[WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by DOHC »

ZombiEE wrote:
FortunerMan wrote:
ZombiEE wrote:@FM: saya tambahkan dikit...gak memberi pusink di kemudian hari kepada owner nya..ride like a bullet.....
Ah masa sih bro? Gak ada tuh di brosurnya :mrgreen:
gak gitu penting itu...itu lah gunanya reputasi..call me a no brainer..but I dun care..duit segitu itu banyak bagi saya...tapi saya lebih mending iktin arus saja deh..drpd melawan arus ntar makan hati...laen cerita kalo ane punya duit yg byk:)...
no offense to anybody here:)

ngmg2...reputasi itu malah lebih mahal daripada fitur.....fitur bisa lgsg blek pasang..tapi reputasi itu gak bisa gitu saja jatuh dari langit....dan mnrt opini saya pribadi, ada reputasi yg bagus krn produsen juga sudah mengeluarkan biaya yg tidak sedikit utk testing, trial n error...drpd kalo ada produsen yg trial n error nya itu dalam tangan customer..apa gak kacau itu?hehehehe..sekian:)

yg ane bold itu, entah knapa ane ngerasa itu terjadi di nissan logh, terutama di jajaran kluarga nissan livina.... walaupun penyakit2 nya terkesan sepele, tapi bikin iritating jg lama2... setir bunyi, meteran ngaco, malah waktu seri2 awal rpm nya kelewat kecil ampe mesin mati, trus soal gearbox yg kluaran pertama tuh brisik ampe akhirnya keluaran berikutnya uda diganti, ntuh smua soal2 sepele sigh, tapi sbg konsumen yg beli mobil baru tentu ga mengharapkan donk bolak balik beres cuman buat urusin gtuan doank walaupun itu smua gratis, tapi tetep aja ada waktu dan tenaga yg terbuang.... untung aja nigh kluarga livina itu irit, dan suspensi nya nyaman... kalo ga sigh ane rasa banyak konsumen yg berpaling tuh.... no offence yah nissan lover and warrior....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

DOHC wrote:
yg ane bold itu, entah knapa ane ngerasa itu terjadi di nissan logh, terutama di jajaran kluarga nissan livina.... walaupun penyakit2 nya terkesan sepele, tapi bikin iritating jg lama2... setir bunyi, meteran ngaco, malah waktu seri2 awal rpm nya kelewat kecil ampe mesin mati, trus soal gearbox yg kluaran pertama tuh brisik ampe akhirnya keluaran berikutnya uda diganti, ntuh smua soal2 sepele sigh, tapi sbg konsumen yg beli mobil baru tentu ga mengharapkan donk bolak balik beres cuman buat urusin gtuan doank walaupun itu smua gratis, tapi tetep aja ada waktu dan tenaga yg terbuang.... untung aja nigh kluarga livina itu irit, dan suspensi nya nyaman... kalo ga sigh ane rasa banyak konsumen yg berpaling tuh.... no offence yah nissan lover and warrior....
makanya om, ane kagak berani beli mobil keluaran pertama... termasuk barang elektronik.. tunggu 1-2thn dulu lah...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by mandala1 »

Om kopat, bukannya biasanya barang elektronik keluaran awal lebih bagus? Kayak tipi jadul ane dari dulu sampe skr cuman remotnya doang paling yg rusak.....kalo tipi2 skr apalagi yg LCD udah cepet bgt rusaknya :mrgreen:

........ :ngacir: :ngacir:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

mandala1 wrote:Om kopat, bukannya biasanya barang elektronik keluaran awal lebih bagus? Kayak tipi jadul ane dari dulu sampe skr cuman remotnya doang paling yg rusak.....kalo tipi2 skr apalagi yg LCD udah cepet bgt rusaknya :mrgreen:

........ :ngacir: :ngacir:
ow, kalo itu iya om.. tapi kalo seri yang sama, ane mending nunggu dulu 1thn-an.. biar ketahuan belangnya dulu..
seperti kasus GL. seri2 awal ada masalah di metering BBM, dll...
juga di handphone.. mending tunggu versi "facelift" nya... :mrgreen: :mrgreen:

mungkin ini juga yang menyebabkan fortie makin laku.. karena versi facelift.. entah lah.. ane bukan market research sih.. :big_weee:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
campoeran
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2782
Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
Location: surabaya rek

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by campoeran »

tp utk kasus fortie
jujur br taun2009 ini mata selalu ngelirik ini kalo ada yg lewat
somehow makin tuwir makin sedep dipandang. agingnya bakalan maknyus dah
soale liat yg lain libido ane ndak naek :)
haha
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by zweifellos »

Captivated wrote: kan cerita parabel awalnya ttg penjual spare part, bukan entire mobil
jd mirip2 lah ama kopi :mrgreen:
kalo kita hanya bicara masalah sparepart mobil A antara satu toko dengan toko lainnya ok lah, tapi kalo udah bandingin spare part mobil A dengan mobil B menurut saya tetap ga bisa dibandingin dengan produk/sistem yang jauh lebih simple seperti kopi. spare part antara produk satu dengan lainnya sangat dipengaruhi produk itu sendiri yakni mobil.
Captivated wrote: udh pernah dibahas sblmnya, di tred ini jg di tred sblh
makanya yang saya bahas masalah yang udah didiskusikan sebelumnya dan saya sangat setuju dengan bro free????? yang jelas membedakan antara lebih aman dengan lebih jelas. yang punya ncap lebih jelas tingkat keamanannya daripada yang tidak melakukan tes serupa. apakah yang tidak ada ncap lebih tidak aman? belum tentu.

masalah apakah jadi lebih baik antara yang ada ncap dengan yang tidak ada malah urusan lain. lebih baik atau tidaknya suatu produk tidak hanya tergantung dari satu variable tapi dari banyak variable. itu kalo menurut saya om.
Captivated wrote:
zweifellos wrote: saya bingung kenapa malah masalah nanjak ngos2an sampe dibawa ke kemampuan masuk lumpur?

yang saya tau, ngos2an pas nanjak lebih dikarenakan kemampuan mesin (tenaga) dari mobil tersebut sedang masalah dilumpur lebih ditentukan oleh faktor traksi yang dipunya oleh roda sedang masalah tenaga bukan hal yang paling utama.
wah ilmu baru nih, jd kl mau maen lmpr gpp tenaga/torsi minim?
yg pntg traksi yak? hmmm.... :e-think:
bukan yang penting traksi om tapi itu lebih menentukan dibanding misalnya tenaga mobil.

contoh paling gampang ngebandingin sedan yang punya power dan torsi mantaf dengan mobil SUV aka jip jadul seperti Taft lama. ini saya bicara lumpur licin namun masing2 mobil masih tidak tersangkut oleh itu dalamnya lumpur. tentu di sini taft (yang torsi dan powernya bisa cuman setengah dari itu torsi dan power sedan) bakal lebih mudah melewati lumpur dibanding sedan.

apakah tenaga mobil tidak berpengaruh buat ngelewatin lumpur? tentu berpengaruh namun bukan yang paling penting pengaruhnya.

CMIIW.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Abu2 »

maskopat wrote:ditinggal 2 jam, rame euy.. seru... :e-clap: :e-clap:

ane mau cerita... kenal ama pedagang kaen.. kebetulan cukup dekat dengan dia.
dia jual kain, waktu itu 100rb.. karena emang modalnya sekitar 60rb.. gak laku.
trus, harganya dinaikkin jadi 200rb.. guess what? laku keras... :ungg: :ungg:

ajib2 dah pembelinya.. dimurahin malah gak laku... dinaikkin malah laku.. sopo yang salah? :big_weee: :big_weee:

bener nih..ane jg sering nemu kondisi seperti ini..baik usaha milik teman maupun sodara..

kalo kagak laku, jgn di murahin...dimahalin aja.... :mrgreen:
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by mandala1 »

Captivated wrote:bs jd bgitu om... tp yg 335jt itu grandis produksi 2009 kok, bukan 2008
keliatannya yg 2009 bukan modal lama

kl krn mslh kenaikan harga parts knp stlh dolar/yen/baht turun, partsnya naek terus?
mknya sy bandingin ama grandis, yg jg dibikin dan pake parts thai
Nt boleh percaya boleh ngga, ane sering mendapati order sparepart Grandis di picking list nya tertulis production 2007,, berarti dari sini aja udah kebaca hampir semua parts Grandis itu old stock, masih ingat ga belom lama ini ada member yg cari kaca pintu Grandis yg katanya se surabaya udah diubek2 ga ada barang, bahkan di dealer besar pun ga sanggup order? Di gudang ane ada, stock lama n pas ane liat ternyata itu deliveri thn 2006 juga....buset deh ngendog 3 taun tuh barang di gudang :)
Sedangkan kalo parts nya Innova/Fortuner begitu ane order, pasti selalu di picking list nya production 2009 bahkan kadang2 produksi di bulan yg sama dgn orderan ane....... dari situ udah keliatan bro.....kenapa harga Grandis naik nya ga banyak....masih banyak parts stock lama/ga laku.......sedangkan parts nya innova selalu update dgn produksi terbaru sehingga harganya pun terkoreksi mengikuti biaya produksi skr,,
Coba kita mundur ke blk, saingan Grandis pada jaman 2005 adalah Odyssey, dgn dimensi yg mirip, kapasitas angkut yg sama, karakter mesin yg hampir sama, tapi odyssey dibandrol jauh lebih mahal dibanding Grandis,, tapi kenapa yg laku keras justru Ody? Orang rela mengeluarkan uang lebih banyak 150'an jt demi mendapatkan Ody ketimbang Grandis, kenapa? Banyak hal2 yg berpengaruh disini selain harga yg lebih murah atau sekedar value for money.....

Mungkin agak sedikit mirip seperti yg sedang kita bicarakan sekarang : Fortuner VS Rival :)
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

mandala1 wrote: Nt boleh percaya boleh ngga, ane sering mendapati order sparepart Grandis di picking list nya tertulis production 2007,, berarti dari sini aja udah kebaca hampir semua parts Grandis itu old stock, masih ingat ga belom lama ini ada member yg cari kaca pintu Grandis yg katanya se surabaya udah diubek2 ga ada barang, bahkan di dealer besar pun ga sanggup order? Di gudang ane ada, stock lama n pas ane liat ternyata itu deliveri thn 2006 juga....buset deh ngendog 3 taun tuh barang di gudang :)
Sedangkan kalo parts nya Innova/Fortuner begitu ane order, pasti selalu di picking list nya production 2009 bahkan kadang2 produksi di bulan yg sama dgn orderan ane....... dari situ udah keliatan bro.....kenapa harga Grandis naik nya ga banyak....masih banyak parts stock lama/ga laku.......sedangkan parts nya innova selalu update dgn produksi terbaru sehingga harganya pun terkoreksi mengikuti biaya produksi skr,,
Coba kita mundur ke blk, saingan Grandis pada jaman 2005 adalah Odyssey, dgn dimensi yg mirip, kapasitas angkut yg sama, karakter mesin yg hampir sama, tapi odyssey dibandrol jauh lebih mahal dibanding Grandis,, tapi kenapa yg laku keras justru Ody? Orang rela mengeluarkan uang lebih banyak 150'an jt demi mendapatkan Ody ketimbang Grandis, kenapa? Banyak hal2 yg berpengaruh disini selain harga yg lebih murah atau sekedar value for money.....

Mungkin agak sedikit mirip seperti yg sedang kita bicarakan sekarang : Fortuner VS Rival :)
ane sih percaya om dal... tapi dengan fakta yang ente ceritakan bahwa sparepart grandis masih ada yang tahun 2006, berarti sparepart itu jarang rusak.. makanya gak ada yang beli dari toko om dal.. bukannya kalo sering rusak jadi cepet habis stok di gudang karena dicari terus?
kecuali mobilnya yang produksi 2006.. itu baru gak laku.. atau bisa juga grandis gak laku di daerah om dal... :big_weee: :big_weee:

koq kalo yang ane lihat, lebih banyak grandis ya daripada ody yang model baru... :e-think: :e-think:
nanti coba dilihat di data gaikindo.. kalo gak salah masih banyakan grandis deh...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by mandala1 »

^^hehehe.....maksudnya bukan di toko ane yg di kampung om kopat, tapi di gudang mitsu ane yg di jkt :)
Maksud ane kalo ane order ke KTB keseringan dapetnya barang2 stock lama, meskipun delivery code dari thailand thn skr tapi kan bisa keliatan production date/year nya.....kalo asumsi ane sih bukannya sparepartnya yg kuat tapi populasinya yg kurang heboh om.....jadi permintaan barang2 pun sedikit,,
Buktinya member baru (pak Rudy Kuntjoro) yg cari kaca di surabaya sampe nyerah ubek2 di sana ga dapet barangnya, bahkan di dealer besar pun ga sanggup adain permintaan kaca nya, beliau bahkan rela relain beli dari ane dgn konsekwensi harga ongkos kirim bisa lebih mahal dari barangnya sendiri,, n beliau setuju.....
Menurut ane itu salah satu bentuk Mitsu ga begitu care dgn customer passanger nya :e-naughty:

Oiya....tadi pebandingan ane diatas waktu tahun 2005'an om waktu baru sama2 keluar Grandis n Odyssey......n terbukti masih lakuan Ody (lama),, kalo Ody yg sekarang sih emang ga bisa di compare dgn Grandis donk om....harganya ajah udah beda jauuuuhhhh......(bisa 2x lipat kali) :) n Odyssey yg model baru skr sepertinya juga belum jual resmi di HPM. *cmiiw....
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by mandala1 »

campoeran wrote:tp utk kasus fortie
jujur br taun2009 ini mata selalu ngelirik ini kalo ada yg lewat
somehow makin tuwir makin sedep dipandang. agingnya bakalan maknyus dah
soale liat yg lain libido ane ndak naek :)
haha
Om campoeran skr usia brp om? Jgn2 udah puber ke-2 nih lagi demen liat yg stw...stw gitu... :upss: :big_peace:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:ya konsumen ikut andil "memberi angin"
sederhana aja sbnrnya : naik 5jt dibeli, naik 50jt ttp dibeli... pdhl kenaikan harga itu tanpa alasan yg jelas (mbl ybs tdk ada penambahan/peningkatan performa/kualitas/fitur).
jgn ngomong mslh kurs yak, cek kurs skrg brp? apalg ngomong mslh diskon, taon lalu waktu harga forti 2.5d <300jt diskonnya malah bs lbh gede dr skrg?
Hehehe...Kan kemaren saya udah kasi ilustrasi panjang lebar ttg hal2 yg juga turut berpengaruh thp penentuan suatu harga, yaitu faktor dari mobilnya sendiri (kualitas bagus, reliable, spek teknis, dsb), dan juga faktor2 luar (misalnya reputasi produsen, perceived quality dari masyarakat, resale value, dll sampe pada faktor gengsi).....Semua faktor2 diatas lah yg akhirnya menyatu dan menarik kesimpulan di titik mana harga mobil tsb dianggap wajar oleh konsumen. Dalam hal ini Fortie dengan harga lebih mahal tapi terus diinden, sebenernya merefleksikan tingginya faktor2 tsb dari kacamata konsumen.

Jadi walaupun naik 100 jt pun, kalo tetep ditubruk sama konsumennya, artinya harganya engga kemahalan, yg artinya lagi adalah harga pasarannya memang segitu. (Konsumen disini berperan sbg juri yg udah menjatuhkan vonis bahwa Fortie punya faktor2 yg disebut diatas, yg lebih tinggi dari para pesaingnya yg salesnya lebih kecil).

Kalo soal justifikasi kenaikkan harga fortuner yg "gak wajar" menurut bro Captivated, ya susah lah untuk dibahas karena kita semua disini engga ada yg tau secara pasti kenapa harga dinaikkan, spt yg saya pernah bilang sebelumnya, mungkin karena modalnya naik, mungkin juga karena toyota mao nambah profit margin......Gak ada yg tau sebenernya.
Yg ada juga kita cuma nebak2 aja kan......ujung2nya malah jadi pitnah kalo engga beneran terjadi spt yg kita sangka-kan.

IMO, mustinya kita engga usah liat kenaikkan harganya (karena gak efek jg buat kita, kecuali buat yg udah beli :mrgreen: ), mending kita liat berapa harga jualnya sekarang......masuk atau engga atau bisa ngga diserap pasar? atau termasuk good value ngga?

Itulah yg dari kemaren kita diskusikan disini: Saya bilang kalo harga "A" Rp tapi orang masih antri artinya harga "A" tsb masih masuk (keterima pasar), sedangkan bro Captivated bilang bahwa kalo harga "A" tetep dibeli, maka orang2 tsb (yg boleh dibilang mencerminkan sebagian besar pasar segmen tsb) adalah semuanya kurang bijak dan cuma "ngasi angin" doang ke toyota, yg artinya mereka udah tau diperes sama toyota, masih juga kasi uangnya dengan cuma2........

Intinya sih, IMO kalo dalam scenario diatas, orang2 tsb bukan kurang bijak atau ngasi uangnya dengan cuma2 ke TAM, melainkan mereka memang punya ekspektasi yg beda, mereka punya perceived value yg beda ke Fortuner dibanding SUV lain sehingga mereka berani bayar lebih mahal, mereka percaya bahwa kelebihan harga tsb pantas dengan value yg diberikan fortuner ke mereka gitu lho............bukan karena kurang bijak.......karena dimana2 pun, kalo orang udah tau mereka beli sesuatu yg kemahalan alias cuma buang2 uangnya aja, maka mereka gak akan mao beli tu barang.

Jg saya kayaknya dari kemaren gak pernah ngomongin ttg terpuruknya nilai rupiah di kasus Fortie ini :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:mknya gw bilang "skema/arus irrasional" krn pasar (pembeli) trs ngikut harga fortie pdhl hmpr ga ada alasan fundamental
mgkn analogi kl di harga minyak thn lalu... naik trs pdhl supply/demand ga ada mslh. opec udh tambah produksi, harga msh ditembak terus (dlm hal ini opec sih seneng2 aja sbnrnya) sampe pd satu titik dmn org2 pd nyerah (yg rugi besar adlh yg beli minyak >$100)
ini yg dinamakan irrasional. bgtu >$100 org2 udh pd teriak : ini gila! (bukan cm irrasional lg) tp byk funds/spekulan yg blg : ga tuh, minyak bs tembus $200 loh :2gunfire:
itu jg ttp murni pasar berbicara loh... tp pasar yg irrasional/gila :frm_bang_head:
Beda bro analoginya, spt yg saya bilang kemaren, analogi harga mobil gak bisa dibandingin sama naik turunnya harga stock atau komoditi......sama sekali beda.
Harga stock/komoditi itu turun naik karena pada waktu spekulan2 tsb ngebid oil future (salah satu financial derivatives), mereka cuma tuker2an kertas doang dan gak beneran terima delivery minyaknya ke rumahnya masing2....nah kalo ini baru spekulasi/spekulan BUKAN market murni karena market murni adalah perpotongan demand dan supply.
Satu2nya kesamaan adalah di bursa saham/komoditi, memang ada saat2 enak untuk spekulasi (misalnya pada saat market lagi volatile), tapi ujung2nya pasti ada yg namaya automatic adjustment dan harga balik lagi ke harga ekuilibrium/harga pasar.
Harga minyak tahun lalu juga begitu, persis kaya saham....setelah rally naik terus, pasti suatu saat akan rally lagi turun.....kalo gonjang ganjing udah selesai, harga2 saham tsb.komoditi tsb tetep selalu akan tarik-menarik tapi terjadinya bakal di deket2 harga pasar....gitu lho....

Orang yg beli oil future tadi di titik 100 dollar memang terlihat rugi karena beli kemahalan abis itu turun lagi.......tapi sebenernya engga karena pada saat harga bearish (turun), mereka tetep untung.....cuma bedanya kemaren2 mereka bid harga bakal naik, sekarang mereka bid harga bakal turun......

Orang2 yg jual/beli stok/komoditi tsb bukan tukeran asset perush atau tukeran jerigen minyak beneran, tapi cuma tukeran "angka2 imajinasi aja" atau tukeran "surat tanda terima" aja....nah karena itu harga2 saham/oil future itu bisa naik setinggi langit, bisa juga turun sampe hampir worthless (baca: hampir nol)

Sedangkan sekali lagi, harga mobil itu engga begitu.....engga bisa turun naik.
Kalo harga mobil bisa begitu, ane mah gak bakal panik kalo harga fort naik drastis, toh bakalan turun juga nanti ke deket2 titik awal. Kan engga......kalo udah naik, ya ketinggalan deh alias bayar harga baru.....turun lagi hampir gak mungkin.
Nah ini yg disebut dengan market beneran karena adanya actual delivery, yg mencerminkan bener2 adanya demand (real demand) dari masyarakat, bukan cuma ngebid future oil supaya lebih tinggi lagi, lebih tinggi lagi untuk dapetin untung semata, gak peduli dengan minyak/komoditi ygdibelinya tsb (karena belum sampe delivery, oil future tsb udah dijual dengan harga yg lebih tinggi daripada waktu dia beli)
iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by iwang »

setuju sama om risol1.."pasar" itu kan buatan para meneer2 bule di barat sana..orang2 yang gembar gembor demokrasi dan accountability (tampak muka), tapi selalu penuh dengan double standard..(tampak belakang/aslinya :D :D )
seperti dagangan futures/derivatives misalnya, alasan utamanya untuk hedging, padahal itu spekulasi, murni spekulasi..makanya jadi ngaco, wong semuanya spekulan...hehe..liat aja anggota DPR indonesia, banyakan spekulan..jadinya kan kaco?
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:utk kasus otomotif khusus di indo mmg agak unik... price list hmpr ga mgkn turun (kecuali didiskon)
mknya gw blg kenaikan harga fortie ini merugikan future buyer yg hrs nebus (unit yg sama dgn thn2 sblmnya) dgn harga yg lbh mahal dr seharusnya. iya kl stlh mrk beli harga fortie msh terus naik, lah kl pas beli hrga fortie lsg stagnan (krn asumsi hrga mbl ga mgkn turun) misal di angka 500jt, psti ada imbas ke resale value sdkt byk
rame2 org nganggap fortie kemahalan shg harga mbl bekas fortie depresiasinya misal 100jt. org yg beli fortie waktu harga 350 msh ketawa, yg beli 400 msh bs senyum2, lah yg beli 500 gmn nasibnya? ini kl cm mslh resale, gmn ketika udh beli dan banding2in ama performa/fitur/kualitas yg ditawarkan ternyata akhirnya mrk kecewa?
pasti muncul pertanyaan : loh knp beli? kan mrk berharap stlh beli 500jt, harga fortie bisa 600,700, mgkn 1m??? kan lmyn tuh... :mrgreen:
org yg beli mbl nyambi jd spekulan... ahahahaa :upss:
Harga fortie memang gak mungkin naik terus sampe indefinite. Pasti suatu saat akan nyampe titik harga dimana TAM tau kalo naikkin harga lagi akan mengurangi demand produknya. Tapi IMO, gak masalah selama memang orang yg beli Fortie tujuannya untuk pake, bukan untuk jual lagi nyari untung (spekulan)
Dan percaya deh, misalnya kalo harga fortie model sekarang mentok di 500 jt (ini engga ngomongin all new fortie ya hehehehe), maka harga bekasnya gak mungkin stagnan di "bawah" sono, pasti harga bekasnya ngikutin harga barunya. Bener banget yg beli fortie pada saat harga 350 jt yg untung, tapi yg pasti juga yg beli fortie di level 500 jt juga gak rugi

Malah kalo kita cuma itung2an dari nilai duit aja (gak pake faktor2 lain misal selera, dll):
Misalnya ada 2 mobil, ambil contoh aja Captiva bensin dan Fortuner bensin. Sekarang misalnya di thn 09 harga Captiva diesel AT 312 jt, sedangkan Fortie diesel AT 370 jt (beda 58 jt, artinya yg beli captiva bisa save 58 jt upfront).
Dalam kurun waktu 1 tahun (sampe 2010) misalnya, harga captiva gak naik, sedangkan fortie gila2an naik ke 420jt (Naik 50 jt seperti yg sering dicontohkan bro Captivated diatas).
Nah pada waktu kedua orang tsb mao jual mobilnya sekarang (tahun 2010), si Fortie valuenya gak sama spt 1 tahun lalu sebelum harga naik, melainkan ngikutin harga barunya (tarolah 09 fortie diesel AT bekas di thn 2010 pasarannya naik jadi 370 jt).
Nah kalo itung2an tsb make sense, maka supaya pemilik captiva bisa punya uang yg sama spt pemilik Fortie, dia harus bisa jual Captiva dieselnya seharga: 370jt-58jt = 312jt (alias sama harganya spt Captiva Diesel brand new) kan?

Pertanyaannya: Bisa ngga Captiva Diesel bekas umur udah 1 tahun dijual seharga baru? Kan susah sekali.
Kalo Captiva ternyata terdepresiasi 40 jt, maka di tahun 2010 si pemilik Fortie ngantongin duit lebih banyak kan? :mrgreen:

Kalaupun pembeli fortie beli mobilnya di harga tertingginya, dan ternyata harga fortie gak naik lagi........tetep aja fortie bekas mereka value nya lebih tinggi dibanding captiva diesel bekas, karena harga barunya fortie disel tetep lebih tinggi daripada Captiva.....ya wajar lah.....gak berarti harga bekasnya fortie diesel jadi sama dengan captiva disel, yg artinya orang2 yg beli forti pada rugi karena beli setinggi forti, pas jual rendah serendah captiva......kan engga gitu :mrgreen:

Kalo pembeli forti yg beli mobilnya untuk dipake sendiri dibilang spekulan, berarti orang yg beli rumah dan mikirin masak2 faktor2 spt: <letak, desain rumah, keamanan, fasilitas komplek, deket sekolahan atau engga, deket ke jalan besar atau engga, dsb> dengan harapan supaya harga rumahnya bertahan dan ada kemungkinan naik itu dibilang spekulan juga dong........ :mrgreen:

Kalo beli Fortie abis itu 3 hari lagi dijual lagi dgn harga lebih mahal (setelah harga baru naik), ya itu baru spekulan namanya :mrgreen:
Biasanya sih jaraaaanggg sekali orang2 yg berprofesi sbg spekulan mobil karena mobil bukan brg komoditi/saham, melainkan barang konsumsi yg harganya pasti turun. Kalo ane sih, Avanza aja ane takut spekulasi beli barang brand new, dengan harapan bisa dijual lagi sbg mobil barkas (baru tapi bekas karena udah balik nama) dengan harga lebih tinggi.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote: mgkn skrg br segelintir org (trmasuk gw) yg ngoceh2 mslh ini dan mmg bukan suara mayoritas... besok2 sapa tau???
ttp sah2 aja kan beropini, toh gw jg ngasih bukti bukan cm sekedar jualan obat :mrgreen:
Yah bro sah2 aja lah hehehehe, malah bagus karena ada balance of "power" :frm_salut:

Bro Captivated memang kasi argumentasi tapi IMO kayaknya argumentasi nya cuma diulang2 aja, alias cuma nyalahin pembeli fortuner sbg "pemberi angin" atau "gak bijak" atau nyalahin produsen/pasar/konsumen yg katanya "ngomporin"....
sebenernya saya masih bingung "pemberi angin/ngasih angin" dan "ngomporin" itu gimana sih?

Misal: Kalo ada 1 orang lagi perlu SUV 7 seater lalu lagi mikir masak2 mana SUV yg menurut dia paling good value?
dan setelah mempertimbangkan masak2 semua faktor dengan akal sehatnya (karena menyangkut duit yg engga sedikit), lalu memutuskan bahwa dia mao beli Fortuner.
Nah apakah itu yg bro Captivated anggap "ngasi angin" ke TAM?
Dan supaya engga dikatain sama bro Captivated "ngasi angin" atau "kurang bijak" berarti orang itu harus berbuat apa? Apakah orang tsb harus membatalkan beli Fortuner, lalu kemudian order SUV yg spek teknis nya lebih bagus dengan harga lebih murah, misal Captiva? Lalu baru bro Captivated bisa mengubah cara pandangnya ke orang ini menjadi orang yg "bijaksana" gitu?
Sori kalo ane salah tangkep dan maksud bro Captivated bukan spt diatas :mrgreen:, tapi ane cuma mao tau aja, gimana sih caranya supaya jadi konsumen bijak dan engga "ngasi angin" ke produsen? Ini beneran nanya lho :e-think:

Kalo bener ilustrasi saya diatas, berarti gak perlu kita diskusi panjang lebar lagi karena mindset toh udah terpatri bahwa "beli fortuner pokoknya salah aja" hehehe..... :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:
Risol1 wrote: Analogi lainnya supaya lebih jelas:
Misal Ada sodagar Sparepart namanya om Mandala, dan ada pengusaha angkot namanya Risol.
pertanyaan sdrhana : kalo ada toko sblh yg jual brg yg sama, penjualnya ramah, variasi brgnya sm byk, dan servisnya spt om mandala... tp murah 2rb
risol beli dmn?
Kalo semuanya bener2 bisa "being equal", ane pasti ambil yg lebih murah dong.
TAPI pertanyaan bro Captivated itu gak mungkin punya (atau hampir mustahil) bisa bener2 terjadi. :mrgreen:

Kalo misal, tarolah pake contoh Chevy, bisa assembling SUV yg identical Fortuner (semua komponen dari mesin sampe ke pentil ban pake parts aslinya fortuner), juga ada kontrak bahwa pembeli Chevy ini juga boleh pake jaringan servisnya toyota, serta ada buy back guarantee ngikutin resalenya fortuner dan berlaku seumur hidup, serta lain2nya persis spt Fortuner, TAPI dibanderol dengan 60 jt lebih murah dari real TOYOTA Fortuner, ane bakalan ambil yg murah deh :mrgreen:
Tapi pertanyaannya apakah mungkin ada produk spt itu? :e-think:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote: betul psr blg "belum skrg"... itu biasa buat anak/perusahaan mbl baru (merk2 jap jg prnh ngalamin hal bgini, dijelek2in ama merk us/eropa dulu)
tp herannya kok pasar ngomong bgtu sambil ikut mompain harga mbl yg "sdh skrg"???
maksudnya "mompain" harga mobil yg "sudah sekarang" itu gimana bro? maksudnya bikin demand mobil tinggi gitu? sehingga harga ikut naik? :mrgreen:
Bukannya malah wajar kalo pasar bilang "belum sekarang" ke produsen malay/china, artinya adalah pasar masih "suka" dengan produk yg "sudah sekarang" sehingga produk yg "sudah sekarang alias produk yg udah punya reputasi" demandnya tinggi?

Kalo pasar bilang "sudah waktunya" ke produsen malay/china, maka pasar akan bagi demand tingginya ke produsen malay/china tsb kan?

Jadi dimana gak nyambungnya? atau dimana herannya? :mrgreen:
Captivated wrote: setau ane, gm di n.america mulai jual murah br bbrp thn trakhir. itupun utk mbl2 tertentu utk ngabisin stok (krn inventory tinggi)
tp kerugian di taun2 sblmnya udh sgt gede gara2 produk2 yg boros dan overpriced
knp overpriced? dluar mslh inefisiensi dan labor cost, sampe awal thn 2000-an msh cukup byk org2 amrik yg nganggap produk buatan detroit lbh unggul dr jap
mknya gm terlena dgn hal ini, ga mslh dgn biaya buruh dan biaya2 laen, toh laku jg
bgtu mindset org amrik berubah, nah lo... cilaka 12! mau ngirit biaya2 operasional udh susah, apalg ngirit biaya overhead? mknya kolaps
IMO, pasar USDM udah sejak lama (bukannya semenjak awal thn 2000an aja) tergerus oleh hantaman produk2 impor, market share produk2 detroit udah sejak lama berkurang terus dari waktu ke waktu (bukan karena midset yg berubah sekejap). Intinya adalah kalo mereka mao berbenah diri dari dahulu bisa koq......

Yg bikin detroit terpuruk spt sekarang ini adalah karena 2 faktor utama: Harga minyak yg membubung tinggi dan krisis ekonomi sekarang sehingga sales mobilnya berkurang drastis.

Sampe sekarang pun, masih banyak orang amrik yg menganggap produk domestiknya lebih hebat daripada impor, saya juga setuju bahwa ada bbrp produk memang detroit lebih unggul daripada impor, misalnya di produk2 SUV2 gambotnya.

Kalo ttg harga, udah terkenal dari jaman jadul bahwa produk2 detroit itu gede di rebate/cashback. MSRP mobil2 V6nya mungkin sama harganya dengan MSRPnya mobil jepang sekelas yg pake I4, tapi kalo udah + rebate/cashback, mobil detroit bisa lebih murah jatohnya.
Kalo melihat soal spek teknis dan harga, jepang kalahlah dengan detroit.......TAPI tetep aja salesnya detroit makin lama makin tergerus oleh jepang (ini fakta lho, bukan cuma opini) :mrgreen:

Intinya adalah cuma bikin mobil yg spek tinggi + harga murah aja belum cukup untuk menggaet konsumen, belum cukup untuk memenangkan "pertempuran" jualan mobil :mrgreen:
Captivated wrote: tp gm di asia (dan mgkn eropa) jualan produk2 bagus dgn harga murah udh lmyn lama
mknya gm asia biasa2 aja waktu gm america kena chapter 11
Sebenernya kalo mao ditelusuri, pasti ada dampaknya chap 11 GM pusat thd GM Daewoo. GM daewoo juga benernya lagi kesulitan likuidasi karena tahun kemaren rugi 700an juta dollar, plus juga sales mobil2nya berkurang jauh dibanding tahun2 sebelumnya. Ini utangnya GM daewoo baru di defer sama KDB (Korean Dev Bank) karena gak kuat bayar utang jatuh temponya. Kebetulan KDB adalah salah satu shareholder jadi tinggal di defer utangnya.
Juga sekarang pas GM Daewoo minta suntikan dana lagi sama KDB, KDB nuntut GM pusat untuk "komitmen big presence" nya di korea (mungkin takut dipindahin ke China kali markasnya sama GM) kalo engga kucuran dana gak dikasih, sedangkan disatu sisi, GM pusat gak bisa kasi jaminan apa2 karena tangannya lagi "diborgol" sama bankruptcy court :mrgreen:
Wajarlah kalo GM Daewoo engap2an, toh yg lain2 juga gitu koq, toyota aja lagi sesak napas hehehehe.....

Juga karena mobil2 GM daewoo di luar Korea, kebanyakan pake merek corenya GM (Chevy) yg kebetulan lagi dikasi sentimen publik yg ketakutan karena kebangkrutan GM, jadinya banyak yg beralih/menunda beli mobil2 tsb. Ane yakin di sini (indo) pun ada yg defer beli chevy karena ketakutan.

Walaupun kalo soal bangkrutnya GM Daewoo sih kayaknya hampir gak mungkin kecuali kalo GM mao bunuh diri :mrgreen:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

Risol1 wrote: Sedangkan sekali lagi, harga mobil itu engga begitu.....engga bisa turun naik.
Kalo harga mobil bisa begitu, ane mah gak bakal panik kalo harga fort naik drastis, toh bakalan turun juga nanti ke deket2 titik awal. Kan engga......kalo udah naik, ya ketinggalan deh alias bayar harga baru.....turun lagi hampir gak mungkin.
Nah ini yg disebut dengan market beneran karena adanya actual delivery, yg mencerminkan bener2 adanya demand (real demand) dari masyarakat, bukan cuma ngebid future oil supaya lebih tinggi lagi, lebih tinggi lagi untuk dapetin untung semata, gak peduli dengan minyak/komoditi ygdibelinya tsb (karena belum sampe delivery, oil future tsb udah dijual dengan harga yg lebih tinggi daripada waktu dia beli)
kalo produk TAM, ane sih berani nunda.. paling diskonnya yang gede2an.. tinggal bargaining aja.. atau dapet aksesoris yang full option..
kalo gak, lihat produk lain dunk... sekarang kompetisinya sudah makin bagus...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:
Risol1 wrote: Pembeli saham ya jangan dibandingkan dengan produsen dong bro...... :mrgreen:
Pembeli saham bandinginnya dengan penjual saham (atau yg sama2 spekulan), produsen dibandingin dengan konsumen (yg sama2 berkecimpung di sektor riil dan nikmatin produk riil, bukan di sektor investasi/sektor tuker2an kertas "berharga")
Saham itu kan pada hakikatnya adalah kaya zero sum game, artinya kalo ada 1 dollar/rupiah untung, berarti disisi lain ada 1 dollar/rupiah yg rugi (atau yg akan rugi/unrealized loss.....kalo sahamnya belum dijual), Artinya bisa ditarik kesimpulan kalo risk si penjual dan si pembeli saham adalah sama gedenya.
Gak ada yg mao maen saham/investasi kalo "game"nya berat sebelah, di derivativ option sekalipun, yg keliatannya menguntungkan salah satu pihak, tetep aja sama risknya.....karena yg risknya lebih gede dicompensate dengan gedenya option fee.

Memang bisa gara2 faktor spekulasi, harga di jack up tinggi melebihi valuasi perush tsb. Tapi sebaliknya juga karena faktor spekulasi, harga saham bisa turun drastis alias lebih kecil daripada valuasi perush sebenernya.

Sebenernya spt yg saya bilang sebelumnya, kurang ada korelasi antara trend harga saham dgn trend harga mobil karena trend harga saham itu adalah naik turun, naik turun terus......Gak mungkin saham naiiiiikkkk terus, gak pernah turun.
Saham kalo udah rally naik, pasti sebentar lagi bakal rally untuk turun, jadi kalo liat grafik harga saham, itu dia naik turun naik turun naik turun terus tapi long term cenderung naik (kalo perush sehat), dan sebaliknya kalo perush sakit.
dmn gw menganalogikan produsen = pemegang saham??? :e-wall:
pemegang saham lbh tepat dianalogikan dgn existing owner (fortie)
produsen ya TAM/TMC

bener... saham ada naik-turunnya, dan harga mbl kl udh naik susah turunnya
justru itu mknya kita sbg pembeli hrs bs memberikan "kontrol" spy harganya jgn naik tanpa ada alasan jelas
ttp membeli produk yg makin n makin overpriced sangatlah tdk bijak
skl lg gw ga bs melarang org beli fortie, terserah ybs... gw cm memberikan opini :big_smoking:
Saya gak pernah bilang bro captivated ngomong produsen = pemegang saham....gak pernah :e-naughty:

Yg saya bilang itu sebaiknya kita jangan membandingkan atau mencompare produsen dengan pemegang saham, seperti tulisan bro Captivated yg di bold di bawah ini:
Captivated wrote:kbneran disinggung mslh saham/komodity/future... ini bs jd contoh yg baik
bgmn "tdk bijaknya" para pembeli (terutama funds) yg menyebabkan harga meningkat luar biasa diluar bts logika
setelah balik ke posisi "waras", resultnya byk perusahaan tumbang (bhkn yg sekelas giant)
produsen (petani, perusahaan minyak, dll) ga bakal rugi dgn kondisi bgini, malah mrk ketawa haha-hihi
yg sengsara? pembeli/spekulan! salah sndiri knapa mau ikut "arus irrasional" :mrgreen:
kl dianalogikan ke market mobil : TAM rugikah dgn perilaku pembeli indonesia? existing fortie owners rugikah?
mknya gw blg kmrn, yg kasian adlh future buyers yg hrs byr dgn harga yg jauh lbh mahal dr harga yg seharusnya
kecuali TAM nekat nurunin harga, tp mana mgkn... selama msh ada supporter/simpatisan/fans yg msh mau beli (fortie) brp pun hrganya :big_weee:
Kalo diliat diatas kan bro Captivated lagi membandingkan antara pembeli saham sebuah perusahaan dengan perusahaan/produsen tsb.....apakah saya salah waktu bilang gitu? :e-think: Pada waktu bro bilang "tidak bijaknya para pembeli funds (spekulan), padahal produsennya haha hihi" kan artinya lagi membandingkan dong? :mrgreen:

Juga gak bisa kita menganalogikan fortie owners sebagai shareholders, sedangkan TAM sebagai produsen, karena gak mrpk padanannya.
Fortie owner ya sebagai konsumen, yg pake produknya TAM (Bukan jual beli produk tam untuk investasi/spekulasi). Jadi mereka (Produsen dan Konsumen) sebenernya gak terpengaruh langsung thd kegiatan investasi/spekulasinya pemegang saham TAM :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:galant fortis bukan galant??? brarti salah dong mitsu jepang yg ngasih nama galant fortis buat jualan di jap :mrgreen:
Bukan.
Bukan salah mitsu Japan bro, itu memang policy mereka aja ganti nama lancer jadi galant fortis, tapi tetep bukan galant.

