mantapp.
transmisi masa depan

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Saya beli mobil thn 2007 dan kejadian tahun 2018. Sampai sekarang masih saya rawat.erwinign wrote: Wed Jun 09, 2021 16:36Soal poin 1 itu apa mungkin sebelum2 ini dijual krn emang udah gejala kena girboksnya ya om? Sepengalaman saya kok belum pernah gitu kuras ATF malah jd harus OH transmisi.iadinata wrote: Wed Jun 09, 2021 13:53 Ini pemikiran saya setelah baca dan punya pengalaman flushing oli transmisi mobil 2004. Awalnya hanya ganti oli transmisi karena beli seken dan tidak bermasalah. Kemudian mutusin flushing dan hasilnya, dalam waktu 2 bulan transmisi mesti diservis total.
Hal itu terjadi karena
1. Menggunakan oli yang benar2 bersih membuat kerja transmisi semakin berat dibandingkan oli kotor yang lengket dan bantu kinerja transmisi yang memang sudah aus karena usia. Mengganti oli dan tidak flushing adalah tindakan yg paling tepat.
2. Penggunaan alat flushing harus dipastikan bahwa alat sudah bersih dan tidak mengandung kotoran atau oli jenis lain yang dipakai membersihkan mobil sebelumnya.
3. Untuk mobil baru yang sudah jelas sejarah penggantian oli secara teratur termasuk flushing, silahkan diteruskan, tetapi ingat poin 1 jika mobil sudah berusia lebih dari 10 thn.
Semoga bermanfaat dalam menggunakan uang secara tepat.![]()
Walaupun emang banyak faktor sebenernya, sebelum2 ini ntah telat kuras ATF/salah spek ATFnya/oli ATF pas om ganti itu yg kenapa2
Bukan nyinggung om, tapi saya jd tertarik buat diskusiin special case kaya om punya
Kalau boleh tahu mobilnya apa om ? Atau salah spek olinya ? Contoh : nissan minta olinya nissan matic D, gak tahu kompatibel dengan dex 3 atau ndak, secara yg bnyk dibengkel umum dexron llliadinata wrote: Sat Jun 12, 2021 12:59Saya beli mobil thn 2007 dan kejadian tahun 2018. Sampai sekarang masih saya rawat.erwinign wrote: Wed Jun 09, 2021 16:36
Soal poin 1 itu apa mungkin sebelum2 ini dijual krn emang udah gejala kena girboksnya ya om? Sepengalaman saya kok belum pernah gitu kuras ATF malah jd harus OH transmisi.
Walaupun emang banyak faktor sebenernya, sebelum2 ini ntah telat kuras ATF/salah spek ATFnya/oli ATF pas om ganti itu yg kenapa2
Bukan nyinggung om, tapi saya jd tertarik buat diskusiin special case kaya om punya
Urusan perawatan di transmisi hanya ganti oli transmisi sampai mutusin untuk flushing di 2018.
adityabp wrote: Sun Jun 13, 2021 6:10 Mohon pencerahannya.
Ini saya sdh kurangin 300ml, kok posisi ATF di dipstick tetep segini ya? Mobil Serena C24.
Thx om. Itu kondisi mesin dingin.marmut wrote: Sun Jun 13, 2021 6:34adityabp wrote: Sun Jun 13, 2021 6:10 Mohon pencerahannya.
Ini saya sdh kurangin 300ml, kok posisi ATF di dipstick tetep segini ya? Mobil Serena C24.
entah kalo di C24 begimana cara cek atf, tapi harusnya di manual book ada pandunnya.
kalo saya, mesin sekitar suhu 75°-80°c, shifter pindahin dari atas-bawah 2-3x lalu posisikan di P dengan mesin idle, cek dipstick.
untuk fine tuning memang nggak bisa cepat om. apalagi kalau temperatur sudah lebih dari 90°c, pasti bacaan jadi lebih tinggi dari seharusnya.
kl tau gitu ga akan di flushing ya om. berarti bener jg omongan si grandpa scotty kilmer ttg flushing utk high mileage cars.iadinata wrote: Sat Jun 12, 2021 12:59Saya beli mobil thn 2007 dan kejadian tahun 2018. Sampai sekarang masih saya rawat.erwinign wrote: Wed Jun 09, 2021 16:36Soal poin 1 itu apa mungkin sebelum2 ini dijual krn emang udah gejala kena girboksnya ya om? Sepengalaman saya kok belum pernah gitu kuras ATF malah jd harus OH transmisi.iadinata wrote: Wed Jun 09, 2021 13:53 Ini pemikiran saya setelah baca dan punya pengalaman flushing oli transmisi mobil 2004. Awalnya hanya ganti oli transmisi karena beli seken dan tidak bermasalah. Kemudian mutusin flushing dan hasilnya, dalam waktu 2 bulan transmisi mesti diservis total.
Hal itu terjadi karena
1. Menggunakan oli yang benar2 bersih membuat kerja transmisi semakin berat dibandingkan oli kotor yang lengket dan bantu kinerja transmisi yang memang sudah aus karena usia. Mengganti oli dan tidak flushing adalah tindakan yg paling tepat.
2. Penggunaan alat flushing harus dipastikan bahwa alat sudah bersih dan tidak mengandung kotoran atau oli jenis lain yang dipakai membersihkan mobil sebelumnya.
3. Untuk mobil baru yang sudah jelas sejarah penggantian oli secara teratur termasuk flushing, silahkan diteruskan, tetapi ingat poin 1 jika mobil sudah berusia lebih dari 10 thn.
Semoga bermanfaat dalam menggunakan uang secara tepat.![]()
Walaupun emang banyak faktor sebenernya, sebelum2 ini ntah telat kuras ATF/salah spek ATFnya/oli ATF pas om ganti itu yg kenapa2
Bukan nyinggung om, tapi saya jd tertarik buat diskusiin special case kaya om punya
Urusan perawatan di transmisi hanya ganti oli transmisi sampai mutusin untuk flushing di 2018.
that means you don't know what you're doing. stop before you do any further damage.adityabp wrote: Sun Jun 13, 2021 8:05Thx om. Itu kondisi mesin dingin.marmut wrote: Sun Jun 13, 2021 6:34adityabp wrote: Sun Jun 13, 2021 6:10 Mohon pencerahannya.
Ini saya sdh kurangin 300ml, kok posisi ATF di dipstick tetep segini ya? Mobil Serena C24.
entah kalo di C24 begimana cara cek atf, tapi harusnya di manual book ada pandunnya.
kalo saya, mesin sekitar suhu 75°-80°c, shifter pindahin dari atas-bawah 2-3x lalu posisikan di P dengan mesin idle, cek dipstick.
untuk fine tuning memang nggak bisa cepat om. apalagi kalau temperatur sudah lebih dari 90°c, pasti bacaan jadi lebih tinggi dari seharusnya.
Waktu saya kurangi 300ml, mobil cuma saya bawa jalan 100m. Posisi oli pas di coakan yg bawah (batas max). Lha, setelah saya bawa jalan jauh, kok malah naik.
![]()
Jd inget metik mitsu jadul mbahOmnibus wrote: Sun Jun 13, 2021 10:20that means you don't know what you're doing. stop before you do any further damage.adityabp wrote: Sun Jun 13, 2021 8:05Thx om. Itu kondisi mesin dingin.marmut wrote: Sun Jun 13, 2021 6:34
entah kalo di C24 begimana cara cek atf, tapi harusnya di manual book ada pandunnya.
kalo saya, mesin sekitar suhu 75°-80°c, shifter pindahin dari atas-bawah 2-3x lalu posisikan di P dengan mesin idle, cek dipstick.
untuk fine tuning memang nggak bisa cepat om. apalagi kalau temperatur sudah lebih dari 90°c, pasti bacaan jadi lebih tinggi dari seharusnya.
Waktu saya kurangi 300ml, mobil cuma saya bawa jalan 100m. Posisi oli pas di coakan yg bawah (batas max). Lha, setelah saya bawa jalan jauh, kok malah naik.
![]()
fyi, atf volume nya bertambah dan akan terus bertambah semakin suhunya naik. makanya ada prosedur yg hrs dibaca, kapan (pada suhu berapa) dan ketika apa (mesin mati atau hidup) itu pembacaan via dipstick bisa dilakukan. setiap mobil beda2 caranya dan adanya di service manualnya. kl beruntung cari di online ada yg spill the information. kl ga tau infonya sama juga berjalan dlm gelap.
Masalahnya, panas atau dingin emg segitu tingginya. Gak berubah. Makanya saya bingung.Omnibus wrote: Sun Jun 13, 2021 10:20that means you don't know what you're doing. stop before you do any further damage.adityabp wrote: Sun Jun 13, 2021 8:05Thx om. Itu kondisi mesin dingin.marmut wrote: Sun Jun 13, 2021 6:34
entah kalo di C24 begimana cara cek atf, tapi harusnya di manual book ada pandunnya.
kalo saya, mesin sekitar suhu 75°-80°c, shifter pindahin dari atas-bawah 2-3x lalu posisikan di P dengan mesin idle, cek dipstick.
untuk fine tuning memang nggak bisa cepat om. apalagi kalau temperatur sudah lebih dari 90°c, pasti bacaan jadi lebih tinggi dari seharusnya.
Waktu saya kurangi 300ml, mobil cuma saya bawa jalan 100m. Posisi oli pas di coakan yg bawah (batas max). Lha, setelah saya bawa jalan jauh, kok malah naik.
![]()
fyi, atf volume nya bertambah dan akan terus bertambah semakin suhunya naik. makanya ada prosedur yg hrs dibaca, kapan (pada suhu berapa) dan ketika apa (mesin mati atau hidup) itu pembacaan via dipstick bisa dilakukan. setiap mobil beda2 caranya dan adanya di service manualnya. kl beruntung cari di online ada yg spill the information. kl ga tau infonya sama juga berjalan dlm gelap.
lah itu bukti fotonya bisa sampe lewat hot. berarti berubah kan.adityabp wrote: Sun Jun 13, 2021 12:05
Masalahnya, panas atau dingin emg segitu tingginya. Gak berubah. Makanya saya bingung.
Oke, ntar saya coba ikuti prosedur cek ATF yg benar.
Di manual C24 prosedurnya ditaruh di H-CVT.DOHC wrote: Sun Jun 13, 2021 11:28Jd inget metik mitsu jadul mbahOmnibus wrote: Sun Jun 13, 2021 10:20that means you don't know what you're doing. stop before you do any further damage.adityabp wrote: Sun Jun 13, 2021 8:05
Thx om. Itu kondisi mesin dingin.
Waktu saya kurangi 300ml, mobil cuma saya bawa jalan 100m. Posisi oli pas di coakan yg bawah (batas max). Lha, setelah saya bawa jalan jauh, kok malah naik.
![]()
fyi, atf volume nya bertambah dan akan terus bertambah semakin suhunya naik. makanya ada prosedur yg hrs dibaca, kapan (pada suhu berapa) dan ketika apa (mesin mati atau hidup) itu pembacaan via dipstick bisa dilakukan. setiap mobil beda2 caranya dan adanya di service manualnya. kl beruntung cari di online ada yg spill the information. kl ga tau infonya sama juga berjalan dlm gelap.
Dl d manual book nya bahkan ga bahas samsek, adanya cuman d stick nya doank tulisan hot and cold
Baca2 d bulletin servis bengkel malah baru tau kl prosedur nya, panasin mesin, ampe suhu temperatur kerja, bawa jalan sebentar (jgn stop n go) trus pindah2an in gigi, dan leave the enjin On, taruh trnasmisi di N, bukan P
Njirrr
Itu mesin dingin om. Dah parkir semalam, paginya saya cek.
Apa jangan2 cvt fluid itu sebenernya cuman minyak pelincir biasa sperti oli mesin, makanya koefisien muai nya ga segede oli2 hidrolik sperti atf atau psfadityabp wrote: Sun Jun 13, 2021 12:25Itu mesin dingin om. Dah parkir semalam, paginya saya cek.
Kalo mesin panas, segitu juga. Padahal dah jalan jauh (40an km).
bentar2 ..... tenang duluadityabp wrote: Sun Jun 13, 2021 12:22
Di manual C24 prosedurnya ditaruh di H-CVT.
Ya pantesan saya skip.
![]()
Di buku manual nya mmg disebut 2 macam ATF: Matic D3 dan H-CVT.Omnibus wrote: Sun Jun 13, 2021 12:40bentar2 ..... tenang duluadityabp wrote: Sun Jun 13, 2021 12:22
Di manual C24 prosedurnya ditaruh di H-CVT.
Ya pantesan saya skip.
![]()
C24 itu geared A/T lho bukan cvt. sejak kapan pakai NS-1?
kl ga salah dia pakai nissan matic D deh. (atau matic J)
coba cek lagi. geared AT dikasih cvt fluid sih siap2 ambrol.
serena yg pakai cvt itu C25 dan C26 (dan skrg C27 terbaru)
prosedur sama aja utk 4AT kaya gitu. ada 2 step, pertama cold (suhu 30-50), kedua hot setelah mobil dipakai minimal 5 menit (suhu 50-80). itu suhu maksudnya suhu atf bukan suhu radiator coolant. cara taunya hrs pakai scan tool.adityabp wrote: Sun Jun 13, 2021 15:29Di buku manual nya mmg disebut 2 macam ATF: Matic D3 dan H-CVT.Omnibus wrote: Sun Jun 13, 2021 12:40bentar2 ..... tenang duluadityabp wrote: Sun Jun 13, 2021 12:22
Di manual C24 prosedurnya ditaruh di H-CVT.
Ya pantesan saya skip.
![]()
C24 itu geared A/T lho bukan cvt. sejak kapan pakai NS-1?
kl ga salah dia pakai nissan matic D deh. (atau matic J)
coba cek lagi. geared AT dikasih cvt fluid sih siap2 ambrol.
serena yg pakai cvt itu C25 dan C26 (dan skrg C27 terbaru)
Tapi prosedur cek level ATF yg dibahas detail cuma yg H-CVT.
Lha, krn C24 yg di sini pake 4AT, ya saya gak baca donk prosedur cek ATFnya.
![]()
Wah mantabs om, membuktikan cvt ahond kuat juga sampai 200k dgn interval ganti 40k. Saran nubi sih tetap aja om pake hcf2, mungkin intervalnya di persingkat jadi 20-30kRyzendria wrote:Mau tanya om,
Mobil ane Mobilio 2018
Karena ini mobil perang, jadi odometer udah nyentuh di angka 200rb km
Selama ini utk ganti oli transmisi cuma pake oli honda CVTF yg 4 Liter, dan berkala setelah nyentuh 40rb an km.
Nah pertanyaannya,
Apa Yg harus ane lakukan.
1. Tetep stay di CVTF 4L
2. Ganti oli CVT aftermarket ?
Utk yg point 2, apakah harus di kuras total?
Kalau iya, butuh berapa Liter, dan langkah apa yg harus ane lakukan/antisipasi?
Terimakasih om2
yah klo comply ke dw1 gpp om, pk ptt lv-1ariswp wrote: Mon Jun 14, 2021 0:20 Disini sudah ada yang nyoba ATF yang masuk tipe LV (low visco) dan comply dexron 6 kedalam matic 5AT honda? Misal seperti aisin afw vi, total mvlv, ptt automat lv1 dll
Temen ada yang make aisin afw vi di GE8, katanya enak2 aja, gak slip dan pick up power lebih enteng
Cuma saya agak ragu utk jangka panjang,, konon matic 5AT honda desainnya berbeda, lebih mirip konstruksi automated manual transmision ketimbang geared matic lainnya yg pake planetary gear, dan kandungan ATF Z1/DW1 mengandung aditif yg agak berbeda dari ATF lain
Tapi klo baca PDS AFW VI, Automat LV1 dll tadi juga comply di DW1
Sebenernya sih udah gemes pengen ganti / kuras sekalian gitu...indeskey wrote: Sun Jun 13, 2021 18:05Wah mantabs om, membuktikan cvt ahond kuat juga sampai 200k dgn interval ganti 40k. Saran nubi sih tetap aja om pake hcf2, mungkin intervalnya di persingkat jadi 20-30kRyzendria wrote:Mau tanya om,
Mobil ane Mobilio 2018
Karena ini mobil perang, jadi odometer udah nyentuh di angka 200rb km
Selama ini utk ganti oli transmisi cuma pake oli honda CVTF yg 4 Liter, dan berkala setelah nyentuh 40rb an km.
Nah pertanyaannya,
Apa Yg harus ane lakukan.
1. Tetep stay di CVTF 4L
2. Ganti oli CVT aftermarket ?
Utk yg point 2, apakah harus di kuras total?
Kalau iya, butuh berapa Liter, dan langkah apa yg harus ane lakukan/antisipasi?
Terimakasih om2
Kalau mobil ane sudah tembus 200k, selalu pake lendir tertentu, ane akan tetap stay disitu jg.Ryzendria wrote: Sun Jun 13, 2021 17:31 Mau tanya om,
Mobil ane Mobilio 2018
Karena ini mobil perang, jadi odometer udah nyentuh di angka 200rb km
Selama ini utk ganti oli transmisi cuma pake oli honda CVTF yg 4 Liter, dan berkala setelah nyentuh 40rb an km.
Nah pertanyaannya,
Apa Yg harus ane lakukan.
1. Tetep stay di CVTF 4L
2. Ganti oli CVT aftermarket ?
Utk yg point 2, apakah harus di kuras total?
Kalau iya, butuh berapa Liter, dan langkah apa yg harus ane lakukan/antisipasi?
Terimakasih om2
Saya perna liat girbok metik oddysey 2003 ama ge8 lg di bedah, 2 2 nya mirip metik konvensional koqariswp wrote: Mon Jun 14, 2021 0:20 Disini sudah ada yang nyoba ATF yang masuk tipe LV (low visco) dan comply dexron 6 kedalam matic 5AT honda? Misal seperti aisin afw vi, total mvlv, ptt automat lv1 dll
Temen ada yang make aisin afw vi di GE8, katanya enak2 aja, gak slip dan pick up power lebih enteng
Cuma saya agak ragu utk jangka panjang,, konon matic 5AT honda desainnya berbeda, lebih mirip konstruksi automated manual transmision ketimbang geared matic lainnya yg pake planetary gear, dan kandungan ATF Z1/DW1 mengandung aditif yg agak berbeda dari ATF lain
Tapi klo baca PDS AFW VI, Automat LV1 dll tadi juga comply di DW1