Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
DOHC wrote:pake oli mahal2, ternjata penguapan lebi sinting dari mesran yg dipake di mikrolet ya.. hmm ya ya
untung kita orang slama ini pake oli murah meria muncrat kere hore ga perna nguap , padahal odo ud cepeceng, daleman mesin tiap kl diintip jg bersih nya minta ampun ga ad varnish samsek percis kaya baru kuar dari showroom 6 taon lalu
gantol5 (2).jpg
gantol5 (1).jpg
gantol3.jpg
gantol2.jpg
gantol.jpg
gantol4.jpg
Mantep
oli murmer tinggal tambah additip zat Ester dikit buat jadikan lebih Josssss
bensindanoli wrote: ↑Sun Nov 20, 2022 8:36
Update setelah 500km++ Motul TRD5w40.
Gleser sih udah lupa rasanya 5w30. Karakter oli diesel di pake mesin mobil. biasa kasar di awal2 kemudian halus.
Satu2nya kekurangan adalah gabisa sruntulan. Rpm ketahan dan naiknya lama
Berarti ini motul trd 5w40 diesel dipakai di mobil bensin yah om? Berasa ya om drop di tarikan? Mobilnya apa?
Saya terakhir pakai 5w40 itu shell hx7 plus, gak betah lama2, baru dipakai seminggu langsung ganti lagi ke 0w20
skrg kalau kepepet tidak ada 0w20 ya 5w30
Present
R20A 5AT 08 / Shell Aspira SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2
bensindanoli wrote: ↑Sun Nov 20, 2022 8:36
Update setelah 500km++ Motul TRD5w40.
Gleser sih udah lupa rasanya 5w30. Karakter oli diesel di pake mesin mobil. biasa kasar di awal2 kemudian halus.
Satu2nya kekurangan adalah gabisa sruntulan. Rpm ketahan dan naiknya lama
Berarti ini motul trd 5w40 diesel dipakai di mobil bensin yah om? Berasa ya om drop di tarikan? Mobilnya apa?
Saya terakhir pakai 5w40 itu shell hx7 plus, gak betah lama2, baru dipakai seminggu langsung ganti lagi ke 0w20
skrg kalau kepepet tidak ada 0w20 ya 5w30
Turboman wrote: ↑Sun Nov 20, 2022 10:20
Berarti ini motul trd 5w40 diesel dipakai di mobil bensin yah om? Berasa ya om drop di tarikan? Mobilnya apa?
Saya terakhir pakai 5w40 itu shell hx7 plus, gak betah lama2, baru dipakai seminggu langsung ganti lagi ke 0w20
skrg kalau kepepet tidak ada 0w20 ya 5w30
0W20 murah yg non Eco pake aja Fastron Gold 0W20
Cuman 102 rb
Toped = Sadikun retail
Sadikun = Big Partner Pertamina
[/quote]
Ini Fastron Gold kalau dipake setaun jalan 6-7rb jalanan lancar bisa aja ya om? Mobil jarang jadi genset jg.
bensindanoli wrote: ↑Sun Nov 20, 2022 8:36
Update setelah 500km++ Motul TRD5w40.
Gleser sih udah lupa rasanya 5w30. Karakter oli diesel di pake mesin mobil. biasa kasar di awal2 kemudian halus.
Satu2nya kekurangan adalah gabisa sruntulan. Rpm ketahan dan naiknya lama
Berarti ini motul trd 5w40 diesel dipakai di mobil bensin yah om? Berasa ya om drop di tarikan? Mobilnya apa?
Saya terakhir pakai 5w40 itu shell hx7 plus, gak betah lama2, baru dipakai seminggu langsung ganti lagi ke 0w20
skrg kalau kepepet tidak ada 0w20 ya 5w30
Saya pertama angkat mobil ini diisi 5w40 HX7 sama owner sebelumnya. Entah sugesti apa gmn tapi enteng sih udah 3rb KMan lebih. Apalagi dipake jarak jauh.
Mobilnya saya ecosport
DrivingPotato wrote: ↑Sat Nov 19, 2022 9:52
Kembali membahas KIU EIT 0W-20
Ceritanya tanggal 17 Juli kemarin saya servis di Beres, bawa oli sendiri yaitu kiu eit 0W-20 yang saya beli di Tokped OS Custom.
Setelah berjalan 2330 KM selama 2 bulan (hari ini 19 November), saya iseng cek dipstick. Mobil sudah mati selama 60 menit setelah jalan dari Cibubur.
Yg mengagetkan.. sisa olinya di dipstick tinggal setengah?
