Koleksi hand tools [Part 07]

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by Omnibus »

Profith83 wrote: Tue Aug 24, 2021 14:18
Omnibus wrote: Tue Aug 24, 2021 14:15 IMG_20210824_043719~2.jpg


IMG_20210824_043748~2.jpg


torqued to 14Nm :big_smoking:
yang salah satu ada bunyi itu bagaimana mbah akhirnya, diapain?
DOHC wrote: Tue Aug 24, 2021 15:49
Omnibus wrote: Tue Aug 24, 2021 14:15 IMG_20210824_043719~2.jpg


IMG_20210824_043748~2.jpg


torqued to 14Nm :big_smoking:
asemmm

gara2 ngeliat foto jij, kita orang tempo hari lupa kmaren ngencengin pake TW, malah ngencengin pake feeling doank


btw , ctek2 silinder 3 ud ilang mbah ?
special thanks to mbah garasi 69, mantap kali punya kawan yg berilmu dan ga pelit. :beer:
sy dikasih tau kl ada bbrp tipe mesin yg ga bisa distel klep hanya dgn metode 2 TDC yaitu TDC cyl #1 dan TDC cyl #4 spt layaknya cara yg umum. jadi mbah rektor minta sy recheck semua clearance dlm posisi TDC seluruh cylinder. jadi utk klep cyl 1 ya hrs TDC #1, klep cyl 2 hrs TDC #2 dst. hasilnya? ya setelan yg pertama beberapa ada yg ngawur, even sm temen sebelahnya dlm silinder yg sama bisa ngawur.

ternyata sy cari di fsm nya juga disuruhnya begitu, TDC setiap silinder. nah ini makanya fsm itu perlu krn tiap tipe beda2 caranya.
dan honda dgn baik hati ngasih tanda posisi TDC tiap cylinder di sproket camshaft, ada nomor cylinder dan garis yg harus diluruskan dgn bibir atas cylinder head (tempat gasket cover duduk). keren lah pokoknya, akhirnya sy malah keasikan ngelakuin terus puter2 sampe brp kali. sy puterin crankshaft bolt pakai ratcheting wrench gelenk facom 19mm, posisi busi dilepas semua. uueennteennkkk ....
*ik tau ada bolongan utk masup extension dr rumah roda FR/RH straight ke crank bolt tapi itu roda hrs diputar lock kanan atau dilepas, ga ada tempat di garasi. lagian space nya gede di GK, tangan muat walau pake ratcheting wrench gelenk.

trus yg bunyi? akhirnya semua bunyi tp ga terlalu kenceng. dan kali ini sy yakin kl itu emang spec nya begitu krn dilakukan dgn proper method.

mengenai ngencengin jam nut pake TW itu, ik tdk bisa berkata2. :big_grin:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by Omnibus »

bagi pemilik L15 yg mau DIY with the proper way, nih kalo msh ga mudeng. :big_smile]

Screenshot_20210825_014941_com.android.chrome~2.jpg

source: fitfreak.com
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Tue Aug 24, 2021 18:31
Profith83 wrote: Tue Aug 24, 2021 14:18
Omnibus wrote: Tue Aug 24, 2021 14:15 IMG_20210824_043719~2.jpg


IMG_20210824_043748~2.jpg


torqued to 14Nm :big_smoking:
yang salah satu ada bunyi itu bagaimana mbah akhirnya, diapain?
DOHC wrote: Tue Aug 24, 2021 15:49
Omnibus wrote: Tue Aug 24, 2021 14:15 IMG_20210824_043719~2.jpg


IMG_20210824_043748~2.jpg


torqued to 14Nm :big_smoking:
asemmm

gara2 ngeliat foto jij, kita orang tempo hari lupa kmaren ngencengin pake TW, malah ngencengin pake feeling doank


btw , ctek2 silinder 3 ud ilang mbah ?
special thanks to mbah garasi 69, mantap kali punya kawan yg berilmu dan ga pelit. :beer:
sy dikasih tau kl ada bbrp tipe mesin yg ga bisa distel klep hanya dgn metode 2 TDC yaitu TDC cyl #1 dan TDC cyl #4 spt layaknya cara yg umum. jadi mbah rektor minta sy recheck semua clearance dlm posisi TDC seluruh cylinder. jadi utk klep cyl 1 ya hrs TDC #1, klep cyl 2 hrs TDC #2 dst. hasilnya? ya setelan yg pertama beberapa ada yg ngawur, even sm temen sebelahnya dlm silinder yg sama bisa ngawur.

ternyata sy cari di fsm nya juga disuruhnya begitu, TDC setiap silinder. nah ini makanya fsm itu perlu krn tiap tipe beda2 caranya.
dan honda dgn baik hati ngasih tanda posisi TDC tiap cylinder di sproket camshaft, ada nomor cylinder dan garis yg harus diluruskan dgn bibir atas cylinder head (tempat gasket cover duduk). keren lah pokoknya, akhirnya sy malah keasikan ngelakuin terus puter2 sampe brp kali. sy puterin crankshaft bolt pakai ratcheting wrench gelenk facom 19mm, posisi busi dilepas semua. uueennteennkkk ....
*ik tau ada bolongan utk masup extension dr rumah roda FR/RH straight ke crank bolt tapi itu roda hrs diputar lock kanan atau dilepas, ga ada tempat di garasi. lagian space nya gede di GK, tangan muat walau pake ratcheting wrench gelenk.

trus yg bunyi? akhirnya semua bunyi tp ga terlalu kenceng. dan kali ini sy yakin kl itu emang spec nya begitu krn dilakukan dgn proper method.

mengenai ngencengin jam nut pake TW itu, ik tdk bisa berkata2. :big_grin:
Mantepp :big_exellent:

Makanya mbah yg itu kan diangkat jd dewan guru besar institute durch technik van asemregez , mbah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by yanuarra »

waduuh pembahasannya berat.. nubi nyimak aja dipojokan :mky_01:
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 833
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by Kaleng »

Profith83 wrote: Tue Aug 24, 2021 14:10 Mbah,

Kalau misal karet sliding pin melar, ada yang jual karetnya gak yah?
Ini mobil rawatan BeRes ahond kok karetnya melar.
Dulu waktu kasih grease mikirnya ah ya sudahlah melar dikit, mau ke BeRes.
Tapi setelah lihat di toped, jual karetnya lengkap set caliper rem
Ini maksudnya pin kaliper rem yang untuk 1 sisi roda ada 2, atas dan bawah? Kalau benar ini yang dimaksud, maka untuk honda tidak ada yang jual hanya karet saja. Saya juga sempat cari buat mobilio, akhirnya beli 1 set pin yang sudah terpasang karetnya. jangan salah beli antara atas dan bawah, karena salah satu memang tidak ada karetnya dan beda kodenya.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by marmut »

Omnibus wrote: Tue Aug 24, 2021 18:31

special thanks to mbah garasi 69, mantap kali punya kawan yg berilmu dan ga pelit. :beer:



dan honda dgn baik hati ngasih tanda posisi TDC tiap cylinder di sproket camshaft, ada nomor cylinder dan garis yg harus diluruskan dgn bibir atas cylinder head (tempat gasket cover duduk).


lebaaayy :big_bored:


btw masalah tanda TDC, nggak semua bisa ngerti tandanya. kadang suka bingung, tanda di sproket musti ketemu apa di head?
kalau saya, intip cam lobe aja menghadap kemana... kalau cam lobe in-ex menghadap kebawah membentuk huruf A, ya itu sudah TDC.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by marmut »

yanuarra wrote: Wed Aug 25, 2021 1:36 waduuh pembahasannya berat.. nubi nyimak aja dipojokan :mky_01:

nyimak dipojokan sambil liat iklan e46... :big_love:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by Omnibus »

marmut wrote: Wed Aug 25, 2021 1:50
Omnibus wrote: Tue Aug 24, 2021 18:31

special thanks to mbah garasi 69, mantap kali punya kawan yg berilmu dan ga pelit. :beer:



dan honda dgn baik hati ngasih tanda posisi TDC tiap cylinder di sproket camshaft, ada nomor cylinder dan garis yg harus diluruskan dgn bibir atas cylinder head (tempat gasket cover duduk).


