Perlakuan thd aki & embel2nye....
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
halo,
Aki saya GS gold shine atau gold star gitu, kotaknya warna hijau. Saya kesulitan melihat tinggi air aki. Ada trick nya agar air aki bisa jelas terlihat?
Aki saya GS gold shine atau gold star gitu, kotaknya warna hijau. Saya kesulitan melihat tinggi air aki. Ada trick nya agar air aki bisa jelas terlihat?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
biasanya sih digoyang2 keliatan bayangan nya oom... kalo ga keliatan, satu2nya jalan dibuka atasnya dan liat airnya pake senter kalo gelap...
btw, gold shine ada yg basah sama MF. ini punya oom yg mana? jangan2 MF? wkwkwk...
btw, gold shine ada yg basah sama MF. ini punya oom yg mana? jangan2 MF? wkwkwk...

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
spt yg dah ditulis ama om peot, tinggal dibuka aja tutup akinya..... keliatan deh tinggi airnya.... klo ga keliatan.. ya pake senter.....ilhami wrote:halo,
Aki saya GS gold shine atau gold star gitu, kotaknya warna hijau. Saya kesulitan melihat tinggi air aki. Ada trick nya agar air aki bisa jelas terlihat?
so simple tohhhh......
ma kasih yeeeeee.................



-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
iya koh... selalu pake senter, pengalaman liat tengki bensin motor pake korek api pas keabisan bensin dulu waktu smp, hasilnya bledug muka ane item semua!sjamsul wrote:spt yg dah ditulis ama om peot, tinggal dibuka aja tutup akinya..... keliatan deh tinggi airnya.... klo ga keliatan.. ya pake senter.....ilhami wrote:halo,
Aki saya GS gold shine atau gold star gitu, kotaknya warna hijau. Saya kesulitan melihat tinggi air aki. Ada trick nya agar air aki bisa jelas terlihat?
so simple tohhhh......
ma kasih yeeeeee.................![]()
![]()
............


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
emangnye yg ngajarin liat tengki bensin pake korek api itu siapa ?........poeticmind wrote:iya koh... selalu pake senter, pengalaman liat tengki bensin motor pake korek api pas keabisan bensin dulu waktu smp, hasilnya bledug muka ane item semua!sjamsul wrote:spt yg dah ditulis ama om peot, tinggal dibuka aja tutup akinya..... keliatan deh tinggi airnya.... klo ga keliatan.. ya pake senter.....ilhami wrote:halo,
Aki saya GS gold shine atau gold star gitu, kotaknya warna hijau. Saya kesulitan melihat tinggi air aki. Ada trick nya agar air aki bisa jelas terlihat?
so simple tohhhh......
ma kasih yeeeeee.................![]()
![]()
............






-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
pake korek api koh! bukan senter! wkwkwkwk... ane kan curhat, koh... 


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
upsss.....sorry salah nulis...... udah ane betulin om.........poeticmind wrote:pake korek api koh! bukan senter! wkwkwkwk... ane kan curhat, koh...

mungkin saat itu msh muda, jadi kurang menyadari bahayanya..... hehehehehe.......

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
iya koh... belum pinter waktu itu... sama dengan liat aki buka tutupnya terus digoyang2 kuat..muncratlah air akinya. hahahaha!

-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
tanya lagi om,
Kalau alat jumpstart yang dicolok ke listrik ada yang jual gak ya?
Kalau pakai kabel pancing, tetangga di parkiran pada mau nggak ya..ntar pada takut rusak mobilnya gimana?
Kalau alat jumpstart yang dicolok ke listrik ada yang jual gak ya?
Kalau pakai kabel pancing, tetangga di parkiran pada mau nggak ya..ntar pada takut rusak mobilnya gimana?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
sini...sini...AD74YA wrote:Pantesan Roma item banget...

maksudnya mungkin charger accu. alat ini banyak kok dijual di toko2 parts handtools atau coba ke ACE hardware. utk pertolongan pertama, biasanya bisa dicharge sekitar 15-20menit dan coba start engine (jangan lupa melepas charger terlebih dahulu). atau jika mobil tidak digunakan sebaiknya dicharging selama minimal 12jam. (lepas konektor min dan plus nya).ilhami wrote:tanya lagi om,
Kalau alat jumpstart yang dicolok ke listrik ada yang jual gak ya?
Kalau pakai kabel pancing, tetangga di parkiran pada mau nggak ya..ntar pada takut rusak mobilnya gimana?
itu tetangga bukan takut rusak mobilnya, mungkin agak 'males' nolong...


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
kenapa aki mobil diesel ampere Hour nya lebih tinggi?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
Karena mobil diesel membutuhkan kompresi tinggi, jadi startnya lebih berat daripada mobil bensin. Makanya semakin besar cc mesin, aki yg dibutuhkan juga lebih besar.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
kenapa harus lepas charger? ane biasanya starternya pas charger masih nempel.. malah lebih enak..krrkrrkrk bruuum...poeticmind wrote: maksudnya mungkin charger accu. alat ini banyak kok dijual di toko2 parts handtools atau coba ke ACE hardware. utk pertolongan pertama, biasanya bisa dicharge sekitar 15-20menit dan coba start engine (jangan lupa melepas charger terlebih dahulu). atau jika mobil tidak digunakan sebaiknya dicharging selama minimal 12jam. (lepas konektor min dan plus nya).
itu tetangga bukan takut rusak mobilnya, mungkin agak 'males' nolong...

salah ya? mohon masukan


*di tret ini, kalo gak pake terima kasih, nanti yang jawab bilang: "makasih ye..."...

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
hmmmm...... ane ga tau nih alasan pastinya..... mungkin spy ga terjadi korslet ya.... krn saat mbl dah idup, khan ada arus dari alternator buat charge aki.... nah, klo ada 2 sumber yg buat charge aki (satu dari alternator n yg satunya dari charger) dikhawatirkan akan merusak chargernya atau bisa merusak alternatornya...... CMIIW.....maskopat wrote: kenapa harus lepas charger? ane biasanya starternya pas charger masih nempel.. malah lebih enak..krrkrrkrk bruuum...![]()
salah ya? mohon masukan![]()
![]()
*di tret ini, kalo gak pake terima kasih, nanti yang jawab bilang: "makasih ye..."...
ur welcome bro................
nyindir nih yeeeeeeeeeeeeeeeee........................... wakakakakaka........


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
yup bener... dilepas (atau cepet2 melepas setelah jreng...) agar tidak terjadi arus balik. 
yang saya masih penasaran, adalah air aki... perbedaan warna yg ada (merah, biru) dan putih (pure 100%murni, tanpa asam dll, dan bisa diminum dan bisa utk air radiator) pengaruhnya apa jika kita salah isi? hehehe!
anggap air aki kita habis, kalo hanya tersedia warna bening (pure), apa bisa tetep digunakan? padahal disana ada keterangan : bisa utk menambah air aki, bilamana airnya kurang setinggi 1cm dari separatornya.
nah... jika lebih dari 1cm, artinya air murni ini tidak dapat digunakan, begitu? jadi air yg mana sebaiknya digunakan? saya denger2 dari beberapa teman, air yg merah atau biru justru dapat merusak sel aki.
or, pake coca cola bisa?! hahahaha!

yang saya masih penasaran, adalah air aki... perbedaan warna yg ada (merah, biru) dan putih (pure 100%murni, tanpa asam dll, dan bisa diminum dan bisa utk air radiator) pengaruhnya apa jika kita salah isi? hehehe!
anggap air aki kita habis, kalo hanya tersedia warna bening (pure), apa bisa tetep digunakan? padahal disana ada keterangan : bisa utk menambah air aki, bilamana airnya kurang setinggi 1cm dari separatornya.
nah... jika lebih dari 1cm, artinya air murni ini tidak dapat digunakan, begitu? jadi air yg mana sebaiknya digunakan? saya denger2 dari beberapa teman, air yg merah atau biru justru dapat merusak sel aki.
or, pake coca cola bisa?! hahahaha!


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
poeticmind wrote:yup bener... dilepas (atau cepet2 melepas setelah jreng...) agar tidak terjadi arus balik.
yang saya masih penasaran, adalah air aki... perbedaan warna yg ada (merah, biru) dan putih (pure 100%murni, tanpa asam dll, dan bisa diminum dan bisa utk air radiator) pengaruhnya apa jika kita salah isi? hehehe!
anggap air aki kita habis, kalo hanya tersedia warna bening (pure), apa bisa tetep digunakan? padahal disana ada keterangan : bisa utk menambah air aki, bilamana airnya kurang setinggi 1cm dari separatornya.
nah... jika lebih dari 1cm, artinya air murni ini tidak dapat digunakan, begitu? jadi air yg mana sebaiknya digunakan? saya denger2 dari beberapa teman, air yg merah atau biru justru dapat merusak sel aki.
or, pake coca cola bisa?! hahahaha!

ga perlu penasaran om.... yg namanya air aki, fungsinya buat ditambahkan ke aki, jika permukaan cairan di aki dah berkurang.....yg jadi masalah adalah klo yg ditambahkan adalah 'accu zuur'.....yg mana accu zuur hanya boleh dipake saat aki msh baru, jadi pertama kali aki diisi pake accu zuur.........
klo air di aki dah berkurang cukup banyak, apalagi ampe cell di aki ga terendam air.... ada kemungkinan akan merusak aki...... krn ga diketahui dg pasti itu cell dah berapa lama ga terendam air.........klo dah begini, yg disalahkan ( ada kemungkinan ) adalah air akinya, padahal cuma kurang perawatan aja shg menyebabkan akinya tewas sebelon waktunya......

hayo peottttt..... ga boleh oot ya.............




-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
eh...akang sjamsul dah nongol...........




"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
nt dah kangen yaaaa............... sini2.......jalu wrote:eh...akang sjamsul dah nongol...........![]()
![]()






-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
duh...kumisnya nyetrum......zzzzztt.....



"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
Pernah tau gak om, ada org yg air akinya dikuras, trz diisi air zuur lg, kemudian di stroom biar idup lagi. Emang nya bisa yg kyk gini?? 

Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
biasanya pengerjaan ini dibilas dulu dengan air panas, oom... setelah itu dikeringkan dan baru diisi kembali dengan air aki, dicharger selama 24jam.
bisa sih, kadang2 lumayan bisa dipake tapi tidak lama... aki akan drop lagi karena mungkin sel2 sudah jebol.
bisa sih, kadang2 lumayan bisa dipake tapi tidak lama... aki akan drop lagi karena mungkin sel2 sudah jebol.

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
mohon petunjuk donkkk merek dan harga nya aki buat lipina 1500cc... kalo bisa aki kering sehhh... scara ntuh nissan geblek rancang saluran hidrolik kopling dibawah aki yg rentan kena rembesan aer aki....
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
jahh... kalo yg di koh sjam mahh kegedeeann om.... aki buat pesawat terbang itu...




numpang lewat aja....