Wow. Sejak kapan mesin P5-VPS makan oli ya? Apa olinya yang sekarang jelek? Saya sampe ulang-ulang 5x ceknya dan dapetnya tetep setengah.
Sebelum dicelup sudah dibersihkan
Sesudah dicelup
Tampak daleman mesin, gak ada indikasi varnish/sludge oli palsu
Cek coolant? Normal
Fuel cons normal
Bukti baru jalan 2330 KM
Cek rembes kebocoran? Gak ada sama sekali
Mohon petunjuk suhu2 perlendiran, asal jangan suruh test lab
Saya beli oli ini lagi krn sebelumnya udah pake dan no problem at all, bahkan penguapannya sangat minim. Ini kok sangat sangat parah ya penguapannya? Apa PDS nya sudah berubah? Atau formulanya sudah berubah? Atau salah mesin saya?
Gimana mau long drain setahun 10rb KM ya kalo gini
Thanks om sudah order di saya hehehe
Rencana mau pake q8 0w20 di raize sy untuk next ganti oli spy long drain di 10rb. Nti ku share juga ya nguap / ngganya om
marmut wrote: ↑Sat Nov 19, 2022 11:45
sekedar info,
ada beberapa mesin P5 yang musti tepat 4,2 liter untuk sampai di titik Full.
jika diisi 4 liter saja, umumnya akan berada di antara F dan setengah, yang artinya ¾ saja.
dan ada sebagian mesin P5 lain yang 4 liter pas, sudah ada diatas titik full.
saya terbiasa masukin oli ke filter sampai penuh sebelum dipasang. isi filter oli kira² 150-200 cc
ini sekedar pengalaman nubi.
buat om
DrivingPotato
mustinya biarkan saja dulu jangan ditambah/top up dan pakai 2000 km lagi, kemudian diperiksa apakah berkurang atau masih tetap, atau malah bertambah?
sahabatq8 wrote: ↑Sat Nov 19, 2022 10:28
Saat ini gak tau juga om, di mobil mazda ini udah berapa kali pakai 0w20? Sebelumnya dari 5w30 atau gmn? Lalu pas isi oli dipsticknya om liat sendiri di check full? atau ditinggal. Saya jadi keinget ada case yang mirip, ternyata di botol masih ada sisa dikit² jadi si mekanik pas nuang oli gak sabaran pas masih netes dari botolnya udah diangkat. Kalo bener seperti ini, coba aja di monitor di 5000 km dan seterusnya gimana? Oli turun terus ato aman.
Udah 3 kali pakai, yg ketiga ini penguapannya gak wajar. Selalu 0W-20 dan mobil baru 1.5 tahun. Nyaris dari brojol saya pakein Q8.
Saat servis saya tinggal dan saya minta botol bekasnya, semua saya cek kosong. Sampai rumah, dipstick saya cek, oke sip masih jernih (baru) dan oil level full tepat di titik atas.
Knalpot saya cek gak ada rembesan oli tanda2 bocor ke ring piston alias ngebul. Iyalah mobil masih baru juga.
Makanya sungguh saya bertanya-tanya ini yg salah apa
Sementara saya harus beli sebotol lagi buat top up, kalo tau gini dari awal up ke Ravenol or Amsoil karena jatuhnya beli 5 botol yah sejuta lebih
Maaf, ijin ikut nimbrung ...
Saran aja, kalau isi oli terutama oli premium lebih baik dilihat saat proses tuang ke engine. Service mobil pun demikian, diusahakan monitoring jgn ditinggal mobilnya.
sahabatq8 wrote: ↑Sat Nov 19, 2022 10:28
Saat ini gak tau juga om, di mobil mazda ini udah berapa kali pakai 0w20? Sebelumnya dari 5w30 atau gmn? Lalu pas isi oli dipsticknya om liat sendiri di check full? atau ditinggal. Saya jadi keinget ada case yang mirip, ternyata di botol masih ada sisa dikit² jadi si mekanik pas nuang oli gak sabaran pas masih netes dari botolnya udah diangkat. Kalo bener seperti ini, coba aja di monitor di 5000 km dan seterusnya gimana? Oli turun terus ato aman.
Udah 3 kali pakai, yg ketiga ini penguapannya gak wajar. Selalu 0W-20 dan mobil baru 1.5 tahun. Nyaris dari brojol saya pakein Q8.
Saat servis saya tinggal dan saya minta botol bekasnya, semua saya cek kosong. Sampai rumah, dipstick saya cek, oke sip masih jernih (baru) dan oil level full tepat di titik atas.
Knalpot saya cek gak ada rembesan oli tanda2 bocor ke ring piston alias ngebul. Iyalah mobil masih baru juga.
