Grand Livina Users..! - Part 02

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by GTR »

harusnya bukan 45derajat kali ya, cuma sedikit mobil yg mampu nanjak 45derajat deh, maybe cuma hummer & kerabat2nya gitu.

[quote="Mixer"]baru terima inden GL 1.5 XV m/t awal bulan ini, ternyata memang power pada putaran bawahnya rada kurang ya... berhubung tanjakan masuk rumah gw skt 40-45 derajat perlu pengaturan kopling yg akurat kayaknya, sebelumnya biasa pake innova pas pake GL tanjakan mesin meraung kencang krn setengah kopling jadi ada bau gosong. sedang kalo kopling di lepas sedikit lebih banyak malah mesin mati... bingung jg neh. gara2 DBW yah.. ada saran?[/quote]
M-90
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Tue Dec 04, 2007 2:54

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by M-90 »

GL 1.5 kurang andal di tanjakan memang udah menjadi penyakit bawaan sejak lahir. Settingan gear ratio & final gear GL memang dirancang utk mengejar FC yg irit dan Top Speed yg tinggi (bisa 200kpj) dibanding kemampuan di tanjakan.

Pihak NMI harusnya mengoreksi kelemahan tsb utk GL generasi 2.
BudiDarmawan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by BudiDarmawan »

Mungkin yang perlu di garis bawahi tidak ada mobil yang bisa untuk segala fungsi dengan NYAMAN, apalagi harga cuma 150 jt

Sebagai contoh Inova tidak bisa seirit Livina 1 liter 11 KM untuk dalam kota
Grand Livina jika untuk tanjakan tidak bisa seenak Inova .. tetapi bukan berarti tidak bisa.

Bisa dengan cara Putaran mesin yang agak tinggi diatas RPM 2.000 sambil kopling dilepas perlahan sekali begitu mulai terasa mobil maju, kemudian gas ditambah tetapi kopling jangan dilepas ... kopling hanya boleh dilepas jika sudah mencapai RPM 2.000 an karena untuk tanjakan 45 derajat.
Dan type kopling Livina ... sangat sensitive tidak seperti Inova atau Panther.
M-90
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Tue Dec 04, 2007 2:54

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by M-90 »

Pd akhirnya NMI memang harus memilih, dgn format GL spt yg sekarang atau merevisinya. Kalo perlu ECU di mapping ulang agar torsi GL bisa galak di putaran bawah.

Mudah2 pihak NMI lebih bijak dalam menyikapi kemampuan GL 1.5 di tanjakan. Ingat lho GL itu family car, bukan mobil balap yg sering dibawa 200 kpj.

Mengenai FC GL vs Innova, nggak bisa dibandingkanlah nggak apple to apple.

Peace.
BudiDarmawan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by BudiDarmawan »

Yang enak itu kalau masuk tol dibuat jalan 120 KM tapi tetap santai .. mesin tetap tenang
Putaran bawah kan memang tidak untuk race ...

Saya lebih merasa putaran bawah is OK ... jarang juga dibuat nanjak sampai 45 derajat ...
tiap orang beda beda yah ..

Peace.
ddmt
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Sat Dec 15, 2007 15:59

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by ddmt »

BudiDarmawan wrote:Yang enak itu kalau masuk tol dibuat jalan 120 KM tapi tetap santai .. mesin tetap tenang
Putaran bawah kan memang tidak untuk race ...

Saya lebih merasa putaran bawah is OK ... jarang juga dibuat nanjak sampai 45 derajat ...
tiap orang beda beda yah ..

Peace.
Bener bos, expectation setiap orang memang beda2, yang penting sebelum beli mobil itu research lalu test drive, test drive & test drive :)
Apalagi kalau mobil pertama, wah lebih banyak tuh expectation-nya, krn duit segitu jaman sekarang ini susah bener utk dapetinnya.
User avatar
HilmanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 996
Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by HilmanZ »

aldy wrote:
180.jpg
Test
itu da 6500 rpm y??brani jg y narik ampir bts redline gt...hehe..mantep tnaga ptran atas ny..
User avatar
HilmanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 996
Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by HilmanZ »

M-90 wrote:Pd akhirnya NMI memang harus memilih, dgn format GL spt yg sekarang atau merevisinya. Kalo perlu ECU di mapping ulang agar torsi GL bisa galak di putaran bawah.

Mudah2 pihak NMI lebih bijak dalam menyikapi kemampuan GL 1.5 di tanjakan. Ingat lho GL itu family car, bukan mobil balap yg sering dibawa 200 kpj.

Mengenai FC GL vs Innova, nggak bisa dibandingkanlah nggak apple to apple.

Peace.
NMI ga bakal ganti format nya..dengan rasio gigi ky sdn gt dia bisa bangga2 in FC and top speed ny ny pdhl buad family car juga itu butuh bisa narik beban ckp brt and bukan lari sekencang-kencang ny..tp mank ga ad mbl yg sempurna.. :upss: :upss: :upss:
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by poeticmind »

begini... no offense ya sebelumnya...

rata2 org mengambil mobil sesuai dengan kebutuhan nya... jadi misal garasi hanya cukup honda jazz, jangan mengambil Ford Everest... punya angota keluarga lebih dari 5orang ya jangan ambil yaris...
nah, begitu pula dengan kondisi jalan yg biasa dilalui dan situasi... sesuaikan lah mobilnya...

so, jangan salahkan mobilnya... memang ada peruntukan nya...
Image
dion
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Tue May 01, 2007 7:58

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by dion »

bro poeticmind, anda bijak sekali. ya, kita ambil boil sesui peruntukannya. gue sendiri sudah puas banget dengan GL, meskipun diawal gue termasuk pengumpul kekurangan GL di sini, tapi akhirnya gue tetep ambil tuh GL 1,5AT. salah satu kelemahan, at least menurut gue, yaitu kopling, itulah mengapi akhirnya gue pilih AT. terus terang, GL lah MPV yg value for moneynya tinggi, at least SEKARANG, dan gue bisa terima kekurangan2 yg tdk signifikan menurut gue dan kondisi gue (pemakaian, jumlah keluarga, medan,budget dll).

tapi kalo dikoreksi puteran bawahnya untuk MT, gue setuju. tapi kalo itu gakbisa waktu deket, gue saranin ambil AT saja, diajak nyante bisa, 140kpj hayok, nagrek juga ok.
tukang sapu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Tue Apr 24, 2007 0:57

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by tukang sapu »

Mixer wrote:baru terima inden GL 1.5 XV m/t awal bulan ini, ternyata memang power pada putaran bawahnya rada kurang ya... berhubung tanjakan masuk rumah gw skt 40-45 derajat perlu pengaturan kopling yg akurat kayaknya, sebelumnya biasa pake innova pas pake GL tanjakan mesin meraung kencang krn setengah kopling jadi ada bau gosong. sedang kalo kopling di lepas sedikit lebih banyak malah mesin mati... bingung jg neh. gara2 DBW yah.. ada saran?
Cuma satu, jual itu mobil beli Hummer.
Btw tinggal dimana sih sampe masuk rumah aja tanjakan 40-45 derajat. Apa bumpernya gak langsung mentok tuh depan belakang?
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by datsu »

GTR wrote:sepertinya baru pada kisaran 5600rpm, CMIIW
6500RPM tuh.. gelooo .. gak ada engine cutnya apa yah? :mrgreen:
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by datsu »

Mixer wrote:baru terima inden GL 1.5 XV m/t awal bulan ini, ternyata memang power pada putaran bawahnya rada kurang ya... berhubung tanjakan masuk rumah gw skt 40-45 derajat perlu pengaturan kopling yg akurat kayaknya, sebelumnya biasa pake innova pas pake GL tanjakan mesin meraung kencang krn setengah kopling jadi ada bau gosong. sedang kalo kopling di lepas sedikit lebih banyak malah mesin mati... bingung jg neh. gara2 DBW yah.. ada saran?
Ganti pake kopling racing!! hehehe.. eh, udah ada belom yah?
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
BudiDarmawan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by BudiDarmawan »

Mixer wrote:baru terima inden GL 1.5 XV m/t awal bulan ini, ternyata memang power pada putaran bawahnya rada kurang ya... berhubung tanjakan masuk rumah gw skt 40-45 derajat perlu pengaturan kopling yg akurat kayaknya, sebelumnya biasa pake innova pas pake GL tanjakan mesin meraung kencang krn setengah kopling jadi ada bau gosong. sedang kalo kopling di lepas sedikit lebih banyak malah mesin mati... bingung jg neh. gara2 DBW yah.. ada saran?
saya dulu juga mengalami hal yang sama karena saya dulu pemakai Panther dan Kijang, tapi sekarang sudah terbiasa.
Caranya begini :
1. buat putaran mesin di 2.000 mulai lepas kopling pelan sekali,
2. begitu terasa mobil maju
3. pertahankan posisi kopling dengan gas ditambah sedikit sekali,
4. kemudian pertahankan terus(gas dan kopling) sampai mobil berjalan 1-2 meter baru boleh lepas kopling total ...

Kalau di Kijang atau panther
1. buat putaran mesin di 2.000 mulai lepas kopling pelan sekali,
2. begitu terasa mobil maju,
3. gas ditambah, lepas kopling

itulah bedanya ...
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by poeticmind »

datsu wrote:
Mixer wrote:baru terima inden GL 1.5 XV m/t awal bulan ini, ternyata memang power pada putaran bawahnya rada kurang ya... berhubung tanjakan masuk rumah gw skt 40-45 derajat perlu pengaturan kopling yg akurat kayaknya, sebelumnya biasa pake innova pas pake GL tanjakan mesin meraung kencang krn setengah kopling jadi ada bau gosong. sedang kalo kopling di lepas sedikit lebih banyak malah mesin mati... bingung jg neh. gara2 DBW yah.. ada saran?
Ganti pake kopling racing!! hehehe.. eh, udah ada belom yah?
ada, pake Nismo... partsnya ada yg pas buat Livina. karena dipersiapkan utk ikut rally ... harusnya di GL juga masuk... :)

but, buat apa bro?! hahahaha! mending tune aja mesin nya utk puteran bawah.
Image
User avatar
HilmanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 996
Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by HilmanZ »

saya awam ne om.mksd tune puteran bwh itu rubah rasio gigi ny bkn??
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by poeticmind »

wah belum seradikal itu lah, hanya tune performance sana sini... sama pake unichip gituan lah... upgrade power kok pasti...
Image
BudiDarmawan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by BudiDarmawan »

Update terbaru tentang konsumsi BBM

Sekarang saya memakai bahan bakar campur dengan perbandingan 15 Pertamax Plus dan sisanya sekitar 25 liter Premium
rute perjalan cuma senin s/d jum'at, jamnya pagi dan sore jam berangkat dan pulang kantor

1 liter = 11.4 KM

Coba kalau rutenya tidak macet (tidak jam pulang kantor) mungkin bisa dapet lebih sekitar 12 KM, apalagi kalau pakai Pertamax Plus semua sekitar 12.5,
Kalau luar kota mungkin bisa 1 liter =14-16 KM

Kalau dulu campurannya 10 liter Pertamax Plus sisanya 30 liter premium hasilnya kurang bagus yaitu 1 liter = 10.8 KM
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by poeticmind »

wah cukup bagus sekali itu bro... FC nya. :)
kalo menurut saya, 10liter P+ dan 30liter premium jangan lah... hampir ga ada pengaruhnya... hehehe!
Image
Smatic
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Wed Nov 30, 2005 11:44

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by Smatic »

aldy wrote:Bro maaf gambarnya ga bisa keluar saya masih bingung upload fotonya gmana ga keluar2??
Difoto itu ditunjukin kecepatan 180 km/h gigi 4 !! GL 1.5 XV manual standar..
Belum lagi yang 1.8 manual 6 speed gigi 4 juga tembus 180 km/h ckckck masih ada 2 gigi lagi bro bisa2 putus tu speedonya (tapi saya belum dapet fotonya)..
:e-clap: :e-clap: :e-clap:
Image
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by GTR »

antara 2 : di dyno tuh yah?..juga hanya mungkin kalo udah di-modif, since standarnya limit rpm @ 6600.
hmm...weird atau, di coreldraw doang ya krn ada noise di sebelah kanan angka "0" rpm..
lonelyguy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 184
Joined: Thu Mar 13, 2008 12:27

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by lonelyguy »

GTR wrote:antara 2 : di dyno tuh yah?..juga hanya mungkin kalo udah di-modif, since standarnya limit rpm @ 6600.
hmm...weird atau, di coreldraw doang ya krn ada noise di sebelah kanan angka "0" rpm..
setuju... paling dyno-test doang... :glodak:

honda city aja 160km/h ud agak goyang :glodak:

klo BMW ataw Mercy sih gue percaya bisa lari >180km/h stabil :beer:
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by GTR »

dyno? sptnya blm tentu juga; selain noise tadi;
1. bayangan jarum speedonya berlawanan dgn bayangan tombol reset trip.
2. warna kedua jarum beda jauh.
:e-clap: :e-clap: :e-clap:
gunawan98
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by gunawan98 »

halo
udah lama gak main-main kesini. Wah si Budi masih suka main kesini yah? Apa gak bosen bahas terus? :D

btw, gw mah enjoy aja naek ini mobil.. Sip lah.
Ada kabar terbaru gak?
gunawan98
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by gunawan98 »

Smatic wrote:
aldy wrote:Bro maaf gambarnya ga bisa keluar saya masih bingung upload fotonya gmana ga keluar2??
Difoto itu ditunjukin kecepatan 180 km/h gigi 4 !! GL 1.5 XV manual standar..
Belum lagi yang 1.8 manual 6 speed gigi 4 juga tembus 180 km/h ckckck masih ada 2 gigi lagi bro bisa2 putus tu speedonya (tapi saya belum dapet fotonya)..
:e-clap: :e-clap: :e-clap:
Image
yang ini kayaknya bukan dashboard/speedo livina deh.. koq gak sama seperti punya gw (1.5XV manual).

kalo yang di halaman sebelah, yang di post ama si aldy, nah itu emang speedometer livina.
cuman terus terang gigi 4 bisa lari segitu, gw koq gak yakin yah, kalo gigi 5 mungkin bisa yah...
paling kenceng yang gw pernah coba 140km / jam, gigi 5, rpm 3950. Itu aja gw dah takut celaka tuh... Gw coba di tol Sidoarjo - Porong. Dari 140 km/jam, gw merasa ada tenaga lagi koq ke arah 160-170. Tapi akal sehat gw melarang.. Soalnya bawa 5 orang tambahan (keluarga gw).