Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by DrivingPotato »

sahabatq8 wrote: Sat Nov 19, 2022 10:28
Saat ini gak tau juga om, di mobil mazda ini udah berapa kali pakai 0w20? Sebelumnya dari 5w30 atau gmn? Lalu pas isi oli dipsticknya om liat sendiri di check full? atau ditinggal. Saya jadi keinget ada case yang mirip, ternyata di botol masih ada sisa dikit² jadi si mekanik pas nuang oli gak sabaran pas masih netes dari botolnya udah diangkat. Kalo bener seperti ini, coba aja di monitor di 5000 km dan seterusnya gimana? Oli turun terus ato aman.
Udah 3 kali pakai, yg ketiga ini penguapannya gak wajar. Selalu 0W-20 dan mobil baru 1.5 tahun. Nyaris dari brojol saya pakein Q8.
Saat servis saya tinggal dan saya minta botol bekasnya, semua saya cek kosong. Sampai rumah, dipstick saya cek, oke sip masih jernih (baru) dan oil level full tepat di titik atas.
Knalpot saya cek gak ada rembesan oli tanda2 bocor ke ring piston alias ngebul. Iyalah mobil masih baru juga. :big_think:

Makanya sungguh saya bertanya-tanya ini yg salah apa :big_think:

Sementara saya harus beli sebotol lagi buat top up, kalo tau gini dari awal up ke Ravenol or Amsoil karena jatuhnya beli 5 botol yah sejuta lebih :big_biglaugh:
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2209
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by sahabatq8 »

DrivingPotato wrote: Sat Nov 19, 2022 10:37
sahabatq8 wrote: Sat Nov 19, 2022 10:28
Saat ini gak tau juga om, di mobil mazda ini udah berapa kali pakai 0w20? Sebelumnya dari 5w30 atau gmn? Lalu pas isi oli dipsticknya om liat sendiri di check full? atau ditinggal. Saya jadi keinget ada case yang mirip, ternyata di botol masih ada sisa dikit² jadi si mekanik pas nuang oli gak sabaran pas masih netes dari botolnya udah diangkat. Kalo bener seperti ini, coba aja di monitor di 5000 km dan seterusnya gimana? Oli turun terus ato aman.
Udah 3 kali pakai, yg ketiga ini penguapannya gak wajar. Selalu 0W-20 dan mobil baru 1.5 tahun. Nyaris dari brojol saya pakein Q8.
Saat servis saya tinggal dan saya minta botol bekasnya, semua saya cek kosong. Sampai rumah, dipstick saya cek, oke sip masih jernih (baru) dan oil level full tepat di titik atas.
Knalpot saya cek gak ada rembesan oli tanda2 bocor ke ring piston alias ngebul. Iyalah mobil masih baru juga. :big_think:

Makanya sungguh saya bertanya-tanya ini yg salah apa :big_think:

Sementara saya harus beli sebotol lagi buat top up, kalo tau gini dari awal up ke Ravenol or Amsoil karena jatuhnya beli 5 botol yah sejuta lebih :big_biglaugh:
Oh iya om ini tahun berapa ya?
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by DrivingPotato »

sahabatq8 wrote: Sat Nov 19, 2022 10:41
Oh iya om ini tahun berapa ya?
Mobil baru 1.5 tahun.
Lahir April 2021.
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2209
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by sahabatq8 »

DrivingPotato wrote: Sat Nov 19, 2022 10:43
sahabatq8 wrote: Sat Nov 19, 2022 10:41
Oh iya om ini tahun berapa ya?
Mobil baru 1.5 tahun.
Lahir April 2021.
Udah tau om penyebabnya. Barusan saya konsultasi dengan kepala mekanik TODA. Katanya jelas dipsticknya setengah, karena kapasitas olinya mustinya 4.2 L kalo dengan filter bukan 4 L. Nah kalo gitu masuk akal, jadi bukan karena penguapan emang isinya yang kurang kalo ganti filter.
Screenshot_20221119-174828.jpg
Screenshot_20221119-174828.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by DrivingPotato »

sahabatq8 wrote: Sat Nov 19, 2022 10:52
Wah.. kalo gitu, 2x ganti oli sebelumnya ajaib dong ya? Ngisinya sama2 selalu 4 liter, tapi kali ini kurang? :mky_02:

Om boleh cek ke Mazda-Mazda yang ada, terutama yg 1500cc. Semuanya ketika diisi 4 liter termasuk di filter oli, akan sudah full dipsticknya 🙏🏻

Dari awal pun saya udah nanya ke beres, di manual book 4.2 lho Pak?
Ya akhirnya saya ditunjukin sendiri bahwa 4 liter termasuk ganti filter sudah full dipstick hehehe

Om cari juklak seluruh bengkel resmi Mazda, pasti Mazda 2 dan CX-3 1.5 dikasihnya 4 liter. :big_grin:

Toh kalo kurang 200ml aja gak make sense lah om dipsticknya sampe sisa segitu, wong saya jg sering ngecek dipstick sejak mobil brojol. Malah maksimal 2 minggu sekali saya selalu cek.

Bahkan di post sebelumnya dah saya bilang bahwa setelah service, saat itu juga saya cek dipstick utk cek dan hasilnya dipstick full. Makanya saya notice dong ketika cek lagi cuma dapet seiprit gini.

Update:
Ini saya nemu foto dipstick 7 September, tepatnya sebelum ganti oli, sama-sama Q8 0W-20, jarak tempuh 6800 KM.

Image
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11261
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Suryaputra »

Ini klo dicek bbrp page ke blkg, ada juga tambahan 1 case penguapan spt ini di w20 kyu eight, selain punya si mbah Driving Potato.

Klo sy... 3x pakai w20, dan 1x pakai w30 kyu eight, belum pernah ngalamin penguapan <5k KM.

Perlu dicek dan investigasi lbh mendalam nihh.
Karena ini oli BUMN kuwait kelas long drain pula :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by DrivingPotato »

Suryaputra wrote: Sat Nov 19, 2022 11:15 Ini klo dicek bbrp page ke blkg, ada juga tambahan 1 case penguapan spt ini di w20 kyu eight, selain punya si mbah Driving Potato.

Klo sy... 3x pakai w20, dan 1x pakai w30 kyu eight, belum pernah ngalamin penguapan <5k KM.

Perlu dicek dan investigasi lbh mendalam nihh.
Karena ini oli BUMN kuwait kelas long drain pula :big_peace:
Coba sundul dong mbah atau bisikin link page nya. Saya beberapa bulan ini gak aktif ngikutin lagi. Hehehe
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2209
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by sahabatq8 »

DrivingPotato wrote: Sat Nov 19, 2022 10:59
sahabatq8 wrote: Sat Nov 19, 2022 10:52
Wah.. kalo gitu, 2x ganti oli sebelumnya ajaib dong ya? Ngisinya sama2 selalu 4 liter, tapi kali ini kurang? :mky_02:

Om boleh cek ke Mazda-Mazda yang ada, terutama yg 1500cc. Semuanya ketika diisi 4 liter termasuk di filter oli, akan sudah full dipsticknya 🙏🏻

Dari awal pun saya udah nanya ke beres, di manual book 4.2 lho Pak?
Ya akhirnya saya ditunjukin sendiri bahwa 4 liter termasuk ganti filter sudah full dipstick hehehe

Om cari juklak seluruh bengkel resmi Mazda, pasti Mazda 2 dan CX-3 1.5 dikasihnya 4 liter. :big_grin:

Toh kalo kurang 200ml aja gak make sense lah om dipsticknya sampe sisa segitu, wong saya jg sering ngecek dipstick sejak mobil brojol. Malah maksimal 2 minggu sekali saya selalu cek.

Bahkan di post sebelumnya dah saya bilang bahwa setelah service, saat itu juga saya cek dipstick utk cek dan hasilnya dipstick full. Makanya saya notice dong ketika cek lagi cuma dapet seiprit gini.

Update:
Ini saya nemu foto dipstick 7 September, tepatnya sebelum ganti oli, sama-sama Q8 0W-20, jarak tempuh 6800 KM.

Image
Saya tanya² lagi ke beberapa bengkel/toko oli , somehow semua bilang kalo ke titik max 4.2 L. Ada salah satu bengkel customer katanya kadang suka ada yang minta juga diisi 4 L aja, dan hasilnya tengah tengah antara max dan min menurut sih kepala bengkel, tapi asal mobilnya sehat aman-aman aja.

Sebaiknya sih menurut saya sekarang di cek lagi aja berkala di 5000 km dan seterusnya , apakah memang bener olinya menguap sebanyak itu. Btw boleh di PM om foto bagian kode produksi/tanggal produksi. Akan kita check kalau batch yang sama ada complain yang sama dari bengkel lain.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2209
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by sahabatq8 »

Suryaputra wrote: Sat Nov 19, 2022 11:15 Ini klo dicek bbrp page ke blkg, ada juga tambahan 1 case penguapan spt ini di w20 kyu eight, selain punya si mbah Driving Potato.

Klo sy... 3x pakai w20, dan 1x pakai w30 kyu eight, belum pernah ngalamin penguapan <5k KM.

Perlu dicek dan investigasi lbh mendalam nihh.
Karena ini oli BUMN kuwait kelas long drain pula :big_peace:
Di xtrail udah7- 8x oci pake 0w20, masih sama :big_peace:. Lebih enak sih D1 FE 0w20 daripada yang ultra 0w20
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11461
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by marmut »

sekedar info,

ada beberapa mesin P5 yang musti tepat 4,2 liter untuk sampai di titik Full.
jika diisi 4 liter saja, umumnya akan berada di antara F dan setengah, yang artinya ¾ saja.

dan ada sebagian mesin P5 lain yang 4 liter pas, sudah ada diatas titik full.

saya terbiasa masukin oli ke filter sampai penuh sebelum dipasang. isi filter oli kira² 150-200 cc

ini sekedar pengalaman nubi.

buat om
DrivingPotato
mustinya biarkan saja dulu jangan ditambah/top up dan pakai 2000 km lagi, kemudian diperiksa apakah berkurang atau masih tetap, atau malah bertambah?
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 431
Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by iwansiagian »

DrivingPotato wrote:
sahabatq8 wrote: Sat Nov 19, 2022 10:52
Wah.. kalo gitu, 2x ganti oli sebelumnya ajaib dong ya? Ngisinya sama2 selalu 4 liter, tapi kali ini kurang? :mky_02:

Om boleh cek ke Mazda-Mazda yang ada, terutama yg 1500cc. Semuanya ketika diisi 4 liter termasuk di filter oli, akan sudah full dipsticknya [emoji1317]

Dari awal pun saya udah nanya ke beres, di manual book 4.2 lho Pak?
Ya akhirnya saya ditunjukin sendiri bahwa 4 liter termasuk ganti filter sudah full dipstick hehehe

Om cari juklak seluruh bengkel resmi Mazda, pasti Mazda 2 dan CX-3 1.5 dikasihnya 4 liter. :big_grin:

Toh kalo kurang 200ml aja gak make sense lah om dipsticknya sampe sisa segitu, wong saya jg sering ngecek dipstick sejak mobil brojol. Malah maksimal 2 minggu sekali saya selalu cek.

Bahkan di post sebelumnya dah saya bilang bahwa setelah service, saat itu juga saya cek dipstick utk cek dan hasilnya dipstick full. Makanya saya notice dong ketika cek lagi cuma dapet seiprit gini.

Update:
Ini saya nemu foto dipstick 7 September, tepatnya sebelum ganti oli, sama-sama Q8 0W-20, jarak tempuh 6800 KM.

Image
Rute om berubah ga dari penggantian oli oli sebelum nya? misalnya dari relatif lancar ke macet. Atau pernah di pake long trip high rpm di tol.

Saya pernah juga Oli yang sama di 2GD sisa setengah (750 ml di 2GD)di 6000 km, sementara pernah relatif nyaris ga berkurang padahal oli sama.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5886
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by sintoni »

marmut wrote: Sat Nov 19, 2022 11:45 sekedar info,

ada beberapa mesin P5 yang musti tepat 4,2 liter untuk sampai di titik Full.
jika diisi 4 liter saja, umumnya akan berada di antara F dan setengah, yang artinya ¾ saja.

dan ada sebagian mesin P5 lain yang 4 liter pas, sudah ada diatas titik full.

saya terbiasa masukin oli ke filter sampai penuh sebelum dipasang. isi filter oli kira² 150-200 cc

ini sekedar pengalaman nubi.

buat om
DrivingPotato
mustinya biarkan saja dulu jangan ditambah/top up dan pakai 2000 km lagi, kemudian diperiksa apakah berkurang atau masih tetap, atau malah bertambah?
Kok bs gitu ya mbah? Ga seragam gitu volume olinya.
Mz175
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 211
Joined: Wed Jan 25, 2017 16:43

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Mz175 »

Atauuuu mekanik beresnya ada yg nakal :big_think:
Sebelumnya apa ganti oli di tempat yg sama?
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11261
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: Sat Nov 19, 2022 11:34
Suryaputra wrote: Sat Nov 19, 2022 11:15 Ini klo dicek bbrp page ke blkg, ada juga tambahan 1 case penguapan spt ini di w20 kyu eight, selain punya si mbah Driving Potato.

Klo sy... 3x pakai w20, dan 1x pakai w30 kyu eight, belum pernah ngalamin penguapan <5k KM.

Perlu dicek dan investigasi lbh mendalam nihh.
Karena ini oli BUMN kuwait kelas long drain pula :big_peace:
Di xtrail udah7- 8x oci pake 0w20, masih sama :big_peace:. Lebih enak sih D1 FE 0w20 daripada yang ultra 0w20
Sy ttp stick di w30 G/D1 aja kayanya,
Udh terbiasa juga feel nya.

Lbh murah dan long drain jg,
TBN nya lbh tinggi dikittt dibanding w20 dan ngelebihin TBN nya Mobil 1 EP High Mileage versi US juga malah :big_weee:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27188
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by DOHC »

pake oli mahal2, ternjata penguapan lebi sinting dari mesran yg dipake di mikrolet ya.. hmm ya ya :mky_03: :mky_03: :mky_03:

untung kita orang slama ini pake oli murah meria muncrat kere hore ga perna nguap , padahal odo ud cepeceng, daleman mesin tiap kl diintip jg bersih nya minta ampun ga ad varnish samsek percis kaya baru kuar dari showroom 6 taon lalu :mky_03: :mky_03: :mky_03:

gantol5 (2).jpg
gantol5 (1).jpg
gantol3.jpg
gantol2.jpg
gantol.jpg
gantol4.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11461
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by marmut »

DOHC wrote: Sun Nov 20, 2022 6:54 pake oli mahal2, ternjata penguapan lebi sinting dari mesran yg dipake di mikrolet ya.. hmm ya ya :mky_03: :mky_03: :mky_03:

untung kita orang slama ini pake oli murah meria muncrat kere hore ga perna nguap , padahal odo ud cepeceng, daleman mesin tiap kl diintip jg bersih nya minta ampun ga ad varnish samsek percis kaya baru kuar dari showroom 6 taon lalu :mky_03: :mky_03: :mky_03:


gantol5 (2).jpggantol5 (1).jpggantol3.jpggantol2.jpggantol.jpggantol4.jpg


yang bersih kan cuma situ dowang abis ngana bersihin pake sikat trus dipoto.

:mky_03:

coba buka tutup klep, pasti banyak lumpurnya.........























segera :ngacir: sebelum digiles mikrolet.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11461
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by marmut »

DOHC wrote: Sun Nov 20, 2022 6:54


btw itu konci pilter oli kok pake kaki 3? beli yang mangkok dong biar bonafid.
merk american tool mbah, warna biru alay yang gampang mangap. pilter oli kaga kebuka, konci mangkoknya muter bae disitu kaya gasing.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27188
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by DOHC »

marmut wrote: Sun Nov 20, 2022 7:02
DOHC wrote: Sun Nov 20, 2022 6:54 pake oli mahal2, ternjata penguapan lebi sinting dari mesran yg dipake di mikrolet ya.. hmm ya ya :mky_03: :mky_03: :mky_03:

untung kita orang slama ini pake oli murah meria muncrat kere hore ga perna nguap , padahal odo ud cepeceng, daleman mesin tiap kl diintip jg bersih nya minta ampun ga ad varnish samsek percis kaya baru kuar dari showroom 6 taon lalu :mky_03: :mky_03: :mky_03:


gantol5 (2).jpggantol5 (1).jpggantol3.jpggantol2.jpggantol.jpggantol4.jpg


yang bersih kan cuma situ dowang abis ngana bersihin pake sikat trus dipoto.

:mky_03:

coba buka tutup klep, pasti banyak lumpurnya.........



segera :ngacir: sebelum digiles mikrolet.
ngana salah itu kl buka tutup cover deksel, karet2 nya ntar gampang kalah

pake cara supir2 mikrolet kopami donk, cuci daleman mesin pake solar :big_weee: :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27188
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by DOHC »

marmut wrote: Sun Nov 20, 2022 7:05
DOHC wrote: Sun Nov 20, 2022 6:54


btw itu konci pilter oli kok pake kaki 3? beli yang mangkok dong biar bonafid.
merk american tool mbah, warna biru alay yang gampang mangap. pilter oli kaga kebuka, konci mangkoknya muter bae disitu kaya gasing.
kaki 3 kan biar universal mbah, dari motor honda ampe canter fuso jg bsa kepake

kl mangkok musti beli brapa banyak, so habis uang kita jo
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11461
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by marmut »

DOHC wrote: Sun Nov 20, 2022 7:08

pake cara supir2 mikrolet kopami donk, cuci daleman mesin pake solar :big_weee: :big_weee:



solar mahal. ngapain juga cuci² mesin? mending duitnya buat beli cireng ama kopi sasetan biar diabetes.

:big_weee:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11461
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by marmut »

DOHC wrote: Sun Nov 20, 2022 7:10

kaki 3 kan biar universal mbah, dari motor honda ampe canter fuso jg bsa kepake

kl mangkok musti beli brapa banyak, so habis uang kita jo



ngana nggak malu sebagai guru besar asem reges?
beli cukup 1 yang ukuran canter atau fuso, nanti kalo buat agya ralliart quad turbo, tinggal lilit kain pel yang banyak di pilternya, trus masupin itu konci mangkok. pasti pas tokh?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27188
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by DOHC »

marmut wrote: Sun Nov 20, 2022 7:12
DOHC wrote: Sun Nov 20, 2022 7:08

pake cara supir2 mikrolet kopami donk, cuci daleman mesin pake solar :big_weee: :big_weee:



solar mahal. ngapain juga cuci² mesin? mending duitnya buat beli cireng ama kopi sasetan biar diabetes.

:big_weee:
solar mahal kl gt campur ama rinso aj kl yah, kaya biasa doorsmeer kopami dulu yg di jalan jakarta deket pangjay sana :big_weee: :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11461
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by marmut »

DOHC wrote: Sun Nov 20, 2022 7:16
solar mahal kl gt campur ama rinso aj kl yah, kaya biasa doorsmeer kopami dulu yg di jalan jakarta deket pangjay sana :big_weee: :big_weee:



rinso gaada harga promo. pake sabun batang diserut, atau abu gosok 500 perak dapet banyak.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27188
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by DOHC »

DOHC wrote: Sun Nov 20, 2022 6:54 pake oli mahal2, ternjata penguapan lebi sinting dari mesran yg dipake di mikrolet ya.. hmm ya ya :mky_03: :mky_03: :mky_03:

untung kita orang slama ini pake oli murah meria muncrat kere hore ga perna nguap , padahal odo ud cepeceng, daleman mesin tiap kl diintip jg bersih nya minta ampun ga ad varnish samsek percis kaya baru kuar dari showroom 6 taon lalu :mky_03: :mky_03: :mky_03:


gantol5 (2).jpggantol5 (1).jpggantol3.jpggantol2.jpggantol.jpggantol4.jpg
satu mobil sbg contoh ga mewakili ??

masi ad satu lg koq :mky_03: :mky_03:

daleman agya umur 8 taon
20221120_151627.jpg
20221120_151621.jpg
resep nya cuman gantol per 6 rb km maks

djamin aman tanpa penguapan samsek
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
bensindanoli
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Mon Nov 01, 2021 4:47
Daily Vehicle: Ford Ecosport TiVCT DP6S

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by bensindanoli »

Update setelah 500km++ Motul TRD5w40.
Gleser sih udah lupa rasanya 5w30. Karakter oli diesel di pake mesin mobil. biasa kasar di awal2 kemudian halus.
Satu2nya kekurangan adalah gabisa sruntulan. Rpm ketahan dan naiknya lama