Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
liat2aja
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1093
Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by liat2aja »

Udah pulang dari diler, udah dapet Freednya. Berhubung di daerah kondisi KM sudah 860-an KM (parah ya) karena dibawa dengan jalan darat (setau saya kebanyakan diler disini masih begitu). Kondisi ga ada kaca film, kek aquarium aja, walaupun ga ada yg merhatiin.

Besok pagi2 ke diler kaca film V-Kool full (bonus dari diler). Tambahan dari sendiri paling talang air dan jahit jok semi kulit (tapi disini ga ada yg bisa jahit paten, kalaupun ada pesen di Jakarta terus dipasangin disini). Wah excited ya punya mobil baru...
User avatar
MikeTan
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 308
Joined: Mon Sep 22, 2008 3:31
Location: Jl. Pecindilan 42
Daily Vehicle: Toyota Innova

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by MikeTan »

liat2aja wrote:Udah pulang dari diler, udah dapet Freednya. Berhubung di daerah kondisi KM sudah 860-an KM (parah ya) karena dibawa dengan jalan darat (setau saya kebanyakan diler disini masih begitu). Kondisi ga ada kaca film, kek aquarium aja, walaupun ga ada yg merhatiin.

Besok pagi2 ke diler kaca film V-Kool full (bonus dari diler). Tambahan dari sendiri paling talang air dan jahit jok semi kulit (tapi disini ga ada yg bisa jahit paten, kalaupun ada pesen di Jakarta terus dipasangin disini). Wah excited ya punya mobil baru...
buset km nya parah amat?? mau service 1000km donk?
daerah mn bro??
Toyota auto 2000 Pecindilan
Jl.Pecindilan 42 Surabaya
Michael
0812 8999 3900 / 081 759 3900
Info produk & harga Toyota: Klik Disini!
indrar
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Wed Oct 14, 2009 2:23

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by indrar »

maxx wrote:Kalo freed nabrak ke gitu remuknya kek apa tuh plat body :D.. remek kek kertas lecek kali ya

Bro Maxx kalo jaman sekarang dah lain bro ..Coba kalo lo liat teknologi elektronic dengan trend sekarang komponennya makin kecil tapi kemampuannya makin besar, terus kalo teknologi Material trend nya adalah makin ringan tetapi makin kuat contoh: Titanium, kalo dikerjaan gw sekarang piping systemnya dah kagak pake baja lagi but FRP( Serat Gelas Plastic) so kalo berat dan tebal suatu material bukan selalu dia hebat , tentunya material yg tipis atau ringan para engineernya telah menghitung impactnya dengan G-Force Control (G-CON) yang secara efektif menyerap dan menyebarkan energi benturan saat terjadi tabrakan.

Ini gw attach file slow motion frontal crash testnya Freed.
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by €lj€p€ »

siapa yang ahli metalurgi tentunya bisa menjelaskan :
Ultra high tensile steel sheet...sudah digunakan oleh Mazda2.. mungkin Honda juga pakai ini....
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
liat2aja
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1093
Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by liat2aja »

mikehonda wrote:
liat2aja wrote:Udah pulang dari diler, udah dapet Freednya. Berhubung di daerah kondisi KM sudah 860-an KM (parah ya) karena dibawa dengan jalan darat (setau saya kebanyakan diler disini masih begitu). Kondisi ga ada kaca film, kek aquarium aja, walaupun ga ada yg merhatiin.

Besok pagi2 ke diler kaca film V-Kool full (bonus dari diler). Tambahan dari sendiri paling talang air dan jahit jok semi kulit (tapi disini ga ada yg bisa jahit paten, kalaupun ada pesen di Jakarta terus dipasangin disini). Wah excited ya punya mobil baru...
buset km nya parah amat?? mau service 1000km donk?
daerah mn bro??
daerah Jambi nih, di Sumatra. Memang kebanyakan mobil jalan darat di bawa dari Jakarta, makanya KM nya langsung segitu. Iya nanti lgsg servis 1000 km d bentar lagi
FortunerMan

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by FortunerMan »

indrar wrote:
maxx wrote:Kalo freed nabrak ke gitu remuknya kek apa tuh plat body :D.. remek kek kertas lecek kali ya

Bro Maxx kalo jaman sekarang dah lain bro ..Coba kalo lo liat teknologi elektronic dengan trend sekarang komponennya makin kecil tapi kemampuannya makin besar, terus kalo teknologi Material trend nya adalah makin ringan tetapi makin kuat contoh: Titanium, kalo dikerjaan gw sekarang piping systemnya dah kagak pake baja lagi but FRP( Serat Gelas Plastic) so kalo berat dan tebal suatu material bukan selalu dia hebat , tentunya material yg tipis atau ringan para engineernya telah menghitung impactnya dengan G-Force Control (G-CON) yang secara efektif menyerap dan menyebarkan energi benturan saat terjadi tabrakan.

Ini gw attach file slow motion frontal crash testnya Freed.
Saya udah berusaha jelaskan, tapi ini penjelasan yg lebih baik. Udah jelas2 hasil crash test (sangat) bagus masih juga dipermasalahkan....bingung ane...
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27644
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by DOHC »

FortunerMan wrote:
indrar wrote:
maxx wrote:Kalo freed nabrak ke gitu remuknya kek apa tuh plat body :D.. remek kek kertas lecek kali ya

Bro Maxx kalo jaman sekarang dah lain bro ..Coba kalo lo liat teknologi elektronic dengan trend sekarang komponennya makin kecil tapi kemampuannya makin besar, terus kalo teknologi Material trend nya adalah makin ringan tetapi makin kuat contoh: Titanium, kalo dikerjaan gw sekarang piping systemnya dah kagak pake baja lagi but FRP( Serat Gelas Plastic) so kalo berat dan tebal suatu material bukan selalu dia hebat , tentunya material yg tipis atau ringan para engineernya telah menghitung impactnya dengan G-Force Control (G-CON) yang secara efektif menyerap dan menyebarkan energi benturan saat terjadi tabrakan.

Ini gw attach file slow motion frontal crash testnya Freed.
Saya udah berusaha jelaskan, tapi ini penjelasan yg lebih baik. Udah jelas2 hasil crash test (sangat) bagus masih juga dipermasalahkan....bingung ane...
mungkin maksud nya gini kali bro.... teknologi pelat besi tpis yg canggih itu tentu bagus... tapi yah semisal hanya di pakai di bagian tertentu saja sperti di crumple zone nya aja gt, sedangkan di bagian2 laen sperti pintu, atap gt kan kaga perlu pelat yg tipis utk menyerap energi tabrakan kann karena emang tujuan nya bagian2 tsb utk melindungi passenger...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by AD74YA »

dohC wrote:
mungkin maksud nya gini kali bro.... teknologi pelat besi tpis yg canggih itu tentu bagus... tapi yah semisal hanya di pakai di bagian tertentu saja sperti di crumple zone nya aja gt, sedangkan di bagian2 laen sperti pintu, atap gt kan kaga perlu pelat yg tipis utk menyerap energi tabrakan kann karena emang tujuan nya bagian2 tsb utk melindungi passenger...
ahh saya jg senada pertanyaannya sama oom dohc
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
FortunerMan

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by FortunerMan »

DOHC wrote:
FortunerMan wrote:
indrar wrote: Bro Maxx kalo jaman sekarang dah lain bro ..Coba kalo lo liat teknologi elektronic dengan trend sekarang komponennya makin kecil tapi kemampuannya makin besar, terus kalo teknologi Material trend nya adalah makin ringan tetapi makin kuat contoh: Titanium, kalo dikerjaan gw sekarang piping systemnya dah kagak pake baja lagi but FRP( Serat Gelas Plastic) so kalo berat dan tebal suatu material bukan selalu dia hebat , tentunya material yg tipis atau ringan para engineernya telah menghitung impactnya dengan G-Force Control (G-CON) yang secara efektif menyerap dan menyebarkan energi benturan saat terjadi tabrakan.

Ini gw attach file slow motion frontal crash testnya Freed.
Saya udah berusaha jelaskan, tapi ini penjelasan yg lebih baik. Udah jelas2 hasil crash test (sangat) bagus masih juga dipermasalahkan....bingung ane...
mungkin maksud nya gini kali bro.... teknologi pelat besi tpis yg canggih itu tentu bagus... tapi yah semisal hanya di pakai di bagian tertentu saja sperti di crumple zone nya aja gt, sedangkan di bagian2 laen sperti pintu, atap gt kan kaga perlu pelat yg tipis utk menyerap energi tabrakan kann karena emang tujuan nya bagian2 tsb utk melindungi passenger...
Gak ngerti :P Tabrak samping kan ada juga, rollover test juga ada. Freed kan udah menjalani side impact test...bagus juga - so what's the problem?

Tes samping http://www.youtube.com/watch?v=NzvRIK1GksE
Tes depan http://www.youtube.com/watch?v=6mTeAdOD ... re=related
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by AD74YA »

FortunerMan wrote:
Gak ngerti :P Tabrak samping kan ada juga, rollover test juga ada. Freed kan udah menjalani side impact test...bagus juga - so what's the problem?

Tes samping http://www.youtube.com/watch?v=NzvRIK1GksE
Tes depan http://www.youtube.com/watch?v=6mTeAdOD ... re=related
Bukan gitu oom fortie, maksude kok samping tetep letoy bahannya padahal kan kalau body nya keras ga akan mudah penyok? we're talking about "kesenggol" mobil, bukan ketabrak... :upss:

Iy ga sih oom DOHC? :mrgreen:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
FortunerMan

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by FortunerMan »

Emang betul terbukti gampang penyok? Saya sih gak pernah toel2 mobil orang...gampang penyok gak ya... :P Takut digebukin lah yaowww...apalagi kalo isinya bener2 tujuh...alamak cilaka ane!
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by AD74YA »

:e-doh:
kaga ikut2an,,, :e-whistle:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
liat2aja
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1093
Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by liat2aja »

FortunerMan wrote:Emang betul terbukti gampang penyok? Saya sih gak pernah toel2 mobil orang...gampang penyok gak ya... :P Takut digebukin lah yaowww...apalagi kalo isinya bener2 tujuh...alamak cilaka ane!
LOL, apalagi Hyundai H-1 atau Kia Travello ya, lebih banyak lagi orangnya :P
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27644
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by DOHC »

AD74YA wrote:
FortunerMan wrote:
Gak ngerti :P Tabrak samping kan ada juga, rollover test juga ada. Freed kan udah menjalani side impact test...bagus juga - so what's the problem?

Tes samping http://www.youtube.com/watch?v=NzvRIK1GksE
Tes depan http://www.youtube.com/watch?v=6mTeAdOD ... re=related
Bukan gitu oom fortie, maksude kok samping tetep letoy bahannya padahal kan kalau body nya keras ga akan mudah penyok? we're talking about "kesenggol" mobil, bukan ketabrak... :upss:

Iy ga sih oom DOHC? :mrgreen:
he eh... ente ngertiin ane jg neh bro adjaya.... sini ane kasi :cupss: hahahahha... dah kaya om sjam aja....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27644
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by DOHC »

FortunerMan wrote:Emang betul terbukti gampang penyok? Saya sih gak pernah toel2 mobil orang...gampang penyok gak ya... :P Takut digebukin lah yaowww...apalagi kalo isinya bener2 tujuh...alamak cilaka ane!
gini om FM... (kalo ane salah tulis ntar bisa2 jadi FHM neh... :mrgreen: ) emang bener tuh si freed punya crash test bagus... cuman kan kita umumnya mikir kalo pelat tipis yah otomatis gampang penyok donk kalo "kesenggol" dikit ama motor atau sepeda misalnya.... sperti di kasus apansa.. tuh mobil crash test nya jg lumayan koq, tuh si bro hawa2 malah perna kasi link nya... cuman kan kita jg uda tau seberapa gampang penyok nya tuh pelat si apansa...

lagian seh, ane jg kaga brani atuh getok2 mobil orang.... lah wong ane dulu kesenggol buka pintu aja tuh si empu mobil uda kluarin smua isi kebon binatang ke ane gt dari mulut dia....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by GTR »

plat PANEL BODY tipis, kerugiannya emang terhadap benturan2 kecil, kadang2 lebih gampang berubah kalengnya daripada catnya lecet.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by GTR »

aplikasi HTTS(high-strenght tensile-steel) tidak di sekujur body atau panel body, justru kebanyakan pada bagian2 di balik panel body atau tidak terlihat, kecuali saat mobil dibongkar tadi.
Untuk menciptakan kendaraan modern dan tuntutan efisiensi tinggi namun sekaligus safety, terutama tempuh cara ini dipadu dengan design konstruksi, yg menghasilkan standar pd crash test.

misal pada CRV sudah mencapai 58% HTTS, ini di bagian dalam panel body, pada struktur chassis monocoque.
lebih jauh dari itu karena struktur mobil2 monokok yg berbentuk cangkang yang saling berhubungan / menyatu keseluruhan, design/konstruksi struktur pegang peranan terhadap kekokohan/stiffness struktur mobil, disamping bahan.
contoh pada mobil sport yg dirancang strukturnya ultra stiff sekaligus safety, hanya menggunakan alumunium chassis, yah dengan konstruksi Space Frame, Xbone Frame dll, misal di NSX, audi, s2000, ferrari Italia, dll. LFA pun sebagian pakai campuran plastic; cuma yah itu makin tinggi/modern kualitas bahan & rancang bangun konstruksi, makin mahal.
HTTS freed2.jpeg
HTTS freed1.jpeg
contoh lain, bahan & bentuk mesin/lengan suspensi modern.
makin jarang ditemukan mesin/lengan suspensi sekarang masih Thick berbahan tradisonal: Steel. kebanyakan bahan mesin sekarang adalah alumunium sekaligus dibikin makin TIPIS (kompak) dari generasi ke generasi (not to mention tambahan kompleksnya daripada mesin jaman dulu).
Atau kita bisa liat pada kolong mobil2 modern yg lengan suspensinya berwarna "putih", lebih jauh lagi plus konstruksi "Thin Honey Comb" pada lengan suspensi mobil sport.
Ini karena design struktur mesin yg advanced, memungkinkan pengunaan material ringan pun kuat.
Kuat tidak selalu dari gede2 dan tebal.
NSX honeycomb2.jpg
NSX honeycomb1.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by AD74YA »