Makanya sungguh saya bertanya-tanya ini yg salah apa
Sementara saya harus beli sebotol lagi buat top up, kalo tau gini dari awal up ke Ravenol or Amsoil karena jatuhnya beli 5 botol yah sejuta lebih
Or4cle wrote: ↑Mon Nov 21, 2022 3:53
Maaf, ijin ikut nimbrung ...
Saran aja, kalau isi oli terutama oli premium lebih baik dilihat saat proses tuang ke engine. Service mobil pun demikian, diusahakan monitoring jgn ditinggal mobilnya.
owh iya baru baca dan noticed.
servisnya ditinggal ya
itu mah bukan diisi kurang, tapi bisa aja ditukar sm oli yg lain yg harganya lbh murah.
bukannya nakut2in.
tapi hal tsb 99% bisa terjadi, klo servis ditinggal
dulu pernah punya bad experience di suatu bengkel jl. radin inten jaktim,
waktu jaman bokap masih aktif ngurusin mobil, dia beli shock breaker baru, dan dipasangin, trus ditinggal katanya.
Bbrp bulan kemudian ada keanehan, suspensi mentul2, bawa ke bengkel lain... saya cek, loh koq mereknya beda, bocor pula... kena prank!
Nota dan bukti pasang juga hilang keselip
Apalagi oli, gak keliatan beda antara oli merk A dan Z
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
sahabatq8 wrote: ↑Sat Nov 19, 2022 10:28
Saat ini gak tau juga om, di mobil mazda ini udah berapa kali pakai 0w20? Sebelumnya dari 5w30 atau gmn? Lalu pas isi oli dipsticknya om liat sendiri di check full? atau ditinggal. Saya jadi keinget ada case yang mirip, ternyata di botol masih ada sisa dikit² jadi si mekanik pas nuang oli gak sabaran pas masih netes dari botolnya udah diangkat. Kalo bener seperti ini, coba aja di monitor di 5000 km dan seterusnya gimana? Oli turun terus ato aman.
Udah 3 kali pakai, yg ketiga ini penguapannya gak wajar. Selalu 0W-20 dan mobil baru 1.5 tahun. Nyaris dari brojol saya pakein Q8.
Saat servis saya tinggal dan saya minta botol bekasnya, semua saya cek kosong. Sampai rumah, dipstick saya cek, oke sip masih jernih (baru) dan oil level full tepat di titik atas.
Knalpot saya cek gak ada rembesan oli tanda2 bocor ke ring piston alias ngebul. Iyalah mobil masih baru juga.
Makanya sungguh saya bertanya-tanya ini yg salah apa
Sementara saya harus beli sebotol lagi buat top up, kalo tau gini dari awal up ke Ravenol or Amsoil karena jatuhnya beli 5 botol yah sejuta lebih
Or4cle wrote: ↑Mon Nov 21, 2022 3:53
Maaf, ijin ikut nimbrung ...
Saran aja, kalau isi oli terutama oli premium lebih baik dilihat saat proses tuang ke engine. Service mobil pun demikian, diusahakan monitoring jgn ditinggal mobilnya.
owh iya baru baca dan noticed.
servisnya ditinggal ya
itu mah bukan diisi kurang, tapi bisa aja ditukar sm oli yg lain yg harganya lbh murah.
bukannya nakut2in.
tapi hal tsb 99% bisa terjadi, klo servis ditinggal
dulu pernah punya bad experience di suatu bengkel jl. radin inten jaktim,
waktu jaman bokap masih aktif ngurusin mobil, dia beli shock breaker baru, dan dipasangin, trus ditinggal katanya.
Bbrp bulan kemudian ada keanehan, suspensi mentul2, bawa ke bengkel lain... saya cek, loh koq mereknya beda, bocor pula... kena prank!
Nota dan bukti pasang juga hilang keselip
Apalagi oli, gak keliatan beda antara oli merk A dan Z
Yaaa begitulah mbah, everything can happen ...
Apalagi di BeRes, banyak oknum plonga-plongo tapi siap beraksi kalau ada kesempatan.
sahabatq8 wrote: ↑Sat Nov 19, 2022 10:28
Saat ini gak tau juga om, di mobil mazda ini udah berapa kali pakai 0w20? Sebelumnya dari 5w30 atau gmn? Lalu pas isi oli dipsticknya om liat sendiri di check full? atau ditinggal. Saya jadi keinget ada case yang mirip, ternyata di botol masih ada sisa dikit² jadi si mekanik pas nuang oli gak sabaran pas masih netes dari botolnya udah diangkat. Kalo bener seperti ini, coba aja di monitor di 5000 km dan seterusnya gimana? Oli turun terus ato aman.
Udah 3 kali pakai, yg ketiga ini penguapannya gak wajar. Selalu 0W-20 dan mobil baru 1.5 tahun. Nyaris dari brojol saya pakein Q8.
Saat servis saya tinggal dan saya minta botol bekasnya, semua saya cek kosong. Sampai rumah, dipstick saya cek, oke sip masih jernih (baru) dan oil level full tepat di titik atas.
Knalpot saya cek gak ada rembesan oli tanda2 bocor ke ring piston alias ngebul. Iyalah mobil masih baru juga.
Makanya sungguh saya bertanya-tanya ini yg salah apa
Sementara saya harus beli sebotol lagi buat top up, kalo tau gini dari awal up ke Ravenol or Amsoil karena jatuhnya beli 5 botol yah sejuta lebih
Or4cle wrote: ↑Mon Nov 21, 2022 3:53
Maaf, ijin ikut nimbrung ...
Saran aja, kalau isi oli terutama oli premium lebih baik dilihat saat proses tuang ke engine. Service mobil pun demikian, diusahakan monitoring jgn ditinggal mobilnya.
owh iya baru baca dan noticed.
servisnya ditinggal ya
itu mah bukan diisi kurang, tapi bisa aja ditukar sm oli yg lain yg harganya lbh murah.
bukannya nakut2in.
tapi hal tsb 99% bisa terjadi, klo servis ditinggal
dulu pernah punya bad experience di suatu bengkel jl. radin inten jaktim,
waktu jaman bokap masih aktif ngurusin mobil, dia beli shock breaker baru, dan dipasangin, trus ditinggal katanya.
Bbrp bulan kemudian ada keanehan, suspensi mentul2, bawa ke bengkel lain... saya cek, loh koq mereknya beda, bocor pula... kena prank!
Nota dan bukti pasang juga hilang keselip
Apalagi oli, gak keliatan beda antara oli merk A dan Z
Di jual online lumayan jg anggep aja bonus hiburan untuk diri sendiri .
Yang saya pernah nyaksiin sih gak dituker, tapi sisa oli di kumpulin. Misalnya 3.5 liter 4 botol 0.5L sisanya di keep , lain kali isi 3.5 liter 0.5L nya lagi pake yang simpenan jadinya 1 L yang masih utuh disimpen bawa pulang buat jual online.
Ini juga pernah bekas mekanik di beres mazda cerita. Kalau ini oli matic kasusnya. Kan butuhnya 3 ltr. Realnya cuma 2.5ltr cek dipstik udah pas. Yg 0.5ltr dikumpulin.
Mz175 wrote: ↑Mon Nov 21, 2022 12:23
Ini juga pernah bekas mekanik di beres mazda cerita. Kalau ini oli matic kasusnya. Kan butuhnya 3 ltr. Realnya cuma 2.5ltr cek dipstik udah pas. Yg 0.5ltr dikumpulin.
Mz175 wrote: ↑Mon Nov 21, 2022 12:23
Ini juga pernah bekas mekanik di beres mazda cerita. Kalau ini oli matic kasusnya. Kan butuhnya 3 ltr. Realnya cuma 2.5ltr cek dipstik udah pas. Yg 0.5ltr dikumpulin.
Itu mekaniknya sendiri yg cerita?
Iya. Makanya kalau saya ganti oli mesti saya tungguin, meskipun sebelum ada cerita ini. Oknum yg nakal pasti ada.
Kalo masih garansi ganti oli di Beres, agak sungkan masuk ke area service, kalo gak dipanggil sama mekanik/SA, cuma melongok aja dari jendela kaca.
Kalo udah lewat garansi, mending di S&D, bengkel spesialis dan sejenisnya, mobil depan mata kita langsung dikerjain, malah bisa sambil diskusi sama mekaniknya, mana biaya jasanya murah lagi cuma 50rb, tangan bersih, lantai garasi/carport bersih, oli bekasnya udah ga perlu pusing mau ditampung/dibuang kemana, wadah penampungan oli bekas tadi mau dicuci pake apa ga ambil pusing.
fannykuncoro wrote: ↑Tue Nov 22, 2022 2:14
Mau nanya mbah, apa benar, Mobil Super itu ada yg produksi ExxonMobile Singapore, ada yg produksi PT. Federal Indonesia juga kah?
yep
klo exxon biasanya bikin mobil 1 (tipe to of the line nya)
Federal yg ngeblend buat Mobil Super (kelas eco / middle nya Exxon Mobil),
pernah dipost mbah turbo klo gak salah.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri