Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
sudahlah wrote:Mau nanya om turbo mengenai unil opal 5W30 di bli2.om ada 3 jenis:
1. Unil opal pallas 2000
2. Unil opal opaljet longlife dex 1.2 FE
3. Unil opal opaljet longlife 3 dexos 2
Selain beda harga, perbedaan utamanya apa? Dan mana yang cocok untuk mesin sienta? Terima kasih
Turboman wrote: Sat Oct 26, 2019 2:30
Barusan dapat hasil VOA si PTT 0W30 API SN
angka Ca 1940 ppm
berarti oli ini setara dgn oli yg TBN nya 8 - 8,5
VI dari hasil test dan di kalkulasi = 179
Berarti aman utk Long Drain
Om mau tanya untuk mesin flat tapped seperti K3VE old papansah, apakah bisa long drain dengan oli mesin jaman now seperti aPI SN ilsac Gf 5 atau A5/b5 atau tidak dianjurkan long drain
itu bisa pake PTT 10W30 API SN dia kadar antiwear nya cukup utk mesin non roller rocker
kalo pake oli 5W30 API SN ya pilih yg harga 90 rb / L or up lah utk amannya dan enaknya
Kalo soal kemampuan Long Drain diliat aja angka TBN dan juga Calcium - Magnesium nya, kualitas Base oil juga
Om mau tanya donk kalau misal oli di dipstik ternyata di ujung (lebih bawah dari kondisi low) dan dipakai jarak jauh gimana ya? Sebelumnya dipakai tasik bekasi.
Ini mobil ortu ntah sejak kapan kondisi low seperti itu, saya curiga kok kadang ada suara kletek-kletek pelan dari mesin dan begitu liat dipstik ternyata seperti itu.
severmaya wrote: Sun Oct 27, 2019 8:58
Om mau tanya donk kalau misal oli di dipstik ternyata di ujung (lebih bawah dari kondisi low) dan dipakai jarak jauh gimana ya? Sebelumnya dipakai tasik bekasi.
Ini mobil ortu ntah sejak kapan kondisi low seperti itu, saya curiga kok kadang ada suara kletek-kletek pelan dari mesin dan begitu liat dipstik ternyata seperti itu.
Waduh
Mobil apa om??
Kalo level oli udah dibawah low dan tetap dipake sih biasanya ya gitu deh
Pengalaman sepupu ane pake swift 2008 ga pernah cek oli tiba2 mobil suara kasar tek tek tek suara metal2
Dicek di dipstick ga ada olinya
Akhirnya turun mesin deh
sudahlah wrote:Mau nanya om turbo mengenai unil opal 5W30 di bli2.om ada 3 jenis:
1. Unil opal pallas 2000
2. Unil opal opaljet longlife dex 1.2 FE
3. Unil opal opaljet longlife 3 dexos 2
Selain beda harga, perbedaan utamanya apa? Dan mana yang cocok untuk mesin sienta? Terima kasih
gugel saja dan liat spec detail
Pallas 2000 itu API CJ-4
D1 G2 itu utk GDI Turbo
Dexos 2 itu utk Diesel Euro 5 - Low SAPS
Terima kasih om turbo, sebenarnya udah liat specsheet nya, cuma ga terlalu ngerti bacanya
severmaya wrote: Sun Oct 27, 2019 8:58
Om mau tanya donk kalau misal oli di dipstik ternyata di ujung (lebih bawah dari kondisi low) dan dipakai jarak jauh gimana ya? Sebelumnya dipakai tasik bekasi.
Ini mobil ortu ntah sejak kapan kondisi low seperti itu, saya curiga kok kadang ada suara kletek-kletek pelan dari mesin dan begitu liat dipstik ternyata seperti itu.
klo masih sayang sama mobilnya ya di top up atau ganti oli sekalian. klo cuek ya hajar aja
severmaya wrote:Om mau tanya donk kalau misal oli di dipstik ternyata di ujung (lebih bawah dari kondisi low) dan dipakai jarak jauh gimana ya? Sebelumnya dipakai tasik bekasi.
Ini mobil ortu ntah sejak kapan kondisi low seperti itu, saya curiga kok kadang ada suara kletek-kletek pelan dari mesin dan begitu liat dipstik ternyata seperti itu.
sebetulnya kalo olinya bagus dan lampu tanda oli nggak nyala ya mesin gak akan rusak, dengan catatan kondisi tsb hanya sebentar / sementara
Suara tek2 tergantung drmana sumber nya, bsa dr klep yg kekeringan atau kurang oli, HLA yg kehausan oli, atau worst case metal duduk ama jalan rontok.
Tp mustinya kl dipstick masi ad nyisa walaupun dikit, mustinya strainer oil pump masi bsa sedot oli, krn posisi strainer biasanya jauh dibawah dipstick
severmaya wrote: Sun Oct 27, 2019 8:58
Om mau tanya donk kalau misal oli di dipstik ternyata di ujung (lebih bawah dari kondisi low) dan dipakai jarak jauh gimana ya? Sebelumnya dipakai tasik bekasi.
Ini mobil ortu ntah sejak kapan kondisi low seperti itu, saya curiga kok kadang ada suara kletek-kletek pelan dari mesin dan begitu liat dipstik ternyata seperti itu.
Waduh
Mobil apa om??
Kalo level oli udah dibawah low dan tetap dipake sih biasanya ya gitu deh
Pengalaman sepupu ane pake swift 2008 ga pernah cek oli tiba2 mobil suara kasar tek tek tek suara metal2
Dicek di dipstick ga ada olinya
Akhirnya turun mesin deh
CRV gen 3 om. Cuma kemarin saya tambah oli sih cuma nambah 1 liter udah ke posisi ideal, cuma bunyi ga hilang..
Ntar deh coba ganti olinya.
om2, numpang nanya donk kalo toyota calya ganti oli transmisinya pake apa ya bagusnya? untuk mobil manual ya. kalo oli rencana mau nyobain amsoil 5w-30 ada rekomen tempat beli? terima kasih semua
ferrariman wrote:om2, numpang nanya donk kalo toyota calya ganti oli transmisinya pake apa ya bagusnya? untuk mobil manual ya. kalo oli rencana mau nyobain amsoil 5w-30 ada rekomen tempat beli? terima kasih semua
severmaya wrote: Sun Oct 27, 2019 8:58
Om mau tanya donk kalau misal oli di dipstik ternyata di ujung (lebih bawah dari kondisi low) dan dipakai jarak jauh gimana ya? Sebelumnya dipakai tasik bekasi.
Ini mobil ortu ntah sejak kapan kondisi low seperti itu, saya curiga kok kadang ada suara kletek-kletek pelan dari mesin dan begitu liat dipstik ternyata seperti itu.
Waduh
Mobil apa om??
Kalo level oli udah dibawah low dan tetap dipake sih biasanya ya gitu deh
Pengalaman sepupu ane pake swift 2008 ga pernah cek oli tiba2 mobil suara kasar tek tek tek suara metal2
Dicek di dipstick ga ada olinya
Akhirnya turun mesin deh
CRV gen 3 om. Cuma kemarin saya tambah oli sih cuma nambah 1 liter udah ke posisi ideal, cuma bunyi ga hilang..
Ntar deh coba ganti olinya.
Saya pernah ngalami juga th lalu di mobil yg sama om, dan ketahuan nya jg setelah jalan luar kota, pny saya yg 2.4. Setelah masuk bengkel ternyata ada 2 paking yg kena, paking vtc aama paking 1 lg lupa tp bntk nya kecil. Setaun kemudian ketauan rembes lg, yg diganti paking seal kruk as blkg (harus turun gearbox). Mungkin akar problem nya sama kaya yg saya sebut di kalimat sblm nya om
maksud saya untuk oli lainnya yg klaim bisa long drain lainnya macam Amsoil max. nya kalau kondisi lalin stop en go macam jabodetabek iku max nya di berapa km. kalau claim nya kan 25 rb mile.
indeskey wrote: Mon Oct 28, 2019 9:19
hehe iya om untuk yg ptt.
maksud saya untuk oli lainnya yg klaim bisa long drain lainnya macam Amsoil max. nya kalau kondisi lalin stop en go macam jabodetabek iku max nya di berapa km. kalau claim nya kan 25 rb mile.
Untuk term long drain kondisi lalu lintas di jabodetabek, secara umum bisa dipakai 10 rb km atau 10-12 bulan ya om Turbo?
Kalau macam AMS kan bilangnya 25rb mile/1 thn.
Leh olinya aja belom di test lab
tunggu laa......sabar
imho..
dari kubek2 info di google, pihak PTT gak pernah state / claim bahwa bisa long-drain sampai sekian jam / sekian km.
paling keliatan dr hasil UOA nanti, bisa dilihat TBN, V100 & wear metal setelah dipake.
klo amsoil sign series, emang dia sendiri udah claim duluan;
1 thn / 25 rb miles / 700 jam engine ON (mana yg nyampai duluan).
contoh klo diitung dr durasi mesin ON: Anggap lah tiap hari mobil dgn oli AMS SS, dipake rata2 selama 3 jam per hari.
berarti 700 jam / 3 jam = 7-8 bulan baiknya dah harus ganti oli
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
indeskey wrote: Mon Oct 28, 2019 9:19
hehe iya om untuk yg ptt.
maksud saya untuk oli lainnya yg klaim bisa long drain lainnya macam Amsoil max. nya kalau kondisi lalin stop en go macam jabodetabek iku max nya di berapa km. kalau claim nya kan 25 rb mile.
Turboman wrote: Sat Oct 26, 2019 12:02
Leh olinya aja belom di test lab
tunggu laa......sabar
imho..
dari kubek2 info di google, pihak PTT gak pernah state / claim bahwa bisa long-drain sampai sekian jam / sekian km.
paling keliatan dr hasil UOA nanti, bisa dilihat TBN, V100 & wear metal setelah dipake.
klo amsoil sign series, emang dia sendiri udah claim duluan;
1 thn / 25 rb miles / 700 jam engine ON (mana yg nyampai duluan).
contoh klo diitung dr durasi mesin ON: Anggap lah tiap hari mobil dgn oli AMS SS, dipake rata2 selama 3 jam per hari.
berarti 700 jam / 3 jam = 7-8 bulan baiknya dah harus ganti oli
Dan jangan lupa 1 thn / 25 rb miles / 700 jam engine ON dengan kualitas bbm yang sangat sangat jauh lebih baik daripada pertamax plus.
Kalau pakai premium, kira-kira sendiri interval penggantiannya.
Paling pas memang lakukan UOA masing-masing.
UOA mobil lain gak bisa jadi patokan karena kesehatan mesin, load kendaraan, traffic, & cara ngegas beda-beda.
Fuel dilution bakal berbeda-beda juga.
Waduh
Mobil apa om??
Kalo level oli udah dibawah low dan tetap dipake sih biasanya ya gitu deh
Pengalaman sepupu ane pake swift 2008 ga pernah cek oli tiba2 mobil suara kasar tek tek tek suara metal2
Dicek di dipstick ga ada olinya
Akhirnya turun mesin deh
CRV gen 3 om. Cuma kemarin saya tambah oli sih cuma nambah 1 liter udah ke posisi ideal, cuma bunyi ga hilang..
Ntar deh coba ganti olinya.
Saya pernah ngalami juga th lalu di mobil yg sama om, dan ketahuan nya jg setelah jalan luar kota, pny saya yg 2.4. Setelah masuk bengkel ternyata ada 2 paking yg kena, paking vtc aama paking 1 lg lupa tp bntk nya kecil. Setaun kemudian ketauan rembes lg, yg diganti paking seal kruk as blkg (harus turun gearbox). Mungkin akar problem nya sama kaya yg saya sebut di kalimat sblm nya om
Wah sama ini yang 2.4..
Cuma penyakitnya jangan sama lah, sampai paking atau turun mesin
CRV gen 3 om. Cuma kemarin saya tambah oli sih cuma nambah 1 liter udah ke posisi ideal, cuma bunyi ga hilang..
Ntar deh coba ganti olinya.
Saya pernah ngalami juga th lalu di mobil yg sama om, dan ketahuan nya jg setelah jalan luar kota, pny saya yg 2.4. Setelah masuk bengkel ternyata ada 2 paking yg kena, paking vtc aama paking 1 lg lupa tp bntk nya kecil. Setaun kemudian ketauan rembes lg, yg diganti paking seal kruk as blkg (harus turun gearbox). Mungkin akar problem nya sama kaya yg saya sebut di kalimat sblm nya om
Wah sama ini yang 2.4..
Cuma penyakitnya jangan sama lah, sampai paking atau turun mesin
Hahahaha, jujur saya soal paking2an ini agak sebel jg om, kaya "sampe gini banget gitu ya"