vote42ner wrote:1. menurut saya settingan dari pabrik adalah settingan yg paling pas buat mobil tersebut...kalo di modifikasi kayak gini apa tidak mengandung masalah di kemudian hari>>>>???
2. kedua..kalo emang bisa di setting lebih baik lagi knapa pabrik tidak melakukannya...knapa malahan bengkel luar yg melakukan hal tersebut ..apakah pabrikan tidak mengetai hal ini atau gimana...
3. ketiga..adakah potensi kerugian atou kerusakan pada mesin mobil yg di aplikasi dg chip chip ini...
maaf kalo banyak nanya maklum kuli panggul kurang sekolah...terimakasih...
1. Pabrik menetapkan settingan sebuah mobil dengan menimbang banyak faktor spt faktor emisi / reliability / convenience, dll.
kenapa 2KD-FTV yg 2500 cc hanya 102 Bhp, kalo dugaan kuat ane adalah demi lifetime si mesin itu sendiri, krn dipasang pada mobil utk menarik beban (kuda kerja), juga pertimbangan bagi user yg merawat standard2 saja (oli mineral based / ganti olinya jauh bgt) maka si mesin tsb tetap survive. Mesin gak butuh perawatan yang mahal.
Juga kalau dibuat specific output yg lebih tinggi maka tentu komponen lain harus disesuaikan juga kemampuannya (spt rem, suspensi, jeroan mesin, kopling, dll) dimana akan meningkatkan cost, jika hanya mesin aja yg di upgrade nanti rem-nya kedodoran maka mobil tsb akan dikomplen habis2-an ama user........jadi bikin repot diri sendiri.
Resiko akibat modif / masalah di kemudian hari = tergantung teknik modif serta perawatan dan pemakaian dr sisi user
2. Pabrikan pasti tahu benar soal user2 yg memodifikasi kendaraannya, maka itu kan biasanya kalo udah di modif garansi hangus. Hangus totalnya / engga tergantung kebijakan masing2 Kabeng.
Pabrik akan membuat versi High Spec pada market yg tepat, spt di Eropa kan ada Toyota Avensis Verso D4 D yg 2200 cc tapi pump out 177 PS (standard-nya)
3. Resiko akibat modif = tergantung teknik modif serta perawatan dan pemakaian dr sisi user
Bila kita perhatikan baik2, gak hanya di D4 D, mesin2 Gasoline mobil modern-pun banyak yg sengaja di set tidak pada titik paling optimalnya, spt setting Timing pengapian yg tidak kelewat maju, dengan asumsi jika diisi bensin jelek mesin tetap bisa jalan.
Begitu setting pakai Piggyback Timing pengapian dimajukan, thermal efficiency membaik.
Mesin2 yg di modif akan tetap awet asal tergantung perawatan si user, spt kualitas BBM dan pelumas yg digunakan, serta driving style-nya juga, kalo Diesel yg penting EGT ter-monitor. Utk setting MAP pada Piggyback yang aman memang juga harus didukung oleh Riset intensive yg dilakukan si pembuat Piggyback, maka itu kita beli Piggyback sebetulnya juga spt beli GPS, Hardware harus didukung oleh "Data yang baik", teknik tuning harus tetap mengikuti kaidah2 safety bagi si mesin.
Demikian kalo dr sisi pandang nubie, monggo rekan2 yg lebih expert utk share.......