4 D Matic aja cuman butuh 5,5 L & keluarnya udah bersihhh

Kalau mau masukkin oli abal2 ke Matic unit = pikirkanlah jika Body Valve jebol / Torque Converter jebol / kopling matic abis itu biayanya sebanding nggak ? :mrgreen:
manual flush ala gerlong....baru tau nih oom.
caranya gimana ?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27641
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by DOHC »

Turboman wrote:
1. PAO itu Poly Alfa Olefin aka feedstock Group IV, kalo oli Full Synthetic yg benar2 bagus itu kandungan PAO nya besar or bahkan 100%. Banyak oli Full Synth biasanya isinya mix antara PAO + Hydrocracked group III

POE itu bukannya oli buat kompressor AC / kulkas ya ?
http://en.wikipedia.org/wiki/Polyolester

2. Motul H-Tec 5W30 yg buatan Vietnam oke kok, tekma CRDi 5W40 juga udah buatan VT.
motul htec 5-30... salah satu oli favorit ane nehh utk kategori yg "ngaku" nya full syn... murmer tp kualitas lumayan... Q8 special 5-30 di kelas yg sama jg enak tuh... value for every rupiah... :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
JayuZmaN
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu Jan 24, 2013 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by JayuZmaN »

makin lama makin bingung milih olinya... :mky_01:

bro turboman, saya mau tanya...
dengan budget max 150rb/liter, yang diincer 5w-30, apa aja pilihan oli yang mungkin, dan kalo bisa di mana belinya...
sebenernya lebih prefer total quartz 9000 future 5w-30 yang API SN...
cuma ga tau juga di mana belinya (yang terpercaya - kalo bisa sih di toko - dan tetep budget max 150rb/ltr)

susah bener jadi orang daerah... harga barang2 selangit... :ungg:

makasih bantuannya... :)
tian79
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Tue Jan 10, 2012 6:31

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by tian79 »

bener gak kalo dexron iii kekentalannya masuk SAE 10w ?
Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3281
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Salvanost »

tanya
kalau mau memperhalus suara mesin
terutama OS
harus pake oli lebih kental atau oli lebih encer?

apa 5w-30 beda merk karakteristik suara mesin bisa beda?
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by imsus2c »

Kalau mau suara mesin halus, logikanya pakai oli kental...
Tapi...kalau oli kental takutnya susah masuk ke clearance dan katup (terutama yg pakai sistem HLA), akibatnya mesin halus tapi katup berisik...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by imsus2c »

JayuZmaN wrote:makin lama makin bingung milih olinya... :mky_01:

bro turboman, saya mau tanya...
dengan budget max 150rb/liter, yang diincer 5w-30, apa aja pilihan oli yang mungkin, dan kalo bisa di mana belinya...
sebenernya lebih prefer total quartz 9000 future 5w-30 yang API SN...
cuma ga tau juga di mana belinya (yang terpercaya - kalo bisa sih di toko - dan tetep budget max 150rb/ltr)

susah bener jadi orang daerah... harga barang2 selangit... :ungg:

makasih bantuannya... :)
yang sepertinya lumayan tersedia diluar kota besar
- motul htech
- fastron gold

*daerah-nya dimana pak?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by imsus2c »

c_adhi_k wrote:
JayuZmaN wrote:terima kasih jawabannya bro turboman...

saya mau tanya lagi untuk pemilihan oli...
jadi setelah baca2 diskusi tentang oli, dan setelah ngecek ketersediaan barang yang ada...

saya memutuskan untuk memilih satu dari dua oli ini :
- total quartz 9000 5w-40 SM
- mobil1 5w-50 (kata penjualnya udah API SN)

cuma saya mau tanya dari segi kepantasan aja...
banyak yang bilang tentunya pilih mobil1 soalnya udah SN, tapi 5w-50 itu apakah masih tepat sasaran untuk mobil yaris 2011 ?

terima kasih untuk jawabannya... :mky_01:
5w-50 ? Rentangnya jauh juga ya
Pernah baca dimana...lupa,
Oli dengan rentang viskositas jauh, dikhawatirkan degradasi di kualitas polymer-nya terlalu cepat, padahal base oil-nya sendiri mungkin masih bagus
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
cabulbugil
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Fri Aug 31, 2012 12:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by cabulbugil »

Ijin nyimak suhu master.... lanjut terussss
white_sportage
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Sun Sep 16, 2012 5:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by white_sportage »

imsus2c wrote:Pernah baca dimana...lupa,
Oli dengan rentang viskositas jauh, dikhawatirkan degradasi di kualitas polymer-nya terlalu cepat, padahal base oil-nya sendiri mungkin masih bagus
Saya juga pernah baca Bro imsus2c, kayaknya di thread ini juga, di part 1.
Master PPT yang bersabda....

Ada yang tau gak, gimana membedakan oli hitam karena detergent-nya berfungsi dengan baik atau karena olinya tergradasi dengan cepat akibat panas mesin?
Soalnya kontradiktif juga, kalau oli pada pemakaian 3000 - 4000 km sudah berwarna hitam.
Ada yang bilang olinya jelek, terlalu cepat rusak kena panas mesin.
Tap ada juga yang bilang justru bagus, itu artinya fungsinya sebagai pembersih mesin berfungsi dengan baik.
Gimana cara membedakannya?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

Yaris mau enak pakai 5W30 aja......

Mesin2 zaman skg udah jarang sekali yg recommend oli buntut 50, kecuali SuperCar / High Power Turbocharged Gasoline, rekomen 10W-60
JayuZmaN wrote:terima kasih jawabannya bro turboman...

saya mau tanya lagi untuk pemilihan oli...
jadi setelah baca2 diskusi tentang oli, dan setelah ngecek ketersediaan barang yang ada...

saya memutuskan untuk memilih satu dari dua oli ini :
- total quartz 9000 5w-40 SM
- mobil1 5w-50 (kata penjualnya udah API SN)

cuma saya mau tanya dari segi kepantasan aja...
banyak yang bilang tentunya pilih mobil1 soalnya udah SN, tapi 5w-50 itu apakah masih tepat sasaran untuk mobil yaris 2011 ?

terima kasih untuk jawabannya... :mky_01:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

white_sportage wrote: Ada yang tau gak, gimana membedakan oli hitam karena detergent-nya berfungsi dengan baik atau karena olinya tergradasi dengan cepat akibat panas mesin?
Test di lab spt Corelab, bayar 185 rb

Nanti ketahuan level soot-nya & parameter2 lainnya gimana & ada summary nya
* Bukan ajakan Beli *
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1584
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by singachu »

Mau tanya soal idemitsu extreme eco 5w-30
http://www.idemitsu-ils.com.sg/products ... x?CateID=5

Idemitsu Extreme ECO
5W30 SM/CF Fully Synthetic


100% Synthetic
Formulated to improve fuel economy
Superb cold start protection
Prolongs engine life by reducing friction
Reduces engine noise
Excellent performance at High Temperatures High Shear Viscosity test to ensure viscosity retention for maximum engine parts protection

di product informationnya :

Available Grades ASTM
METHOD
IDEMITSU EXTREME
ECO 5W30 SM/CF
Viscosity grade SAE 5W30
Colour D-1500 L2.5
Density 15 oC g/cm³ D-4052-96 0.8513
Flash Point (COC) oC D-92 215
Viscosity, cSt @ 40 oC D-445 58.65
@ 100 oC D-445 11.02
Pour Point oC D-97 -36
Viscosity Index D-2270 183
TBN HCLO4 (mgKOH/g) D-2896-96 7.62
TAN, Potentiometric (mgKOH/g) D-664 1.45
Foaming @ 93.5oC (ml) D-892 <30-0


Pertanyaan saya, apa idemitsu ini cuman lulus sertifikasi API SM/CF aja ? Ga ada embel2 ILSAC / MB / BMW / dsb padahal udah fullsynt....
cari2 info nya ga dapet2
any info ?

regards,
singachu
white_sportage
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Sun Sep 16, 2012 5:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by white_sportage »

Turboman wrote:
white_sportage wrote: Ada yang tau gak, gimana membedakan oli hitam karena detergent-nya berfungsi dengan baik atau karena olinya tergradasi dengan cepat akibat panas mesin?
Test di lab spt Corelab, bayar 185 rb

Nanti ketahuan level soot-nya & parameter2 lainnya gimana & ada summary nya
Thanks atas infonya Pak Turbo.
Persoalannya saya tinggal di daerah :ungg:
Kalau secara fisik melalui bau, warna, atau rabaan kira-kira gimana bedainnya ya?
cabulbugil
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Fri Aug 31, 2012 12:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by cabulbugil »

BUKAN SARAN JUGA BUKAN LARANGAN SEKEDAR BERBAGI PENGALAMAN BUKAN SALES
Resiko tanggung sendiri
Shell HX 7 tanpa aditif 3000 km keatas tarikan berat, sura mesin mulai berisik. Stop and Go Ngelitik.
Shell HX 7 plus aditif L*P****X EA Tarikan jadi lebih enteng, 5000 km msh enak dan hening. stop and Go tetap ngelitik,
entah faktor oli atau deposit karbon yg bikin ngelitik. Yang jelas blm pernah ritual carbon clean.
Dari Cilacap ke Jogja ditengah jalan Filter oli bocor tanpa sepengetahuan, indikator oli kadang kadang nyala, tp ane ga curiga jg ada indikator bgt sampai rumah ( Jogja). Pagi harinya ane coba cek oli di dipstik, ternyata oli berada dibawah garis min dipstik, dengan kondisi oli seadanya mobil ane jalankan ke bengkel untuk ganti oli plus filter yang bocor, sekalian tes kompresi, entah lg beruntung atau kebenaran aja.... . hasilnya kompresi msh normal. padahal oli udah ga sampe 1 litr dimesin. Atau L*P***X EA memang membawa bukti sesuai rekor MURI mobil cuma diisi aditif tanpa oli bisa berjalan selama 8 jam tanpa masalah.

Sekali lg ane bukan sales hanya berbagi.
Resiko ditanggung penumpang.