dulu waktu akses GSIC Toyota masih dibuka, saya sempet lihat2 service manual untuk Innova Reborn dan untuk pengecekan volume ATFnya memang ada prosedur tersendiri. kalau ga salah disini ada yg pernah share sih caranya dari service manual Fortuner..
sayangnya sekarang akses ke GSIC sudah dihapus jadi saya juga tidak bisa lihat prosedurnya
Apakah ini yang dinamakan metode Gerlong? Jujur visual learner jadi kalo baca doang susah ngertinya
Iya om, ini yg namanya metode gerlong.
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Posted: Fri May 17, 2024 7:30
by Greenhunter
tanggal 9 ganti oli matic
Opeakkk wrote: Fri May 10, 2024 5:47
Mbah, kalau Valvoline ATF DEX IIII ini kualitas nya oke ga ? Kemarin ga sempet bawa sendiri, suru driver ke bengkel utk ganti, sy bilang pake aisin AFW+, malah pake valvoline. Bengkel nya rekomen itu, driver sy nurut2 aja
tanggal 16 ganti lagi oli matic.
Opeakkk wrote: Thu May 16, 2024 6:55
Karna gatel akhirnya sy kuras lagi oli nya om, sekarang pake mobil dexron vi, drain refill 3x, totalnya 11 liter.
Uenak pol ternyata, lebih sigap perpindahan matic nya
oli matic dipakai cuma 1 minggu.., saya sudah 3 tahun belum ganti oli matic.
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Posted: Fri May 17, 2024 7:33
by Suryaputra
Greenhunter wrote: Fri May 17, 2024 7:30
tanggal 9 ganti oli matic
Opeakkk wrote: Fri May 10, 2024 5:47
Mbah, kalau Valvoline ATF DEX IIII ini kualitas nya oke ga ? Kemarin ga sempet bawa sendiri, suru driver ke bengkel utk ganti, sy bilang pake aisin AFW+, malah pake valvoline. Bengkel nya rekomen itu, driver sy nurut2 aja
tanggal 16 ganti lagi oli matic.
Opeakkk wrote: Thu May 16, 2024 6:55
Karna gatel akhirnya sy kuras lagi oli nya om, sekarang pake mobil dexron vi, drain refill 3x, totalnya 11 liter.
Uenak pol ternyata, lebih sigap perpindahan matic nya
oli matic dipakai cuma 1 minggu.., saya sudah 3 tahun belum ganti oli matic.
Buruan ganti,
gerlong pakai ATF Low Visco.. biar makin ok digasss
Greenhunter wrote: Fri May 17, 2024 7:30
tanggal 9 ganti oli matic
Opeakkk wrote: Fri May 10, 2024 5:47
Mbah, kalau Valvoline ATF DEX IIII ini kualitas nya oke ga ? Kemarin ga sempet bawa sendiri, suru driver ke bengkel utk ganti, sy bilang pake aisin AFW+, malah pake valvoline. Bengkel nya rekomen itu, driver sy nurut2 aja
tanggal 16 ganti lagi oli matic.
Opeakkk wrote: Thu May 16, 2024 6:55
Karna gatel akhirnya sy kuras lagi oli nya om, sekarang pake mobil dexron vi, drain refill 3x, totalnya 11 liter.
Uenak pol ternyata, lebih sigap perpindahan matic nya
oli matic dipakai cuma 1 minggu.., saya sudah 3 tahun belum ganti oli matic.
Buruan ganti,
gerlong pakai ATF Low Visco.. biar makin ok digasss
Aisin AFW+ baru jalan 11.000 km umur 2 tahun 5 bulan. lagi kumpulin receh buat beli oli, rencana ganti mobil dex VI sekalian ganti strainer, OGL L10 kilometer 135.000 belum pernah ganti strainer.
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Posted: Fri May 17, 2024 13:36
by Opeakkk
Greenhunter wrote: Fri May 17, 2024 7:30
tanggal 9 ganti oli matic
Opeakkk wrote: Fri May 10, 2024 5:47
Mbah, kalau Valvoline ATF DEX IIII ini kualitas nya oke ga ? Kemarin ga sempet bawa sendiri, suru driver ke bengkel utk ganti, sy bilang pake aisin AFW+, malah pake valvoline. Bengkel nya rekomen itu, driver sy nurut2 aja
tanggal 16 ganti lagi oli matic.
Opeakkk wrote: Thu May 16, 2024 6:55
Karna gatel akhirnya sy kuras lagi oli nya om, sekarang pake mobil dexron vi, drain refill 3x, totalnya 11 liter.
Uenak pol ternyata, lebih sigap perpindahan matic nya
oli matic dipakai cuma 1 minggu.., saya sudah 3 tahun belum ganti oli matic.
Gatel om abisnya, mumpung lagi ada dana lebih jadi sekalian deh ganti aja biar beres urusan
Ternyata hasilnya sepadan
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Posted: Sat May 18, 2024 5:44
by Suryaputra
Suka gak suka, hampir semua mobil dari entry sampai mid-class
udh ber CVT
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Posted: Thu May 23, 2024 10:33
by t105erd
Screenshot_20240523-171355~2.png
Abis dari cakra, ganti oli mtf, pakai Spirax S2G, 160rb (80rb/l). Kondisi oli bekas tadi dah item, kata mekaniknya wajar pemakaian. Sekalian cek baterai dan pengisian daya.
IMG_20240523_155544.jpg
ATF kyukyu aja under 200rb masa MTF nya 360rb
IMG_20240523_155535.jpg
tadi ada ATF kendall juga, cuma produksi 2018
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Posted: Thu May 23, 2024 10:41
by sahabatq8
t105erd wrote: Thu May 23, 2024 10:33
Screenshot_20240523-171355~2.png
Abis dari cakra, ganti oli mtf, pakai Spirax S2G, 160rb (80rb/l). Kondisi oli bekas tadi dah item, kata mekaniknya wajar pemakaian. Sekalian cek baterai dan pengisian daya.
IMG_20240523_155544.jpg
ATF kyukyu aja under 200rb masa MTF nya 360rb
IMG_20240523_155535.jpg
tadi ada ATF kendall juga, cuma produksi 2018
Namanya juga top of the line mbah, sayang gak punya mobil mt jadi gak bisa nyoba. Katanya sih Shiftingnya smooth banget
t105erd wrote: Thu May 23, 2024 10:33
Screenshot_20240523-171355~2.png
Abis dari cakra, ganti oli mtf, pakai Spirax S2G, 160rb (80rb/l). Kondisi oli bekas tadi dah item, kata mekaniknya wajar pemakaian. Sekalian cek baterai dan pengisian daya.
IMG_20240523_155544.jpg
ATF kyukyu aja under 200rb masa MTF nya 360rb
IMG_20240523_155535.jpg
tadi ada ATF kendall juga, cuma produksi 2018
Namanya juga top of the line mbah, sayang gak punya mobil mt jadi gak bisa nyoba. Katanya sih Shiftingnya smooth banget
iya, kalo saya off road nambang/balapan ketahanan gapapa deh harga segitu juga.
kalo harian sih mendang mending 360rb x 2, kayanya kalo MTF nya lifetime sih oke yah
Tetap pada aliran merakyat dulu sepertinya buat MTF dan oli mesin, yg penting jadwal ga bablas.
t105erd wrote: Thu May 23, 2024 10:33
Screenshot_20240523-171355~2.png
Abis dari cakra, ganti oli mtf, pakai Spirax S2G, 160rb (80rb/l). Kondisi oli bekas tadi dah item, kata mekaniknya wajar pemakaian. Sekalian cek baterai dan pengisian daya.
IMG_20240523_155544.jpg
ATF kyukyu aja under 200rb masa MTF nya 360rb
IMG_20240523_155535.jpg
tadi ada ATF kendall juga, cuma produksi 2018
Namanya juga top of the line mbah, sayang gak punya mobil mt jadi gak bisa nyoba. Katanya sih Shiftingnya smooth banget
iya, kalo saya off road nambang/balapan ketahanan gapapa deh harga segitu juga.
kalo harian sih mendang mending 360rb x 2, kayanya kalo MTF nya lifetime sih oke yah
Tetap pada aliran merakyat dulu sepertinya buat MTF dan oli mesin, yg penting jadwal ga bablas.
ATF itu lifetime koq bener.
Jadi next OCI pas ganti daleman girboks,
Sekalian 1x kerja ajah
Keluar uangnya juga sekali.
Gak ribet dan gak diperbudak mobil.
Dompet tebal susah nekuk
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Posted: Thu May 23, 2024 12:50
by Andhyka
azu wrote: Wed May 15, 2024 10:29
dulu waktu akses GSIC Toyota masih dibuka, saya sempet lihat2 service manual untuk Innova Reborn dan untuk pengecekan volume ATFnya memang ada prosedur tersendiri. kalau ga salah disini ada yg pernah share sih caranya dari service manual Fortuner..
sayangnya sekarang akses ke GSIC sudah dihapus jadi saya juga tidak bisa lihat prosedurnya
Berikut ini petunjuk resmi penggantian/penyetelan/penyesuaian ATF pada Innova Reborn dicetak dalam PDF.
Sebenarnya cara ini mirip2 pada mobil matic Jepang lainnya sih.
azu wrote: Wed May 15, 2024 10:29
dulu waktu akses GSIC Toyota masih dibuka, saya sempet lihat2 service manual untuk Innova Reborn dan untuk pengecekan volume ATFnya memang ada prosedur tersendiri. kalau ga salah disini ada yg pernah share sih caranya dari service manual Fortuner..
sayangnya sekarang akses ke GSIC sudah dihapus jadi saya juga tidak bisa lihat prosedurnya
Berikut ini petunjuk resmi penggantian/penyetelan/penyesuaian ATF pada Innova Reborn dicetak dalam PDF.
Sebenarnya cara ini mirip2 pada mobil matic Jepang lainnya sih.
Semoga bermanfaat.
Nuhun om
secara garis besar, cara penyetelan ATF toyota hampir seragam sih dengan mengaktifkan mode cek suhu ATF dan idle control dengan jumper soket OBD dan melakukan perpindahan gear dengan metode tsb, nanti ketika sudah mencapai suhu yg diinginkan dilakukan membuka overflow plug untuk cek ATF yg keluar. kalau tidak ada ATF yg keluar berarti harus dilakukan penambahan kembali.
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Posted: Sat Jun 01, 2024 15:00
by Opeakkk
FR Lipindut L10 pake ATF Mobil Dex VI, drain refill 3x, atf sebelum nya masi bening. KM 162.000, tarikan jadi nambah enteng, shifting normal rasanya ga kasar, pake atf enceran memang berasa mantep
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Posted: Sat Jun 01, 2024 15:44
by trebla88
Opeakkk wrote: Sat Jun 01, 2024 15:00
FR Lipindut L10 pake ATF Mobil Dex VI, drain refill 3x, atf sebelum nya masi bening. KM 162.000, tarikan jadi nambah enteng, shifting normal rasanya ga kasar, pake atf enceran memang berasa mantep
Mantep kan
Sbenernya dex 6 ga pp masuk ke atf 4speed nissan D
Skalian 0w20 nya mesin atau 0w16
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Posted: Sat Jun 01, 2024 23:15
by Greenhunter
Opeakkk wrote: Sat Jun 01, 2024 15:00
FR Lipindut L10 pake ATF Mobil Dex VI, drain refill 3x, atf sebelum nya masi bening. KM 162.000, tarikan jadi nambah enteng, shifting normal rasanya ga kasar, pake atf enceran memang berasa mantep
Mau tanya bang, drain and refill 3x ini prosedurnya :
Buka baut tap oli, Drain and refill yang pertama langsung drain and refill ke 2 atau mesin diidupin dahulu pindah transmisi PRND12 baru lakukan drain and refill yang ke 2 ?
Opeakkk wrote: Sat Jun 01, 2024 15:00
FR Lipindut L10 pake ATF Mobil Dex VI, drain refill 3x, atf sebelum nya masi bening. KM 162.000, tarikan jadi nambah enteng, shifting normal rasanya ga kasar, pake atf enceran memang berasa mantep
Mau tanya bang, drain and refill 3x ini prosedurnya :
Buka baut tap oli, Drain and refill yang pertama langsung drain and refill ke 2 atau mesin diidupin dahulu pindah transmisi PRND12 baru lakukan drain and refill yang ke 2 ?
Baut tap oli, terus refill lagi. Nyalain mesin terus PRND 3-4x kali bolak balik baru kuras jadi tersikulasi sedikit baru buang lg.
Opeakkk wrote: Sat Jun 01, 2024 15:00
FR Lipindut L10 pake ATF Mobil Dex VI, drain refill 3x, atf sebelum nya masi bening. KM 162.000, tarikan jadi nambah enteng, shifting normal rasanya ga kasar, pake atf enceran memang berasa mantep
Mau tanya bang, drain and refill 3x ini prosedurnya :
Buka baut tap oli, Drain and refill yang pertama langsung drain and refill ke 2 atau mesin diidupin dahulu pindah transmisi PRND12 baru lakukan drain and refill yang ke 2 ?
Baut tap oli, terus refill lagi. Nyalain mesin terus PRND 3-4x kali bolak balik baru kuras jadi tersikulasi sedikit baru buang lg.
Penjelasan singkat padat jelas. Terima kasih bang Sintoni.
Opeakkk wrote: Sat Jun 01, 2024 15:00
FR Lipindut L10 pake ATF Mobil Dex VI, drain refill 3x, atf sebelum nya masi bening. KM 162.000, tarikan jadi nambah enteng, shifting normal rasanya ga kasar, pake atf enceran memang berasa mantep
Mantep kan
Sbenernya dex 6 ga pp masuk ke atf 4speed nissan D
Skalian 0w20 nya mesin atau 0w16
Opeakkk wrote: Sat Jun 01, 2024 15:00
FR Lipindut L10 pake ATF Mobil Dex VI, drain refill 3x, atf sebelum nya masi bening. KM 162.000, tarikan jadi nambah enteng, shifting normal rasanya ga kasar, pake atf enceran memang berasa mantep
Mantep kan
Sbenernya dex 6 ga pp masuk ke atf 4speed nissan D
Skalian 0w20 nya mesin atau 0w16
Pake 0w16 , coba cek wear metalnya
Skalian kluarin tuh q8 0w16 di Indo dong
Jadi bisa tes
Tapi kayanya q8 pure tuh gf6b ga kompatibel dgn yang sebelum²nya
Mantep kan
Sbenernya dex 6 ga pp masuk ke atf 4speed nissan D
Skalian 0w20 nya mesin atau 0w16
Pake 0w16 , coba cek wear metalnya
Skalian kluarin tuh q8 0w16 di Indo dong
Jadi bisa tes
Tapi kayanya q8 pure tuh gf6b ga kompatibel dgn yang sebelum²nya
Kalau dgo ini sy yakin sbenerya 0w20 versi encer
Bulan depan mungkin ready om, lama bgt deh sekarang pengiriman Yurop - Indo.
Buat Zenix/hybrid sih seharusnya mantep ini 0W16 , harganya aja mahal bener