Omnibus wrote: Sat Jan 22, 2022 12:40
baru ganti olmes vrz dr 5w30 ke 5w40. oli sebelumnya oci 5,375km/5 bulan. dulu masuk 7.4L tadi keluar 6.5L (termasuk yg dr oil filter bekas dihitung), penyusutan (atau penguapan) 900mL atau 167mL/1,000km. msh tahap wajar krn rule of thumb yg disebut excessive oil consumption biasanya 1 quart/1,000 miles atau kurleb 600mL/1,000km. tp next nya sy mau ngejar penyusutan maksimal 100mL/1,000km atau lbh bagus kl bisa dibawahnya.
impresi cold start jauh lbh halus. idle lebih halus getarannya. power jg sama aja malah lbh berisi kl sy bilang. rasanya lbh cocok pake w40 nih n kemungkinan besar akan continue pake 5w40 ss max duty.
Mesin 2GD.
mbah, kalau saya di ANKI asalanya pakai PTT 10W30 ganti ke Amsoil 5w40 yang tulisannya 4x.
Suara mesin terasa jauh2x lebih adem. Jauh banget suaranya. Sudah pakai 2rb KM selama 2 bulan tetap adem
Tapi memang mesin tidak seringan waktu pakai PTT10w30.
Promblemnya waktu pakai PTT10w30 jalan 3rb KM dalam waktu 8 bulan mulai terdengar klek klek (samar sekali, itupun hanya posisi tertentu saja)... seperti suara plastik penahan timing chain
Kalau pakai Amsoil 5w40, waktu pagi start pertama suara mesin ada tek tek tek sekitar 30 detik, ini seperti oli belum naik. Sedangkan PTT 10w30 suara ini sebentar saja sekitar 5 detik
Mesin 2KD
Waktu pakai Rimula R5e 10w40, tarikan mesin ringan sekali biarpun sudah dipakai 8 bulan dan 5rb KM. Sampai RPM 3000 pun ringan banget.....
Suara mesin memang lebih garing (garing tapi tidak ada bunyi aneh2x, mesin semakin panas semakin garing, tidak ada bunyi klek klek atau tek tek)
Ganti ke Delvac mx 15w40, tarikan jauh lebih berat, suara mesin teredam, tarikan agak berat, baik rpm rendah, mid sampai tinggi.
Suara mesin tidak garing, teredam.
Sebagai pengendara saya suka R5e10w40, cuma kuatir jangka panjang ke mesin ... mohon urun pendapatnya.
Sebab selama ini pakai TMO

makanya suara mesin alus terus ... tapi yah gak enak memang tarikannya.