Grand Livina Users..! - Part 02
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Grand Livina Users..! - Part 02
harusnya bukan 45derajat kali ya, cuma sedikit mobil yg mampu nanjak 45derajat deh, maybe cuma hummer & kerabat2nya gitu.
[quote="Mixer"]baru terima inden GL 1.5 XV m/t awal bulan ini, ternyata memang power pada putaran bawahnya rada kurang ya... berhubung tanjakan masuk rumah gw skt 40-45 derajat perlu pengaturan kopling yg akurat kayaknya, sebelumnya biasa pake innova pas pake GL tanjakan mesin meraung kencang krn setengah kopling jadi ada bau gosong. sedang kalo kopling di lepas sedikit lebih banyak malah mesin mati... bingung jg neh. gara2 DBW yah.. ada saran?[/quote]
[quote="Mixer"]baru terima inden GL 1.5 XV m/t awal bulan ini, ternyata memang power pada putaran bawahnya rada kurang ya... berhubung tanjakan masuk rumah gw skt 40-45 derajat perlu pengaturan kopling yg akurat kayaknya, sebelumnya biasa pake innova pas pake GL tanjakan mesin meraung kencang krn setengah kopling jadi ada bau gosong. sedang kalo kopling di lepas sedikit lebih banyak malah mesin mati... bingung jg neh. gara2 DBW yah.. ada saran?[/quote]
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 326
- Joined: Tue Dec 04, 2007 2:54
Re: Grand Livina Users..! - Part 02
GL 1.5 kurang andal di tanjakan memang udah menjadi penyakit bawaan sejak lahir. Settingan gear ratio & final gear GL memang dirancang utk mengejar FC yg irit dan Top Speed yg tinggi (bisa 200kpj) dibanding kemampuan di tanjakan.
Pihak NMI harusnya mengoreksi kelemahan tsb utk GL generasi 2.
Pihak NMI harusnya mengoreksi kelemahan tsb utk GL generasi 2.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41
Re: Grand Livina Users..! - Part 02
Mungkin yang perlu di garis bawahi tidak ada mobil yang bisa untuk segala fungsi dengan NYAMAN, apalagi harga cuma 150 jt
Sebagai contoh Inova tidak bisa seirit Livina 1 liter 11 KM untuk dalam kota
Grand Livina jika untuk tanjakan tidak bisa seenak Inova .. tetapi bukan berarti tidak bisa.
Bisa dengan cara Putaran mesin yang agak tinggi diatas RPM 2.000 sambil kopling dilepas perlahan sekali begitu mulai terasa mobil maju, kemudian gas ditambah tetapi kopling jangan dilepas ... kopling hanya boleh dilepas jika sudah mencapai RPM 2.000 an karena untuk tanjakan 45 derajat.
Dan type kopling Livina ... sangat sensitive tidak seperti Inova atau Panther.
Sebagai contoh Inova tidak bisa seirit Livina 1 liter 11 KM untuk dalam kota
Grand Livina jika untuk tanjakan tidak bisa seenak Inova .. tetapi bukan berarti tidak bisa.
Bisa dengan cara Putaran mesin yang agak tinggi diatas RPM 2.000 sambil kopling dilepas perlahan sekali begitu mulai terasa mobil maju, kemudian gas ditambah tetapi kopling jangan dilepas ... kopling hanya boleh dilepas jika sudah mencapai RPM 2.000 an karena untuk tanjakan 45 derajat.
Dan type kopling Livina ... sangat sensitive tidak seperti Inova atau Panther.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 326
- Joined: Tue Dec 04, 2007 2:54
Re: Grand Livina Users..! - Part 02
Pd akhirnya NMI memang harus memilih, dgn format GL spt yg sekarang atau merevisinya. Kalo perlu ECU di mapping ulang agar torsi GL bisa galak di putaran bawah.
Mudah2 pihak NMI lebih bijak dalam menyikapi kemampuan GL 1.5 di tanjakan. Ingat lho GL itu family car, bukan mobil balap yg sering dibawa 200 kpj.
Mengenai FC GL vs Innova, nggak bisa dibandingkanlah nggak apple to apple.
Peace.
Mudah2 pihak NMI lebih bijak dalam menyikapi kemampuan GL 1.5 di tanjakan. Ingat lho GL itu family car, bukan mobil balap yg sering dibawa 200 kpj.
Mengenai FC GL vs Innova, nggak bisa dibandingkanlah nggak apple to apple.
Peace.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41
Re: Grand Livina Users..! - Part 02
Yang enak itu kalau masuk tol dibuat jalan 120 KM tapi tetap santai .. mesin tetap tenang
Putaran bawah kan memang tidak untuk race ...
Saya lebih merasa putaran bawah is OK ... jarang juga dibuat nanjak sampai 45 derajat ...
tiap orang beda beda yah ..
Peace.
Putaran bawah kan memang tidak untuk race ...
Saya lebih merasa putaran bawah is OK ... jarang juga dibuat nanjak sampai 45 derajat ...
tiap orang beda beda yah ..
Peace.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Sat Dec 15, 2007 15:59
Re: Grand Livina Users..! - Part 02
Bener bos, expectation setiap orang memang beda2, yang penting sebelum beli mobil itu research lalu test drive, test drive & test driveBudiDarmawan wrote:Yang enak itu kalau masuk tol dibuat jalan 120 KM tapi tetap santai .. mesin tetap tenang
Putaran bawah kan memang tidak untuk race ...
Saya lebih merasa putaran bawah is OK ... jarang juga dibuat nanjak sampai 45 derajat ...
tiap orang beda beda yah ..
Peace.