DOHC wrote:
AD74YA wrote:
FortunerMan wrote:
Gak ngerti :P Tabrak samping kan ada juga, rollover test juga ada. Freed kan udah menjalani side impact test...bagus juga - so what's the problem?

Tes samping http://www.youtube.com/watch?v=NzvRIK1GksE
Tes depan http://www.youtube.com/watch?v=6mTeAdOD ... re=related
Bukan gitu oom fortie, maksude kok samping tetep letoy bahannya padahal kan kalau body nya keras ga akan mudah penyok? we're talking about "kesenggol" mobil, bukan ketabrak... :upss:

Iy ga sih oom DOHC? :mrgreen:
he eh... ente ngertiin ane jg neh bro adjaya.... sini ane kasi :cupss: hahahahha... dah kaya om sjam aja....
Jadi :oops:

(jadi :oops: punya temen kayak ente.. masa jeruk makan jeruk :upss: kabuurrrrrrrrrrr..................................... :ngacir: :ngacir: :ngacir: )
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27644
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by DOHC »

AD74YA wrote: Jadi :oops:

(jadi :oops: punya temen kayak ente.. masa jeruk makan jeruk :upss: kabuurrrrrrrrrrr..................................... :ngacir: :ngacir: :ngacir: )
sebenernya sigh kaga gt jg... cuman gara2 di sm banyak yg kaya gt, yah ketularan deh ane.... :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27644
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by DOHC »

GTR wrote:plat PANEL BODY tipis, kerugiannya emang terhadap benturan2 kecil, kadang2 lebih gampang berubah kalengnya daripada catnya lecet.
nahh ini maksud ane...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
FortunerMan

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by FortunerMan »

Udah pernah nyobain belon? pencet2? Kalo ane liat mulus2 aja Freed di jalanan, nggak seheboh di colek dikit penyok. Yg gampang penyok itu Innova, liat aja kalo warna hitam dr 3/4 samping - pasti udah penyok2. Yang ane perhatiin Fortuner/Pajero Sport/Everest juga ada penyakit begini...terutama warna gelap.
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by maxx »

DOHC wrote:
GTR wrote:plat PANEL BODY tipis, kerugiannya emang terhadap benturan2 kecil, kadang2 lebih gampang berubah kalengnya daripada catnya lecet.
nahh ini maksud ane...
Setuju!
Pokoke... dg konstruksi crumple zone yg sama... bila digunakan plat body yg lebih tebal .. meskipun cuma 0.2mm lebih tebal ... pasti lebih baik .. titik, end of discussion :big_peace:
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
FortunerMan

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by FortunerMan »

Belum tentu. Tergantung bahannya dan engineeringnya :P
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by maxx »

FortunerMan wrote:Belum tentu. Tergantung bahannya dan engineeringnya :P
ha ha ha... susah ya omongnya sama bang 42ner .. alot banget.

Lebih dikomplitin deh... dg design konstruksi crumple zone yg sama, teknologi yg sama, engineering yg sama, bila digunakan plat body yg lebih tebal dari jenis bahan yg sama, meskipun cuma lebih tebal 0.2mm.. pasti lebih baik .. TITIK, end of discussion... :big_peace:
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
FortunerMan

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by FortunerMan »

Lebih baik? Kalo sudah mencapai kemampuan safety yg ditargetkan dan harga sekian - penebalan plat akan menambah cost (harga), mengurangi performance (weight). Dimana lebih baiknya :P

Makanya saya tanya, kenapa gak sarankan 2cm aja tebelnya? Kenapa hanya 0,2. Toh tidak ada pertimbangan lain - samain aja tebelnya sama Rolls Royce, kan harga bukan pertimbangan kan?. Itupun tetap bisa penyok kalo kesenggol mobil.

Statement bro maxx berubah ubah - katanya kalo Freed ketabrak seperti foto2 MB dan BMW diatas, akan seperti kerupuk/kertas lecek (alias safety tidak bagus). Berarti udah bukan ngomongin kesenggol, udah nabrak. Ini ngomongin kesenggol atau ketabrak?
maxx wrote:Kalo freed nabrak ke gitu remuknya kek apa tuh plat body :D.. remek kek kertas lecek kali ya