Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

susumilo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Mon Jan 18, 2016 8:50

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by susumilo »

Makasih om TM utk infonya
vp920b wrote:Graha tuh dimna om? Beli online apa ada tokonya?

Thanks infonya
Nah, ini jg yg jd pertanyaan sy
Ada info lengkapnya kah? Promo sampai kapan? Hehee

Sent from my m2 using Tapatalk
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Turboman »

Graha itu di DTMF aka ITC Fatmawaty

021 - 723 31 694

CP : Handoko
* Bukan ajakan Beli *
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1370
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by arfs »

Turboman wrote:Graha itu di DTMF aka ITC Fatmawaty

021 - 723 31 694

CP : Handoko
Penampakan toko nya seperti ini bukan om Turbo?
Image
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
User avatar
aceagung
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: Thu Dec 05, 2013 14:43

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by aceagung »

arfs wrote:
Turboman wrote:Graha itu di DTMF aka ITC Fatmawaty

021 - 723 31 694

CP : Handoko
Penampakan toko nya seperti ini bukan om Turbo?
Image
betul om :big_exellent:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by marmut »

hadiyanfa wrote:tks om marmut penjelasannya. tp ketika usia mobil makin tua dan selama tidak ada penguapan, ga jadi masalah kan memakai oli encer, even kerapatan mesin semakin renggang karena usia mesin makin jebot?
bisa dikatakan seperti itu, asalkan menggunakan pelumas yang bener dan dipergunakan sesuai dengan spek-nya, penggantian rutin KM-nya nggak lewat, filter oli ganti setiap 6000 km (umur efektif menurut suhu Turboman - kalo nggak salah).
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 978
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by dieselman228 »

amd wrote:
dieselman228 wrote:
amd wrote:@dieselman228
betul bro saya rutin pake mobil delvac mx 15w-40 ci-4 , maklum mobil tiap hari jalan +/-100km. karena ditoko langganan ane stock lagi kosong, jadi sekarang coba pakai conoco hydroclear power d 15w-40 ci-4+ dgn harga yg sama.
Ganti tiap brp km bro? Sy juga nih tp pakenya q8 t800. 2 bulan udh ampir 7,5k km, pingin ganti.
waktu pakai mobil delvac mx 15w-40 rata2 diganti di 7-8k km.
pendapat pribadi, setelah ganti dgn conoco hydroclear power-d 15w-40 (beli eceran dari drum 200lt) dan sekarang pemakaian berjalan hampir 350km, saya merasakan oli ini lebih enak dari md mx (tarikan menengah-atas lebih enteng). entah kalau pemakaian sdh 5000km keatas.

om mau tanya review pemakaian oli conoco hydroclear power-d 15w40nya?
2015 - 2KD :big_deal:
2024 - K15B :mky_08:
dhani26
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Mon Nov 17, 2014 5:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by dhani26 »

Mau nanya nih buat suhu-suhu di sini..

Kalau mesin K3VE di cekokin oli 0w - 40 cocok ga ya?
Soalnya selama ini pakai yg 5w - 30.. Mayan soalnya ga beda jauh harganya tambah dengan embel2 full syntetic 0w - 40..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Turboman »

dhani26 wrote:Mau nanya nih buat suhu-suhu di sini..

Kalau mesin K3VE di cekokin oli 0w - 40 cocok ga ya?
Soalnya selama ini pakai yg 5w - 30.. Mayan soalnya ga beda jauh harganya tambah dengan embel2 full syntetic 0w - 40..
Buntut 30 ke buntut 40 ya jadi berat dong

Kalau mau enak ke 0w30
* Bukan ajakan Beli *
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 978
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by dieselman228 »

Om turbo mau tny dong shell helix hx7 10w40 tahan ga dipake 7000-8000km di 2kd kondisi full load? kebetulan mobil jd operasional bisnis sendiri..tiap 2 bulan ganti oli..
sebelumnya pake q8 t800 cuma hrganya skg udh naik jd 100an rb/L..secara itung" udah ga masuk bajet apalagi jauh gntinya mesti ke toda..
Udah nnya selesnya q8, khusus t800 sy cek ga masuk di bengkel yg dikasih tau..
2015 - 2KD :big_deal:
2024 - K15B :mky_08:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Turboman »

dieselman228 wrote:Om turbo mau tny dong shell helix hx7 10w40 tahan ga dipake 7000-8000km di 2kd kondisi full load? kebetulan mobil jd operasional bisnis sendiri..tiap 2 bulan ganti oli..
sebelumnya pake q8 t800 cuma hrganya skg udh naik jd 100an rb/L..secara itung" udah ga masuk bajet apalagi jauh gntinya mesti ke toda..
Udah nnya selesnya q8, khusus t800 sy cek ga masuk di bengkel yg dikasih tau..
oo kalo 2 bulan udah 7000 km sih bagus tu

HX7 tancap aja 10 rb km

Ganti oli sekalian ganti filternya

Kalo odo muternya cepet gitu Q8 T800 sebetulnya bisa tancap 12 - 13 rb km
* Bukan ajakan Beli *
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 978
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by dieselman228 »

Turboman wrote:
oo kalo 2 bulan udah 7000 km sih bagus tu

HX7 tancap aja 10 rb km

Ganti oli sekalian ganti filternya

Kalo odo muternya cepet gitu Q8 T800 sebetulnya bisa tancap 12 - 13 rb km

Wah mending q8 ya om..anyway kalau yg t800 ganti 12 rebu gtu perlu ganti filter oli ga om di 9000an gitu?
2015 - 2KD :big_deal:
2024 - K15B :mky_08:
kalvin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Wed Apr 17, 2013 15:50

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by kalvin »

Malem om, apa kabarnya, udah lama banget aku ga ol di serayamotor. Aku dulu terbantu banget ama masukan om turbo mengenai jenis oli (pake hx 7, karna dulu aku nanya yg murmer dan bagus) dan intensitas pake nya (yg tadinya ganti per 5000 jadi per 10000/6bulan).

Skrg aku udah ganti mobil om, pake accord cp 2011, selama ini oli pake oem honda e pro blue ganti per 10000km/6 bulan dengan viskositas 5-30. Kmrn ada temen nawarin amsoil signature series 5-30w, jadi keingetan dulu om turbo kalo ga salah bilang amsoil bagus. Pertanyaannya om:
1.amsoil signature series 5-30 ini u mesin bensin/diesel? Dan cocok ga untuk mobil aku, dia jual harga nya 160rb / ltr (kayanya ga sampe 1ltr ya om?) Kemahalan ga sih om? Untuk pake harian value for money ga om?Untuk ganti oli aku harus keluar lagi ongkos, karna dia jual aja om, ada palsunya ga om oli ini?
2.dia juga nawarin shell helix ultra 5-30 harga 130rb
3.dari amsoil, shell, dan oem honda yg aku pake paling oke yg mana om? Dan value for money yg mana? 
4. Kalo ga salah di honda ada lg yg lbh bagus dibanding yg aku pake, e pro gold tapi viskositasnya 0-20 atau 0-30 ya lupa, itu cocok ga om? Dan bagus ga?
5. Kalau ganti merk tapi sama kekentalan/beda kekentalan sama merk itu harus ganti oli filter ga om?
Tadinya mau masukin fotonya juga, tapi bingung caranya, maklum pake hp om hehe

Makasih banyak om turbo dan om2 lain buat pencerahannya hehe
User avatar
vigoderoza
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Tue Aug 03, 2010 5:08
Location: Jakarta ooh Jakarta....

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by vigoderoza »

kalvin wrote:Malem om, apa kabarnya, udah lama banget aku ga ol di serayamotor. Aku dulu terbantu banget ama masukan om turbo mengenai jenis oli (pake hx 7, karna dulu aku nanya yg murmer dan bagus) dan intensitas pake nya (yg tadinya ganti per 5000 jadi per 10000/6bulan).

Skrg aku udah ganti mobil om, pake accord cp 2011, selama ini oli pake oem honda e pro blue ganti per 10000km/6 bulan dengan viskositas 5-30. Kmrn ada temen nawarin amsoil signature series 5-30w, jadi keingetan dulu om turbo kalo ga salah bilang amsoil bagus. Pertanyaannya om:
1.amsoil signature series 5-30 ini u mesin bensin/diesel? Dan cocok ga untuk mobil aku, dia jual harga nya 160rb / ltr (kayanya ga sampe 1ltr ya om?) Kemahalan ga sih om? Untuk pake harian value for money ga om?Untuk ganti oli aku harus keluar lagi ongkos, karna dia jual aja om, ada palsunya ga om oli ini?
2.dia juga nawarin shell helix ultra 5-30 harga 130rb
3.dari amsoil, shell, dan oem honda yg aku pake paling oke yg mana om? Dan value for money yg mana? 
4. Kalo ga salah di honda ada lg yg lbh bagus dibanding yg aku pake, e pro gold tapi viskositasnya 0-20 atau 0-30 ya lupa, itu cocok ga om? Dan bagus ga?
5. Kalau ganti merk tapi sama kekentalan/beda kekentalan sama merk itu harus ganti oli filter ga om?
Tadinya mau masukin fotonya juga, tapi bingung caranya, maklum pake hp om hehe

Makasih banyak om turbo dan om2 lain buat pencerahannya hehe
Salken om, ane juga pake accord cp 09, mau sharing aja terakhir ganti oli nyobain amsoil signature series 0W20, enak bgt euy, tarikan jadi enteng dan suara mesin halus.. FC juga ok.. Tapi memang sebelumnya pake oli shell astra 10w30 jadi ya bagai langit dan bumi perbedaannya :big_peace:

Oya amsoil 0w20 ini waktu itu lg promo di graha 125 rb/quartz jadi ya worthed bgt..
Skrg yg lagi promo di graha ada SHU AB 5w30 80 rb/ltr tuh, tapi tetep buat accord ane bilang masih lebih ok amsoil signature series 0w20
hadiyanfa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 189
Joined: Tue Feb 04, 2014 15:29

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by hadiyanfa »

kalvin wrote:Malem om, apa kabarnya, udah lama banget aku ga ol di serayamotor. Aku dulu terbantu banget ama masukan om turbo mengenai jenis oli (pake hx 7, karna dulu aku nanya yg murmer dan bagus) dan intensitas pake nya (yg tadinya ganti per 5000 jadi per 10000/6bulan).

Skrg aku udah ganti mobil om, pake accord cp 2011, selama ini oli pake oem honda e pro blue ganti per 10000km/6 bulan dengan viskositas 5-30. Kmrn ada temen nawarin amsoil signature series 5-30w, jadi keingetan dulu om turbo kalo ga salah bilang amsoil bagus. Pertanyaannya om:
1.amsoil signature series 5-30 ini u mesin bensin/diesel? Dan cocok ga untuk mobil aku, dia jual harga nya 160rb / ltr (kayanya ga sampe 1ltr ya om?) Kemahalan ga sih om? Untuk pake harian value for money ga om?Untuk ganti oli aku harus keluar lagi ongkos, karna dia jual aja om, ada palsunya ga om oli ini?
2.dia juga nawarin shell helix ultra 5-30 harga 130rb
3.dari amsoil, shell, dan oem honda yg aku pake paling oke yg mana om? Dan value for money yg mana? 
4. Kalo ga salah di honda ada lg yg lbh bagus dibanding yg aku pake, e pro gold tapi viskositasnya 0-20 atau 0-30 ya lupa, itu cocok ga om? Dan bagus ga?
5. Kalau ganti merk tapi sama kekentalan/beda kekentalan sama merk itu harus ganti oli filter ga om?
Tadinya mau masukin fotonya juga, tapi bingung caranya, maklum pake hp om hehe

Makasih banyak om turbo dan om2 lain buat pencerahannya hehe
Bukan maksud mau ngelangkahin om TM, tp berbagi cerita, karena record oli ane mirip2.

Awalnya ane pake HAO blue 5w30 di mobilio, saat 1.000km ganti HAO Gold 0w2p, perubahannya signifikan, mungkin faktor kekentalan yg makin encer.

Pernah coba fk massimo trinity 0w20, mantab ini oli, tp nyarinya susah dan rada mahal 1 galin 4ltr 900rb.

Kemudian pernah pajai SHU PP lupa viskositasnya, tp ujungnya 40 klo ga salah. Mobil jd lemot.

Nah terakhir ini di km 85rb ane pakai amsoil ss 0w20. Kesan pertama dangat memuaskan, ane langsung kepincut sama ini oli, harha dibawah fk massimo trinity dan ga jauh beda dg shu pp, tp kualitas sebanding bahkan better dr fk massimo trinity. Walaupun tetap ada niat ganti ke RL 0W20.

Kalau masalah value for money, sebenernya ga masuk. Yg value for money itu ya HAO Gold 0w20, secara, harga amsoil hampir 2x lipat HAO gold. Tp masalah puas, ane puas banget sama oli ini.

Klo penjelasan lbh detail dan lebih saintifik an3 serahkan ke om TM

Sent from my ASUS_Z00ED using Tapatalk
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1370
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by arfs »

Tadi siang ke Graha untuk rencana beli SHU AB 5W-30 80rb/L tapi ternyata tidak ready stock, sudah pesanan orang semua.
Menurut ko Handoko sudah sekitar 500L an dia jual. Lebih baik kontak dia dulu kalau mau beli buat tanyain stock nya.
:2gunfire: Malah ke ITC Fatmawati nya butuh perjuangan banget tadi dikarena kan pembangunan MRT.
Untung Ko Handoko nya sering makan malam di PIK, jadi pesan lewat WA (bagi yg mau no WA nya ko Handoko bisa pm saya) nanti kalau beliau mau makan ke PIK baru dianter deh oli nya (COD).

BTW promo Amsoil yg 135rb nya masih ada, malah ready stock kalau itu.

PS. om Flying Elephant (GajahTerbang) AKA Manusia Turbo (Turboman), makasih yah om buat info promo nya ini :frm_salut:
Semoga masih kebagian SHU AB nya.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
User avatar
mpvfreak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Mon Feb 15, 2016 14:47

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by mpvfreak »

Kalo di domisili ane oli oem mitsubisa sm 5w30 dibanderol sekitar 66rban per liter. Worth it kah suhu?

Boil bukan mitsu. Cuman toyota 1000cc

Ato ambil shel helik hx7 yg 10w40 ya? Masi nubie soal oli oli
Ato boleh pake yg 15w 40 supaya agak nyaman dikantong
Maksudnya oli generik itu apa ya Om?
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1370
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by arfs »

mpvfreak wrote:Kalo di domisili ane oli oem mitsubisa sm 5w30 dibanderol sekitar 66rban per liter. Worth it kah suhu?

Boil bukan mitsu. Cuman toyota 1000cc

Ato ambil shel helik hx7 yg 10w40 ya? Masi nubie soal oli oli
Ato boleh pake yg 15w 40 supaya agak nyaman dikantong
Maksudnya oli generik itu apa ya Om?
Oli generik itu oli yg merk nya satu sama merk mobil.
Seperti oli OEM Mitsubishi yg om sebutkan.

Coba cek di buku panduan manual nya, boleh pake viskositas oli nya berapa, lalu pemakaian mobil berapa km per 6 bulan nya.
Nanti kita diskusikan lagi oli apa yg cocok buat mobil om. BTW Toyota 1000cc itu model apa om? agya kah?
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
User avatar
mpvfreak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Mon Feb 15, 2016 14:47

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by mpvfreak »

arfs wrote:
mpvfreak wrote:Kalo di domisili ane oli oem mitsubisa sm 5w30 dibanderol sekitar 66rban per liter. Worth it kah suhu?

Boil bukan mitsu. Cuman toyota 1000cc

Ato ambil shel helik hx7 yg 10w40 ya? Masi nubie soal oli oli
Ato boleh pake yg 15w 40 supaya agak nyaman dikantong
Maksudnya oli generik itu apa ya Om?
Oli generik itu oli yg merk nya satu sama merk mobil.
Seperti oli OEM Mitsubishi yg om sebutkan.

Coba cek di buku panduan manual nya, boleh pake viskositas oli nya berapa, lalu pemakaian mobil berapa km per 6 bulan nya.
Nanti kita diskusikan lagi oli apa yg cocok buat mobil om. BTW Toyota 1000cc itu model apa om? agya kah?
Iya agya Om... Hehe.. Mobil rakyat ikut nimbrung..
Buku panduan uda hilang Om..
Klo di beres biasa dikasih 10w30 atau TMO 10w40 ya klo ga salah..

Cuman males aja pake yg dari oem.

Pengen coba yg ada brand nya seperti merek kerang gitu...

Klo dari TMO yg 10w40 masih lebih mahal daripada OEM nya mitsubisha trus dapat 5w30. Jadi sedikit kena racun..

Soalnya banyak yg ngeracuni pake mitsubisha 5w30. Katanya fully Syn
Harga nya cuma 60rebo plus ppn 10 persen

Kalo yang branded murmer buntut nya 40 gitu ada rekomen Om?

Armada buat harian.. Traffic jam dominan. Banyakan short trip.

Btw domisili saya di medan Om.
Thanks sebelumnya postingan saya mau ditanggapi [emoji9]



Sent from my LG-D855 using Tapatalk
ekiiii
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Thu Apr 14, 2016 9:35

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by ekiiii »

wait, 5w30 dibandrol 66rb? ekonomis bgt harganya
User avatar
mpvfreak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Mon Feb 15, 2016 14:47

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by mpvfreak »

ekiiii wrote:wait, 5w30 dibandrol 66rb? ekonomis bgt harganya
Yupp... Saya uda telpon ke beres mitsubisha.
Kata SA nya 60ribu pak blon PPN
Cuman masih Api SM
Tertarik juga sama harga nya..
Pas buat Keluarga Berencana ehemm

Tapi di mobil saya yg seblumnya. Skrg uda dijual. Batumakam epalia jeroannya mengalir oli OEM nya mereka. Kata nya sih tahan 10.000km. Tapi pas di KM 9000an uda pada OIL SLUDGE semua. Di dipstick uda kaya minyak goreng gosong. Dan tidak ada oli lagi di dipstik
Divonis mesti turun mesin.. Yah.. Terpaksa dijual dah keadaan begitu
Odometer aktual masih 54.xxxkm tahun 2012

Jadi ada agak sedikit perasaan paranoid sama oli

Makanya berilmu disini dulu. Karena master sini terkenal sangat dewa akan mesin dll

Yahh yang awam kayak kita juga mesti ngerti bukannya bawa ke beres. Dikasih minum apa juga ga tau.

Maksud hati kepengen beli oli secara terpisah dengan yg jual oli karena takut akan oli palsu.

Kalo di acehatware olinya banyak macam sama harga nya sesuai kantong ga ya?



Sent from my LG-D855 using Tapatalk
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1370
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by arfs »

mpvfreak wrote: Iya agya Om... Hehe.. Mobil rakyat ikut nimbrung..
Buku panduan uda hilang Om..
Klo di beres biasa dikasih 10w30 atau TMO 10w40 ya klo ga salah..

Cuman males aja pake yg dari oem.

Pengen coba yg ada brand nya seperti merek kerang gitu...

Klo dari TMO yg 10w40 masih lebih mahal daripada OEM nya mitsubisha trus dapat 5w30. Jadi sedikit kena racun..

Soalnya banyak yg ngeracuni pake mitsubisha 5w30. Katanya fully Syn
Harga nya cuma 60rebo plus ppn 10 persen

Kalo yang branded murmer buntut nya 40 gitu ada rekomen Om?

Armada buat harian.. Traffic jam dominan. Banyakan short trip.

Btw domisili saya di medan Om.
Thanks sebelumnya postingan saya mau ditanggapi [emoji9]
Sent from my LG-D855 using Tapatalk
Sama-sama om, disini saya juga masih belajar tentang per-olian :big_comfort:
Biasa master suhu nya disini om Turboman.

Setahu saya TMGO (Toyota Motor Genuine Oil) ada nya 5W-30 (yg sekarang sudah diganti sama 0W-20) dan 10W40.
Oli mitsubishi 5w-30 full synthetic sebetul nya harga segitu sangat ekonomis bener kata om ekii.
Kalau dari pemakaian sering kena traffic jam dan banyakan short trip lebih aman nya tapi ganti setiap 5000km.
Tapi, Coba nanti tunggu jawaban master suhu Turboman.

Kalau pakai buntut 40 takutnya nanti tarikan mesin nya berat om.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1370
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by arfs »

mpvfreak wrote: Tapi di mobil saya yg seblumnya. Skrg uda dijual. Batumakam epalia jeroannya mengalir oli OEM nya mereka. Kata nya sih tahan 10.000km. Tapi pas di KM 9000an uda pada OIL SLUDGE semua. Di dipstick uda kaya minyak goreng gosong. Dan tidak ada oli lagi di dipstik
Divonis mesti turun mesin.. Yah.. Terpaksa dijual dah keadaan begitu
Odometer aktual masih 54.xxxkm tahun 2012
Wah, tadi pagi saya cek oli di ANGL (All New Grand Livina, mesin ny sama2 HR15DE) 2013 saya yg skrg odometer nya 38rb km...
Juga sudah bau gosong. Tapi di dipstick nya masih ada oli sedikit dibawah indikator "high" nya.
Padahal oli nya sudah pakai NGO (Nissan Genuine Oil) yg Fully-Eco Synthetic 5W-30.
Kapastitas oli HR15DE yg cuman 3 liter memang membuat perputaran oli nya lebih cepat babak belur dibanding mesin 1500cc sekelas lawan nya.
Contoh saja di SX4 saya M15A nya kalau ganti oli termasuk filter nya butuh 3.9 liter, tapi biasa lansung di isi 4 liter males nyimpen 100 ml sisanya :oops:
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
User avatar
mpvfreak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Mon Feb 15, 2016 14:47

Re: RE: Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by mpvfreak »

arfs wrote:
mpvfreak wrote: Iya agya Om... Hehe.. Mobil rakyat ikut nimbrung..
Buku panduan uda hilang Om..
Klo di beres biasa dikasih 10w30 atau TMO 10w40 ya klo ga salah..

Cuman males aja pake yg dari oem.

Pengen coba yg ada brand nya seperti merek kerang gitu...

Klo dari TMO yg 10w40 masih lebih mahal daripada OEM nya mitsubisha trus dapat 5w30. Jadi sedikit kena racun..

Soalnya banyak yg ngeracuni pake mitsubisha 5w30. Katanya fully Syn
Harga nya cuma 60rebo plus ppn 10 persen

Kalo yang branded murmer buntut nya 40 gitu ada rekomen Om?

Armada buat harian.. Traffic jam dominan. Banyakan short trip.

Btw domisili saya di medan Om.
Thanks sebelumnya postingan saya mau ditanggapi [emoji9]
Sent from my LG-D855 using Tapatalk
Sama-sama om, disini saya juga masih belajar tentang per-olian :big_comfort:
Biasa master suhu nya disini om Turboman.

Setahu saya TMGO (Toyota Motor Genuine Oil) ada nya 5W-30 (yg sekarang sudah diganti sama 0W-20) dan 10W40.
Oli mitsubishi 5w-30 full synthetic sebetul nya harga segitu sangat ekonomis bener kata om ekii.
Kalau dari pemakaian sering kena traffic jam dan banyakan short trip lebih aman nya tapi ganti setiap 5000km.
Tapi, Coba nanti tunggu jawaban master suhu Turboman.

Kalau pakai buntut 40 takutnya nanti tarikan mesin nya berat om.
Iya.. Nungguin Om Turbo kasih komen..
Ekonomis ya..
Harusnya sih ga buruk2 amat ya

Tapi entah "syn" nya itu lah..

Iya secara pribadi saya lebih suka di interval 5000km. Karena iklim dan traffic kita yang banyak stop and go. Kalo kota lain di Indonesia kaga tau ya jalanannya gimana..

Kalo di medan. Mau ke mall palingan 5-8km trus mobil di parkir. Antar jemput anak sekolah pulang pergi palingan 6 kilo.

Byk short trip di medan hehe

Kalo di range harga 60-70 ribu dapet nya oli branded (maksudnya bukan branded spek dewa hehe)
apa ya yang kualitas nya bisa di adu?

Ya buat city driving aja..

Kalau buntut 30 di kondisi macet plus terik nya iklim tropis gimana ya efeknya?

Thank you [emoji5] [emoji4]


Sent from my LG-D855 using Tapatalk
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Turboman »

Semoga nanti byk yg jual hrga miring
:mky_01:

Fastron Platinum tersedia di bengkel-bengkel mulai Mei

http://otomotif.antaranews.com/berita/5 ... -mulai-mei

Menurut Eko, Pertamina Lubricants mengharapkan untuk tahap awal Fastron Platinum bisa terjual sekitar 1.000 - 5.000 liter setahun. Pelumas untuk mobil berteknologi tinggi ini tersedia dalam dua varian, tipe 10W 60 dengan harga Rp298.000 per liter dan tipe 0W 40 berharga Rp190.000 per liter.

- CUT -

Yaa yg 0W40 kalo bisa ada harga miring 120 rb sih bagus laa utk 2KD / 4D56 / GDI-T engines......xixixixixixixiixix
:big_love:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Turboman »

Another 0W20 will join the market

Federal Mobil Luncurkan Pelumas Berviskositas 0W-20

http://www.gatra.com/carsplus-domestik/ ... itas-0w-20
* Bukan ajakan Beli *