


Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
AD74YA wrote:Kalau digambarin grafik, kira-kira seperti ini:
![]()
![]()
Bukan cuma Honda aja sih, merk2 lain sampe ke brand european juga begitu. Selalu fitur2 mobil "launch edition" disunat habis2an, baru nanti aja pas facelift ditambahin fitur2 dikit, dan nanti kalo udah jadi "final edition", "grand edition", bla bla bla edition ditambahin dikit2 lagi, tapi tetep aja ga seberapa dibanding dengan fitur2 yang tersedia diluaran.AD74YA wrote:Kalau digambarin grafik, kira-kira seperti ini:
![]()
![]()
Kalau yang brand Europe seperti MB, BMW, dan Audi untuk unit-unit belakangan ane cross check dengan versi luar negeri nggak terlalu banyak yang di downgrade. Palingan hal macem seat heater, front lamp washer, blind spot assist, rear view cam, GPS (BMW masih ngasih), dll.. Kalau yang basic disana tapi di downgrade disini yang signifikan cuman lampu depan disana semua dah proyektor, disini versi terbawah dikasih reflektor, sama DRL di lampu senja yang udah LED disini masih bohlam.mklasse wrote: Bukan cuma Honda aja sih, merk2 lain sampe ke brand european juga begitu. Selalu fitur2 mobil "launch edition" disunat habis2an, baru nanti aja pas facelift ditambahin fitur2 dikit, dan nanti kalo udah jadi "final edition", "grand edition", bla bla bla edition ditambahin dikit2 lagi, tapi tetep aja ga seberapa dibanding dengan fitur2 yang tersedia diluaran.
Sudah waktunya Indonesia seperti di luar nih, kalo beli mobil itu configurable, bisa pilih sendiri option2 yg kita mau/perlukan, dan ga usah beli option2 yang kita merasa tidak perlu.
susah lah mas.....di kita kan resale value sangat diperhitungkan....perbedaan konfigurasi akan membuat resale value jadi sangat variatif dan cenderung gak jelas...dampak situasi resale value yang gak jelas sangat2 diperhatikan sm produsen disiniAD74YA wrote:Kalau yang brand Europe seperti MB, BMW, dan Audi untuk unit-unit belakangan ane cross check dengan versi luar negeri nggak terlalu banyak yang di downgrade. Palingan hal macem seat heater, front lamp washer, blind spot assist, rear view cam, GPS (BMW masih ngasih), dll..mklasse wrote: Bukan cuma Honda aja sih, merk2 lain sampe ke brand european juga begitu. Selalu fitur2 mobil "launch edition" disunat habis2an, baru nanti aja pas facelift ditambahin fitur2 dikit, dan nanti kalo udah jadi "final edition", "grand edition", bla bla bla edition ditambahin dikit2 lagi, tapi tetep aja ga seberapa dibanding dengan fitur2 yang tersedia diluaran.
Sudah waktunya Indonesia seperti di luar nih, kalo beli mobil itu configurable, bisa pilih sendiri option2 yg kita mau/perlukan, dan ga usah beli option2 yang kita merasa tidak perlu.
Sisanya memang yang optional tidak disediakan disini, contoh pemilihan warna interior dan eksterior terbatas, konfigurasinya juga terbatas, optional audio terbatas, velg, sunroof/panoramic dll. yang secara paketan dasar memang tidak include.
Kalau di VW semacam GTI yang kurang biasanya LCD+Navigasi sama opsi mesin yang dapat dipilih. Sisanya memang configurable kok (optional extra semua); jok kulit, Bose audio, electric seat, dll dsb di negara asalnya pun nggak dikasih dalam paket basic. Jadi wajar saja.. Cuman disana bisa configurable dan segala modifikasi dijamin oleh pabrikan masing-masing (masuk ke dalam garansi) asal merupakan official partner dengan merk nya.
Kalau yang Jepang disini memang di kopongin semua, tapi urusan facelift, harus diakui Honda sering melakukannya tapi tiap facelift yang dikasih nanggung banget. Contoh konkrit, Altis facelift dikasih LCD+ navi, start stop, luar sedikit beda+tambahan TRD. Civic FD facelift? cuman grill, bumper, lampu belakang yang beda AFAIK.
Sama kayak CRV. Dari sebelum ke sesudah Final Evolution untuk interiornya ane kira cukup modal 150 ribu udah dapet wooden panel. Cuman itu kan yang beda di seri 2.4?![]()
Wooden panel... Yes... Very significant....
![]()
![]()
NB: CMIIW ya... Ane gak ngomongin brand Japs lain macem Nissan, Suzuki, Mitsu yang bahkan facelift aja jarang. Dan ane setuju, udah gak sabar bisa beli mobil disini dimana kita bisa konfigurasi options sendiri.. Wong kita dah rakit sendiri disini.. Apa susahnya si....
KoreksiKalau yang Jepang disini memang di kopongin semua, tapi urusan facelift, harus diakui Honda sering melakukannya tapi tiap facelift yang dikasih nanggung banget. Contoh konkrit, Altis facelift dikasih LCD+ navi, start stop, luar sedikit beda+tambahan TRD. Civic FD facelift? cuman grill, bumper, lampu belakang yang beda AFAIK.
Tengs oom.. Gak merhatiin perbedaan luarnya..campoeran wrote:KoreksiKalau yang Jepang disini memang di kopongin semua, tapi urusan facelift, harus diakui Honda sering melakukannya tapi tiap facelift yang dikasih nanggung banget. Contoh konkrit, Altis facelift dikasih LCD+ navi, start stop, luar sedikit beda+tambahan TRD. Civic FD facelift? cuman grill, bumper, lampu belakang yang beda AFAIK.
Altis FL dptnya
- DVD + Navi
- eksterior cukup banyak berubah dari desain headlamp , tail lamp
- mesin diubah jadi dual VVTi
- interior cm ubah aksen warna kayu
- paddle shift
Niat kl FL.
Eit sorry... CRV ane dah seri Grand Final Super Duper Evolution Revolution... Wong dah ada GPS, kamera mundur, iPod video, tv headrest, wood panel full, korden.. Untuk mencapai tahap ini HPM butuh kira-kira 3 tahun lagi...Izark wrote:Hebatnya walaupun Honda ini kopongan mulu tiap keluar baru... kok tetep laku ya...?
...tapi kayanya kalo CRV baru ini kopong gejes lagi apa mungkin marketnya bakal turun trus pindah ke CX-5 gitu...? Secara sekarang aja CRV paling banyak dijalan
*lirik yang pake CRV diatas*
Satupun blm pernah liat go?!AD74YA wrote:Seperti yang atas ane bilang, ane rasa pasar mulai bergeser ga terlalu berat ke Toyota Honda.. Buktinya apa? Camry baru jarang di jalan, Civic baru apalagi... Satupun belum pernah liat.. Padahal launching dari kapan. Sedangkan setiap hati ane semakin sering liat Sportage dan Rio di jalan...Izark wrote:Hebatnya walaupun Honda ini kopongan mulu tiap keluar baru... kok tetep laku ya...?
...tapi kayanya kalo CRV baru ini kopong gejes lagi apa mungkin marketnya bakal turun trus pindah ke CX-5 gitu...? Secara sekarang aja CRV paling banyak dijalan
*lirik yang pake CRV diatas*
Bukan cuma Surabaya aja bro, rasanya semua orang memang mayoritas ingin yg safe2 aja. Makanya kalau brand image udah kuat lebih mudah jualannya.campoeran wrote:Kalau di surabaya memang orangnya lbh "tradisional " . Seneng maen safe.
Dilihat dari taun 2011 wa jarang banget liat altis apalagi altis tipe 2.0 V tp skrg udah makin menjamur tuh altis di jalan .
Bgitu juga dengan tucson yg taun ini udah mulai menjamur juga .
Keliatannya kalau di surabaya butuh waktu dan nunggu ada yg bisa menjadi "alat marketing" mobil tsb , baru yg lain berani ikut2an .
Bbrp mobil yg wa liat udah mulai tren
- Tucson
- Avega
- Rio > ini mulai menjamur banget
Sportage masih kurang peminatnya kalau di surabaya .
Cruze lumayan sering ngeliatnya