Apalagi kalau mobil pertama, wah lebih banyak tuh expectation-nya, krn duit segitu jaman sekarang ini susah bener utk dapetinnya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 996
- Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12
Re: Grand Livina Users..! - Part 02
itu da 6500 rpm y??brani jg y narik ampir bts redline gt...hehe..mantep tnaga ptran atas ny..aldy wrote:Test
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 996
- Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12
Re: Grand Livina Users..! - Part 02
NMI ga bakal ganti format nya..dengan rasio gigi ky sdn gt dia bisa bangga2 in FC and top speed ny ny pdhl buad family car juga itu butuh bisa narik beban ckp brt and bukan lari sekencang-kencang ny..tp mank ga ad mbl yg sempurna..M-90 wrote:Pd akhirnya NMI memang harus memilih, dgn format GL spt yg sekarang atau merevisinya. Kalo perlu ECU di mapping ulang agar torsi GL bisa galak di putaran bawah.
Mudah2 pihak NMI lebih bijak dalam menyikapi kemampuan GL 1.5 di tanjakan. Ingat lho GL itu family car, bukan mobil balap yg sering dibawa 200 kpj.
Mengenai FC GL vs Innova, nggak bisa dibandingkanlah nggak apple to apple.
Peace.



-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Grand Livina Users..! - Part 02
begini... no offense ya sebelumnya...
rata2 org mengambil mobil sesuai dengan kebutuhan nya... jadi misal garasi hanya cukup honda jazz, jangan mengambil Ford Everest... punya angota keluarga lebih dari 5orang ya jangan ambil yaris...
nah, begitu pula dengan kondisi jalan yg biasa dilalui dan situasi... sesuaikan lah mobilnya...
so, jangan salahkan mobilnya... memang ada peruntukan nya...
rata2 org mengambil mobil sesuai dengan kebutuhan nya... jadi misal garasi hanya cukup honda jazz, jangan mengambil Ford Everest... punya angota keluarga lebih dari 5orang ya jangan ambil yaris...
nah, begitu pula dengan kondisi jalan yg biasa dilalui dan situasi... sesuaikan lah mobilnya...
so, jangan salahkan mobilnya... memang ada peruntukan nya...

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 407
- Joined: Tue May 01, 2007 7:58
Re: Grand Livina Users..! - Part 02
bro poeticmind, anda bijak sekali. ya, kita ambil boil sesui peruntukannya. gue sendiri sudah puas banget dengan GL, meskipun diawal gue termasuk pengumpul kekurangan GL di sini, tapi akhirnya gue tetep ambil tuh GL 1,5AT. salah satu kelemahan, at least menurut gue, yaitu kopling, itulah mengapi akhirnya gue pilih AT. terus terang, GL lah MPV yg value for moneynya tinggi, at least SEKARANG, dan gue bisa terima kekurangan2 yg tdk signifikan menurut gue dan kondisi gue (pemakaian, jumlah keluarga, medan,budget dll).
tapi kalo dikoreksi puteran bawahnya untuk MT, gue setuju. tapi kalo itu gakbisa waktu deket, gue saranin ambil AT saja, diajak nyante bisa, 140kpj hayok, nagrek juga ok.
tapi kalo dikoreksi puteran bawahnya untuk MT, gue setuju. tapi kalo itu gakbisa waktu deket, gue saranin ambil AT saja, diajak nyante bisa, 140kpj hayok, nagrek juga ok.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Tue Apr 24, 2007 0:57
Re: Grand Livina Users..! - Part 02
Cuma satu, jual itu mobil beli Hummer.Mixer wrote:baru terima inden GL 1.5 XV m/t awal bulan ini, ternyata memang power pada putaran bawahnya rada kurang ya... berhubung tanjakan masuk rumah gw skt 40-45 derajat perlu pengaturan kopling yg akurat kayaknya, sebelumnya biasa pake innova pas pake GL tanjakan mesin meraung kencang krn setengah kopling jadi ada bau gosong. sedang kalo kopling di lepas sedikit lebih banyak malah mesin mati... bingung jg neh. gara2 DBW yah.. ada saran?
Btw tinggal dimana sih sampe masuk rumah aja tanjakan 40-45 derajat. Apa bumpernya gak langsung mentok tuh depan belakang?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2396
- Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
- Location: Jakarta and Bandung
Re: Grand Livina Users..! - Part 02
6500RPM tuh.. gelooo .. gak ada engine cutnya apa yah?GTR wrote:sepertinya baru pada kisaran 5600rpm, CMIIW

==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2396
- Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
- Location: Jakarta and Bandung
Re: Grand Livina Users..! - Part 02
Ganti pake kopling racing!! hehehe.. eh, udah ada belom yah?Mixer wrote:baru terima inden GL 1.5 XV m/t awal bulan ini, ternyata memang power pada putaran bawahnya rada kurang ya... berhubung tanjakan masuk rumah gw skt 40-45 derajat perlu pengaturan kopling yg akurat kayaknya, sebelumnya biasa pake innova pas pake GL tanjakan mesin meraung kencang krn setengah kopling jadi ada bau gosong. sedang kalo kopling di lepas sedikit lebih banyak malah mesin mati... bingung jg neh. gara2 DBW yah.. ada saran?
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41
Re: Grand Livina Users..! - Part 02
saya dulu juga mengalami hal yang sama karena saya dulu pemakai Panther dan Kijang, tapi sekarang sudah terbiasa.Mixer wrote:baru terima inden GL 1.5 XV m/t awal bulan ini, ternyata memang power pada putaran bawahnya rada kurang ya... berhubung tanjakan masuk rumah gw skt 40-45 derajat perlu pengaturan kopling yg akurat kayaknya, sebelumnya biasa pake innova pas pake GL tanjakan mesin meraung kencang krn setengah kopling jadi ada bau gosong. sedang kalo kopling di lepas sedikit lebih banyak malah mesin mati... bingung jg neh. gara2 DBW yah.. ada saran?
Caranya begini :
1. buat putaran mesin di 2.000 mulai lepas kopling pelan sekali,
2. begitu terasa mobil maju
3. pertahankan posisi kopling dengan gas ditambah sedikit sekali,
4. kemudian pertahankan terus(gas dan kopling) sampai mobil berjalan 1-2 meter baru boleh lepas kopling total ...
Kalau di Kijang atau panther
1. buat putaran mesin di 2.000 mulai lepas kopling pelan sekali,
2. begitu terasa mobil maju,
3. gas ditambah, lepas kopling
itulah bedanya ...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Grand Livina Users..! - Part 02
ada, pake Nismo... partsnya ada yg pas buat Livina. karena dipersiapkan utk ikut rally ... harusnya di GL juga masuk...datsu wrote:Ganti pake kopling racing!! hehehe.. eh, udah ada belom yah?Mixer wrote:baru terima inden GL 1.5 XV m/t awal bulan ini, ternyata memang power pada putaran bawahnya rada kurang ya... berhubung tanjakan masuk rumah gw skt 40-45 derajat perlu pengaturan kopling yg akurat kayaknya, sebelumnya biasa pake innova pas pake GL tanjakan mesin meraung kencang krn setengah kopling jadi ada bau gosong. sedang kalo kopling di lepas sedikit lebih banyak malah mesin mati... bingung jg neh. gara2 DBW yah.. ada saran?

but, buat apa bro?! hahahaha! mending tune aja mesin nya utk puteran bawah.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 996
- Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12
Re: Grand Livina Users..! - Part 02
saya awam ne om.mksd tune puteran bwh itu rubah rasio gigi ny bkn??
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Grand Livina Users..! - Part 02
wah belum seradikal itu lah, hanya tune performance sana sini... sama pake unichip gituan lah... upgrade power kok pasti...

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41
Re: Grand Livina Users..! - Part 02
Update terbaru tentang konsumsi BBM
Sekarang saya memakai bahan bakar campur dengan perbandingan 15 Pertamax Plus dan sisanya sekitar 25 liter Premium
rute perjalan cuma senin s/d jum'at, jamnya pagi dan sore jam berangkat dan pulang kantor
1 liter = 11.4 KM
Coba kalau rutenya tidak macet (tidak jam pulang kantor) mungkin bisa dapet lebih sekitar 12 KM, apalagi kalau pakai Pertamax Plus semua sekitar 12.5,
Kalau luar kota mungkin bisa 1 liter =14-16 KM
Kalau dulu campurannya 10 liter Pertamax Plus sisanya 30 liter premium hasilnya kurang bagus yaitu 1 liter = 10.8 KM
Sekarang saya memakai bahan bakar campur dengan perbandingan 15 Pertamax Plus dan sisanya sekitar 25 liter Premium
rute perjalan cuma senin s/d jum'at, jamnya pagi dan sore jam berangkat dan pulang kantor
1 liter = 11.4 KM
Coba kalau rutenya tidak macet (tidak jam pulang kantor) mungkin bisa dapet lebih sekitar 12 KM, apalagi kalau pakai Pertamax Plus semua sekitar 12.5,
Kalau luar kota mungkin bisa 1 liter =14-16 KM
Kalau dulu campurannya 10 liter Pertamax Plus sisanya 30 liter premium hasilnya kurang bagus yaitu 1 liter = 10.8 KM
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Grand Livina Users..! - Part 02
wah cukup bagus sekali itu bro... FC nya. 
kalo menurut saya, 10liter P+ dan 30liter premium jangan lah... hampir ga ada pengaruhnya... hehehe!

kalo menurut saya, 10liter P+ dan 30liter premium jangan lah... hampir ga ada pengaruhnya... hehehe!

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 96
- Joined: Wed Nov 30, 2005 11:44
Re: Grand Livina Users..! - Part 02
aldy wrote:Bro maaf gambarnya ga bisa keluar saya masih bingung upload fotonya gmana ga keluar2??
Difoto itu ditunjukin kecepatan 180 km/h gigi 4 !! GL 1.5 XV manual standar..
Belum lagi yang 1.8 manual 6 speed gigi 4 juga tembus 180 km/h ckckck masih ada 2 gigi lagi bro bisa2 putus tu speedonya (tapi saya belum dapet fotonya)..




-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Grand Livina Users..! - Part 02
antara 2 : di dyno tuh yah?..juga hanya mungkin kalo udah di-modif, since standarnya limit rpm @ 6600.
hmm...weird atau, di coreldraw doang ya krn ada noise di sebelah kanan angka "0" rpm..
hmm...weird atau, di coreldraw doang ya krn ada noise di sebelah kanan angka "0" rpm..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 184
- Joined: Thu Mar 13, 2008 12:27
Re: Grand Livina Users..! - Part 02
setuju... paling dyno-test doang...GTR wrote:antara 2 : di dyno tuh yah?..juga hanya mungkin kalo udah di-modif, since standarnya limit rpm @ 6600.
hmm...weird atau, di coreldraw doang ya krn ada noise di sebelah kanan angka "0" rpm..

honda city aja 160km/h ud agak goyang

klo BMW ataw Mercy sih gue percaya bisa lari >180km/h stabil

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Grand Livina Users..! - Part 02
dyno? sptnya blm tentu juga; selain noise tadi;
1. bayangan jarum speedonya berlawanan dgn bayangan tombol reset trip.
2. warna kedua jarum beda jauh.

1. bayangan jarum speedonya berlawanan dgn bayangan tombol reset trip.
2. warna kedua jarum beda jauh.



-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 320
- Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56
Re: Grand Livina Users..! - Part 02
halo
udah lama gak main-main kesini. Wah si Budi masih suka main kesini yah? Apa gak bosen bahas terus?
btw, gw mah enjoy aja naek ini mobil.. Sip lah.
Ada kabar terbaru gak?
udah lama gak main-main kesini. Wah si Budi masih suka main kesini yah? Apa gak bosen bahas terus?

btw, gw mah enjoy aja naek ini mobil.. Sip lah.
Ada kabar terbaru gak?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 320
- Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56
Re: Grand Livina Users..! - Part 02
yang ini kayaknya bukan dashboard/speedo livina deh.. koq gak sama seperti punya gw (1.5XV manual).Smatic wrote:aldy wrote:Bro maaf gambarnya ga bisa keluar saya masih bingung upload fotonya gmana ga keluar2??
Difoto itu ditunjukin kecepatan 180 km/h gigi 4 !! GL 1.5 XV manual standar..
Belum lagi yang 1.8 manual 6 speed gigi 4 juga tembus 180 km/h ckckck masih ada 2 gigi lagi bro bisa2 putus tu speedonya (tapi saya belum dapet fotonya)..![]()
![]()
![]()
kalo yang di halaman sebelah, yang di post ama si aldy, nah itu emang speedometer livina.
cuman terus terang gigi 4 bisa lari segitu, gw koq gak yakin yah, kalo gigi 5 mungkin bisa yah...
paling kenceng yang gw pernah coba 140km / jam, gigi 5, rpm 3950. Itu aja gw dah takut celaka tuh... Gw coba di tol Sidoarjo - Porong. Dari 140 km/jam, gw merasa ada tenaga lagi koq ke arah 160-170. Tapi akal sehat gw melarang.. Soalnya bawa 5 orang tambahan (keluarga gw).