special thanks to mbah garasi 69, mantap kali punya kawan yg berilmu dan ga pelit.DOHC wrote: Tue Aug 24, 2021 15:49asemmmOmnibus wrote: Tue Aug 24, 2021 14:15 IMG_20210824_043719~2.jpg
IMG_20210824_043748~2.jpg
torqued to 14Nm![]()
gara2 ngeliat foto jij, kita orang tempo hari lupa kmaren ngencengin pake TW, malah ngencengin pake feeling doank
btw , ctek2 silinder 3 ud ilang mbah ?

sy dikasih tau kl ada bbrp tipe mesin yg ga bisa distel klep hanya dgn metode 2 TDC yaitu TDC cyl #1 dan TDC cyl #4 spt layaknya cara yg umum. jadi mbah rektor minta sy recheck semua clearance dlm posisi TDC seluruh cylinder. jadi utk klep cyl 1 ya hrs TDC #1, klep cyl 2 hrs TDC #2 dst. hasilnya? ya setelan yg pertama beberapa ada yg ngawur, even sm temen sebelahnya dlm silinder yg sama bisa ngawur.
ternyata sy cari di fsm nya juga disuruhnya begitu, TDC setiap silinder. nah ini makanya fsm itu perlu krn tiap tipe beda2 caranya.
dan honda dgn baik hati ngasih tanda posisi TDC tiap cylinder di sproket camshaft, ada nomor cylinder dan garis yg harus diluruskan dgn bibir atas cylinder head (tempat gasket cover duduk). keren lah pokoknya, akhirnya sy malah keasikan ngelakuin terus puter2 sampe brp kali. sy puterin crankshaft bolt pakai ratcheting wrench gelenk facom 19mm, posisi busi dilepas semua. uueennteennkkk ....
*ik tau ada bolongan utk masup extension dr rumah roda FR/RH straight ke crank bolt tapi itu roda hrs diputar lock kanan atau dilepas, ga ada tempat di garasi. lagian space nya gede di GK, tangan muat walau pake ratcheting wrench gelenk.
trus yg bunyi? akhirnya semua bunyi tp ga terlalu kenceng. dan kali ini sy yakin kl itu emang spec nya begitu krn dilakukan dgn proper method.
mengenai ngencengin jam nut pake TW itu, ik tdk bisa berkata2.