Kita kan sebagai manusia bisa berpikir sendiri secara logis apakah sesuatu itu bener atau engga, jangan karena cuma diganti namanya oleh produsennya, kitanya manggut aja :e-naughty:

Kalo kita beli accord, udah bayar harga accord 450 jt....abis itu pas yg dideliver ke rumah kita itu sebenernya sebuah civic, tapi platnya dan emblemnya bertuliskan "Accord Fortis", kira2 mao atau engga kita terima mobilnya?

Lain kata kalo Galant udah gak diprod lagi, dan Mitsu mengumumkan bahwa mitsu "lancer" sekarang akan ganti nama menjadi "Galant", nah kalo ini yg terjadi, maka Okelah lancer itu adalah the real galant sekarang walaupun artinya galant "turun kelas" bersaing dengan kelas civic/corolla.
Tapi kalo Galant mid sizenya masih ada dan masih beredar, dan mitsu cuma ganti nama lancer dengan "Galant Fortis", bukan berarti Galant Fortis = Galant
Captivated wrote:thn 2004 waktu mau ngambil kuda, salesnya blg kl galant udh diskontinue sjk 2 thn lalu
mknya gw asumsi thn 2002 galant didiskontinue ama KTB
Thn 2005 aja, Mitsu baru mulai berpikir untuk menghentikan prod galant dan kuda. Kuda aja thn 05 masih dijual.
Galant dan kuda distop produksinya berbarengan. Memang sejak thn 02/03, Galant jarang yg beli karena ya itu tadi dukungan pabrikan kurang, sebenernya sih bukan salah mobilnya karena kalo liat trend dari tahun 98 (awal galant hiu), salesnya sebenernya cukup bagus
Aiwon (Mitsubishi Community), dated Juni 10, 2005 wrote:KTB tetap akan terus menjamin ketersediaan suku cadang untuk kendaraan Mitsubishi Kuda dan Galant meskipun produksi kedua kendaraan tersebut akan dihentikan.
http://www.aiwon.com/v2/?mod=autozone&o ... ail&id=176
Suara Merdeka, dated May 11, 2005 wrote:MMC juga akan menghentikan pembuatan sedan Galant pada pabriknya di Indonesia, menutupan sebagian fasilitas dan mengurangi 300 pekerja.
http://www.suaramerdeka.com/harian/0505/11/eko1.htm
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:fortie 2009 overpriced? yes bangets :big_weee:
ya itu kan menurut bro Captivated sendiri, kalo menurut market kayaknya engga overpriced :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:
FortunerMan wrote: Sekali lagi keliru. Kualitas B lebih bagus dan terbukti dari mana? Apanya yg terbukti :mrgreen:
performa/fitur/material/encap.... ahaiahaihai
Value mobil itu bukan cuma diliat dari keempat faktor diatas aja bro, masih banyak faktor2 lain yg membentuk perceived value sebuah mobil.
Faktor2 internal mobil maupun faktor2 yg diluar mobilnya sendiri pun juga berperan sangat penting.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

Risol1 wrote:
Captivated wrote:fortie 2009 overpriced? yes bangets :big_weee:
ya itu kan menurut bro Captivated sendiri, kalo menurut market kayaknya engga overpriced :mrgreen:
kalo menurut ane, fortie, captiva, evie, ps itu semuanya overpriced... kemahalan...






























diukur dari kemampuan financial ane yah... :frm_bang_head: :frm_bang_head:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:
FortunerMan wrote: Ya itulah gunanya nama baik. Kalo Avanza di label-in Lexus (misalnya), pasti lebih mahal lagi. Kalo di label Chevrolet, pasti lebih murah. Servis Lexus jelas lebih baik dari Chevrolet, kepercayaan masyarakat terhadap Toyota jelas lebih baik drpada Chevrolet.
dua2 punya nama baik (nestle maupun mayora), pabrik2nya sama2 di indo
dua2nya dipercaya masyarakat
tp harga ttp beda.... nah lo?
ada penjelesan yg ilmiah? :mrgreen:
Gini deh, dari tadi kan kita cuma ngomongin Fortie nih dan katanya pembeli fortie semuanya gak bijak dan sukanya cuma buang duit cuma2 buat barang yg overpriced?

Sekarang kita ambil contoh aja deh, misal Captiva Diesel: Yg ane percaya bahwa bro Captivated pasti merasa orang2 yg beli ni mobil adalah orang2 yg bijak dan pinter dalam membelanjakan uangnya.
Yg ane mao tau, kenapa kalo memang udah terkenal bahwa captiva adalah pilihan orang2 bijak, tetep aja salesnya jauh lebih kecil dibanding toyota Fortuner yg udah terkenal overpriced? Tetep aja gak diinden sepanjang forti atau CRV (yg ane percaya pasti juga dicap sebagai overpriced)?

Ada penjelasan yg ilmiah? :mrgreen:

Tapi tolong jangan pake penjelasan "karena masyarakat sini gak bijak" atau "masyarakat sini ngasi angin" atau "pasar/produsen yg ngompor2in" atau "masyarakat sini yg spekulan semua" karena masalah ini bukan cuma terjadi disini aja, tapi juga terjadi di pasar2 lain misal pasar USDM yg mrpk main marketnya produk2 Chevy
Siapa tau mata ane jadi terbuka setelah denger penjelasan bro Captivated :mrgreen: