Khusus - Crashed Photo Gallery - PART 01
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1588
- Joined: Thu Nov 11, 2010 15:07
- Location: medhan
Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia
Y sistem se ttp berjalan oom.mungkin si supirny ngejar setoran oom.seperti angkot2 bgt.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia
Itu kejadiannya malam ya (bukan di saat masih ada sinar matahari)? kalo malam kejadiannya dan mobil ga nyalain lampu menurut saya fatal bgt.
mengenai ngambil (nyuri) jalan di tikungan sudah cukup biasa dilakukan supir bus (bahkan mobil biasa) karena patokan lampu tadi. lebih-lebih bus besar, lebih suka nyuri jalan biar bisa menjaga kecepatan. ini kasusnya tentu tidak ada lampu dari arah depan (menandakan kosong kendaraan dari arah berlawanan).
mengenai ngambil (nyuri) jalan di tikungan sudah cukup biasa dilakukan supir bus (bahkan mobil biasa) karena patokan lampu tadi. lebih-lebih bus besar, lebih suka nyuri jalan biar bisa menjaga kecepatan. ini kasusnya tentu tidak ada lampu dari arah depan (menandakan kosong kendaraan dari arah berlawanan).
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia
hho, emg sih namanya mobil plat kuning ya..henz155 wrote:Y sistem se ttp berjalan oom.mungkin si supirny ngejar setoran oom.seperti angkot2 bgt.
iya om, kayaknya malam..saya pun pernah nyuri jalan, salah satu alasan, menjaga kecepatan tanpa membuat kendaraan oleng..tapi kebanyakan ada lampu sebelum saya belok jadi saya tau ada kendaraan lain meskipun itu motor saya tetep ngalah..tapi kalau tidak menyalakan lampu itu yang keterlaluan, jalanan lurus pun tetap berbahaya apalagi tikungan rawan seperti ini, pjr belum tentu meng coverage seluruh jalan raya tersebut bukan..zweifellos wrote:Itu kejadiannya malam ya (bukan di saat masih ada sinar matahari)? kalo malam kejadiannya dan mobil ga nyalain lampu menurut saya fatal bgt.
mengenai ngambil (nyuri) jalan di tikungan sudah cukup biasa dilakukan supir bus (bahkan mobil biasa) karena patokan lampu tadi. lebih-lebih bus besar, lebih suka nyuri jalan biar bisa menjaga kecepatan. ini kasusnya tentu tidak ada lampu dari arah depan (menandakan kosong kendaraan dari arah berlawanan).
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia
betul om, itulah yang juga saya coba tekankan. lebih parah sebenarnya menurut saya ga nyalakan lampu dibanding nyuri jalan (yang aman tentunya, memperhatikan sinar lampu dari depan, bukan asal nyuri terlebih nyurinya terlalu parah sampe mobil berjalan seluruh badannya di bagian kanan).
kalo menurut saya, yang kaya gini (tak menghidupkan lampu termasuk lampu rem) ditindak tegas khususnya kalo luar kota. lampu yang kita punya tak bisa menyorot semua keadaan yang ada didepan terlebih kita dalam keadaan bergerak.
mengenai nyuri jalan, menurut saya ini salah satu kelebihan dari jalan malam. kalo saya pikir, nyuri jalan di tikungan lebih aman ketika malam hari dibanding siang hari (siang hari mah sangat beresiko menurut saya), termasuk nyalip mobil di tikungan (tentu dengan kondisi2 tertentu). intinya, di malam hari kita bisa memprediksi ada kendaraan tidak dari arah depan ketika kita melihat tikungan di depan.
kalo menurut saya, yang kaya gini (tak menghidupkan lampu termasuk lampu rem) ditindak tegas khususnya kalo luar kota. lampu yang kita punya tak bisa menyorot semua keadaan yang ada didepan terlebih kita dalam keadaan bergerak.
mengenai nyuri jalan, menurut saya ini salah satu kelebihan dari jalan malam. kalo saya pikir, nyuri jalan di tikungan lebih aman ketika malam hari dibanding siang hari (siang hari mah sangat beresiko menurut saya), termasuk nyalip mobil di tikungan (tentu dengan kondisi2 tertentu). intinya, di malam hari kita bisa memprediksi ada kendaraan tidak dari arah depan ketika kita melihat tikungan di depan.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1588
- Joined: Thu Nov 11, 2010 15:07
- Location: medhan
Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia
Ane ampir jg nabrak gt oom.gr2 mblny kagak da lampu.ane pk HID 2 set.kelietan da bayang2 item gitu.yg gilany tiep kali itu mbl gt.penerang cm pk sentel yg LED.yg kasianny tmn ane,pas maw potong mbl depen ampe setengah ktm ini mbl.akhirny buang stir ke kiri,trus nabrak ke pohon,ampe patah itu pohon trus masuk ke selokan de.hasilny PS 3 bulan ringsek,abiz biaya perbaiki mbl 60jutaan.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia
dari depan aja susah liat mobil yang ga pake lampu. saya sering ragu kalo mau nyalip kalo ngeliat sinar dari satu mata lampu dari depan (kondisi jalan memungkinkan untuk dilalui 2 mobil+1 sepeda motor) karena takut itu yang dilihat ternyata bukan motor tapi mobil (malah mobil besar) yang lampunya mati sebelah. biasanya saya kasih lampu panjang berkali2 buat memastikan itu beneran motor. soalnya beberapa kali pas saya kasih lampu panjang, dibales lampu panjang ama yang dari arah depan (untungnya itu mobil lampu pendeknya aja mati sebelah, lampu panjangnya masih nyala).
emang susah ngeliat sesuatu di depan kalo buat saya seperti mobil berhenti tanpa ngasih lampu atau tanda (segita pengaman misalnya), orang lagi jalan, dan semacamnya.
emang susah ngeliat sesuatu di depan kalo buat saya seperti mobil berhenti tanpa ngasih lampu atau tanda (segita pengaman misalnya), orang lagi jalan, dan semacamnya.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia
aldy wrote:http://www.youtube.com/watch?v=yIlSjtZV ... re=related
![]()
maaf OOT dikit tapi lihat deh betapa bodohnya..
busettt. parah bgt tuh yg naek motor, ud tau jalanan tikungan. tetep aja nyalip2 gk pake otak.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia
kalo pengalaman ane lebaran kmrn dari bandung menuju ciater, mana jalannya sepi bgt, gelap kiri kanan hutan. kalo setiap mau masuk tikungan ane pasti tembak lampu jauh, biar sekiranya biar ane masih jauh dari tikungan kendaraan dari arah lawan bisa liat sinar lampu ane di objek lain seperti tebing, rumah penduduk, warung2 biar tau kalo ada kendaraan dari arah berlawanan sipengendara tersebut.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia
henz155 wrote:Ane ampir jg nabrak gt oom.gr2 mblny kagak da lampu.ane pk HID 2 set.kelietan da bayang2 item gitu.yg gilany tiep kali itu mbl gt.penerang cm pk sentel yg LED.yg kasianny tmn ane,pas maw potong mbl depen ampe setengah ktm ini mbl.akhirny buang stir ke kiri,trus nabrak ke pohon,ampe patah itu pohon trus masuk ke selokan de.hasilny PS 3 bulan ringsek,abiz biaya perbaiki mbl 60jutaan.
mahal bener emang ganti mesin

Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1588
- Joined: Thu Nov 11, 2010 15:07
- Location: medhan
Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia
Itu vidoe yg motorny nyalip bus y??trus laga kambing.klo g salah satria FU kan???
Ane saranin KF depen plg gelep 40% de klo tuk mbl sering keluar kota.sekarang mbl ane pasang KF vkool yg clear.yg 20%tuk ketiga kaca depen.pintu depen ma kaca depen.
Ane saranin KF depen plg gelep 40% de klo tuk mbl sering keluar kota.sekarang mbl ane pasang KF vkool yg clear.yg 20%tuk ketiga kaca depen.pintu depen ma kaca depen.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia
iya om karena kalo lampu pendek dari kita, bisa disangka yang dari arah berlawanan sinar lampu kita itu adalah sinar dari lampu dia (misalnya dia buat lampu panjang, jadi sinar lampu kita ga berasa vs sinar lampu panjang dia).m4rio wrote:kalo pengalaman ane lebaran kmrn dari bandung menuju ciater, mana jalannya sepi bgt, gelap kiri kanan hutan. kalo setiap mau masuk tikungan ane pasti tembak lampu jauh, biar sekiranya biar ane masih jauh dari tikungan kendaraan dari arah lawan bisa liat sinar lampu ane di objek lain seperti tebing, rumah penduduk, warung2 biar tau kalo ada kendaraan dari arah berlawanan sipengendara tersebut.
kalo saya biasanya lampu panjang kombinasi lampu pendek (ya sering2 naik turunin lampu). alasannya:1. biar yang dari depan sadar ada kendaraan kita (diperjelas dengan perbedaan sinar lampu panjang dan pendek) 2. kita bisa memantau juga sinar lampu dari depan (kalo kita tetap make lampu panjang takutnya seperti yang saya tulis di atas, kita menyangka sinar dari depan adalah sinar lampu panjang kita sendiri).
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia
Kalau saya sih, sepengalaman saya naik bus AKAP SK selama hampir 2 tahun, kok hampir2 mustahil rasanya, bus sekaliber SK, EKA, berani melaju tanpa lampu. Saya pernah waktu ada di wilayah Jatim, mengarah ke madiun dari Jogja, busnya sempet berhenti, karena bohlam lampunya mati satu! Padahal busnya itu model lampunya model 4 lampu utama yang menyala semua untuk lampu dekat dan jauh. Dan lampu buat bus malam AKAP, adalah senjata utamanya. So, saya kok masih sangsi kalo SK berani jalan malam tanpa lampu.
Kalo saya kok mikirnya justru pemberitaan yang terbalik. Bus SK nya yang nyerobot, tapi Elf nya yang mungkin Toji alias moto siji (lampunya cuma nyala satu). Apesnya, pas sisi lampu yang mati itulah sisi yang dilihat pertama oleh supir SK itu. Jadi supir menganggap nggada kendaraan, atau malah dianggap hanya lampu motor??? Karena (mungkin) hanya lampu senja yang diliat supir saat detik pertama berpapasan..?
Saya sering menemui hal begini waktu naik Honda Grand Jogja - Surabaya pp malem2. Kendaraan dari arah lawan, yang lampunya cuman satu menyala di sebelah kiri pengemudi, sekilas sedetik pertama saya melihat seperti lampu dua motor yang jalan beriringan, karena jarak antara lampu senja sisi pengemudi dan lampu utama kiri menjadi jauh, seolah2 dua motor beriringan. Tapi begitu 2 detik kemudian (berarti sudah 3 detik, artinya kendaraan saya sudah berjalan sejauh 66 meter, dengan kecepatan 80kpj), saya baru ngeh kalau itu MINIBUS model2 Elf gitu!!! Untung saat itu saya tidak dalam kondisi menyalip kendaraan di depan saya.
Kalo saya kok mikirnya justru pemberitaan yang terbalik. Bus SK nya yang nyerobot, tapi Elf nya yang mungkin Toji alias moto siji (lampunya cuma nyala satu). Apesnya, pas sisi lampu yang mati itulah sisi yang dilihat pertama oleh supir SK itu. Jadi supir menganggap nggada kendaraan, atau malah dianggap hanya lampu motor??? Karena (mungkin) hanya lampu senja yang diliat supir saat detik pertama berpapasan..?
Saya sering menemui hal begini waktu naik Honda Grand Jogja - Surabaya pp malem2. Kendaraan dari arah lawan, yang lampunya cuman satu menyala di sebelah kiri pengemudi, sekilas sedetik pertama saya melihat seperti lampu dua motor yang jalan beriringan, karena jarak antara lampu senja sisi pengemudi dan lampu utama kiri menjadi jauh, seolah2 dua motor beriringan. Tapi begitu 2 detik kemudian (berarti sudah 3 detik, artinya kendaraan saya sudah berjalan sejauh 66 meter, dengan kecepatan 80kpj), saya baru ngeh kalau itu MINIBUS model2 Elf gitu!!! Untung saat itu saya tidak dalam kondisi menyalip kendaraan di depan saya.

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia
yang sering saya sopirin ntah 20% apa 10-15% (vkool) dan ini menurut saya udah cukup gelap. ga tau lah kalo sampe 40%.henz155 wrote:Ane saranin KF depen plg gelep 40% de klo tuk mbl sering keluar kota.sekarang mbl ane pasang KF vkool yg clear.yg 20%tuk ketiga kaca depen.pintu depen ma kaca depen.
kalo menurut saya, maksimal 20% lah, jangan lebih. salah satu kekuatan membawa mobil (selain kemampuan) menurut saya adalah jelas tidaknya pandangan ke depan (bisa melihat sebanyak2nya informasi yang ada di depan).
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia
kalau malam memang seperti ini, saya juga sering saat pulang kebali lewat jalan yang boleh di bilang jalan maut yaitu hutan baluran kalau malam bener2 ga ada penerangan dan saya selalu nembak lampu dim saat tikungan yang sedikit nyeleneh..tapi kalau siang saya lebih suka ngasi bel..tapi lebih efektif nya tikungan tajam atau sedang baiknya di beri mirorr supaya pengemudi lain melihat..zweifellos wrote:iya om karena kalo lampu pendek dari kita, bisa disangka yang dari arah berlawanan sinar lampu kita itu adalah sinar dari lampu dia (misalnya dia buat lampu panjang, jadi sinar lampu kita ga berasa vs sinar lampu panjang dia).m4rio wrote:kalo pengalaman ane lebaran kmrn dari bandung menuju ciater, mana jalannya sepi bgt, gelap kiri kanan hutan. kalo setiap mau masuk tikungan ane pasti tembak lampu jauh, biar sekiranya biar ane masih jauh dari tikungan kendaraan dari arah lawan bisa liat sinar lampu ane di objek lain seperti tebing, rumah penduduk, warung2 biar tau kalo ada kendaraan dari arah berlawanan sipengendara tersebut.
kalo saya biasanya lampu panjang kombinasi lampu pendek (ya sering2 naik turunin lampu). alasannya:1. biar yang dari depan sadar ada kendaraan kita (diperjelas dengan perbedaan sinar lampu panjang dan pendek) 2. kita bisa memantau juga sinar lampu dari depan (kalo kita tetap make lampu panjang takutnya seperti yang saya tulis di atas, kita menyangka sinar dari depan adalah sinar lampu panjang kita sendiri).
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia
saya dulu pernah pasang KF vkool di sby minta 40% buat yang di depan..orang nya menolak dengan alasan keselamatan pengemudi kaca depan maksimal menggunakan lapisan film 20%..dan akhirnya saya setuju saja karena memang menurut saya ada benar nya..untuk kiri kanan 30-40% ini sudah cukup..zweifellos wrote:yang sering saya sopirin ntah 20% apa 10-15% (vkool) dan ini menurut saya udah cukup gelap. ga tau lah kalo sampe 40%.henz155 wrote:Ane saranin KF depen plg gelep 40% de klo tuk mbl sering keluar kota.sekarang mbl ane pasang KF vkool yg clear.yg 20%tuk ketiga kaca depen.pintu depen ma kaca depen.
kalo menurut saya, maksimal 20% lah, jangan lebih. salah satu kekuatan membawa mobil (selain kemampuan) menurut saya adalah jelas tidaknya pandangan ke depan (bisa melihat sebanyak2nya informasi yang ada di depan).
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia
kalo dari arah surabaya, sesaat setelah perempatan habis terminal bus mojokerto/pos polisi (perempatan mojokerto >< by pass >< surabaya >< mojosari)BADAK wrote:Ini yg dimaksud tikungan yg mana ya om?imsus2c wrote:tikungan bypass mojokerto situ memang rawan...
jalannya kurang bagus, gelap, blindspot lumayan besar dan kalo kepater rombongan truk, memang bisa bikin ga sabaran, makanya banyak suka yg nyelonong
belum lagi ada perempatan dari desa yg suka buat nyeberang
kebetulan saya sering lewat daerah situ
Apa tikungan yg deketnya SPBU sebelum rel kereta api?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia
Saya setuju ama om VM. Gak logis rasanya kalo bus malam melaju tanpa lampu. Justru lampulah senjata andalan mereka, untuk nyalip, nikung, ngasih kode ke kendaraan lain, dll. Entah atas dasar apa aparat berkesimpulan demikian, penasaran juga nunggunya. Habit sopir bus AKAP jelas beda banget ama habit angkot mikrolet yang memang jarang nyalain lampu, ngirit alasannya, lagian wonk dalam kota, banyak penerangan.
Das Beste oder nichts.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia
Masuk akal yang dibilang om Vanz Matic, seperti yang udah dibilang, lampu salah satu alat utama bus2 dalam berjalan malam lebih2 melahap tikungan2. Tapi ya namanya kemungkinan tetap ada bahwa si bus tak menyalakan lampu.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia
Pernah lihat avanza kaca depan pake 3M black beauty. Sebenarnya pola pikir nyeleneh itu terkait nggak ya dengan image avanza sebagai mobil murah?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia
banyak orang bilang kalau yang ane bold ini keunggulan jalan malam. pendapat ane, tetap aja kita harus ikutin aturan yang ada. kalo memang marka jalan berupa garis lurus, hindari menyalib pada ruas tersebut. tapi kalau putus2, boleh lah kita menyalib selama tidak ada mobil dari arah berlawanan atau jalur yang kita "curi" benar2 steril.zweifellos wrote:betul om, itulah yang juga saya coba tekankan. lebih parah sebenarnya menurut saya ga nyalakan lampu dibanding nyuri jalan (yang aman tentunya, memperhatikan sinar lampu dari depan, bukan asal nyuri terlebih nyurinya terlalu parah sampe mobil berjalan seluruh badannya di bagian kanan).
kalo menurut saya, yang kaya gini (tak menghidupkan lampu termasuk lampu rem) ditindak tegas khususnya kalo luar kota. lampu yang kita punya tak bisa menyorot semua keadaan yang ada didepan terlebih kita dalam keadaan bergerak.
mengenai nyuri jalan, menurut saya ini salah satu kelebihan dari jalan malam. kalo saya pikir, nyuri jalan di tikungan lebih aman ketika malam hari dibanding siang hari (siang hari mah sangat beresiko menurut saya), termasuk nyalip mobil di tikungan (tentu dengan kondisi2 tertentu). intinya, di malam hari kita bisa memprediksi ada kendaraan tidak dari arah depan ketika kita melihat tikungan di depan.
walaupun di tikungan kita bisa berpatokan lampu mobil, tapi kita tidak tahu persis apa yang ada di tikungan tersebut karena tidak terlihat. bisa jadi ada truk yang baru saja mogok di situ yang lampunya tidak menyala..

intinya, tetap ikuti aturan...
kalo marka jalan tidak ada, kita tetap memanfaatkan kemampuan jarak pandang kita. kalau tidak terlihat apa yang terjadi, tetap saja jangan menyalib...
sekedar opini dari kuli panggul....
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia
untuk wind shield, ane tetap berpatokan 0% dah... 20% menurut ane masih cukup gelap..NYoman wrote:saya dulu pernah pasang KF vkool di sby minta 40% buat yang di depan..orang nya menolak dengan alasan keselamatan pengemudi kaca depan maksimal menggunakan lapisan film 20%..dan akhirnya saya setuju saja karena memang menurut saya ada benar nya..untuk kiri kanan 30-40% ini sudah cukup..zweifellos wrote:yang sering saya sopirin ntah 20% apa 10-15% (vkool) dan ini menurut saya udah cukup gelap. ga tau lah kalo sampe 40%.henz155 wrote:Ane saranin KF depen plg gelep 40% de klo tuk mbl sering keluar kota.sekarang mbl ane pasang KF vkool yg clear.yg 20%tuk ketiga kaca depen.pintu depen ma kaca depen.
kalo menurut saya, maksimal 20% lah, jangan lebih. salah satu kekuatan membawa mobil (selain kemampuan) menurut saya adalah jelas tidaknya pandangan ke depan (bisa melihat sebanyak2nya informasi yang ada di depan).
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia
kalo menurut saya sih sah-sah aja om keluar dari batas garis tak putus selama memang dalam taraf aman. kalo kita ngomongin hal2 tak terduga susah om, itu sesuatu yang tak bisa kita kontrol. jalan dari kiripun bisa tiba2 selepas tikungan ada truk rusak lagi parkir ngambil 1 jalan bagian kiri. makanya saya bilang sebelumnya mesti tetap dalam aturan safety, memungkinkan kita bereaksi. saya kasih contoh di postingan sebelumnya, jangan sampe nyuri jalan seluruhnya (minibus l300 di tempat saya pernah saya lihat kaya gini) yang bikin teramat susah bereaksi kalo tiba2 ada bus dari depan datang.maskopat wrote:banyak orang bilang kalau yang ane bold ini keunggulan jalan malam. pendapat ane, tetap aja kita harus ikutin aturan yang ada. kalo memang marka jalan berupa garis lurus, hindari menyalib pada ruas tersebut. tapi kalau putus2, boleh lah kita menyalib selama tidak ada mobil dari arah berlawanan atau jalur yang kita "curi" benar2 steril.zweifellos wrote:betul om, itulah yang juga saya coba tekankan. lebih parah sebenarnya menurut saya ga nyalakan lampu dibanding nyuri jalan (yang aman tentunya, memperhatikan sinar lampu dari depan, bukan asal nyuri terlebih nyurinya terlalu parah sampe mobil berjalan seluruh badannya di bagian kanan).
kalo menurut saya, yang kaya gini (tak menghidupkan lampu termasuk lampu rem) ditindak tegas khususnya kalo luar kota. lampu yang kita punya tak bisa menyorot semua keadaan yang ada didepan terlebih kita dalam keadaan bergerak.
mengenai nyuri jalan, menurut saya ini salah satu kelebihan dari jalan malam. kalo saya pikir, nyuri jalan di tikungan lebih aman ketika malam hari dibanding siang hari (siang hari mah sangat beresiko menurut saya), termasuk nyalip mobil di tikungan (tentu dengan kondisi2 tertentu). intinya, di malam hari kita bisa memprediksi ada kendaraan tidak dari arah depan ketika kita melihat tikungan di depan.
walaupun di tikungan kita bisa berpatokan lampu mobil, tapi kita tidak tahu persis apa yang ada di tikungan tersebut karena tidak terlihat. bisa jadi ada truk yang baru saja mogok di situ yang lampunya tidak menyala..![]()
intinya, tetap ikuti aturan...
kalo marka jalan tidak ada, kita tetap memanfaatkan kemampuan jarak pandang kita. kalau tidak terlihat apa yang terjadi, tetap saja jangan menyalib...
sekedar opini dari kuli panggul....
saya setuju kita taat aturan tapi ada saat2 kita menurut saya bisa melanggar marka selama safety tetap jadi prioritas.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia
bukan nya maksimal tingkat kegelapan KF utk windshield adalah 40% ya? 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia
kalo dengar dari wawancara dengan seorang polisi di tv, seingat saya itu pak polisi bilang kaca samping maksimal 60%. kurang logis jika kaca depan maksimalnya 40%. CMIIW
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia
ane gak tahu adakah aturan baku atau tidak. tapi kalo ane, tetap aja yang clear...doq wrote:bukan nya maksimal tingkat kegelapan KF utk windshield adalah 40% ya?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green