lebaaayy :big_bored:


btw masalah tanda TDC, nggak semua bisa ngerti tandanya. kadang suka bingung, tanda di sproket musti ketemu apa di head?
kalau saya, intip cam lobe aja menghadap kemana... kalau cam lobe in-ex menghadap kebawah membentuk huruf A, ya itu sudah TDC.
:mky_03:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Wed Aug 25, 2021 1:13
Mantepp :big_exellent:

Makanya mbah yg itu kan diangkat jd dewan guru besar institute durch technik van asemregez , mbah
setuju mbah ono emang subes kita.

btw waktu ngecek klep masing2 silinder di TDC ngga mbah?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Wed Aug 25, 2021 2:05
DOHC wrote: Wed Aug 25, 2021 1:13
Mantepp :big_exellent:

Makanya mbah yg itu kan diangkat jd dewan guru besar institute durch technik van asemregez , mbah
setuju mbah ono emang subes kita.

btw waktu ngecek klep masing2 silinder di TDC ngga mbah?
Pasti donk mbah

Kan ilmu nya saya dapet sama dr templevitek itu jg
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by DOHC »

marmut wrote: Wed Aug 25, 2021 1:50
Omnibus wrote: Tue Aug 24, 2021 18:31

special thanks to mbah garasi 69, mantap kali punya kawan yg berilmu dan ga pelit. :beer:



dan honda dgn baik hati ngasih tanda posisi TDC tiap cylinder di sproket camshaft, ada nomor cylinder dan garis yg harus diluruskan dgn bibir atas cylinder head (tempat gasket cover duduk).


lebaaayy :big_bored:


btw masalah tanda TDC, nggak semua bisa ngerti tandanya. kadang suka bingung, tanda di sproket musti ketemu apa di head?
kalau saya, intip cam lobe aja menghadap kemana... kalau cam lobe in-ex menghadap kebawah membentuk huruf A, ya itu sudah TDC.

Bener2 jago, ngintip cam lobe ud ckup :big_exellent:

Betul

Ga smua fabriekan bae ngasi tanda angka 1 2 3 4 sgala d sproket nya kaya honda, trus ngasi garis sgala

Biasanya cuman dikasi patokan coakan d deksel ama garis doank d sproket.. kl yg mata minus, pe er banget
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by yanuarra »

marmut wrote: Wed Aug 25, 2021 1:50
Omnibus wrote: Tue Aug 24, 2021 18:31

special thanks to mbah garasi 69, mantap kali punya kawan yg berilmu dan ga pelit. :beer:



dan honda dgn baik hati ngasih tanda posisi TDC tiap cylinder di sproket camshaft, ada nomor cylinder dan garis yg harus diluruskan dgn bibir atas cylinder head (tempat gasket cover duduk).


lebaaayy :big_bored:


btw masalah tanda TDC, nggak semua bisa ngerti tandanya. kadang suka bingung, tanda di sproket musti ketemu apa di head?
kalau saya, intip cam lobe aja menghadap kemana... kalau cam lobe in-ex menghadap kebawah membentuk huruf A, ya itu sudah TDC.
TDC-TDC apaan seh itu mbah? :big_think: :big_bored:
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by yanuarra »

marmut wrote: Wed Aug 25, 2021 1:51
yanuarra wrote: Wed Aug 25, 2021 1:36 waduuh pembahasannya berat.. nubi nyimak aja dipojokan :mky_01:

nyimak dipojokan sambil liat iklan e46... :big_love:
Hahahaha itu udah yg lalu2 mbah...

Tp ampir ngangkat yg e36 nya seh yg 320

Untung ga jd :big_grin:

Bisa2 malem disuru tidur di mobil ntr :wkkk:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4630
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by Profith83 »

yanuarra wrote: Tue Aug 24, 2021 15:32 Karet bootnya gitu mbah?
bener karet boot sliding pin
DOHC wrote: Tue Aug 24, 2021 15:48 pasti bisa melar mbah

ud jamak banget itu, apalagi kl sempet kering vet, itu batang sliding pin bsa panas banget ampe bkin banyak heat spot, tu kaya di inofa saya kmaren ini
kl ud panas, yah otomatis si karet melar

biasa di jual satu set ama sil kit kaliper rem, cuman coba aj nanya berez, siapa tau di jual terpisah kaya toyota
Siap, coba tanya Beres, di Online ada sih 50 rb an karet set, cuma ga yakin sama sekali, kuatir dipasang lodok percuma juga
Kalau beli set di Beres sisa karet yang lain disimpan rusak gak yah?

AJE GILE ... karet boot sliding pin sebiji 84.700.
Kalau rem kiri berarti 2x84.700 alias 170rb an
Punya saya rusak yang kiri(sepasang). Masak 170 rb. Aslinya kuat apa gak yah?
Kuatir tiap 6 thn harus ganti ... males juga.
HRV mbah aman aman saja?
Kaleng wrote: Wed Aug 25, 2021 1:47 Ini maksudnya pin kaliper rem yang untuk 1 sisi roda ada 2, atas dan bawah? Kalau benar ini yang dimaksud, maka untuk honda tidak ada yang jual hanya karet saja. Saya juga sempat cari buat mobilio, akhirnya beli 1 set pin yang sudah terpasang karetnya. jangan salah beli antara atas dan bawah, karena salah satu memang tidak ada karetnya dan beda kodenya.
Karet boot caliper, bukan karet yang nempel di pin nya
Last edited by Profith83 on Wed Aug 25, 2021 2:52, edited 1 time in total.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by marmut »

IMG20210825094636.jpg



santai sejenak...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by yanuarra »

marmut wrote: Wed Aug 25, 2021 2:48 IMG20210825094636.jpg




santai sejenak...
Itu elora buat ngaduk kopi mbah :big_think:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Wed Aug 25, 2021 2:05
DOHC wrote: Wed Aug 25, 2021 1:13
Mantepp :big_exellent:

Makanya mbah yg itu kan diangkat jd dewan guru besar institute durch technik van asemregez , mbah
setuju mbah ono emang subes kita.

btw waktu ngecek klep masing2 silinder di TDC ngga mbah?
Btw mbah

Waktu abis stel klep, bsa lgs starter mesin mbah ? Saya waktu itu abis stel klep mesin ga bsa d starter loh, musti cabut aki dl baru motor starter mau muter
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by DOHC »

Profith83 wrote: Wed Aug 25, 2021 2:33
yanuarra wrote: Tue Aug 24, 2021 15:32 Karet bootnya gitu mbah?
bener karet boot sliding pin
DOHC wrote: Tue Aug 24, 2021 15:48 pasti bisa melar mbah

ud jamak banget itu, apalagi kl sempet kering vet, itu batang sliding pin bsa panas banget ampe bkin banyak heat spot, tu kaya di inofa saya kmaren ini
kl ud panas, yah otomatis si karet melar

biasa di jual satu set ama sil kit kaliper rem, cuman coba aj nanya berez, siapa tau di jual terpisah kaya toyota
Siap, coba tanya Beres, di Online ada sih 50 rb an karet set, cuma ga yakin sama sekali, kuatir dipasang lodok percuma juga
Kalau beli set di Beres sisa karet yang lain disimpan rusak gak yah?

AJE GILE ... karet boot sliding pin sebiji 84.700.
Kalau rem kiri berarti 2x84.700 alias 170rb an
Punya saya rusak yang kiri(sepasang). Masak 170 rb. Aslinya kuat apa gak yah?
Kuatir tiap 6 thn harus ganti ... males juga.
HRV mbah aman aman saja?
Kaleng wrote: Wed Aug 25, 2021 1:47 Ini maksudnya pin kaliper rem yang untuk 1 sisi roda ada 2, atas dan bawah? Kalau benar ini yang dimaksud, maka untuk honda tidak ada yang jual hanya karet saja. Saya juga sempat cari buat mobilio, akhirnya beli 1 set pin yang sudah terpasang karetnya. jangan salah beli antara atas dan bawah, karena salah satu memang tidak ada karetnya dan beda kodenya.
Karet boot caliper, bukan karet yang nempel di pin nya
Kl saya malah saya copotin mbah

Jangan ditiru cara saya ini,

Kcuali mbah rajin tiap 5 rebu km buka tu sliding pin trus bersihin ama vet ulang
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4630
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by Profith83 »

DOHC wrote: Wed Aug 25, 2021 3:44
Kl saya malah saya copotin mbah

Jangan ditiru cara saya ini,

Kcuali mbah rajin tiap 5 rebu km buka tu sliding pin trus bersihin ama vet ulang
Dulu saya gak pernah bongpas mbah. Baru thn lalu atau thn ini.
Awalnya punya Honda pertama kali mobilio ini, dan ambil extended warranty 5 thn. 2015-2020 mau gak mau harus ke BeRes agar waranty jalan.
Gak rugi amat sih extended waranty dapat lower arm set, engine mounting, switch AC.

Barusan bongkar setelah lewat masa garansi 5 thn lah kok melar karetnya.
kwak kwak kwak.
Sekarang rutin bongkar bongkar, masih ingat saya fotokan excel saya? supaya gak lupa aja sampai saya catat semua detail.

Sebenarnya karet tengahnya tidak ada bocor, memang agak melar. Problemnya ujung2xnya yang ikut melar.
Mau saya coba cable ties sementara ujung ujungnya, semoga ujungnya tidak terlalu melar sehingga bisa di cable ties, semoga juga ujungnya ada cantolan sekitar 3 mili buat dudukan cable ties..

Dicopotin maksudnya tanpa karet boot? ah yang benar

Cara saya diatas jangan ditiru juga :big_smile] :big_smile] Dimarahin sama momodnya trit ini nanti.
Edun .... orinya 84 rb sebiji. Untungnya kebanyakan, ongkos prod max 10rb. Ada ecer punya Avanza diluaran gak ori saja 7rb.
Ongkos produksi max 10rb itu. kalau ORI, jual harga 84 rb mantap
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Wed Aug 25, 2021 2:15
marmut wrote: Wed Aug 25, 2021 1:50
Omnibus wrote: Tue Aug 24, 2021 18:31

special thanks to mbah garasi 69, mantap kali punya kawan yg berilmu dan ga pelit. :beer:



dan honda dgn baik hati ngasih tanda posisi TDC tiap cylinder di sproket camshaft, ada nomor cylinder dan garis yg harus diluruskan dgn bibir atas cylinder head (tempat gasket cover duduk).


lebaaayy :big_bored:


btw masalah tanda TDC, nggak semua bisa ngerti tandanya. kadang suka bingung, tanda di sproket musti ketemu apa di head?
kalau saya, intip cam lobe aja menghadap kemana... kalau cam lobe in-ex menghadap kebawah membentuk huruf A, ya itu sudah TDC.

Bener2 jago, ngintip cam lobe ud ckup :big_exellent:

Betul

Ga smua fabriekan bae ngasi tanda angka 1 2 3 4 sgala d sproket nya kaya honda, trus ngasi garis sgala

Biasanya cuman dikasi patokan coakan d deksel ama garis doank d sproket.. kl yg mata minus, pe er banget
L15 ga bisa diintip cam lobe nya kehalang i-vtec assembly.

lagipula kl seandainya ga ada marking di cam sprocket sy pake cara asemregez yakni pasang angle gauge di crank bolt dan putar tiap 180° dr TDC #1, pasti dapat TDC #3, #4, #2 :big_grin:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by Omnibus »

yanuarra wrote: Wed Aug 25, 2021 2:17
marmut wrote: Wed Aug 25, 2021 1:50
Omnibus wrote: Tue Aug 24, 2021 18:31

special thanks to mbah garasi 69, mantap kali punya kawan yg berilmu dan ga pelit. :beer:



dan honda dgn baik hati ngasih tanda posisi TDC tiap cylinder di sproket camshaft, ada nomor cylinder dan garis yg harus diluruskan dgn bibir atas cylinder head (tempat gasket cover duduk).


lebaaayy :big_bored:


btw masalah tanda TDC, nggak semua bisa ngerti tandanya. kadang suka bingung, tanda di sproket musti ketemu apa di head?
kalau saya, intip cam lobe aja menghadap kemana... kalau cam lobe in-ex menghadap kebawah membentuk huruf A, ya itu sudah TDC.
TDC-TDC apaan seh itu mbah? :big_think: :big_bored:
bantu jawab

TDC = top dead center. posisi piston titik mati atas langkah kompresi tiap silinder. kl mau nyetel valve clearance hrs posisi TDC sebab disitu semua valves di silinder itu completely closed.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Wed Aug 25, 2021 3:42
Omnibus wrote: Wed Aug 25, 2021 2:05
DOHC wrote: Wed Aug 25, 2021 1:13
Mantepp :big_exellent:

Makanya mbah yg itu kan diangkat jd dewan guru besar institute durch technik van asemregez , mbah
setuju mbah ono emang subes kita.

btw waktu ngecek klep masing2 silinder di TDC ngga mbah?
Btw mbah

Waktu abis stel klep, bsa lgs starter mesin mbah ? Saya waktu itu abis stel klep mesin ga bsa d starter loh, musti cabut aki dl baru motor starter mau muter
belom starter. baru naik valve covernya nungguin sealant threebond nya kering. jij tau kan ada 2 titik dekat timing chain yg hrs dikasih sealant? emang kl ga dikasih ga bocor ya?

tadi mau compression test aja ga jadi, inget kl sealant belom kering udah keciprat oli setetes juga rempong dah ga kering2.
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by yanuarra »

Omnibus wrote: Wed Aug 25, 2021 4:26
yanuarra wrote: Wed Aug 25, 2021 2:17
marmut wrote: Wed Aug 25, 2021 1:50



lebaaayy :big_bored:


btw masalah tanda TDC, nggak semua bisa ngerti tandanya. kadang suka bingung, tanda di sproket musti ketemu apa di head?
kalau saya, intip cam lobe aja menghadap kemana... kalau cam lobe in-ex menghadap kebawah membentuk huruf A, ya itu sudah TDC.
TDC-TDC apaan seh itu mbah? :big_think: :big_bored:
bantu jawab

TDC = top dead center. posisi piston titik mati atas langkah kompresi tiap silinder. kl mau nyetel valve clearance hrs posisi TDC sebab disitu semua valves di silinder itu completely closed.
Ohh TMA ya mbah.. :big_cat:
Mksi ilmunya mbah :big_cat:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by Omnibus »

yanuarra wrote: Wed Aug 25, 2021 4:55
Ohh TMA ya mbah.. :big_cat:
Mksi ilmunya mbah :big_cat:
dipuntir istilah dikit aja udah keder jij. kebanyakan ngisengin ciwi2 yg dibonceng sih. :big_grin:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Wed Aug 25, 2021 4:30
DOHC wrote: Wed Aug 25, 2021 3:42
Omnibus wrote: Wed Aug 25, 2021 2:05

setuju mbah ono emang subes kita.

btw waktu ngecek klep masing2 silinder di TDC ngga mbah?
Btw mbah

Waktu abis stel klep, bsa lgs starter mesin mbah ? Saya waktu itu abis stel klep mesin ga bsa d starter loh, musti cabut aki dl baru motor starter mau muter
belom starter. baru naik valve covernya nungguin sealant threebond nya kering. jij tau kan ada 2 titik dekat timing chain yg hrs dikasih sealant? emang kl ga dikasih ga bocor ya?

tadi mau compression test aja ga jadi, inget kl sealant belom kering udah keciprat oli setetes juga rempong dah ga kering2.
Pasti bocor mbah.. yakin saya

Soalnya kl yg kta orang perhatiin bae bae, itu antara deksel ama tutup rante keteng ad beda gap ktinggian sikittttttttttt banget, pasti yakin rembes kl ga d silen

Tempo ari kta orang ga ganti sil tutup deksel tp yg bagian itu tetep kta orang kasi silen koq
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: