Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27641
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by DOHC »

Hansen wrote:
DOHC wrote:taon lalu ane beli kisaran 50an rebu om... mustinya skrg blom naek banyak..

kalo ane sehh tetep beli oli di atrium, dtmf atau tempat2 sentra onderdil mobil gt.... paling yahh lebi teliti aja dalam membeli.. mudah2an ga kena oli palsu... bengkel langganan rumahan jg ga jamin oli nya bener... di daerah ane biasa tinggal (pluit, sunter, serpong) ada koq beberapa bengkel yg ketangkep ane jualan oli palsu padahal harganya selangit naujubileh..
wah gimana tuh chiong ciri2 oli palsu yg ketangkep ente itu? apa yg membuat ente tau olinya palsu? share pliz...supaya nubie macam ane bisa kesiram ilmunya dikit :ungg:
ahh ilmu ane masi cetek... cuman sebatas nyium bau nya ama warna fisik nya... biasanya ane beli oli kalo di sentra2 onderdil gt, pasti ane seliter ane beli di toko oli yg resmi sperti toda misalnya... nahh trus yahh tinggal dibanding2in aja..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

Masnyabun wrote:om turbo untuk kandungan Antiwear agent itu bisa diliat tulisan yg tertera disebut apa ya ?
klo vi kan Viscosity index, TBN total base number. klo Antiwear agent apa ?
Antiwear agents pada oli :
- ZDDP / Zinc Dialkyl Dithiphosphate
- Boron
- Molybdenum
- Titanium (Liquid Titanium, lately mulai populer)

Susahnya jarang ada produsen yg mau bagi data spt Kendall misalnya, krn sebagian besar gak mau bagi data, jadi kadang kita mesti intip VOA test di forum BITOG (Virgin Oil analysis) atau hasil2 test independent lainnya.

rata rata antiwear agent pada oli :
- ZDDP (mostly)
- Boron dan Molybden ditambahkan dlm jumlah kecil, skala puluhan hingga 200 ppm. (ada yg pake 2 2 nya, ada yg salah 1 nya)
- Bbrp oli generasi baru ada yg pakai liquid Ti dlm skala 100 an ppm.

jadi zat2 tsb kita jumlahkan aja, ketemu brp ppm.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

azu wrote:om turbo mau tanya.. kalau untuk oli mesin utk flat tappet yg 5-30 bisa tahan sanpai 10rb Km dgn kisaran harga 100rban (max 120rban) apa ya? kalo bisa sih yg mudah didapat karena di bandung sini agak susah cari oli yg ga umum..

kalau fastron gold 5W-30 gimana om?

oiya untuk mobilnya suzuki r3.. lalu kalau ganti oli gearbox rekomendasinya saat Km brp om? saat ini mobil baru 7ribyan Km..

thanks :)
Kandidat yg harganya masuk sih :
- Kendall GT-1 semi synth SAE 5W30 API SN
- SHU AB / SHU 5W30 (beli di DTMF - Jkt)

Fastron Gold gak paham kandungan antiwear-nya, tapi mestinya sih oli2 API SN antiwear agent-nya sudah lebih baik drpd API SM, cuman gimanapun mesti lihat datasheet-nya dulu.

Kalo MB 229.51 nya Fastron Gold itu betulan (Approved dan bukan hanya Suitable / meet) maka itu bagussss.......krn syarat utk anti keausan 229.51 dan 229.5 itu sama tinggi-nya, hanya si .51 disyaratkan Katalik friendly.

See :
http://origin-qps.onstreammedia.com/ori ... index.html

CMIIW yach
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by imsus2c »

Turboman wrote:
azu wrote:om turbo mau tanya.. kalau untuk oli mesin utk flat tappet yg 5-30 bisa tahan sanpai 10rb Km dgn kisaran harga 100rban (max 120rban) apa ya? kalo bisa sih yg mudah didapat karena di bandung sini agak susah cari oli yg ga umum..

kalau fastron gold 5W-30 gimana om?

oiya untuk mobilnya suzuki r3.. lalu kalau ganti oli gearbox rekomendasinya saat Km brp om? saat ini mobil baru 7ribyan Km..

thanks :)
Kandidat yg harganya masuk sih :
- Kendall GT-1 semi synth SAE 5W30 API SN
- SHU AB / SHU 5W30 (beli di DTMF - Jkt)

Fastron Gold gak paham kandungan antiwear-nya, tapi mestinya sih oli2 API SN antiwear agent-nya sudah lebih baik drpd API SM, cuman gimanapun mesti lihat datasheet-nya dulu.

Kalo MB 229.51 nya Fastron Gold itu betulan (Approved dan bukan hanya Suitable / meet) maka itu bagussss.......krn syarat utk anti keausan 229.51 dan 229.5 itu sama tinggi-nya, hanya si .51 disyaratkan Katalik friendly.

See :
http://origin-qps.onstreammedia.com/ori ... index.html

CMIIW yach
rasanya sih sudah "approved" pak,
ni gambarnya tayang ulang
imsus2c wrote: Image
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
bivanos88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: Mon Jul 14, 2008 10:02

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by bivanos88 »

di website ini juga sudah tertera nama Fastron Gold

http://bevo.mercedes-benz.com/bevoliste ... chbegriff=
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by kompresorz »

Jambangan wrote:
kompresorz wrote: hahaha sekarang saya pake sainz 5w30 api SM sudah ampir 5 tahun sebelumnya pake fastron 10w40 api SL...
untuk mobil tua saya di rekomen om turbo api SL
nah mau saya ganti oli api SL cocoknya tetap 10w 40 atau lebih encer lg...ya bagus tp tdk terlalu mahal aja krn saya ganti oli mesin bukan abis jarak tempuhnya tp krn kelamaan aja....ini aja udah ampir 3 tahun kilometer pemakaian oli baru 7000km...
mobil super sama dgn mobil 1 tdk ya n apa sudah sintetis....maunya sih ganti sintetis lg
oh nyari API SL ya om?
udh mulai susah nyari API SL jaman sekarang ini
kalo mobil super API SN semi synthetic om cuma dia udh comply ke MB 229.1 kalo kata om turbo sih boleh buat mesin flat tappet
atau boleh coba rekomendasi dari om turbo ini om
Oli mesin : Jika kondisi mesin benar2 fit boleh pakai 5W40 Full Synth yg comply ke MB 229.3 / .5 / BMW LL-01
kalo 10-40 yg msh API SL yg ane tau ini om :
Motul Synergie 6100 10w-40
Image
kemaren2 nemu di ACE Hardware ama di shop & drive
udh sisa stok kyknya dah berdebu gitu kemasannya

trus di modcom nemu ini tapi harganya agak mahal
Image
katanya sih API SL tapi ane cek disini kok ga ada
http://eolcs.api.org/default.aspx
tapi comply ke ACEA B4

wah boleh jg tuh liquimoli cm kynya mahal ya biasanya produk jerman...sia2 jg nantinya kemahalan tidak kepakai maksimal...
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by kompresorz »

Turboman wrote:
kompresorz wrote: mesin sih fit om sebelum di tidurin sudah turun mesin terlebih dahulu....nah 5 40 merk apa yg bagus om n fastron gimana?
dulu brp tahun pake fastron 10w 40 pernah pake kencang bbrp x lari 190 n 200 1x n no problem cuma pindah ke sainz krn bisa ganti oli sampe 10.000 jadi saya gak bolak balik bengkel oli...tapi kalo sekarang sih oli maksimal cm sampe 5000km jg gak apa...

nah transmisi saya manual pake atf yang bagus n agak mahal jg tdk apa tapi jangan kelas yang 1liter hampir 300ribu....hehehe
kira2 cocok aja om buat mobil tua supaya masuk giginya bisa lancar n cepat kalo pas tarik2an sama kawan ditol....
skrg pake sainz gear berat masuk giginya n kadang pas paksa cepat kadang malah nanggung masuknya jd selip....
terima kasih
Utk oli 5W40 yg harga paling affordable ya either Q8 Excel atau Yacco VX 1000 (both MB 229.3), Yacco carinya hanya di Siaga Motor - Cikini, sebrang tiket ibu Dibyo.

Kalo Q8 coba ke Graha - DTMF

ATF boleh coba Redline D4 ATF, harga 150 rb / L di Graha.

wah kalo q8 sih ada di toda gading serpong dgn harga 115ribu...cuma sayang redline gak ada...
harus atur jadwal ke dutamas nih daerah macet hehehe....pdhl ternyata redline ini terkenal bagus ya..
toda ternyata sudah lama gak stok oli atf redline
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

kalo di Toda ada ATF Mobil1 dan Royal Purple buat yg kelas high end

ATF Mobil1 yg type lama yg non Multi vehicle bisa pake (yg cuman utk Dexron / Mercon)

ATF nya Q8 yg Uni Trans JK juga oke, Flash point-nya 200 deg C lebih dikit, Flash point-nya di atas rata2 ATF yg harga 100 rb. / L or under. Memang sih kalau ATF kelas high end Flash point di atas 220 deg C, tapi buat dipake di transmisi manual suhu-nya gak akan sepanas di Matic, jadi gak mutlak harus pakai ATF kelas high end.
* Bukan ajakan Beli *
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by kompresorz »

Turboman wrote:kalo di Toda ada ATF Mobil1 dan Royal Purple buat yg kelas high end

ATF Mobil1 yg type lama yg non Multi vehicle bisa pake (yg cuman utk Dexron / Mercon)

ATF nya Q8 yg Uni Trans JK juga oke, Flash point-nya 200 deg C lebih dikit, Flash point-nya di atas rata2 ATF yg harga 100 rb. / L or under. Memang sih kalau ATF kelas high end Flash point di atas 220 deg C, tapi buat dipake di transmisi manual suhu-nya gak akan sepanas di Matic, jadi gak mutlak harus pakai ATF kelas high end.
wah mantap om...saya emang dari dulu naksir merk mobil 1...cuma kalo transmisi ada waktu tidak ya itungan 6 bulan ky mesin?mau pake yg high end aja jg gak apa..klo gitu ke toda aja dekat hehehe
terima kasih
Masnyabun
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Mon Jan 07, 2013 11:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Masnyabun »

mau tanya klo Mobil 1 Synthetic ATF itu bs dpake utk spek transmisi z-1 ga ya ? yg botolnya abu abu
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

Masnyabun wrote:mau tanya klo Mobil 1 Synthetic ATF itu bs dpake utk spek transmisi z-1 ga ya ? yg botolnya abu abu
Pakai yg Multi vehicle yg botolnya abu2 tua metalik, comply ke JASO 1-A dimana Z1 itu masuk dalam keluarga JASO 1-A
* Bukan ajakan Beli *
copper rod
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Mon Jul 27, 2009 14:57

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by copper rod »

atf mobil1 multi vehicle bukannya botolnya warna biru ya om?kl yg mobil1 full syn botolnya abu2 tua...
kl tuk atf M-V selain ke2 ini,ada pilihan apalagi ya om turbo?
User avatar
MI16
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Fri Jun 17, 2011 22:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by MI16 »

ATF Mobil 1 Multipurposekah? Maksud Om Turboman?
JayuZmaN
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu Jan 24, 2013 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by JayuZmaN »

halo, saya seorang nubie...

mau tanya tentang oli mesin...
sekarang pakai YARIS 2011...

di buku manualnya tertulis begini :

Image

di gambar viskositas (SAE) yang dianjurkan itu kalo ga jelas :
---- 20w-50 ---->
------ 15w-40 ---->
------- 10w-40 ---->
------- 10w-30 ---->
<--- 5w-30 ----

===

intinya sih yang saya tau, sekarang saya pakai oli 10w-40... <-- rata2 yang ginian itu semi-sintetik, bener ga ?

pertanyaannya :
1. yang ingin saya lakukan adalah meng-upgrade oli saya jadi 5w-40... apakah ini diperbolehkan ?
2. 5w-40 dan 5w-30, mana yang lebih baik ?

thanks ya atas jawabannya... :ungg:
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2198
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by c_adhi_k »

om ada yang udah pernah nyoba castrol edge 5w-30 api SN ?
harga 120/L
lebih murah dari fastron
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27641
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by DOHC »

kayanya ane dejavu, perna ngeliat postingan ini di forum tetangga... :upss: :upss:

btw, utk mo upgret ke 5W-40... ane rasa utk yaris, apalagi yg masi usia setaonan gt mahhh amat sangat bagus buat mesin tuhh..

5w-40 dan 30 cuman beda di kekentalan nya... kalo di forum sebelah malah dibilang perbedaan nya ampir ga signifikan tuhh..


JayuZmaN wrote:halo, saya seorang nubie...

mau tanya tentang oli mesin...
sekarang pakai YARIS 2011...

di buku manualnya tertulis begini :

Image

di gambar viskositas (SAE) yang dianjurkan itu kalo ga jelas :
---- 20w-50 ---->
------ 15w-40 ---->
------- 10w-40 ---->
------- 10w-30 ---->
<--- 5w-30 ----

===

intinya sih yang saya tau, sekarang saya pakai oli 10w-40... <-- rata2 yang ginian itu semi-sintetik, bener ga ?

pertanyaannya :
1. yang ingin saya lakukan adalah meng-upgrade oli saya jadi 5w-40... apakah ini diperbolehkan ?
2. 5w-40 dan 5w-30, mana yang lebih baik ?

thanks ya atas jawabannya... :ungg:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

JayuZmaN wrote:halo, saya seorang nubie...
mau tanya tentang oli mesin...
sekarang pakai YARIS 2011...

pertanyaannya :
1. yang ingin saya lakukan adalah meng-upgrade oli saya jadi 5w-40... apakah ini diperbolehkan ?
2. 5w-40 dan 5w-30, mana yang lebih baik ?

thanks ya atas jawabannya... :ungg:
Langsung aja pakai 5W30 Full Synth gak masalah

Jujur sy pribadi agak heran dgn chart di buku manual Toyota yg ngasih perbedaan antara 10W30 & 5W30, padahal kalo ngeliat visc kinematic nya antara 5W30 dan 10w30 itu praktis sama aja, jadi kalo 10w30 diijinkan utk ambient suhu kota tropis, so does 5W30, karena saat panas kedua oli itu setara SAE 30 lurus
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2198
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by c_adhi_k »

Turboman wrote:
JayuZmaN wrote:halo, saya seorang nubie...
mau tanya tentang oli mesin...
sekarang pakai YARIS 2011...

pertanyaannya :
1. yang ingin saya lakukan adalah meng-upgrade oli saya jadi 5w-40... apakah ini diperbolehkan ?
2. 5w-40 dan 5w-30, mana yang lebih baik ?

thanks ya atas jawabannya... :ungg:
Langsung aja pakai 5W30 Full Synth gak masalah

Jujur sy pribadi agak heran dgn chart di buku manual Toyota yg ngasih perbedaan antara 10W30 & 5W30, padahal kalo ngeliat visc kinematic nya antara 5W30 dan 10w30 itu praktis sama aja, jadi kalo 10w30 diijinkan utk ambient suhu kota tropis, so does 5W30, karena saat panas kedua oli itu setara SAE 30 lurus
om turbo mau nanya
yaris kan mesinnya teknologi cukup lama, sejak 2003 kan sudah ada
tapi yang aku heran kok di buku manual disarankan pake oli 10w-30 api SL atau SM
padahal menurut newbie kemungkinan pada tahun 2003 oli dengan grade SL atau SM belum beredar
apakah toyota melakukan riset lagi or bijimane?
thx
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

c_adhi_k wrote: om turbo mau nanya
yaris kan mesinnya teknologi cukup lama, sejak 2003 kan sudah ada
tapi yang aku heran kok di buku manual disarankan pake oli 10w-30 api SL atau SM
padahal menurut newbie kemungkinan pada tahun 2003 oli dengan grade SL atau SM belum beredar
apakah toyota melakukan riset lagi or bijimane?
thx
ya khan mesin juga di update sesuai perkembangan zaman & khususnya mengikuti standard emisi terkini

Standard API SM khan itu sebetulnya ditujukan utk keawetan Cat Conv, kalo bicara lebih mana ama API SL ya jujur saya mah prefer API SL or SJ

kalo skg sih yah prefer API SN instead of SM

Btw mesin Yaris itu flat tappet ya kalo ga salah ?
* Bukan ajakan Beli *
Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3281
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Salvanost »

minta saran oli buat OS
rencana mau ambil 5w30 oli beres yg harga 55k/liter
odo masih 750km, ntar pas 1000km mau ganti sekalian cek oli lama banyak gram pa ga
Image
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by kompresorz »

@om turbo....
mana yang lebih buruk..
1.oli di mobil e36 saya 2 tahun belum tentu mencapai 2000km...kmrn sudah ganti oli mesin 5 40..oli transmisi mobil 1 ful sintetis...3 minggu br jalan 20km...masih tidur mobilnya...
2. saya baru ngeh di mobil toyota saya kalo olinya sudah lewat 4000 km....dari maksimal 10000...n sudah pas 1 tahun penggantian oli di buku servis toyota...n niat mau saya ganti hari ini ato besok...
terima kasih
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2198
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by c_adhi_k »

Turboman wrote:
c_adhi_k wrote: om turbo mau nanya
yaris kan mesinnya teknologi cukup lama, sejak 2003 kan sudah ada
tapi yang aku heran kok di buku manual disarankan pake oli 10w-30 api SL atau SM
padahal menurut newbie kemungkinan pada tahun 2003 oli dengan grade SL atau SM belum beredar
apakah toyota melakukan riset lagi or bijimane?
thx
ya khan mesin juga di update sesuai perkembangan zaman & khususnya mengikuti standard emisi terkini

Standard API SM khan itu sebetulnya ditujukan utk keawetan Cat Conv, kalo bicara lebih mana ama API SL ya jujur saya mah prefer API SL or SJ

kalo skg sih yah prefer API SN instead of SM

Btw mesin Yaris itu flat tappet ya kalo ga salah ?
kenapa prefer api SL om?
beda api SL,SM, sama SN dimananya ya ?
kurang tau om yaris flat tapped atau bukan :mky_01:
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

c_adhi_k wrote: kenapa prefer api SL om?
beda api SL,SM, sama SN dimananya ya ?
kurang tau om yaris flat tapped atau bukan :mky_01:
Kandungan antiwear-nya yg bernama ZDDP pak

ZDDP ini sangat berperan dalam perlindungan Camshaft & Rocker arm yang non roller rocker

kandungan ZDDP
API SL : 900 - 1050 ppm
API SM : 800 ppm
API SN : 800 ppm ZDDP & biasanya di + zat lain spt Moly / Boron / Titanium dlm jumlah kecil (tergantung produsennya)

API SN konon juga ada persyaratan Phosporous retention yang menjaga kandungan antiwear tetap bertahan walau oli sudah jalan jauh

Kenapa dari API SL ke SM kadar ZDDP diturunkan ? Karena demi perlindungan / keawetan Catalytic Converter, krn gimanapun juga kan ada sebagian kecil uap oli yg masuk ke ruang bakar lewat PCV / breather

Bisa Google : API SM - ZDDP
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2198
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by c_adhi_k »

Turboman wrote:
c_adhi_k wrote: kenapa prefer api SL om?
beda api SL,SM, sama SN dimananya ya ?
kurang tau om yaris flat tapped atau bukan :mky_01:
Kandungan antiwear-nya yg bernama ZDDP pak

ZDDP ini sangat berperan dalam perlindungan Camshaft & Rocker arm yang non roller rocker

kandungan ZDDP
API SL : 900 - 1050 ppm
API SM : 800 ppm
API SN : 800 ppm ZDDP & biasanya di + zat lain spt Moly / Boron / Titanium dlm jumlah kecil (tergantung produsennya)

API SN konon juga ada persyaratan Phosporous retention yang menjaga kandungan antiwear tetap bertahan walau oli sudah jalan jauh

Kenapa dari API SL ke SM kadar ZDDP diturunkan ? Karena demi perlindungan / keawetan Catalytic Converter, krn gimanapun juga kan ada sebagian kecil uap oli yg masuk ke ruang bakar lewat PCV / breather

Bisa Google : API SM - ZDDP
sebenernya kalau untuk mesin, oli dengan zddp lebih banyak lebih bagus, tetapi karena pertimbangan keawetan catalytic converter maka kandungan zddp di minimalisir
ok makasih om turbo penjelasannya
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
JayuZmaN
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu Jan 24, 2013 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by JayuZmaN »

terima kasih jawabannya bro turboman...

saya mau tanya lagi untuk pemilihan oli...
jadi setelah baca2 diskusi tentang oli, dan setelah ngecek ketersediaan barang yang ada...

saya memutuskan untuk memilih satu dari dua oli ini :
- total quartz 9000 5w-40 SM
- mobil1 5w-50 (kata penjualnya udah API SN)

cuma saya mau tanya dari segi kepantasan aja...
banyak yang bilang tentunya pilih mobil1 soalnya udah SN, tapi 5w-50 itu apakah masih tepat sasaran untuk mobil yaris 2011 ?

terima kasih untuk jawabannya... :mky_01: